Written by 11:05 Elektronik

10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik

Paling tidak, Anda harus menyimpan satu unit lampu senter untuk kebutuhan darurat. Selain berguna saat terjadi bencana atau kebutuhan outdoor, lampu senter akan mempermudah Anda mencari barang saat listrik padam. Lampu senter mempunyai daya pancar cahaya berbeda-beda, baik dari jarak hingga rentang sebaran cahaya yang variatif tergantung rancangan dasar senter.

Anda bisa memilih lampu senter dengan mudah ketika mengetahui poin-poin penting yang hendak kami bahas pada post ini. Di samping menjelaskan cara memilih produk, kami pun mereferensikan sepuluh lampu senter terbaik keluaran NatureHike, Olight, JetBeam, dan Meval. Agar tidak keliru, cermatilah tips memilih lampu senter di bawah ini!

Cara Memilih Lampu Senter

Pada bagian ini, kami akan mengulas secara singkat mengenai cara memilih lampu senter sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak beberapa poin berikut untuk memahami selengkapnya!

Pilih Senter dengan Kekuatan Cahaya berdasarkan Kebutuhan

Banyak orang beranggapan lampu senter berukuran besar menghasilkan cahaya lebih terang, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Besar kecilnya intensitas cahaya ditentukan satuan besaran cahaya yang disebut lumen (lm). Lumen merupakan keseluruhan intensitas sinar yang diperlukan untuk menerangi objek dengan distribusi cahaya (lebarnya cahaya) pada jarak tertentu.

Untuk Kebutuhan Darurat di Rumah, Pilihlah Senter dengan Intensitas Sinar antara 150 – 250 lm

Jika Anda membutuhkan senter untuk keadaan emergency di rumah seperti saat mati listrik, lampu senter dengan besaran lumen antara 150 – 250 lm sudah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Senter berdaya pancar rendah di bawah 100 lumen kurang ideal digunakan karena pada saat keadaan gelap gulita, Anda memerlukan sumber cahaya yang dapat menerangi jarak pandang Anda.

Di samping itu, perlu Anda ingat bahwa semakin besar nilai lumen, cahaya yang dihasilkan pun akan semakin terang. Cahaya yang terlalu terang justru dapat menyilaukan mata dan menyebabkan ketidaknyamanan, terlebih ketika tak senagja cahaya senter mengenai mata orang lain. Karena itulah untuk rumahan, sebaiknya Anda pilih lampu senter dengan tingkat kecerahan yang tidak berlebihan.

Untuk Penggunaan Outdoor, Pilihlah Senter dengan Intensitas Sinar Lebih Besar dari 300 lm

Apabila Anda memerlukan lampu senter untuk menemani kegiatan outdoor seperti hiking, pendakian gunung, dan berkemah, senter terang sangatlah penting Anda miliki. Sebab kondisi malam di alam terbuka yang lebih tidak terprediksi, Anda dituntut untuk selalu waspada, maka itu diperlukan sumber cahaya yang cukup terang untuk menerangi lingkungan sekitar.

Kami menyarankan Anda memilih senter dengan output sinar lebih dari 300 lumen untuk kegiatan luar ruangan. Kecerahannya tak hanya cukup untuk memperluas jarak pandang di malam hari, tetapi juga dapat menampakkan visual objek dengan lebih jelas. Selain kegiatan di alam, untuk ronda keliling juga lebih ideal menggunakan lampu senter yang lebih terang.

Sesuaikan Jarak Pencahayaan Senter dengan Tujuan Penggunaan

Besaran jarak pencahayaan pada senter akan berpengaruh pada kemampuan menyorot objek di depannya. Pada kondisi dalam ruangan yang gelap gulita, Anda bisa memilih senter untuk membantu jarak pandang minimal 30 meter ke depan untuk keamanan Anda saat melangkah. Senter seperti ini cocok untuk persediaan di rumah atau dalam gedung.

