Written by 16:16 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Bubur Bayi Instan Terbaik

Beranjak umur 6 bulan, sebaiknya Anda mulai pertimbangan nutrisi tambahan untuk bayi selain ASI. Salah satu MPASI (Makanan Pendukung Pendamping ASI) yang baik untuknya adalah bubur bayi. Bubur bayi tersedia dalam banyak pilihan rasa, nutrisi, tekstur, dan bentuk kemasan. Bagi orang tua yang sibuk, bubur bayi instan akan mempermudah penyediaan nutrisi pelengkap bagi buah hati.

Berbagai brand seperti Milna, Promina, Nayz, Sun, dan sebagainya memproduksi bubur bayi dengan varian rasa dan kandungan bahan beragam. Bagi Anda yang hendak membeli bubur bayi namun bingung memilihnya, kami akan menjelaskan poin-poin apa saja yang harus diperhatikan. Tak lupa, rekomendasi bubur bayi terbaik juga akan kami berikan. Karena itu, simak ulasan ini sampai habis, ya!

Alasan Memberi Bubur Bayi Instan untuk Buah Hati

Memasuki usia 6 bulan, konsumsi ASI saja tidak lagi mencukupi kebutuhan nutrisi harian bayi Anda. Maka dari itu, mempersiapkan menu makanan pendamping ASI seperti bubur bayi sebaiknya mulai menjadi perhatian. Guna mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal, bubur bayi harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien lain. Nutrisi ini bisa didapatkan dari bahan makanan seperti ikan, hati ayam, keju, dan sayuran.

Bagi orang tua yang sibuk, mengolah bahan-bahan tersebut menjadi bubur bayi bisa sangat menyita waktu. Oleh karena itu, bubur bayi instan dapat menjadi alternatif terbaik yang bisa Anda pilih. Bubur bayi instan yang beredar di pasaran umumnya berbentuk bubuk atau biskuit sehingga Anda hanya perlu melarutkannya dengan air panas. Bubur bayi langsung siap dalam sesaat tanpa perlu menghabiskan waktu untuk memasak. Selain itu, bubur instan lebih mudah dibawa-bawa sehingga praktis dijadikan bekal travelling bersama si kecil.

Selain praktis, Anda tidak perlu khawatir dengan kelengkapan nutrisi pada bubur bayi instan. Kandungan di dalamnya telah melalui proses fortifikasi, yaitu penambahan vitamin dan mineral untuk memastikan buah hati Anda mendapatkan takaran cukup untuk pemenuhan gizi hariannya. Pada bagian kemasan, bubur bayi instan juga menerangkan label nutrisi sehingga Anda dapat menyesuaikan kandungannya dengan kebutuhan nutrisi buah hati.

Cara Memilih Bubur Bayi Instan

Pada bagian ini, kami telah merangkum kiat-kiat memilih produk bubur bayi instan yang tepat sesuai dengan kebutuhan gizi bayi Anda.

Pertimbangkan Memilih Bubur dari Bentuk dan Kemasannya

Pemilihan bentuk dan kemasan produk bubur instan dapat menentukan kepraktisan pembuatannya. Pada umumnya, terdapat 3 bentuk pengemasan bubur instan, yaitu bubuk, pouch, dan jar. Mana yang cocok dengan Anda?

Untuk di Rumah, Sebaiknya Pilih Bubur Bayi dalam Bentuk Bubuk

Bubur instan bertipe bubuk adalah yang paling populer di pasaran dan mudah didapatkan. Bila ingin menyajikannya, Anda perlu mencampurkan bubuk dengan air panas sesuai takaran saji, bubur pun ready to serve! Bubur instan bubuk memiliki tenggat kedaluwarsa cukup lama, membuatnya cocok dijadikan stok MPASI bayi Anda.

Tipe ini kurang ideal dibawa bepergian karena Anda perlu menyediakan air panas. Namun, bila Anda tidak keberatan membawa termos dan perlengkapan makan, jenis bubur ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan makanan lain seperti sayuran dan daging ke dalamnya sebagai pelengkap nutrisi.

