Written by 18:00 Bayi & Anak

10 Merk Biskuit Bayi yang Bagus dan Aman untuk MPASI

Milna Biskuit Bayi 6m

Saat memasuki usia 6 bulan ke atas, kebutuhan bayi akan nutrisi semakin meningkat. Pemberian ASI eksklusif tidaklah cukup, sehingga perlu ditunjang dengan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) bergizi tinggi. Salah satu cara paling umum dan mudah ditempuh adalah memberikannya biskuit bayi sebagai camilan khusus untuk dijadikan MPASI.

Namun, apakah aman memberikan bayi biskuit? Bagaimana anjuran penggunaan serta pemilihan produk biskuit bayi yang bagus dan benar? Kami akan menjawabnya satu per satu pada tulisan ini. Anda juga akan menengok 10 rekomendasi biskuit bayi terbaik dari berbagai merek, seperti Milna, Promina, Sun, dan Yummy Bites. Jadi, ikut terus artikel ini hingga tuntas!

Kapan Memberikan Biskuit Bayi Sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI)?

Kapan Memberikan Biskuit Bayi Sebagai MPASI

MPASI tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan bayi nutrisi tambahan, tetapi juga menanamkan kebiasaan makan kepadanya. Pilihlah sumber makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya, misalnya bubur oat, bubur beras, kabocha, dan sebagainya untuk 1 bulan pertama pengenalan MPASI. Tujuan pemberian menu tunggal ini akan membantu ibu mengetahui kemungkinan alergi anak terhadap makanan tertentu.

Pada tahap lanjutan, MPASI boleh diperkaya sumber gizi lain, seperti ikan, sayur, daging, ayam, dan buah-buahan. Selalu pastikan MPASI yang diberikan memiliki tekstur yang mudah larut, serta kuantitasnya disesuaikan bertahap agar bayi bisa beradaptasi dengan baik. Selepas usia 6 bulan atau bisa berbeda-beda juga pada setiap bayi, Anda baru bisa berikan camilan khusus bayi dalam kemasan seperti biskuit atau baby cracker.

Berikanlah biskuit bayi pada anak dalam porsi wajar, jangan berlebihan. Pastikan juga biskuit yang diberikan diolah khusus untuk bayi, tidak mengandung gula, garan, dan penyedap makanan atau monosodium glutamat (MSG). Pemberian camilan dalam bentuk biskuit ini juga harus diimbangi dengan pemberian ASI dan air putih sesuai kebutuhannya.

Cara Memilih Biskuit Bayi

Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum sebaik orang dewasa. Oleh karena itu, pastikan agar tidak sembarangan memberikannya biskuit bayi. Ikutilah panduan memilih biskuit bayi yang benar berikut ini supaya Anda temukan produk yang tepat!

Bacalah Aturan Pemberian agar Sesuai dengan Usia Bayi

Bacalah Aturan Pemberian agar Sesuai dengan Usia Bayi

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mencerna dan mengecap anak semakin meningkat, karena itu Anda harus sesuaikan dengan kemampuannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek label kemasan untuk mengetahui biskuit tersebut untuk anak rentang usia berapa. Di Indonesia, tidak sulit mencari biskuit bayi untuk umur 6 bulan. Bahkan beberapa dibentuk dalam tekstur yang lebih mudah dilumat dan larut dalam mulut sebagai biskuit untuk umur 5 bulan.

Selain ditujukan untuk anak ½ tahun, biskuit bayi juga tersedia untuk usia 1 tahun ke atas, dan bahkan usia 2 tahun ke atas. Yang biasanya menjadi pembeda tak lain adalah komposisi, nutrisi yang ditambahkan, serta tekstur yang dimiliki oleh masing-masing produk. Dengan memilih biskuit sesuai rentang usia bayi Anda, maka si kecil dapat memakannya dengan baik, saluran cerna pun tidak mengalami masalah.

Periksa Komposisi Beserta Kandungan Nutrisi yang Tersimpan di Dalamnya

Periksa Komposisi Beserta Kandungan Nutrisi yang Tersimpan di Dalamnya

Komposisi bahan pada biskuit bayi sangatlah beragam. Anda bakal menemui bermacam pilihan produk dengan bahan dasar berbeda-beda. Biskuit yang berbahan dasar kentang, umbu garut, beras, tepung, dan buah-buahan lebih sering dijumpai. Utamakan memilih biskuit yang kaya nutrisi, cocok untuk usianya, dan yang terpenting tidak menimbulkan masalah pencernaan dan alergi.