Jika tujuan Anda adalah penerangan jarak jauh, tersedia pula senter dengan fungsi zoom yang mampu memperpanjang jarak pandang Anda serta memperjelas medan yang akan Anda lewati. Pilih senter dengan jangkauan minimal 5 meter bila Anda lebih sering menggunakan senter di rumah. Selain itu, ada lagi pilihan lampu senter dengan sifat cahaya melebar ke samping untuk memperluas view.

Daya Tahan Baterai termasuk Aspek yang Penting Diperhatikan

Mengetahui durasi nyala senter yang hendak dibeli merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Bila Anda hobi melakukan aktivitas outdoor semacam mendaki gunung dan berkemah, ada baiknya memilih senter dengan ketahanan baterai lebih dari 8 jam agar dapat menerangi kondisi malam lebih lama. Lebih baik lagi Anda mencari lampu senter dengan durasi nyala belasan jam, atau bahkan puluhan jam.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa waktu charging yang diperlukan untuk mengisi daya senter hingga penuh. Senter dengan kapasitas baterai besar biasanya dapat dinyalakan lebih lama, tetapi akan memerlukan waktu charging yang tidak sebentar. Anda perlu menyesuaikan waktu mengisi daya sebelum membawa senter agar lebih aman ketika Anda menggunakannya saat senter dalam keadaan full charge battery.

Utamakan Senter dengan Baterai yang Dapat Diisi Ulang

Sumber energi pada senter pada umumnya didapatkan dari baterai isi ulang atau baterai sekali pakai. Senter dengan jenis baterai yang dapat diisi ulang memang lebih sering dibanderol harga lebih tinggi, tetapi Anda bisa menganggapnya sebagai bentuk investasi di awal karena Anda tidak perlu repot mengganti baterai saat senter menunjukkan tanda-tanda low battery.

Terdapat beragam jenis senter isi ulang dilihat dari cara isi dayanya. Senter tenaga surya memanfaatkan panel surya untuk menyerap energi sinar matahari. Ada juga tipe dinamo engkol yang perlu diengkol dinamonya untuk pengisian daya. Belakangan, lampu senter tipe charging dengan kabel USB mulai marak diproduksi. Anda bisa memilih tipe baterai sesuai preferensi pribadi.

Pilih Tipe Pencahayaan sesuai Kebutuhan

Pertimbangkanlah tipe pencahayaan senter yang Anda perlukan untuk melakukan aktivitas berbeda. Cahaya menyebar akan cocok untuk berkemah atau saat kondisi bencana, sedangkan cahaya terfokus ideal untuk menjauhkan jarak pandang.

Cahaya Tersebar (Lentera): Cocok untuk Berkemah atau Ketika Kondisi Bencana

Lentera memiliki sifat cahaya melebar sehingga penerangannya mengelilingi lingkungan sekitar. Intensitas cahaya yang dihasilkan pas dan tidak terlalu terang, membuatnya ramah untuk mata.

Senter jenis ini ideal digunakan pada saat kondisi bencana atau listrik padam. Untuk penerangan belajar anak saat keadaan gelap juga lebih cocok menggunakan senter tipe cahaya lentera.

Cahaya Terfokus (Pen Light): Menerangi Jalan dengan Cahaya Terang

Senter dengan cahaya terfokus atau pen light lebih cocok digunakan pada saat perjalanan atau ketika Anda perlu pencahayaan lebih ketika mencari sesuatu dalam kondisi gelap.

Oleh sebab cahayanya ditembakkan pada satu titik, tipe cahaya pen light dapat memperjelas penampakan objek yang berjarak cukup jauh, serta memungkinkan Anda membuka jalan secara kontinu ke arah yang dituju.

Jangan Lupa Memeriksa Fitur Tambahan yang Disediakan

Membeli produk dengan sematan fitur tambahan akan menambah kenyamanan Anda saat menggunakan produk tersebut. Makanya, cek pula fitur-fitur lain yang terdapat pada senter pilihan Anda.

Fitur Antiair yang Tetap Berfungsi dalam Kondisi Hujan

Lampu senter dengan fungsi antiair akan terasa manfaatnya, terlebih untuk penggunaan di luar ruangan. Ketika musim penghujan, Anda tidak perlu khawatir lampu senter mengalami korsleting akibat dimasuki air.

