Written by 01:00 Elektronik

10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik

Hand mixer merupakan peralatan dapur yang cukup esensial. Terutama jika Anda gemar membuat kue ataupun penganan lainnya. Mengocok, mengaduk, mengadon, hingga menguleni, semuanya bisa dilakukan secara praktis dengan hand mixer.

Ada banyak produk hand mixer yang bisa Anda pilih di pasaran, misalnya Philips, Cosmos, dan KitchenAid. Kalau bingung pilih yang mana, simak pembahasan kami tentang cara memilih hand mixer pada artikel ini. Biar makin praktis, kami juga memilihkan produk hand mixer terbaik versi PickyBest. Baca sampai tuntas, ya!

Cara Memilih Hand Mixer

Supaya menemukan hand mixer yang performanya bagus dan awet, terdapat cukup banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari bobot, daya, jenis dan material pengaduk, kecepatan, serta bentuk hand mixer itu sendiri.

Agar Tidak Cepat Pegal, Pilih yang Bobotnya Tidak Lebih dari 2 kg

Sekilas, perbedaan bobot di tiap hand mixer terkesan tidak terlalu penting. Padahal, aspek ini bepengaruh pada kenyamanan pengoperasian. Hand mixer yang lebih berat membuat tangan lebih cepat pegal. Hal ini akan cukup mengganggu ketika banyak adonan yang perlu dibuat. Meski begitu, hand mixer yang terlalu ringan juga kurang ideal karena lebih susah dikendalikan.

Walaupun tiap pengguna memiliki preferensi berbeda, biasanya bobot ideal dari hand mixer adalah 800 gram sampai 1 kilogram. Sedangkan untuk yang ingin bobot lebih karena alasan tertentu, dapat memilih yang bobotnya sampai 2 kilogram. Anda juga bisa menggunakan yang beratnya lebih dari itu, tetapi mungkin akan membuat tangan lebih cepat lelah dalam penggunaan di durasi yang lama.

Pilih yang Bertenaga, namun Tetap Hemat Daya

Anggapan bahwa semakin besar daya watt motor, maka semakin besar tenaga yang diproduksi tidak sepenuhnya benar untuk hand mixer. Justru, motor yang lebih berkualitas cenderung membutuhkan daya kecil untuk menghasilkan tenaga besar. Jadi, walaupun besarannya tetap perlu dipertimbangkan, Anda tidak perlu terpaku untuk hanya mempertimbangkan hand mixer yang dayanya besar.

Hand mixer dengan daya 200 sampai 250 watt sudah lebih dari cukup untuk mengaduk bermacam-macam bahan dan adonan. Sementara jika adonan yang biasa Anda buat cenderung tebal, Anda bisa pilih yang 350 watt atau bahkan di atas itu. Yang jelas, jika berniat ambil hand mixer yang dayanya besar, atur pemakaiannya agar tidak membuat tagihan listrik membengkak.

Periksa Ketersediaan Jenis dan Material Pengaduknya

Pada paket penjualan hand mixer, biasanya sudah tersedia setidaknya satu pasang whisk atau pengaduk bawaan. Anda bisa menjadikan jenis dan material dari pengaduk tersebut sebagai pertimbangan dalam memilih produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Lebih Fungsional dengan Produk yang Menyediakan Beberapa Jenis Pengaduk

Umumnya terdapat tiga jenis pengaduk bawaan yang tersedia untuk hand mixer. Yang paling standar adalah beater whisk yang cocok digunakan untuk mengaduk segala macam bahan, termasuk yang bertekstur padat seperti mentega dan kentang untuk membuat mashed potato.

Selanjutnya, terdapat balloon whisk yang bentuknya menggelembung seperti balon. Pengaduk ini membuat bahan lebih mudah mengembang karena udara lebih banyak masuk selama proses pengocokan. Umumnya digunakan untuk mengocok telur dan whipped cream, atau membuat campuran adonan kue yang lembut seperti chiffon.

