Written by 05:46 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Botol Susu Bayi Terbaik

Saat menanti kelahiran buah hati, para orang tua acap sibuk menyediakan perlengkapan. Selain pakaian, botol susu juga perlu disiapkan untuk menunjang perkembangan buah hati. Dalam memilih botol susu, Anda perlu memperhatikan sejumlah aspek, misalnya kapasitas tampung, material bodi, spesifikasi dot, dan kemudahannya dibersihkan.

Tidak sulit mencari botol susu bayi di pasaran. Beragam merek pun hadir sebagai pilihan, seperti Dr. Brown’s, Tommee Tippee, Pigeon, dan Baby Huki. Hanya saja, Anda mungkin bingung memilih karena terlalu banyaknya opsi. Karena itu, kami merangkum botol susu terbaik untuk bayi Anda, termasuk mengulas poin-poin penting untuk Anda perhatikan saat memilih botol susu. Simaklah ulasan kali ini sampai akhir, ya!

Cara Memilih Botol Susu Bayi

Anda pasti setuju dengan slogan populer ‘Untuk anak, jangan coba-coba!’, termasuk ketika memilih botol susu untuk bayi. Hal ini penting mengingat botol susu akan berkontak langsung dengan mulut buah hati, serta cairan susu yang terkena bodi dan dot botol akan masuk ke dalam tubuh bayi yang masih rentan sistem imunnya.

Pada bagian ini, kami sudah menyiapkan informasi untuk Anda yang sedang bingung menentukan pilihan botol susu terbaik untuk bayi Anda. Sederet tips memilih yang praktis Anda ikuti tersedia di sini. Jadi, cermati poin-poinnya dengan saksama, ya!

Pilih Botol Susu dari Bahan Dasar Kaca atau Plastik?

Pada umumnya, botol susu bayi terbagi menjadi dua jenis dilihat dari material pembuatannya, yaitu kaca dan plastik. Anda bisa mengetahui perbedaan karakteristik keduanya di bawah ini.

Botol Kaca: Lebih Aman dari Zat Berbahaya serta Mudah Disterilkan

Material berbahan kaca tidak mengandung zat kimia seperti Bisphenol-A alias BPA maupun petroleum yang diketahui memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Dengan memilih produk bebas BPA dan petroleum, Anda dapat merasa lebih aman untuk memberikannya pada buah hati. Ingin susu anak hangat lebih lama? Botol berbahan kaca bisa menjadi pilihan. Botol kaca tidak menyerap maupun melepaskan zat ketika dituangi cairan panas seperti air susu sehingga mampu membuatnya hangat lebih lama.

Benefit lain botol kaca ada pada keawetannya. Botol kaca cenderung lebih awet karena mudah disterilkan serta tidak meleleh atau berubah bentuk. Selain itu, material ini lebih ramah lingkungan daripada bahan plastik. Namun, Anda harus memberikan perhatian ekstra dalam menggunakan botol jenis ini karena bobot kaca yang lebih berat serta rawan pecah. Jika tidak berhati-hati, pecahan kaca dapat melukai Anda dan bayi Anda. Alasan ini juga yang membuat botol kaca kurang cocok dibawa bepergian.

Botol Plastik: Ringan dan Mudah Dibawa dengan Harga Affordable

Tidak semua bahan plastik memiliki track record yang buruk. Saat ini, beredar banyak di pasaran botol susu berbahan plastik berkualitas dan food grade untuk buah hati. Sebagai panduan Anda, pastikan untuk memilih botol plastik bertanda BPA-free alias bebas BPA. Kelebihan botol jenis ini adalah tidak berisiko pecah serta lebih handy untuk dibawa bepergian. Selain itu, botol plastik umumnya dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Anda juga perlu mencermati simbol segitiga bernomor yang biasanya terletak di bagian bawah produk makan dan minum berbahan plastik. Botol yang aman ada di nomor 2 dengan bahan pembuatan high-density polyethylene (HDPE), nomor 4 terbuat dari low-density polyethylene (LDPE), serta nomor 5 dari bahan polypropylene (PP). Untuk botol susu bayi sendiri lebih umum menggunakan simbol segitiga bernomor 2.

Pilih Botol Susu berdasarkan Bentuk Bodinya

Bentuk bodi botol susu berhubungan dengan kecocokan usia bayi. Secara garis besar, botol susu anak terbagi menjadi 3 bentuk, yaitu standar, lekukan, dan lebar. Botol berbentuk standar memiliki karakteristik bodi yang tinggi lurus serta lebih mudah diisi dan dibersihkan. Botol jenis ini akan cocok untuk bayi yang telah terbiasa mengisap susu dari botol. Bentuknya yang tidak neko-neko juga membuatnya lebih mudah digenggam tangan bayi.

