Written by 11:28 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Berminyak

Tekstur essence menyegarkan dapat mengurangi rasa lengket akibat kulit berminyak. Kemudian, produk bersifat non-comedogenic tak sekadar membantu penurunan jumlah sebum, melainkan juga baik mencegah timbulnya jerawat. Bagi Anda yang ingin merawat wajah berminyak dengan mudah, mulailah rutin menggunakan essence khusus untuk kulit berminyak.

Kondisi berminyak dapat disebabkan beberapa hal, sehingga membuat Anda perlu selektif memilih essence. Pilihannya pun beragam, dari merek Benton, First Lab, SK-II, hingga Olay menyediakan essence berkualitas baik untuk mencegah produksi sebum berlebih. Apakah Anda bingung memilih salah satunya? Berikut kami sertakan cara memilih essence beserta produk yang terbukti bagus di kulit berminyak. Mari dibaca!

Cara Memilih Essence untuk Kulit Berminyak

Poin penting dalam memilih essence untuk kulit berminyak adalah menyesuaikan produk dengan kondisi kulit berminyak Anda. Tentu saja, memeriksa kandungannya akan membuat Anda mengetahui lebih pasti kegunaan dan cara kerja essence pada wajah. Simak tips selengkapnya di sini!

Pilih berdasarkan Komposisi yang Terkandung

Kulit berminyak kerap terjebak di dalam pori-pori yang terbuka. Sisa-sisa kotoran yang masih menempel berisiko menimbulkan komedo dan jerawat. Bila sudah demikian, sel-sel kulit mati pun akan sulit teregenerasi. Kondisi-kondisi yang umum terjadi akibat kulit wajah berminyak tersebut bisa ditangani dengan produk essence berkandungan AHA dan BHA.

Kedua bahan acid tersebut biasa diandalkan pada skincare untuk kulit berminyak. AHA dan BHA akan meluruhkan sel kulit mati sekaligus membantu mengeluarkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Kandungan seperti glycolic acid, lactic acid, dan citric acid adalah golongan AHA yang umum digunakan, sementara pada jajaran BHA biasanya berupa salicylic acid dan bahan-bahan alami semacam willow bark.

Buat Anda yang mengalami wajah berjerawat akibat minyak tak terkontrol, gunakanlah essence berkandungan witch hazel atau komposisi lain yang bertindak sebagai antiinflamasi dan antibakteri. Selain itu, niacinamide juga menjadi bahan pendukung yang layak Anda cari keberadaannya karena berguna mencerahkan skin tone dengan meminimalisir bintik hiperpigmentasi.

Penting untuk diingat, wajah yang berminyak tetap memerlukan essence berkandungan pelembap. Pilihlah essence yang bahan penghidrasinya tidak menyebabkan lengket, serta utamakan produk dengan gentle ingredients agar kulit tetap segar, halus, dan terasa lembut. Anda bisa merasakan efek lembap tanpa meninggalkan kesan lengket dengan memilih essence yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin.

Pilih berdasarkan Kondisi Wajah Berminyak Anda

Essence adalah produk yang bertindak sebagai primer dan toner. Sangat penting memilih produk yang cocok dan cepat meresap, serta tidak menimbulkan masalah pada kulit berminyak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pilih produk yang sesuai dengan kondisi wajah Anda.

Untuk Kulit Berminyak yang Rentan terhadap Jerawat (Acne-Prone)

Apakah wajah Anda tergolong rentan berjerawat (acne-prone) akibat minyak berlebih? Waspadalah terhadap breakout yang terjadi akibat peradangan. Untuk Anda yang ingin merawat kulit berminyak sekaligus acne-prone, essence yang bekerja lembut meruntuhkan sel kulit mati dan menyingikirkan minyak dari pori-pori sangat direkomendasikan.

Bahan utama BHA seperti salicylic acid akan melakukan proses eksfoliasi secara lembut untuk mencegah pembentukan jerawat, sekaligus menangkal pertumbuhan bakteri yang menyertainya. Selain salicylic acid, komponen alami willow bark adalah alternatif cukup baik. Pasalnya, bahan ini juga menyimpan properti kaya antioksidan seperti polifenol dan flavonoid untuk melindungi kulit dari dampak radikal bebas.

Untuk Kulit Berminyak yang Disebabkan oleh Dehidrasi

Kulit yang berminyak dapat disebakan oleh kinerja hiperaktif kelenjar sebaceous. Kelenjar minyak yang bertanggung jawab memproduksi sebum dapat bekerja melebihi batas normal akibat lapisan kulit bagian dalam mengalami kekurangan air. Bagi Anda pemilik kulit berminyak yang kering penting mengutamakan essence yang mengandung unsur pelembap.