Selain itu, perhatikan juga kandungan nutrisi di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan bayi dan balita usia 6 – 24 bulan agar pertumbuhannya maksimal. Adapun nutrisi yang dimaksud seperti protein, vitamin A, B, C, D, E, dan K, asam lemak omega 3, kalsium, zat besi, dan zinc. Anda perlu membaca keterangan ingredients beserta persentase nutrisi yang dimilikinya.

Pilih Biskuit yang Mudah Digenggam dan Larut di Mulut

Pilih Biskuit yang Mudah Digenggam dan Larut di Mulut

Seiring meningkatnya usia, kemampuan bayi pun bertambah. Dari yang tadinya makan disuapi, dirinya makin sering menggunakan tangannya untuk menggenggam, termasuk memegang biskuit. Memberikan biskuit yang mudah digenggam tak hanya membantu si kecil makan sendiri, namun juga melatih saraf motoriknya agar kemampuan memegangnya semakin optimal.

Ukuran biskuit yang kecil lebih pas di tangan bayi. Selain itu, biskuit bayi yang dipegangnya juga harus mudah larut saat berada di mulut atau ketika dicampur dengan susu. Setelah menginjak usia 6 bulan, beberapa bayi mulai ditumbuhi gigi, namun sebagian lain tidak. Maka dari itu, penting memilih biskuit yang mudah ancur dan larut supaya bayi bisa menelan dengan mudah, sekaligus menghindarkan risiko tersedak.

Hindari Biskuit dengan Kandungan yang Tidak Baik untuk Bayi

Hindari Biskuit dengan Kandungan yang Tidak Baik untuk Bayi

Sudah pasti, biskuit bayi yang Anda kasih kepada buah hati haruslah aman untuk tubuhnya. Tak jarang ditemukan produk yang dilengkapi perasa untuk memberi rasa manis, seperti gula tambahan. Bahan pewarna dan pengawet juga disematkan pada komposisi untuk meningkatkan daya tahan biskuit agar tidak cepat kedaluwarsa.

Meski banyak yang mengakui kadar bahan kimia atau zat aditif yang digunakan memenuhi standar, sebaiknya Anda tetap pilih biskuit bayi yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut. Selain rasa manis, sebagian biskuit juga diberi MSG dan garam untuk menyedapkan rasa agar sedikit gurih. Anda juga perlu menghindari tambahan bahan semacam ini agar lebih tenang setiap kali memberikan biskuit kepada buah hati.

10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik di Indonesia

Sesudah menyimak cara memilh biskuit bayi, sekarang kami akan menampilkan sepuluh produk biskuit bayi terbaik. Perhatikan selalu keterangan produk pada kemasannya, mulai dari saran usia, komposisi, hingga tekstur yang dimiliki oleh masing-masingnya. Selamat memilih!

1. Promina Biskuit Marie Susu 6m+

Promina Biskuit Marie Susu 6m

Kisaran harga: Rp14.000

Menstimulasi daya genggam, jepit, kunyah, dan gigit buah hati

Para orang tua banyak memilihkan biskuit bayi Promina untuk buah hatinya. Selain alasan harga jual yang murah, Promina Biskuit Marie Susu dipilih karena komposisinya yang kaya akan zat besi, vitamin A, protein, dan kalsium. Bukan itu saja malahan, pada biskuit bayi Promina juga terdapat minyak ikan untuk dukung perkembangan otak anak.

Promina Biskuit Marie Susu dapat diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan. Mengonsumsi makanan ini akan menstimulasi kemampuan menggenggam (palmer grasp), menjepit (pincer grasp), mengunyah, dan menggit anak. Telah bersertifikasi halal dan aman dari BPOM, setiap dari Anda tidak perlu khawatir memberikan buah hati biskuit bayi Promina.

2. Sun Biskuit Marie Susu 6m+

Sun Biskuit Marie Susu 6m

Kisaran harga: Rp7.500

Bantu lengkapi kebutuhan gizi harian buah hati

Satu pack Sun Biskuit Marie Susu terdapat belasan keping biskuit yang diperkaya oleh protein, dan tetap mengutamakan kandungan berupa zat besi. Pada satu sajiannya, tubuh anak juga memperoleh lysine 29,76% yang akan mendorong keinginan makan. Jika Anda ingin memberikan biskuit bayi yang mudah dicerna, biskuit Sun pilihannya!

Anda bisa jadikan biskuit susu ini sebagai MPASI bagi buah hati. Ke-12 vitamin dan 8 mineral yang terkandung, termasuk kalsium, akan menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi. Biskuit yang kaya akan nutrisi ini cocok diberikan pada anak usia 8 – 24 bulan.