Whisk terakhir yang kerap menjadi bawaan pada hand mixer adalah dough whisk atau dough hook. Pengaduk ini digunakan untuk membuat atau menguleni adonan yang sudah jadi.  Bentuknya yang pipih membuat adonan tidak rusak sehingga tetap elastis. Cocok digunakan pada adonan yang tebal seperti adonan roti, piza, dan sejenisnya.

Pilih Material Pengaduk sesuai Kebutuhan maupun Prioritas Anda

Anda bisa menyesuaikan material bahan pengaduk sesuai prioritas kebutuhan. Biasanya, pengaduk terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh untuk mengaduk adonan tebal. Namun, permukannya yang keras membuatnya lebih gampang menggores mangkuk adonan, dan menghasilkan suara yang agak bising ketika berbenturan.

Selain stainless steel, ada juga pengaduk yang terbuat dari plastik. Bahan plastik tidak begitu kokoh sehingga hanya cocok untuk adonan yang lembut. Di sisi lain, suara yang dihasilkan pengaduk berbahan plastik juga tidak begitu berisik.

Ambil yang Tingkat Kecepatannya Banyak untuk Mendapat Kontrol Lebih

Agar menghasilkan tekstur kue yang baik, adonan tidak boleh sekadar asal diaduk. Beberapa jenis adonan rentan kehilangan elastisitasnya jika diaduk terlalu kuat, lantas teksturnya menjadi terlalu kering atau encer. Nah, di sinilah manfaatnya memiliki hand mixer yang memiliki banyak tingkat kecepatan.

Semakin banyak tingkat kecepatan, pengguna semakin mudah menyesuaikan kecepatan adukan sesuai kebutuhan adonan. Pastikan hand mixer pilihan Anda setidaknya memiliki 5 tingkat kecepatan. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih hand mixer yang punya fitur slow start agar akselerasi perputarannya berlangsung secara bertahap guna mencegah adonan memuncrat keluar mangkuk.

Perhatian untuk Anda yang Berencana Membeli Produk dengan Fitur Turbo Speed

Banyak hand mixer yang menawarkan fitur kecepatan turbo. Fitur ini memang berguna ketika Anda mengaduk bahan atau adonan yang ekstra tebal. Tetapi, sebenarnya fitur ini tidak perlu dijadikan prioritas. Sebab, normalnya fitur ini jarang dipakai untuk jenis adonan dari kebanyakan penganan populer.

Meski begitu, yang paling tahu kebutuhan Anda adalah diri Anda sendiri. Jika Anda memang sering mengolah adonan yang ekstra tebal, maka jangan ragu untuk memilih hand mixer yang dilengkapi fitur turbo speed.

Supaya Tetap Aman ketika Tidak Dipakai, Pilih yang Bentuk Bagian Bawahnya Rata

Poin yang satu ini terdengar sepele, namun memiliki andil cukup besar terhadap keawetan hand mixer. Produk yang permukaan bawahnya rata memastikan mixer duduk dengan mantap sehingga tidak mudah jatuh saat tak sengaja tersenggol. Desain semacam ini juga membuatnya aman ditaruh di meja dapur.

Sebaliknya, hand mixer yang permukaan bawahnya melekuk membuatnya gampang terjatuh. Walaupun tidak langsung rusak, kalau sering terjatuh, umur mixer bisa jadi lebih pendek. Selain itu, hand mixer yang bagian bawahnya rata juga lebih fungsional saat digunakan karena dapat disandarkan pada daun mangkuk.

10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik

Setelah menguraikan cara memilih hand mixer pada bagian sebelumnya, di bagian ini kami punya sepuluh produk rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan. Selamat memantapkan pilihan!

