Elektronik

10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Wajar saja jika rice cooker sebagai penanaknya menjadi salah satu perangkat elektronik paling esensial di rumah. Terdapat pula rice cooker mini yang ukurannya kecil untuk Anda yang tinggal sendiri atau anggota keluarganya sedikit.

Merek rice cooker mini yang beredar di pasaran ada banyak. Mulai dari Cosmos, Miyako, hingga BOLDe. Supaya tidak bingung, kami jelaskan cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami sudah kumpulkan sepuluh rice cooker mini terbaik versi PickyBest. Selamat membaca, ya!

Cara Memilih Rice Cooker Mini

Perannya yang sentral dalam menentukan kualitas nasi yang dimakan tiap hari membuat Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih rice coooker. Perhatikanlah kapasitas, teknologi pemanasan, bahan dan sifat panci, kelengkapan fungsional, serta opsinya dalam menanak.

Pilih Kapasitas sesuai Kebutuhan Porsi Rutin Anda

Rice cooker mini berarti kapasitasnya kecil, paling besar hanya 1 liter saja (sekitar 4 sampai 5 gelas ukur [1 gelas ukur setara 250 mililiter]). Saat dimasak penuh, jumlahnya cukup untuk makan 3 sampai 6 orang.

Terdapat juga varian yang lebih kecil hingga 0,3 liter yang hanya cukup untuk satu orang saja. Bila Anda tinggal sendirian, rice cooker seperti ini lebih menarik karena selain kapasitasnya memadai, konsumsi listriknya juga lebih hemat.

Kesimpulannya, pilihlah rice cooker mini yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah orang di rumah. Untuk yang tinggal sendiri, kapasitas 0,5 atau 0,6 liter sudah lebih dari cukup. Sementara keluarga kecil dengan anggota 3 sampai 6 orang, dapat memilih yang berkapasitas 1 liter.

Supaya Matang Merata, Pilih yang Memakai Teknologi Pemanasan Induksi

blank

Rice cooker pada umumnya menggunakan teknologi pemanasan electrothermal yang memanfaatkan pemanas elektrik di bagian bawah rice cooker. Panasnya kemudian terhantar ke panci dari bawah ke atas. Metode pemanasan ini menghasilkan tingkat kematangan nasi yang tidak konsisten. Nasi di bagian bawah sering overcooked dan menjadi kerak di dasar panci.

Agar kematangannya konsisten di seluruh bagian, pilihlah rice cooker berteknologi pemanasan induksi yang bekerja dengan menciptakan medan elektromagnetik di seluruh permukaan panci sekaligus. Panas yang dihasilkan pun jadi merata. Alhasil, tingkat kematangan nasi konsisten di seluruh bagian. Tidak ada yang terlalu lembek, pun mengerak.

Perlu dicatat, implementasi teknologi pemanasan ini tidak terlalu dibutuhkan pada rice cooker yang kapasitasnya sangat kecil, misalnya 0,3 liter. Pasalnya, pada kapasitas sekecil itu, pemanasan electrothermal biasa sudah cukup baik untuk menghasilkan kematangan yang merata. Uang yang Anda keluarkan pun jadi lebih hemat karena produk yang pakai pemanasan induksi memang lebih mahal.

Utamakan yang Pancinya Berbahan Stainless Steel agar Lebih Aman

blank

Ada beberapa material yang sering dipakai menjadi lapisan (coat) dan bahan panci rice cooker mini, yakni teflon dan stainless steel. Teflon umumnya digunakan sebagai lapisan dalam panci berbahan aluminium. Popularitasnya membuat banyak orang kerap salah kaprah menganggap “teflon” sebagai sebutan lain untuk panci, alih-alih salah satu tipe bahan lapisannya saja.

Material sintetis ini disukai karena sifatnya yang antilengket. Harga pancinya pun cenderung lebih murah. Tetapi, teflon punya potensi bahaya bila terkelupas, yang dapat diakibatkan benturan dengan benda keras. Misalnya saat mengaduk nasi terlalu kuat menggunakan centong besi. Pemanasan di suhu 300 °C ke atas juga dapat membuatnya rusak.

