Elektronik

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik

Kalau dilakukan manual pakai tangan, mencuci merupakan kegiatan yang cukup menyita tenaga dan waktu. Untungnya, kehadiran mesin cuci menjadikan aktivitas merepotkan ini begitu praktis. Di antara dua jenis mesin cuci, tipe top loading lebih disukai sebagian orang.

Apakah Anda tertarik memiliki mesin cuci top loading? Kalau begitu, agar tak salah pilih, di artikel ini akan kami jelaskan cara memilihnya dengan benar. Selain itu, kami juga telah merangkum sepuluh mesin cuci top loading terbaik yang beredar di pasaran saat ini. Bahas bersama, yuk!

blank

Keunggulan Mesin Cuci Top Loading dari Front Loading

blank

Ada dua jenis mesin cuci: top loading dan front loading. Jika bimbang mesti pilih yang mana, maka Anda harus mengerti dulu perbedaan keduanya. Karena pada artikel ini kita sedang membahas mesin cuci top loading, maka kami akan mengupas keunggulan jenis mesin cuci top loading dari rivalnya.

Pemberian nama kedua tipe mesin cuci ini mengacu pada letak pintunya. Front loading berarti di depan, sedang top loading berarti di atas. Pintu yang ada di atas ini membuat Anda tidak perlu menunduk terlalu rendah untuk meraih cucian dari dalam tabung. Berbanding terbalik dengan bukaan depan yang letaknya agak ke bawah, memaksa Anda menunduk rendah atau bahkan berjongkok tiap kali meraih cucian.

Selain lebih nyaman dipakai untuk kebanyakan orang, mesin cuci top loading juga lebih tahan jamur. Berkat bukaan atasnya yang tidak begitu kedap, air sisa cucian yang menempel di permukaan tabung dapat menguap dalam beberapa waktu. Tak seperti mesin cuci front loading yang bukaannya kedap (bertujuan supaya air tidak bocor saat mencuci), membuat sisa air di permukaan tabung susah menguap, lantas menimbulkan jamur.

Walau efisiensi listrik dan airnya kalah dari front loading, mesin cuci top loading dapat menghemat uang Anda dengan cara lain, yakni harga unit yang lebih murah. Mesin-mesin cuci top loading terbaik dari merek ternama sekalipun umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah dari mesin cuci front loading terbaik dari merek yang sama.

Cara Memilih Mesin Cuci Top Loading

Sudah paham bedanya, kan? Kalau begitu, mari cari tahu cara memilih mesin cuci top loading terbaik dengan benar di bagian ini. Anda perlu memerhatikan berbagai aspek seperti kapasitas, otomatisasi mesin, program pencucian, spin speed, dimensi unit, konsumsi listrik dan air, fitur-fitur tambahan, serta garansinya.

Sesuaikan Kapasitas Tabungnya dengan Banyak Cucian Anda

blank

Supaya beres sekali cuci, pastikan memilih mesin cuci yang kapasitas tabungnya cukup dengan banyak cucian Anda. Kapasitas mesin cuci bervariasi dari 5 sampai 12 kilogram. Dari angka ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan jumlah anggota keluarga di rumah.

Untuk keluarga beranggotakan 4 sampai 5 orang, 7 sampai 10 kilogram adalah kapasitas yang ideal. Kapasitas di atas 10 kilogram dapat menjadi pilihan untuk Anda yang anggota keluarganya sangat banyak atau punya usaha laundry. Sedangkan untuk Anda yang tinggal sendiri, mesin cuci berkapasitas 5 atau 6 kilogram saja sudah lebih dari cukup.

Banyak orang khawatir membeli mesin cuci berkapasitas besar karena takut bikin tagihan bengkak akibat konsumsi dayanya yang juga besar. Walau memang ada benarnya, perhitungannya tidaklah sesederhana itu.

Bila jumlah cucian Anda banyak sedangkan kapasitas mesin cucinya sedikit, Anda mungkin harus melakukan beberapa kali pencucian. Jumlahnya pun berakumulasi sehingga konsumsi daya totalnya jadi lebih besar. Sementara itu, jika menggunakan mesin cuci berkapasitas besar, semua pakaian bisa tercuci hanya dalam sekali pencucian. Alhasil berujung lebih hemat.