Senter dengan fitur water resistant atau waterproof dapat Anda kenali dengan melihat apakah tercantum label IPX (International Protection X). Biasanya produk dengan IPX8 masih tetap berfungsi meskipun terendam dalam air pada kedalaman 2 meter.

Fitur Antiguncang yang Membuat Senter Lebih Awet

Semakin tinggi nilai IPX suatu produk, biasanya semakin baik pula build quality produk tersebut. Sebagai gambaran, lampu senter dengan sertifikasi IPX7 atau lebih sudah memenuhi standar kemiliteran yang membuatnya mampu menahan guncangan dengan lebih baik.

Lampu senter yang dibekali fungsi antiguncang atau shock resistant cocok digunakan untuk kegiatan ekstrem seperti hiking dan mountain climbing. Bila Anda ingin mencari senter yang tak hanya terang, tetapi juga tangguh serta tahan lama, cobalah membeli senter yang memiliki fitur antiguncang.

Fitur Lampu Kelip untuk Meminta Pertolongan pada Kondisi Darurat

Lampu senter yang dapat menembakkan cahaya kelap-kelip akan berguna ketika Anda sedang dalam kondisi darurat. Semisal di malam hari atau Anda ingin memberi sinyal ke orang lain yang lokasinya dekat, Anda bisa memanfaatkan lampu kelip untuk mengundang perhatian mereka.

Biasanya lampu senter ini dipilih oleh mereka yang hobi melakukan daki gunung. Dengan adanya fungsi kelip atau mode SOS (Save Our Ship/Save Our Souls), orang lain akan mudah menemukan Anda saat tersesat di gunung atau hutan. Pada artikel rekomendasi di bawah, kami mencatumkan beberapa produk yang dibekali fungsi ini.

Fitur Radio untuk Menerima Kabar Berita Terkini

Selain deretan fitur canggih di atas, masih ada fitur senter menarik berupa produk yang dibenamkan fungsi radio. Senter dengan tambahan radio mampu menangkap sinyal dual band AM dan FM. Radio di dalamnya dapat Anda gunakan tanpa listrik, menjadikannya ideal dioperasikan meski saat kondisi listrik padam.

Tak hanya itu, pada situasi bencana, senter berfitur radio akan berguna sebagai sarana memperoleh informasi faktual mengenai keadaan terkini. Sebab saat situasi bencana, sinyal pada gadget tak jarang mengalami gangguan. Maka itu, cobalah pertimbangkan lampu senter yang disematkan radio agar Anda tetap update terhadap info terbaru.

10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik

Setelah mengetahui poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli lampu senter, sekarang waktunya Anda melihat rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek. Anda dapat memilih lampu senter dengan fitur waterproof, radio, shock resistant, mode kelip, serta tingkat tingkat lumen dan ketahanan baterai berbeda-beda. Selamat memilih!

1. NatureHike NH15A003-I Tent Light

Ringan, mudah dibawa, dan ukurannya dapat diatur

Aktivitas di alam bebas seperti mountain climbing menuntut Anda untuk membawa barang bawaan sesedikit mungkin agar ransel tidak berat. Untuk kebutuhan penerangan, lampu senter keluaran NatureHike ini dapat menjadi pilihan Anda. Senter ini memiliki bobot ringan, mudah disimpan, serta tidak banyak makan tempat.

Skala 130 lm menjadikan NatureHike NH15A003-I Tent Light takkan membuat mata silau. Bertipe cahaya lentera, produk ini berguna sebagai penerang tenda. Terdapat fungsi SOS untuk keadaan emergency, misalnya ketika Anda tersesat atau sedang dalam bahaya. Saat tidak digunakan, senter ini bisa dikecilkan ukurannya, lho!