Pilihlah bahan pelembap yang tidak lengket di kulit berminyak Anda. Pelembap yang sifatnya ringan serta tidak menimbulkan kesan greasy antara lain hyaluronic acid dan glycerin. Kolagen terhidrolisis juga menjadi bahan lain yang kerap dicantumkan untuk fungsi melembapkan kulit. Kemudian, essence dengan formula water-based bisa menjadi opsi utama karena kulit akan lembap oleh air, dan bukan minyak.

Untuk Kulit Berminyak dengan Warna Kulit yang Tidak Rata

Pori-pori kulit yang besar dan warna kulit tidak terlihat rata merupakan kombinasi masalah yang tak jarang menimpa orang dengan kulit berminyak. Jika Anda menghadapi kondisi demikian, cobalah memilih essence berkandungan niacinamide yang di samping menekan produksi sebum, kandungan bernama lain vitamin B3 ini sekaligus mengencangkan kulit yang pada akhirnya, tampilan pori-pori terbuka pun berkurang.

Tak hanya itu, essence berkandungan niacinamide juga akan meminimalisir pembentukan melanin yang membuat kulit kusam serta mengurangi dark spot. Bila memungkinkan, carilah produk yang ditambahkan formula galactomyces. Galactomyces yang berasal dari ekstrak jamur ragi berfungsi melembapkan sekaligus sekaligus memproteksi kulit.

Untuk Kulit Kombinasi Kering dan Berminyak

Mempunyai tipe wajah kombinasi dari berminyak dan kering memang merepotkan. Anda terkadang harus membeli dua produk sekaligus untuk fungsi dan lokasi penerapan yang berbeda pula, termasuk ketika membeli essence. Nah, sebagai jalan tengahnya, saat ini sudah mulai diproduksi essence untuk kulit kombinasi kering dan berminyak.

Essence yang cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi umumnya mengandung lendir siput (snail mucin filtrate). Unsur yang populer dalam skincareskincare Korea ini bagus untuk menghidrasi secara intens tanpa menyebabkan kulit lengket, apalagi menimbulkan efek kilau yang kusam. Malahan, formula yang ideal ke segala jenis kulit tersebut dikenal pula efektivitasnya dalam merawat breakout dan kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Periksa Bentuk Essence beserta Teksturnya ketika Diaplikasikan

Tidak dimungkiri, essence berbasis air atau water-based formula menjadi satu-satunya bentuk terbaik untuk diterapkan pada kulit berminyak. Namun, di pasaran tersedia wujud essence lain, misalnya gel atau krim. Manakah yang terbaik? Sebaiknya kembalikan lagi dengan preferensi serta kecocokannya terhadap kondisi kulit berminyak yang Anda alami.

Essence berbentuk krim hanya cocok untuk kulit berminyak yang dehidrasi, itu pun harus terjamin berdaya serap baik. Sementara essence jenis gel atau watery akan lebih mudah diserap kulit, sehingga cocok untuk Anda yang tak ingin berlama-lama mengaplikasikan skincare lain setelahnya.

Selain memperhatikan tekstur dan daya serap essence, periksa juga bagaimana efek akhir yang diterima kulit. Pastikan produk tersebut membuat wajah terasa segar selama dan sehabis dioleskan. Hindari essence yang memberikan efek lengket pada wajah. Anda bisa gunakan cotton pad atau kapas untuk mempermudah perataan essence.

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Berminyak

Selanjutnya, kami hendak menampilkan essence terbaik dari merek-merek besar. Produk pilihan berikut memperoleh banyak ulasan positif dari pengguna. Jadi, Anda hanya perlu memilih essence sesuai kulit berminyak Anda. Selamat menentukan!

1. Huxley Secret of Sahara Essence Grab Water

Rasakan wajah lembap, segar, dan bebas rusak

Polusi dan udara yang kotor dapat memicu kulit berminyak mengalami dehidrasi dan kerusakan. Apabila dalam keseharian Anda lebih sering terpapar udara bebas penuh polusi dan kotoran, cegah minimnya jumlah air di lapisan kulit dengan essence Huxley. Produk berdesain aesthetic ini mengusung formula minyak biji kakuts dari Gurun Sahara untuk meredakan kulit stres dan rusak akibat udara yang kotor.

Didukung dengan pipet, kesterilan produk semakin terjaga. Tekstur essence ini cair, menjadikannya cepat meresap ke kulit wajah Anda yang berminyak. Tidak ada warna, produk ini juga menciptakan light finish mengesankan. Sensasi segar hadir berkat peppermint yang terkandung di dalamnya.