Untuk bayi baru lahir (newborn), Anda lebih disarankan memilih botol yang terdapat bentuk lekukan di bagian lehernya. Bentuk seperti ini akan membuat susu terkumpul di bagian bawah botol sehingga mencegah bayi menelan udara penyebab perut kembung. Botol ini sedikit sulit untuk diisi dan dibersihkan. Maka itu, pastikan Anda lebih telaten untuk menjaganya tetap steril.

Satu lagi adalah bentuk botol lebar yang didesain agar cocok dengan dot berbentuk lebar, pendek, serta menyerupai payudara. Jika bayi Anda sedang dalam tahap peralihan dari ASI ke botol susu atau orang biasa menyebutnya dengan disapih, botol ini akan cocok untuknya karena bentuk dot yang mirip puting susu ibu.

Perhatikan Material, Bentuk Lubang, dan Ukuran Dotnya

Untuk memberikan kenyamanan maksimal pada bayi, Anda juga perlu memerhatikan material, bentuk lubang, serta ukuran dot pada botol susu anak. Selengkapnya kami rangkum di bawah ini.

Material Dot: Terbuat dari Lateks atau Silikon?

Material lateks yang bersifat lembut dan lentur membuatnya lebih nyaman digunakan untuk menyusu sehingga ideal untuk bayi newborn. Namun, material ini lebih cepat aus serta beberapa bayi memiliki kemungkinan alergi pada lateks. Sedangkan dot yang terbuat dari bahan silikon bersifat sedikit lebih keras dari lateks sehingga cocok untuk bayi berusia bulanan karena lebih tahan terhadap gesekan gigi dan gusi serta tidak cepat aus.

Sama seperti perabot bayi lain, dot botol susu harus diganti ketika sudah tidak cukup baik untuk digunakan. Anda harus segera menggantinya bila sudah aus dan menunjukkan tanda-tanda seperti dot menipis, warna berubah menjadi keruh, sobek, atau susu mengalir lebih deras dari seharusnya. Bila tidak diganti, dot yang aus akan mengurangi kenyamanan bayi saat minum susu serta dapat meningkatkan risiko bayi tersedak.

Bentuk Lubang Dot: Tentukan berdasarkan Tahap Perkembangan dan Kebutuhan Bayi

Secara umum, lubang dot bayi dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yakni bulat, lubang tiga, dan lubang silang. Dot dengan lubang bulat lebih aman digunakan untuk bayi baru lahir karena aliran airnya sedikit dan lebih lambat, sehingga lebih efektif mencegah bayi tersedak. Jenis lubang dot ini merupakan yang paling populer digunakan dalam paket botol susu.

Dot lubang tiga cocok digunakan untuk bayi berusia 3 bulan, ketika lubang bulat dirasa sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan minumnya. Pada dot lubang tiga, kekuatan isapan akan menentukan derasnya susu yang keluar. Kemudian terdapat lubang silang yang dapat membuat aliran susu mengalir lebih deras, cocok digunakan untuk bayi yang sudah terbiasa minum susu melalui botol.

Jenis lubang pada dot bayi telah didesain agar sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya. Anda sebaiknya meng-upgrade bentuk dot bayi secara berurutan mulai dari lubang bulat hingga lubang silang agar memberikan kenyamanan bayi ketika minum susu. Penting juga memerhatikan jenis dot yang diproduksi brand pilihan Anda sebab beberapa brand hanya menyediakan dot dengan lubang bulat.

Ukuran Dot: Pilih yang Tidak Menimbulkan Risiko Overweight

Terdapat beberapa ukuran dot susu untuk bayi. Ukuran SS hingga S memiliki kapasitas 80 – 160 mL cocok untuk newborn hingga usia tiga bulan. Ukuran M berkapasitas 160 – 200 mL ditujukan untuk usia 3 – 6 bulan. Sementara bagi bayi berusia di atas 6 bulan dapat menggunakan dot ukuran L yang memiliki kapasitas 200-220 mL.

Penting untuk mengetahui kecepatan bayi Anda untuk menghabiskan susunya. Waktu normal yang dapat dijadikan patokan adalah kurang lebih sepuluh menit. Apabila bayi Anda menghabiskan susunya lebih cepat, Anda sebaiknya mengurangi ukuran dot yang digunakan.

