Written by 01:34 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Setiap ibu pasti menginginkan bayinya tumbuh kembang dengan sehat. Pemberian ASI yang lazim dilakukan terkadang dihampiri kondisi medis tertentu yang menjadikan ASI tak baik diberikan. Sebagai ganti ASI, susu formula dapat menjadi alternatif agar bayi tetap memperoleh nutrisi untuk membantu perkembangannya.

Berbagai susu formula dari Nutrilon, SGM, Enfamil, dan Nestle hadir sebagai pilihan bagi Anda. Oleh karena setiap produk memiliki karakteristik dan harga yang variatif. Anda perlu menyesuaikan produk yang hendak dipilih dengan kebutuhan. Selengkapnya, kami akan bahas cara memilih beserta rekomendasi produknya di artikel ini!

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi

Pertama, pastikan Anda sudah mendapatkan rujukan dari dokter atau indikasi medis sebelum memberikan susu formula kepada bayi. Namun apabila Anda memang mau memberikan asupan susu selain ASI, kami sarankan Anda mengetahui panduan memilihnya. Di bagian ini, kami rangkum poin-poin pemilihan susu formula yang perlu Anda perhatikan.

Kenali Usia dan Kondisi Ideal sebelum Memberikan Susu Formula

Tidak setiap bayi memerlukan susu tambahan yang bukan termasuk ASI. Para dokter juga menyarankan bagi bayi yang masih bayi berusia 0 – 6 bulan, pemberian ASI tetap menjadi makanan yang paling baik untuknya. Pemberian ASI ini bisa dilakukan hingga bayi berusia 2 tahun. Akan tetapi, pemberian ASI tak jarang dihampiri masalah seperti tidak mau keluar dan sebagainya. Pada kondisi semacam ini, susu formula untuk bayi bisa menjadi penyelamat.

Terkait usia pemberian termasuk penting Anda ketahui. Alasannya, pada masa pertumbuhan bayi berusia 0 -12 bulan, susu yang bukan diciptakan berdasarkan usia kebutuhannya dapat membebani ginjal dan saluran pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda hendak mencari susu formula, disarankan melihat label yang tertera pada kemasannya. Lihatlah aturan atau rekomendasi umur yang tercantum agar aman dan memberi dampak yang optimal.

Ketahui Jenis Susu Formula yang Beredar di Pasaran

Susu formula tersedia dalam beberapa jenis dengan perbedaan sumber, bentuk, serta mereknya. Di Indonesia sendiri, kita bisa dengan mudah menemukan susu formula dari sumber hewani, seperti susu sapi dan susu kedelai. Sementara itu, ada juga susu formula lain dengan keterangan bebas laktosa atau susu formula hidrolisat parsial yang bersifat hypoallergenic.

Susu formula yang berasal dari susu sapi umumnya mengandung protein, karbohidrat, dan lemak dalam kadar seimbang. Protein pada susu formula ini tidak seperti protien dari susu sapi biasa, karena sudah diubah agar lebih mudah untuk dicerna tubuh. Sementara susu formula dari kedelai biasanya diberikan kepada bayi yang tidak bisa menerima laktosa (intoleransi laktosa) sementara akibat infeksi gastrointestinal.

Produk dari kedelai biasanya diberikan untuk bayi yang alergi susu sapi. Sedangkan susu formula rendah laktosa atau bebas laktosa adalah susu yang hanya sedikit atau tidak mengandung gula di dalamnya. Susu formula jenis ini biasanya menggunakan sirup jagung sebagai pengganti gula, cocok juga diberikan pada bayi yang mengalami intoleransi laktosa atau yang tak mampu mencerna laktosa.

Pada bayi yang lahir prematur, susu formula hidrolisat parsial lebih ideal untuk dikonsumsi. Alasannya, susu formula jenis ini mengandung protein yang sudah dipecah dalam bentuk lebih kecil guna mempermudah proses cerna. Susu formula dengan sifat hipoalergenik ini dapat diminum oleh bayi dengan alergi protein susu, sementara susu formula yang proteinnya sudah terhidrolisis bisa dikonsumsi oleh bayi dengan masalah penyerapan nutrisi.

Pertimbangan untuk Anda yang Ingin Membeli Susu Formula dari Kedelai

Setelah melihat beberapa jenis susu, tentu Anda sudah tahu kalau ada susu formula yang berasal dari kedelai. Di Indonesia, jenis susu formula dari kedelai mudah ditemukan. Biasanya, susu formula dari kedelai disebut-sebut oleh produsen baik untuk bayi yang mengalami alergi terhadap susu sapi.