Untungnya, kebanyakan rice cooker yang beredar hanya mencapai suhu maksimal titik didih air (100 °C)—kecuali bila di-pre-heat, yang dapat menaikkan temperatur akhirnya. Teflon aman saja digunakan selama Anda tidak memanaskan rice cooker berlebihan dan hati-hati agar tidak menggoresnya.

Pilihan cookware yang aman biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Seluruh pancinya terbuat dari stainless steel. Bila memakai panci ini, tidak perlu khawatir lapisannya terkelupas atau lecet. Saat dipanaskan di suhu tinggi pun tetap aman. Penyebaran panasnya juga merata, membuat tingkat kematangan nasi konsisten di segala sisi.

Jadi, utamakan rice cooker yang pakai panci stainless steel karena lebih aman. Namun jika Anda lebih cenderung pada teflon karena tertarik dengan harga yang lebih murah, silakan saja. Yang penting, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam penggunaannya.

Pertimbangan Bila Ingin Memilih Panci Antilengket

blank

Panci antilengket sangat bermanfaat karena selain gampang dicuci, juga menjaga kualitas nasi. Pasalnya, nasi yang menempel di permukaan panci, walaupun jumlahnya tidak banyak, akan menjadi kerak. Karena tidak semua orang mau memakan nasi kerak begini, akhirnya berujung dibuang.

Minusnya, panci antilengket umumnya memakai lapisan teflon, yang kelemahannya sudah kami terangkan di poin sebelumnya. Bila Anda tetap ingin memakai panci antilengket, agar tidak menimbulkan masalah, pastikan selalu komitmen untuk menggunakannya dengan hati-hati.

Pada akhirnya, Anda tetap kami sarankan membeli yang stainless steel. Nasi memang akan menempel sedikit. Saat dicuci pun Anda perlu menggosok lebih lama. Tetapi, rasanya ini bukan harga yang terlalu mahal untuk menjamin kesehatan keluarga. Apalagi, ada banyak trik untuk meminimalisir nasi yang menempel, kok!

Agar Lebih Fungsional, Cek Kelengkapan Rice Cooker

blank

Namanya memang “rice cooker”, namun bukan berarti Anda hanya bisa menanak nasi di alat ini. Supaya fungsionalitasnya bertambah, pilihlah produk yang dilengkapi alat tambahan untuk mengolah makanan lain. Yang paling umum, misalnya, baki kukus (steaming tray).

Alat ini memungkinkan Anda untuk mengukus sayuran dan makanan lainnya di rice cooker. Beberapa rice cooker bahkan ada juga yang dapat dipakai menumis dan menggoreng, tetapi khusus produk yang pancinya terbuat dari stainless steel. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk orang yang tidak punya kompor seperti anak indekos.

Supaya Opsi Menanak Lebih Banyak, Pilih yang Dilengkapi Fuzzy Logic

blank

Modern ini, kebanyakan perangkat elektronik rumah tangga telah dilengkapi teknologi fuzzy logic, tak terkecuali rice cooker mini. Teknologi ini diciptakan agar mesin mampu bereaksi sesuai situasi, layaknya manusia. Tidak seperti teknologi lama yang sepenuhnya mekanis, mesin modern mampu bereaksi dan melakukan penyesuaian kerja secara real time.

Pengimplementasiannya di rice cooker membuat tugas menanak nasi menjadi lebih mudah berkat tersedianya berbagai mode. Misalnya yang sederhana, seberapa lunak nasi yang Anda mau? Bila sangat lunak, rice cooker akan memasaknya secara normal dengan membiarkan beras menyerap semua atau sebagian besar air (tergantung banyak air yang digunakan).

Sementara jika ingin tidak terlalu lunak, rice cooker akan menguapkan lebih banyak air supaya beras tidak menggumpal. Penyesuaian ini dilakukan mesin dengan mendeteksi jumlah air dan melakukan penghitungan matematis untuk menemukan metode terbaik agar kematangan nasi sesuai apa yang diminta.

Lebih jauh lagi, terdapat juga mode lain untuk langsung mengolah beras menjadi bubur. Ada juga mode untuk menanak selain nasi, misalnya ketan, beras merah, sayuran, dan seterusnya.