Kekuatan cahaya130 lm
Jarak pencahayaanTidak disebutkan
Daya tahan baterai± 8 jam
Jenis bateraiBaterai sekali pakai (3 x baterai AAA)
Tipe pencahayaanLentera
Fitur tambahanRedup (100 jam), lampu kelip/SOS
Kisaran hargaRp80.000

2. Olight i3E EOS – Black

Nyaman dan kompak untuk berbagai kondisi

Saat mati listrik di malam hari, hal pertama yang Anda cari kemungkinan besar adalah alat penerangan. Jangan pakai flashlight smartphone yang sinarnya begitu terang, tetapi gunakanlah Olight i3E sebagai penolong Anda. Dengan output kecerahan 90 lumen, produk ini memudahkan Anda mencari barang dalam kondisi gelap hingga sebagai pembuka jalan.

Senter ini menggunakan LED (Light-Emitting Diode) berkualitas besutan Phillips Luxeon TX dengan durasi hidup hingga 60.000 jam! Selain tahan lama, senter ini sangat nyaman Anda gunakan di rumah. Serta ukuran yang travel friendly memungkinkan Anda memasukkan senter ke dalam tas maupun saku tanpa mengambil banyak space.

Kekuatan cahaya90 lm
Jarak pencahayaan± 44 m
Daya tahan bateraiTidak dicantumkan
Jenis bateraiBaterai sekali pakai (1 x baterai AAA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanIPX8 Waterproof
Kisaran hargaRp184.000

3. JetBeam Jet-I MK Tiny Flashlight LED Cree XP-G2

Berukuran mini, namun tingkat luminasinya tinggi!

Flashlight satu ini datang dalam ukuran kecil sekitar 8 cm dengan bobot kurang dari 200 gram. Walau kecil, senter ini mampu menembakkan cahaya dengan level kecerahan mencapai 480 lumen, lho! Tak hanya itu, jarak tembaknya pun mencapai 130 meter.

Karena ukurannya yang kecil, sinar yang ditembakkan juga berukuran mini sehingga objek yang diterangi sangatlah fokus. JetBeam Jet-I MK XP-G2 mungkin kurang cocok untuk kegiatan outdoor karena khawatir selip atau hilang. Tetapi untuk persediaan keadaan darurat di rumah, tentu produk ini menjadi salah satu pilihan terbaik!

Kekuatan cahaya480 lm
Jarak pencahayaan± 130 m
Daya tahan baterai± 30 menit – 100 jam
Jenis bateraiBaterai sekali pakai dan rechargable (1 x baterai AA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanPengaturan intensitas cahaya (turbo dengan baterai tipe 14500, high, medium, dan low), IPX8 Waterproof
Kisaran hargaRp184.000

4. Mitsuyama MS-4022

Senter ekonomis dengan fungsi radio FM dan pemutar mp3

Sedang mencari lampu senter multiguna? Anda mungkin akan tertarik dengan radio mini senter dari Mitsuyama satu ini. Pada pembelian satu produk, Anda mendapatkan sedikitnya 3 fungsi dasar, yakni penerangan, radio, dan pemutar mp3. Radionya dapat memutar sinyal radio FM agar Anda selalu update informasi atau sekadar mencari siaran hiburan.

Selain itu, Mitsuyama MS-4022 disematkan ruang microSD untuk Anda pakai memutar lagu favorit. Pada bagian daya, Anda tidak perlu khawatir karena baterainya rechargeable. Seluruh nilai lebih yang dimiliki oleh lampu senter ini dapat Anda nikmati hanya dengan menyiapkan budget tak sampai Rp100.000. Tertarik meminang unit senter ini?

Kekuatan cahayaTidak dicantumkan
Jarak pencahayaanTidak dicantumkan
Daya tahan bateraiTidak dicantumkan
Jenis bateraiBaterai isi ulang (litium 1.200 mAh), baterai sekali pakai (3 x baterai AA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanSiaran radio FM, pemutar MP3 dari USB flashdisk dan SD/TF card, headphone
Kisaran hargaRp79.000

5. Shenyu YF1021 Stick Self Defense LED Flashlight

Senter 2 in 1 yang bisa digunakan sebagai alat perlindungan diri

Mengadaptasi desain unik menyerupai alat pemukul baseball, senter ini memiliki build quality yang kompak dengan durable mumpuni. Material luarnya berkarakter keras tersusun dari aluminium aloi menjadikan Shenyu YF1021 berguna sebagai alat self defense untuk melumpuhkan lawan yang membahayakan keselamatan Anda.