Walaupun demikian, para pakar kesehatan menyarankan setiap ibu untuk menghindari susu berbasis kedelai. Sekalipun dibolehkan, maka itu pun memerlukan pengawasan atau izin dari dokter. Alasannya, susu kedelai ini tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah umur 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan susu formula berbasis kedelai mempunyai glukosa, yakni gula yang bisa merusak gigi sang bayi.

Selain susu formula dari kedelai, Anda juga perlu menghindari jenis susu formula lain seperti susu sapi reguler, susu kental manis, susu kambing, susu sereal, susu evaporasi, dan susu almond.

Perhatikan Kandungan Nutrisi dalam Susu Formula

Selain mengetahui jenis susu yang tepat, Anda juga perlu melihat nutrisi dalam setiap produk. Pilihlah susu yang memberikan kebaikan nutrisi untuk bayi. Sejumlah kandungan pada susu formula yang menyimpan manfaat untuk bayi antara lain zat besi, probiotik dan prebiotik, hingga DHA dan ARA.

Zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi saat berusia lebih dari 6 bulan. Pasalnya, pada masa ini cadangan zat besi sudah mulai berkurang sehingga asupannya perlu dibantu. Zat besi yang cukup dalam tubuh bayi juga akan mencegah terjadinya anemia.

Kemudian, probiotik dan prebiotik pada susu formula merupakan jenis bakteri yang baik untuk usus. Susu formula dengan probiotik dan prebiotik akan membantu kesehatan saluran pencernaan. Sedangkan DHA dan ARA yang juga mudah ditemui pada susu formula terkenal dalam membantu penglihatan dan perkembangan otak bayi.

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Pada bagian ini, kami telah kumpulkan susu formula yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bacalah keterangan produk, khussnya label saran penggunaan dan usia, agar bayi Anda memperoleh dukungan terbaiknya.

1. Nutrilon Royal Pronutra 3 Madu

Sumber: Blibli.com

Susu pendamping ASI dengan rasa madu yang enak

Pada usia 1 – 3 tahun, anak akan mengalami pertumbuhan fisik disertai dengan keinginan menyerap informasi dua kali lebih besar dibandingkan orang dewasa. Untuk itu, Anda perlu memberikan asupan nutrisi tambahan berupa Nutrilon Royal Pronutra 3. Dibuat dengan rasa madu yang lezat, susu pendamping ASI ini pasti akan disukai oleh anak Anda.

Susu formula ini mengandung FOS dan GOS yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Sementara itu, Nutrilon juga menyertakan komponen omega 3, omega 6, DHA, serta zat besi yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang otak serta kemampuan berpikir anak. Jika Anda menginginkan anak yang cerdas, produk ini dapat membantu mewujudkannya!

Usia1 – 3 tahun
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp90.800

2. Nutricia Neocate LCP

Sumber: Shopee.co.id

Cocok untuk bayi yang mengalami intoleransi susu sapi

Bila Anda mempunyai bayi yang alergi terhadap protein dari susu sapi, Nutricia Neocate LCP dapat menjadi opsi. Produk ini mengandung formula bahan dasar 100% asam amino nonalergenik, sehingga aman dikonsumsi oleh bayi yang intoleransi protein dan susu sapi.

Selain berbahan dasar asam amino yang tidak menimbulkan reaksi alergi, susu ini juga menyediakan nukleotida. Kandungan tersebut akan memainkan perannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta sistem kekebalan bagi bayi Anda.

Usia0 – 12 bulan
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp325.000

3. Mead Johnson Pregestimil

Mengandung nutrisi untuk perkembangan otak dan mata si kecil

Bayi Anda alergi terhadap protein susu sapi, tak bisa menyerap laktosa, serta kesulitan mencerna lemak rantai panjang? Jika demikian, Pregestimil merupakan susu formula yang tepat diberikan. Susu ini mengandung protein terhidrolisis sehingga lebih mudah untuk dicerna.

Tak hanya mengandung DHA dan ARA, LA, ALA, dan kolin, tetapi terdapat pula 12 vitamin dan 15 mineral yang menjadikannya berperan baik dalam mendampingi peran ASI, terutama untuk mendukung perkembangan otak dan mata bayi.

Usia0 – 12 bulan
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp400.000

4. Similac Advance 1

Sumber: Shopee.co.id

Mudah dikonsumsi tanpa khawatir membuat bayi mual

Similac Advance 1 dihadirkan untuk mendukung imunitas bayi Anda melalui kandungan nukleotidanya. Tak hanya itu, keberadaan AA dan AHA pada produk ini juga baik untuk menunjang perkembangan kognitif dan visual bayi. Lengkap pula oleh 100% laktosa dan GOS, susu ini semakin menjamin kesehatan saluran cerna bayi Anda.

