Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik

Kabel data dapat dipakai untuk mengecas baterai smartphone, sekaligus menghubungkannya ke komputer. Khusus untuk iPhone, kabel data yang digunakan agak unik karena memiliki konektor yang berbeda, yaitu Lightning. Alhasil, membeli kabel data iPhone tidak bisa sembarangan. Kalau tidak teliti, kabel data yang dibeli bisa saja tidak cocok untuk digunakan dengan iPhone.

Merek kabel data iPhone ada banyak. Mulai dari buatan Apple sendiri, maupun pihak ketiga seperti Aukey, Anker, dan Nomad. Supaya tidak salah beli, kami akan menjelaskan cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami juga telah merangkum sepuluh kabel data iPhone terbaik khusus buat Anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Kabel Data iPhone

Membeli kabel data iPhone tidaklah sesederhana kedengarannya. Terdapat sederet aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari ada tidaknya sertifikasi MFi, jenis konektor, material jaket kabel, panjang kabel, hingga garansinya.

Jika Bukan Produk Apple, Pastikan Ada Sertifikasi MFi

Untuk digunakan dengan iPhone, kabel data buatan Apple tentu sudah pasti cocok. Tapi bagaimana jika Anda lebih tertarik dengan merek lain karena alasan tertentu? Kalau begitu, aspek pertama yang harus Anda perhatikan adalah ada atau tidaknya sertifikasi MFi (Made for iPhone).

Produk yang memiliki sertifikasi MFi berarti telah lolos tes kelayakan oleh Apple. Beberapa aspek yang dinilai adalah keamanan, ketahanan, dan kompabilitasnya dengan seluruh perangkat Apple. Anda tentu sudah tahu bahwa iPhone dan sebagian besar perangkat Apple lainnya memakai konektor Lightning. Standar produksi konektor Lightning ini sangat ketat agar kualitasnya konsisten pada semua produk.

Produk yang tak memiliki sertifikasi MFi seringkali tidak dapat memenuhi standar ketat tadi. Menghasilkan kabel data dengan sederet masalah, seperti konektor terasa panas dan tidak mantap saat dicolok di port. Kabel seperti ini tidak jarang juga memiliki masalah kompatibilitas alias tidak bekerja sama sekali. Hal macam inilah mengapa kabel data yang tak punya sertifikat MFi lebih baik dihindari saja.

Pilih Konektor Kabel yang Pas dengan Jenis Port Adaptor dan iPhone Anda

Dari konektor Lightning yang akan dicolok ke iPhone, Anda memiliki beberapa opsi jenis konektor untuk disambungkan ke adaptor/charger maupun komputer Anda. Berikut ini kami jelaskan satu per satu dengan keunggulannya masing-masing. Kendati begitu, pada akhirnya Anda perlu mengikuti jenis port apa yang dimiliki oleh adaptor dan komputer Anda.

USB-C ke Lightning: Pengisian Daya dan Transfer File Lebih Cepat

blank

Jika iPhone dan adaptor Anda memiliki fitur fast charging, sebaiknya Anda pakai kabel data yang mendukung fast charging pula. Pada USB, fast charging hanya didukung melalui konektor USB-C. Jadi, supaya fitur fast charging Anda terpakai, pastikan kabel data yang Anda pilih memiliki konektor USB-C ke Lightning.

Sekalipun iPhone atau adaptor Anda belum mendukung fast charging, protokol USB-C setidaknya tetap menawarkan kecepatan pengisian lebih tinggi dibanding USB-A. Hal yang sama juga berlaku pada kecepatan transfer data dari komputer. Pada teknologi terbarunya, yakni Thunderbolt 3, USB-C mendukung kecepatan transfer data sampai 40 Gbps.

USB-A ke Lightning: Untuk Device yang Belum Mendukung Fast Charging

blank

Kalau Anda masih pakai iPhone 8 ke bawah, kemungkinan besar ponsel pintar Anda ini belum mendukung fast charging. Dengan demikian, kabel data berkonektor USB-A dapat jadi pilihan yang lebih masuk akal.

Meskipun bukan yang tercepat soal pengisian daya dan transfer data dari komputer, kabel data ini bernilai karena masih banyak device yang hanya memiliki port USB-A. Termasuk adaptor dan komputer/laptop. Hasilnya, iPhone Anda bakal lebih mudah tersambung ke komputer. Apalagi bila Anda masih menggunakan komputer/laptop keluaran lama.

