Written by 01:13 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Di antara bermacam produk kebutuhan bayi, popok menjadi salah satu produk vital yang harus selalu tersedia. Karena kulit bayi begitu rentan dengan gesekan dan rangsangan dari luar, para orang tua harus menyediakan popok bayi terbaik, terlebih untuk bayi baru lahir (newborn). Untuk menemukan produk yang bagus, Anda dituntut selektif ketika memilih.

Berderet popok bayi mudah Anda jumpai. Selain MamyPoko, Sweety, dan Pampers, masih banyak produsen popok bayi berkualitas di Indonesia. Guna menemukan produk terbaik, pada artikel ini kami rangkum sepuluh produk best seller favorit banyak orang tua. Oleh karena popok bayi terdiri dari berbagai tipe, ukuran, dan susunan material, pertama-tama kami jelaskan tips memilihnya dulu. Yuk, disimak sampai akhir!

Cara Memilih Popok untuk Bayi Baru Lahir

Pertama-tama, Anda harus mengetahui tipe popok, dari mulai batas pemakaian dan cara penggunaannya. Tak hanya itu, popok untuk bayi pun tersedia dalam ukuran berbeda yang harus disesuaikan dengan berat bayi Anda. Lebih lengkap mengenai aspek-aspek tersebut akan kami lanjutkan ulasannya melalui poin-poin di bawah ini!

Pilih Popok Bayi berdasarkan Tipenya

Pilih diaper atau cloth diapers? Anda bisa memilih salah satu dari dua tipe popok ini sesuai gaya hidup dan kenyamanan bayi Anda. Atau Anda bisa menggunakan keduanya, seperti memakai popok kain (cloth diaper) ketika berada di rumah dan mengganti popok (diaper) sekali pakai saat bepergian. Untuk detailnya, tengoklah ulasan berikut!

Tipe Sekali Pakai (Diaper): Unggul dari Segi Kepraktisan dan Kehigienisan

Popok sekali pakai (diaper) pada dasarnya lebih nyaman dan mudah dipakai dengan bantuan perekat atau karet elastis untuk membuatnya kencang pada pantat bayi. Popok ini lebih praktis dipakai saat bepergian maupun di rumah. Ketika beperigan, Anda bisa membuang popok kotor tanpa harus membawanya pulang.

Popok jenis ini biasanya memiliki penyerap ultra dan lapisan dalam yang dapat menjaga kulit bayi lembap akibat basah. Tipe popok ini juga tidak mudah bocor dan lebih kecil menimbulkan risiko ruam popok. Hanya saja, Anda akan sulit mengecek bahan popok ini yang terkadang menyebabkan reaksi alergi pada bayi tertentu. Selain itu, popok bayi sekali pakai juga kurang ramah lingkungan.

Tipe Pakai Berulang (Clodi/Cloth Diapers): Berbahan Kain yang Bisa Dipakai Berulang

Clodi atau cloth diapers adalah inovasi popok kain yang bentuknya hampir menyerupai popok sekali pakai. Jenis popok ini terbuat dari kain khusus yang lembut dan dapat menampung urin dengan baik. Ada dua bagian pada popok ini, yaitu lapisan insert (bagian dalam yang tebal menyerupai handuk) dan lapisan outer (bagian luar yang kedap air atau waterproof).

Cloth diapers bisa dicuci dan dipakai berulang kali karena terbuat dari kain, sehinga dapat menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, cloth diapers juga ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan berbahaya. Namun, sebagian dari popok ini mungkin tidak melakukan penyerapan sebaik diaper. Untuk itu, Anda harus menyediakan pembersih ketika sewaktu-waktu terjadi kebocoran.

Sesuaikan Cara Pakai Popok dengan Perkembangan Bayi

Setiap bayi akan tumbuh sepanjang waktu. Hal tersebut membuat jenis popok yang digunakannya pun harus mengikuti perkembangan. Anda tidak bisa selalu menggunakan popok dengen perekat pada bayi yang berusia di atas 6 bulan di saat mereka mulai lincah. Sebaliknya, popok celana juga tidak cocok untuk bayi baru lahir karena kulitnya yang sensitif.