Bahan dasar lain berupa minyak nabati pilihan memastikan bayi Anda terhindar dari masalah sembelit. Lebih dari itu, Similac Advance 1 juga diklaim takkan menyebabkan mual. Hanya saja, Anda memerlukan saran dokter sebelum memberikan susu ini pada buah hati.

Usia0 – 6 bulan
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp135.900

5. S-26 Promil Tahap 2

Sumber: Shopee.co.id

Dukungan optimal untuk fondasi awal proses pembelajaran buah hati

Pada 6 bulan pertama bayi Anda mengonsumsi ASI dan Anda bermaksud memberikannya susu formula setelah fase tersebut? Atau, sedari awal Anda sudah memberikan susu formula, lalu ingin melanjutkan pemberiannya? Jika benar, kami rekomendasikan S-26 Promil Tahap 2.

Produk ini merupakan susu formula lanjutan yang dirancang untuk menyiapkan proses belajar si kecil. Dengan asam linoleat sebanyak 1.149 mg per saji, berikut dukungan asam folat, zat besi, kolin, protein dan kalsium tinggi, serta zinc, susu ini memastikan perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda kian optimal.

Usia6 – 12 bulan
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp105.500

6. SGM LLM+ Presinutri

Sumber: Shopee.co.id

Aman untuk bayi yang menderita galaktosemia dan intoleransi laktosa

Jika Anda tidak ingin berganti susu setelah bayi menginjak usia 6 bulan, produk dari SGM ini patut dipertimbangkan. Diformulasikan untuk tahap usia 0 hingga 12 bulan, Anda pun tak perlu repot beralih ke susu formula lanjutan.

Tidak mengandung laktosa, SGM LLM+ Presinutri dipastikan aman untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa maupun menderita galaktosemia. Di samping bebas laktosa, susu ini mengusung Complinutri yang artinya tersusun dari banyak sekali nutrisi baik yang siap mendukung tumbuh kembang bayi Anda.

Usia0 – 12 bulan
Ukuran400 g
Kisaran hargaRp73.000

7. Nestle Lactogen 1

Sumber: Shopee.co.id

Dikemas dalam polybag ukuran besar dengan harga ramah kantong

Berbeda dengan kebanyakan produk, Nestle Lactogen 1 dikemas dalam polybag berukuran 1 kg. Dengan demikian, susu ini bisa menjadi refill untuk susu kemasan kaleng bilamana bayi Anda bosan dengan produk sebelumnya.

Sama-sama mengandung nutrisi penting dari mulai probiotik, LA, ALA, zat besi, serta 12 macam vitamin, 11 macam mineral, dan protein, susu ini bakal memenuhi asupan optimal untuk mendukung perkembangan bayi.

Usia0 – 6 bulan
Ukuran1 kg
Kisaran hargaRp136.600

8. Frisolac Gold 1

Sumber: Blibli.com

Diperkaya komponen pemelihara saluran cerna dan pernapasan bayi

Ketika usia 0 – 6 bulan, bayi akan menjalani masa-masa penting dari pertumbuhannya. Pada masa tersebut, tubuhnya rentan terhadap penyakit akibat bakteri dan virus. Dengan memberikan Frisolac Gold 1, bayi Anda akan terproteksi sempurna dari risiko penyakit.

Produk ini diklaim baik untuk memelihara fungsi saluran cerna dan pernapasan bayi. Bukan hanya karena prebiotik FOS dan GOS dalam rasio 9:1, tetapi juga berkat probiotik bifidobactium dan lactobacillus casei yang bisa memproduksi bakteri baik dalam jumlah banyak pada tubuh si kecil.

Usia0 – 6 bulan
Ukuran900 g
Kisaran hargaRp294.000

9. Bellamy’s Organic Step 1 Infant Formula

Berasal dari bahan organik premium yang tersertifikasi

Sesuai namanya, produk asal Australia yang juga populer di negara tersebut ini dibuat dari bahan-bahan yang tersertifikasi organik. Diklaim menjadi sumber nutrisi komplet untuk bayi, bahan yang digunakan pun berkualitas premium.

Oleh karena organik, sapi ternak yang menjadi sumber susunya tidak diinjeksi dengan hormon pertumbuhan, termasuk bebas dari pemberian pakan GMO. Walau produk impor, Bellamy’s Organic memastikan instruksi pemberian susu mudah diikuti setiap orang tua.

Usia0 – 6 bulan
Ukuran900 g
Kisaran hargaRp437.000

10. Enfamil A+ Gentle Care 1

Mengandung formula khusus untuk cegah terjadinya gangguan pencernaan

Karakteristik susu formula umumnya mempunyai protein yang mudah dicerna oleh perut bayi. Produk yang memenuhi standar tersebut salah satunya adalah Enfamil A+ Gentle Care 1.