Sebab itu, kalau memang cuciannya banyak, jangan ragu lagi membeli mesin cuci berkapasitas besar, sekalipun harganya lebih mahal. Perlu diingat juga untuk tidak mengisi tabung sampai sesak sehingga tiap pakaian punya ruang untuk bergerak agar tercuci dengan sempurna.

Otomatis atau Semi-otomatis? Kenali Perbedaannya

blank

Berdasarkan cara kerjanya, mesin cuci dapat dibedakan menjadi dua, yaitu otomatis dan semi-otomatis.

Perbedaannya sederhana saja. Dengan mesin cuci otomatis, Anda cukup masukkan cucian ke tabung, pilih program yang sesuai, lalu mesin akan bekerja sampai selesai. Berbanding terbalik dengan semi-otomatis dengan dua tabung. Satu pencuci, satunya pengering. Setelah pencucian selesai, Anda perlu memindahkan cucian secara manual ke tabung pengering.

Dalam memutuskan untuk pilih yang mana, pertama Anda dapat mempertimbangkan budget yang Anda punya. Jika agak tipis, lebih baik ambil yang semi-otomatis karena harganya lebih murah. Kedua, periksa apakah Anda dapat menyambungkan sumber air secara terus menerus. Pasalnya, mesin cuci otomatis memerlukan aliran air yang konstan selama operasi. Kalau tidak bisa, maka lebih baik pakai yang semi-otomatis.

Cek Kelengkapan Program Pencuciannya

blank

Tidak semua bahan pakaian dapat dipukul rata pencuciannya. Ada yang perlu diperlakukan lebih lembut, ada pula yang perlu diperlakukan lebih kasar. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan semacam ini, diperlukan program pencucian khusus. Makin banyak programnya, makin banyak pula variasi pencucian yang bisa dilakukan.

Berikut ini adalah tiga program standar yang wajib ada:

  • Katun untuk mencuci pakaian berbahan dominan katun. Biasanya dikombinasikan dengan tambahan pengaturan temperatur yang intensitasnya disesuaikan dengan tingkat kekotoran, warna, ketebalan, dan ketahanan pakaian.
  • Sintetis untuk mencuci pakaian berbahan sintetis seperti polietster, nilon, spandex, dan sejenisnya. Sama seperti sebelumnya, juga dilengkapi pengaturan temperatur, tapi dengan intensitas yang lebih rendah karena bahan sintetis lebih mudah rusak.
  • Wol atau delicate untuk mencuci pakaian berbahan wol, sutera, dan bahan lembut mudah rusak lainnya. Pencucian dilakukan dalam temperatur serta kecepatan yang rendah.

Apakah Spin Speed Lebih Tinggi Memang Lebih Baik?

blank

Spin speed merujuk pada siklus putar tabung saat mengeringkan pakaian. Jika dibandingkan dengan mesin cuci front loading, kebanyakan jenis top loading memiliki spin speed yang lebih rendah. Berada di angka 400 sampai 600 rpm (revolusi per menit) saja. Sementara front load bisa mencapai 1000 rpm lebih.

Berdasarkan fakta di atas, Anda mungkin berpikir bahwa kemampuan pengering mesin cuci top loading kurang baik. Nyatanya tidak demikian. Perbedaan rpm ini tidaklah sepenting yang Anda pikir. Sebab, perbedaan kecepatan rpm hanya menentukan berapa persen sisa air di dalam pakaian.

Dengan kata lain, rpm tinggi ini tetap saja tidak mampu mengeringkan pakaian seratus persen. Akhirnya, pakaian yang sudah dikeringkan di mesin cuci tetap saja harus dijemur di bawah sinar matahari. Kecuali bila Anda mengeringkannya lagi dengan tumble dryer, atau seluruh pakaian yang Anda cuci berbahan tipis.

Kesimpulannya, mesin cuci dengan spin speed 400 – 800 rpm sudah lebih dari cukup untuk kebanyakan orang. Kalau Anda ingin cucian Anda benar-benar kering tanpa perlu dijemur lagi, belilah tumble dryer. Sebaik dan secepat apa pun siklus putar pengering mesin cuci, hasil akhirnya takkan pernah sekering mesin tumble dryer khusus.