Jika Ingin Lebih Praktis, Pilihlah Bubur Bayi dalam Kemasan Pouch

Bubur instan dalam kemasan pouch direkomendasikan untuk Anda yang tidak punya waktu banyak. Setelah dibuka, bubur ini bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dihangatkan terlebih dahulu. Berkat kemasan plastiknya, bubur ini relatif aman karena dapat meminimalisir risiko bubur tumpah.

Untuk cara penyajiannya, Anda dapat langsung menuangkan bubur instan ke dalam mangkuk. Anda bisa juga memilih bubur kemasan pouch yang dapat disantap langsung dari bungkusnya. Jenis bubur satu ini dapat pula menjadi pilihan apabila Anda ingin melakukan perjalanan dengan buah hati.

Ketika Bepergian, Bawalah Bubur Bayi dalam Kemasan Jar

Ketika travelling, membawa wadah makanan bayi cukup merepotkan. Untuk itu, Anda disarankan memilih bubur instan berkemasan jar. Saat ini, bubur bayi dalam kemasan jar telah disertai sendok sekali pakai, Anda jadi tidak perlu menyediakan peralatan makan tambahan.

Bubur bayi tipe ini akan cocok untuk bayi yang masih harus mengonsumsi bubur dengan tekstur lembut, Adanya sendok mempermudah Anda menyuapi bayi Anda. Walaupun nilai kepraktisannya tidak sebaik kemasan pouch, Anda bisa memanfaatkan jar kosong sisa bubur untuk menyimpan bubur buatan sendiri ketika di rumah.

Pilih Bubur dengan Tekstur sesuai Tingkatan Usianya

Sangat penting menyiapkan bubur dengan tekstur tepat sesuai pertumbuhan gigi dan perkembangan sistem pencernaan bayi. Bubur bertekstur terlalu kasar dapat menyulitkan proses pencernaan serta meningkatkan risiko bayi tersedak. Kenalkan bayi mulai dari bubur bertekstur paling lembut hingga lebih kasar seiring bertambah usianya.

Pada usia 6 – 8 bulan, bayi dinilai sudah mampu mencerna bermacam kandungan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, serat, dan protein. Namun, untuk teksturnya masih harus lumat dan halus, seperti tekstur puree atau bubur saring. Untuk usia 9 – 10 bulan, Anda bisa menaikkan teksturnya dari halus ke lembek, misalnya bubur tim. Jika Anda terlambat meningkatkan tekstur, anak dapat mengalami kesulitan mengunyah makanan padat di tahap pertumbuhan selanjutnya.

Pada usia 12 bulan, rahang bayi tumbuh stabil, menjadikan proses mengunyah lebih sempurna. Pada tahap ini, bayi dapat diberikan makanan bertekstur kasar. Namun, untuk tahap pengenalan sebaiknya berikan nasi pulen yang dicampur daging cincang. Jika bayi Anda berusia 1 tahun lebih, Anda sudah bisa memberikannya makanan seperti menu keluarga sehari-hari.

Periksalah Label Sertifikasi seperti BPOM dan MUI

Anda tentu menginginkan produk dengan kualitas terbaik yang akan dikonsumsi anak. Di Indonesia, suatu produk makanan dan minuman dipastikan keamanannya oleh BPOM. Bagi Anda yang beragama Islam, sejumlah merek juga memeriksakan produknya untuk peroleh sertifikasi Halal MUI.

Selain memperhatikan sertifikasi, Anda juga perlu mengecek bahan baku pembuatannya. Bubur bayi instan dari dalam negeri umumnya menggunakan bahan-bahan seperti beras merah, ubi ungu, dan sebagainya. Untuk produk impor, pastikan dulu status keamanan produk dengan mengecek sertifikasi dari lembaga sejenis BPOM.

Cermati Keberadaan Bahan Pengawet, Aditif, atau Pemicu Alergi Lain

Walau mengantongi izin edar dari BPOM, bayi Anda mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Terdapat 7 bahan yang biasa menjadi pemicu alergi, yaitu produk susu, kacang, telur, gandum, soba, dan seafood seperti udang dan kepiting. Cermati dengan saksama apabila buah hati Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut karena alergi pada bayi dapat menimbulkan reaksi hebat.

