Written by 06:28 Elektronik

10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik

Samsung RT29K5032S8 Small 2 Door Refrigerator

Jika Anda rasa kebutuhan harian tak bisa ditunjang dengan maksimal oleh kulkas pintu tunggal, maka Anda bisa beralih menggunakan kulkas 2 pintu terbaik. Besarnya minat dari masyarakat terhadap alat pendingin dengan kapasitas lebih besar menjadi alasan beragam produsen turut mendatangi kulkas berjenis 2 pintu dengan fitur yang juga bermacam-macam.

Kulkas 2 pintu memungkinkan Anda menaruh lebih banyak makanan untuk menjaga kesegarannya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menyimpan minuman kaleng atau bahkan snack seperti chiki ke dalam kulkas karena adanya rak maupun tray penyimpanan khusus. Sejumlah nama seperti Sharp, LG, Philips, Samsung, dan Polytron menyediakan pilihan kulkas 2 pintu untuk menjawab kebutuhan Anda.

Cara Memilih Kulkas 2 Pintu

Di zaman yang menuntut mobilitas tinggi, maka kehadiran kulkas 2 pintu di rumah akan menunjang segala kegiatan Anda. Apabila Anda belum mempunyai elektronik pendingin ini ataupun berencana mengganti kulkas lama di rumah dengan kulkas 2 pintu, kami akan memaparkan panduan memilih kulkas 2 pintu bagus untuk Anda.

Pilih berdasarkan Letak Freezer

Dewasa ini, kulkas 2 pintu bukan hanya terdiri dari satu model, melainkan banyak. Ada kulkas 2 pintu yang meletakkan kabin pembeku di bawah tapi beberapa produsen juga ada yang memasangkannya di bagian atas. Untuk mengetahui masing-masing jenis ini secara lebih detail, kami akan membahas jenis kulkas 2 pintu berdasarkan letak freezer-nya.

Kulkas 2 Pintu Top Freezer: Tidak Perlu Membungkuk saat Mengambil Isinya

Kulkas 2 Pintu Top Freezer

Kulkas berpintu ganda dengan freezer di bagian atas (top freezer) menyediakan beberapa kapasitas simpan, mulai dari ukuran mini, kecil, sedang, besar, hingga ekstra besar. Tak hanya itu, kulkas 2 pintu dengan freezer besar di bagian atas juga dinilai lebih praktis untuk kebanyakan orang. Anda bisa membekukan bahan makanan atau minuman tanpa harus membungkuk ke bawah.

Saat memilih kulkas 2 pintu dengan pembeku di atas, Anda juga perlu menyesuaikan ketinggian kulkas dengan tinggi badan Anda. Jangan sampai Anda kesulitan menjangkau makanan akibat kulkas yang terlalu tinggi. Tapi masalah ini sudah jarang dijumpai apabila Anda menggunakan kulkas 2 pintu keluaran brand asal negara-negara Asia, seperti Panasonic, Hitachi, dan Sharp dari Jepang.

Kulkas 2 Pintu Bottom Freezer: Lebih Praktis dengan Kapasitas Simpan yang Luas

Kulkas 2 Pintu Bottom Freezer

Bagi Anda yang tak ingin berdiri lama saat memasukkan bahan makanan ke dalam lemari pembeku, tentu kulkas 2 pintu berjenis bottom freezer ini bisa digunakan. Posisi freezer yang terletak di bagian paling bawah dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan banyak macam kebutuhan harian. Bicara soal keunggulan, tentu kulkas 2 pintu bottom freezer dinilai lebih praktis.

Akan tetapi, harga jual pasaran kulkas jenis ini lebih mahal. Bahkan, di Indonesia agak sulit mendapati kulkas semacam ini karena produksinya yang tidak sebanyak top freezer. Bagi Anda yang tak masalah untuk mengeluarkan bujet dan usaha lebih untuk memperoleh kapasitas kulkas lebih besar, maka kami sarankan Anda menggunakan kulkas 2 pintu hemat energi jenis bottom freezer.