Proses yang terkesan sederhana ini memerlukan program canggih yang dimungkinkan oleh teknologi fuzzy logic. Tentu saja, rice cooker mini yang dilengkapi teknologi ini akan lebih mahal dari yang biasa. Sebab itu, persiapkanlah dana agak lebih jika Anda ingin membeli rice cooker mini dengan fuzzy logic.

10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik

Sekarang Anda sudah paham caranya memilih rice cooker mini, bukan? Di bagian ini, kami telah mengumpulkan rice cooker mini dari berbagai merek. Langsung tentukan, yuk!

1. Sanken Supercom SJ-203BK

blank

Sumber: Sanken.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Bodi terbuat dari stainless steel supaya tahan lama

Sanken merancang produknya yang satu ini untuk pemakaian jangka waktu lama, berkat material panci dan bodinya yang terbuat dari stainless steel. Meski digunakan setiap hari selama bertahun-tahun, panci tidak akan gores dan karatan!

Agar nasi matang merata, Sanken mengimplementasikan teknologi pemanasan 3D Warming. Panas tidak hanya berasal dari bawah, tetapi juga samping dan atas. Selain itu, rice cooker mini ini multiguna karena mampu menjalankan 6 mode, yakni menanak, membuat sup dan bubur, menumis, mengukus, dan menggoreng.

Fitur Menanak, mengukus, menggoreng, menumis, membuat sup, membuat bubur
Bahan Stainless steel
Ukuran 1 L
Kisaran harga Rp365.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Yong Ma MC1100/YMC202

blank

Sumber: Yongma.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pas untuk porsi tiga sampai empat orang

Dengan kapasitas 0,7 liter, sekali menanak nasi, jumlahnya cukup untuk porsi tiga sampai empat orang. Pas sekali untuk keluarga kecil yang anggotanya tiga orang. Rice cooker ini bisa juga memenuhi kebutuhan makan tiga kali sehari untuk orang yang tinggal sendiri.

Fitur Memasak, mengukus dan menghangatkan
Bahan Plastik dengan bagian dalam teflon
Ukuran 0,7 L
Kisaran harga Rp394.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Philips Viva Collection Jar Rice Cooker HD3126/33

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pancinya diberi coating keramik lima lapis

Di bagian cara memilih, kami menjelaskan bahayanya saat coating panci terkelupas. Philips dengan produknya satu ini menawarkan solusi aman. Dengan memberi coating keramik hingga lima lapis, lapisan juga lima kali lebih tahan gores.

Supaya alat ini tambah awet, bodinya dengan khusus dibuat dari bahan stainless steel, sehingga tidak akan berkarat dimakan umur. Dalam paket penjualan, lengkap pula dengan aksesori berupa gelas ukur, centong, dan baki kukus.

Fitur Memasak nasi dan menghangatkan makanan
Bahan Plastik dengan bagian dalam stainless stell
Ukuran 1 L
Kisaran harga Rp709.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Miyako PSG-607

blank

Sumber: Miyako.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menanak nasi bisa, merebus mi instan juga bisa

Anda yang mahasiswa indekos mungkin cukup sering makan mi instan untuk berhemat. Rice cooker mini ini cocok sekali untuk masak mi berkat kapasitasnya yang kecil. Mi pun menjadi lebih cepat matang berkat elemen pemanasnya yang ada di bawah, samping, dan atas.

Di samping itu, desain produk ini kental dengan kearifan lokal. Bodinya yang bermotif batik truntum (motif batik dari Solo), memberikan sentuhan tradisional untuk melengkapi dekorasi dapur.

Fitur Memasak nasi
Bahan Plastik dengan bagian dalam aluminium pan
Ukuran 0,6 L
Kisaran harga Rp133.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. BOLDe Super COOK Titanium ECO Rice Cooker Mini

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ukurannya kecil sehingga mudah dibawa bepergian

Produk satu ini ukurannya minimalis, cocok dibawa pergi berpiknik bersama keluarga. Asal bisa menemukan sumber listrik, Anda dapat menyiapkan nasi hangat di mana pun Anda berada. Harganya pun seminimalis ukurannya sehingga ramah untuk kantong mahasiswa sekalipun!

