Written by 03:12 Kosmetik & Kesehatan

12 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Sensatia Botanicals Facial C Serum Oily Acne Prone

Serum mengandung formula oil control untuk menjaga keseimbangan minyak di kulit wajah. Akan tetapi, tidak semua serum wajah cocok untuk kulit berminyak. Anda memerlukan produk dengan oil control aktif untuk menekan jumlah minyak. Dengan demikian, produk tersebut akan bertindak sebagai serum untuk mencegah kulit berjerawat. Multifungsi!

Merek Innisfree, The Ordinary, dan Wardah memproduksi serum wajah untuk kulit berminyak. Apabila Anda bermaksud membeli salah satu face serum yang optimal mengontrol minyak, kami akan beritahu Anda tips memilihnya! Setelah memahami poin penting untuk diperhatikan, Anda bisa langsung menentukan produk pilihan terbaik dari kami. Mari kita mulai pembahasannya!

Apakah Kulit Berminyak Memerlukan Serum?

Apakah Kulit Berminyak Memerlukan Perawatan Serum

Kulit berminyak sebenarnya bukanlah kondisi yang bisa dikatakan buruk. Kondisi tersebut membawa ‘keuntungan’ dari beberapa sisi. Contohnya, kulit yang berkelembapan baik akan lebih terlindungi dari tanda-tanda penuaan, serta sangat jarang mengalami sensitivitas.

Hanya saja, sekresi sebum berlebih mengharuskan Anda waspada akan timbulnya masalah akibat penyumbatan pori oleh minyak dan kotoran, seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Alih-alih menghilangkan keseluruhan minyak, Anda bisa menjadikan serum sebagai jalan tengah untuk mengontrol kondisi tersebut.

Serum merupakan produk yang sangat baik untuk merawat kulit berminyak. Tekstur serum lebih ringan dan mudah terserap dibandingkan pelembap. Serum mampu menyelinap ke lapisan terdalam kulit, lebih baik daripada performa sebuah pelembap. Apabila Anda ingin menyeimbangkan jumlah minyak menggunakan serum dan pelembap, triknya adalah memakai serum di pagi hari dan pelembap sebagai night treatment.

Cara Memilih Serum Wajah yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Pada dasarnya, serum adalah produk yang ideal dipakai semua jenis kulit. Namun dikarenakan kandungan utama serum merupakan air, maka kelebihan ini menjadi nilai plus untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

Dalam pemilihan serum yang cocok untuk kulit berminyak, Anda perlu mengecek beberapa aspek seperti komponen utama dan pendukung. Semuanya telah kami rangkum di bagian ini. Silakan dibaca dengan saksama!

Pilih yang Komponennya Tidak Menambah Minyak di Kulit Wajah

Serum merupakan sumber yang kaya akan konsentrasi bahan aktif. Setiap serum mengandung komponen utama untuk mendukung peran kuncinya, apakah untuk melembapkan, menenangkan, atau bahkan memberi efek mencerahkan kulit. Apabila Anda ingin terbebas dari intaian jerawat dan kawan-kawannya, telitilah komponen dari serum yang Anda gunakan untuk mengontrol minyak wajah.

Asam Salisilat/Asam Glikolat: Mengontrol Minyak dan Mencegah Kulit Berjerawat

Asam Salisilat Asam Glikolat Mengontrol Minyak dan Mencegah Kulit Berjerawat

Asam salisilat dan asam glikolat adalah bahan aktif yang biasa dipakai dalam produk perawat kulit. Kedua bahan ini bekerja baik dalam mengendalikan produksi sebum. Asam salisilat misalnya, kandungan ini merupakan golongan beta hydroxy acid (BHA) yang bekerja di lapisan dalam kulit untuk mengatasi penyumbatan oleh minyak ataupun debu polusi.

Salicylic acid mampu mengatasi masalah jerawat sehingga Anda yang membutuhkan serum untuk kulit berjerawat juga bisa mencari produk berkandungan asam salisilat. Kemudian, asam glikolat merupakan acid keluarga alpha hydroxy acid (AHA) yang berasal dari gula dan biasa digunakan sebagai chemical exfoliant.

Glycolic acid mempunyai ukuran molekul lebih kecil dari asal salisilat sehingga daya kerjanya pun lebih dalam. Bahan ini juga bertindak sebagai anti-aging, namun tidak dianjurkan untuk kulit sensitif karena memicu kulit kemerahan dan iritasi. Apabila Anda menderita kulit berminyak dan kusam, pilihlah serum yang mengandung glycolic acid untuk mendapatkan manfaat ganda.

