Peralatan Dapur

10 Wajan Keramik Terbaik, Bagus untuk Kesehatan

Wajan keramik semakin banyak dicari karena multifungsi, tidak lengket, menghemat minyak, serta dapat mematangkan berbagai jenis masakan lebih sempurna daripada wajan jenis lain. Wajan ini juga dianggap diet-friendly karena dapat memasak berbagai jenis hidangan dengan sedikit minyak.

Di pasaran, banyak sekali brand wajan keramik yang bisa Anda pilih, seperti Bolde, Cypruz, dan Kangaroo. Agar mempermudah Anda dalam memilih, kami akan merekomendasikan wajan keramik terbaik sekaligus memberikan tips memilihnya. Simak, yuk!

Keunggulan Wajan Keramik

Wajan yang 100% keramik dapat menyerap dan menghantarkan panas secara lebih merata, sehingga masakan bisa matang sempurna dan cita rasa asli masakan pun lebih terjaga. Karena wajan ini bersifat antilengket, Anda hanya membutuhkan sedikit minyak untuk memasak.

Dengan sifat antilengketnya itu, wajan ini juga jadi lebih mudah dibersihkan. Anda cukup menggunakan spons halus untuk membersihkannya dari sisa makanan dan lemak yang menempel. Menariknya lagi, wajan ini dapat  menjaga masakan tetap hangat, meski sudah diangkat dari api hingga sekitar lebih 15 menit kemudian.

Cara Memilih Wajan Keramik

Bagaimana cara memilih wajan keramik yang tepat? Berikut kami berikan tips-nya untuk Anda!

Pilih Berdasarkan Material Pembuatnya

Ada dua jenis wajan keramik, yakni wajan keramik murni (pure ceramic) dan wajan berlapiskan keramik (ceramic coated). Keduanya memiliki karakteristik masing-masing. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya.

Pure Ceramic: Lebih Tahan terhadap Suhu Tinggi

blank

Wajan keramik murni terbuat dari 100% keramik. Produk ini bersifat nontoksik dan nonreaktif sehingga aman untuk masakan. Wajan keramik mampu menahan panas dengan sangat baik saat memasak, sehingga masakan di dalamnya bisa matang dengan sempurna.

Karena tidak mengandung logam, wajan keramik bisa digunakan di oven dan microwave. Selain itu, wajan ini juga aman untuk memasak dengan suhu tinggi.  Sayangnya, wajan keramik murni masih sulit dijumpai di marketplace Indonesia.

Ceramic Coated: Tersedia dalam Banyak Variasi

blank

Wajan ini merupakan wajan berbahan logam yang diberi lapisan keramik. Biasanya logam yang digunakan adalah anodized aluminium atau stainless steel. Lapisan keramik ini aman digunakan untuk memasak, tapi lama kelamaan akan terkikis seiring penggunaan.

Produk ini tidak disarankan untuk digunakan pada suhu tinggi, karena sifat antilengketnya mudah terkikis. Jika hal itu terjadi, bahan logam akan larut ke dalam masakan dan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mematuhi petunjuk perawatannya agar lebih awet.

Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan

blank

Wajan memiliki ukuran yang beragam, mulai dari diameter 16 cm hingga 30 cm. Untuk memasak hidangan dengan porsi kecil sampai sedang, Anda dapat menggunakan wajan berukuran 20 cm, 24 cm, dan 26 cm.

Jika Anda ingin memasak hidangan dalam porsi lebih besar, sebaiknya Anda memilih wajan yang berukuran 28 cm, 30 cm, dan 32 cm.

Pertimbangkan Bobot yang Lebih Ringan

blank

Bobot wajan keramik dipengaruhi oleh ukuran dan material pembuatnya. Wajan pure ceramic lebih berat daripada wajan ceramic coated, karena keramik merupakan bahan yang mirip seperti batu.

Bobot ideal untuk wajan ceramic coated sebagai berikut:

  • Wajan berukuran 20 cm dan 22 cm bobot idealnya sekitar 0,9 kg atau di bawah 1 kg.
  • Wajan berukuran 24 dan 26 cm bobot idealnya berkisar 1,3-1,5 kg atau tidak lebih dari 1,5 kg.
  • Wajan berukuran  28 cm dan 30 cm bobot idealnya 1,6-1,8 kg atau  di bawah 2 kg.

