Written by 17:13 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Frisolac Gold 1

Pada kelahiran bayi pertama ataupun bukan, setiap ibu pasti menginginkan buah hati tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) yang lazim dilakukan terkadang dapat dihampiri oleh kondisi medis tertentu yang menjadikan ASI tak baik untuk diberikan. Akhirnya, tidak sedikit dari ibu yang memberikan susu formula terbaik untuk bayi guna membantu perkembangan sang buah hati, terutama yang baru lahir dan berusia 1 tahun ke bawah.

Saat berencana untuk memberikan asupan tambahan ini, Anda perlu tahu terlebih dahulu perihal susu formula untuk bayi baru lahir ataupun bayi yang masih berusia di bawah satu tahun. Berbagai merek seperti Nutrilon, SGM, Enfamil, dan Nestle mudah ditemukan di Indonesia. Setiap produk susu keluaran produsen tersebut mempunyai karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Anda perlu menyesuaikan produk yang hendak dipilih dengan kebutuhan.

Cara memilih susu formula untuk bayi

Pastikan Anda sudah mendapatkan rujukan dari dokter atau indikasi medis sebelum memberikan susu formula kepada bayi. Namun apabila Anda memang mau memberikan asupan susu selain ASI, kami sarankan Anda mengetahui panduan memilihnya. Pada poin-poin berikut kami akan sedikit jelaskan bagaimana cara memilih susu formula yang baik dan benar. SIlakan disimak dengan cermat!

Kenali usia dan kondisi ideal sebelum memberikan susu formula

Kenali usia dan kondisi ideal sebelum memberikan susu formula

Tidak setiap anak memerlukan susu tambahan yang bukan termasuk ASI. Para dokter juga menyarankan bagi anak yang masih bayi berusia 0 – 6 bulan maka pemberian ASI adalah makanan yang paling baik untuknya. Pemberian ASI ini bisa dilakukan hingga anak berusia 2 tahun. Akan tetapi, ASI bisa menemui masalah seperti tidak mau keluar dan lain sebagainya. Pada kondisi semacam ini, susu formula untuk bayi bisa menjadi penyelamat.

Hal ini penting sekali untuk Anda ketahui. Alasannya, pada masa pertumbuhan bayi yang berusia 0 -12 bulan, susu yang bukan diciptakan berdasarkan usia kebutuhannya maka akan memberikan beban pada ginjal dan saluran pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda hendak mencari susu formula anti mencret terbaik, disarankan melihat label yang tertera pada kemasannya. Lihatlah aturan atau rekomendasi umur yang tercantum agar manfaatnya bisa dirasakan.

Ketahui jenis susu formula yang beredar di pasaran

Ketahui jenis susu formula yang beredar di pasaran

Susu formula rendah gula tersedia dalam beberapa jenis yang berbeda sumber, bentu, serta mereknya. Di Indonesia sendiri, kita bisa dengan mudah menemukan jenis susu formula yang didapat dari sumber hewani seperti susu sapi dan susu kedelai. Sedangkan ada lagi jenis susu formula lain seperti susu formula bebas laktosa dan susu formula hidrolisat parsial yang umumnya bersifat hipoalergenik (HA).

Jenis susu formula agar bayi gemuk dari susu sapi umumnya mengandung formula berupa protein, karbohidrat, dan lemak dalam kadar yang seimbang dan tepat. Protein yang dimiliki oleh susu formula anak rendah gula ini tidak seperti protien dari susu sapi biasa, karena sudah diubah agar lebih mudah untuk dicerna tubuh. Sementara susu formula dari kedelai biasanya diberikan kepada bayi yang tidak bisa menerima laktosa (intoleransi laktosa) sementara akibat infeksi gastrointestinal.

Produk yang diperoleh dari kedelai juga bisa dijadikan susu formula untuk bayi yang alergi susu sapi. Sedangkan susu formula rendah laktosa atau bebas laktosa adalah susu yang hanya sedikit atau tidak mengandung gula di dalamnya. Susu formula jenis ini biasanya menggunakan sirup jagung sebagai pengganti gula, cocok diberikan pada anak yang mengalami intoleransi laktosa atau yang tak mampu mencerna laktosa.