Bahan aluminium alloy terkenal dengan sifat sangat kuat namun tetap mempertahankan bobot ringan. Tangan Anda takkan cepat pegal ketika memegangi senter. Soal kemampuannya sebagai alat penerang juga unggul, dilengkapi daya pancar cahaya mencapai 2.000 lumens, senter ini sanggup menerangi objek pada jarak tembak mencapai 250 meter!

Kekuatan cahaya200 – 2.000 lm
Jarak pencahayaan± 200 – 500 m
Daya tahan bateraiTidak dicantumkan
Jenis bateraiBaterai isi ulang (1 x baterai 18560), Baterai sekali pakai (4 x baterai AA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanAntiguncang, alat bela diri, waterproof, lampu kelip, COB side light
Kisaran hargaRp239.000

6. Aoki AK-6686L Senter LED

Senter dengan diameter lensa jumbo untuk cahaya lebih menyebar

Ada kalanya Anda membutuhkan senter terfokus, tetapi cahaya yang terpancar tetap menyebar. Guna mengaminkan kebutuhan tersebut, Anda dapat memilih senter berdiameter lensa lebar seperti Aoki AK-6686. Senter ini ideal Anda andalkan untuk ronda malam berkat banyaknya cakupan wilayah yang mampu diterangi.

Berbicara diameter lensa, Aoki AK-6686L memiliki diameter lensa 10,3 cm. Baterai berkapasitas 3.600 mAh akan menghemat pemakaian daya hingga belasan jam. Output cahaya LED senter ini sangat terang dan minim energi. Satu lagi, ketahanan recharge lebih dari 500 kali menjadikannya awet untuk penggunaan jangka panjang.

Kekuatan cahayaTidak dicantumkan
Jarak pencahayaanTidak dicantumkan
Daya tahan baterai± 10 jam
Jenis bateraiBaterai isi ulang (1 x baterai litium 3.600 mAh)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanZoom
Kisaran hargaRp94.500

7. Olight i3T EOS – Black

Senter dengan ukuran pas di genggaman tangan yang sangat praktis

Jika Anda mencari senter berukuran super mini yang nyaman digenggam satu tangan, produk unggulan Olight ini mungkin Anda sukai. Mengusung desain knurling helix ganda, grip pegangan senter kuat serta tampak stylish. Ukuran mungil produk memungkinkannya praktis Anda bawa, termasuk saat travelling.

Selain berbobot ringan, Olight i3T EOS bisa Anda simpan ke dalam saku maupun dihubungkan ke strap untuk kondisi siaga. Anda juga dimungkinkan melakukan pengaturan mode lumen sesuai intensitas cahaya yang Anda butuhkan. Satu lagi, IPX8 Waterproof menjadikan produk ini tetap tangguh meski dipakai dalam kondisi hujan.

Kekuatan cahaya180 lm
Jarak pencahayaan± 60 m
Daya tahan baterai± 16 jam
Jenis bateraiBaterai sekali pakai (1 x baterai AAA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahanIPX8 Waterproof
Kisaran hargaRp377.000

8. Pocketman LED Flashlight

Handy flashlight dengan kemampuan zoom dan fitur water resistant

Pocketman LED Flashlight dapat menembakkan cahaya berkekuatan 2.000 lumen. Senter ini didukung fungsi zoom in dan zoom out untuk penggunaan sesuai keperluan. Meskipun ukuran senter hanya satu kepalan tangan, fitur zoom memungkinkan alat menyediakan penerangan dengan cahaya yang wide.

Tak hanya itu, sertifikasi water resistant yang dimiliki Pocketman LED Flashlight membuatnya mampu menahan cipratan air, serta lebih aman digunakan saat kondisi hujan. Senter ini dibekali 3 mode cahaya yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Baik menggunakan baterai sekali pakai maupun rechargeable, senter ini tetap berfungsi optimal!