1. Electrolux EHM3407

Desain sederhana dengan fungsionalitas maksimal

Desain sederhana Electrolux EHM3407 yang tidak neko-neko terlihat matching dengan desain dapur modern. Penggunannya pun nyaman berkat handel yang lurus dan langsing, pas di genggaman. Bobotnya juga terhitung ringan, mudah dikontrol dengan satu tangan sambil tangan yang lain memegangi wadah adonan.

Kemampuan mengaduknya pun cukup powerful dengan lima tingkat kecepatan yang bisa disesuaikan dengan tipe adonan. Lebih jauh lagi, pada hand mixer ini terdapat pula kecepatan turbo jika Anda perlu mengaduk bahan atau adonan yang tebal.

Berat1,15 kg
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk, 2 dough hook
Daya (watt)450 W
Kisaran hargaRp450.000

2. Philips HR1552

Sumber: Philips.co.id

Hemat daya dengan desain beater mengerucut

Philips HR1552 memiliki pengaduk bawaan yang cukup unik karena memiliki bentuk yang mengerucut. Desain ini memungkinkan lebih banyak udara terserap ke dalam adonan. Membuat tekstur kue buatan Anda lebih lembut dan empuk. Selain itu, waktu mengaduk pun menjadi lebih cepat.

Meski cukup bertenaga, hand mixer milik brand asal Belanda ini termasuk hemat daya. Dengan daya hanya 170 watt, walau sering Anda pakai, tagihan listrik tidak akan jadi membengkak. Di samping itu, daya yang rendah ini juga cocok dipakai oleh Anda yang rumahnya memiliki kapasitas listrik kecil.

BeratTidak disebutkan
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)170 W
Kisaran hargaRp405.000

3. KitchenAid 5KHM9212

Menawarkan 9 kecepatan untuk segala macam adonan

Produk KitchenAid satu ini punya kecepatan putar 230 revolutions per minute (rpm) pada tingkat paling rendah, dan mencapai 1.300 rpm pada tingkat paling tinggi. Tenaga sebesar ini membuatnya nyaris seefektif stand mixer, sehingga cocok buat Anda yang ingin mixer kuat tapi tidak punya ruang cukup untuk stand mixer.

Menariknya lagi, daya yang dibutuhkan oleh KitchenAid 5KHM9212 hanya 85 watt saja. Anda bisa semakin sering bikin kue di rumah tanpa khawatir tagihan listrik naik. Bentuk unitnya pun kecil dan bobotnya ringan, serta nyaman digenggam berkat handel yang dilengkapi lapisan soft-grip.

Berat1 kg
Kecepatan9 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk, 2 liquid blender rod, 2 balloon whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)85 W
Kisaran hargaRp2.100.000

4. Oxone OX-203

Sumber: Oxone-indonesia.com

Bentuk yang imut, cocok untuk anak perempuan

Tampilan hand mixer ini cukup imut lewat bentuknya yang membulat dengan warna pastel. Handelnya pun menawarkan fleksibilitas lebih karena bagian belakangnya terbuka. Estetikanya modern dan stylist, menambah warna baru untuk dapur kekinian.

Bentuknya yang kecil nan imut dan bobotnya yang ringan membuat Oxone OX-203 cocok dijadikan hadiah buat anak perempuan Anda yang ingin belajar baking. Dengan alat yang menarik perhatian mereka, kegiatan membuat kue pun bakal jadi lebih menyenangkan!

Berat1 kg
Kecepatan5 tingkat
Pengaduk2 beater whisk
Daya (watt)200 W
Kisaran hargaRp335.000

5. Panasonic MK-GH3

Didesain dengan brilian untuk menghasilkan stabilitas maksimal

Stabilitas dari Panasonic MK-GH3 sangat baik berkat desainnya yang membesar di bagian bawah. Hal yang sama juga memungkinkan handelnya berdiameter rendah sehingga leluasa dipakai oleh pengguna yang tangannya kecil. Permukaannya yang rata pun membuat unit bisa bersandar di daun mangkuk sementara Anda tinggal selama penggunaan.