Pada bayi yang lahir prematur, maka jenis susu formula hidrolisat parsial lebih ideal untuk dikonsumsi. Alasannya, susu formula untuk bayi prematur jenis ini punya protein yang sudah dipecah dalam bentuk lebih kecil guna mempermudah proses cerna. Susu formula yang bersifat hipoalergenik dapat diminum oleh bayi dengan alergi protein susu, sementara susu formula yang proteinnya sudah terhidrolisis bisa dikonsumsi oleh bayi dengan masalah penyerapan nutrisi.

Upayakan memilih produk yang bukan dari susu kedelai

Upayakan memilih produk yang bukan dari susu kedelai

Setelah melihat beberapa jenis susu, tentu Anda sudah tahu kalau ada susu formula yang berasal dari kedelai. Di Indonesia, jenis susu formula dari kedelai ini mudah sekali ditemukan. Formula kedelai biasanya disebut-sebut oleh produsen baik untuk bayi yang mengalami alergi terhadap susu sapi. Walaupun demikian, para pakar kesehatan menyarankan setiap ibu untuk menghindari susu berbasis kedelai. Sekalipun dibolehkan, maka itupun memerlukan pengawasan atau izin dari dokter.

Alasannya, susu kedelai ini tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah umur 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan susu formula berbasis kedelai mempunyai glukosa, yakni gula yang bisa merusak gigi sang anak. Selain susu formula dari kedelai, Anda juga perlu menghindari jenis susu formula lain seperti susu sapi reguler, susu kental manis, susu kambing, susu sereal, susu evaporasi, dan susu almond.

Perhatikan kandungan nutrisi dalam susu formula

Perhatikan kandungan nutrisi dalam susu formula

Selain mengetahui jenis susu yang tepat untuk bayi, Anda juga perlu melihat nutrisi yang terkandung dalam setiap produk susu formula. Pilihlah susu yang memberikan kebaikan nutrisi untuk anak. Sejumlah kandungan pada susu formula yang menyimpan manfaat untuk bayi antara lain zat besi, probiotik dan prebiotik, hingga DHA dan ARA. Zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi saat berusia lebih dari 6 bulan. Pasalnya, pada masa ini cadangan zat besi sudah mulai berkurang sehingga asupannya perlu dibantu.

Zat besi yang cukup dalam tubuh bayi juga akan mencegah terjadinya anemia. Kemudian untuk susu formula terbaik dengan probiotik dan prebiotik, ini merupakan jenis bakteri yang baik untuk usus. Susu formula dengan probiotik dan prebiotik akan membantu kesehatan saluran pencernaan. Sedangkan DHA dan ARA yang juga mudah ditemui pada susu formula di Indonesia terkenal dalam membantu penglihatan dan perkembangan otak anak.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk anak dan bayi

Sesudah memperoleh informasi cukup mengenai panduan memilih produk yang tepat, sekarang Anda sudah bisa menemukan susu formula yang bagus sendiri. Beberapa merek yang kami cantumkan pada daftar di bawah punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi ataupun keperluan bayi. Selamat memilih, mom!

1. Nutrilon Royal Pronutra 3 Madu

Nutrilon Royal Pronutra 3 Madu

Kisaran harga: Rp86.000

Pada usia 1 – 3 tahun, anak akan mengalami pertumbuhan fisik disertai dengan keinginan menyerap informasi dua kali lebih besar dibadnignakn orang dewasa. Untuk itu, Anda perlu memberikan asupan nutrisi tambahan berupa susu formula Nutrilon Royal Pronutra 3 kepada anak. Dibuat dengan rasa madu yang lezat, susu pendamping ASI ini pasti akan disukai oleh anak Anda.

Nutrilon sebagai brand yang terkenal dengan cetusan produk-produk susu untuk bayi mempersembahkan ini dengan berbagai keunggulan. Sebagai contoh, susu formula ini mengandung FOS dan GOS yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Sementara itu, Nutrilon juga menyertakan komponen Omega 3, Omega 6, DHA, serta zat besi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang otak serta kemampuan berpikir anak. Jika Anda menginginkan anak yang cerdas, maka produk ini bisa jadi pertimbangan.