Tipe Perekat: Cocok untuk Bayi yang Belum Banyak Gerak

Ketika bayi Anda belum bisa duduk atau berdiri, jenis popok tipe perekat ideal untuk diberikan kepadanya. Anda bisa dengan mudah memasang popok saat bayi dalam posisi telentang. Cukup angkat pantat bayi Anda, kemudian sesuaikan popok tepat di bawah pantat dan rekatkan strap pada kedua sisinya.

Kelebihan dari popok perekat adalah harganya yang lebih murah dibandingkan popok celana. Berkat kelebihannya ini, popok perekat cocok untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan ketika mereka lebih sering buang air besar, terutama setelah diberi makan. Desainnya pun mendukung bayi baru lahir dengan permukaan sentuhan yang lembut.

Tipe Celana: Memudahkan Penggunaan pada Bayi yang Mulai Aktif

Ketika bayi Anda berusia 6 bulan, dirinya mungkin lebih sering berguling dan merangkak. Sebab pergerakannya menjadikan pemasangan popok perekat lebih sulit, Anda bisa mengganti popoknya dengan popok celana yang bisa dipasangkan maupun dilepas ketika bayi mulai aktif. Pemasangannya pun bisa Anda lakukan tanpa harus mengangkat kaki mereka layaknya penggunaan popok perekat.

Popok celana didesain sesuai ukuran tubuh bayi dengan disertai pita elastis yang lembut di bagian pinggang dan sekitar kaki. Tali pengikat membuat popok celana tak mudah lepas. Selain itu, popok celana juga memudahkan Anda saat berada di luar rumah yang cukup sulit mendapati tempat ideal untuk mengganti popok bayi.

Pilih Ukuran Popok berdasarkan Berat Bayi

Setiap bayi mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda. Untuk itu, saat memilih popok baginya, Anda sebaiknya tidak mendasarkan pada usia atau jenis kelamin buah hati. Cara tepat untuk menemukan ukuran popok yang pas yakni dilihat dari berat bedan bayi. Misalnya, popok berukuran M cocok untuk bayi dengan berat badan 6 – 11 kg, sedangkan ukuran L ideal bagi berat badan bayi 9 – 14 kg.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki dua pilihan ukuran sebab rentang berat bayi Anda yang tumpang tindih. Sebagai contoh, bayi dengan berat 9 – 11 kg, otomatis bisa memakai ukuran M dan L. Untuk mengatasi hal ini, cobalah lihat ukuran perut dan kaki bayi Anda. Jika tubuhnya cenderung ramping, Anda bisa memilih popok ukuran M yang lebih kecil, dan begitu pula sebaliknya.

Perhatikan Lapisan, Formula Khusus, dan Daya Serapnya

Cek juga lapisan, formula, dan daya serap popok. Umumnya popok sekali pakai memiliki 3 lapisan (dalam, inti, dan luar) yang cukup tebal. Anda harus perhatikan apakah lapisan dalam dan inti popok berpori atau tidak. Lapisan berpori akan mengurangi gesekan popok dengan kulit, menjaga kulit agar bisa bernapas, dan mengurangi ruam pada area pantat.

Selain lapisan berpori, utamakan pula produk dengan formula khusus. Bila terdapat kandungan zinc oxide, aloe vera, dan petroleum, popok tersebut mampu menjaga kulit tetap kering. Pastikan juga Anda pilih popok dengan lapisan inti yang terbuat dari AGM (absorbent gelling material). Material tersebut unggul dalam hal daya serap, serta sanggup menahan pipis atau kotoran bayi dengan menjaga pH kulit tetap seimbang.

10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Walaupun pada umumnya popok bayi mempunyai fungsi utama yang serupa, beberapa merek menyematkan popok dengan spesifikasi tambahan. Karena itu, bacalah deskripsi produk untuk mengetahui keunggulannya masing-masing. Pilih popok bayi sesuai kenyamanan bayi Anda, serta tidak terlalu membebani pengeluaran Anda. Selamat memilih!

