Perlengkapan Rumah Tangga

Rekomendasi: 10 Pembersih Mesin Cuci Terbaik Tipe Cair & Bubuk

Jika mesin cuci sering digunakan, kotoran dan sisa detergen akan mengendap di beberapa area mesin. Hal itu dapat menimbulkan jamur, bau tak sedap, dan mengurangi efektivitas daya kerja mesin cuci Anda. Untuk menjaga mesin cuci tetap bersih, Anda perlu membersihkannya dengan pembersih mesin cuci.

Beberapa merek pembersih mesin cuci yang beredar di pasaran bisa Anda jadikan pilihan. Di antaranya Prokleen, Brandwash, dan Sanni. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilih dan rekomendasi produk terbaiknya. Namun sebelumnya, simak dulu informasi penting di bawah ini, yuk!

Mengapa Mesin Cuci Perlu Dibersihkan?

Beberapa alasan untuk membersihkan dan merawat mesin cuci secara teratur adalah sebagai berikut:

  • Pencucian pakaian pada suhu rendah akan mempersulit mesin cuci membersihkan kotoran dari bagian dalam mesin itu sendiri. Pembersih mesin cuci berfungsi untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci.
  • Kotoran dan sisa detergen dapat menumpuk dan berkerak di beberapa komponen di dalam mesin cuci, terutama di area yang lembap, seperti karet segel pintu. Dengan demikian, bakteri dan jamur dapat berkembang serta menimbulkan bau tak sedap pada mesin cuci.
  • Jika tidak dibersihkan secara teratur, kotoran dan bau pada mesin cuci akan mengontaminasi cucian Anda, mesin cuci bekerja kurang efektif, komponen mesin cepat rusak, dan masa pakai mesin cuci akan berkurang.

Cara Memilih Pembersih Mesin Cuci

Setelah mengetahui alasannya, kini Anda perlu memilih pembersih mesin cuci yang tepat untuk mesin cuci Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Pilih Berdasarkan Tipe Formulanya

blank

Tipe formula yang berbeda memberikan kekuatan pembersihan yang berbeda. Secara umum, ada tiga jenis formula pembersih mesin cuci:

  • Cairan (liquid) atau gel : dapat mengenai semua sudut dan celah di dalam mesin cuci yang sulit dijangkau tangan; mudah dibersihkan karena tidak meninggalkan residu cairan.
  • Bubuk/powder : harganya lebih murah daripada tipe cair, gel, dan tablet; mengandung pemutih oksigen yang membantu menjaga mesin cuci tetap bersih dan tersanitasi; tidak mudah larut sehingga dapat meninggalkan endapan padat pada mesin cuci.
  • Tablet : akan larut sepanjang siklus pembersihan; bekerja lambat tetapi dapat memecah serta membuang kerak dan residu keras lainnya; memiliki kemungkinan tumpah atau berantakan.

Pilih yang Bisa Memenuhi Semua Kebutuhan Spesifik Anda

blank

Beberapa pembersih mesin cuci dirancang untuk membersihkan kerak dan endapan kotoran, menghilangkan bau tak sedap, atau membasmi bakteri dan jamur.

Tentukan pembersih mana yang paling sesuai dengan masalah mesin cuci Anda secara spesifik atau yang dapat mencakup semua masalah tersebut.

  • Membersihkan kerak kapur : Endapan kerak yang menumpuk di pipa dan drum mesin cuci dapat meninggalkan residu pada cucian sekaligus membuat mesin cuci menjadi boros energi. Anda memerlukan pembersih mesin cuci dengan formula khusus yang dapat melarutkan kerak membandel.
  • Menghilangkan bau : Jamur dan bakteri adalah penyebab utama bau yang tertinggal pada mesin cuci. Anda perlu melakukan pembersihan kedua dengan pembersih mesin cuci dengan formulasi khusus untuk menetralisir bau.
  • Membasmi bakteri dan jamur : Kondisi lembap dapat membuat mesin cuci menjadi sarang kuman, jamur, dan bakteri yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Lakukan pembersihan mendalam pada mesin cuci dengan air hangat untuk menghilangkan bakteri dan jamur.

