Written by 16:19 Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik

Bagi ibu rumah tangga atau orang yang hobi memasak, wajan adalah salah satu perkakas yang sangat penting. Penggunaan wajan penggorengan yang tepat akan menunjang hasil masakan menjadi lebih lezat dan menarik. Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung untuk menentukan wajan apa yang paling sesuai untuk mereka.

Bagi Anda yang masih bingung, kami akan memberikan tips cara memilih wajan yang sesuai. Kami juga akan memberikan rekeomendasi sepuluh wajan penggorengan terbaik, mulai dari merek Maxim hingga IKEA. Yuk, disimak!

Cara Memilih Wajan Penggorengan

Sebetulnya, wajan penggorengan seperti apa yang sesuai untuk Anda? Berikut ini adalah beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli wajan.

Pilih berdasarkan Bahan Dasar maupun Bahan Pelapis (Coating)-nya

Dilihat dari materialnya, sedikitnya ada tiga jenis wajan yang paling umum ditemukan di pasaran. Ketiga jenis itu adalah wajan besi, wajan antilengket, serta wajan stainless steel. Mari kita simak kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan ini.

Wajan Besi: Mampu Menghantarkan dan Menyimpan Panas dengan Baik

Besi merupakan material dengan daya konduktivitas panas yang tinggi. Artinya, wajan besi dapat menghantarkan dan menyimpan panas lebih baik dibandingkan bahan lainnya. Kemampuan ini membuat wajan besi dapat mempersingkat waktu memasak Anda di dapur. Sebab, suhu panas dapat menyebar lebih merata ke seluruh permukaan wajan.

Namun, penggunaan wajan besi perlu dibarengi dengan perawatan yang tepat dan telaten. Hal ini untuk menjaga wajan senantiasa bersih berkilau serta menghindari risiko berkarat. Sifat material besi yang cenderung berat juga mungkin sedikit merepotkan, terutama saat mencuci dan menyimpannya kembali. Anda juga perlu mempertimbangkan harganya yang relatif lebih mahal.

Wajan Antilengket: Membuat Kegiatan Memasak Semakin Nyaman

Mencuci sisa-sisa masakan yang lengket di wajan dapat menjadi suatu hal yang menjengkelkan. Salah satu solusinya, Anda bisa memilih jenis wajan dengan fitur antilengket agar kegiatan memasak lebih nyaman.

Selain lebih mudah dibersihkan, wajan antilengket bisa menambah efek warna keemasan pada hidangan gorengan Anda. Tampilan hidangan pun akan lebih menggugah selera.

Secara umum, terdapat dua jenis wajan antilengket yang beredar di pasaran. Kedua jenis itu adalah alumunium berlapis bahan polytetrafluoroethylene (PTFE) atau biasa disebut teflon serta alumunium anodized keras. Namun, ada juga wajan berbahan keramik dengan lapisan gel silika yang terbuat dari pasir.

Saat menggunakan wajan antilengket, Anda disarankan untuk menggunakan spatula berbahan lembut seperti kayu, plastik, atau silikon. Ini untuk menjaga agar lapisan anti lengketnya tidak tergores.

Wajan Stainless Steel: Tidak Mudah Berkarat, Anda pun Hemat!

Apabila pertimbangan utamanya adalah budget, wajan stainless steel adalah pilihan ideal untuk Anda. Wajan ini memiliki range harga yang cukup luas dari yang murah sampai mahal. Agar lebih awet, Anda bisa memilih wajan yang terdiri dari beberapa lapisan logam seperti tembaga, alumunium, dan stainless steel.

Meski mampu menahan suhu tinggi, wajan stainless steel seringkali berubah warna menjadi kehitaman sehingga mengurangi estetika wajan. Selain itu, bobotnya sedikit lebih berat dibandingkan wajan satu lapis. Jika Anda tidak masalah dengan hal tersebut, wajan ini sangat multifungsi untuk berbagai macam hidangan. Kami sarankan mencari wajan yang gagangnya bisa dilepas untuk memasak di oven agar lebih convenient.