Vitamin B3 (Niacinamide): Mengurangi Produksi Sebum dan Mencerahkan Kulit Kusam

Vitamin B3 Niacinamide Mengurangi Produksi Sebum dan Mencerahkan Kulit Kusam

Vitamin B kompleks adalah keluarga komponen vitamin yang kerap disematkan dalam produk skin care. Namun, vitamin B3 disebut-sebut sebagai komponen tunggal yang paling disukai orang karena dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Belum selesai sampai situ, dalam sebuah studi menunjukkan dampak positif vitamin B3 atau niacinamide dengan konsentrasi penggunaan 2% – 5%, antara lain: mengurangi produksi sebum, menurunkan aktivitas bakteri jerawat, dan memperbaiki tampilan hiperpigmentasi untuk kulit lebih cerah.

Buat Anda yang khawatir akan jerawat akibat kinerja kelenjar minyak sangat aktif, cobalah bantu pengontrolan sebum dengan memakai serum yang mengandung vitamin B3. Selain mendapatkan kulit lembap tanpa lapisan minyak yang mengganggu, Anda pun terbebas dari kerentanan terhadap jerawat.

Vitamin C: Kandungan yang Efektif Meredakan Iritasi Jerawat di Kulit Berminyak

Vitamin C Kandungan yang Efektif Meredakan Iritasi Jerawat di Kulit Berminyak

Meski sama-sama terlihat berminyak, sejatinya faktor pencetus sebum berlebih bisa juga dikarenakan aktivitas kelenjar sebasea yang melakukan ‘balas dendam’ untuk mengimbangi kekeringan kulit. Salah satu pendorong kulit kering bisa karena kurangnya asupan vitamin dan paparan udara dingin terus-menerus.

Melepaskan diri dari kondisi tersebut bisa dengan memakai serum yang mengandung vitamin C. Dengan bantuan vitamin C, sifat antioksidannya akan memperbaiki kondisi kulit agar kelembapan terkontrol. Selain itu, vitamin C ikut membantu mengurangi spot hiperpigmentasi dan meredakan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

Apabila Anda mempunyai jenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat (acne-prone), utamakanlah serum berkandungan vitamin C. Mencegah breakouts akibat jerawat dan meningkatkan vitalitas kulit adalah efek positif yang akan dirasakan kulit ketika memakai acne serum atau whitening serum dengan komponen vitamin C.

Pilih yang Mampu Melembapkan tanpa Efek Lengket

Pilih yang Mampu Melembapkan Tanpa Efek Lengket

Sewaktu minyak muncul ke permukaan, pastinya timbul perasaan tidak nyaman karena kulit menjadi lengket. Meski serum dihadirkan untuk mengontrol kelembapan kulit dengan menekan aktivitas kelenjar minyak, beberapa produk memiliki tekstur yang cukup kental sehingga tidak cepat meresap dan malahan membuat permukaan kulit terasa lebih lengket.

Oleh karena itu, di samping mengutamakan produk dengan oil control terbaik, Anda juga perlu mempertimbangkan serum wajah yang teksturnya lembut. Produk bertipe gel dapat menjadi pilihan karena selain terasa segar ketika diaplikasikan, produk tersebut juga bertekstur ringan sehingga sangat nyaman dipakai tanpa meninggalkan kesan lengket.

12 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Sekarang kami akan mengulas dua belas serum wajah terbaik untuk kulit berminyak dari brand-brand populer. Apabila Anda merasa kurang yakin terhadap suatu produk, melihat review pengguna lain secara online dapat dijadikan solusi. Selamat memilih!

1. Make Over Hydration Serum

Make Over Hydration Serum

Serum yang bekerja sebagai primer untuk melembapkan kulit

Anda yang bermasalah dengan makeup sering luntur karena minyak akan jatuh cinta dengan serum satu ini. Wajah yang teraplikasi Make Over Hydration Serum sebagai primer akan menahan makeup lebih lama. Tidak seperti mattifying primer umumnya, serum ini bekerja menghidrasi tanpa menyebabkan kulit wajah kering.

Terbuat dari kaca yang cukup kukuh, produk ini tergolong travel-friendly. Kehigienisan isi serum pun terjaga berkat tutup berjenis pump. Apabila Anda tidak suka dengan serum beraroma, produk dari Make Over dapat menjadi pilihan. Serum satu ini tidak memiliki aroma apa pun sehingga nyaman setiap kali digunakan.