Pilih berdasarkan Bentuk dan Letak Pemasangan

Selain memperhatikan keberadaan kompartemen pembekunya, Anda juga harus memilih bentuk pintu dan letak pemasangan kulkas 2 pintu. Dalam hal ini, kulkas double doors terdiri dari side-by-side refrigerator dan built-in and cabinet-size refrigerator. Kami akan ulas masing-masing jenis kulkas tersebut pada poin-poin berikut ini.

Side by Side Refrigerator: Jangkau Semua Kompartemen tanpa Harus Membuka Semua Pintu

Side by Side Refrigerator

Kulkas jenis ini menyediakan dua pintu yang berdampingan. Tipe kulkas side-by-side saat ini lebih banyak dijumpai dengan dua sub-model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terdapat 2 hingga 4 pintu pada kulkas ini. Untuk 2 pintunya biasanya langsung menutup kedua sisi kompartemen dari atas hingga bawah. Sedangkan jenis 4 pintunya dibagi menjadi kompartemen atas dan bawah yang masing-masing memiliki 2 pintu.

Kelebihan dari side-by-side refrigerator adalah bentuk badannya yang ramping sehingga tak akan mengambil banyak ruang di rumah Anda. Sebagian produsen juga ada yang merancang kulkas jenis ini dengan tambahan water dan ice dispenser pada salah satu sisinya. Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang ingin minum air dingin tanpa harus membuka pintu kulkas. Kulkas 2 pintu freezer luas jenis ini umumnya lebih hemat listrik karena pintu yang jarang dibuka.

Built-In and Cabinet-Size Refrigerator: Untuk Tampilan Dapur yang Terlihat Lebih Luas

Built In and Cabinet Size Refrigerator

Jenis kulkas yang satu ini mempunyai keistimewaan dari segi desain yang modern dan futuristik. Built-in refrigerator umumnya diinstalasi kabinet yang telah disediakan dan disesuaikan ukurannya. Selain diapit oleh dinding, kulkas 2 pintu favorit jenis ini juga bisa dipasang pada rak atas maupun bawah untuk menjaga tampilan dapur Anda terlihat lebih luas.

Kulkas 2 pintu built-in and cabinet size umumnya berkapasitas lebih kecil dibandingkan tipe side-by-side. Dari aspek nilai jual, kulkas model ini juga dipatok dengan harga cukup mahal. Yang perlu Anda ketahui lainnya, kulkas modem built-in berbeda dengan drawers refrigerator dari segi bentuk. Meski sama-sama bisa diinstal di rak bawah atau atas, drawers refrigerator hanya mampu menampung lebih sedikit makanan.

Pilih Produk yang Mencantumkan Informasi Penghematan Energi

PIlih Produk yang Mencantumkan Informasi Penghematan Energi

Anda tentu tidak ingin setelah membeli kulkas 2 pintu baru, tagihan listrik Anda menjadi melampau tinggi. Maka dari itu, kami menyarankan Anda memilih kulkas yang dibekali fitur penghematan energi. Sudah banyak produsen yang mengklaim produknya hemat listrik, namun karena kurangnya informasi yang diperoleh dari pembeli, mereka justru tekor karena merasa dibohongi dengan klaim tersebut.

Kulkas 2 pintu yang hemat listrik haruslah mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Label pencapaian Energy Conservation Standard (ECS) dari kulkas tersebut haruslah dimiliki sehingga konsumen tidak akan merasakan beban pemakaian listrik yang terlalu besar. Nilai ECS dari kulkas 2 pintu lebih rendah daripada kulkas 1 pintu. Semakin besar nilai Energy Conservation Standard dari sebuah kulkas, maka performa kulkas dalam menghemat energi juga semakin baik.