Periksa Ukuran Diameter, Ketebalan, dan Bobot Wajan

Untuk penggunaan harian, sebaiknya Anda menyesuaikan ukuran wajan dengan porsi makanan yang dimasak sehari-hari. Memasak dengan ukuran wajan yang tepat akan mempermudah urusan dapur Anda.

Diameter Wajan ± 20 cm untuk Memasak Skala Kecil, ± 28 – 30 cm untuk Skala Besar

Diameter wajan yang ideal untuk pemakaian sehari-hari adalah antara 26 cm sampai 28 cm. Ukuran ini tidak terlalu besar maupun kecil sehingga pas untuk memasak harian keluarga di rumah. Jika Anda memerlukan wajan untuk memasak lebih banyak, wajan berdiameter 32 cm akan lebih cocok.

Bagi Anda yang tinggal sendiri dan jarang memasak banyak, wajan berdiameter 20 cm cocok untuk Anda. Wajan berukuran lebih compact sehingga lebih mudah disimpan dan tidak memakan tempat. Dengan mempertimbangkan gaya pemakaian sehari-hari, Anda akan lebih mudah memutuskan ukuran wajan yang sesuai.

Semakin Tebal Wajan, Penyebaran Panasnya Semakin Baik

Ketebalan wajan rata-rata ada di kisaran 2-3 cm, meski ada juga yang ketebalannya 5 mm. Wajan yang lebih tebal memberikan jarak lebih jauh antara permukaan wajan dengan sumber panas. Dengan demikian, panas dapat merambat lebih baik dan merata ke seluruh permukaan wajan.

Wajan yang tebal juga memberikan benefit lain, yaitu menjaga masakan tidak mudah gosong. Sebab, wajan tebal menjadikan suhu panas tidak terpusat di satu titik saja. Namun, wajan yang tebal memang akan terasa lebih berat dibandingkan wajan yang lebih tipis.

Pilih Wajan yang Bobotnya Tidak Lebih dari 1 kg

Wajan yang terlalu berat akan membuatnya sulit diayunkan ketika memasak. Bobot wajan juga akan bertambah ketika Anda memasukkan bahan-bahan masakan ke dalamnya. Oleh sebab itu, carilah wajan yang beratnya di kisaran 500-700 gram atau tidak lebih dari 1 kg.

Memilih wajan dengan bobot standar juga bertujuan untuk menghindari tangan pegal ketika mengangkat wajan. Bila Anda senang mengayunkan wajan dengan satu tangan, pilih wajan yang bobotnya ringan. Memilih bobot wajan yang tepat akan membuat mejadikan kegiatan memasak Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Perhatikan Tipe dan Bahan Pegangan (Handle) Wajan

Tipe pegangan wajan akan menentukan kemantapan grip terutama ketika Anda memindahkan wajan dari satu tempat ke tempat lain. Anda memerlukan handle yang kukuh untuk menahan bobot wajan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tipe Riveted Handle atau Rivetless Handle?

Pada tipe riverted handle, pengunci ditautkan secara permanen ke tubuh wajan sehingga menghasilkan kekuatan pegangan yang lebih sturdy dan mantap. Anda tidak perlu repot-repot mengencangkan ulang baut yang kendur karena gagang tidak akan bergeser-geser. Namun, Anda perlu ekstra care untuk membersihkannya hingga ke sela-sela terkecil untuk mengindari kuman dan bakteri bersarang di wajan Anda.

Sementara itu, wajan bertipe rivertless handle menawarkan segi estetika yang lebih baik. Sebab, desainnya tidak tonjolan pengait di permukaan wajan. Hal ini juga membuat Anda lebih leluasa untuk memasak tanpa terhalang bagian tonjolannya. Selain itu, kebersihannya lebih mudah dijaga karena Anda bisa menjangkau seluruh permukaan dengan mudah.

Bahan Handle dari Bakelit, Kayu, atau Logam?