1. MamyPoko Royal Soft NB 84

Dilengkapi bahan extra dry speed wave yang bisa menyerap pipis berkali-kali

Popok dengan perekat ini bisa dipakai untuk bayi baru lahir dengan berat kurang dari 5 kg. Fiturnya meliputi extra dry speed wave, alias  kain lembut bergelombang yang dapat menyerap pipis dengan cepat sekaligus membuat permukaan popok tetap kering. Popok berdaya serap tinggi ini adpat menyerap pipis berkali-kali. Bahkan produk ini juga disertai indikator yang bisa berubah warna ketika popok penuh.

Kelebihan lain dari popok sekali pakai ini yaitu memiliki ban pinggang berlekuk yang bisa melindungi pusar bayi baru lahir. MamyPoko melengkapi perekat lembut yang tersusun dari bahan yang minim potensi iritasi. Lapisan pelindungnya juga dibuat agar selembut kapas dan berpori, sehingga produk ini mampu melepas panas atau lembab, sekaligus melindungi kulit bayi dari ruam popok.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 84 popok
Untuk berat bayi Newborn – 5 kg
Kisaran harga Rp173.000

2. Merries Pants Good Skin M 34

Popok terbaik nomor 1 di Jepang dengan daya serap tinggi!

Merries Pants Good Skin adalah popok celana terbaik No.1 di Jepang selama 9 tahun berturut-turut. Keunggulan produknya meliputi daya serap yang mencapai 250 mL, menjadikannya tidak mudah bocor. Diaper ini terbuat dari material berkualitas tinggi dengan kelembutan seperti katun yang membantu tidur atau aktivitas bayi Anda tetap nyaman seharian.

Selain itu, popok sekali pakai tipe celana ini dibekali karet elastis yang takkan menimbulkan bekas di pinggang bayi. Anda bisa membeli satu pak popok Merries ini dengan harga terjangkau. Per pack-nya berisikan hingga 34 popok celana siap pakai. Merries Pants Good Skin M 34 tersedia dalam ukuran M yang bisa dipakai untuk bayi dengan berat 7 – 12 kg.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Celana
Isi 34 popok
Untuk berat bayi 7 – 12 kg (ukuran M)
Kisaran harga Rp72.000

3. Fluffy Baby Wear PBPT Abu

Terbuat dari bahan kaos TC yang lebih unggul daripada katun biasa

Untuk Anda yang menginginkan popok newborn dari jenis kain yang lembut, Anda dapat mempercayai produk dari Fluffy ini. Terbuat dari bahan kaos TC (teteron cotton) berupa gabungan antara serat kapas alam dan sintetis, permukaan popok ini lebih lembut daripada katun biasa. Daya serapnya lebih baik serta tak mudah berubah bentuk memberi nilai lebih produk ini.

Selain lembut, bahan cloth diaper ini juga aman dan tahan lama. Hal ini dibuktikan oleh status lolos uji Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga aman digunakan untuk bayi. Berikanlah popok kain dengan tali ini pada bayi berusia 0-3 bulan. Tersedia dalam paket berisikan 3 lembar popok warna abu-abu, Anda pun semakin hemat pengeluaran!

Tipe popok Popok kain
Tipe cara pakai Tali
Isi 3 popok
Untuk berat bayi 3 – 5 kg
Kisaran harga Rp42.000

4. Sweety Gold Comfort NB 52

Dengan perlindungan ekstra untuk menjamin kenyamanan bayi sepanjang malam

Sweety Gold Comfort adalah popok premium sekali pakai dengan nilai praktis tinggi. Popok ini didesain untuk bayi baru lahir dengan berat < 5 kg. Teknologi Diamond Layer pada popok ini membuatnya efektif menyerap pipis ekstra cepat untuk memelihara kulit bayi tetap kering. Bahan pembuatan berupa material lembut dan berpori memastikan popok takkan memicu iritasi ataupun ruam.