2. Nutricia Neocate LCP

Nutricia Neocate LCP

Kisaran harga: Rp215.000

Bagi Anda, para ibu yang mempunyai anak alergi terhadap potein dari susu sapi, maka susu formula yang tepat untuk diberikan adalah Nutricia Neocate LCP. Susu formula bubuk dari Nutricia ini mengandung formula bahan dasar 100% asam amino non-alergenik, sehingga aman dikonsumsi oleh anak yang intoleransi terhadap protein susu sapi. Susu ini bisa diciptakan untuk pemenuhan nutrisi anak yang berusia 0 – 12 bulan.

Dengan pemberian nutrisi tambahan dari susu formula untuk bayi baru lahir ini, maka diharapkan sang anak tak akan mengalami hambatan saat proses pertumbuhannya. Selain berisikan bahan dasar asam amino yang tidak menimbulkan reaksi alergi, susu ini juga menyediakan nukleotida. Kandungan tersebut akan memainkan perannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta sistem kekebalan bagi si kecil. Nutricia Neocate LDP merupakan susu yang bukan untuk pemberian parental (intravena).

3. Mead Johnson Pregestimil

Mead Johnson Pregestimil

Kisaran harga: Rp325.000

Bayi dengan alergi terhadap protein susu sapi, tak bisa menyerap laktosa, serta kesulitan mencerna lemak rantai panjang, maka Mead Johnson Pregestimil adalah pilihan yang tepat. Susu formula untuk anak 0 – 12 bulan ini mengandung protein yang sudah terhidrolisis (dipecah-pecah) sehingga lebih mudah untuk dicerna. Kandungan semacam DHA dan ARA, LA, ALA, dan Kolin juga dimiliki oleh produk ini.

Sementara 12 vitamin dan 15 mineral yang ikut serta menjadikan susu formula ini berperan baik dalam mendampingi peran ASI, terutama untuk mendukung perkembangan otak dan mata anak. Bagi Anda yang mencari susu formula bebas laktosa, maka Pregestimil dari Mead Johnson pilihannya. Saat ini Mead Johnson Pregestimil tersedia dalam bentuk bubuk dan botol Nursette yang siap minum. Tentunya, kedua varian ini dibandrol dengan harga yang berbeda juga, ya!

4. Similac Advance 1

Similac Advance 1

Kisaran harga: Rp148.000

Tak bisa dipungkiri kalau ASI menjadi sumber nutrisi utama yang tak bisa tergantikan untuk anak pada masa awal pertumbuhan. Namun modern kini, penggunaan asupan tambahan dari susu formula juga sudah menjadi bagian dari proses menjaga tumbuh kembang anak. Jika Anda termasuk orangtua yang menginginkan pemberian susu formula, kami sarankan Anda memilih Similac Advance 1 untuk bayi usia  0 – 6 bulan. Produk ini dapat dikonsumsi dengan pendampingan dari dokter maupun ahli gizi.

Susu ini mempunyai rasa plain yang enak dan pasti disukai oleh anak-anak. Di dalamnya terdapat kandungan seperti AA, ALA, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral yang siap menutrisi tubuh bayi. Terutama DHA dan AA, kedua kandungan tersebut akan memberikan kebaikan pada otak agar berkembang secara optimal. Similac Advance 1 juga bisa dikonsumsi tanpa memberikan perasaaan khawatir. Pasalnya, susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak ini tidak akan menyebabkan mual.

5. Morinaga BMT Soya 1

Morinaga BMT Soya 1

Kisaran harga: Rp91.600

Morinaga adalah produsen yang banyak merilis produk untuk menyediakan nutrisi tambahan bagi kecil agar mengalami tumbuh kembang dengan baik. Salah satu susu formula terbaik dari Morinaga adalah BMT Soya 1. Susu yang dibuat dengan melibatkan teknologi terkini ini terbuat dari isolat protein kedelai, sehingga aman buat anak yang intoleransi terhadap laktosa ataupun protein dari susu sapi.

