Written by 01:29 Elektronik

10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Mesin cuci front loading memiliki keistimewaan tertentu dibanding mesin cuci top loading. Selain hasil cuci lebih bersih, konsumsi energi dan airnya pun relatif lebih hemat. Ditambah, kebanyakan sudah memiliki fungsi pengeringan dalam satu tube yang sama.

Ada banyak merek mesin cuci front loading di pasaran, seperti Samsung, LG, dan Ariston. Supaya tidak bingung, kami menjabarkan cara memilihnya di artikel ini. Biar makin mudah lagi, kami juga merekomendasikan sepuluh mesin cuci front loading terbaik versi PickyBest. Baca sampai selesai, ya!

Cara Memilih Mesin Cuci Front Loading

Supaya mendapatkan mesin cuci front loading yang paling cocok, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari ukuran, kapasitas, tingkat putaran, program, konsumsi energi dan airnya, serta ada tidaknya fitur tambahan.

Sesuaikan Ukurannya dengan Ruang yang Tersedia di Rumah Anda

Mesin cuci adalah barang elektronik yang lumayan memakan tempat. Ukuran mesin cuci front loading bervariasi dari 600 hingga lebih dari 800 milimeter. Untuk itu, Anda perlu memastikan terdapat ruang kosong yang cukup di rumah. Ukurlah dengan meteran seberapa besar ruang kosong tersebut.

Sediakan juga sedikit ruang lebihan di sisi depan untuk membuka pintu mesin cuci. Di sisi lain, akan lebih praktis lagi jika terdapat ruangan khusus untuk mencuci di rumah Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan berapa besar ukuran mesin cucinya.

Tentukan Kapasitasnya sesuai Banyak Cucian

Supaya memaksimalkan jumlah cucian, pilihlah mesin cuci yang kapasitasnya besar. Banyaknya cucian biasanya dipengaruhi oleh jumah anggota keluarga di rumah. Untuk yang jumlah anggota keluarganya di atas empat orang, pilihlah mesin cuci berkapasitas minimal 8 kilogram.

Untuk orang yang punya usaha laundry, kapasitas ekstra besar seperti 17 kilogram bakal lebih efisien. Sedangkan bagi orang yang tinggal sendiri atau pasangan suami istri yang belum punya momongan, mesin cuci berkapasitas 6 kilogram ke bawah bakal lebih menghemat konsumsi energi dan air.

Perhatikan Tingkat Putarannya agar Bisa Mencuci Berbagai Jenis Kain

Mesin cuci front loading memiliki tingkat kecepatan putaran yang bervariasi. Variasi kecepatan putar ini bertujuan agar mesin dapat digunakan untuk mencuci berbagai jenis kain. Sebab, perbedaan bahan kain mengharuskan perbedaan kecepatan pencucian supaya tidak rusak.

Agar Anda mendapat opsi lebih banyak, pilihlah mesin cuci yang kecepatan putar maksimalnya tinggi, misalnya 1.200 rotation per minute (RPM). Dengan begitu, Anda dapat mencuci kain berbahan lembut seperti wol pada kecepatan rendah, maupun bahan yang lebih kuat seperti katun di kecepatan tinggi.

Pilih yang Punya Banyak Program agar Makin Fungsional

Selain dari kecepatan putaran, penyesuaian dengan bahan kain yang dicuci juga dilakukan melalui program pencucian. Mesin cuci front loading biasanya dibekali dengan banyak program atau mode pencucian, misalnya mode katun, wol, hemat energi, delicate untuk bahan yang mudah rusak, dan banyak lagi.

Jenis program yang tersedia pun bervariasi pada tiap produsen. Intinya, semakin banyak program, semakin banyak opsi pencucian yang tersedia buat Anda. Supaya penggunannnya tepat, pastikan Anda mempelajari fungsi dan peruntukkan masing-masing program di buku manual.

