Kosmetik & Kesehatan

10 Pelembap untuk Kulit Berminyak [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Ketika menggunakan pelembap, Anda perlu memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Apabila Anda pemilik kulit berminyak, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan dan mengandung bahan aktif. Misalnya, Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan gliserin atau asam hialuronat.

Ada beberapa produk pelembap yang diproduksi oleh The Body Shop, ElsheSkin, COSRX, dan La Roche Posay, dan sebagainya. Apabila Anda sedang mencari pelembap yang tepat, simak rekomendasi pelembap untuk kulit berminyak pada artikel PickyBest kali ini. Selamat membaca!

blank

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Nessya Dwi Setyorini

blank
dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang banyak menangani kasus medis kulit, dari mulai dermatitis, akne, psoriasis, melasma, freckles, dan infeksi kulit lain.

Selain praktik di RSIA SamMarie Basra, Klinik Bamed Health Care, dan ZAP Premiere Central Park, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga aktif sebagai pembicara di berbagai event seputar kesehatan kulit dan kecantikan.

Kulit Berminyak juga Memerlukan Pelembap

blank

Pelembap diperlukan sebagai pelindung kulit serta menjaganya senantiasa terhidrasi dan sehat. Pada kulit berminyak yang tampak mengilap, penggunaan pelembap tetap penting.

Penggunaan pelembap untuk kulit berminyak yang sesuai dapat meminimalisir aktivitas berlebihan kelenjar sebaceous dalam menghasilkan sebum. Selain itu, pemilihan pelembap yang tepat juga mencegah kemunculan komedo, jerawat, dan produksi minyak semakin berlebihan.

Kulit berminyak disebabkan oleh hiperaktif kelenjar sebum sehingga dihasilkan minyak berlebih. Kondisi ini dipengaruhi oleh genetik, hormonal, stres, makanan, kosmetik, dan lingkungan.

Kulit berminyak dapat dikenali dengan tampilan pori-pori besar, kulit tampak mengilap dan berminyak, serta sering muncul komedo dan jerawat.

Meski kulit berminyak, pelembap tetap perlu digunakan. Hal ini dikarenakan kondisi berminyak dan lembap diperankan oleh dua faktor yang berbeda:

  1. Minyak dihasilkan oleh kelenjar sebum
  2. Kelembapan kulit diperankan oleh natural moisturizing factor dan lipid di dalam lapisan tanduk kulit

Pada beberapa situasi, dapat terjadi suatu kondisi di mana kulit kering namun berminyak, sehingga kulit berminyak tetap memerlukan pelembap.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Berminyak

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pelembap untuk kulit berminyak.

Pilih Tekstur Pelembap yang Ringan agar Meresap Cepat

blank

Lapisan terluar kulit yang tampak lembap akibat sebum berlebih dapat menyulitkan skincare meresap ke lapisan dalam kulit. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih pelembap untuk kulit berminyak dengan tekstur yang ringan untuk memaksimalkan daya serapnya.

Pelembap berbasis air atau gel sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak karena mampu menembus lapisan dalam kulit secara maksimal. Hindari pula pelembap yang mengandung lebih banyak minyak seperti krim dan ointment, ya.

Pilihlah pelembap bertekstur encer, watery, dan ringan, contohnya lotion atau gel.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Pilih Pelembap dengan Bahan yang Bekerja Mengontrol Minyak

blank

Formulasi pada pelembap didesain menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Bagi kulit berminyak, terdapat sederet bahan yang dikenal baik dalam mengurangi produksi minyak sekaligus memaksimalkan kelembapan.

Berikut beberapa contoh bahan yang baik pada pelembap untuk kulit berminyak:

  • Retinoid yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, retinoid juga mengurangi kemunculan komedo di wajah.
  • Asam salisilat dan asam glikolat untuk melarutkan minyak serta menyapu bersih lapisan kulit terluar (epidermis).
  • Sodium hyaluronate sebagai bahan yang terkenal kuat dalam mempertahankan kelembapan kulit.
  • Allantoin untuk meredakan iritasi kulit. Bahan ini dapat dipilih untuk kulit berminyak cenderung berjerawat.

Selain memperhatikan keberadaan bahan-bahan yang membantu mengurangi minyak, memaksimalkan pelembapan, ataupun mencegah munculnya komedo/jerawat, pastikan juga bahan-bahan tersebut bersifat nonkomedogenik.