Bagi anak yang menderita galaktosemia atau kesulitan mencerna gula sederhana, maka susu ini bisa dijadikan opsi yang tepat. Morinaga BMT Soya 1 sendiri dirancang untuk keperluan anak usia 0 – 6 blan. Dengan harga yang murah, tak sampai 100 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan kemasan kaleng dengan berat 300 gram. Susu soya untuk bayi ini menyimpan kandungan baik seperti kalsium, protein, DHA dan AA yang akan mendukung pertumbuhan anak. Denan rasa tawar yang enak

6. SGM LLM+ Presinutri

SGM LLM Presinutri

Kisaran harga: Rp68.000

SGM menyadari betul kalau setiap anak tetap memerlukan asupan gizi yang tepat dan cukup setelah selesai pemberian ASI eksklusif. Maksudnya, setelah usia 2 tahun, umumnya ASI mulai tidak diberikan. Dengan begitu, maka anak memerlukan asupan nutrisi pengganti ASI. Selain dari makanan, susu formula dari SGM ini juga bisa diberikan sebagai makanan tambahan yang berisikan nutrisi cukup untuk perkembangan anak.

SGM LLM+ Presinutri sendiri diformulasikan dengan kandungan bebas laktosa. Hasilnya, anak yang tidak mampu menerima laktosa tetap bisa mendapatkan gizi yang cukup hanya dengan mengonsumsi produk ini. Adapun kandungan dalam susu formula ini antara lain, kalsiu, isolat protein kedelai, zat besi, asam linolenat, dan sederet vitamin B1 hingga B12.  Sebenarnya susu ini bisa untuk anak mulai usia 6 bulan, tapi kami sarankan Anda untuk memberikannya ketika anak sudah berusia 2 tahun.

7. Nestle NAN Lactose Free

Nestle NAN Lactose Free

Kisaran harga: Rp109.000

Diformulasikan untuk kebutuhan usia 0 – 12 bulan, Nestle NAN Lactosa Free juga aman dikonsumsi untuk anak yang tidak bisa mencerna laktosa. Susu berprotein tanpa kandungan laktosa ini juga bisa dikonsumsi setelah 12 bulan masa awal pertumbuhan sebagai nutrisi lanjutan. Dihadirkan dalam bentuk kaleng, Anda akan lebih mudah untuk mengambil isinya yang berbentuk bubuk ini.

Nestle NAN Lactosa Free sendiri mempunyai kandungan protein yang bersifat hipoalergenik, sehingga akan memberi perlakuan khusus untuk mengurangi risiko alergi. Susu ini juga diperkaya dengan probiotik bifidus BL yang mana dikenal sebagai zat baik untuk memlihara fungsi saluran pencernaan. Tak hanya itu, kandungan probiotiknya juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Yang perlu diketahui lainnya, Nestle NAN Lactosa Free ini juga tergolong sebagai susu formula untuk bayi diare, lho!

8. Frisolac Gold 1

Frisolac Gold 1

Kisaran harga: Rp129.700

Ketika usia 0 – 6 bulan, bayi akan menjalani masa-masa penting dari pertumbuhannya. Pada rentang masa tersebut, tubuh bayi juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus dari lingkungan luar. Dengan memberikan Frisolac Gold 1, tubuh bayi akan mendapatkan proteksi sempurna terhadap risiko penyakit. Produk ini juga dibekali dengan kandungan yang bisa memelihara fungsi saluran cerna dan pernapasan bayi.

Frisolac Gold 1 diciptakan sebagai pelengkap nutrisi untuk bayi. Di dalam satu kaleng susu formula paling bagus untuk bayi 0-6 bulan ini, terdapat bubuk berisikan kombinasi kandungan seperti prebiotik FOS dan GOS dalam rasio 9:1. Selain itu, ada juga probiotik bifidobactium dan lactobacillus casei yang bisa memproduksi bakteri baik dalam jumlah banyak di tubuh si kecil. Untuk melengkapi kebutuhan harian si kecil, selain dari ASI, Anda juga bisa memberikan susu formula Frisolac Gold 1.