3. Yummy Bites Vegetable Flavor 6m+

Yummy Bites Vegetable Flavor 6m

Kisaran harga: Rp27.900

Hadir juga dalam varian original dan buah-buahan

Yummy Bites adalah produsen baby crackers yang disenangi para orang tua dan buah hatinya. Sebagai snack terbaik untuk bayi, Yummy Bites mengantongi banyak sekali kandungan gizi, seperti vitamin A, E, K, dan protein untuk menemani pertumbuhan anak selepas usia 6 bulan ke atas. Salah satu varian yang kami rekomendasikan adalah Vegetable Flavor.

Dalam satu kemasan box biskuit bayi Yummy Bites ukuran 50 gram terdapat 24 biskuit siap santap. Bentuknya oval panjang dengan tekstur renyah serta mudah lumer di mulut, membuat biskuit ini mudah dicerna anak. Bahannya yang berupa tepung beras Jepang berkualitas, gula, garam, dan pati kentang memberi rasa sedikit gurih pada biskuit ini.

4. Heinz Farley’s Rusks Reduce Sugar 4-6m (onwards)

Heinz Farleys Rusks Reduce Sugar 4 6m

Kisaran harga: Rp107.000

Biskuit bayi fortifikasi dengan kotak kemasan karakter beruang yang menggemaskan

Farley’s Rusks adalah biskuit bayi yang dipilih banyak orang tua di Eropa. Setiap rusks dipanggang dengan memenuhi standar keamanan bersama bahan-bahan yang baik bagi tubuh bayi. Menurut keterangan resminya, Heinz Farley’s Rusks Reduce Sugar tidak hanya telah dikurangi gulanya, tetapi juga tanpa pewarna buatan.

Pada satu kemasan rusks dari Heinz, tersedia 20% zat besi harian yang akan memenuhi kebutuhan bayi Anda. Biskuit yang cocok untuk vegetarian ini dapat dikonsumsi oleh bayi mulai usia 4 – 6 bulan (onwards), baik laki-laki ataupun perempuan.

5. Gerber Graduates Puff Blueberry 8m+

Gerber Graduates Puff Blueberry 8m

Kisaran harga: Rp57.000

Ajarkan anak belajar makan menggunakan tangannya sendiri

Snack khusus untuk bayi persembahan Gerber satu ini terbuat dari biji gandum utuh pilihan. Tanpa menggunakan susu, biskuit ini kaya akan serat yang baik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ke-8 jenis vitamin dan mineral seperti kalsium, vitamin E, dan zinc, ikut berperan dalam pembentukan dan pemertahan kepadatan tulang dan gigi, serta kekebalan tubuh bayi dalam pencegahan infeksi berbagai jenis bakteri patogen.

Gerber Graduates Puff Blueberry mempunyai ukuran kecil-kecil sehingga mudah dikonsumsi anak usia 8 bulan ke atas. Bentuknya yang unik dan kecil juga membantu anak belajar makan dengna tangan sendiri. Apabila Anda tertarik membelikan biskuit bayi Gerber, banak varian rasa untuk dipilih, seperti banana, blueberry, strawberry apple, apple cinnamon, peach, sweet potato, dan vanilla.

6. Lo Bello Baby Biscuits 6m+

Lo Bello Baby Biscuits 6m

Kisaran harga: Rp42.750

Dengan rasa madu yang disukai anak

Jika saat ini Anda mencari biskuit bayi untuk usia 6 bulan ke atas, tentu banyak sekali pilihannya, dan Lo Bello Baby Biscuits salah satu yang juga kami rekomendasikan. Tekstur lembut dan lunak serta renyah membuat bayi nyaman mengunyah dan melumat biskuit ini dalam tahap belajarnya.

Lo Bello Baby Biscuits dibekali kandungan berupa 6 vitamin dan 5 mineral. Dengan rasa madu, seluruh kebaikannya juga akan diteirma tubuh buah hati Anda. Produk ini dapat diberikan pada bayi dari 6 bulan hingga usia balita (24 bulan).

7. Peachy Multigrain Cookies Apple with Quinoa and Flaxseed 1y+

Peachy Multigrain Cookies Apple with Quinoa and Flaxseed 1y

Kisaran harga: Rp26.000

Makanan ringan berbentuk lucu yang menggembirakan anak

Berbeda dengan produsen lain, biskuit bayi satu ini terbuat dari biji rami dan quinoa supergrains. Potongan apel dan minyak padi sehat ikut serta dalam ingredients-nya, menjadikan Peachy Multigrain Cookies Apple with Quinoa and Flaxseed sarat akan gizi sehat untuk si kecil, termasuk omega 3, 6, dan 9.