Perhitungkan Dimensi Mesin Cuci dengan Ketersediaan Tempat di Rumah

blank

Tentulah Anda takkan menginginkan mesin cuci yang ukurannya melebihi ketersediaan tempat di rumah. Sebab itu, lebih baik ukur dulu dimensi (panjang x lebar x tinggi) ruang kosong yang mau Anda jadikan tempat menaruh mesin cuci.

Untungnya, berkat bentuk tabung yang meninggi, ukuran mesin cuci top loading jadi lebih ramping. Tak seperti mesin front loading yang tabungnya melebar. Alhasil, mesin cuci top loading dapat menyelip lebih mudah di antara perabotan.

Di samping ketersediaan ruang, Anda juga perlu memperhitungkan jarak ke sumber listrik dan air. Karena daya listriknya besar, upayakan agar kabel power mesin dapat tercolok langsung ke stopkontak tanpa perlu pakai ekstensi.

Supaya Tidak Bikin Bengkak Tagihan, Perhitungkan Konsumsi Daya dan Airnya

blank

Hitunglah konsumsi daya dan air mesin cuci Anda supaya bisa diatur agar tak bikin bengkak tagihan. Anda dapat melihat perkiraan konsumsi daya pada spesifikasi produk. Begitu pun konsumsi airnya, walau lebih jarang dicantumkan pada sebagian besar produk.

Perihal konsumsi listrik, terdapat dua komponen utama yang berperan, yakni motor yang memutar tabung, dan komponen pemanas air. Jika komponen pemanas air ini menyala, konsumsi listriknya bisa meningkat hingga 70 persen. Artinya, kalau mau hemat, jangan sering-sering melakukan pencucian dengan air panas/hangat. Cukup yang dingin reguler saja supaya komponen ini tak perlu bekerja.

Kalau Anda menginginkan perhitungan matematis terhadap konsumsi listrik mesin cuci Anda tiap bulan, Anda dapat menggunakan kalkulator kWh yang bisa ditemukan di internet. Lewat program sederhana ini, Anda bakal mendapatkan data representatif dengan memperhitungkan besar daya mesin cuci Anda dan durasi penggunaan tiap hari.

Cek Fitur-fitur Tambahan Berguna Lainnya

blank

Ada banyak fitur tambahan yang membuat mesin cuci menjadi makin fungsional dan aman. Kalau Anda dihadapkan kepada beberapa pilihan produk yang mirip, barangkali kelengkapan fitur tambahan ini mampu menjadi faktor penentu.

Berikut ini kami bahas beberapa yang paling umum:

  • Fuzzy logic yang berfungsi menganalisis kondisi pakaian dalam tabung lantas menyesuaikan pengoperasian sesuai apa yang dibutuhkan.
  • Quick wash untuk melakukan pencucian dalam waktu cepat. Tetapi jumlah cucian yang dapat dicuci dengan fitur ini hanya sedikit.
  • Delay start/end untuk melakukan pencucian otomatis selang beberapa jam dari dari saat Anda memasukkan pakaian ke mesin cuci.
  • Child locks untuk mematikan semua tombol mesin cuci agar ketika diutak-atik anak kecil, mesinnya takkan menyala.,
  • Antilecek untuk memperlambat siklus putaran tabung supaya pakaian Anda tidak terlalu lecek dan lebih gampang disetrika.
  • Antialergi dan bakteri untuk menyingkirkan segala alergen dan bakteri dari pakaian dengan menaikkan temperatur air.
  • Eco untuk menekan konsumsi daya selama pengoperasian.

Periksa Masa Garansi Beserta Cakupannya

blank

Anda akan menggunakan mesin cuci untuk waktu yang lama. Maka itu, periksa masa garansi mesin cuci Anda beserta cakupannya.

Biasanya, Anda akan mendapatkan garansi 1 – 3 tahun untuk keseluruhan komponen mesin cuci. Mulai dari bodi, tabung, dan seterusnya. Khusus untuk motor penggerak, ada garansi khusus yang periodenya lebih lama, bisa mencapai 10 tahun pada beberapa produk.

Tak hanya sampai di masa garansi, Anda juga harus mempelajari cakupan garansinya. Kerusakan macam apa yang dicakup? Kalau jenis kerusakan yang mesin Anda alami tidak tercantum dalam garansi, maka tetap saja Anda harus memperbaikinya sendiri.