Lapisan popok ini cukup tipis, namun tetap sanggup menyerap dan menahan cairan lebih banyak. Sweety Gold Comfort NB 52 dilengkapi soft magic tape yang dapat direkatkan berulang kali. Ada juga soft stretchable waistband yang membuat popok lebih fit di badan bayi. Popok ini dibekali perlindungan khusus 360 derajat leak guard protection yang akan mengurangi kebocoran di sekitar popok.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 52 popok
Untuk berat bayi < 5 kg
Kisaran harga Rp96.200

5. Pampers Premium Care NB 52

Popok perekat dengan lima keunggulan

Merek popok lain yang kami rekomendasikan untuk Anda pilih dikeluarkan oleh Pampers. Popok dengan perekat ini hadir dengna 5 keunggulan. Pertama, popok terbuat dari bahan selembut sutra yang bisa menyelimuti bayi dengan nyaman. Selain itu, popok ini juga memiliki gel berdaya serap tinggi yang dapat mendistribusikan basahan secara merata.

Tak hanya itu, Pampers Premium Care NB 52 menawarkan sirkulasi udara 360o untuk membuat seluruh area popok tetap kering yang memberi akses kulit untuk tetap bernapas. Dilengkapi lotion perlindungan kulit, bayi Anda takkan merasa gatal selama dan sesudah pemakaian popok. Terakhir, untuk desain bagian pinggangnya dibuat 2x lebih lentur sehingga takkan menekan perut bayi.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 52 popok
Untuk berat bayi Newborn – 5 kg
Kisaran harga Rp143.600

6. Mamamia Soft Magic Tape M 40

Popok yang dirancang khusus untuk bayi seberat 5 – 10 kg

Bagi Anda yang memerlukan popok perekat untuk bayi dengan berat 5 – 10 kg, Mamamia Soft Magic Tape dapat menjadi pilihan utama. Produk ini tersedia dalam pack isi 40 lembar popok berukuran M. Harganya yang ramah di kantong menjadikan popok sekali pakai ini ideal untuk Anda yang sedang menghemat budget pengeluaran.

Mamamia Soft Magic Tape M 40 didukung faster absorbing untuk menyerap pipis lebih banyak dan cepat. Menariknya lagi, produk ini terbuat dari bahan baku tersertifikasi bebas klorin, menjadikannya aman bagi kulit bayi yang sensitif. Lapisan breathable-nya takkan menimbulkan iritai sebab sirkulasi udara baik yang akan mencegah terperangkapnya kelembapan.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 40 popok
Untuk berat bayi 5 – 10 kg
Kisaran harga Rp69.900

7. Nepia Genki! Premium Soft Tape NB 44

Dibuat dengan teknologi Jepang yang canggih dan higienis

Produk popok unggulan Nepia ini dikhususkan untuk bayi baru lahir dengan bobot kurang dari  5 kg. Disematkannya lapisan dalam membuat popok lebih aman ketika bersentuhan dengan kulit bayi. Selain berasal dari bahan ekstra lembut, daya serap pipis popok ini pun lebih banyak. Bahannya yang berpori menjamin takkan terjadi alergi kulit.

Nepia Genki! Premium Soft Tape NB 44 begitu nyaman berkat rancangan teknologi Jepang yang selain canggih, juga diproses secara higienis. Sisi penahan popok dibuat lebih lebar untuk cegah kebocoran. Didukung perekat yang mudah dilepas-pasang, tak butuh waktu lama untuk memasang popok ini.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 44 popok
Untuk berat bayi Newborn – 5 kg
Kisaran harga Rp124.300

8. Huggies Dry Diapers S 38

Memiliki daya serap dan perlindungan tinggi terhadap kebocoran

Dari 6 keunggulan, salah satu yang disukai orang adalah soft cover berbahan katun lembut saat mengenai permukaan kulti bayi. Sementara, di bagian cover luar di-setting breathable untuk memudahkan aliran udara keluar masuk. Produk ini dilengkapi Poo Absorb Liner, sebuah sistem pemisah dan penyerap kotoran agar tidak kembali ke permukaan.

Selain itu, ada Well-Absorb Technology sebagai pelindung kebocoran serta pencegah popok dalam keadaan basah. Anda tak perlu khawatir terjadi kebocoran di area paha berkat Double Leak Barriers-nya. Begitu pun untuk mencegah kebocoran di belakang, sudah tercantum Runny Poo Leakguard yang memainkan peran tersebut!

