Written by 01:32 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Salep Ruam Popok Bayi Terbaik

Pemakaian popok sekali pakai memang sangat praktis. Namun, adakalanya pemakaian popok sekali pakai akan menimbulkan masalah kulit seperti ruam. Akibatnya, bayi akan merasa tidak nyaman, gatal, bahkan perih. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan salep khusus ruam popok yang banyak dijual di pasaran. Saking banyaknya, Anda mungkin akan merasa bingung menentukan mana yang terbaik bagi buah hati.

Ada banyak kriteria yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih salep ruam popok yang tepat. Anda harus mencermati kandungan apa saja di dalamnya, agar tidak membahayakan kulit si Kecil. Kami akan mengulasnya secara tuntas dalam artikel kali ini. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh salep terbaik versi PickyBest. Mulai dari Vaseline, Mustela, hingga produk Earth Mama.

Cara Memilih Salep Ruam Popok Bayi

Memilih salep untuk ruam popok tidak boleh asal. Selain kandungannya, Anda juga harus mempertimbangkan seberapa parah ruamnya. Bila salah pilih, salah-salah ruam pada bayi Anda malah akan bertambah parah. Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih salep ruam popok.

Utamakan Salep yang Mengandung Zinc Oxide

Zinc oxide telah diakui oleh American Academy of Dermatology sebagai salah satu bahan yang ampuh mengobati ruam di area pantat dan selangkangan bayi. Bahan ini mampu memperkecil peluang iritasi kulit akibat zat asing. Cara kerjanya dengan membentuk lapisan pertahanan pada lapisan kulit teratas bayi.

Selain itu, efek samping penggunaan salep jenis ini juga sangat jarang terjadi. Meskipun demikian, jangan asal memakaikan salep sembarangan, ya. Tetap ikuti arahan penggunaan dari dokter atau apoteker. Sebelum mengaplikasikan, pastikan kulit bayi yang akan diobati dan tangan Anda dalam keadaan bersih.

Untuk Peradangan Ringan, Oleskan Krim atau Minyak Pelembap

Kulit bayi cenderung lebih tipis dengan kandungan minyak sedikit. Oleh sebab itu, kulit menjadi sensitif dan mudah kering. Gesekan kulit dengan popok yang terus-menerus akan menyebabkan ruam yang tidak nyaman. Untuk menghindari iritasi, kita harus menjaga kelembapan kulitnya.

Pakailah pelembap seperti petrolatum (vaselin) atau krim. Pemakaian pelembap bisa mencegah sekaligus mengobati ruam yang masih ringan. Pengobatan ruam menggunakan metode ini pun jauh lebih aman karena minim efek samping.

Untuk Peradangan yang Cukup Berat, Pilihlah Salep Nonsteroid

Salep steroid memang dikenal ampuh dalam menangani ruam berat. Akan tetapi, efek samping yang diberikan salep steroid juga banyak. Misalnya, penipisan kulit, rosacea, dermatitis kontak, dan masih banyak lagi. Karena itulah penggunaan salep ini harus sesuai anjuran dokter dan tidak boleh dipakai dalam jangka waktu lama. Anda harus mengganti salep ketika gejalanya sudah mereda.

Jika Anda khawatir tentang efek samping dari salep steroid, pilihlah salep nonsteroid. Meskipun proses penyembuhan tidak akan secepat salep steroid, salep ini tetap bisa mengobati tanda-tanda ruam yang cukup berat. Contohnya, eksem, kemerahan, serta luka di pantat atau selangkangan bayi. Bila peradangan sudah mereda, Anda bisa beralih ke pelembap untuk mengembalikan kondisi kulit.

Untuk Peradangan Berat, Konsultasikan pada Dokter untuk Meminta Resep Obat

Jika sudah terjadi peradangan berat, segera konsultasikan dengan dokter. Kemungkinan besar dokter akan meresepkan krim, salep, atau obat dengan kandungan steroid. Patuhi anjuran dokter mengenai cara pemakaian untuk mencegah efek samping negatif. Berikut ini adalah beberapa contoh krim yang tergolong krim steroid.