Fitur Menanak nasi, merebus dan mengukus
Bahan Bagian luar plastik dengan bagian dalam titanium eco
Ukuran 0,6 L
Kisaran harga Rp184.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Cosmos CRJ-1031

blank

Sumber: Cosmos.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Enak dibawa-bawa, ramah untuk indekos, dan hemat listrik

Ini dia rice cooker yang juga enak dibawa-bawa serta ramah kantong. Dayanya sangat hemat, hanya perlu 150 watt saja. Produk ini leluasa dipakai tanpa khawatir banyak membebani tagihan listrik. Kerennya lagi, terdapat empat mode pemanasan sesuai kebutuhan, mulai dari menanak, menanak cepat, memanaskan, dan merebus mi instan.

Fitur Memasak nasi, menghangatkan, mengukus dan memasak mi instan
Bahan Plastik dengan bagian dalam aluminium anti-lengket
Ukuran 0,3 L
Kisaran harga Rp299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Xiaomi Mi Induction Heating Rice Cooker

blank

Sumber: Mi.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memakai teknologi pemanasan induksi untuk kematangan yang sempurna

Xiaomi, brand yang populer dengan produk smartphone ini ternyata juga memproduksi rice cooker mini. Harganya memang agak mahal dibanding produk lain di daftar rekomendasi ini. Namun, kualitas yang Anda dapatkan sangat setimpal.

Produk ini unggul berkat teknologi induction heating yang membuat nasi matang merata. Anda juga dapat mengatur penggunaan melalui aplikasi smartphone. Jika di rumah ada Wi-Fi, Anda bahkan bisa mengoperasikannya dari jarak jauh. Memasak nasi ketika hendak pulang kantor supaya begitu sampai, nasi hangat siap disantap.

Fitur Memasak nasi dan menghangatkan
Bahan Plastik dan teflon untuk panci
Ukuran 1 L
Kisaran harga Rp1.299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. GM Bear Smart Rice Cooker Mini

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Teman setia anak indekos!

Jangan sampai kesibukan kuliah membuat Anda yang notabene anak indekos lupa makan. Pakailah produk ini. Dengan kapasitas 0,8 liter, sekali masak cukup untuk makan tiga kali sehari, asal tidak lupa dipanaskan. Saat uang bulanan sudah menipis, jangan khawatir, rice cooker ini juga dapat digunakan untuk merebus mi instan, kok!

Fitur Memasak nasi dan mengukus
Bahan Plastik dengan bagian dalam anti-lengket
Ukuran 0,8 L
Kisaran harga Rp239.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. BOLDe Super COOK Less Sugar Rice Cooker 1 Liter Low Carbo 400 Watt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Diklaim mampu mengurangi kadar gula dalam nasi

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang menderita diabetes, pilihlah rice cooker ini. Dengan pemanasan smart health system, rice cooker ini diklaim dapat mengurangi kadar gula dari nasi. Fitur ini berlaku pula saat memasak bahan lain, misalnya kentang dan pasta.

Kelebihan ini dimungkinkan dengan implementasi fuzzy control yang menyediakan banyak metode pemasakan. Agar lebih aman lagi, panci yang digunakan juga berbahan stainless steel. Alhasil, produk ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet atau ingin memulai gaya hidup lebih sehat.

Fitur Memasak nasi, mengukus dan menghangatkan makanan
Bahan Plastik dengan beberapa bagian stainless anti-lengket
Ukuran 1 L
Kisaran harga Rp650.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Denpoo Rice Cooker DMJ 33 0.8 Liter

blank

Sumber: Denpoo.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menjalankan fungsinya yang utama tanpa tambahan fitur macam-macam

Bila Anda hanya ingin masak nasi secara sederhana dan tidak butuh fitur macam-macam, Anda bisa pilih rice cooker Denpoo ini. Karena tidak banyak fitur tambahan, pengoperasiannya sangat mudah tanpa banyak tombol. Cocok pula digunakan oleh lansia yang mudah dibuat bingung dengan teknologi.