Dengan memberikan susu ini, si kecil takkan mengalami perut kembung ataupun susah BAB. Pasalnya, produk ini menerapkan teknologi partially hydrolyzed protein yang menjadikan protein di dalamnya halus dan mudah dicerna.

Usia0 – 6 bulan
Ukuran350 g
Kisaran hargaRp191.700

Tabel Perbandingan Susu Formula untuk Bayi

ProdukNutrilon Royal Pronutra 3 MaduNutricia Neocate LCPMead Johnson PregestimilSimilac Advance 1S-26 Promil Tahap 2SGM LLM+ PresinutriNestle Lactogen 1Frisolac Gold 1Bellamy’s Organic Step 1 Infant FormulaEnfamil A+ Gentle Care 1
Usia1 – 3 tahun0 – 12 bulan0 – 12 bulan0 – 6 bulan6 – 12 bulan0 – 12 bulan0 – 6 bulan0 – 6 bulan0 – 6 bulan0 – 6 bulan
Ukuran400 g400 g400 g400 g400 g400 g1 kg900 g900 g350 g
Kisaran hargaRp90.800Rp325.000Rp400.000Rp135.900Rp105.500Rp73.000Rp136.600Rp294.000Rp437.000Rp191.700
Periksa ketersediaan

Cara Memperkenalkan Susu Formula pada Bayi

Cara memperkenalkan susu formula pada bayi

Saat pertama kali memberikan susu formula, tak sedikit bayi, terutama masih batita yang menolak. Hal ini karena selama ini bayi terbiasa dengan ASI. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam mengenalkan susu formula kepada bayi.

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampur ASI dengan susu formula dalam botol. Lakukan terus secara bertahap, termasuk menambahkan jumlah susu formulanya dan mengurangi persentase ASI.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah meneteskan beberapa tetes ASI pada dot botol, hal ini akan merangsang keinginan bayi meminum susu formula setelahnya. Pastikan juga dot botol Anda mempunyai tekstur yang empuk dan menyerupai puting payudara Anda. Dengan demikian, bayi akan merasa seperti sedang meminum ASI.

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan adalah memberikan susu formula dalam botol kepada orang lain, semisal suami. Ini akan membantu mengurangi kebiasaan bayi mengonsumsi ASI saat bersama ibunya.

Yuk, cek rekomendasi produk kebutuhan bayi dari PickyBest lainnya!

Selain susu, kebutuhan lain seperti gendongan, bedak, lotion, dan biskuit juga dapat Anda sediakan di rumah. Berkaitan dengan susu, Anda juga perlu memastikan botol susu yang digunakan nyaman bagi bayi.

Tidak perlu mencarinya sendiri, berikut kami pilihkan produk-produk terbaiknya. Silakan pilih salah satu artikel sesuai kebutuhan Anda, lalu tentukan produk yang paling cocok dengan bayi Anda. Selamat memilih!

Kesimpulan

Susu formula dapat menjadi solusi ketika pemberian ASI eksklusif tidak bisa terlaksana secara rutin. Namun, Anda tetap perlu memastikan susu yang dikonsumsi bayi Anda cocok untuknya. Selain cocok, pilih juga produk yang tersertifikasi aman oleh lembaga resmi.

Dari kesepuluh susu formula telah kami rekomendasikan, semoga Anda berhasil temukan salah satu yang sesuai selera buah hati. Perhatikan aturan pakai serta saran usia agar bayi Anda memperoleh asupan nutrisi yang tepat dan optimal.

Referensi

Rekomendasi Umur pada Susu Formula, Wajib Ditaati atau Tidak?
https://kumparan.com/kumparanmom/rekomendasi-umur-pada-susu-formula-wajib-ditaati-atau-tidak-1539326894217558962 diakses pada 17 Februari 2021

Susu Formula Alternatif untuk Alergi Susu Sapi
https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/susu-formula-alternatif-untuk-alergi-susu-sapi diakses pada 17 Februari 2021

Panduan Lengkap Seputar Susu Balita Usia 1-5 Tahun
https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/memilih-susu-formula-untuk-anak/ diakses pada 17 Februari 2021

Memberi Susu Soya untuk Bayi, Ini Faktanya
https://www.alodokter.com/memberi-susu-soya-untuk-bayi-ini-faktanya diakses pada 17 Februari 2021

susu formula untuk bayi baru lahir
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/saya-mau-tnya-susu-formula-yg-baik-untuk-bayi-bru-lahir-apa-ya-2 diakses pada 17 Februari 2021

Panduan dalam Memilih Susu Formula yang Bagus untuk Bayi
https://www.generasimaju.co.id/panduan-dalam-memilih-susu-formula-yang-bagus-untuk-bayi diakses pada 17 Februari 2021

(Visited 53.523 times, 3 visits today)