Krim Hidrokortison untuk Mengurangi Iritasi, Gatal, dan Pembengkakan

Salep hidrokortison mampu mengurangi pembengkakan, rasa gatal, dan iritasi akibat ruam. Biasanya, krim-krim kulit memang sudah mengandung hidrokortison dalam dosis kecil. Namun, jika anak Anda masih dibawah sepuluh tahun, penggunaan obat dengan kandungan ini harus dibawah awasan dokter.

Penggunaan hidrokortison yang tidak tepat bukannya mengobati, tetapi justru dapat memperparah ruam popok. Bahan ini boleh digunakan hanya jika dokter merekomendasikannya. Satu lagi, jangan mengoleskan obat lain bersamaan dengan salep ini. Tunggu sepuluh menit atau pakaikan obat lain pada waktu yang berbeda.

Krim Antijamur untuk Mengatasi Ruam Popok akibat Infeksi Jamur

Tahukah Anda bahwa pada permukaan kulit kita terdapat banyak jamur? Sebenarnya, jamur tidak akan membahayakan selama jumlahnya masih dalam batas sehat. Namun, ada kalanya jumlah jamur tersebut menjadi tak terkontrol dan menyebabkan iritasi kulit.

Pertumbuhan jamur yang tidak sehat ini sering disebabkan oleh kondisi kulit yang lembab dan kotor. Pemakaian popok menciptakan habitat yang sempurna bagi tumbuhnya jamur di area pantat dan selangkangan bayi. Itulah sebabnya, banyak bayi mengalami ruam akibat infeksi jamur.

Salep dengan kandungan clotrimazole atau miconazole mampu mengatasi ruam akibat jamur. Contoh salep yang mengandung bahan tersebut adalah Balmex, Triple Paste, Desitin, dan Lotrimin. Salep antijamur juga sering mengandung zinc oxide untuk membantu meredakan ruam.

Kandungan dalam salep anti jamur mampu menenangkan dan melindungi kulit bayi. Aplikasikan salep ini secara tipis-tipis pada ruam popok. Untuk amannya, selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Krim Antibiotik yang Ampuh Menekan Pertumbuhan Bakteri

Kulit lembab dan kotor juga bisa menyebabkan berkembang biaknya bakteri di kulit. Gunakan salep antibiotik jika ruam bayi disebabkan oleh bakteri. Antibiotik mampu membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Penggunaan salep jenis ini sebagai obat ruam juga harus dengan anjuran dokter.

Tidak semua antibiotik bisa mengobati ruam. Penggunaan yang sembarangan pun bisa meningkatkan risiko infeksi jamur. Selain itu, dalam jangka panjang, antibiotik bisa menyebabkan resistensi antibiotik. Bila itu terjadi, obat ini tidak akan mempan lagi karena bakteri sudah memperbaiki sistem imunnya dan kebal terhadap antibiotik. Jadi, sebaiknya Anda mengonsultasikan penggunaan salep antibiotik dengan dokter terlebih dahulu.

Periksa Keamanan Produk seperti Sertifikasi Bahan, Pengujian, dan Keberadaan Zat Aditif

Karena kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif, hindari bahan tambahan seperti zat aditif alkohol, parfum, dan pewarna buatan. Sebab, hal itu dapat memicu terjadinya alergi dan membuat kulit menjadi kasar.

Pilih produk yang sesuai dengan kondisi peradangan. Selain itu, pilih juga produk dengan tingkat keasaman yang rendah. Produk yang bebas zat aditif dengan tingkat keasaman rendah akan lebih lembut dan aman.

10 Rekomendasi Salep Ruam Popok Bayi Terbaik

Berikut kami berikan sepuluh rekomendasi salep untuk ruam popok bayi terbaik lengkap dengan range harga dari yang murah sampai premium dan penjelasan kandungan bahan untuk mempermudah Anda memahami manfaat masing-masing salep. Simak terus sampai selesai ya!