Fitur Menanak nasi dan mengkukus
Bahan Plastik dengan bagian dalam aluminium
Ukuran 0,8 L
Kisaran harga Rp299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Rice Cooker Mini

Produk Sanken Rice Cooker 1 Liter SJ-203BK Yong Ma SMC-2021 Magic Com Mini Rice 0.7 L Philips HD3126/33 Rice Cooker Premium Jar   Type 1.0 MIYAKO Rice Cooker Magic Com MINI   PSG-607 BOLDe Super COOK Titanium ECO Rice Cooker   Mini Cosmos CRJ-1031 Xiaomi Mi Induction Heating Rice Cooker GM Bear Smart Rice Cooker Mini BOLDe Super COOK Less Sugar Rice Cooker 1   Liter Low Carbo 400 Watt Denpoo Rice Cooker DMJ 33 0.8 Liter
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Fitur Menanak nasi dan mengukus Memasak, mengukus dan menghangatkan Memasak nasi dan menghangatkan makanan Memasak nasi Menanak nasi, merebus dan mengukus Memasak nasi, menghangatkan, mengukus dan memasak mi instan Memasak nasi dan menghangatkan Memasak nasi dan mengukus Memasak nasi, mengukus dan menghangatkan makanan Menanak nasi dan mengkukus
Bahan Stainless Plastik dengan bagian dalam teflon Plastik dengan bagian dalam stainless stell Plastik dengan bagian dalam aluminium pan Bagian luar plastik dengan bagian dalam titanium eco Plastik dengan bagian dalam aluminium anti-lengket Plastik dan teflon untuk panci Plastik dengan bagian dalam anti-lengket Plastik dengan beberapa bagian stainless anti-lengket Plastik dengan bagian dalam aluminium
Ukuran 1 L 0,7 L 1 L 0,6 L 0,6 L 0,3 L 1 L 0,8 L 1 L 0,8 L
Kisaran harga Rp365.000 Rp394.000 Rp709.000 Rp133.000 Rp184.000 Rp299.000 Rp1.299.000 Rp239.000 Rp650.000 Rp299.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Yuk, cek rekomendasi rice cooker dari PickyBest lainnya!

Setelah membaca artikel ini, Anda ternyata membutuhkan rice cooker dengan kapasitas lebih dari 1 liter? Bila iya, Anda bisa menengok artikel kami lain yang sama-sama mengulas rice cooker.

Ada berbagai poin tambahan yang mesti Anda perhatikan saat memilih rice cooker ukuran lebih dari 1 liter. Apa sajakah itu, dan produk mana yang cocok untuk Anda? Mari temukan di sini!

Kesimpulan

Dari kesepuluh produk di atas, manakah yang menarik perhatian Anda? Memilih rice cooker memang perlu teliti karena harus mempertimbangkan kapasitas, teknologi pemanasan, bahan dan sifat panci, kelengkapan fungsional, serta opsinya dalam menanak.

Jika Anda masih bingung, kami sarankan pilih rice cooker yang kapasitasnya 1 liter dan harganya pas di kantong. Sebabnya, kapasitas 1 liter cukup untuk makan cukup banyak orang. Sementara saat hanya perlu sedikit, tinggal kurangi saja berasnya. Semoga Anda menemukan rice cooker mini yang hasil tanaknya sesuai selera Anda, ya!

Referensi

How to buy the best rice cooker
https://www.choice.com.au/home-and-living/kitchen/benchtop-cooking/buying-guides/rice-cookers diakses pada 14 Maret 2021

Induction Heating and Rice Cookers
https://home.howstuffworks.com/rice-cooker3.htm diakses pada 14 Maret 2021

How To Select A Rice Cooker
https://www.gourmetsleuth.com/articles/detail/how-to-select-a-rice-cooker diakses pada 14 Maret 2021

How Do I Choose a Rice Cooker? Use These 5 Easy Steps
https://ovenspot.com/how-do-i-choose-a-rice-cooker/#ib-toc-anchor-0 diakses pada 14 Maret 2021

How to Choose the Right Rice Cooker for You
https://home.howstuffworks.com/rice-cooker5.htm diakses pada 14 Maret 2021

Fuzzy Logic and Rice Cookers
https://home.howstuffworks.com/rice-cooker2.htm diakses pada 14 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.