Kandungan utamaAloe vera, pro vitamin B5, vitamin E
FungsiMenghidrasi kulit, mencegah iritasi
TeksturCair seperti gel, watery
Isi33 ml
Kisaran hargaRp125.000

2. Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone

Sensatia Botanicals Facial C Serum Oily Acne Prone

Mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat

Brand dalam negeri, Sensatia Botanicals, menghadirkan serum dengan segudang bahan alami yang aman dan baik untuk kulit. Produk topikal ini mengutamakan vitamin C sebagai komponen kunci. Vitamin C membantu meningkatkan kecerahan dan elastisitas kulit.

Jika Anda ingin memperbaiki tekstur kulit sekaligus mengurangi kerutan yang muncul, produk serum satu ini dapat dicoba. Belum selesai sampai di situ, serum untuk kulit berminyak ini juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat. Katakan “good bye” pada jerawat yang sering membuat wajah memerah!

Kandungan utamaVitamin C, vitamin E, panax ginseng root extract, dll
FungsiMencerahkan kulit, meningkatkan elastisitas, meringankan masalah jerawat
TeksturCukup creamy
Isi60 ml
Kisaran hargaRp190.000

3. Wardah Purifying Facial Serum

Wardah Purifying Facial Serum 1

Memberikan rasa nyaman tanpa rasa lengket sama sekali

Tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli serum wajah berminyak ini. Wardah mempersembahkan produk berkandungan seaweed extract berkonsentrasi tinggi. Kandungan tersebut berperan melembutkan, mencerahkan, dan mengendalikan produksi minyak berlebih untuk menghindari efek kulit tampak mengilap.

Wardah Purifying Facial Serum memiliki kemasan plastik yang simpel, juga ideal dibawa berpergian. Satu hal yang disukai dari serum ini selain harganya yang murah adalah tekstur cepat menyerap sehingga tidak lengket. Selain mengontrol sebum wajah, serum ini dapat Anda jadikan pilihan untuk memerangi jerawat dan noda hitam. Kulit lembut dan cerah bukan lagi mimpi!

Kandungan utamaSeaweed extract, witch hazel extract
FungsiMengontrol minyak, melembapan kulit, menyamarkan bintik gelap
TeksturSedikit kental, mudah menyerap
Isi5 ml
Kisaran hargaRp52.400

4. ElshéSkin Radiant Skin Serum

ElshéSkin Radiant Skin Serum

Mengandung whitening agent untuk menekan produksi melanin

ElsheSkin Radiant Serum adalah produk yang ampuh menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat akibat minyak berlebih. Buat Anda yang ingin mengatasi kulit kusam, cobalah mengandalkan serum pemutih ini. Untuk kulit cenderung berminyak, tekstur dari serum ElsheSkin mampu meresap ke lapisan kulit secara cepat tanpa meninggalkan sensasi lengket.

Apabila diaplikasikan sebelum penggunaan makeup, ElsheSkin Radiant Serum akan mempersiapkan kulit wajah agar riasan melekat sempurna. Selain tidak lengket, produk yang diklaim efektif mengurangi produksi melanin ini juga tidak meninggalkan residu apa pun. Bagus untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak!

Kandungan utamaNiacinamide
FungsiMengurangi melanin, menghilangkan bekas jerawat
TeksturRingan menyerupai air
Isi20 ml
Kisaran hargaRp123.000

5. Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

Menjadikan kadar minyak di kulit wajah lebih seimbang

Produk serum berwarna cokelat asal Korea Selatan ini diusung dengan komponen unggulan yang optimal menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajah. Penampilan kilap akibat minyak kini berubah menjadi smooth yang mempesona apabila rutin menggunakan serum untuk kulit berminyak ini.

Sulwasho First Care Activating Serum EX mengandalkan wewangian alami dari bahan-bahan herbal. Produk ini bisa menjadi ‘pintu masuk’ yang memaksimalkan efek kerja dari skin care setelahnya. Guna memenuhi klaim tersebut, first-step serum ini menjamin lapisan dalam kulit terhidrasi sekaligus membuat wajah lebih sehat dan bercahaya.

Kandungan utamaOphiopogon japonicus root extract, licorice root extract, camellia sinensis leaf extract, honey, dll
FungsiMenghidrasi kulit, menyeimbangkan minyak
TeksturCair, tidak lengket
Isi90 ml
Kisaran hargaRp954.000

6. Kypris Clearing Serum

Kypris Clearing Serum

Sempurna untuk menyeimbangkan minyak dan memudarkan bercak gelap

Secara khusus Kypris mencetuskan serum paling bagus untuk keperluan kulit berminyak dan banyak dihinggapi noda gelap. Untuk Anda yang ingin menenangkan area kulit sehabis dicukur atau di-wax juga bisa mengandalkan produk ini.