Supaya Tetap Hemat, Pertimbangkan Konsumsi Energi dan Airnya

Beberapa produk memiliki rating efisiensi energi dari Uni Eropa yang terbagi ke dalam kelas A sampai D yang diikuti tanda “+” sebagai indikator efisiensi, misalnya A+++. Semakin banyak tanda “+”-nya, maka semakin baik efisiensi energi produk tersebut.

Hanya saja, karena ini adalah standar rating dari Uni Eropa, mesin cuci di pasar Indonesia jarang mencantumkan rating ini. Tetapi, jika produk yang Anda sasar mencantumkannya, maka Anda tidak perlu ragu lagi dengan efisiensi energinya.

Cara sederhana lain untuk melihat efisiensi energi adalah dengan memperhatikan tinggi konsumsi dayanya. Mesin cuci front loading secara umum memang lebih hemat energi dan air dibanding mesin top loading. Umumnya, mesin cuci menghabiskan daya sekitar 250 watt pada pencucian biasa. Jika angkanya kurang dari ini maka akan lebih hemat lagi.

Sedangkan untuk konsumsi air, beberapa produk cenderung jarang mencantumkan ukurannya. Sebab, pemakaiannya cenderung berbeda pada tiap pengguna. Alternatifnya, Anda bisa pilih mesin cuci yang dibekali program eco untuk menekan pemakaian air sekaligus energinya.

Ingin Mengendalikan Pengoperasian dari Jarak Jauh? Pilih yang Mendukung Konektivitas Internet!

Modern ini, mesin cuci sudah sedemikian canggih hingga dapat tersambung ke internet. Biasanya, konektivitas ini ditunjang melalui aplikasi khusus smartphone. Segala fungsi pengoperasian dasar mesin cuci bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Bahkan lebih dari itu, Anda juga bisa memantau konsumsi energi pada tiap pemakaian.

Tidak jarang, mesin cuci seperti ini juga dapat terhubung ke perangkat home assistant, baik itu Alexa maupun Google Assistant, sehingga Anda tidak perlu menunggui mesin cuci. Gunakan saja home assistant untuk menginformasikan Anda begitu pencuciannya selesai. Sementara itu, Anda bisa leluasa menonton televisi atau masak di dapur.

10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Sekarang Anda sudah paham bagaimana cara memilih mesin cuci front loading, bukan? Di bagian ini, kami merekomendasikan sepuluh produk yang barangkali sesuai dengan minat Anda. Yuk, tentukan!

1. LG FV1285S3VS

Sumber: Lg.com

Memanfaatkan artificial intelligence untuk memilihkan pola pencucian terbaik

Masih banyak orang yang percaya bahwa menggunakan mesin cuci terus menerus dapat membuat pakaian rusak. LG secara khusus mematahkan kesalahan berpikir ini melalui teknologi AI DD yang mengolah dua puluh ribu data pencucian untuk menentukan mana pola pencucian yang paling cocok dengan jenis pakaian Anda. Pakaian pun diklaim terlindungi 18 persen lebih baik.

Selain pakaian lebih terjaga, pencuciannya pun lebih ampuh dalam mengeliminasi debu halus yang berbahaya untuk pernapasan. Selain itu, LG FV1285S3VS mendukung konektivitas internet dan home assistant. Anda bisa melakukan segala pengoperasian dari jarak jauh.

Dimensi600 x 850 x 565 mm
Kapasitas8,5 kg
Kecepatan putaran maksimum1.200 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp6.249.000

2. Sanken SFL-6600E

Sumber: Sanken.co.id

Hemat tempat, hemat energi, dan hemat budget!

Untuk Anda yang anggota keluarganya tidak banyak sehingga cuciannya pun sedikit, mesin cuci Sanken ini bisa Anda coba. Kapasitas maksimumnya yang hanya 6 kilogram menjadikan ukuran unitnya lebih minimalis, alias tidak banyak makan tempat di rumah.