Sebelum membeli mesin cuci, tanyakanlah kepada penjualnya bagaimana cara melakukan klaim garansi tersebut. Lalu, simpan baik-baik kartu garansi yang datang bersama produk. Simpan juga bukti pembeliannya di tempat aman untuk jaga-jaga jika hal ini diperlukan ketika klaim.

10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik

Sekarang saatnya belanja. Di bagian ini ada sepuluh mesin cuci top loading terbaik yang telah kami rangkum dari sekian banyak yang beredar di pasaran. Jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek-aspek yang telah kami bahas sebelumnya, ya!

1. AQUA JAPAN AQW-77D-H

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Serahkan pada teknologi fuzzy logic mesin cuci ini!

Ibu rumah tangga takkan kerepotan lagi berkat mesin cuci ini. Cukup masukkan cucian kotor ke tabung, tunggu sampai air terisi, pilih program yang cocok, lalu bisa ditinggal memasak atau mengurus pekerjaan lainnya. Selama pencucian, teknologi fuzzy logic-nya memastikan pakaian Anda tercuci dengan sempurna. Begitu Anda kembali, cucian sudah siap dijemur!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada mode hijab biar kain hijab yang tipis tidak rusak.
  • Suara mesin saat beroperasi tidak berisik.
  • Instalasi water inlet gampang.
  • Harga sangat kompetitif dibanding mesin cuci otomatis merek lain.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Selang inlet pendek. Mesin cuci harus benar-benar diletakkan di dekat kran air.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 7 kg
Spin speed 630 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) 380/270 watt
Garansi 5 tahun (motor)
Dimensi 500 x 520 x 902 mm
Kisaran harga Rp1.999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. AQUA JAPAN QW-880XT

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mesin cuci semi-otomatis dua tabung yang punya fuzzy logic

Kalau Anda merasa mesin cuci otomatis AQUA JAPAN di nomor sebelumnya masih agak kemahalan buat Anda, cobalah produk yang ini. QW-880XT juga dibekali fuzzy logic.

Artinya, meskipun semi-otomatis, mesin cuci ini mampu menyesuaikan pemakaian jumlah air dan waktu pencucian berdasarkan berat pakaian. Selain itu, ada pula teknologi air intake agar pengeringan berjalan lebih cepat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ada fitur perendaman untuk pakaian yang terkena noda membandel.
  • Ada mode hijab.
  • Tidak berisik.
  • Tidak membutuhkan tekanan air yang tinggi. Tak masalah walaupun di rumah tidak pakai jet pump.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada laundry bag untuk hijab.
Tipe Semi-otomatis
Kapasitas tabung 8 kg
Spin speed Tidak disebutkan
Daya (mencuci/mengeringkan) 380/165 watt
Garansi 5 tahun (motor)
Dimensi 760 x 445 x 898 mm
Kisaran harga Rp1.375.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Electrolux Mesin Cuci Cyclonic Care 10kg EWT105WN

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memutar pakaian secara merata untuk meminimalisir kusut

Tidak seperti yang lain, mesin cuci ini takkan menggulung-gulung pakaian Anda sampai kusut tak keruan. Cyclonic Care Pulsator-nya bekerja dengan mengalirkan air ke atas sehingga pakaian diputar secara merata. Gesekan antar pakaian lebih minim, kekusutan pun diminimalisir.

Selain itu, habis mencuci, Anda tak perlu lagi membilas tabung. Teknologi Cyclonic Tub Clean-nya secara otomatis membersihkan tabung di akhir pencucian. Alhasil, tabung tetap higienis dan antijamur.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas besar. Bisa untuk mencuci kain ukuran besar seperti sprei, bed cover, selimut, gorden, dan lain sebagainya.
  • Suara hening.
  • Tempat detergen dan softener terpisah.
  • Bodi kokoh berdesain modern nan elegan.
  • Garansi motor ekstra lama.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Selang inlet dan outlet pendek.
  • Kemampuan pengering bukan yang terbaik.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 10 kg
Spin speed Tidak disebutkan
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi 1 tahun (umum), 10 tahun (motor)
Dimensi 968 x 580 x 596 mm
Kisaran harga Rp4.900.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Electrolux Mesin Cuci 7,5kg EliteCare 300 EWT7588H1WB