Kekuatan cahaya2.000 lm
Jarak pencahayaanTidak dicantumkan
Daya tahan bateraiTidak dicantumkan
Jenis bateraiBaterai sekali pakai (1 x baterai AA), baterai isi ulang (1 x baterai AA)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahan3 mode pencahayaan, zoom in dan zoom out, antiair
Kisaran hargaRp22.900

9. Cree Flashlight Q5

Senter ekonomis dengan fitur antiair

Biasanya, senter berfitur waterproof dipatok dengan nilai jual tinggi. Namun, Cree Flashlight Q5 masuk ke dalam daftar pengecualian. Meskipun terjangkau, bodi senter cukup solid, lengkap dengan tactical tail switch untuk tombol on/off-nya. Model switcher semacam ini memungkinkan Anda mengoperasikan senter pakai satu tangan.

Perihal daya, Cree Flashlight Q5 ditenagai baterai 18650 yang dapat diisi ulang apabila dayanya sudah habis. Selain itu, kekuatan cahaya yang dihasilkan senter mampu menjangkau jarak hingga 100 meter. Jika Anda mencari senter di bawah Rp50.000 dengan kualitas premium, jangan sampai Anda lewatkan produk ini. Apalagi, daya tahan baterai mencapai belasan jam berhasil memasukan banyak pengguna!

Kekuatan cahaya3.800 lm
Jarak pencahayaan± 100 m
Daya tahan baterai± 10 – 30 jam
Jenis bateraiBaterai isi ulang (1 x baterai 18650)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahan
Kisaran hargaRp37.500

10. Meval LED Senter 5W Hi-Power

Dilengkapi fitur pengaturan daya untuk baterai tahan hingga 20 jam!

Satu lagi pilihan senter yang memiliki diameter lensa berukuran besar. Meval LED Senter 5W Hi-Power istimewa karena memiliki penyebaran sudut mencapai 90° dengan jarak tembak sejauh 100 meter. Di dalamnya tersemat kabel charger terpisah untuk kemudahan pengisian daya.

Senter ini mempunyai fitur pemilih tipe daya yang hendak digunakan. Tipe daya rendah akan menghasilkan cahaya fokus untuk jarak dekat, sementara tipe daya tinggi untuk fokus jarak lebih jauh. Berkat cara ini, senter pun semakin efektif dalam melakukan penghematan daya.

Kekuatan cahayaTidak dicantumkan
Jarak pencahayaan± 100 m
Daya tahan baterai± 5 – 20 jam
Jenis bateraiBaterai isi ulang (sealed lead acid)
Tipe pencahayaanPen light
Fitur tambahan2 mode pencahayaan
Kisaran hargaRp157.760

Lihat juga rekomendasi lampu emergency terbaik di sini!

Bila Anda memerlukan lampu khusus emergency, pilihlah produk yang nyaman dijinjing. Sebaiknya lampu emergency pilihan Anda juga dapat digantung atau tegak saat posisi didirikan.

Sediaan lampu emergency di pasaran cukup banyak.  Kenmaster, Tecstar, dan MEVAL ikut memproduksi produk terbaiknya. Silakan pilih produk paling tepat sesuai kebutuhan Anda pada link berikut.

10 Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik

Kesimpulan

Pada keadaan emergency, lampu senter menjadi barang wajib yang harus Anda pegang. Saat melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah di pegunungan dan sebagainya pun, Anda akan sangat terbantu dengan keberadaan lampu senter. Lagi-lagi kami ingatkan, lampu senter terbaik hanya akan Anda miliki bila menentukan spesifikasi berdasarkan kebutuhan.

Oleh sebab itu, tentukan sendiri kebutuhan Anda terhadap daya pancar cahaya yang ditunjukkan dalam satuan lumen (lm). Perhatikan ketahanan senter menyala, utamakan lampu senter yang mampu menyala lebih dari 8 jam. Saat kondisi gelap, Anda akan tertolong dengan lampu senter yang dapat di-zoom in maupun zoom out. Soal fitur, paling tidak pilih yang waterproof, tersedia radio, dan lampu kelip, ya!

(Visited 3.954 times, 44 visits today)