Pilih Kulkas 2 Pintu yang Mengadopsi Fitur Ini

Fitur energy saving memang penting dari sebuah kulkas. Namun, fitur lain yang turut disematkan juga akan memberikan nilai lebih pada setiap produk. Bagi Anda yang ingin memperoleh kulkas 2 pintu terbaik, maka pastikan produk tersebut setidaknya menyimpan fitur-fitur berikut ini.

Manual Defrost atau Automatic Defrost?

Manual Defrost atau Automatic Defrost

Pada bagian pembeku atau freezer kulkas dengan teknologi lama, Anda pasti pernah menjumpai bunga es yang cukup tebal. Semakin tebal bunga es tersebut, tentu Anda akan semakin sulit dalam memasukkan lebih banyak makanan. Pada kulkas 2 pintu yang telah mengadopsi inovasi lebih modern, terdapat fitur pencair bunga es yang disebut defrost.

Fitur defrost sendiri terbagi menjadi manual dan automatic defrost. Bagi Anda yang ingin memasukkan makanan kapan pun ke dalam kompartemen pembeku tanpa harus menunggu bunga es cair, maka pilihlah kulkas 2 pintu tanpa bunga es yang bekerja otomatis melakukan pencairan (auto defrost). Sementara bagi Anda yang terkendala perihal budget, maka kulkas dengan manual defrost bisa dipilih karena fungsinya juga sama, yang membedakan hanyalah Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dulu.

Fitur Econavi agar Tidak Boros Energi

Fitur Econavi atau Wonderful Open Agar Tidak Boros Energi

Econavi adalah teknologi yang dikembangkan oleh produsen kenamaan seperti Panasonic yang diklaim mampu memberikan penghematan energi lebih dari 50%. Fitur semacam ini berguna untuk Anda yang ingin memakai kulkas tanpa harus memberikan dampak buruk yang lebih besar terhadap lingkungan. Fitur Econavi ini akan mengonsumsi listrik dengan daya rendah.

Mekanisme dari Econavi bekerja secara mandiri dalam melakukan penyesuaian suhu terhadap isi makanan di dalam kabinet, frekuensi buka tutup pintu, tingkat penerangan di dalam ruangan, dan bahkan juga mampu menganalisis nilai suhu ruangan di sekitar kulkas. Fitur ini sangat jarang dijumpai pada kulkas satu pintu, itulah mengapa kulkas 2 pintu rata-rata hadir dengan pemakaian listrik lebih sedikit.

Fitur Twin Cooling Plus untuk Menjaga Kesegaran Makanan Lebih Lama

Fitur Twin Cooling Plus Untuk Menjaga Kesegaran Makanan Lebih Lama

Jika Panasonic terkenal akan fitur Econavi pada kulkas keluarannya, beda halnya dengan Samsung yang menerapkan teknologi Twin Cooling Plus. Kulkas 2 pintu irit listrik dari Samsung ataupun produsen lain yang menyematkan fitur serupa akan membantu memelihara kesegaran makanan dua kali lebih lama dibandingkan kulkas konvensional.

Fitur Twin Cooling Plus akan memastikan suhu dan kelembapan di dalam kabinet tetap terjaga hingga 70%. Dengan dua fan dan dua evaporator yang bekerja mendinginkan dan mengalirkan sirkulasi udara secara terpisah, maka bahan makanan pada dua kompartemen berbeda (freezer dan pendingin biasa) tidak akan bau ataupun cepat rusak setelah dikeluarkan.

Fitur Pencegah Kebisingan

Fitur Pencegah Kebisingan

Tak jarang ditemui keluhan pada pengguna kulkas berteknologi lama berupa suara bising yang ditimbulkan cukup mengganggu, terlebih saat malam hari. Pada kulkas dua pintu, umumnya produsen menyematkan motor yang dapat bekerja dengan menghasilkan suara sekitar 20 – 30 dB (desibel) untuk kapasitas sekitar 100 – 130 L. Suara yang dihasilkan pun tidak akan mengganggu Anda saat berada di dekat kulkas.