Pilih Handel yang Nyaman dan Aman

blank

Wajan keramik lebih berat ketimbang jenis lainnya, sehingga handel yang nyaman penting untuk dipertimbangkan. Handel dari bahan stainless steel dan bakelite nyaman digunakan untuk memasak. Walaupun stainless steel tak sepenuhnya antipanas seperti bakelite, tapi panas yang disalurkan tidak berlebihan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk handel pada wajan. Bentuk handel yang ergonomis, kokoh, serta tidak licin akan memudahkan Anda saat mengangkat dan memindahkan wajan.

10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik

Berikut kami rekomendasikan wajan keramik terbaik untuk Anda. Pilihlah produk dengan saksama, dari mulai ukuran, bahan, hingga kelebihan yang ditawarkan. Selamat memilih!

1. BOLDë Super Pan Granite Beige Series

Memasak lebih sehat berkat ECO GREEN Technology

Wajan ini berbahan aluminium dengan granite coating berkualitas tinggi dengan ECO GREEN Technology, antilengket, dan bebas bahan kimia berbahaya. Dengan produk ini Anda hanya butuh sedikit minyak untuk memasak, sehingga lebih sehat.

Selain itu, induction bottom pada wajan ini membuat panas terdistribusi secara merata dan stabil ketika memasak, membuat masakan matang dengan sempurna. Produk ini mememiliki handel yang kokoh dan nyaman digenggam. Memasak lama pun tak masalah. Anda ingin mencobanya?

Material wajan Keramik, granit, dan aluminium (handle: plastik)
Ukuran Diameter: 22 cm, tebal: 3 mm, tinggi: 4 cm, panjang handle: 17 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp192.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Cypruz FP-0640 Fry Wok Marble

Lebih tahan gores dan cocok untuk memasak hidangan berkuah

Cypruz FP-0640 Fry Wok Marble memiliki 3 lapisan marbel, sehingga tidak lengket dan tidak mudah terkelupas. Material yang digunakan pada wajan ini sudah food grade. Produk ini dilengkapi handel bakelite yang kokoh, nyaman digenggam, serta memiliki tampilan yang cantik karena motif serat kayunya.

Bila Anda mencari wajan keramik berkualitas untuk memasak hidangan berkuah, Anda bisa mencoba produk ini. Bentuknya yang lebih cekung membuat kapasitas wajan ini jadi lebih besar. Lebih menyenangkannya lagi, produk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis kompor.

Material Aluminium dan marble coating (handle: bakelite wood)
Ukuran 20 cm x 7,5 cm
Bobot 1 kg
Kisaran harga Rp189.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Debelline Grey Granite Fry Pan

blank

Sumber: Debellin.com

Berkualitas premium dengan desain yang eksklusif

Debelline mengekalim produknya ini menggunakan teknologi dan komponen berkualitas dari Jerman untuk menciptakan alat masak premium yang aman bagi kesehatan (PFOA Free). Berkat lapisan antilengketnya yang premium, Anda bisa memasak tanpa minyak.

Menariknya lagi, wajan ini memiliki desain eksklusif dan instagrammable. Handelnya juga kokoh, nyaman digenggam serta tampak indah karena memiliki lapisan sintetis bercorak kayu. Meski harganya terbilang mahal, Anda takkan dibuat kecewa sebab manfaat yang Anda dapat sepadan.

Material Keramik, alumunium, dan granit
Ukuran Diameter: 28 cm, tinggi: 6.8 cm
Bobot 1.1 kg
Kisaran harga Rp899.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Royalstar Ducissa Frying Pan + LID

blank

Sumber: Shopee.co.id

Desain minimalis, berkualitas dan multifungsi

Dengan lapisan antilengket yang berkualitas pada wajan ini, Anda bisa membuat beragam hidangan dengan sedikit sekali minyak atau bahkan tanpa minyak. Wajan ini dibuat dari bahan yang nonreaktif terhadap masakan, sehingga aman untuk kesehatan.

Royalstar Ducissa Frying Pan memiliki desain yang minimalis dan elegan. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga memudahkan Anda untuk memilih wajan yang sesuai kebutuhan. Pilihan tepat bagi Anda yang peduli dengan desain dan kualitas!