9. Nutricia Bebelove 1

Nutricia Bebelove 1

Kisaran harga: Rp230.000

Sebelumnya kami telah merekomendasikan Nutricia Neocate LCP untuk kebutuhan nutrisi anak yang mengalami intoleransi protein susu sapi. Pada poin ini, kami juga akan mengenalkan Anda pada susu formula tinggi serat persembahan Nutricia lainnya berupa Bebelove 1. Produk susu ini dapat dikonsumsi sebagai asupan tambahan untuk bayi pada usia setengah tahun (0 – 6 bulan). Mesipun mempunyai cita rasa tawar, Bebelove 1 dijamin akan disukai oleh bayi.

Setali tiga uang dengan rata-rata susu formula bayi lainnya, Nutricia Bebelove 1 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik FOS untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Di samping itu, produk ini juga menyediakan kalsium dan zat besi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi sehat. Sedangkan zat besi bisa mencegah anak kekurangan sel darah merah. Susu formula yang tidak menyebabkan sembelit Bebelove 1 juga aman dikonsumsi karena bebas kandungan glukosa yang bisa menyebabkan obesitas.

10. Enfamil A+ Gentle Care

Enfamil A Gentle Care

Kisaran harga: Rp342.000

Karakteristik susu formula terbaik umumnya mempunyai protein yang mudah dicerna oleh perut bayi. Produk yang memenuhi standar tersebut salah satunya adalah Enfamil A+ Gentle Care. Seperti dijelaskan, pada usia bayi, tubuh akan rentan terhadap virus dan bakteri, semisal yang menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Terutama ketika memasuki umur 1 – 3 tahun, perut akan lebih peka terhadap sumber nutrisi yang masuk ke dalamnya.

Dengan memberikan Enfamil A+ Gentle Care, Anda tak perlu khawatir si kecil mengalami perut kembung ataupun sering buang angin. Pasalnya, produk ini dibuat dengan teknologi PHP (Partially Hydrolyzed Protein) di Belanda yang menjadikan protein di dalamnya halus dan mudah dicerna. Bahkan yang ada, masalah yang menimpa saluran pencernaan sehingga menimbulkan kebiasaan buang angin bisa diatasi dengan konsumsi susu formula untuk bayi susah BAB ini.

Cara memperkenalkan susu formula pada bayi

Cara memperkenalkan susu formula pada bayi

Saat pertama kali memberikan susu formula, tak sedikit anak, terutama masih batita yang menolak. Hal ini karena selama ini bayi terbiasa dengan ASI. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam mengenalkan susu formula kepada bayi. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampur ASI dengan susu formula dalam botol. Lakukan terus secara bertahap, termasuk menambahkan jumlah sus formulanya dan mengurangi persentasi ASI.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah meneteskan beberapa tetes ASI pada dot botol, hal ini akan merangsang keinginan anak meminum susu formula setelahnya. Pastikan juga dot botol Anda mempunyai tekstur yang empuk dan menyerupai puting payudara Anda. Dengan demikian, bayi akan merasa seperti sedang meminum ASI. Sedangkan tips terakhir yang bisa Anda terapkan adalah memberikan susu formula dalam botol kepada orang lain, semisal suami. Ini akan membantu mengurangi kebiasaan anak mengonsumsi ASI saat bersama ibunya.

Kesimpulan

Walaupun asupan tambahan dari susu formula terbaik mengantongi banyak sekali manfaat, tetap saja tidak akan bisa menandingi keutamaan dari ASI. Akan tetapi, yang namanya hidup terkadang ada saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperit pada kondisi ini, tak sedikit ibu yang bermasalah dalam memberikan ASI secara eksklusif. Oleh karenanya, susu formula diciptakan untuk membantu para ibu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Yang pasti, Anda perlu menemukan susu formula bayi tanpa gula tambahan yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah juga produk yang sudah terdaftar di BPOM RI untuk menjamin keamanannya.

(Visited 67 times, 1 visits today)