Anda juga perlu memeriksa apakah produk yang Anda pilih mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Sebaiknya hindari produk-produk dengan pewarna dan pemanis sintetis karena berisiko menimbulkan dampak kurang baik terhadap tumbuh kembang buah hati Anda.

Pilih Bubur Bayi yang Menyertakan Varian Rasa

Pada awal mengenalkan makanan padat, memang sebaiknya Anda memberikan nasi plain tanpa campuran bahan-bahan lainnya. Namun, seiring perkembangan usianya, Anda dapat memberikan varian rasa pada makanannya. Adanya varian rasa akan mengenalkan lidah bayi Anda dengan bermacam jenis rasa.

Untuk bubur bayi instan sendiri, sekarang telah banyak tersedia varian rasa, seperti rasa gurih, rasa kombinasi buah dan sayur, rasa pasta, dan lainnya. Meskipun banyak pilihan rasa, Anda harus perhatikan respon bayi melahap makanannya untuk mengetahui apakah bayi Anda menyukai rasa bubur tersebut atau tidak.

Pertimbangan ketika Memilih Bubur Bayi Organik

Apabila Anda bermaksud memberikan bubur bayi instan dari bahan-bahan organik, cukup sulit menjamin sebuah produk dengan klaim organik bebas dari pestisida. Pasalnya, beberapa produk ada yang menggunakan pestisida dengan mematuhi standar ADI (Acceptance Daily Intake). Selain itu, jenis pupuk yang digunakan pada bahan baku pembuatan bubur bayi tersebut termasuk sulit Anda lacak kepastiannya.

Nah, untuk mengatasi kekhawatiran Anda, sebenarnya ada lembaga yang bertugas spesifik mengurusi sertifikasi produk-produk organik. Untuk produk impor, terdapat sertifikasi pengujian organik dari badan terkenal seperti ECOCERT, JAS (Japanese Agricultural Standards), dan BioLand untuk produk Jerman. Untuk produk lokal, ada lembaga seperti BIOCert Indonesia, INOFICE, dan sebagainya.

10 Rekomendasi Bubur Bayi Instan Terbaik

Tiba waktunya bagi kami menampilkan bubur bayi instan terbaik untuk referensi pilihan Anda. Pilihlah produk dengan mempertimbangkan poin-poin yang telah kita bahas bersama di bagian sebelumnya. Selamat menentukan!

1. Gasol Tepung Organik Beras Putih

Tepung beras organik untuk MPASI pertama si kecil

Sesuai dengan namanya, Gasol menghadirkan bubur bayi organik sesuai dengan rekomendasi WHO yang aman untuk diberikan sebagai perkenalan MPASI buah hati. Klaim 100% organik produk ini dibarengi dengan proses tanam tanpa pestisida kimiawi serta tanpa penambahan rasa, pengawet, dan gluten.

Tak hanya itu, bahan yang berasal dari kealamian beras putih membuatnya kaya vitamin A, vitamin C, senyawa fenolik, serta antioksidan flavonoid. Selain cocok disajikan plain, Anda dapat berkreasi mix and match bubur ini dengan bahan makanan lain setelah anak mulai bisa mengenal rasa yang lebih bervariasi.

Untuk usia bayi Mulai usia 6 bulan
Komposisi 100% beras putih organik
Keamanan Tanpa tambahan rasa, tanpa bahan pengawet, tanpa pupuk dan pestisida sintetis, tanpa gluten, BPOM, Halal MUI
Berat 200 g
Kisaran harga Rp28.000

2. Milna Bubur Bayi WGAIN Ayam Kacang Polong

Perpaduan nutrisi ayam dan kacang polong untuk bayi sehat

Produk Milna satu ini megombinasikan protein ayam, whey, dan coconut oil yang diklaim mampu meningkatkan berat badan bayi bila dikonsumsi dua kali sehari secara rutin. Selain itu, nutrisinya diperkaya dengan kandungan 15 vitamin dan 8 mineral serta omega 3 dan 6 untuk mendukung proses tumbuh kembang bayi secara optimal.