3-in-1: Lebih Fungsional untuk Digunakan Juga pada Perangkat Lain

Kabel data 3-in-1 atau kadang juga disebut universal menggabungkan tiga buah konektor ke dalam satu kabel, yakni micro-USB, Lightning, dan USB-C. Kabel data seperti ini cocok buat Anda yang tak hanya menggunakannya pada iPhone.

Dengan adanya konektor micro-USB dan USB-C, kabel data dapat dicolokkan pada ponsel pintar selain iPhone, maupun alat elektronik lain yang juga menggunakan USB.

Periksa Kecepatan Transfer Datanya

blank

Kabel data Lightning tak hanya dapat dipakai untuk mengecas iPhone, melainkan juga mentransfer data dari komputer. Jika Anda berniat memakainya untuk keperluan ini, maka Anda harus memeriksa kecepatan transfer datanya. Kecepatan transfer data ini salah satunya ditentukan oleh spesifikasi USB kabel data itu sendiri.

Kabel data yang berkualitas memiliki spesifikasi USB 2.0 yang maksimum kecepatan transfernya mencapai 480 Mbps. Di kecepatan ini, Anda dapat memindahkan foto maupun video dari iPhone untuk di-backup ke komputer nyaris secara instan. Semua kabel data yang telah lolos MFi mestinya memiliki spesifikasi ini.

Sementara, kabel data yang harganya lebih murah masih ada yang memiliki spesifikasi USB 1.1 dengan kecepatan transfer maksimal hanya 1,5 Mbps. Karena kecepatan yang rendah ini, di pasaran, produk seperti ini biasanya tidak mencantumkan spesifikasi USB ataupun kecepatan transfer. Bahkan mungkin tak memiliki sertifikasi MFi. Sebab itu, produk ini sebaiknya dihindari saja, kecuali Anda memang tak berencana menggunakannya untuk mentransfer data.

Biar Lebih Tahan Lama, Sebaiknya Pilih Kabel dengan Jaket Braided Nylon

blank

Kabel data adalah aksesori iPhone yang akan Anda pakai setiap hari, bahkan mungkin beberapa kali dalam sehari. Sebab itu, Anda perlu memilih kabel data dengan durabilitas tinggi agar tidak cepat rusak. Salah satu bagian kabel yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah lapisan terluar kabel itu sendiri atau disebut jaket.

Thermoplastic elastomer (TPE) atau kadang disebut thermoplastic rubber merupakan salah satu material jaket kabel data yang paling umum. Kabel data bawaan iPhone Anda pun kemungkinan besar memakai material ini. TPE merupakan bahan jaket yang memiliki ketahanan baik. Kendati begitu, permukaannya lebih mudah sobek jika dilekuk terlalu keras atau terkena benda tajam.

Jaket yang memiliki durabilitas paling tinggi untuk kabel data adalah braided nylon. Sebagaimana namanya, jaket ini terbuat dari nilon yang dikepang di sepanjang kabel. Nilon adalah material dengan karakteristik yang kuat sekaligus elastis. Material ini dapat melindungi kabel dari kerusakan yang kerap diakibatkan oleh lekukan. Terutama pada bagian kabel dekat kepala konektor.

Banyak pula produk yang mengombinasikan material TPE dengan braided nylon. Di mana TPE menjadi lapisan pertama, kemudian dibungkus oleh braided nylon pada lapisan terluar. Produk kombinasi TPE dan braided nylon memiliki ketahanan yang lebih baik lagi. Tentu harganya pun bakal lebih mahal dibanding braided nylon biasa.

Sesuaikan Panjang Kabel dengan Kebutuhan

blank

Meski terdengar sepele, memerhatikan panjang kabel sebelum membeli kabel data sebenarnya cukup penting. Panjang kabel perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Kalau Anda suka membuka smartphone di tempat tidur misalnya, tentu bakal lebih nyaman bila Anda bisa sambil mengecas dayanya. Alhasil, kalau kebetulan stopkontaknya jauh, kabel data yang dibeli harus lebih panjang.

Kendati demikian, kabel yang terlalu panjang juga menimbulkan sederet masalah. Mulai dari makan tempat, berat, sampai memperlambat waktu pengecasan dan transfer data. Sekalipun begitu, dampak yang terakhir ini baru akan terasa jika kabelnya panjang sekali. Dengan kata lain, kabel yang panjangnya sesuai hampir selalu menjadi pilihan yang lebih baik.

Jangan Lupa untuk Mengecek Garansinya

blank

Anda akan selalu membutukan kabel data buat iPhone Anda. Supaya tidak perlu membeli yang baru terus tiap kali rusak, lebih baik membeli produk yang memiliki garansi resmi. Dengan adanya garansi, jika kabel data Anda rusak selama masa garansi tersebut, Anda dapat akan mendapat servis gratis atau bahkan penggantian unit baru.