Sejalan dengan ukurannya yang kecil, konsumsi dayanya pun hemat. Dengan rating A+++, mesin cuci ini diklaim lebih hemat listrik hingga 30 persen. Selain hemat tempat dan hemat energi, harganya pun juga hemat. Tidak sampai 4 juta, Anda sudah peroleh mesin cuci front loading berkualitas!

Dimensi595 x 470 x 850 mm
Kapasitas6 kg
Kecepatan putaran maksimum800 rpm
Rating efisiensi energiA+++
Daya1.950 watt (pencucian dengan heating), 280 watt (pengeringan)
Kisaran hargaRp3.322.000

3. Samsung WW80J

Sumber: Samsung.com

Suaranya tidak bising, cocok untuk penghuni apartemen

Jika Anda tinggal di apartemen, tentu mesin cuci yang menimbulkan suara gemuruh dapat mengganggu sekitar. Cobalah Samsung WW80J yang mengimplementasikan motor antibising. Meski tidak berisik, kerja motornya tetap efisien untuk membasmi kotoran dari cucian Anda.

Kapabilitas ini ditunjukkan dengan kemampuan putar maksimalnya yang mencapai 1.200 rpm. Dari sisi purna jual, Samsung menawarkan garansi motor hingga 11 tahun, menjadikan mesin cuci ini pilihan tepat untuk investasi jangka panjang Anda.

Dimensi600 x 850 x 550 mm
Kapasitas8 kg
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
Kecepatan putaran maksimum1.200 rpm
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp4.799.000

4. Electrolux EWF9025BQWA

Sesi pencucian berjalan bisa dijeda untuk memasukkan cucian yang ketinggalan

Range cucian yang bisa digarap oleh mesin cuci Electrolux ini sangat luas. Mulai dari bahan yang lembut dan rentan rusak seperti wol, hingga yang tebal dan kasar seperti keset. Hal ini dimungkinkan oleh motor inverter yang memiliki kecepatan maksimum hingga 1.200 rpm.

Selain itu, mesin cuci berwarna putih ini memiliki fitur untuk menjeda sesi pencucian yang sedang berjalan. Dengan begitu, Anda dapat memasukkan cucian yang ketinggalan dimasukkan saat memulai pencucian, menjadikannya seleluasa mesin cuci top loading!

Dimensi850 x 600 x 652 mm
Kapasitas9 kg
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
Kecepatan putaran maksimum1.200 rpm
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp10.479.000

5. Beko WCV 9746 X0

Sumber: Beko.com

Mesin cuci yang andal mengangkat noda paling bandel sekalipun

Anda barangkali pernah menyikat kerah kemeja untuk menghilangkan noda membandel di bagian tersebut karena mesin cuci tidak ampuh menghilangkannya. Jika Anda memakai mesin cuci Beko satu ini, Anda tidak perlu melakukannya lagi berkat mekanisme pelembutan noda dengan memanfaatkan uap.

Mesin cuci ini memang punya komitmen tinggi terhadap pengangkatan noda. Selain teknologi uap, terdapat program StainExpert yang dapat mengangkat 24 jenis noda. Semua noda bandel seperti bekas kopi, saus, cokelat, atau bahkan darah dapat hilang tak bersisa!

Dimensi840 x 600 x 590 mm
Kapasitas9 kg
Rating efisiensi energiA+++
Kecepatan putaran maksimum1.400 rpm
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp6.769.000

6. AQUA Japan FQW-120876QD

Diklaim sebagai mesin cuci dengan diameter drum paling lebar se-Indonesia

Kapasitasnya yang besar membuat mesin cuci ini cocok untuk Anda dengan anggota keluarga banyak. Terlihat dari besar diameter drumnya yang mencapai 525 milimeter, mesin cuci ini diklaim sebagai yang terlebar di Indonesia.