Gabungan dari empat komponen berupa zinc, lilac leaf stem cells, tea tree oil, dan lavender oil akan membantu menurunkan kadar minyak wajah sekaligus mengurangi bercak gelap secara menyeluruh di kulit wajah. Selain menindak sebum dan dampaknya secara langsung, serum untuk kulit berminyak ini juga diperkaya quinoa sebagai asam amino untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Kandungan utamaQuinoa, zinc, lilac leaf stem cells, chaparral, tea tree, lavender
FungsiMenyeimbangkan minyak, mengatasi complexion
TeksturCenderung kental mirip jelly
Isi47 ml
Kisaran hargaRp1.530.000

7. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary Niacinamide 10 Zinc 10

Face serum terbaik untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat!

Punya kulit berminyak memang tidak jauh-jauh dengan risiko terciptanya jerawat. Apakah Anda sedang mengalami hal serupa? Jangan bersedih lagi karena The Ordinary menghadirkan serum yang bagus untuk kulit berminyak, sekaligus membantu menumpas pertumbuhan bakteri jerawat.

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% membantu Anda memperoleh keseimbangan kulit tanpa kelebihan minyak. Masalah jerawat yang muncul akan ditangani dengan baik oleh komponen zinc-nya. Lebih dari itu, noda gelap dan garis halus juga mampu diatasi oleh niacinamide yang ikut tercantum dalam ingredients produk ini. Yakin tidak jatuh hati?

Kandungan utamaNiacinamide, zinc
FungsiMengurangi tampilan bekas jerawat, mencegah jerawat muncul, menyeimbangkan minyak
TeksturCukup kental
Isi30 ml
Kisaran hargaRp170.000

8. Innisfree The Green Tea Seed Serum

Innisfree The Green Tea Seed Serum

Keseimbangan minyak wajah terjaga berkat kemampuan menghidrasi yang sangat baik

Serum ini dibekali kandungan aktif organic Jeju green tea dan green tea seed yang sanggup menghidrasi kulit Anda secara mendalam. Meski didesain sebagai moisturizing serum, Innisfree memastikan produk ciptaannya ini mampu meringankan kondisi berminyak pada kulit wajah setiap pengguna.

Selain menghidrasi dan mengurangi jumlah minyak di wajah, Dual Moisture-Rising TechnologyTM dari serum kulit berminyak asal Korea ini akan bekerja memperkuat barrier kulit. Sehabis mencuci muka, teteskanlah serum ini ke permukaan wajah Anda, formula kandungannya akan memberikan efek tenang dan segar yang tahan lama!

Kandungan utamaOrganic Jeju green tea, green tea seed
FungsiMenghidrasi, menyegarkan, mengontrol minyak
TeksturSedikit kental
Isi80 ml
Kisaran hargaRp350.000

9. Benton Snail Bee High Content Essence

Benton Snail Bee High Content Essence

Berasal dari bahan-bahan alami yang aman untuk segala jenis kulit

Anda tidak usah takut kulit terasa lengket setelah menggunakan serum wajah untuk kulit berminyak buatan Benton. Produk essence satu ini dipastikan bebas bahan sintetis yang kerap menyebabkan kelengketan. Dirumuskan bersama snail secretion filtrate, tekstur serum ini pun sedikit kenyal, menjadikannya agak unik dibandingkan serum dengan fungsi serupa lain.

Selain tidak lengket, Benton Snail Bee High Content Essence juga aman dipakai oleh pengguna bertipe kulit apa pun! Termasuk buat Anda yang belum menemukan serum untuk kulit berminyak yang sensitif, produk berikut ini dijamin tidak akan menimbulkan iritasi. Satu lagi, serum cruelty-free ini juga bersifat non-comedogenic, lho!

Kandungan utamaSnail secretion filtrate, glycerin, arbutin
FungsiMelembapkan dan menghaluskan kulit
TeksturGel sedikit kenyal, mudah meresap
Isi60 ml
Kisaran hargaRp192.000

10. Bioderma Sebium Pore Refiner Serum

Bioderma Sebium Pore Refiner

Kompatibel untuk kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat

Sewaktu produksi minyak tidak terkontrol, dampak paling awal yang kelihatan adalah pori-pori terbuka sebagai jalan keluar sebum tersebut ke permukaan kulit. Anda lagi menderita masalah tersebut? Inilah produk serum yang cocok untuk kulit berminyak Anda! Bioderma merancang serum berikut dengan keutamaan mengecilkan pori dengan menekan aktivitas kelenjar minyak.