Bakelit adalah sejenis karet sintetis yang terbentuk dari proses polimerisasi kondensasi. Handle grip yang terbuat dari bakelit atau kayu dapat menjadi medium isolator alias penghambat panas yang sangat baik. Gagang dari kedua material ini biasanya dilengkapi fitur antiselip serta desainnya berlekuk sehingga lebih nyaman dan pas di genggaman. Namun, kekuatan grip akan semakin menurun seiring lama pemakaian sehingga Anda perlu mengeceknya secara berkala.

Handle dari bahan logam dipasang menyatu dengan tangkai wajan sehingga lebih kuat dan awet. Desain seperti ini membuat tangkai wajan lebih kompak dan tidak banyak sambungan, yang memudahkan proses pembersihan. Akan tetapi, bagian gagangnya lama-kelamaan akan ikut menjadi panas jika wajan dipanaskan cukup lama karena logam bersifat konduktor. Untuk keamanan, Anda bisa menggunakan lampin atau sarung tangan dapur ketika hendak menyentuh gagang logamnya.

Bagi Pengguna Kompor Induksi, Pilihlah Wajan Magnetis

Jika Anda pengguna kompor induksi, Anda perlu menggunakan wajan dengan bahan magnetis yang mampu menghasilkan panas sendiri. Wajan ini istimewa karena memiliki inverter yang bisa mengubah arus listrik dari kompor sebesar 50 Hz menjadi 25 kHz. Arus listrik tersebut kemudian dialirkan ke gulungan tembaga dan pada akhirnya terbentuklah panas.

Wajan magnetis biasanya terbuat dari material stainless steel seutuhnya. Namun, saat ini banyak beredar beberapa produk palsu atau sekedar gimmick marketing. Produk-produk tersebut kadang hanya menaruh lapisan stainless steel pada bagian bawahnya saja yang membuat suhu memasak harus lebih tinggi. Jadi, Anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu apakah wajan tersebut terbuat dari 100% stainless steel atau tidak.

10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik

Selanjutnya, kami akan memilihkan sepuluh rekomendasi wajan terbaik untuk Anda.

1. Lock & Lock Cookplus Prima Frying Pan – 30 cm

Sumber: Tokopedia.com

Membantu memasak daging lebih cepat

Bagi Anda yang sering mengolah daging, Anda bisa mempertimbangkan Lock & Lock Cookplus Prima untuk diboyong ke dapur. Materialnya terbuat dari tujuh lapis coating bertekanan tinggi yang mampu melunakkan daging-dagingan dalam waktu singkat. Selain itu, teflon ini bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari karena tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti PFOA, cadmium, dan timbal.

Soal kebersihan, teflon ini memiliki fitur antilengket kualiatas premium yang  membuatnya tidak meninggalkan sisa makanan menempel. Jadi, wajan ini sangat mudah dicuci. Anda pun bisa dengan nyaman menggunakan spatula berbahan besi atau stainless steel karena permukaan wajan telah dilapisi coating antigores yang kuat.

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Diamond
Diameter 30 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp535.000

2. Cypruz Fry Wok FP-0642

Lebih aman dengan sertifikasi food grade dan tanpa kandungan bahan karsinogenik

Marble merupakan bahan wajan dengan ciri khas permukaannya berwarna hitam atau abu-abu berbintik putih. Keistimewaan wajan dengan coating dari marble adalah lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan karsinogenik. Kemampuan tahan goresnya juga tidak kalah dengan wajan besi. Jika Anda memiliki kekhawatiran menggunakan fry pan besi, produk satu ini bisa menjadi opsi alternatif.

Cypruz Kitchenware Fry wok juga bisa digunakan oleh Anda, pengguna kompor jenis induksi. Kelebihan lain dari produk ini adalah telah mengantongi sertifikat food grade sehingga aman digunakan setiap hari. Handle grip wajan dibuat dengan desain seperti kayu alami yang antiselip untuk menambah kenyamanan Anda ketika memakainya.