KomposisiSahara prickly pear seed oil, hyaluronic acid, ceramide, acai berry, quinoa, camu-camu, japanese apricot, peppermint, yerba mate leaf
Kondisi wajahKombinasi, berminyak akibat dehidrasi
Bentuk/teksturWatery-gel, cair, tidak berwarna, cepat meresap
KeamananTanpa paraben, tanpa alergen, tanpa sulfat, hypoallergenic tested, dermatologically tested, BPOM NA26180105293
Isi30 mL
Kisaran hargaRp310.000

2. Benton Snail Bee High Content Essence

Optimal menyeimbangkan kadar minyak di lapisan dan permukaan kulit

Produk skincare keluaran Benton memang terkenal berkualitas. Salah satu essence andalannya berikut mengantongi snail secretion filtrate dan bee venom yang diklaim aman untuk segala jenis kulit. Jadi tak hanya kompatibel untuk kulit berminyak, all-in-one essence ini juga mampu mencerahkan warna kulit kusam akibat dehidrasi dan blemishes.

Bahan botani yang tercantum di dalamnya diklaim baik untuk menenangkan kulit. Benton memastikan produk ini aman dari pengujian pada hewan (cruelty free), serta telah melalui proses uji dermatologis. Buat Anda yang diterpa kondisi wajah berminyak dan sensitif, produk bertutup pump ini takkan menimbulkan iritasi karena bebas fragrance alias unscented.

KomposisiSnail secretion filtrate, bee venom, aloe barbadensis leaf juice, tea tree leaf water, camellia sinensis leaf water, niacinamide (vitamin B3), adenosine
Kondisi wajahSemua kulit berminyak
Bentuk/teksturWatery-gel, ringan, mudah terserap
KeamananTanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa alergen, tanpa paraben, tanpa sulfat, cruelty-free, dermatologically tested, , BPOM NA26190100107
Isi60 mL
Kisaran hargaRp290.000

3. Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Efek melembapkannya tidak terasa berat dan lengket

Sebagian perempuan Indonesia sudah akrab dengan essence besutan Cosrx ini. Bagaimana dengan Anda? Advanced Snail 96 Mucin Power Essence adalah produk dengan fungsi utama menjaga elastisitas kulit melalui komponen 96,3% snail secretion filtrate-nya. Saat terjadi breakout atau kemerahan akibat sensitivitas kulit terangsang, produk ini membantu menenangkan kulit.

Walau tampak melembapkan, sejatinya produk ini nyaman digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Tidak butuh waktu lama untuk menyerap berkat teksturnya yang lightweight. Hasilnya, keseimbangan minyak wajah semakin terjaga dikarenakan kandungan essence yang menghidrasi secara long-lasting tanpa heavy dan greasy feeling.

KomposisiSnail secretion filtrate, sodium hyaluronate, allantoin, panthenol, butylene glycol
Kondisi wajahSemua kulit berminyak
Bentuk/teksturLiquid gel, ringan
KeamananHypoallergenic, dermatologically tested, cruelty-free, tanpa paraben, tanpa sulfat, tanpa phthalate, tanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa alergen, minimal ingredients, BPOM NA26180105971
Isi100 mL
Kisaran hargaRp245.000

4. Olay Regenerist Miracle Boost Youth Pre-Essence

Rawat kulit berminyak Anda agar tetap muda sejak usia 20-an

Brand asal Amerika Serikat, Olay, merilis essence untuk kulit berminyak berkandungan utama niacinamide, peptida asam amino, dan bahan khusus anti-aging lain. Sesuai nama dan komposisinya, produk ini diklaim berfungsi menunda tanda-tanda penuaan seperti penyamaran keriput dan pengencangan kulit kendur.

Anda yang usianya memasuki ¼ abad perlu memulai perawatan rutin untuk menekan munculnya gejala penuaan. Essence dari Olay berikut merupakan salah satu pilihan tepat. Selain formulanya yang membantu kulit terjaga muda, tekstur essence-nya gampang terserap oleh kulit.

KomposisiNiacinamide (vitamin B3), amino peptides, lys’lastine, olive extract
Kondisi wajahBerminyak dengan tanda penuaan
Bentuk/teksturRingan
KeamananBPOM NA49170103377
Isi40 mL
Kisaran hargaRp223.300

5. Secret Key 24K Gold Premium First Essence

Tampak wah karena mengandung butiran emas

Secret Key 24K Gold Premium First Essence beroperasi dengan menyeimbangkan jumlah air dan minyak. Dengan kata lain, produk ini termasuk ideal dipilih oleh pengguna berkulit kering ataupun berminyak. Selain dikemas dalam botol berkemasan mewah, cairan essence di dalamnya diperkaya butiran emas. Cantik dan unik!