Sebaliknya, jika bayi dirasa lebih lambat menghabiskan susu, Anda dapat menaikkan ukuran dot susunya. Saat ini, beberapa brand telah menyediakan set botol susu lengkap dengan pilihan dot ukuran S hingga L sehingga Anda tidak perlu membeli tambahan dot dengan ukuran berbeda.

Ukuran dot memegang peranan penting dalam menentukan berat badan ideal bayi. Agar terhindar dari risiko overweight, Anda dapat memilih dot ukuran S. Aliran air yang lebih pelan menyebabkan bayi lebih banyak mengisap dan menelan. Dengan begitu, bayi akan lebih cepat kenyang tanpa perlu minum susu yang terlalu banyak. Namun, ketika melakukan cara ini, sebaiknya Anda perhatikan juga kecukupan nutrisinya.

Cek Ketersediaan Fitur yang Menambah Kenyamanan bagi Bayi

Produsen botol susu telah melakukan berbagai pengembangan dan penyempurnaan untuk menghasilkan produk botol susu yang lebih aman dan nyaman bagi bayi. Botol susu terbaik adalah yang mampu memberikan pengalaman menyusu mirip dengan minum ASI langsung dari ibunya.

Saat memilih botol susu, Anda tentu harus mencermati bagian dotnya. Pilih dot botol susu yang memiliki bentuk dan ukuran  mirip dengan nipple (puting payudara) untuk memberikan sensasi mengisap seperti saat menyusu dari ibu. Pastikan dot tidak mengalirkan susu jika bayi tidak mengisapnya agar pengalaman menyusunya lebih natural.

Apabila Anda ingin memberikan pengalaman menyusui alami, dot yang memiliki fitur peristaltic nipple dapat menjadi pilihan Anda. Fitur ini memungkinkan lidah bayi untuk bergerak secara alami seperti ketika mengisap ASI dari puting payudara ibu sehingga memberikan kenyamanan maksimal untuk bayi Anda.

Utamakan Produk yang Proses Membersihkannya Mudah

Sterilisasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna membunuh kuman dan bakteri pada perabotan bayi. Sedikitnya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan sterilizer, microwave, atau dengan cara direbus. Anda bisa memilih metode yang paling mudah untuk dilakukan.

  • Sterilizer. Sterilizer mengandalkan energi listrik yang menghasilkan uap panas bersuhu 100 °C. Pertama, pastikan Anda mengisi air sejumlah yang direkomendasikan ke dalam sterilizer. Kemudian, letakkan botol susu secara terbalik disertai dot, ring penahan, serta tutup botol. Jika sudah, tutup sterilizer dan jalankan hingga prosesnya selesai selama kurang lebih 15 menit. Anda tidak disarankan untuk membuka penutup sebelum siklus pendinginan selesai agar botol susu dapat kering dengan sempurna dan tetap steril.
  • Microwave. Sterilisasi juga dapat dilakukan menggunakan microwave. Caranya pun cukup sederhana. Isi botol susu dengan air hingga mencapai setengahnya. Persiapkan mangkuk tahan panas yang sudah diisi air untuk menempatkan dot dan ring. Masukkan botol dan mangkuk tersebut ke dalam microwave dengan set temperatur 100 °C selama 1,5 menit.
  • Steamer. Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan sterilisasi uap yang khusus dipakai pada microwave. Alat ini biasa disebut steamer. Namun, Anda tidak dapat memasukkan benda logam ke dalamnya. Waktu sterilisasi yang diperlukan kurang lebih 3 – 8 menit ditambah waktu pendinginan.

Selain menggunakan alat, ada lagi metode sterilisasi yang paling sering digunakan, yaitu dengan merebus perabot bayi sebelum digunakan. Persiapkan botol susu bersih yang hendak disterilkan, kemudian rebus air hingga mendidih dan masukkan set botolnya.

Jika takut terlalu panas, Anda juga bisa memasukkan botol susu ke dalam panci berisi air sebelum direbus dan mematikan apinya setelah air mendidih. Untuk pengeringan, masukkan botol yang sudah bersih ke dalam plastik kemudian tutup rapat-rapat.

Setiap produsen biasanya menerangkan cara membersihkan dan mensterilisasi botol susu buatannya. Hal ini tergantung pada material botol, terutama bodinya. Dalam section rekomendasi produk di bawah, kami mencatutkan keterangan tambahan mengenai prosedur sterilisasi dan pembersihan botol susu.