Material Alumunium dan granit (handle: kayu sintetis)
Ukuran Diameter: 24 cm, 26 cm, 28 cm, 30 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. GreenPan Queens Andorra Frying Pan

Lapisan keramik kuat dan tahan lama dengan material thermolon

Material thermolon pada wajan ini diklaim sebagai lapisan keramik antilengket terbaik di dunia. Anda bisa memasak lebih sehat dan masakan Anda juga lebih cepat matang sebab wajan ini dapat menghantarkan panas secara merata di semua jenis kompor.

Wajan ini 100% toxic free meski digunakan memasak pada suhu tinggi, sehingga bisa diletakkan di oven hingga suhu  180°C. Meski harganya cukup mahal, tapi sebanding dengan kualitas dan manfaat yang Anda dapatkan.

Material Keramik dan aluminium (handle: stay-cool phenolic)
Ukuran D: 24 cm, kedalaman: 3.9 cm
Bobot 0.78 kg
Kisaran harga Rp499.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Kangaroo Frypan Keramik KG176

blank

Sumber: Shopee.co.id

Ceramic coating dengan desain dan warna yang elegan

Wajan ini berbahan stainlees steel dengan coating ceramic food grade, menjadikannya tidak lengket, tahan gores, dan aman untuk masakan.

Selain bisa digunakan untuk berbagai jenis kompor, produk ini memiliki desain dan warna yang elegan. Dengan produk ini, Anda bisa memasak lebih sehat dan dapur Anda juga tampak lebih cantik.

Material Aluminium, stainless steel, dan keramik
Ukuran 24 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp154.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Cooker King Wok Granite Coating Starry Green + Tutup

blank

Sumber: Shopee.co.id

Ringan, berkualitas, dan tutup kacanya membuat masakan jadi lebih cepat matang

Cooker King Wok Granite Coating bersertifikasi ILAG® coating dari Switzerland. Selain antilengket dan bebas bahan kimia berbahaya seperti PFOA/PFTE, produk ini juga diklaim memiliki bobot yang lebih ringan daripada produk sejenis lainnya.

Wajan ini dilengkapi penutup kaca untuk mencegah masakan tepercik keluar, sehingga area kompor tetap bersih saat Anda memasak. Tutupnya juga membuat masakan Anda lebih cepat matang. Memasak menjadi lebih menyenangkan, bukan?

Material Granite coating
Ukuran Diameter: 30 cm, tinggi/kedalaman: 9.2 cm
Bobot 1,8 kg
Kisaran harga Rp460.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Carote Essential Woody Skilled Frying Pan

blank

Sumber: Mycarote.com

Berkualitas, desain menawan, dan lebih awet berkat 5 lapisan keramiknya

Wajan ini berbahan die-cast aluminium dengan 5 lapisan granit coating dari Swiss yang bebas  bahan kimia berbahaya. Lapisan antilengket pada wajan ini diklaim lebih awet. Desainnya yang menawan juga bakal mempercantik dapur Anda.

Carote Essential Woody Skilled Frying Pan juga dilengkapi dengan tutup kaca. Masakan Anda jadi lebih cepat matang dan mencegahnya terpercik keluar. Produk ini juga tersedia dalam berbagai ukuran sehingga Anda lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda.

Material Aluminium
Ukuran Diameter: 20 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cm, 30 cm: tebal 4.5 mm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp220.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Welcook Wok Alumunium

blank

Sumber: Shopee.co.id

Berkapasitas besar dan tampak mewah dengan motif marble

Produk ini berbahan dasar aluminium dilapisi dengan stainless steel serta lapisan antilengket dari marble coating. Bebas PFOA, PTFE dan kadmium, wajan ini lebih aman bagi kesehatan. Kapasitasnya yang besar juga memudahkan Anda memasak dalam jumlah banyak.

Desain motif marble menjadikan Welcook Wok Alumunium terlihat mewah. Jika Anda mencari wajan keramik berkapasitas besar dengan tampilan mewah, tak ada salahnya Anda mencoba wajan ini.

Material Stainless steel dan aluminium
Ukuran Diameter: 32 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp244.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Pero Wok Pan

blank

Sumber: Shopee.co.id

6 lapisan granite coating dengan pilihan warna pastel yang menarik

Pero Wok Pan adalah wajah aluminium dengan 6 lapis granite coating yang antilengket dan bebas bahan kimia berbahaya. Wajan ini bisa membantu Anda memasak banyak hidangan secara singkat karena kapasitasnya yang cukup besar.

