Kosmetik & Kesehatan

10 Sabun Muka untuk Kulit Berminyak [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Saat ini, sabun muka dapat disesuaikan dengan kondisi kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat memilih sabun muka yang bebas kandungan minyak serta mampu mengurangi jumlah sebum. Akan tetapi, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat?

Berbagai merek dapat Anda pilih, contohnya Garnier, Nivea, Cetaphil, Sebamed, dan lainnya. Jika Anda bingung menentukan, kami akan rekomendasikan sabun muka untuk Anda, sekaligus memberikan tips memilihnya. Selamat membaca!

Berkolaborasi dengan Pakar, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

Kami bekerja sama dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, dalam penyusunan artikel ini. dr. Annisa menambahkan informasi penting mengenai penyebab meningkatnya aktivitas kelenjar minyak, hingga kandungan bahan yang efektif mengontrol minyak..

Dokter lulusan Universitas Indonesia yang tergabung dalam PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) ini juga memberi saran untuk merawat kulit berminyak yang bisa Anda lihat di bagian akhir.

Apa yang Menyebabkan Kulit Wajah Berminyak?

blank

Sebenarnya, minyak diproduksi alami untuk memelihara kelembapan wajah. Akan tetapi, produksi minyak secara berlebihan dapat memunculkan masalah lain, salah satunya adalah jerawat.

Sebenarnya, apa yang membuat wajah memproduksi minyak berlebih? Simak penjelasan dari dr. Annisa berikut ini.

Faktor genetik, hormonal (terutama hormon androgen), dan asupan diet yang tinggi susu dapat meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Kondisi kulit yang terlalu kering juga memancing kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berminyak

Dalam bagian ini, kami akan memaparkan cara memilih sabun muka untuk kulit berminyak.

Cek Bahan dan Kandungan yang Bertindak sebagai Pengontrol Minyak

Di setiap produk, tersimpan kandungan aktif yang difungsikan sebagai pengendali minyak. Untuk mengetahui apa saja komposisi bahan dan kandungan yang bekerja mengontrol minyak, poin-poin berikut kami berikan beberapa contohnya.

Asam Salisilat: Melakukan Proses Eksfoliasi Kotoran dan Minyak secara Mendalam

blank

Asam salisilat adalah salah satu jenis beta hydroxy acid (BHA) yang teruji secara dermatologi mempunyai ukuran molekul lebih besar dibandingkan jenis asam lain, sehingga terasa lembut sewaktu diaplikasikan dan tidak menyebabkan iritasi.

Asam salisilat dapat mengatasi kadar minyak berlebih melalui proses exfoliating. Asam salisilat akan mengangkat minyak serta membersihkan kotoran yang menyumbat pori, sehingga risiko kemunculan jerawat dapat ditekan.

Pada konsentrasi 1-2%, asam salisilat dapat berfungsi sebagai antiperadangan, dan konsentrasi di bawah 1% berguna untuk mempercepat pematangan sel kulit.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Asam Glikolat: Membersihkan dan Mengecilkan Pori-pori yang Menjadi Tempat Penumpukan Minyak

blank

Asam glikolat adalah salah satu jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang ukuran molekulnya lebih kecil, sehingga memberi efek pembersihan sampai jaringan kulit lebih dalam. Bagi kulit berminyak disertai sensitif, sebaiknya lakukan uji produk untuk mengetes reaksi kulit.

Senyawa ini direkomendasikan ahli kulit untuk membersihkan pori-pori besar dari tumpukan minyak, debu, hingga kotoran sisa makeup. Di samping itu, asam glikolat juga dikenal baik dalam membantu memperkecil pori-pori.

Retinol: Membatasi Produksi Sebum dan Mengurangi Kadar Kekentalan Minyak

blank

Retinol adalah komponen yang dapat mengurangi produksi minyak serta mengurangi kadar kekentalan minyak. Meski dapat ditemukan pada sabun muka, kebanyakan retinol lebih sering disertakan pada krim malam..