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kapasitas ideal untuk yang belum berkeluarga

Belum berkeluarga? Kalau begitu, jangan beli mesin cuci yang besar-besar. Cobalah produk ini dengan kapasitas 7,5 kilogramnya yang seimbang. Dari segi fitur, produk ini kurang lebih sama dengan mesin cuci Electrolux yang kami rekomendasikan di nomor sebelumnya. Artinya, Anda dapat mencuci sama baik, dengan membayar uang lebih sedikit karena kapasitasnya yang lebih kecil!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menu pengoperasian intuitif.
  • Mesin hening.
  • Bisa mendeteksi kebutuhan air secara otomatis sehingga lebih hemat.
  • Ketinggiannya baik sehingga tak perlu terlalu menunduk untuk meraih cucian.
  • Penutup menutup lembut sehingga tidak akan terbanting tanpa sengaja.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Selang inlate dan outlet relatif pendek.
  • Pengoperasian mesti dihentikan dulu kalau mau membuka penutup.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 7,5 kg
Spin speed Tidak disebutkan
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi 1 tahun (umum), 10 tahun (motor)
Dimensi 925 x 525 x 515 mm
Kisaran harga Rp3.740.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Samsung WA70 Top Load Wobble Technology 7 Kg

blank

Sumber: Samsung.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dapat mencuci kain yang rentan rusak tanpa masalah

Jangan lagi takut mencuci sendiri koleksi pakaian terbaik Anda. Asal menggunakan mesin cuci ini, pakaian terlembut Anda sekalipun bakal aman dari kerusakan yang kerap timbul karena gesekan.

Pulsator wobble-nya menghasilkan pergerakan dinamis ke segala arah yang meminimalisir gesekan, kusut, dan terlilit. Tentu, kemampuannya dalam membersihkan noda bandel pun tak usah diragukan lagi!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Penutup berbahan kaca kokoh dan antigores.
  • Ada peringatan ketika tabung sudah perlu dibersihkan.
  • Menu pengoperasian dipermudah dengan panel LED.
  • Suara hening.
  • Desain sederhana tapi elegan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Banyaknya tombol pada panel pengoperasian mungkin dapat membuat beberapa orang bingung. Terutama lansia yang kurang paham teknologi.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 7 kg
Spin speed 700 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
Dimensi 540 x 850 x 560 mm
Kisaran harga Rp2.599.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Samsung WA11 Top Load Wobble Technology 11 Kg

blank

Sumber: Samsung.com

Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Tagihan bengkak? Tidak lagi!

Ucapkan selamat tinggal pada tagihan bengkak di akhir bulan. Samsung WA11 ini dibekali digital inverter yang membuat efisiensi energi 40 persen lebih baik dibanding mesin cuci lainnya.

Hebatnya, hal ini tak lantas menjadikan motornya kalah bertenaga. Justru, motor mesin cuci ini diklaim lima kali lebih bandel. Belum berhenti, teknologi yang sama juga menyebabkan suara yang dihasilkan lebih hening dari yang lain.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas besar cukup untuk cuci bed cover, selimut, gorden, dan seterusnya.
  • Pengoperasian mudah dengan tombol panel besar yang jelas gunanya buat apa.
  • Ada tempat terpisah untuk detergen dan softener.
  • Desain modern yang sangat elegan.
  • Dilengkapi aplikasi smartphone untuk membantu troubleshooting. Alhasil, kalau mesin cuci bermasalah dapat coba ditangani sendiri dulu sebelum panggil teknisi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 11 kg
Spin speed 700 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi Tidak disebutkan
Dimensi 610 x 1075 x 675 mm
Kisaran harga Rp4.799.000
Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Beko BTU8086W

blank

Sumber: Beko.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mesin cuci jempolan dari sponsor FC Barcelona

Penggemar sepak bola mungkin sudah mengenal Beko sebagai salah satu sponsor klub FC Barcelona. Tentu saja produsen yang mampu mensponsori klub ternama seperti ini tak perlu Anda ragukan lagi kualitasnya.