10 Rekomendasi Botol Susu Bayi Terbaik

Pada bagian sebelumnya, Anda telah mendapatkan informasi mengenai cara memilih botol susu bayi berdasarkan material, bentuk bodi, hingga jenis-jenis dot dan fitur tambahannya. Kini, saatnya kami memberikan referensi produk untuk Anda. Berikut botol susu terbaik untuk bayi Anda yang telah digunakan banyak orang tua di Indonesia. Pilihlah botol susu berdasarkan kebutuhan dan budget Anda, ya!

1. Vitaflow Baby Multi Purpose Baby Bottle

Alternatif botol susu multifungsi dengan harga terjangkau

Vitaflow menghadirkan botol susu plastik BPA-free dengan harga ramah kantong. Meski murah, tidak serta merta membuat botol susu minim fitur. Produk ini justru hadir dengan memborong 3 fitur penting dalam 1 produknya. Storage mode untuk penyimpanan ASI, pumping mode untuk mengalirkan ASI hasil pumping, serta feeding mode untuk menyusui buah hati.

Bahannya terbuat dari polypropylene yang terbukti food grade membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan produk ini. Dot dilengkapi teknologi peristaltic slim neck yang memberikan sensasi mengisap alami mirip dengan nipple. Tersedia dalam ukuran 60 mL, 140 mL, hingga 240 mL membuatnya ideal menemani tumbuh kembang bayi. Selain itu, Vitaflow juga tersedia dalam bentuk kantong ASI, lho!

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Standar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia S
Cara membersihkan Direbus (tahan hingga suhu 120 °C)
Ukuran botol 140 mL
Kisaran harga Rp34.000

2. Dr. Brown’s Natural Flow® Original Baby Bottle

Cegah kembung dan sendawa dengan teknologi ventilasi internal

Teknologi ventilasi internal pada botol susu Dr. Brown’s ini diciptakan sebagai pemisah jalur udara dan cairan dalam botol agar mampu meminimalisir permasalahan seperti perut kembung, sendawa, hingga tersedak pada bayi. Tak hanya itu, ventilator ini dapat menghasilkan aliran tekanan positif, sehingga susu di dalamnya bebas dari gelembung udara yang membuatnya semakin mirip seperti ASI.

Keistimewaan botol susu ini semakin terasa ketika digunakan sebagai storage ASI. Kabin botol bertekanan positif memberikan manfaat untuk mempertahankan kandungan nutrisi ASI seperti vitamin A, C, dan E. Ventilator internal yang dipadukan dengan nipple silikon menghasilkan aliran yang lebih terkontrol dan vacuum-less membuat bayi Anda dapat menikmati susunya secara effortless ketika mengisap.

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Standar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia Level 1 (usia 0 bulan ke atas)
Cara membersihkan Dishwasher (top rack), sterilizer
Ukuran botol 120 mL
Kisaran harga Rp94.300

3. Tommee Tippee Closer to Nature Baby Bottle

Keunggulan desain Easi-Vent untuk pengalaman menyusu lebih natural

Pada masa transisi dari ASI ke botol susu, anak akan lebih rewel apabila feel minum susu terlalu berbeda dengan payudara ibunya. Oleh karena itu, Tommee Tippee meluncurkan produk dengan mengunggulkan desain Easi-Vent. Setiap lekukan dot dirancang untuk menyerupai kelenturan dan gerakan alami payudara ibu. Dilengkapi juga dengan katup botol yang sensitif membuat aktivitas menyusu bayi semakin nyaman dan natural.

Dot silikonnya memiliki berbagai tingkatan flow seperti slow, medium, fast, dan dapat berubah-ubah yang mudah Anda sesuaikan dengan usia bayi. Bodinya sedikit melengkung pada sisi kanan dan kiri, menjadikannya nyaman digenggam tangan bayi. Produk ini tersedia dalam ukuran 150 mL dan 250 mL dengan berbagai pilihan warna dan gambar dekoratif yang menarik.

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Lebar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia Step 1 (untuk 0 m+ dengan aliran slow)
Cara membersihkan Sterilizer
Ukuran botol 150 mL
Kisaran harga Rp85.000

4. Sweety Baby Extra Wide Neck Glass Bottle

Tak perlu khawatir pecah dengan proteksi karet silikon

Terbuat dari material gelas drill import tanpa kandungan BPA membuat build quality botol bayi ini terasa mantap di genggaman. Meski bahannya kaca, Anda bisa lebih tenang karena desainnya dilapisi karet silikon antiselip untuk melindungi dari kemungkinan guncangan atau terbanting. Selain itu, pada bagian dot telah dilengkapi kemampuan antikolik dan antisedak.