1. Buds Cherished Organics – Baby Bum Balm

Terbuat dari bahan-bahan organik dan bersertifikat aman bagi kulit sensitif

Diolah dari 99% bahan organik berkualitas, krim bayi ini memberikan perlindungan pada pantat bayi dari timbulnya ruam. Kandungan ekstrak sunflower dan shea butter-nya melembapkan serta mampu membantu menghilangkan bekas iritasi. Ditambah dengan tocopherol yang diambil dari olive oil, krim ini mampu melindungi kulit bayi dari zat-zat penyebab ruam.

Baby Bum Balm juga tidak mengandung pewangi buatan dan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit bayi Anda. Krim ini aman untuk digunakan pada kulit bayi segala usia karena telah teruji secara klinis dan bersertifikat Ecocert. Selain itu, produk ini juga teruji hypoallergenic, lho. Jadi, bayi yang memiliki kulit sensitif pun aman menggunakannya.

Jenis salep Krim pelembap
Bahan aktif Organic beeswax, spent grain wax, inca inchi, jojoba oil, sunflower oil, shea butter, vitamin E, dan tea tree oil
Keamanan Bebas bahan pengawet, tersertifikasi Ecocert
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp329.900

2. Vaseline® Petroleum Jelly Baby

Sumber: Vaseline.com

Mengunci kelembapan agar kulit bebas ruam

Petroleum jelly dikenal mampu menjaga 92% kandungan air pada kulit hingga 12 jam. Dalam 24 jam, kelembapan yang berkurang pun tidak lebih dari 50%-nya. Produk dari Vaseline ini mengandung petroleum jelly, rose oil, dan coconut oil. Produk ini diformulasikan khusus  agar bisa menyerap sempurna ke pori-pori kulit dan membantu perggantian sel kulit mati.

Berkat kemampuannya dalam mengunci kelembapan, produk ini mampu mencegah dan mengobati ruam akibat gesekan kulit dengan popok. Kandungan petroleum jelly-nya mampu memberikan lapisan perlindungan agar kulit tidak mudah luka akibat gesekan-gesekan. Tak hanya untuk bayi, produk ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa untuk merawat kulit

Jenis salep Pelembap
Bahan aktif Petroleum jelly, rose oil, dan coconut oil
Keamanan Hypoallergenic, dermatologically tested, non-comdeogenic
Ukuran 386 g
Kisaran harga Rp124.000

3. Earth Mama Baby Organic Diaper Balm

Produk kepercayaan rumah sakit untuk pasien NICU yang sangat sensitif

Produk Earth Mama ini mengandung calendula yang dikenal ampuh untuk menenangkan kulit, menyembuhkan luka, dan sebagai antiseptik. Anda bisa menggunakan krim ini untuk mencegah ruam pada bayi. Selain itu, krim ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kemerahan serta mengembalikan kelembutan kulit bayi yang meradang.

Anda tidak perlu khawatir krim ini akan menyebabkan iritasi. Para ahli dermatologi telah membuktikan krim ini aman bagi kulit sensitif sekalipun. Tak hanya itu, produk ini juga dipercaya oleh banyak rumah sakit untuk digunakan pada pasien bayi di ruang NICU.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Organic olive fruit oil, organic shea butter, organic beeswax, organic jojoba seed oil, dll
Keamanan Tersertifikasi USDA Organic, EWG Verified, NON-GMO Verified, tanpa petroleum, tanpa paraben, tanpa pewangi buatan
Ukuran 60 mL
Kisaran harga Rp285.000

4. Mustela Barrier Cream

Mengandung vitamin F yang mampu menyembuhkan ruam dengan cepat

Mustela Barrier Cream telah diuji secara klinis dan bersifat hypoallergenic sehingga sangat aman bagi bayi baru lahir sekalipun. Kandungan bahan aktif zinc oxide dalam salep ini berfungsi untuk melindungi dan mencegah iritasi kulit. Krim ini juga mengandung vitamin F untuk menyembuhkan ruam dengan cepat serta shea butter untuk melembutkan dan menenangkan kulit.