Masa garansi setiap produk berbeda-beda. Pastikan produk yang Anda pilih menawarkan garansi paling tidak satu tahun. Produk yang lebih bagus sekaligus mahal biasanya menawarkan garansi 18 bulan sampai 3 tahun.

10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik

Setelah paham bagaimana caranya memilih kabel data iPhone yang baik, sekarang saatnya belanja. Di bagian ini kami telah merangkum sepuluh produk terbaik dari berbagai merek yang sangat pantas untuk Anda pertimbangkan.

1. Anker PowerLine Select USB-C Cable with Lightning connector 3ft A8612

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Didukung teknologi PD untuk pengecasan yang lebih cepat

Meskipun belum memakai braided nylon, Anker PowerLine ini memiliki durabilitas yang baik. Menurut klaim, kabel ini dapat bertahan dari 12 ribu tekukan. Dari segi kemampuan mengisi daya, produk ini juga unggul berkat dukungan teknologi Power Delivery (PD) untuk mengecas lebih cepat. Supaya kerjanya maksimal, pastikan charger yang Anda pakai juga mendukung teknologi PD.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada pelindung kabel ekstra di dekat kepala konektor.
  • Garansi lebih lama dari kebanyakan kabel data lain.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Belum pakai braided nylon.
Konektor USB-C ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Thermoplastic elastomer
Garansi 18 bulan
Panjang 0,9 m
Kisaran harga Rp499.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Anker PowerLine+ Lightning Mfi Certified 6ft/1.8m A8122H92

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Antikusut berkat jaket braided nylon

Anker PowerLine+ merupakan kabel data yang memiliki jaket braided nylon. Selain enam kali lebih durabel dari kabel data biasa, salah satu keunggulan lain kabel ini adalah sifatnya yang antikusut.

Seperti yang kita tahu, kabel sangat mudah kusut ketika ditaruh di dalam tas. Dengan produk ini, masalah tersebut takkan lagi Anda alami. Menariknya lagi, kabel ini juga memiliki panjang di atas rata-rata kabel lain.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kabel panjang tapi tidak kusut berkat jaket braided nylon.
  • Ada pouch untuk melilit kabel agar tidak berantakan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Konektor USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Braided nylon
Garansi 18 bulan
Panjang 1,8 m
Kisaran harga Rp433.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Aukey CB-CL1 USB-C to Lightning Cable (3.3ft) 500368

blank

Sumber: Aukey.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mampu mengisi 50 persen daya hanya dalam 30 menit

Jika Anda menggunakan iPhone 8 ke atas yang sudah mendukung fast charging, Anda dapat coba kabel data Aukey ini. Klaimnya, kabel ini dapat mengisi 50 persen daya iPhone Anda hanya dalam waktu 30 menit.

Selain itu, produk ini memiliki spesifikasi USB 2.0 yang akan menjadikan transfer data berlangsung secepat kilat. Asyiknya lagi, harga yang dibanderol untuk produk ini relatif terjangkau.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Garansi ganti baru ekstra panjang sampai 2 tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Belum pakai braided nylon.
Konektor USB-C ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket TPE
Garansi 2 tahun
Panjang 1,2 m
Kisaran harga Rp209.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Aukey CB-BAL6 Cable 1m Mfi Lightning Braided Nylon

blank

Sumber: Aukey.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi konektor 90 derajat yang lebih fleksibel

Kabel data Aukey satu ini agak unik karena memiliki konektor 90 derajat. Konektor seperti ini relatif lebih fleksibel karena mudah diatur sesuai arah datangnya kabel. Alhasil, kabel tidak banyak tertekuk, yang lantas memperpanjang keawetannya.

Keawetan kabel ini makin diperkuat oleh kombinasi antara braided nylon pada bagian terluar kabel dan komponen dalam yang terbuat dari tembaga.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Transfer data mencapai 5 Gbps. Di atas standar kecepatan transfer kabel data kebanyakan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Konektor USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Braided nylon
Garansi 2 tahun
Panjang 1,2 m
Kisaran harga Rp192.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Baseus Cafule Cable

blank

Sumber: Baseus.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kabel data murah meriah yang cocok jadi cadangan

Bila Anda hanya butuh kabel data cadangan dan ogah keluar uang banyak, Anda dapat mencoba kabel data murah meriah dari Baseus ini. Dari sisi spesifikasi, produk ini terlihat cukup baik dengan kecepatan transfer sampai 480 Mbps dan jaket kabel dari braided nylon.