Karena tidak berbau, bebas paraben, dan tanpa mengandung alkohol, essence berbentuk gel ini banyak dipilih oleh mereka yang berkulit sensitif. Cukup dioleskan merata, cairannya akan menjaga makeup Anda tetap stay on hingga tengah hari! Untuk perawatan di malam hari pun, essence dengan kebaikan berbagai bahan alami ini mengubah wajah berminyak Anda menjadi halus, lembap, dan elastis.

KomposisiHoneysuckle extract, caviar extract, royal jelly extract, hydrolized collagen, grape extract, tomato extract, niacinamide (vitamin B3), sodium ascorbyl phosphate, sodium hyaluronate, butlyene glycol, glycerin, adenosine, ethyl ascorbyl ether
Kondisi wajahBerminyak akibat dehidrasi
Bentuk/teksturGel
KeamananTanpa silikon, tanpa sulfat, tanpa paraben, tanpa alergen
Isi150 mL
Kisaran hargaRp280.000

6. First Lab Probiotic Skin Essence Signature

Memproteksi kulit dari aktivitas bakteri berbahaya

Essence produksi First Lab satu ini bisa digunakan pagi atau malam hari. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah penggunaan teknologi probiotik yang dipatenkan perusahaan farmasi di Korea. Fermentasi probiotik yang diusung menghasilkan lactic acid yang berguna menurunkan pH kulit, sehingga pertumbuhan bakteri akibat tumpukan minyak, serta proses regenerasi sel-sel kulit berjalan lebih cepat.

Selain mengeksfoliasi sel kulit mati, First Lab menambahkan zat pelembap safflower seed oil, carthamus tinctorius, dan squalene untuk mencegah iritasi kulit melalui efek moisturizing. Satu lagi yang mesti Anda tahu,  essence berdaya penetrasi baik ini sudah mengantongi izin edar BPOM dengan nomor NA26190105744. Penasaran mencobanya?

KomposisiGlutathione, sodium hyaluronate, tea tree oil, ceramide, lactic acid, butylene glycol
Kondisi wajahBerminyak akibat dehidrasi
Bentuk/teksturKental
KeamananTanpa silikon, tanpa paraben, tanpa alergen, tanpa sulfat, BPOM NA26202000006
Isi150 mL
Kisaran hargaRp355.000

7. Caudalie Vinoperfect Concentrated Brightening Essence

Efek mencerahkannya sudah dibuktikan banyak orang!

Tidak nyaman dengan wajah yang kusam akibat lapisan minyak? Cobalah menggunakan essence rumusan Caudalie berikut, kandungan glycolic acid di dalamnya akan merontokkan sel mati guna mengembalikan skin tone cerah Anda. Dibantu white peony extract, segala bentuk complexion negatif akan berkurang, wajah putih idaman pun tercipta!

Oleh karena mengandung senyawa asam, produk yang diklaim vegan ini diperkaya organic grape water untuk meninggalkan efek lembap dan soothes skin. Meskipun harga edarnya cukup tinggi, essence bertekstur lightweight liquid berikut telah dilakukan uji coba pada 33 orang dalam 56 hari. Hasilnya, 91% partisipan mendapati wajah mereka bebas dark spot dan terasa semakin halus.

KomposisiGlycolic acid, citric acid, glycerin
Kondisi wajahSemua kulit berminyak
Bentuk/teksturRingan
KeamananTanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon, tanpe sulfat, BPOM NC14171203184
Isi150 mL
Kisaran hargaRp650.000

8. Manyo Factory Galactomyces Niacin Special Treatment Essence

Meminimalisir tampilan pori, wajah kusam, dan risiko jerawat akibat minyak

Bisa dibilang kalau essence ini adalah salah satu yang sangat recommended dibandingkan produk lainnya. Bagaimana tidak, Manyo Factory mengandalkan bahan aktif terbaik yang terbukti efektif meningkatkan vitalitas kulit, meratakan skin tone, menekan bermacam efek pigmentasi, menenangkan kulit teriritasi, dan mengecilkan pori-pori serta mencegah peradangan.