Pastikan Produk Cocok untuk Semua Jenis Mesin Cuci

blank

Ada dua jenis umum mesin cuci yaitu mesin cuci bukaan atas (top loader) dan mesin cuci bukaan depan (front loader).

Masing-masing mesin cuci ini memiliki area tertentu yang bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan bau. Untuk itu pastikan produk pembersih mesin cuci dapat menjangkau area tersebut.

Mesin cuci top loader (bukaan atas)

Jenis mesin cuci ini memiliki bukaan di bagian atas dengan tabung di bagian bawah. Sisa air dan sabun dapat menggenang dan menyebabkan area dalam mesin menjadi lembap dan menimbulkan bau apek yang meresap ke cucian. Selain itu tabung tidak terisi penuh dan daya kerja mesin cuci menurun.

Saat proses pembersihan, Anda dapat mengatur sendiri kapan memulai dan memberikan jeda atau menambahkan bahan di tengah proses. Bagian yang paling penting untuk dibersihkan pada mesin cuci jenis top loader adalah agitator di tengah mesin.

Mesin cuci front loader (bukaan depan)

Jenis ini memiliki pintu di bagian depan dengan gasket karet di sekitar pintu. Karena lembap dan gelap, lipatan pada karet segel pintu berisiko mudah ditumbuhi jamur dan bakteri.

Saat pembersihan, mesin akan secara otomatis menjalankan seluruh siklusnya dari awal hingga akhir. Setelah selesai, gunakan kain microfiber pada lipatan karet untuk menyerap air dan menghilangkan kelembapan di sekitar segel pintu karet dan drum mesin cuci.

Pastikan Pembersih Tidak Mengandung Bahan Kimia Keras yang Bisa Merusak Lingkungan

blank

Beberapa bahan pembersih mampu mendisinfeksi mesin cuci dengan membunuh kuman dan merontokkan kotoran yang menempel. Meski cocok untuk pembersihan yang mendalam, namun bahan ini dapat mengiritasi kulit dan mata, tidak cocok untuk bahan pakaian tertentu, serta berbahaya bagi lingkungan. Contoh bahan kimia seperti ini adalah pemutih dan enzyme detergent.

Bahan lain yang lebih ramah lingkungan adalah cuka dan baking soda, yang mengandung asam ringan dengan bau menyengat namun tidak beracun. Bahan ini dapat mengatasi jamur secara efektif, memecah kotoran, dan membersihkan residu lemak. Namun, bahan pembersih jenis ini kurang cocok untuk pembersihan mendalam.

Tentukan Seberapa Sering Anda Menggunakan Pembersih Mesin Cuci

blank

Biasanya setiap pembersih memiliki preferensi masing-masing. Anda mungkin harus membersihkannya secara mendalam sebulan atau tiga bulan sekali, atau setelah 30x pencucian atau lebih, sesuai dengan saran penggunaan produk masing-masing.

Namun, tergantung seberasa sering Anda menggunakan mesin cuci, lebih disarankan agar mesin cuci menjalani siklus pembersihan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan lupa untuk mengeringkan paking karet dan bagian dalam mesin cuci setiap kali Anda selesai menggunakannya.

10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik

Kini Anda telah memahami cara memilih pembersih mesin cuci. Selanjutnya, Anda dapat memilih produk dari rekomendasi yang telah kami rangkum di bawah ini. Selamat belanja!

1. PUTTO HOUZZ Pembersih Mesin Cuci

blank

Sumber: Putto.co.id

Terbuat dari 100% bahan alami, membersihkan sekaligus menjaga lingkungan

Anda sedang mencari detergen pembersih mesin cuci yang ramah lingkungan? Gunakan Putto Houzz Pembersih Mesin Cuci, yang terbuat dari 100% ekstrak tanaman, aman bagi lingkungan dan Anda sekeluarga, termasuk bayi dengan kulit sensitifnya.