Walau sebagian besar kulkas 2 pintu kualitas terbaik telah mengadopsi motor penggerak yang tidak bising, sebagian lain juga masih ada yang menghasilkan suara yang mengganggu. Biasanya ini dijumpai pada kulkas dengan harga murah dimana bagian kompresor di belakang kulkas ditutup dengan pelat logam yang tipis. Buat Anda yang mengedepankan kenyamanan, maka plihlah kulkas 2 pintu yang tidak berisik.

10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik

Setelah cukup panjang membahas tentang cara memilih double doors refrigerator, selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Selalu utamakan fitur-fitur penting saat memilih, semisal hemat energi dan tidak berisik. Tak perlu lama lagi, berikut ini rekomendasi kulkas 2 pintu yang bagus dan awet di Indonesia.

1. Hitachi R-H24PGD7BSL Kulkas 2 Pintu

Hitachi R H24PGD7BSL Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp3.875.000

Anda tetap bisa menikmati air dingin meski sedang terjadi pemadaman listrik!

Hitachi menerapkan teknologi inverter pada kulkas 2 pintu andalannya ini. Berkat kompresor berteknologi inverter, Anda bisa mendinginkan dan menyegarkan bahan makanan lebih lama dalam lemari pendingin. Teknologi tersebut juga memungkinkan Anda mendinginkan minuman lebih cepat tanpa harus memasukannya ke dalam lemari pembeku (freezer).

Elektronik pendingin ini juga diklaim oleh Hitachi sebagai peringkat nomor dua dalam jajaran kulkas 2 pintu yang hemat listrik. Kelebihan lain dari kulkas ini adalah fitur Long Cool Keeper yang akan mengunci suhu dingin walaupun terjadi pemadaman listrik. Teknologi ini akan bekerja secara otomatis dengan catatan Anda tidak membuka pintu kulkas dengan frekuensi tinggi.

2. Samsung RT29K5032S8 Small 2 Door Refrigerator

Samsung RT29K5032S8 Small 2 Door Refrigerator

Kisaran harga: Rp5.300.000

Dinginkan soft drink Anda ke dalam freezer berdaya tampung 72 liter

Kapasitas muatan yang menyentuh angka 300 liter dari kulkas ini memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak makanan maupun minuman ke dalam kabinet. Pada bagian freezer-nya sendiri, Samsung menyediakan ruang hingga 72 liter. Produk ini dibekali fitur Twin Cooling Plus yang mana akan menjaga makanan Anda tetap segar 2x lebih lama dibandingkan kulkas 2 pintu untuk ASI pada umumnya.

Dengan tambahan Smart Conversion, Anda lebih fleksibel dalam mengatur ruang di dalam kulkas hingga 5 mode pengaturan. Kompartemen pembeku dari kulkas ini bisa Anda matikan untuk lebih meminimalisir pengunaan listrik. Tak lupa, Samsung juga menyematkan tombol Power Cool yang apabila diaktifkan, seluruh isi di dalam freezer bisa dingin hanya dalam waktu 3 detik.

3. LG GN-B185SQBB Kulkas 2 Pintu

LG GN B185SQBB Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp3.175.000

Dibekali fitur Moist Balance Crisper untuk peroleh titik lembap paling ideal

Akan lebih baik apabila Anda menggunakan kulkas 2 pintu dibawah 4 juta dari LG ini. Kenapa? Alasannya tak lain karena LG memasangkan rate input energi pada angka 70 watt saja. Selain tergolong sebagai kulkas 2 pintu hemat listrik hingga seharian lamanya, produk ini juga mempunyai rak kokoh yang terbuat dari material tempered glass. Saking kuatnya, LG mengatakan kalau rak penyimpanan ini bisa menampung bobot hingga 150kg.