Konsumsi daya mixer tangan ini cukup rendah, tidak akan bikin listrik turun pada rumah berkapasitas listrik 450 watt sekalipun. Di samping itu, berkat kabelnya yang panjang, yakni 1,7 meter, Anda dapat menggunakannya dengan leluasa tanpa membutuhkan meteran tambahan.

Berat1,08 kg
Kecepatan5 tingkat
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)175 W
Kisaran hargaRp459.000

6. Cosmos CM-1279

Sumber: Cosmos.id

Produk lokal berkualitas yang dilengkapi thermostat overheat protection

Untuk urusan hand mixer, produk lokal juga menawarkan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Cosmos CM-1279 dibekali teknologi pelindung panas yang membuat motor akan otomatis mati jika terjadi overheat. Alhasil, selain aman dipakai, produk ini bakal lebih awet menjadi pelengkap dapur Anda.

Pengoperasian mesin juga sangat praktis karena semua tombolnya dapat dijangkau dengan satu tangan. Dengan hand mixer ini, Anda semakin dimudahkan untuk menggonta-ganti kecepatan sambil tangan satunya tetap memegangi mangkuk adonan.

Berat2,5 kg
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)80 – 200 W
Kisaran hargaRp179.000

7. Miyako HM-620

Sumber: Miyako.co.id

Harganya masuk akal untuk kebutuhan mengaduk bahan-bahan ringan

Jika Anda hanya membuat kue sesekali dan dalam jumlah sedikit, alias tidak memerlukan produk yang mahal, Miyako HM-620 bisa Anda pertimbangkan. Hand mixer di level harga seperti ini lebih cocok dipakai untuk mengocok telur, membuat krim kocok, dan membuat adonan yang ringan cenderung encer.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, produk ini cukup menarik karena sudah dibekali dua pasang whisk beater dan dough. Meski begitu, alasan yang sama juga membuat waktu penggunannya mesti lebih diperhatikan agar mesin tidak panas.

BeratTidak disebutkan
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)190 W
Kisaran hargaRp167.000

8. Sharp EM-H53-WH

Sumber: Shopee.co.id

Awet untuk penggunaan jangka panjang

Kualitas produk-produk brand asal Jepang ini terkenal cukup awet, termasuk untuk hand mixer-nya. Sharp EM-H53-WH bisa menjadi opsi untuk Anda yang mencari mixer lima kecepatan dengan konsumsi daya standar, yang harganya juga terjangkau.

Produk ini telah termasuk dua pasang pengaduk yang bisa dipakai sesuai kebutuhan Anda. Untuk memudahkan proses gonta-ganti pengaduk, produk ini memiliki fitur safety eject button yang mudah diraih jempol berkat ukurannya yang besar.

BeratTidak disebutkan
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)250 – 320 W
Kisaran hargaRp255.000

9. Bosch MFQ4020

Tidak menghasilkan suara bising, cocok untuk penghuni apartemen

Untuk Anda yang tinggal di apartemen kecil, apalagi jika memiliki anak bayi, suara bising dari hand mixer bisa jadi sangat menganggu. Supaya hobi membuat kue tetap terlaksana, Anda membutuhkan hand mixer yang tidak berisik, seperti Bosch MFQ4020.

Selain hening, mixer tangan buatan brand asal Jerman ini juga dibekali pengaduk kokoh dari material stainless steel yang digerakkan motor bertenaga. Meski begitu, unitnya sendiri terlihat mungil dengan bobot hanya 1 kilogram lebih sedikit. Produk ini adalah kombinasi sempurna antara kekuatan dan kenyamanan!

Berat1,13 kg
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed
Pengaduk2 beater whisk dan 2 dough hook
Daya (watt)450 W
Kisaran hargaRp1.200.000

10. KitchenAid 5KHM5110

Hanya membutuhkan daya 60 watt saja, lebih irit dari televisi sekalipun!