Untuk keluarga muslim, mesin cuci ini akan disukai karena memiliki mode pencucian hijab. Seperti Anda tahu jilbab dan pakaian muslim lainnya terbuat dari bahan yang lembut. Dengan begitu, mode pencucian khusus ini sangat relevan dengan kebutuhan mayoritas masyarakat Indonesia.

Dimensi595 x 600 x 845 mm
Kapasitas12 kg
Kecepatan putaran maksimum1.400 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
Daya150 watt (pencucian), 1800 watt (pencucian dengan heating), 600 watt (pengeringan)
Kisaran hargaRp8.799.000

7. Samsung WF17N

Sumber: Samsung.com

Kapasitasnya ekstra besar, bisa untuk usaha laundry

Kalau Anda mau memulai usaha penatu alias laundry, mesin cuci Samsung satu ini bisa jadi pilihan. Kapasitasnya yang ekstra besar memungkinkan banyak cucian masuk pada tiap kali pencucian.

Pengoperasiannya pun mudah karena bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone. Anda bisa mengatur jadwal dan siklus mencuci dengan leluasa. Pakaian pelanggan pun kembali kinclong sesuai jadwal yang ditetapkan.

Dimensi686 x 984 x 864 mm
Kapasitas17 kg
Kecepatan putaran maksimum1.100 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp11.899.000

8. Sharp ES-FL1491XW

Sumber: Id.sharp

Mencuci lebih cepat untuk perempuan sibuk

Bagi perempuan yang menjalani peran ganda sebagai pekerja kantor dan ibu rumah tangga, menaruh cucian di jasa laundry mungkin menjadi pilihan utama selama ini. Jika itu terjadi pada Anda, kini Anda bisa mencuci pakaian sendiri dengan mesin cuci Sharp satu ini.

Dengan fitur triple quick wash-nya, cucian bisa selesai dalam waktu 15, 30, atau 45 menit. Sesuaikan saja dengan waktu yang Anda punya. Jika Anda baru sempat mencuci di malam hari sepulang kantor, Anda tak perlu khawatir menganggu anggota keluarga yang lain karena motor mesin cuci ini relatif tidak berisik.

Dimensi682 x 672 x 860 mm
Kapasitas9,5 kg
Kecepatan putaran maksimumTidak disebutkan
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
Daya150 watt (pencucian), 1800 watt (pencucian air panas), 300 watt (pengering)
Kisaran hargaRp6.531.000

9. Ariston AQ113D 697D X EX

Sumber: Eg.aristonchannel.com

Dibekali kepekaan lebih untuk mencuci bahan wol

Memiliki pakaian dari brand mahal kerap serba salah. Mencucinya sendiri belum tentu bisa, sedangkan menaruhnya di jasa laundry membuat diri waswas kalau terjadi kerusakan. Mesin cuci yang satu ini adalah solusinya. Diklaim memiliki kepekaan lebih untuk mencuci bahan halus dan sensitif seperti wol.

Meski peka untuk pencucian pelan yang perlu kelembutan, motor dari mesin cuci buatan Ariston ini juga andal dalam membersihkan bahan yang tebal berkat kecepatan putar maksimumnya yang mencapai 1.600 rpm. Dengan muatan yang luas, Anda bisa mencuci pakaian lebih banyak untuk satu kali penggilingan.

Dimensi850 x 595 x 616 mm
Kapasitas11 kg
Kecepatan putaran maksimum1.600 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Kisaran hargaRp16.626.000

10. Bosch WAP28480ID

Melindungi keluarga Anda dari alergi dengan teknologi AllergyPlus

Bila terdapat anggota keluarga di rumah yang memiliki alergi, diperlukan kehati-hatian ekstra agar tidak terdapat sisa debu dan partikel kecil lainnya dari pakaian yang baru dicuci. Untuk itu, Bosch WAP28480ID mengimplementasikan teknologi AllergyPlus yang tersertifikasi oleh European Centre for Allergy Research Foundation.