Mesin cuci buatannya satu ini memiliki fitur lengkap, program banyak, serta harga yang kompetitif di kelasnya. Keawetannya pun jelas berkat tabung berbahan stainless steel.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dilengkapi 7 program pencucian.
  • Lapisan bawah kokoh sehingga tidak bisa diterobos tikus.
  • Bagian belakang ditutup dengan stainless steel agar lebih kokoh.
  • Ketinggian nyaman supaya tak perlu terlalu menunduk saat meraih cucian.
  • Harga kompetitif di kelasnya.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Selang inlet dan outlet agak pendek.
  • Tombol panel mungkin agak membingungkan untuk lansia yang gaptek.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 8 kg
Spin speed 630 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) 380/270 watt
Garansi 1 tahun (umum) 5 tahun (motor)
Dimensi 907 x 520 x 535 mm
Kisaran harga Rp2.925.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. LG TH2113DSAK

blank

Sumber: Lg.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pencucian menyeluruh dengan efek kucek

Memerlukan mesin cuci yang membersihkan menyeluruh? Produk LG satu ini bisa Anda coba. Mengusung teknologi TurboWash3D yang menggabungkan aliran air dari bawah ke atas, memutar ke samping, serta semburan berkecepatan tinggi dari atas. Hasilnya, cucian bersih maksimal seolah dikucek satu per satu.

Energi dan air yang diperlukan oleh mesin cuci dengan teknologinya yang gila ini pun sama sekali tak boros. Malah, konsumsi listriknya diklaim 27 persen lebih hemat. Sementara untuk konsumsi air 14 persen lebih hemat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality apik. Tahan pemakaian bertahun-tahun.
  • Didukung aplikasi smartphone untuk mengoperasikan dan memantau cucian, serta memonitor konsumsi listrik.
  • Motor bandel, tidak bising, dan dilindungi garansi 10 tahun.
  • Tabung berbahan stainless steel. Begitupun filter serat kainnya.
  • Desain mewah dengan warna hitam yang mulus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan untuk beberapa orang.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 13 kg
Spin speed Tidak disebutkan
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi 10 tahun (motor)
Dimensi 945 x 540 x 540 mm
Kisaran harga Rp6.099.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. LG T2108VS2M

blank

Sumber: Lg.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi motor berteknologi Smart Inverter yang lebih hemat listrik

Produk ini dilengkapi motor berteknologi Smart Inverter buat memastikan konsumsi listriknya benar-benar ditekan, hingga 36 persen lebih hemat dari yang lain.

Bahkan, sekalipun colokannya tidak Anda cabut dari stop kontak saat tidak beroperasi, aliran listrik yang mengalir sangatlah kecil. Efeknya, walau kelupaan dicabut, tagihan listrik tidak tiba-tiba membengkak. Walau memang tetap disarankan untuk mencabutnya biar lebih aman.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Motor hening, bodi minim getaran.
  • Garansi motor ekstra lama.
  • Kaca penutup lebar sehingga cucian dapat dicek dengan leluasa.
  • Ada aplikasi smartphone untuk membantu diagnosis masalah mekanis supaya tak perlu langsung panggil teknisi tiap ada masalah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 8 kg
Spin speed Tidak disebutkan
Daya (mencuci/mengeringkan) Tidak disebutkan
Garansi 10 tahun (motor)
Dimensi 540 x 875 x 540 mm
Kisaran harga Rp2.969.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Denpoo DWF-073 HT

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Harga murah meriah, tabung sudah stainless steel!

Produk terakhir ini cocok untuk Anda yang budget-nya agak tipis. Keunggulan utamanya terletak pada tabung yang berbahan stainless steel murni. Bahan ini melindunginya dari karat dampak pemakaian dalam waktu lama, juga bakteri.

Bertahun-tahun kemudian, sekalipun bodinya mulai kusam, tabung mesin cuci Denpoo ini akan selalu mulus seperti baru. Tentu kalau rutin dibersihkan juga, ya!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas sedang untuk keluarga kecil atau yang belum berkeluarga.
  • Dimensi ramping. Mudah menyelip di mana saja.
  • Panel pengoperasian sederhana.
  • Meski harganya murah, desain tidak terkesan murahan.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Garansi motor 3 tahun. Di bawah rata-rata produk lainnya pada daftar rekomendasi ini.
Tipe Otomatis
Kapasitas tabung 6 kg
Spin speed 850 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) 310/240 watt
Garansi Tidak disebutkan
Dimensi Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.799.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Mesin Cuci Top Loading