Meski tidak memiliki sertifikasi MFi, jika sekadar dijadikan cadangan untuk keadaan darurat, mestinya kabel data ini cukup bisa diandalkan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga sangat miring.
  • Spesifikasinya terbilang cukup baik jika dibandingkan kabel data murah meriah lainnya.
  • Sudah braided nylon.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Konsistensi kualitasnya mungkin tak terjamin pada tiap unit karena tidak ada sertifikat MFi.
Konektor USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi ×
Material jaket Nylon braided
Garansi Tidak disebutkan
Panjang 1 m
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Nomad Lightning Cable USB-C

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Durabilitas tinggi berkat pengimplementasian jaket braided kevlar

Di bagian cara memilih kami telah menjelaskan bahwa braided nylon merupakan jaket kabel data dengan durabilitas paling tinggi. Produk Nomad satu ini membawa durabilitas itu satu level lebih tinggi dengan pengimplementasian jaket braided kevlar. Dibanding nilon, kevlar jauh lebih kuat, bahkan juga tahan panas dan cairan asam.

Durabilitas tinggi ini tidak hanya berlaku untuk kabel, melainkan juga kepala konektor. Housing konektor kabel data Nomad ini terbuat dari alloy, yakni sejenis metal yang terbuat dari kombinasi jenis metal yang lain. Jika kedua hal ini masih kurang, Nomad juga memberlakukan garansi sampai lima tahun untuk produk ini!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Durabilitas lebih unggul dari kabel data braided nylon.
  • Ada pengait silikon supaya kabel tidak kusut.
  • Garansi jauh lebih lama dibanding kebanyakan kabel data lain.
  • Ada dua pilihan panjang: 1,5 atau 3 meter.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa orang mungkin enggan mengeluarkan biaya sebanyak ini untuk sekadar membeli kabel data.
Konektor USB-C ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Nylon braided
Garansi 5 tahun
Panjang 1,5 m
Kisaran harga Rp424.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Nomad Universal Cable USB-A

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dengan 3 konektor, tak perlu lagi bawa banyak kabel saat bepergian!

Kala bepergian, tentu perangkat-perangkat yang Anda bawa akan kehabisan baterai dan perlu dicas. Kecuali semua perangkat Anda adalah produk Apple, Anda mungkin harus mempersiapkan beberapa kabel dengan konektor berbeda. Daripada repot membawa banyak kabel, lebih baik beli kabel universal dari Nomad satu ini.

Meski ada tiga konektor berbeda, perlu diingat bahwa pengecasan tetap mesti dilakukan satu per satu. Tidak boleh sekaligus. Sementara itu, untuk menjamin durabilitas, seperti kabel data Nomad di nomor sebelumnya, produk ini juga mengimplementasikan jaket braided kevlar dan housing konektor dari alloy.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Fungsionalitas maksimal dengan tiga jenis konektor.
  • Ada pilihan panjang antara 0,3 dan 1,5 meter.
  • Durabilitas tinggi.
  • Garansi ekstra panjang.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan buat beberapa orang.
Konektor USB-A ke Lightning, USB-C, dan Micro-USB
Sertifikat MFi
Material jaket Braided nylon
Garansi 5 tahun
Panjang 1,5 m
Kisaran harga Rp499.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Apple USB-C to Lightning Cable

blank

Sumber: Apple.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menjadi pilihan yang paling aman karena diproduksi sendiri oleh Apple

Ini adalah kabel data bawaan yang Anda dapat dalam paket penjualan saat membeli iPhone Anda dulu. Kalau kabel data bawaan Anda sudah rusak Anda dapat membelinya lagi. Karena dibuat sendiri oleh Apple tentu Anda takkan mengalami masalah performa dan kompabilitas. Bila Anda menyukai desainnya yang sederhana, inilah pilihan yang paling aman buat Anda.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Jaminan kompabilitas dengan seluruh perangkat Apple.
  • Menyediakan pilihan panjang antara 1 dan 2 meter.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya relatif mahal. Apalagi mengingat durabilitasnya yang biasa saja.
Konektor USB-C ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Tidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
Panjang 1 m
Kisaran harga Rp349.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Lazada

9. Vention Lightning Cable

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengimplementasikan konektor terbaru Apple C89