Anda dapat membersihkan botol ini dengan mudah berkat leher botol yang lebih lebar. Proses sterilisasinya juga mudah sebab gelasnya kuat menahan suhu panas tinggi. Bagi Anda yang sangat  concern dengan kebersihan dot, produk ini memiliki fitur tutup botol antidebu yang mampu menjaga dot agar tetap higienis.

Bahan dasar Kaca
Bentuk bodi Wide neck
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia 0 bulan+
Cara membersihkan Direbus (tahan pada suhu tinggi)
Ukuran botol 150 mL
Kisaran harga Rp127.720

5. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

Dot istimewa dengan desain peristaltic nipple mendorong gerak alami lidah bayi

Bagi Anda yang tengah mencari botol susu untuk bayi baru lahir, Pigeon dapat Anda masukkan ke dalam wishlist. Mengusung fitur peristaltic nipple pada dotnya membuat bayi membuka mulut dengan lebar untuk menghasilkan gerak peristaltik alami yang stabil. Karet silikon ganda pada dot semakin menyempurnakan pelekatan dan mengurangi jalan masuk udara penyebab kolik.

Botol susu didesain berbentuk streamline sederhana yang difungsikan agar orang tua lebih mudah ketika membersihkan. Lubang botol yang lebar membuat aktivitas pembuatan susu formula lebih mudah. Adanya sistem ventilasi udara menjadikan botol ini mampu meminimalisir udara yang masuk selama proses minum susu.

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Streamline
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia SS (0 bulan+)
Cara membersihkan Direbus (tahan hingga suhu 120 °C)
Ukuran botol 160 mL
Kisaran harga Rp54.500

6. Philips Avent Natural Bottle SCF690/23

Dot dengan fleksibilitas sangat mirip dengan payudara ibu

Desain dot berbentuk spiral pada produk ini dibuat selembut kulit dengan kelenturan yang tinggi. Ditambah dengan bagian dasar dot pipih membuat pelekatan bibir bayi dengan dot semakin alami dan senyaman payudara ibu. Bahan plastiknya terbuat dari polipropilena bebas dari kandungan BPA, membuatnya aman digunakan untuk cairan dengan temperatur tinggi.

Berkat teknologi antikoliknya yang unik, botol susu satu ini mampu mengalirkan udara keluar botol alih-alih ke perut bayi. Tak hanya mengutamakan kenyamanan bayi, Philips juga memerhatikan kenyamanan Anda. Bentuk leher botol berdesain wide neck mudah diisi dan dibersihkan. Komponennya yang sedikit juga mempercepat waktu pemasangan.

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Lebar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia 0 bulan+
Cara membersihkan Sterilizer
Ukuran botol 125 mL
Kisaran harga Rp176.000

7. Baby Huki Botol PP SP Round

Fitur dot orthodontic untuk stimulasi pertumbuhan gigi dan rahang

Baby Huki merupakan salah satu brand terkenal untuk produk botol bayi. Pada variannya kali ini, Baby Huki mengeluarkan botol susu berbahan plastik BPA-free yang dapat menahan panas hingga 80 °C. Tak hanya itu, di bagian dot tersemat fitur orthodontic yang diklaim dapat menstimulasi gigi dan rahang bayi agar tumbuh sempurna.

Memiliki 2 varian kapasitas tampung yaitu 120 mL dan 240 mL, botol susu bayi ini disarankan untuk bayi berusia 3 – 6 bulan. Baby Huki menawarkan berbagai desain gambar dan warna yang menggemaskan bertema binatang seperti harimau, kelinci, jerapah, gurita, dan paus. Pilihlah sesuai jenis kelamin atau keriangan bayi Anda ketika melihatnya!

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Standar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia 3 – 6 bulan
Cara membersihkan Sterilizer, microwave, direbus (tahan hingga suhu 80 °C)
Ukuran botol 120 mL
Kisaran harga Rp18.500

8. Chicco Natural Feeling 0m+

Bentuk leher dot miring untuk memberikan kenyamanan ekstra pada bayi

Produk asal Italia ini mendesain dot berbentuk miring untuk memaksimalkan kenyamanan bayi saat minum susu. Leher dot miring membuatnya selalu terisi penuh dengan susu agar meminimalisir bayi menelan udara penyebab kolik dan tersedak. Produk ini ideal untuk anak yang sedang disapih karena dotnya lembut serta lentur, memberikan pengalaman natural menyusu dari ibunya.