Pelembap nonkomedogenik merupakan pelembap yang risiko terbentuknya sumbatan pada pori-pori (komedo) cenderung rendah, sehingga cocok digunakan untuk kondisi kulit berjerawat dan berminyak.

Ciri-ciri pelembap nonkomedogenik adalah memiliki tekstur encer, cair, ringan, dan oil-free. Perhatikan juga bahan pelembapnya, pastikan menggunakan bahan golongan humektan atau emolien seperti hyaluronic acid, AHA, propylene glycol, urea, sorbitol, atau ceramides.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

Hindari Bahan yang Bersifat Terlalu Oklusif

Untuk Kulit Kering Prioritaskan Masker yang Diformulasi dengan Kandungan Pelembap

Beberapa pelembap mengandung bahan bersifat oklusif (menciptakan lapisan pelindung untuk mencegah hilangnya air dari kulit) yang tidak ramah untuk kulit berminyak.

Minyak mineral, petrolatum, lilin lebah, zinc oxide, dan silikon adalah contoh bahan yang bersifat oklusif dan mesti dihindari kulit berminyak.

Hindari pelembap yang terlalu oklusif untuk kulit berminyak,. Selain beberapa yang telah disebutkan sebelumnya, bahan seperti plant oil, wax, castor oil, dan jojoba oil juga sebaiknya dihindari karena bersifat oklusif.

dr. Nessya Dwi Setyorini, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dr. Nessya Dwi Setyorini

10 Rekomendasi Pelembap Terbaik untuk Kulit Berminyak

Berikut ini kami telah merangkum rekomendasi sepuluh pelembap untuk kulit berminyak. Pastikan Anda memperhatikan komposisi, harga, dan masing-masing kelebihannya, ya!

Semua produk rekomendasi berikut sepenuhnya murni pilihan PickyBest, bukan dr. Nessya.

1. The Body Shop Seaweed Oil Control Gel Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit lebih kenyal dan terhidrasi dengan baik

Anda miliki kulit berminyak atau kombinasi? Gunakan The Body Shop Seaweed Oil Control Gel Cream. Pelembap untuk kulit berminyak dengan kandungan ekstrak seaweed ini membuat kulit lebih lembap, kenyal, dan terhidrasi dengan baik.

Selain itu, pelembap ini juga bermanfaat untuk mengatasi kadar minyak berlebih pada kulit, sehingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Wanginya soft dan teksturnya berupa cream yang ringan menjadikannya nyaman digunakan. Pelembap ini terasa lembut di kulit, mudah meresap, dan bisa menyamarkan pori-pori.

Jenis Gel cream
Bahan utama Seaweed extract
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kendalikan produksi minyak berlebih selama 8 jam

ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer merupakan pelembap untuk kulit berminyak yang kaya manfaat. Selain sebagai pelindung bagi skin barrier, produk ini juga berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak pada kulit hingga delapan jam.

Tidak hanya itu saja, pelembap untuk kulit berminyak ini juga bisa meredakan kemerahan, membuat kulit menjadi lembut, halus, dan bebas dari pori-pori tersumbat. Setelah pemakaian, 96% orang merasa kulit mereka menjadi lebih lembap.

Kabar baiknya, produk ini halal, non-comedogenic, dan sudah terdaftar di BPOM. Jadi, Anda tidak perlu meragukan keamanannya. Produk ini juga bebas dari alcohol, paraben, SLS, dan pewangi. Di dalamnya terdapat kandungan 4 acne fighting agents yang bisa mengatasi jerawat dan merawat kulit yang berjerawat.

Jenis Cream
Bahan utama Ceramides, beet root, cica, zinc
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pelembap all-in-one yang cocok untuk semua tipe kulit

Saat ini telah tersedia pelembap all-in-one dari COSRX yang bisa digunakan oleh semua tipe kulit, termasuk kulit berminyak, sensitif, dan mudah berjerawat. Dengan formulanya yang ringan dan gampang meresap, pelembap untuk kulit berminyak ini dapat melembapkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

Di samping itu, moisturizer ini menjaga produksi minyak di wajah agar tidak berlebih tanpa meninggalkan efek greasy. Saat aplikasikan, pelembap untuk kulit berminyak ini mudah diratakan. Setelah pemakaian, redness berkurang dan kulit menjadi lebih lembut.