Berbahan alami dan tidak mengandung bahan kimia, pembersih mesin cuci dari Korea ini efektif menghilangkan bau tak sedap yang menempel di tabung cucian, sekaligus membersihkan jamur, kuman, sisa detergen, dan noda air.

Formula Bubuk
Manfaat Menghilangkan bakteri, jamur, kotoran (sisa detergen dan noda air), serta bau tidak sedap
Tipe mesin cuci Top load, front load, dan mesin cuci 2 tabung
Bahan aktif Carbonic acid, activated carbon, low temperature bleach
Frekuensi penggunaan 1-3 bulan sekali
Isi 2 x 500gr
Kisaran harga Rp119.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Prokleen Washing Machine Cleaner

blank

Sumber: Shopee.co.id

Mesin cuci lebih bersih, bebas jamur dan bau, serta tahan lama

Agar mesin cuci bekerja maksimal dan lebih tahan lama, bersihkan dengan Prokleen Washing Machine Cleaner. Pembersih mesin cuci ini ampuh membersihkan bakteri, jamur, kotoran penyebab penyakit alergi pada kulit yang menempel pada tabung mesin cuci.

Pembersih mesin cuci ini juga berfungsi merawat mesin cuci agar lebih awet dipakai dan bebas dari bau tak sedap. Dengan menggunakan mesin cuci yang terawat, cucian Anda pun akan menjadi lebih bersih, segar, dan aman digunakan pada kulit sensitif sekalipun.

Formula Bubuk
Manfaat Membersihkan bakteri, jamur, kotoran, kerak, dan bau tidak sedap
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif 80% oxygen based cleaning agent
Frekuensi penggunaan 3 bulan sekali atau 30x pencucian
Isi 1kg
Kisaran harga Rp78.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Brandwash Washing Machine Cleaner

blank

Sumber: Brandwash.id

Merontokkan kerak pada tabung mesin cuci dengan mudah

Mesin cuci yang sudah lama dipakai biasanya menyimpan banyak kotoran dan kerak pada tabungnya akibat residu yang menahun. Hal ini justru akan menimbulkan bau tak sedap dan hasil cucian Anda menjadi tidak higienis.

Brandwash Washing Machine Cleaner menawarkan solusi mudah untuk merontokkan dan membersihkan kotoran, kerak, dan sisa-sisa sabun yang menempel pada tabung mesin cuci Anda secara optimal. Dengan begitu, mesin cuci Anda akan berkeja lebih maksimal tanpa kotoran dan bau tak sedap.

Formula Bubuk
Manfaat Merawat kebersihan, membunuh kuman penyebab alergi dan bau apek
Tipe mesin cuci Top load, front load, dan mesin cuci 2 tabung
Bahan aktif Tidak disebutkan
Frekuensi penggunaan 3-4 bulan sekali atau 30-40x pencucian
Isi 500gr, 1kg
Kisaran harga Rp49.000 – Rp79.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Sanni Washing Machine Cleaner

blank

Sumber: Shopee.co.id

Mengangkat kotoran tersembunyi, mesin cuci lebih steril

Pakaian tetap bau meski baru dicuci dengan mesin cuci? Mungkin mesin cuci Anda kotor dan berjamur sehingga butuh perawatan. Bersihkan mesin cuci Anda dengan pembersih mesin cuci Sanni Washing Machine Cleaner yang mengandung blue active powder antikuman.

Dengan formula berdaya tinggi, pembersih mesin cuci ini akan mensterilkan bakteri dan kuman pada mesin cuci Anda, mengangkat kotoran, jamur, lumut, serta sisa-sisa detergen tersembunyi yang tidak terlihat selama ini. Mesin cuci Anda akan lebih steril dan aman digunakan.