Produk ini tersedia dalam empat pilihan warna pastel yang siap mempercantik dapur Anda, yakni creamy, mint stone, peach stone, dan light purple. Mana warna favorit Anda?

Material Aluminium coating granite
Ukuran Diameter: 28 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp339.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Wajan Keramik

Produk BOLDë Super Pan Granite Beige Series Cypruz FP-0640 Fry Wok Marble Debelline Grey Granite Fry Pan Royalstar Ducissa Frying Pan + LID GreenPan Queens Andorra Frying Pan Kangaroo Frypan Keramik KG176 Cooker King Wok Granite Coating Starry Green   + Tutup Carote Essential Woody Skilled Frying Pan Welcook Wok Alumunium Pero Wok Pan
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Material Keramik, granit, dan aluminium (handle: plastik) Aluminium dan marble coating (handle: bakelite wood) Keramik, alumunium, dan granit Alumunium dan granit (handle: kayu sintetis) Keramik dan alumunium (handle: stay-cool phenolic) Aluminium, stainless steel, dan keramik Granite coating Aluminium Stainless steel dan aluminium Alumunium coating granite
Ukuran Diameter: 22 cm, tebal: 3 mm, tinggi: 4 cm, panjang handle: 17 cm 20 cm x 7,5 cm Diameter: 28 cm, tinggi: 6.8 cm Diameter: 24 cm, 26 cm, 28 cm, 30 cm D: 24 cm, kedalaman: 3.9 cm 24 cm Diameter: 30 cm, tinggi/kedalaman: 9.2 cm Diameter: 20 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cm, 30 cm: tebal 4.5 mm Diameter: 32 cm Diameter: 28 cm
Bobot Tidak disebutkan 1000 g 1.1 kg Tidak disebutkan 0.78 kg Tidak disebutkan 1,8 kg Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp192.100 Rp189.000 Rp899.000 Rp199.000 Rp499.900 Rp154.000 Rp460.000 Rp220.000 Rp244.000 Rp339.500
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Cara Merawat Wajan Keramik agar Tahan Lama

blank

Agar wajan keramik Anda lebih awet, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jangan celupkan wajan yang masih panas ke dalam air dingin. Perubahan suhu yang cepat bisa menurunkan kualitas lapisan antilengketnya. Sisihkan wajan yang panas dan biarkan hingga dingin, baru kemudian dicuci.
  • Gunakan peralatan masak dari kayu atau silikon, agar kualitas lapisan anti lengketnya tetap terjaga. Hindari peralatan masak dari logam, meskipun sejumlah brand mengeklaim produknya menggunakan lapisan antigores berkualitas tinggi.
  • Direkomendasikan untuk mencuci dengan tangan dan menggunakan spons halus. Jangan menggosok permukaan wajan dengan penggosok yang keras terutama yang berbahan logam, karena dapat merusak lapisan antilengket pada permukaan wajan.
  • Sebaiknya wajan keramik disimpan dengan cara digantung agar terhindar dari kerusakan. Jangan menyimpan wajan keramik dalam posisi bertumpuk dengan wajan yang lain. Jika terpaksa harus demikian, gunakan serbet untuk melapisinya.

Kesimpulan

Wajan keramik memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada jenis wajan lainnya, tetapi harga tersebut sebanding dengan segala kelebihannya. Agar wajan yang Anda beli lebih awet dan kulitasnya terjaga, Anda harus memperhatikan cara menggunakan, merawat, dan menyimpannya.

Sebelum membeli wajan keramik, pastikan wajan tersebut sesuai dengan kebutuhan, ruang dapur, serta anggaran Anda. Jadi, mana wajan keramik yang hendak Anda pilih? Selamat menentukan!

Referensi

Nontoxic Ceramic Cookware: How to Choose and Use It Safely
https://www.nontoxicliving.tips/blog/nontoxic-ceramic-cookware-cooking-tips diakses pada 18 November 2021

Everything you need to know about ceramic coated cookware
https://xtrema.com/blogs/blog/everything-you-need-to-know-about-ceramic-coated-cookware diakses pada 18 November 2021

Average Cast Iron Skillet Weight (With 17 Examples)
https://prudentreviews.com/cast-iron-skillet-weight/ diakses pada 18 November 2021

Choosing the Best Frying Pan: An Essential Guide
https://www.webstaurantstore.com/guide/558/fry-pans-buying-guide.html diakses pada 18 November 2021

You may also like

Comments are closed.