Produk AQUA JAPAN AQW-77D-H AQUA JAPAN QW-880XT Electrolux Mesin Cuci Cyclonic Care 10kg   EWT105WN Electrolux Mesin Cuci 7,5kg EliteCare 300   EWT7588H1WB Samsung WA70 Top Load Wobble Technology 7 Kg Samsung WA11 Top Load Wobble Technology 11 Kg Beko BTU8086W LG TH2113DSAK LG T2108VS2M Denpoo DWF-073 HT
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Otomatis Semi-otomatis Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis
Kapasitas tabung 7 kg 8 kg 10 kg 7,5 kg 7 kg 11 kg 8 kg 13 kg 8 kg 6 kg
Spin speed 630 RPM Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 700 RPM 700 RPM 630 RPM Tidak disebutkan Tidak disebutkan 850 RPM
Daya (mencuci/mengeringkan) 380/270 watt 380/165 watt Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 380/270 watt Tidak disebutkan Tidak disebutkan 310/240 watt
Garansi 5 tahun (motor) 5 tahun (motor) 1 tahun (umum), 10 tahun (motor) 1 tahun (umum), 10 tahun (motor) Tidak disebutkan Tidak disebutkan 1 tahun (umum) 5 tahun (motor) 10 tahun (motor) 10 tahun (motor) Tidak disebutkan
Dimensi 500 x 520 x 902 mm 760 x 445 x 898 mm 968 x 580 x 596 mm 925 x 525 x 515 mm 540 x 850 x 560 mm 610 x 1075 x 675 mm 907 x 520 x 535 mm 945 x 540 x 540 mm 540 x 875 x 540 mm Tidak disebutkan
Kisaran harga Rp1.999.000 Rp1.375.000 Rp4.900.000 Rp3.740.000 Rp2.599.000 Rp4.799.000 Rp2.925.000 Rp6.099.000 Rp2.969.000 Rp1.799.000
Peiksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Mesin cuci top loading menawarkan beberapa keunikan yang absen dari mesin front loading. Kendati begitu, agar tidak kecewa, diperlukan ketelitian khusus sebelum membeli. Berbagai aspek perlu diperhatikan, seperti kapasitas, otomatisasi mesin, program pencucian, spin speed, dimensi unit, konsumsi listrik dan air, fitur-fitur tambahan, serta garansinya.

blank

Kalau Anda masih bingung juga, kami sarankan untuk fokus pada mesin cuci berkapasitas 7 – 8 kilogram. Kapasitas ini menjadi pilihan yang seimbang baik untuk yang punya keluarga kecil atau belum berkeluarga. Dari sini, Anda bisa lanjut mempertimbangkan aspek lainnya yang sudah kami paparkan di bagian cara memilih. Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda menemukan mesin cuci top loading terbaik, ya!

Referensi

Laundry 101: Washing Machine Capacity and Load Size Guide
https://kellysdrycleaners.com/blog/laundry-101-washing-machine-capacity-and-load-size-guide/ diakses pada 14 Juni 2021

How to Calculate Washer Capacity and Laundry Load Size
https://www.thespruce.com/formula-to-calculate-washer-tub-capacity-2145871 diakses pada 14 Juni 2021

Semi-Automatic Vs. Fully Automatic Washing Machine
https://www.rejure.co/semi-automatic-vs-fully-automatic-washing-machine/ diakses pada 14 Juni 2021

Useful washing machine programs
https://www.which.co.uk/reviews/washing-machines/article/useful-washing-machine-programs-aVyo00m11RUN diakses pada XXX

Myth Buster! Washing Machines with High Spin Speeds
https://www.appliancecity.co.uk/news/updates/myth-buster-washing-machines-high-spin-speeds/ diakses pada 14 Juni 2021

Power Consumption Of Washing Machine | Top Load & Front Load Power
https://letsavelectricity.com/calculate-power-consumption-of-a-washing-machine/ diakses pada 14 Juni 2021

Whirlpool Warranty: What It Does and Does Not Cover
https://www.bhg.com/home-improvement/reviews/whirlpool-warranty/ diakses pada 14 Juni 2021

You may also like

Comments are closed.