Selain difungsikan untuk penambahan berat badan, Milna WGAIN Ayam Kacang Polong diformulasikan tinggi protein guna merangsang perkembangan otak bayi. Anda tak perlu khawatir, bubur bayi ini bebas dari kandungan pengawet dan pewarna. Izin edarnya telah tersertifikasi BPOM dan MUI juga, lho!

Untuk usia bayi 6 – 12 bulan
Komposisi Beras putih, pati jagung, tepung ayam, konsentrat whey protein, minyak nabati, maltodekstrin, gula, bubuk sayuran (kacang polong, wortel, tomat, bawang), perisa ayam, lesitin kedelai, mineral dan vitamin
Keamanan BPOM, Halal MUI
Berat 120 g
Kisaran harga Rp30.000

3. Yummy Bites Cereal Multigrain with Cauliflower, Broccoli & Cheese

Bubur instant kaya nutrisi yang mudah dikreasikan dengan bahan lain

Yummy Bites merupakan produk bubur instant dengan sedikit tekstur dari biji-bijian sereal, cocok untuk pengenalan tekstur bayi Anda. Produk ini diperkaya 9 vitamin dan 3 mineral dari kembang kol dan brokoli. Keberadaan kalsium, vitamin D, dan zat besi dari keju pada produk ini mampu merangsang pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Rasa lezat jagung dan sayuran membuat bubur ini lebih mudah dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti kaldu ayam disertai beberapa macam sayuran. Dengan begitu, variannya yang hanya terdiri dari 3 rasa dapat diperkaya dengan keahlian ibu!

Untuk usia bayi 4 bulan ke atas
Komposisi Tepung beras tepung jagung, sayuran (kembang kol, brokoli), bubuk susu skim, minyak kelapa sawit, keju, protein susu, perisa alami, ekstrak ragi, vitamin C, vitamin E, niacin, zink sulfat, zat besi, riboflavin, vitamin B6, thiamin, vitamin A, asam folat, vitamin D, vitamin B12, kalsium
Keamanan Tanpa tambahan gula, tanpa gluten, tanpa pengawet, tanpa pewarna sintetis, BPOM, terjamin halal
Berat 125 g
Kisaran harga Rp45.000

4. Promina Homemade Salmon Kentang Wortel

Bubur instan ala rumahan dengan waktu masak singkat

Jika Anda ingin bubur bayi ala rumahan tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, produk dari Promina tepat Anda pilih. Satu porsinya terdiri dari 1 sachet beras dan 1 sachet daging beserta sayuran kering. Anda hanya perlu menambahkan air dan memasaknya selama 10 menit. Selain itu, Anda bisa menyertakan nutrisi pelengkap dari ayam atau sayuran segar ke dalamnya.

Bubur ini merupakan sumber serat pangan yang baik untuk kesehatan pencernaan, protein dan kalsium untuk pertumbuhan, 11 vitamin dan 6 mineral untuk daya tahan tubuh, serta omega 3 dan 6 untuk perkembangan otaknya. Komposisinya bebas bahan pengawet serta MSG karena dibuat dengan teknologi pengeringan dan pengemasan yang modern.

Untuk usia bayi 8 bulan ke atas
Komposisi Beras, susu bubuk full cream, susu skim bubuk, minyak nabati, sayuran kering, inulin, gula, garam, mineral, premiks vitamin, dan minyak ikan
Keamanan Tanpa bahan pengawet, tanpa MSG, BPOM, Halal MUI
Berat 100 g
Kisaran harga Rp22.100

5. Nayz Bubur Organik Yummy Rasa Ayam

Mengandung penyedap alami garlic powder untuk menambah selera makan

Bubur organik Nayz mengandung bumbu penyedap alami berupa bubuk garlic untuk meningkatkan nafsu makan buah hati melalui rasanya yang gurih. Selain lezat, bubur bayi satu ini juga menyimpan nilai gizi lengkap berupa protein dan omega 3. Soal keamanan, produk ini rendah natrium, serta tidak terdapat lemak trans di dalamnya.