Jenis Lotion
Bahan utama 70 % platyphylia japonica juice (birch sap), glycerin, sodium hyaluronate, allantoin, panthenol, citrus medica limonum (lemon) peel oil, melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp285.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. La Roche Posay Effaclar Duo+ Moisturizer

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tampilan pori-pori tampak mengecil

Selain cocok dipakai pada kulit berminyak, produk dari La Roche Posay ini juga bisa digunakan pada kulit yang mudah berjerawat dan sensitif. Sebab, moisturizer ini dapat mengatasi jerawat, bekas jerawat, redness, dan tekstur kulit yang tidak rata. Pelembap untuk kulit berminyak ini sudah diuji secara dermatologis, sehingga terjamin keamanannya.

Dilengkapi dengan LHA, produk ini bisa membantu agar tampilan pori-pori terlihat mengecil. Produk ini juga dapat dijadikan sebagai base make up. Setelah diaplikasikan kulit, formulanya gampang meresap, tidak lengket, dan tidak berminyak. Untuk hasil yang lebih baik, pakailah setiap pagi dan malam.

Jenis Cream
Bahan utama Aqua posae, niacinamide, LHA
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 7.5 mL
Kisaran harga Rp150.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. BHUMI Ceramide Hydra Lock Moisturizer

blank

Sumber: Bhumi.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan kelembapan alami yang tahan lama

Sedang mencari produk yang tepat untuk kulit berminyak Anda? Anda bisa mencoba BHUMI Ceramide Hydra Lock Moisturizer yang melembapkan kulit secara alami dan tahan lama. Tidak hanya melembapkan, produk ini juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, dehidrasi, dan breakout.

Pelembap untuk kulit berminyak ini juga bermanfaat untuk mencerahkan serta menjaga agar kulit tetap sehat dan memperkuat skin barrier. Di dalamnya terdapat kandungan zinc PCA yang berfungsi untuk mengendalikan produksi sebum berlebih dan menangkal bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Jenis Gel
Bahan utama 1 % hyaluronic acid, 0.2 % ceramide, linoleic acid, zinc PCA, borage oil, grapeseed oil
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 45 mL
Kisaran harga Rp239.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel

blank

Sumber: Clinique.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan efek hidrasi selama 8 jam

Pelembap wajah yang dikembangkan dan diuji oleh dokter kulit ini dapat memberikan efek segar pada kulit yang berminyak maupun kombinasi. Pelembap ini dapat memberikan efek hidrasi selama 8 jam dan memperkuat kulit. Formulanya mudah meresap dengan cepat dan meningkatkan kelembapan kulit hingga 94 persen.

Pelembap untuk kulit berminyak ini mengandung NMFs yang mengikat kelembapan kulit agar tampak lembut dan tetap terhidrasi dengan baik tanpa meninggalkan sensasi greasy. Pelembap ini juga dilengkapi dengan formula non-acnegenic, tanpa fragrance, paraben, alcohol, sulfat, dan SLS.

Jenis Gel
Bahan utama Sunflower seed cake, barley extract, cucumber fruit extract, hyaluronic acid
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 125 mL
Kisaran harga Rp465.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Azarine Oil Free Brightening Daily Moisturizer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat mengendalikan kadar sebum secara permanen

Pelembap Azarine ini diklaim dapat menahan produksi minyak selama 3 hingga 5 jam. Bahkan, bila digunakan secara teratur, produk ini bisa mengendalikan produksi sebum secara permanen. Di dalamnya terdapat bahan whitening yang membuat kulit lebih cerah dan bekas jerawat menjadi pudar.

Formulanya yang ringan dan gampang meresap ini tidak hanya cocok untuk kulit berminyak saja, namun juga kulit rentan berjerawat dan kombinasi. Karena dibuat tanpa fragrance dan alcohol, pelembap untuk kulit berminyak ini fungal acne safe dan aman digunakan pada kulit sensitif.

Jenis Gel
Bahan utama CICA, cinnamon bark, arbutin, royal jelly
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 40 mL
Kisaran harga Rp69.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Bioderma Sebium Pore Refiner

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cegah timbulnya jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat

Ketika terjadi kelebihan kadar minyak pada kulit, hal ini bisa menyebabkan pembesaran pori-pori dan munculnya jerawat atau komedo. Maka dari itu, lakukan perawatan terhadap kulit setiap hari menggunakan Bioderma Sebium Pore Refiner. Sesuai namanya, pelembap untuk kulit berminyak ini dapat mengencangkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit.