Kulkas LG ini mampu mengalirkan udara ke banyak titik sehingga suhu di dalam kabinet bisa lebih dingin secara merata. Bukan cuma itu, LG turut menjamin produk keluarannya ini mampu mencapai titik kelembapan ideal berkat fitur Moist Balance Crisper-nya. Fitur andalannya sendiri yaitu Smart Inverter Compressor, Pull Out Tray, dan Multi Air Flow. LG juga membekali lampu LED untuk menerangi kabinet kulkas yang memudahkan Anda dalam mengambil isinya.

4. Sharp SJ-195MD-SG Kulkas 2 Pintu

Sharp SJ 195MD SG Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp2.472.000

Kapasitas tampung yang lebih besar namun tetap hemat ruang

Jika Anda telah lama mempercayai produk keluaran Jepang, maka Sharp SJ-195MD-SG ini cocok untuk Anda. Kulkas 2 pintu buatan Jepang ini juga tergolong murah. Meski bernilai ekonomis, perangkat ini tetap baik mengenai performanya. Sharp menghadirkan produk ini dengan dua pilihan warna, yaitu Silver Red dan Grey yang bisa Anda sesuaikan dengan interior dapur atau ruangan Anda ingin meletakkan kulkas ini.

Kulkas dua pintu ini memiliki dimensi 535 x 1275 x 550 mm sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Teknologi pendingin bernama Fan Cooling System pada elektronik ini mampu menciptakan suhu dingin yang merata ke seluruh bagian lebih cepat. Untuk bisa beroperasi dengan baik, kulkas 2 pintu murah berkualitas merek Sharp ini hanya memakan daya listrik sebesar 130V – 240 V.

5. Samsung RT19M300BGS Kulkas 2 Pintu

Samsung RT19M300BGS Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp3.800.000

Pilihan kulkas 2 pintu tanpa bunga es yang sempurna untuk Anda

Samsung menjamin pengguna kulkas ini tidak akan kesal akibat makanan dan buah yang cepat busuk. Dengan sematan teknologi pendingin all-around, kulkas 2 pintu terbaik ini akan bekerja memantau perubahan suhu secara real-time sekaligus mendinginkan kabinet secara merata ke setiap sudut. Sejumlah ventilasi pada dinding dalam kulkas akan menyebarkan udara dingin ke setiap tingkat rak yang bersifat multi arah.

Berkat fitur anti-frost, Anda juga bisa lebih udah sewaktu memasukkan bahan makanan ke dalam kabinet pembeku. Bagian rak dari kulkas ini juga mengusung material tempered glass yang kuat dengan kapasitas menampung muatan hingga 150kg. Kulkas 2 pintu ini dilengkapi pula dengan Vege Box dimana Anda bisa memisahkan bahan makanan selain sayur dan buah sehingga kesegaran dan rasanya tak akan tercampur dengan rasa dan aroma dari makanan lain.

6. Aqua AQR-D270 Kulkas 2 Pintu

Aqua AQR D270 Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp2.649.000

Mampu mendinginkan lebih cepat tanpa memangkas energi banyak berkat Full Insulation-nya

Tidak ada tumpukan bakteri dan aroma bau dari dalam kulkas setelah memakai kulkas 2 pintu paling awet ini. Yang demikian tentu lebih baik karena makanan akan tetap segar sebelum masuk ke dalam perut Anda ataupun anggota keluarga. Kelebihan satu ini dimiliki oleh Aqua AQR-D270 sebab fitur bernama Nano Ferrite Double Filter System & Deodorizer yang diterapkan ke dalamnya..

Dengan nilai jual yang lebih murah dibandingkan kulkas 2 pintu lainnya, tentu produk ini ideal bagi Anda yang tidak memegang budget banyak. Kulkas ini juga memiliki teknologi Full Insulation yang akan mempercepat proses pendinginan tanpa harus menyedot energi berlebihan. Keberadaan rak penyimpanan sayur yang besar dan luas juga akan memanjakan Anda dalam mengawetkan lebih banyak sayur dan buah-buahan.