Tak hanya itu, Chicco Natural Feeling 0m+ juga baik digunakan pada newborn karena dapat membetulkan posisi leher bayi selama proses minum susu. Bahan plastiknya dipastikan mengandung 0% BPA. Berkat jaminan bebas kandungan BPA dan telah mengantongi uji klinis, botol susu berikut memastikan keamanannya digunakan bayi Anda.

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Lebar
Material sedotan Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran sedotan/untuk usia 0 bulan+
Cara membersihkan Sterilizer
Ukuran botol 150 mL
Kisaran harga Rp156.390

9. Baby Safe Feeding Bottle JS004

Botol susu murah berstandar internasional

Saat ini sudah banyak tersedia merek botol susu yang dibanderol dengan harga murah dengan kualitas mumpuni, salah satunya feeding bottle keluaran Baby Safe ini. Dengan menyediakan budget kurang dari Rp50.000, Anda bisa mendapatkan botol bayi yang telah lolos standar keamanan nasional dan internasional untuk kategori peralatan makan bayi.

Material botol susu Baby Safe terbuat dari bahan plastik BPA-free dengan jaminan food grade quality dan telah diakui oleh Departemen Kesehatan RI. Selain itu, bentuk dot dengan bahan silikon akan mendukung perkembangan gigi dan rahang bayi agar tumbuh dengan baik. Pilihan cerdas untuk Anda yang berbujet terbatas!

Bahan dasar Polypropylene (PP)
Bentuk bodi Standar
Material dot Silikon
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia Mulai dari 0 bulan
Cara membersihkan
Ukuran botol 250 mL
Kisaran harga Rp24.000

10. Comotomo Baby Soft Hygienic Silicone Baby Bottle

Desain mewah dengan bodi terbuat dari silikon yang ergonomis

Desain mewah membuat produk ini berada di kelas harga yang berbeda. Tak hanya bagian dot, bentuk bodinya pun terbuat dari bahan silikon. Bodi berbahan silikon dengan leher lebar memberikan banyak kemudahan, terutama pada saat pembersihan. Material silikon juga mampu dan aman dalam menahan suhu tinggi.

Cekungan antikolik ganda pada desain dot botol susu ini akan mencegah udara masuk ke dalam tubuh bayi yang kemudian menyebabkan ketidaknyamanan. Selain itu, materialnya juga aman untuk dilakukan sterilisasi menggunakan sterilizer, microwave, maupun direbus (boiling).

Bahan dasar Liquid silicone rubber
Bentuk bodi Egg-shaped
Material dot Liquid silicone rubber
Bentuk lubang dot Bulat
Ukuran dot/untuk usia 0 – 3 bulan
Cara membersihkan Microwave, dishwasher, direbus
Ukuran botol 150 mL
Kisaran harga Rp280.000

Lihat juga rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi di sini!

Sudah menjatuhkan pilihan Anda terhadap salah satu produk? Setelah membeli botol susu, tentu Anda perlu menyiapkan susu formula yang sesuai dengan usia bayi Anda. Pemilihan susu formula pun tak bisa sembarangan, Anda harus seimbangkan keperluan nutrisi si kecil.

Secara umum susu formula berasal sapi. Namun, beberapa produsen mengambil susu dari kedelai untuk kebutuhan bayi dengan intoleransi laktosa. Untuk memahami lebih lanjut beserta melihat susu formula terbaik, ulasan selengkapnya dapat Anda baca melalui tautan berikut!

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi

Kesimpulan

Sebelum disibukkan oleh aktivitas mengurus si kecil yang baru lahir, sebaiknya Anda menyiapkan botol susu bayi sebelum kelahirannya. Ada botol susu dari produsen-produsen berpengalaman pada artikel ini untuk Anda jadikan referensi. Adakah produk yang menurut Anda paling cocok dengan kebutuhan bayi Anda?

Pilihlah botol susu yang paling nyaman serta terjamin aman untuk dipakai buah hati setiap hari. Kemudahan dalam membersihkan perlengkapan botol susu merupakan salah satu aspek yang juga perlu Anda prioritaskan. Dengan tersedianya rekomendasi botol susu bayi terbaik pada list di atas, kami harap Anda temukan satu atau lebih produk yang tepat!

(Visited 3.019 times, 36 visits today)