Formula Bubuk
Manfaat Menghilangkan kotoran, jamur, lumut, lumpur (kerak), sisa detergen dan bau tidak sedap
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif Blue active powder antikuman
Frekuensi penggunaan 1-2 bulan sekali
Isi 500gr
Kisaran harga Rp60.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Puro Pembersih Mesin Cuci Box

blank

Sumber: Shopee.co.id

Membersihkan kotoran yang mengeras di berbagai area mesin cuci

Anda mungkin tidak menyadari bahwa mesin cuci Anda bisa saja menjadi sarang penyakit, bila banyak kotoran dan sisa detergen menyumbat bagian dalam mesin cuci. Puro Pembersih Mesin Cuci Box mampu membersihkan mesin cuci mulai dari tabung, karet pintu, hingga saluran air.

Dengan bahan aktif Power Clean-nya, produk ini efektif mengangkat kotoran yang sudah mengeras tanpa meninggalkan residu. Formulasinya untuk bahan stainless maupun plastik, aman untuk kulit tangan Anda, dan mudah dibilas. Produk ini cocok untuk mesin cuci yang digunakan untuk laundry.

Formula Bubuk
Manfaat Membersihkan kotoran, sisa detergen, kerak dan jamur
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif Power clean
Frekuensi penggunaan 30x pencucian
Isi 10 x 10gr
Kisaran harga Rp90.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. iLiFE Washing Machine Cleaner

Efektif hilangkan kotoran dan kerak dengan bahan eco-friendly

Anda mencari pembersih mesin cuci yang ampuh menghilangkan kotoran namun tidak merusak logam? iLiFE Washing Machine Cleaner bisa menjadi solusi yang Anda cari, karena dapat menghilangkan kotoran namun tidak merusak logam.

Berkat formula yang ramah lingkungan, produk ini ampuh bersihkan kerak yang menempel pada bagian-bagian mesin cuci, sekaligus mendekontaminasi mesin cuci Anda menjadi lebih bersih, segar, dan aman digunakan.

Formula Bubuk
Manfaat Membersihkan kerak yang membandel tanpa menimbulkan korosi
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif Active oxygen
Frekuensi penggunaan Tidak disebutkan
Isi 3 x 125gr
Kisaran harga Rp38.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner

blank

Sumber: Shopee.co.id

Menghilangkan kotoran dan endapan yang sulit dijangkau

Pembersih mesin cuci yang satu ini memiliki formula cair sehingga lebih mudah larut dan menyerap residu yang dicuci. Dengan bahan karbon aktif, Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner mampu menghilangkan kerak yang sudah mengendap di bagian yang sulit dijangkau.

Tak hanya menghilangkan kotoran dan kerak, produk ini juga mengandung bahan pendingin yang dapat menjaga bagian karet tetap elastis dan melindungi logam. Dengan begitu umur mesin cuci Anda bisa lebih panjang.

Formula Cair
Manfaat Menghilangkan kotoran dan kerak kapur, merawat bagian karet dan logam
Tipe mesin cuci Semua jenis mesin cuci
Bahan aktif Activated carbon
Frekuensi penggunaan Sebulan sekali
Isi 250ml
Kisaran harga Rp70.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. SENTAKU Washing Machine Cleaner

blank

Sumber: Shopee.co.id

Membersihkan bagian dalam mesin cuci dan mencegah kerusakan

Saat mesin cuci sering digunakan, sisa deterjen dan kotoran akan menumpuk di belakang drum dan di dalam pipa pembuangan. Agar kotoran tidak menumpuk dan berjamur, bersihkan mesin cuci Anda dengan Sentaku Washing Machine Cleaner.

Dirancang untuk dapat membersihkan bagian dalam segala model mesin cuci, produk ini efektif menghilangkan sisa detergen, endapan kalsium, serabut, dan semua kotoran yang mengendap. Hebatnya lagi, produk ini juga mencegah kerusakan mesin cuci dan tidak mengubah warna pakaian.