7. Panasonic NR-BN22ANSS Kulkas 2 Pintu

Panasonic NR BN22ANSS Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp2.950.000

Si ekonomis berteknologi Ag Clean yang akan membebaskan makanan Anda dari bakteri

Ini adalah kulkas 2 pintu berjenis top freezer. Produk keluaran Panasonic satu ini bukan hanya patut Anda pilih karena kapasitas tray-nya yang mencapai 208 liter, melainkna juga konsumsi listrik pada saat beroerasi yang rendah, yakni hanya 97 watt. Panasonic memberikan garansi penuh selama 1 tahun sejak tangga pembelian, Anda bisa melaporkan kerusakan sehingga unit bisa diperbaiki atau bahkan diganti baru.

Melalui produk ini, Panasonic ingin setiap makanan dan minuman yang hendak Anda konsumsi terjaga kebersihan. Karena itu, Panasonic menyematkan fitur Ag Clean yang akan menonaktifkan bakteri di dalam kulkas secara optimal. Bukan hanya mampu menjaga makanan segar lebih lama, tetapi kulkas juga tidak akan menajdi bau meskipun Anda menyimpan ikan dan sayur ke dalam kabinet utama.

8. Polytron Belleza PRM-21QX Kulkas 2 Pintu

Polytron Belleza PRM 21QX Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp2.925.000

Keseluruhan tray dari tempered glass shelf yang 20x lebih kuat daripada tray plastik biasa

Saat pintu kulkas Anda buka, Polytron memastikan produk rancangannya ini tidak akan membiarkan udara dari luar masuk dan menyebabkan sayur dan buah cepat busuk akibat terkontaminasi oleh bakteri. Fitur yang memungkinkan aktivitas tersebut dinamai Shielded Moisture Compartment oleh Polytron dalam kulkas 2 pintu terbaik ini.

Sayur dan buah juga tetap segar dan tahan lama meski disimpan dalam waktu lama berkat Humidity Control Crisper yang disematkan. Polytron turut memasangkan lampu LED yang bisa menerangi kabin kulkas dengan lebih merata tanpa menambah beban banyak pada pemakaian energi. Tak hanya itu, kulkas ini juga diklaim memiliki rak dari tempered glass shelf yang 20x lebih kuat dibandingkan rak plastik biasa.

9. LG GN-B185SQWH Smart Inverter Kulkas 2 Pintu

LG GN B185SQWH Smart Inverter Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp3.250.000

Laci untuk menyimpan lebih banyak isi hingga beban maksimum 150kg!

Kualitas yang ditawarkan oleh LG dalam kulkas 2 pintu yang bagus ini tak perlu diragukan lagi. Berbagai fitur inovatif ditanamkan oleh LG pada produk ini. Seperti kemampuannya dalam menguapkan sisa air dari makanan untuk menjaga keseimbangan embun di dalam rak atau kotak penyimpanan. Bukan hanya itu, lemari es 2 pintu ini juga dapat mengalirkan udara melalui beberapa pipa udara pendinginan ke setiap sudutnya.

Anda bisa mengambil makanan maupun minuman meski dalam ruangan yang gelap berkat lampu LED terang yang disematkan di dalam kabinet utama. Kulkas ini menyediakan rak dari tempered glass yang mampu memberikan kekuatan menahan bobot mencapai 150kg. LG juga menyediakan Bigger Fruits & Veggie Box untuk memaksimalkan jumlah buah dan sayur yang bisa disimpan ke dalam kulkas.