Wajah Anda yang berminyak dan rentan berjerawat bakal terbantu dengan seluruh kebaikan produk ini. Termasuk tekstur tidak merata, penampilan kusam, dan garis-garis halus, Manyo Factory Galactomyces Niacin Special Treatment Essence menyimpan unsur ampuh untuk menangani permasalahan tersebut. Untuk kulit berminyak, Anda cukup meneteskan 4 – 5 tetes, sedangkan kulit kering dianjurkan 6 – 7 tetes.

KomposisiGalactomyces ferment filtrate, niacinamide, hyaluronic acid, witch hazel extract
Kondisi wajahBerminyak dan rentan berjerawat
Bentuk/teksturCair, butuh waktu untuk menyerap
KeamananTanpa alkohol, tanpa sulfat, tanpa silikon, tanpa alergen, minimal ingredients
Isi50 mL
Kisaran hargaRp280.000

9. SK-II Facial Treatment Essence

Keunggulan formulanya tidak berubah hampir 40 tahun

Tidak mengenakan tabir surya bukan hanya membuat timbulnya flek hitam akibat paparan matahari. Lebih dari itu, bagian dalam kulit akan menerima dampak, salah satunya dehidrasi yang berujung membuat kelenjar minyak menghasilkan sebum berlebih. Apabila ini yang menimpa Anda, segera perbaiki kondisi wajah menggunakan SK-II Facial Treatment Essence.

Produk yang digemari banyak pengguna dari berbagai negara ini memiliki tekstur ringan cepat serap untuk melembapkan dan menyegarkan kulit dari dalam. Mengandung formula 90% galactomyces ferment filtrate yang telah teruji selama hampir 40 tahun, kulit sebening kristal dan selembut sutra pun terwujudkan. Yuk, buktikan sekarang!

KomposisiGalactomyces ferment filtrate (PITERA™), butylene glycol
Kondisi wajahSemua kulit berminyak
Bentuk/teksturLiquid, ringan, mudah meresap
KeamananTanpa alergen, tanpa silikon, tanpa sulfat, tanpa alkohol, minimal ingredients, BPOM NA22110101860
Isi160 mL
Kisaran hargaRp1.450.000

10. Innisfree Green Tea Fresh Essence

Berbahan eco-friendly yang terbukti klinis mengontrol sebum

Banyak studi menunjukkan efektivitas ekstrak teh hijau mengontrol produksi sebum. Innisfree menjadi salah satu produsen yang mengandalkan hasil penelitian tersebut. Mengambil teh hijau dari pulau Jeju, formula utamanya ini menghasilkan peran sebum controlling, deep hydrating, dan nourishment yang dibutuhkan wajah berminyak.

Tidak sebatas teh hijau, Innisfree juga mencampurkan komposisinya dengan ekstrak daun cengkeh untuk ciptakan efek radiant skin tanpa kilau berlebihan. Untuk hasil yang lebih sempurna, aplikasikanlah gel essence-nya ke seluruh permukaan wajah hingga bagian leher.

KomposisiGreen tea extract, camellia sinensis leaf extract, prickly pear extract, grapefruit extract, orchid extract, tangerine extract, orange extract, butylene glycol, glycerin
Kondisi wajahBerminyak akibat dehidrasi, berminyak dan rentan berjerawat
Bentuk/teksturGel, cukup kental, mudah dibaurkan
KeamananTanpa alkohol, tanpa alergen, tanpa paraben, tanpa sulfat, cruelty-free
Isi50 mL
Kisaran hargaRp285.000

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk kulit berminyak lainnya!

Spesifikasi produk berbeda-beda tergantung siapa penggunanya. Termasuk Anda yang kulitnya berminyak, pastikan untuk selalu menggunakan produk yang dibuat khusus untuk kulit berminyak.

Berikut jajaran produk skincare hingga kosmetik yang mengandung formulasi utama untuk kulit berminyak. Pilihlah produk yang paling pas dengan kebutuhan Anda!

10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kesimpulan

Produksi sebum yang berlebihan dapat membuat wajah berminyak. Dengan memakai essence untuk kulit berminyak, Anda akan terbebas dari wajah tampak kusam akibat lapisan minyak. Terlebih lagi, tumpukan kotoran yang menyumbat pori di mana menjadi penyebab utama munculnya jerawat diharapkan takkan terjadi pada Anda.

Gunakanlah kapas untuk meratakan essence supaya kelembapan yang diterima kulit lebih sempurna. Kini, tidak sulit merawat wajah berminyak, bukan? Adanya rekomendasi essence di atas mempermudah Anda. Jadi, mana produk terbaik yang hendak Anda beli? Selamat berbelanja dan semoga cocok, ya!

(Visited 4.550 times, 17 visits today)