Pelembap ini tidak menyumbat pori-pori dan bisa digunakan sebagai makeup base. Tidak perlu ragu untuk menggunakannya karena sudah diuji secara dermatologis. Teksturnya ringan dan tidak menimbulkan rasa lengket, sehingga nyaman digunakan pada kulit. Aplikasikan pada seluruh wajah untuk kulit berminyak atau pada T-zone untuk kulit kombinasi.

Jenis Cream
Bahan utama Exclusive fluidactiv™, glycerin, salicylic acid, rhamnose, laminaria ochroleuca extract, agaric acid,
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp345.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. KIEHL’S Ultra Facial Oil-Free Gel Cream

blank

Sumber: Kiehls.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit bebas dari kilap dan terhidrasi sepanjang hari

Krim pelembap ini dapat mengurangi kilap pada kulit berminyak. Dengan daya hidrasi selama 24 jam, pelembap ini dapat menyegarkan sekaligus menjaga kulit tetap lembap dan terhindar dari produksi minyak berlebih. Manfaat ini dapat diperoleh tanpa meninggalkan kesan berminyak atau lengket.

Pelembap untuk kulit berminyak ini dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat. Bahkan, membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Bila dipakai secara rutin setiap pagi dan malam, tekstur kulit akan menjadi lebih lembut. Produk ini non-comedogenic, bebas alcohol, pewangi, dan paraben.

Jenis Gel cream
Bahan utama Desert plant extract, glacial glycoprotein
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp420.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. SEBAMED CLEAR FACE Mattifying Cream

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit menjadi lembap dan bebas dari iritasi

Miliki kulit berminyak atau kulit sensitif yang rentan terhadap jerawat dan komedo? Segera atasi masalah kulit ini menggunakan pelembap dari Sebamed. Pelembap untuk kulit berminyak ini sanggup menyeimbagkan kadar sebum pada kulit. Kandungan horse chestnut-nya juga bisa mengatasi iritasi pada kulit.

Jenis Cream
Bahan utama Biotin, aloe vera, faex extract, horse chestnut, caffeine
Kandungan SPF/PA Tidak ada
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp282.545
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Pelembap Terbaik untuk Kulit Berminyak

Produk The Body Shop Seaweed Oil Control Gel Cream ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer COSRX Oil Free Ultra Moisturizing   Lotion La Roche Posay Effaclar Duo+   Moisturizer BHUMI Ceramide Hydra Lock Moisturizer Clinique Dramatically Different Moisturizing   Gel Azarine Oil Free Brightening Daily   Moisturizer Bioderma Sebium Pore Refiner KIEHL’S Ultra Facial Oil-Free Gel Cream SEBAMED CLEAR FACE Mattifying Cream
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Gel cream Cream Lotion Cream Gel Gel Gel Cream Gel cream Cream
Bahan utama Seaweed extract Ceramides, beet root, cica, zinc 70 % platyphylia japonica juice (birch sap), glycerin, sodium   hyaluronate, allantoin, panthenol, citrus medica limonum (lemon) peel oil,   melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil Aqua posae, niacinamide, LHA 1 % hyaluronic acid, 0.2 % ceramide, linoleic acid, zinc PCA, borage oil,   grapeseed oil Sunflower seed cake, barley extract, cucumber fruit extract, hyaluronic   acid CICA, cinnamon bark, arbutin, royal jelly Exclusive fluidactiv™, glycerin, salicylic acid, rhamnose, laminaria   ochroleuca extract, agaric acid, Desert plant extract, glacial glycoprotein Biotin, aloe vera, faex extract, horse chestnut, caffeine
Kandungan SPF/PA Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada
Ukuran 50 mL 30 mL 100 mL 7.5 mL 45 mL 125 mL 40 mL 30 mL 50 mL 50 mL
Kisaran harga Rp249.000 Rp129.000 Rp285.000 Rp150.000 Rp239.000 Rp465.000 Rp69.000 Rp345.000 Rp420.000 Rp282.545
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Baca juga pilihan skincare untuk kulit berminyak dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Ketika memilih produk untuk kulit berminyak memang diperlukan pertimbangan. Pakailah pelembap dengan formula yang mudah meresap dan tidak menimbulkan penyumbatan pada pori-pori. Pilihlah pelembap dengan kandungan bahan-bahan yang mampu melembapkan sekaligus mengendalikan minyak berlebih.

blank

Itulah rekomendasi pelembap terbaik untuk kulit berminyak. Apakah Anda sudah menemukan produk pelembap yang tepat? Semoga rekomendasi ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk memilih produk pelembap.

You may also like

Comments are closed.