10. Samsung RT43K6231UT/SE Kulkas 2 Pintu

Samsung RT43K6231UT Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp7.250.000

Cegah buah dan sayur dari kebusukan dengan Twin Cooling System-nya

Samsung terkenal akan kulkas 2 pintu terbaik keluarannya, seperti seri RT43K6231UT/SE ini. Melalui produk ini, Samsung memasangkan cukup banyak fitur yang memberikan performa lebih baik dibandingkan produk pesaing. Seperti teknologi Twin Cooling System yang akan menghasilkan udara dingin lebih maksimal agar makanan tidak mudah busuk dan layu. Kulkas ini juga tetap aktif meski terjadi pemadaman listrik sebab adanya teknologi pendingin Coolpack yang disematkan.

Fitur tersebut memungkinkan kulkas tetap mengunci suhu dingin hingga 12 jam dalam keadaan mati. Tak hanya itu, Samsung juga menerapkan fitur lain berupa Power Cool yang dapat mempecepat proses pendinginan bahkan hanya dalam waktu 3 detik saja. Kulkas ini juga tidak berisik karena ditenagai oleh teknologi yang mampu menyesuaikan kecepatan bekerja sesuai kebutuhan pendinginan.

Perawatan Kulkas 2 Pintu agar Awet

Cara Perawatan Kulkas 2 Pintu yang Benar

Segala kelebihan yang diberikan oleh kulkas berjenis 2 pintu, tentu Anda perlu memberikan perhatian ekstra agar tidak ada fitur atau komponen dalam yang rusak akibat malas merawatnya. Pada bagian ini, kami akan memaparkan tips perawatan kulkas 2 pintu terbaik yang bisa Anda lakukan.

Seperti apa? Silakan ikuti panduan di bawah ini.

  • Jangan Memasukkan Minuman yang Masih Panas. Minuman yang dalam keadaan panas sebaiknya tidak Anda masukkan ke dalam lemari es, baik pada bagian pendingin maupun pembeku. Tunggu minuman sampai bersuhu normal sehingga tidak mengganggu performa pipa udara pendingin yang bekerja di dalam kulkas.
  • Bersihkan Rak dengan Air Hangat. Setelah mendapati beberapa bagian di dalam kulkas kotor, itu berarti Anda sudah harus membersihkannya. Cabut kabel listrik apabila Anda ingin membersihkan bagian dalam dengan kain basah. Untuk bagian rak penyimpanan, lepas dan keluarkan, kemudian Anda bisa gosok secara perlahan dengan air hangat maupun cairan pembersih.
  • Selalu Tutup Pintu dengan Rapat. Jangan pernah menyepelekan hal ini. Kulkas 2 pintu yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan kerja lebih ekstra pada teknologi pendingin yang mana berujung terhadap penggunaan tenaga listrik yang semakin besar.
  • Beri Jarak dari Elektronik Lain. Sebaiknya Anda memberikan celah cukup besar antara kulkas dengan peranti elektronik lain, seperti kompor listrik, dispenser, dan sebagainya.
  • Bersihkan Juga Kondensor Kulkas. Jangan sampai Anda melupakan komponen ini. Kondensor yang jarang dibersihkan akan menjadi ladang penumpukan debu. Pada akhirnya bisa timbul kendala di dalam proses pelepasan kalor.
  • Kurangi Frekuensi Pemakaian Saat Listrik Padam. Meskipun kulkas 2 pintu terbaik kepunyaan Anda telah mengantongi fitur pengunci dingin saat listrik padam, sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukan buka tutup pintu kulkas.

Kesimpulan

Kebutuhan setiap orang terhadap kulkas 2 pintu terbaik tentu berbeda-beda. Maka dari itu, ingatlah untuk mencari produk yang sesuai dengan keperluan Anda. Jangan memilih kulkas berkapasitas mencapai 300 L semisal Anda tidak banyak menyimpan bahan makanan ataupun minuman kaleng ke dalamnya. Pertimbangkan juga ukuran, tingkat pemakaian energi, kemudahan instalasi, dan sebagainya saat membeli kulkas.

(Visited 48.895 times, 15 visits today)