Cookies menyehatkan dari bahan alami ini dibuat tanpa tambahan pengawet buatan dan tidak mengandung telur. Bentuk biskuitnya lucu-lucu sehingga disukai anak Anda. Seperti tertera pada label kemasan dan nama produk, biskuit bayi ini diperuntukkan bagi bayi mulai umur 1 tahun ke atas,

8. Monde Boromon Cookies Original Flavour 1-5y

Monde Boromon Cookies Original Flavour 1 5y

Kisaran harga: Rp39.500

Terbuat dari campuran tepung kentang, adu, dan minyak ikan yang bergizi baik buat si kecil

Nama Monde pasti sudah familiar di sebagian besar masyarakat Indonesia. Merek biskuit enak ini juga memproduksi baby cookies yang dibuat untuk usia 1 –  5 tahun. Tersusun atas bahan-bahan pilihan dan tanpa gluten, biskuit ini aman dikonsumsi setiap anak tanpa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Tekstur Monde Boromon Cookies Original Flavour dibuat lembut dan gampang meleleh di mulut, sehingga mengurangi risiko tersedak. Kemasan biskuit bayi dirancang kecil, terbuat dari plastik yang praktis digenggam dan dibawa. Sangat cocok untuk bepergian atau menemani anak bermain sebagai makanan selingan!

9. Milna Biskuit Bayi 6m+

Milna Biskuit Bayi 6m

Kisaran harga: Rp17.500

G3: Gigi terstimulasi, gampang larut, dan gizi lengkap!

Bukan hanya terkenal akan produk bubur bayinya, Milna juga memproduksi biskuit bayi sebagai opsi alternatif para orang tua. Dibuat sebagai makanan pendamping ASI si kecil yang memasuki umur 6 bulan, Milna Biskuit Bayi akan menstimulasi pertumbuhan gigi agar semakin kuat untuk mengunyah dan menjadikannya terbiasa.

Dengan tekstur dan bentuk khusus, biskuit bayi Milna mudah larut di air atau ASI, sangat pas untuk Anda yang tidak ingin repot menyajikan MPASI. Prebiotik FOS, AA, dan DHA pada biskuit ini berfungsi meningkatkan kesehatan saluran cerna, perkembangan otak, dan retina mata. Vitamin C dan E-nya ikut membantu pembentuka dan pemeliharaan jaringan kolagen.

10. Heinz Farley’s Biskuit Bayi Rasa Original 6-24m

Heinz Farleys Biskuit Bayi Rasa Original 6 24m

Kisaran harga: Rp16.000

Buat pengenalan makanan padat pertama pada buah hati lebih mudah

Ingin membuat bubur sereal sebagai perkenalanan makanan padat pertama pada buah hati? Heinz Farley’s Biskuit Bayi Rasa Original dapat menjadi pilihan utama. Cukup hancurkan 1 – 2 keping biskuit ke dalam wadah MPASI yang biasa digunakan, tuangkan air atau susu hangat, aduk dan jadilah semangkuk bubur sereal yang kaya 7 vitamin dan 4 mineral.

Heinz Farley’s Biskuit Bayi Rasa Original menyimpan kekayaan nutrisi vitamin B1 dan B2 sebagai koenzim yang mengubah karbohidrat menjadi energi, serta kalsium untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Tidak itu saja, biskuit bayi yang halal dan terdaftar di BPOM ini juga dibekali vitamin A yang baik dalam mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (saluran cerna, saluran napas, kulit, dan mata).

Kesimpulan

Biskuit bayi dapat dijadikan camilan khusus sebagai pendamping ASI untuk bayi selepas usia 6 bulan. Pantaulah bayi Anda ketika memegang dan memakan biskuit agar tidak tersedak. Selain itu, pastikan biskuit yang dimakannya aman dari segi komposisi sehingga tidak menimbulkan reaksi negatif seperti alergi atau gangguan pencernaan.

Kami telah membagikan 10 merek biskuit bayi yang bagus untuk Anda jadikan referensi. Jangan lupa untuk mem-bookmark artikel ini apabila ingin Anda baca di lain waktu, dan jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan sungkan untuk menyebarkannya ke Facebook, WhatsApp, atau akun sosial media Anda lainnya. Mari ajak para ibu memberikan biskuit bayi yang sehat dan aman untuk buah hatinya!

(Visited 14 times, 1 visits today)