Produk ini juga mengandung caprylyl glycol yang bagus dalam mencegah pertumbuhan bakteri. Kemasannya berupa tube sehingga mudah digunakan dan praktis untuk dibawa bepergian. Kelebihan lainnya, tekstur salep ini juga cepat menyerap, tidak meninggakan kesan lengket, dan mudah dibersihkan. Jadi, bayi pun akan merasa nyaman ketika memakainya.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Zinc oxide, vitamin F, dan shea butter
Keamanan 81% bahan alami, tanpa paraben, tanpa phthalates, tanpa phenoxyethanol, formula hypoallergenic
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp149.000

5. Sudocrem Baby Care Cream

Sumber: Shopee.co.id

Formula yang konsisten sejak 1931

Salep ini ditujukan untuk mengatasi permasalahan kulit yang ringan seperti ruam akibat penggunaan popok. Produk ini mampu melembutkan, melembapkan, serta melindungi kulit. Formulanya tidak pernah berubah sejak tahun 1931, ringan sehingga aman digunakan setiap kali mengganti popok.

Produk ini mengandung zinc oxide yang berfungsi untuk mengurangi hilangnya cairan dari jaringan kulit. Jadi, kulit akan lembap dan tidak mudah iritasi. Selain itu, produk ini juga mengandung zat-zat yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Zinc oxide, anhydrous hypoallergenic lanolin, dan benzyl alcohol
Keamanan Clinically proven
Ukuran 125 g
Kisaran harga Rp80.000

6. Sebamed Diaper Rash Cream

Sumber: Sebamed.com

Memberi perlindungan pada kulit bayi yang baru lahir

Tahukah Anda bahwa kulit yang sehat memiliki lapisan pelindung yang disebut acid mantle? Lapisan ini sendiri baru terbentuk beberapa bulan setelah lahir. Itulah sebabnya, kulit bayi yang baru lahir lebih sensitif rentan terkena iritasi.

Sebamed Diaper Rash Cream ini bertindak sebagai lapisan pelindung kulit, yang membantu mencegah iritasi. Kandungan wheat bran extract-nya membantu menenangkan dan melawan iritasi. Panthenol kemudian menstimulus proses penyembuhan ruam. Selain proses penyembuhan ruam menjadi cepat, salep ini mampu menjaga kelembutan kulit bayi.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Petrolatum, paraffinum liquidum, polyglyceryl-2-sesquiisostearate, panthenol, cera alba, sorbitol, squalene, dll
Keamanan pH 5.5, dermatologically/clinically tested
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp160.000

7. Corine de Farme Nappy Change Cream

Tidak mengandung alkohol sehingga minim risiko alergi

Corine de Farme Nappy Change Cream terbuat dari 95% bahan organik. Produk ini juga bersifat hypoallergenic, yang telah diuji di bawah pengawasan pediatrik dan ahli dermatologi. Tak hanya itu, salep ini juga bebas pewangi, paraben, pewarna, dan alkohol. Krim ini aman digunakan untuk kulit bayi yang masih tipis.

Proses pemulihan ruam akan dibantu oleh vegetal glycerin dan panthenol yang terdapat dalam produk ini. Allantoin membantu menenangkan ruam dan menyembuhkannya. Kemasannya tube yang mudah dikeluarkan tanpa khawatir akan tumpah.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Zinc oxide, vegetal glycerine, panthenol, sweet almond oil, allantonin
Keamanan Dermatologically & pediatriacian tested, teruji hypoallergenic, bebas paraben, bebas pewangi, bebas pewarna, bebas alcohol, bebas phenoxyethano
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp150.000

8. Biolane Diaper Rash Cream

Tidak akan meninggalkan noda, meski menempel pada baju bayi

Selanjutnya kami ingin merekomendasikan krim bayi asal Malaysia. Seperti halnya krim bayi yang lain, produk ini juga mengandung zinc oxide yang ampuh mengurangi munculnya ruam. Selain itu, produk ini mengandung hydra-bleine, lipid, dan wheat protein yang mampu menghidrasi kulit.