Pemakaian produk berkandungan retinol dianjurkan malam hari. Sebab, penggunaan di siang hari akan menurunkan efektivitas kerjanya apabila terpapar sinar matahari.

Retinol bekerja dengan cara mengeringkan sel kulit, sehingga mudah terlepas dari permukaan kulit.

Efek positif retinol biasanya akan tampak setelah 3 bulan pemakaian seperti kulit lebih segar dan cerah, sedangkan efek samping seperti kulit kemerahan, perih, bahkan mengelupas sudah dapat dirasakan 1-2 minggu pemakaian.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Niacinamide: Meningkatkan Ketahanan Kulit dan Mengendalikan Produksi Minyak

blank

Peran niacinamide dalam memberantas jerawat mungkin tidak asing bagi Anda. Namun, niacinamide mengantongi fungsi lain dalam memelihara pertahanan kulit agar lebih kuat terhadap efek buruk semacam peradangan.

Belum berhenti, niacinamide juga mendukung proses pengendalian minyak yang menjadikan pori kulit bersih dari sumbatan minyak dan kotoran. Di sisi lain, niacinamide termasuk salah satu agen pendorong produksi ceramide untuk tujuan mengunci kadar air pada kulit.

Clay dan Charcoal: Formula Kombinasi untuk Mengangkat Minyak dan Kotoran secara Maksimal

blank

Formulasi dua bahan ini sangat ampuh dalam membersihkan kulit wajah dari berbagai macam partikel asing yang menempel. Di saat bersamaan, clay dan charcoal akan membantu mengendalikan produksi minyak.

Untuk charcoal, pada kulit berjerawat khususnya, kandungan ini memiliki kemampuan spesifik yang bersifat antibakteri. Sementara clay, selain menyerap minyak berlebih, juga membantu memelihara kulit kering dan mencegah pembentukan jerawat.

Waspadai Bahan yang Memperparah Kondisi Kulit Berminyak

blank

Beberapa bahan diketahui tidak cocok untuk kulit berminyak, contohnya kandungan minyak turunan asam oleat seperti coconut oil. Akan tetapi, ada beberapa jenis turunan asam linoleat yang bisa dipilih oleh kulit berminyak, misalnya sunflower oil atau grapeseed oil.

Selain menghindari bahan berbasis turunan minyak, Anda sebaiknya menghindari sabun muka dengan kandungan pewangi, pewarna, atau bahan tambahan sejenis yang berisiko membuat kulit iritasi ataupun alergi.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Utamakan yang Nilai pH-nya Seimbang dengan Kulit

blank

Pada kulit wajah terdapat mantel asam (acid mantle) yang bertugas melindungi kulit dari bakteri, racun, dan kotoran supaya tidak menempel dan meresap ke dalam kulit.

Acid mantle kulit ini akan bekerja dengan baik pada pH (potential hydrogen) kisaran 5,5. Sementara, pada studi yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science, pH kulit ideal adalah di bawah 5.

Penting untuk memilih sabun muka dengan nilai pH seimbang agar kulit tidak mempromosikan masalah tambahan. Anda dapat mengecek nilai pH sabun muka melalui website resmi produk atau langsung dari kemasannya.

Pilih Produk Berlabel Non-Comedogenic

blank

Satu lagi yang tidak boleh Anda lupakan, sabun muka yang sebaiknya diutamakan memiliki sifat non-comedogenic. Produk nonkomedogenik berarti tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori.

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berminyak

Selanjutnya, kami telah siapkan sepuluh merek sabun muka untuk kulit berminyak yang berkualitas. Produk-produk rekomendasi berikut murni pilihan PickyBest, bukan pilihan dr. Annisa. Selamat memilih!

1. Clean & Clear Foaming Facial Wash

Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash

Sumber: Blibli.com

Tersusun atas formula yang bebas minyak

Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash tidak hanya diklaim memberikan pembersihan, tetapi juga tidak menyumbat pori berkat formulasinya yang bebas minyak.