Proses pembuatannya telah memenuhi standar GMP (Good Manufacturing Practice). Dengan demikian, bayi Anda dapat leluasa mengonsumsi bubur ini setiap hari. Untuk komposisinya, Nayz menggunakan bahan utama ayam fillet, makaroni, dan sayuran organik seperti bayam dan seledri. Lengkap, bukan?

Untuk usia bayi 6 bulan ke atas
Komposisi Beras organik, ayam fillet, makaroni, bayam organik, seledri organik, bawang putih bubuk, perisa alami, inulin
Keamanan Proses produksi memenuhi standar GMP, bebas lemak trans, Halal MUI, BPOM
Berat 300 g
Kisaran harga Rp38.200

6. Nestle Cerelac Bubur Sereal Apel, Jeruk & Pisang

Manfaat buah-buahan untuk pencernaan si kecil

Nestle merupakan brand kenamaan untuk produk bubur bayi instan. Selain karena harganya yang terjangkau, Nestle mampu menghadirkan bubur bayi yang memenuhi asupan nutrisi harian bayi. Dalam varian ini, Cerelac Bubur Sereal Apel, Jeruk & Pisang mengantongi probiotik yang baik untuk pencernaan bayi.

Tak hanya menyehatkan pencernaan, kandungan DHA, zinc, omega 3 dan 6-nya menjadi stimulus perkembangan jaringan otak bayi. Dalam produknya ini, terdapat komponen karbohidrat yang telah dihidrolisis dengan enzim untuk mengurangi kekentalan bubur. Bagi Anda yang ingin memberikan bayi bubur mudah cerna, pilihlah produk ini!

Untuk usia bayi 6 bulan ke atas
Komposisi Tepung beras, tepung kedelai, gula, susu bubuk skim, minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), apel, mineral, pisang, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin, minyak ikan (mengandung antioksidan natrium askorbat dan tokoferol), jeruk, dan perisa vanila
Keamanan Bebas pewarna, bebas pengawet, BPOM, Halal MUI
Berat 120 g
Kisaran harga Rp10.300

7. SUN Bubur Susu Sereal Beras Merah

Bubur bayi dengan manfaat beras merah yang ekonomis

Beras merah terkenal akan kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah, mencegah anemia, serta menunjang kekebalan tubuh. Anda bisa memberikan bayi Anda seluruh kebaikan zat besi tersebut dari produk lokal SUN satu ini.

Meski harganya tak sampai puluhan ribu, kandungan nutrisi pada bubur ini tetap melimpah. Dari mulai 11 vitamin, 8 mineral, hingga DHA akan merangsang otak cerdas si kecil. Di samping  itu, bayi Anda akan menerima kebaikan bagi tulang dan giginya berkat kalsium dan lisin yang turut tersimpan di dalamnya.

Untuk usia bayi 6 bulan ke atas
Komposisi Beras, beras merah, gula, kacang merah, tepung susu skim, minyak nabati (mengandung anti oksidan L-askorbil palmitat dan alfa tokoferol), frukto oligosakarida, lisin, premiks vitamin, premiks mineral & DHA (mengandung campuran antioksidan, tokoferol, L-askorbil palmitat)
Keamanan BPOM, Halal MUI
Berat 120 g
Kisaran harga Rp6.800

8. Peachy Apple, Mango and Banana Puree

Puree buah-buahan yang bisa langsung dikonsumsi dari wadah!

Khawatir asupan vitamin bayi Anda kurang? Berikan produk dari Peachy ini saat snack time. Kandungan buah-buahan asli yang diproses menjadi puree membuat kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Kebaikan beta karoten dan vitamin C akan memelihara kesehatan mata dan jantung, sedangkan seratnya berperan mencegah sembelit dan merawat pencernaan buah hati.