Produk ini juga diperkaya vitamin E yang akan merangsang regenerasi kulit dan menjaga kulit bayi senantiasa lembut. Formulanya dibuat sedemikian rupa agar krim ini cepat meresap dan sangat nyaman di kulit. Menariknya lagi, krim ini tidak akan meninggalkan noda pada baju.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Zinc oxide, sweet almond oil, panthenol, dan vitamin E
Keamanan Hypoallergenic
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp123.000

9. My Baby Diaper Rash Cream

Sumber: Mybaby.co.id

Produk yang paling mudah ditemui dengan harga terjangkau

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan brand satu ini. My baby memang salah satu merek kebutuhan bayi yang paling mudah ditemui di pasaran. Harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau. Dengan 15 ribu saja, Anda sudah bisa mengantongi rash cream ini dari swalayan terdekat.

Meskipun harganya terjangkau, kualitas salep ini tidak perlu diragukan. Ia mengandung zinc oxide yang berfungsi mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit bayi. Tak hanya itu, produk ini juga diperkaya dengan vitamin A, E, F, dan B5, yang membantu kulit bayi agar tetap sehat. Formulanya ringan, lembut, tidak lengket, dan cepat meresap ke kuli bayi.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Zinc oxide, aloe vera, dan multivitamin (A, E, F, B5)
Keamanan Clinically tested, mild formula
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp15.200

10. Pigeon Baby Diaper Rash Cream

Sumber: Shopee.co.id

Mengandung chamomile dan jojoba oil untuk menjaga kelembutan kulit

Produk terakhir yang kami rekomendasikan adalah Pigeon Baby Diaper Cream. Anda juga pasti sudah tidak asing dengan merek ini. Selain zinc oxide, produk ini juga mengandung chamomile dan jojoba oil yang bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit bayi.

Krim ini juga sudah terbukti hypoallergenic yang aman untuk kulit sensitif. Formulanya ringan dan lembut sehingga mudah menyerap dan tidak lengket di kulit. Kemasannya juga sangat praktis, berbentuk tube yang mudah dipencet.

Jenis salep Salep nonsteroid
Bahan aktif Castor oil, zinc oxide, jojoba oil, dan chamomile
Keamanan Hypoallergenic, 0% coloring agent
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp20.400

Lihat juga rekomendasi produk perawatan kulit bayi lainnya di sini!

Kekuatan kulit bayi belum sebaik orang dewasa. Sebagai orang tua, Anda pasti ingin menyiapkan produk terbaik untuk merawat kulit si kecil. Selain salep ruam popok, Anda juga perlu menyiapkan produk perawatan kulit sejenis lainnya.

Ada baby cream dan body lotion untuk menjaga kelembutan kulit bayi, hingga sabun mandi dan bedak khsus bayi. Tidak ada salahnya Anda menyiapkan semua produk perawatan kulit tersebut di rumah. Temukan rekomendasi produk-produk perawatan kulit bayi tersebut pada halaman-halaman berikut!

10 Rekomendasi Baby Cream (Krim Bayi) Terbaik
10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi
10 Rekomendasi Sabun Mandi Terbaik untuk Bayi
10 Rekomendasi Baby Powder (Bedak Bayi) Terbaik

Kesimpulan

Ruam memang sangat mengganggu kenyamanan bayi. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih salep ruam yang tepat untuk si Kecil. Pastikan untuk selalu mengecek kandungannya, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Bila kondisinya tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter kepercayaan Anda.

Ruam sebenarnya bisa dicegah dengan memastikan kulit bayi selalu kering. Segera ganti popok setelah bayi buang air, tanpa menunggunya penuh terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembap secara rutin pada kulit bayi Anda. Semoga kulit bayi Anda tetap sehat dan bebas ruam popok

 

(Visited 98 times, 1 visits today)