Tak hanya itu, sabun muka ini juga dibekali agen antibakteri untuk melindungi wajah dari jerawat dan komedo. Saat digunakan, Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash akan mengeluarkan busa lembut yang tidak menyebabkan kulit kering dan iritasi.

2. Dove Deep Pure Facial Foam

Dove Deep Pure Facial Foam

Sumber: Dove.com

Kisaran harga: Rp26.000

Mengangkat minyak sekaligus melembapkan kulit

Dikemas dalam bentuk tube dengan tutup flip top memungkinkan produk ini dibawa ke mana-mana. Dove Deep Pure Facial Foam sendiri sebenarnya bukan hanya cocok untuk kulit berminyak, tapi bagi Anda yang punya tipe kulit kombinasi juga bisa memakainya.

Sabun muka ini mengandung zat penting bernama nutrium moisture beauty serum. Kandungan tersebut bekerja menyeimbangkan kelembapan sekaligus membersihkan kotoran, debu, dan mengontrol minyak berlebih hingga ke dalam pori-pori kulit wajah.

3. Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Dirt & Oil Control Facial Foam

Kisaran harga: Rp21.000

Sudah teruji secara dermatologi (dermatologically tested)

Garnier memproduksi sabun cuci muka berbentuk foam dengan bahan dasar ekstra matcha. Produk dengan klaim 96% mengurangi minyak dan menyerap debu akibat polusi ini sudah melewati uji dermatologi sehingga aman digunakan, terutama bagi Anda yang punya kondisi kulit berminyak.

4. Acnes Face Wash Oil Control

Kisaran harga: Rp30.000

Cocok untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat

Pilihan lain sabun muka dengan kemampuan efektif membantu mengontrol minyak datang dari Acnes. Walau terkenal akan produk-produk anti jerawatnya, khusus produk ini Acnes memformulasikannya bagi orang-orang dengan tipe kulit berminyak.

Meski khusus kulit berminyak, produk ini juga bisa dipakai untuk pemilik tipe kulit kombinasi dan acne prone. Butiran microbeads lembutnya menjadikan sabun ini optimal membersihkan tanpa terasa kasar saat digunakan. Busa yang dihasilkan pun tidak menyisakan efek kulit tertarik ataupun kering.

5. Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam

Kisaran harga: Rp95.000

Mengandung scrub untuk memaksimalkan efek pembersihan kotoran dan minyak

Sisa makeup yang masih menempel pada wajah disertai tumpukan minyak dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Maka dari itu, Etude House menghadirkan produk pembersih wajah khusus untuk Anda yang sehari-hari kerap melakukan touching riasan untuk menjaga penampilan.

Fokus utama produk ini adalah membersihkan sisa BB cream yang sulit dibersihkan. Berkat tambahan scrub membuat produk ini mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup lebih mudah.

6. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Kisaran harga: Rp140.000

Mengendalikan minyak dan menekan pertumbuhan jerawat

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam adalah produk dengan formulasi bahan antibakteri dengan fokus utama membersihkan minyak berlebih pada wajah serta mencegah pembentukan jerawat baru.

Tekstur lembut sabun muka ini menjadikannya terasa nyaman saat digunakan. Produk ini juga diklaim oleh Sebamed dapat mendorong regenerasi kulit yang teriritasi dan meradang.

7. Nivea Make Up Clear White Oil Control 2 in 1 Foam

blank

Sumber: Blibli.com

Kisaran harga: Rp28.000

Menyingkirkan akumulasi minyak dan mengontrol produksinya

Sabun muka produksi lokal ini memberikan performa yang tampak kurang sepadan dengan harganya. Bagaimana tidak, dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati efek 2 in 1, yaitu membersihkan sekaligus mengontrol minyak.

Produk yang teruji dermatologi ini aman digunakan untuk jangka panjang. Anda bisa juga mengandalkannya sebagai pembersih sisa makeup yang menempel, termasuk debu polusi dan kotoran bakal disapu bersih oleh produk ini.

8. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Kisaran harga: Rp174.500

Berbusa sedikit, namun optimal dalam membersihkan wajah

Berkat nilai pH seimbang dan formula bebas sabun, Cetaphil Oily Skin Cleanser menjadi sabun muka yang efektif untuk membersihkan tanpa menimbulkan efek negatif seperti kulit kering atau kemerahan akibat iritasi.

Oleh karena khusus kulit berminyak, sabun muka Cetaphil satu ini menghasilkan sedikit busa, namun kinerjanya tetap optimal menyingkirkan minyak dan kotoran tanpa mengganggu kelembapan alami kulit.

9. Cow Brand SkinLIFE Clear Facial Foam

Kisaran harga: Rp45.000

Bermasalah dengan minyak berlebih dan jerawat? Atasi dengan sabun muka ini!

Produk sabun muka asal Jepang ini didesain khusus untuk kulit berminyak dan berpori besar. Mengandung brightening (arbutin) dan derivatif vitamin C menjadikan produk ini efektif mencegah flek hitam sekaligus menghambat pembentukan melanin.

Facial foam ini juga mampu mencegah timbulnya jerawat membandel. Varian aroma produk ini ini cukup beragam, antara lain floral fruity, pink grapefruit, dan peach yang segar. Khusus untuk masalah minyak dan jerawat, disarankan memilih yang aroma pink grapefruit.

10. Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula

Clinique Liquid Facial Soap Oily Skin Formula

Sumber: Clinique.com

Kisaran harga: Rp350.000

Bebas kandungan paraben, phthalates, dan fragrance

Clinique membekali kandungan eksklusif pada sabun muka ini yang menjadikannya sempurna dalam mengurus sisa kotoran dan polusi yang menempel di pori-pori kulit.

Alhasil, tampilan kulit segar dan tampak lebih muda dapat Anda miliki secara bersamaan. Produk ini juga diklaim mampu melindungi keseimbangan kelembapan kulit.

Panduan dalam Mencuci Kulit Muka Berminyak

blank

Pori-pori yang besar dan terlihat jelas, zona T yang mengilap, dan rutinnya kemunculan noda, komedo, serta jerawat adalah tanda umum kulit berminyak. Setelah mendapatkan sabun pembersih muka yang tepat, pastikan Anda mengaplikasikannya dengan benar.

Formula ringan dari sabun muka lebih mudah meresap ke kulit yang telah dibasuh dengan air hangat. Oleh karena itu, gunakan air suam-suam kuku untuk membasuh muka. Busakan sabun di telapak tangan, lalu bersihkan wajah kurang lebih 30 detik. Bilas busa secara tuntas dengan air hangat setelahnya.

Jika Anda memiliki kulit berminyak yang kombinasi, apabila terdapat area wajah yang kering sehabis mencuci wajah, oleskan pelembap pada area yang kering. Carilah pelembap berkandungan dimethicone atau glycerin untuk melembapkan area wajah yang kering.

Tip dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Kulit berminyak dapat terjadi karena faktor genetik hingga pola diet yang meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Cara mengontrol produksi minyak kulit adalah dengan usaha dari dalam tubuh dan luar tubuh.

  • Dari dalam tubuh dapat diusahakan dengan melakukan diet rendah kandungan susu dan gula/karbohidrat. Perbanyak minum air mineral, cukupi pula asupan buah dan sayur.
  • Dari luar tubuh dapat diusahakan dengan menggunakan skincare yang tepat khusus untuk kulit berminyak yang digunakan secara rutin.

Kesimpulan

Kulit berminyak perlu dirawat agar masalah jerawat tidak menjadi momok. Perhatikan kandungan hingga spesifikasi sabun muka agar sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

Sehabis mencuci muka, pastikan untuk memerhatikan kelembapan wajah. Jangan sampai, minyak wajah berkurang, namun wajah Anda menjadi kering yang justru mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak.

You may also like

Comments are closed.