Peachy Apple, Mango, and Banana Puree dikemas dalam bentuk pouch yang praktis dikonsumsi. Cukup buka tutupnya, bayi Anda dapat langsung mengonsumsi puree ini dari kemasannya! Apabila Anda hendak bepergian, bawalah camilan bayi sehat dan praktis ini. Cegah anak lapar, Anda pun tak diganggu oleh rewel lapar si kecil selama perjalanan!

Untuk usia bayi 6 bulan ke atas
Komposisi Buah pisang 49%, buah apel 26%, buah mangga 25%
Keamanan Tanpa pengawet, tanpa perasa buatan, tanpa pewarna buatan, tanpa tambahan garam dan gula, tidak mengandung produk susu, BPOM, FDA approved, sertifikasi GMP, HACCP, dan halal
Berat 110 g
Kisaran harga Rp39.000

9. Pureeland Baby Quick Cereal

Sereal oat dalam jar dengan banyak varian rasa

Pureeland menghadirkan 4 varian rasa sereal bubuk cepat saji. Ada Oat Banana, Oat Purple Potato, Organic Oat Potato Flakes, dan Rolled Oat dan Barley Flakes yang masing-masing kaya nutrisi. Saat penyajian, Anda bisa mencampurkannya dengan puree buah atau sayur.

Semua oat dalam Pureeland Baby Quick Cereal bersifat gluten-free sehingga aman untuk bayi yang sensitif terhadap bahan ini. Dengan harga tertera pada tabel, Anda akan memperoleh ke-4 variannya dalam satu paket. Selain dapat diseduh dengan air mendidih, Pureeland Baby Quick Cereal dapat Anda masak sesaat di atas tungku.

Untuk usia bayi 6 bulan ke atas
Komposisi Tidak disebutkan
Keamanan Tanpa gluten
Berat 400 g (1 boks isi 4 jar/can @100 g)
Kisaran harga Rp120.000

10. Heinz Pumpkin, Potato & Beef

Lezat dan aman tanpa tambahan bahan aditif

Jika Anda mencari bubur bayi yang sama sekali tidak mengandung bahan tambahan, Heinz Pumpkin Potato & Beef mungkin bisa dipertimbangkan. Produk ini diformulasi tanpa pengawet, pewarna, dan perasa. Belum berhenti, bagi bayi yang memiliki alergi, Heinz memastikan komposisinya bebas susu, kacang kedelai, dan gluten.

Seluruh ingredients pada bubur ini berasal dari bahan alami, seperti buah labu, beef, dan sayuran. Dirancang untuk bayi berusia > 4 bulan, bubur instan dari Heinz menerapkan Good Manufacturing Practice yang membuat Anda bebas waswas soal keamanannya. Selain itu, proses pemanasan terkontrol menjamin produk ini semakin steril dari kuman atau mikroorganisme berbahaya.

Untuk usia bayi 4 bulan ke atas
Komposisi Pumpkin (50%), water (26%), beef (10%), potatoes (6%), carrots (5%), maize semolina (1.3%), cornflour (1.3%), herb
Keamanan Proses produksi memenuhi standar GMP, tidak mengandung susu, kacang kedelai, pengawet, pewarna sintetis, dan gluten
Berat 110 g
Kisaran harga Rp29.000

Kesimpulan

Mulai sekarang, Anda bisa melengkapi keperluan nutrisi si kecil dengan memberikannya bubur bayi instan. Bila sedang bepergian, pilihlah bubur bayi kemasan pouch dan jar yang praktis dan siap makan. Ketika di rumah, Anda bisa hemat pengeluaran dengan membeli bubur bayi berbentuk bubuk siap olah. Untuk memperkaya isi dan nutrisi, Anda bisa sertakan sayuran dan makanan berprotein lain.

Soal rasa, Anda mungkin perlu menyesuaikan dengan kesukaan bayi. Sebaiknya Anda variasikan rasa pada setiap pemberian bubur bayi agar bayi Anda tidak bosan. Tekstur bubur harus disesuaikan dengan usia bayi, serta pastikan bubur bayi pilihan Anda terjamin aman oleh BPOM atau lembaga terkait. Dengan demikian, bayi menjadi kenyang, orang tua pun tenang!

(Visited 1.584 times, 1 visits today)