Formula Bubuk
Manfaat Membersihkan sisa deterjen, endapan kalsium, serat, bakteri, dan jamur
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif Tidak disebutkan
Frekuensi penggunaan Tidak disebutkan
Isi 100gr
Kisaran harga Rp28.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Daily Washing Machine Cleaner

blank

Sumber: Shopee.co.id

Tablet pembersih mesin cuci untuk hilangkan bakteri

Daily Washing Machine Cleaner merupakan pembersih mesin cuci ini berbentuk tablet yang dapat larut dalam air. Produk ini akan membersihkan kotoran, jamur, dan bakteri yang menempel pada drum mesin cuci Anda.

Saat mesin cuci Anda bersih, tidak akan ada lagi kuman dan bau tak sedap yang berpindah ke cucian Anda. Mesin cuci bersih dan lebih awet, cucian Anda pun menjadi lebih bersih dan segar.

Formula Tablet
Manfaat Membersihkan bakteri, jamur, kotoran, dan bau tidak sedap
Tipe mesin cuci Top load dan front load
Bahan aktif Tidak disebutkan
Frekuensi penggunaan 3 bulan sekali
Isi 16 tablet
Kisaran harga Rp50.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. OxiClean Washing Machine Cleaner with Odor Blasters

blank

Sumber: Oxiclean.com

Menghilangkan bau apek dan kotoran, cucian lebih segar dan bersih

Jika Anda mencium bau apek dari cucian sewaktu Anda mengeluarkannya dari mesin cuci, saatnya mesin cuci Anda dibersihkan. Kotoran yang menempel pada mesin cuci bisa menjadi penyebab masalah bau yang berpindah ke pakaian yang dicuci.

OxiClean Washing Machine Cleaner with Odor Blasters akan membantu menghilangkan bau dan residu pada mesin cuci, mencegah bau apek berpindah ke cucian Anda. Dengan demikian, cucian Anda akan lebih bersih dan segar seperti baru.

Formula Bubuk
Manfaat Menghilangkan residu dan bau
Tipe mesin cuci Mesin cuci standar dan HE
Bahan aktif Sodium carbonate dan sodium percarbonate
Frekuensi penggunaan Sebulan sekali
Isi 4 x 80gr
Kisaran harga Rp880.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Pembersih Mesin Cuci

Produk PUTTO HOUZZ Pembersih Mesin Cuci Prokleen Washing Machine Cleaner Brandwash Washing Machine Cleaner Sanni Washing Machine Cleaner Puro Pembersih Mesin Cuci Box iLiFE Washing Machine Cleaner Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner SENTAKU Washing Machine Cleaner Daily Washing Machine Cleaner OxiClean Washing Machine Cleaner with Odor Blasters
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Formula Bubuk Bubuk Bubuk Bubuk Bubuk Bubuk Cair Bubuk Tablet Bubuk
Manfaat Menghilangkan bakteri, jamur, kotoran (sisa detergen dan noda air), serta bau tidak sedap Membersihkan bakteri, jamur, kotoran, kerak, dan bau tidak sedap Merawat kebersihan, membunuh kuman penyebab alergi dan bau apek Menghilangkan kotoran, jamur, lumut, lumpur (kerak), sisa detergen dan bau tidak sedap Membersihkan kotoran, sisa detergen, kerak dan jamur Membersihkan kerak yang membandel tanpa menimbulkan korosi Menghilangkan kotoran dan kerak kapur, merawat bagian karet dan logam Membersihkan sisa deterjen, endapan kalsium, serat, bakteri, dan jamur Membersihkan bakteri, jamur, kotoran, dan bau tidak sedap Menghilangkan residu dan bau
Tipe mesin cuci Top load, front load, dan mesin cuci 2 tabung Top load dan front load Top load, front load, dan mesin cuci 2 tabung Top load dan front load Top load dan front load Top load dan front load Semua jenis mesin cuci Top load dan front load Top load dan front load Mesin cuci standar dan HE
Bahan aktif Carbonic acid, activated carbon, low temperature bleach 80% oxygen based cleaning agent Tidak disebutkan Blue active powder anti kuman Power clean Active oxygen Activated carbon Tidak disebutkan Tidak disebutkan Sodium carbonate dan sodium percarbonate
Frekuensi penggunaan 1-3 bulan sekali 3 bulan sekali atau 30x pencucian 3-4 bulan sekali atau 30-40x pencucian 1-2 bulan sekali 30x pencucian Tidak disebutkan Sebulan sekali Tidak disebutkan 3 bulan sekali Sebulan sekali
Isi 2 x 500gr 1kg 500gr, 1kg 500gr 10 x 10gr 3 x 125gr 250ml 100gr 16 tablet 4 x 80gr
Kisaran harga Rp119.000 Rp78.000 Rp49.000 – Rp79.000 Rp60.000 Rp90.000 Rp38.500 Rp70.500 Rp28.000 Rp50.000 Rp880.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia

Cara Efektif Membersihkan dan Merawat Mesin Cuci

blank

Mesin cuci sebaiknya dibersihkan secara rutin untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran dan residu yang dapat menimbulkan bau tak sedap, penyumbatan, dan pertumbuhan bakteri di dalam mesin cuci.

Selain itu, perawatan rutin juga perlu agar kondisi mesin cuci selalu prima, dapat bekerja secara optimal, serta berumur panjang. Ikuti cara berikut ini untuk merawat mesin cuci Anda:

  • Jalankan mesin cuci pada siklus panas dengan larutan pembersih untuk membersihkan tabung dan pipa setiap sebulan sekali.
  • Gunakan pembersih khusus mesin cuci yang tepat untuk mesin cuci Anda.
  • Jangan tinggalkan pakaian basah di dalam mesin cuci untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme.
  • Biarkan pintu mesin cuci terbuka untuk sirkulasi udara serta mencegah timbulnya jamur dan lumut.
  • Simpan mesin cuci di ruangan yang kering agar lebih tahan lama. Jika ruang cuci Anda lembap, gunakan dehumidifier untuk menghilangkan sebagian kelembapan dari udara.

Kesimpulan

Salah satu cara agar mesin cuci Anda bekerja maksimal dan lebih awet adalah merawat mesin cuci secara rutin dengan pembersih mesin cuci. Dengan begitu, mesin cuci Anda tetap bersih, bebas dari kotoran, dan selalu aman saat digunakan. Cucian pun bebas bau apek, segar, dan lebih bersih.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan pembersih mesin cuci yang tepat untuk merawat mesin cuci Anda di rumah. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih mesin cuci secara teratur sesuai anjuran. Selamat mencuci!

Referensi

Washing machine cleaners compared
https://www.which.co.uk/reviews/washing-machines/article/washing-machine-cleaners-compared-a0CIG8G4tDOD diakses pada 10 Desember 2021

The Best Washing Machine Cleaners for Your Laundry Room
https://www.bobvila.com/articles/best-washing-machine-cleaner/ diakses pada 10 Desember 2021

Washing Machine Cleaning Tablets vs Generic Powder: Which Is Better?
https://thriftymommaramblings.com/2020/03/washing-machine-cleaning-tablets-vs-generic-powder-which-is-better/ diakses pada 10 Desember 2021

Ultimate Guide: How To Clean a Washing Machine
https://prohousekeepers.com/blog/ultimate-guide-how-to-clean-a-washing-machine/ diakses pada 10 Desember 2021

How to Clean and Sanitize Your Washing Machine Inside and Out
https://dengarden.com/cleaning/How-To-Clean-Washing-Machine diakses pada 10 Desember 2021

SPICK & SPIN CYCLE 13 Best washing machine cleaners 2021
https://www.thesun.co.uk/sun-selects/9942504/best-washing-machine-cleaner/ diakses pada 10 Desember 2021

How to Clean a Washing Machine
https://www.usnews.com/360-review/washing-machines/how-to-clean-washing-machine diakses pada 10 Desember 2021

If You Haven’t Cleaned This Appliance In A Month, You Better, Asap
https://www.familyhandyman.com/article/if-you-havent-cleaned-this-appliance-in-a-month-you-better-do-so-asap/ diakses pada 10 Desember 2021

You may also like

Comments are closed.