KitchenAid 5KHM5110 adalah hand mixer paling hemat daya pada daftar rekomendasi produk kami kali ini. Bagaimana tidak, untuk beroperasi pada lima kecepatan, mixer tangan ini hanya membutuhkan daya 60 watt saja. Anda bisa mengandalkannya untuk membuat camilan kesenangan keluarga setiap hari tanpa khawatir tagihan membengkak.

Supaya lebih leluasa digunakan, kabel alat pengaduk ini dapat diputar ke kanan atau kiri, termasuk bisa disesuaikan dengan arah stop kontak sehingga kabel tidak melilit. Alhasil, Anda pun lebih leluasa pula dalam mementukan posisi yang nyaman saat mengaduk.

Berat1 kg
Kecepatan5 tingkat
Pengaduk2 beater whisk
Daya (watt)60 W
Kisaran hargaRp1.999.000

Tabel Perbandingan Hand Mixer

ProdukElectrolux EHM3407Philips HR1552KitchenAid 5KHM9212Oxone OX-203Panasonic MK-GH3Cosmos CM-1279Miyako HM-620Sharp EM-H53-WHBosch MFQ4020KitchenAid 5KHM5110
Berat1,15 kgTidak disebutkan1 kg1 kg1,08 kg2,5 kgTidak disebutkanTidak disebutkan1,13 kg1 kg
Kecepatan5 tingkat dengan turbo speed5 tingkat dengan turbo speed9 tingkat dengan turbo speed5 tingkat5 tingkat5 tingkat dengan turbo speed5 tingkat dengan turbo speed5 tingkat dengan turbo speed5 tingkat dengan turbo speed5 tingkat
Pengaduk2 beater whisk, 2 dough hook2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk, 2 liquid blender rod, 2 balloon whisk dan 2 dough hook2 beater whisk2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk dan 2 dough hook2 beater whisk
Daya (watt)450 W170 W85 W200 W175 W80 – 200 W190 W250 – 320 W450 W60 W
Kisaran hargaRp450.000Rp405.000Rp2.100.000Rp335.000Rp459.000Rp179.000Rp167.000Rp255.000Rp1.200.000Rp1.999.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk kebutuhan untuk membuat kue dari PickyBest lainnya!

Setelah adonan selesai, tentunya Anda akan membentuk adonan tersebut sesuai kue yang hendak dibuat, kemudian memanggangnya. Untuk memanggang kue, Anda memerlukan oven berkualitas agar hasilnya memuaskan.

Melalui dua artikel berikut, kami telah rangkum beberapa jenis oven yang selain ideal untuk memanggang kue, juga bisa memanggang jenis makanan lain. Jika berminat, Anda dapat memilih dari produk rekomendasi kami!

Kesimpulan

Berdasarkan produk rekomendasi kami, apakah Anda menemukan salah satu yang cocok di hati? Memilih hand mixer memang perlu ketelitian supaya mendapatkan produk yang performanya baik, plus tahan lama. Aspek-aspek seperti bobot, daya, jenis dan material pengaduk, kecepatan, serta bentuknya patut Anda perhatikan.

Jika Anda baru pertama kali mencoba hand mixer, kami sarankan pilih yang cocok dengan tipe adonan yang biasa Anda buat. Kalau Anda sering buat adonan tebal, lebih baik jangan pilih hand mixer yang terlalu murah karena dikhawatirkan motornya cepat panas. Kami harap Anda menemukan hand mixer paling ideal!

Referensi

What to Look for Before You Buy a Hand Mixer
https://www.tasteofhome.com/article/hand-mixer-buying-guide/ diakses pada 23 Desember 2020

Hand Mixer Shopping Guide – 6 Things to Consider
https://philosophyofyum.com/hand-mixer-shopping-guide/ diakses pada 23 Desember 2020

Hand mixers buying guide
https://ao.com/help-and-advice/guides-and-advice/buying-guides/hand-mixers diakses pada 23 Desember 2020

(Visited 90.490 times, 55 visits today)