Sebium Pore Refiner Serum telah teruji klinis dan dermatologis efektif untuk mengencangkan pori-pori. Berkat peranannya tersebut, serum ini akan menghasilkan kulit yang lebih halus dan flawless tanpa pori-pori tampak terbuka. Properti antioksidan yang dicantumkan juga ikut membantu mengembalikan cahaya alami kulit.

Kandungan utamaFluidactiv®
FungsiMengencangkan pori, menghaluskan tekstur kulit, membaut kulit berkilau alami
TeksturSedikit kental,
Isi30 ml
Kisaran hargaRp348.000

11. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

Katakan “Selamat tinggal” pada pori-pori terbuka dan komedo!

Bila Anda ingin terlepas dari efek kilap kulit berminyak, kami harap serum persembahan The Face Shop berikut cocok untuk Anda. Dihadirkan dengan klaim sebagai serum yang mampu menyerap kelebihan minyak, The Face Shop menggandeng kebaikan abu vulkanik dari pulau Jeju di Korea ke dalam produk ini.

Oleh karena kemampuannya dalam menyerap minyak terbukti ampuh, Jeju Volcanic Lava Pore Essence pun akan membebaskan Anda dari tampilan kilap yang juga berdampak pada warna kulit kusam. Bahkan tidak hanya itu, berkat pori-pori yang mengecil, sekumpulan komedo yang hinggap di area sekitar hidung ikut sirna!

Kandungan utamaOlive oil, rosmarinus leaf oil, squalene, panthenol
FungsiMenyerap minyak, memperkecil pori-pori
TeksturRingan, cepat meresap
Isi50 ml
Kisaran hargaRp236.000

12. Paula’s Choice Skin Balancing Super Antioxidant Concentrate Serum with Retinol

Paulas Choice Skin Balancing Super Antioxidant Concentrate Serum with Retinol

Meningkatkan penampilan kulit yang bebas minyak dan tanda penuaan

Bagi Anda yang memerlukan serum untuk menyeimbangkan produksi minyak sekaligus meningkatkan kecerahan kulit, produk ini pilihannya! Paula’s Choice mengutamakan serum berikut untuk kebutuhan orang dengan kulit normal cenderung berminyak atau kulit kombinasi.

Di samping memprioritaskan fungsi oil controlling, serum untuk kulit berminyak ini juga mengandung retinol yang bertindak sebagai agen anti-aging. Tidak berhenti di situ, serum dengan hasil akhir mattifying ini juga diperkaya antioksidan yang membantu menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Kandungan utamaRetinol
FungsiMeremajakan kulit, menyeimbangkan minyak
TeksturGel ringan, cepat meresap
Isi30 ml
Kisaran hargaRp590.000

Baca juga rekomendasi produk untuk kulit berminyak terbaik lainnya!

Perawatan dengan serum untuk kulit berminyak tentu sangat membantu Anda menjaga wajah tetap lembap tanpa efek kilap. Walau begitu, tetap penting mengimbangi pemakaian produk skin care ataupun kosmetik lain yang diformulasi khusus kulit berminyak.

Apabila Anda berminat menemukan produk-produk tersebut sesuai jenis kulit berminyak Anda, berikut ini kami rekomendasikan beberapa pilihan untuk Anda. Dengan menggunakan produk sesuai jenis kulit, tentu hasilnya pun akan lebih sempurna!

10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kesimpulan

Kulit berminyak adalah kondisi yang umum dialami masyarakat Indonesia. Sengatan sinar matahari menjadi salah satu faktor pendorong minyak wajah berlebih. Jika tidak dipelihara dengan baik dan benar, kondisi ini bisa mengantarkan Anda pada masalah lain seperti kemunculan jerawat yang berujung pada sulitnya menghilangkan bekas jerawat.

Maka dari itu, berikanlah perawatan intensif dengan bantuan produk serum untuk kulit berminyak. Anda bisa menggunakan serum sebelum ber-makeup agar untuk membantu makeup tidak mudah luntur akibat minyak. Dari ke-12 face serum rekomendasi kami, manakah yang paling cocok untuk kulit berminyak Anda? Selamat memilih!

(Visited 46.737 times, 169 visits today)