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 38 popok
Untuk berat bayi Newborn – 8 kg
Kisaran harga Rp112.044

9. Anerle Cheris Cool & Comfort NB 30

Produk baru dengan banyak kelebihan dan harga terjangkau

Anerle Cheris Cool & Comfort NB 30 adalah popok dengan daya serap tinggi yang menjaga ruangan popok tetap dingin untuk kenyamanan bayi. Dengan dana tak sampai ratusan ribu, Anda menerima satu pak popok berisi 30 lembar dengan bonus 4 lembar sebagai trial pack.

Kombinasi kapas dan gel pada lapisan popok memungkinkan penyerapan lebih cepat. Bahannya yang didesain ber-emboss sanggup memelihara aliran udara tetap optimal. Anda takkan mendapati kebocoran yang mengganggu berkat dukungan magic tape kuat serta indikator urin di belakangnya. Didesain U-Shape, popok ini ideal untuk menghindari pusar bayi Anda dari gesekan.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 30 popok
Untuk berat bayi Newborn – 5 kg
Kisaran harga Rp62.900

10. Goo.n Excellent Dry Tape NB 48

Mengutamakan teknologi dan bahan unggul untuk kesehatan kulit bayi

Kebanyakan produk Goo.n memprioritaskan kesehatan kulit bayi. Salah satu seri popok keluarannya, Dry Tape NB 48, dibekali inovasi berupa kemampuan serap hingga 5x lebih tinggi. Dengan begitu, kulit bayi Anda tak hanya sekadar kering, namun juga bebas kebocoran. Bayi Anda akan tidur nyenyak tanpa harus berulang kali mengganti popok.

Lapisan berpori di seluruh permukaan back sheet membebaskan gerah dan kemungkinan terjadinya ruam popok. Fitur lain untuk mendukung kenyamanan popok ini adalah teknologi PeeLock System yang akan menjaga pipis dan kotoran bayi tetap terkunci. Belum usai, teknologi Pee Sign pada popok Goo.n satu ini akan menampilkan garis biru sebagai alarm ketika popok sudah penuh.

Tipe popok Sekali pakai (diaper)
Tipe cara pakai Perekat
Isi 48 popok
Untuk berat bayi Newborn – 5 kg
Kisaran harga Rp115.000

Panduan Mengenakan Popok untuk Bayi yang Tepat

Pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum memasangkan popok pada bayi. Selanjutnya, lakukan pemasangan dengan hati-hati, terutama sewaktu mengangkat kaki bayi Anda. Untuk jenis diaper dengan perekat, pastikan bagian belakang popok sejajar dengan pusar bayi. Kemudian, tempelkan strip perekat dengan benar dan pastikan tidak perekat tak mengenai kulit bayi.

Jika Anda menggunakan popok kain tradisional, lipat terlebih dahulu popok menjadi ½ segitiga, lalu tempatkan dengan hati-hati di bawah bayi Anda. Sisi terpanjang segitiga harus berada di bagian punggungnya, sehingga Anda bisa menarik sudut yang lebih lancip dari bawah kaki ke atas. Terakhir, lipat kedua sisi samping ke depan sampai tumpang tindih, lalu kencangkan dengan peniti. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Popok bayi adalah produk yang harus selalu Anda sediakan untuk menunjang aktivitas bayi. Pilihlah popok yang nyaman dikenakan berdasarkan tingkat aktivitas dan usianya. Apabila Anda ingin bepergian, popok sekali pakai (diaper) merupakan solusi tepat. Namun, ketika Anda bermaksud menghemat budget, cobalah mempertimbangkan popok kain (cloth diaper) yang dapat dipakai berulang.

Popok dengan daya serap tinggi, lembut, serta memberikan sirkulasi udara yang baik akan mencegah pantat bayi ruam. Pilihlah popok yang dikeluarkan merek kenamaan, seperti yang telah kami rekomendasikan pada daftar sebelumnya. Semoga bayi Anda cocok degnan popok pertamanya. Jika tidak, Anda bisa beralih ke merek lain sampai si kecil nyaman. Selamat mencoba, Ayah/Bunda!

(Visited 4.812 times, 40 visits today)