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Marble
Diameter 26 cm
Ketebalan 3 mm
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Kayu
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp332.000

3. Maxim Valentino Frypan

Sumber: Tokopedia.com

Alternatif teflon antigores dengan harga ekonomis

Jika Anda memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada teflon Maxim Valentino ini. Meskipun dipatok dengan harga kurang dari seratus ribu, Anda tetap bisa mendapatkan kualitas menyerupai fry pan mahal, seperti kemampuan scrathproof dan food grade.

Tersusun dari tiga lapisan coating, wajan ekonomis ini mengeklaim permukaannya mampu menahan goresan alat-alat dapur berbahan besi. Meski begitu, akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan spatula besi terlalu sering. Dengan demikian, material antigoresnya tidak terkikis dan lebih awet untuk penggunaan jangka panjang.

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Teflon
Diameter 24 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Riveted
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp76.500

4. IKEA Kavalkad Frying Pan Set of 2 – Black

Sumber: Ikea.com

Bobotnya ringan sehingga lebih mudah diayunkan dan antipegal

Memasak dengan wajan yang berat dapat menimbulkan kesulitan tersendiri. Salah satunya ketika Anda menuangkan hasil masakan ke wadah. Frying pan keluaran IKEA ini terbuat dari bahan alumunium yang didesain ringan bahkan ketika terisi bahan masakan. Jadi, Anda bisa lebih leluasa mengayunkannya tanpa khawatir tangan akan pegal.

Bahan alumunium juga terkenal dengan kemampuan penyebaran panasnya yang merata. Bahan ini juga mampu mengontrol temperatur agar masakan Anda tidak menjadi gosong dan menempel lengket. Dalam satu paketnya, Anda sudah mendapatkan dua frying pan dengan ukuran medium dan small.

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Teflon
Diameter 29 cm dan 26 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot 760 gram
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp129.000

5. Lock & Lock Leve Frying Pan

Sumber: Tokopedia.com

Desainnya ergonomis dengan tampilan yang stylish

Bosan dengan wajan yang warnanya itu-itu saja? Anda bisa membeli wajan ini untuk memberikan penampilan baru yang fresh di dapur Anda. Lapisan bawahnya berwarna merah yang stylish membuatnya stand out dibandingkan teflon Anda yang lainnya.

Keistimewaan yang ditonjolkan produk ini adalah bodinya yang ergonomis dan light weight sehingga mudah digunakan meski dengan satu tangan. Kegiatan memasak Anda sehari-hari akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, marble coating membuatnya tidak lengket meski Anda memasak tanpa minyak sekalipun!

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Marble
Diameter 26 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot 500 gram
Tipe handle Riveted
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp205.000

6. Kochgerate KFP001 Induction Frying Pan

Lapisan black marble rock untuk wajan yang sturdy dan tampak elegan

Beberapa orang lebih menyukai wajan yang bobotnya mantap agar tidak mudah bergerak ketika ditaruh di atas kompor. Jika Anda termasuk salah satunya, maka wajan induksi Kochgrate yang satu ini akan cocok untuk Anda. Berlapis batuan black marble pada bagian permukaan, wajan ini tidak hanya durable, tetapi juga tampak elegan.

Handle grip terbuat dari bahan bakelit yang sangat ideal untuk mengisolasi panas sehingga lebih aman digunakan. Lempengan induksi pada bagian bawahnya membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan efektif. Memiliki ketebalan 4 mm, membuatnya mampu mendistribusikan panas lebih stabil dan merata.

Bahan wajan Aluminium
Lapisan (coating) Black marble rock
Diameter 20 cm
Ketebalan 4 mm
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp166.000

7. Oxone OX-16FP Perfect Fry Pan

Sumber: Oxone.id

Mini pan berkualitas yang cocok untuk memasak dengan porsi kecil

Bagi orang yang jarang memasak atau lebih sering memasak dengan porsi kecil, mini pan akan lebih mudah untuk Anda gunakan sehari-hari. Bentuknya yang mungil cocok untuk menggoreng bahan makanan yang simpel seperti telur, frozen food, atau tumisan sederhana.