Vention Lightning Cable adalah kabel data yang mengimplementasikan konektor terbaru Apple yakni C89. Konektor terbaru ini diklaim lebih aman dan durabel. Selain itu juga memiliki perlindungan khusus dari overheating. Ketika mengecas, konektor ini juga memastikan iPhone Anda tidak mengalami overcharge yang dapat merusak ponsel Anda bila terjadi terus-menerus.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kompatibel dengan nyaris seluruh perangkat Apple. Bahkan iPhone generasi lama sekalipun.
  • Durabilitas tinggi berkat kabel kombinasi antara braided nylon dan TPE, serta housing konektor yang terbuat dari alloy.
  • Ada tiga pilihan panjang: 0,5, 1-1,5, dan 2 meter.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Konektor USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Nylon braided
Garansi Tidak disebutkan
Panjang 1 m
Kisaran harga Rp137.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. UGREEN MFi Certified Lightning Cable

blank

Sumber: Ugreen.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengecas dan mentransfer data sekaligus tanpa gangguan

Kabel data UGREEN ini menjadi alternatif lain yang bisa Anda pilih. Spesifikasinya cukup apik, baik dalam pengecasan maupun transfer data. Saat dicolok ke komputer, performa kedua aktivitas ini takkan saling mengganggu. Sementara itu, dari sisi durabilitas, produk ini telah mengimplementasikan braided nylon sehingga tak usah diragukan lagi.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitasnya kerap tidak konsisten pada tiap unit.
Konektor USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi
Material jaket Nylon braided
Garansi 12/18 bulan
Panjang 1 m
Kisaran harga Rp198.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Kabel Data iPhone

Produk Anker PowerLine Select USB-C Cable with   Lightning connector 3ft A8612 Anker PowerLine+ Lightning Mfi Certified   6ft/1.8m A8122H92 Aukey CB-CL1 USB-C to Lightning Cable (3.3ft)   500368 Aukey CB-BAL6 Cable 1m Mfi Lightning Braided   Nylon Baseus Cafule Cable Nomad Lightning Cable USB-C Nomad Universal Cable USB-A Apple USB-C to Lightning Cable Vention Lightning Cable UGREEN MFi Certified Lightning Cable
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Konektor USB-C ke Lightning USB-A ke Lightning USB-C ke Lightning USB-A ke Lightning USB-A ke Lightning USB-C ke Lightning USB-A ke Lightning, USB-C, dan Micro-USB USB-C ke Lightning USB-A ke Lightning USB-A ke Lightning
Sertifikat MFi ×
Material jaket Thermoplastic elastomer Braided nylon TPE Braided nylon Nylon braided Nylon braided Braided nylon Tidak disebutkan Nylon braided Nylon braided
Garansi 18 bulan 18 bulan 2 tahun 2 tahun Tidak disebutkan 5 tahun 5 tahun Tidak disebutkan Tidak disebutkan 12/18 bulan
Panjang 0,9 m 1,8 m 1,2 m 1,2 m 1 m 1,5 m 1,5 m 1 m 1 m 1 m
Kisaran harga Rp499.000 Rp433.000 Rp209.000 Rp192.000 Rp50.000 Rp424.000 Rp499.000 Rp349.000 Rp137.000 Rp198.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Lazada Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh produk di atas yang cocok buat Anda? Meski terkesan simpel, memilih kabel data memang cukup tricky. Beberapa aspek seperti sertifikasi MFi, jenis konektor, material jaket kabel, panjang kabel, serta garansinya perlu diperhatikan.

Kalau Anda masih bingung, sederhananya, Anda cukup membeli kabel data yang konektornya cocok dengan charger iPhone Anda. Antara USB-C atau USB-A. Setelah itu, pastikan bahwa kabel data tersebut memiliki sertifikasi MFi. Semoga Anda puas dengan kabel data iPhone yang Anda pilih, ya!

Referensi

What Does Apple MFi-Certified Mean?
https://www.howtogeek.com/426208/what-does-apple-mfi-certified-mean/ diakses pada 27 Juli 2021

Isi daya iPhone Anda dengan cepat
https://support.apple.com/id-id/HT208137 diakses pada 27 Juli 2021

The Best Lightning Cable for iPhone and iPad
https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/best-lightning-cable/ diakses pada 27 Juli 2021

Braided Lightning cables will make your life better — stop buying terrible cables!
https://www.imore.com/12-days-tech-tips-stop-buying-crappy-charging-cables diakses pada 27 Juli 2021

Do Yourself a Favor and Buy That Longer Charging Cable
https://onezero.medium.com/do-yourself-a-favor-and-buy-that-longer-charging-cable-12c7680418cd diakses pada 27 Juli 2021

You may also like

Comments are closed.