Meskipun ukurannya mini, frying pan ini terbuat dari material berkualitas. Permukaannya dilapisi marble rock sehingga dapat mencegah makanan menempel pada wajan. Pegangan panci menggunakan plastik ebonit sehingga tidak terasa panas ketika wajan sedang digunakan. Selain itu, panci ini suitable untuk berbagai macam jenis kompor seperti kompor listrik, kompor gas, maupun kompor induksi.

Bahan wajan Stainless steel
Lapisan (coating) Stainless steel
Diameter 16 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot 300 g
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Plastik ebonit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp149.000

8. Tefal Expertise Frying Pan

Sumber: Tefal.com

Memasak layaknya koki profesional dengan frying pan berteknologi tinggi

Frying pan Tefal Expertise terbuat dari material titanium berkualitas yang di-coating hingga tiga lapis. Titanium sudah dikenal luas sebagai material yang sangat kukuh, anti-scratch, dan antikarat sehingga dipastikan lebih awet dan tahan benturan. Penggunaan spatula berbahan besi sekalipun tidak akan menjadi masalah untuk wajan satu ini.

Dilengkapi dengan inovasi Thermosignal dari Tefal, membuat wajan ini memiliki kemampuan mengatur suhu terbaik. Hal ini bisa membantu meminimalkan kemungkinan masakan Anda menjadi gosong. Untuk mendapatkan wajan pintar ini, Anda memang perlu merogoh kocek cukup dalam. Namun, pengorbanan itu akan sebanding dengan kualitas produk yang Anda dapatkan.

Bahan wajan Tidak disebutkan
Lapisan (coating) Titanium
Diameter 24 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Titanium
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp860.000

9. Kirin Sasando Deep Fry Pan

Harga terjangkau dengan kualitas yang mumpumi

Image wajan antilengket berharga mahal tampaknya tidak berlaku untuk seri Kirin Sasando Deep Fry Pan yang satu ini. Meski dipatok dengan harga cukup terjangkau, kualitas wajan ini tidak usah diragukan. Produk ini terbuat dari alumunium 3003 dengan lapisan antilengket di atasnya.

Selain antilengket, material alumunium mampu merambatkan panas ke seluruh permukaan wajan dengan merata sehingga masakan lebih cepat matang. Gagang wajan terbuat dari material bakelit, yang membuat genggamannya anti panas dan aman. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika membersihkannya agar lapisan antilengketnya tidak terkikis.

Bahan wajan Aluminium 3003
Lapisan (coating) Teflon
Diameter 24 cm
Ketebalan 1,9 mm
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp81.000

10. Maxim Eleganza Fry Pan

Teflon antigores dan antilengket dengan sertifikasi keamanan terpercaya

Penggunaan material teflon tidak jarang membuat Anda merasa ragu dengan keamanannya, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Maxim Eleganza menghadirkan produk dengan jaminan mutu yang tinggi. Keamanannya terjamin dengan material wajan bebas PFOA serta telah tersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Maxim megeklaim produknya tiga kali lebih awet dan lebih kuat dibanding teflon lain di range harga yang sama. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, harga yang dibanderolnya pun terasa masuk akal.

Bahan wajan Tidak disebutkan
Lapisan (coating) Teflon select
Diameter 26 cm
Ketebalan Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Tipe handle Rivetless
Bahan handle Bakelit
Cocok untuk kompor induksi
Kisaran harga Rp233.000

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki gambaran wajan mana yang ingin Anda adopsi? Sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya, ada baiknya Anda meninjau kembali kebiasaan dan kecenderungan memasak Anda sehari-hari. Apakah jumlah anggota keluarga Anda banyak sehingga membutuhkan wajan yang besar atau cukup mini pan saja karena Anda tinggal sendiri.

Yang terpenting, pilih wajan yang benar-benar nyaman agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Bila Anda memasak dengan perasaan riang, hidangan yang dihasilkan pun akan terasa lebih lezat. Selamat berburu wajan!

(Visited 1.025 times, 29 visits today)