Siklus pencucian dirancang khusus untuk membasmi lebih banyak sisa debu. Pencucian dalam temperatur tinggi berlangsung lebih lama, dan dilakukan pembilasan tambahan. Kendati demikian, pakaian Anda tetap diperlakukan dengan lembut sehingga tidak perlu khawatir bahannya menjadi rusak.

Dimensi850 x 600  x 590 mm
Kapasitas9 kg
Kecepatan putaran maksimum1.400 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkan
Daya250 watt
Kisaran hargaRp10.250.000

Tabel Perbandingan Mesin Cuci Front Loading

ProdukLG FV1285S3VSSanken SFL-6600ESamsung WW80JElectrolux EWF9025BQWABeko WCV 9746 X0AQUA Japan FQW-120876QDSamsung WF17NSharp ES-FL1491XWAriston AQ113D 697D X EXBosch WAP28480ID
Dimensi600 x 850 x 565 mm595 x 470 x 850 mm600 x 850 x 550 mm850 x 600 x 652 mm840 x 600 x 590 mm595 x 600 x 845 mm686 x 984 x 864 mm682 x 672 x 860 mm850 x 595 x 616 mm850 x 600  x 590 mm
Kapasitas8,5 kg6 kg8 kg9 kg9 kg12 kg17 kg9,5 kg11 kg9 kg
Kecepatan putaran maksimum1.200 rpm800 rpm1.200 rpm1.200 rpm1.400 rpm1.400 rpm1.100 rpmTidak disebutkan1.600 rpm1.400 rpm
Rating efisiensi energiTidak disebutkanA+++Tidak disebutkanTidak disebutkanA+++Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan1950 watt (pencucian dengan heating), 280 watt (pengeringan)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan150 watt (pencucian), 1800 watt (pencucian dengan heating), 600 watt (pengeringan)Tidak disebutkan150 watt (pencucian), 1800 watt (pencucian air panas), 300 watt (pengering)Tidak disebutkan250 watt
Kisaran hargaRp6.249.000Rp3.322.000Rp4.799.000Rp10.479.000Rp6.769.000Rp8.799.000Rp11.899.000Rp6.531.000Rp16.626.000Rp10.250.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi mesin cuci dari PickyBest lainnya!

Mesin cuci ada banyak macamnya, dari mulai front loading seperti dibahas pada artikel ini, sampai pembedaan berdasarkan jumlah tabung.

Bila budget Anda ternyata belum cukup untuk memiliki mesin cuci front loading, cobalah memakai mesin cuci top loading dengan satu atau dua tabung. Tengoklah produk rekomendasinya di halaman berikut!

Kesimpulan

Dari sepuluh produk di atas, adakah mesin cuci yang cocok dengan kebutuhan Anda? Apapun produk yang Anda pilih, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran, kapasitas, tingkat putaran, program, konsumsi energi dan airnya, serta ada atau tidaknya konektivitas internet.

Bila ini pertama kalinya Anda membeli mesin cuci front loading, lebih baik pilih yang kapasitasnya 8 atau 9 kilogram dan hemat listrik. Di kapasitas ini, Anda bisa mencuci cukup banyak pakaian pada sekali pencucian. Semoga Anda puas dengan mesin cuci pilihan Anda!

Referensi

How to Choose the Best Washing Machine for You
https://www.bhg.com/kitchen/appliances/selecting-a-washing-machine/ diakses pada 20 Januari 2021

Shop Smart: Finding the Perfect Washing Machine
https://www.goodhousekeeping.com/appliances/washer-reviews/a21964/washing-machine-buying-guide-2014/ diakses pada 20 Januari 2021

Front Load Washing Machines Buying Guide
https://www.appliancesonline.com.au/front-load-washing-machine-buying-guide/ diakses pada 20 Januari 2021

Myth Buster! Washing Machines with High Spin Speeds
https://www.appliancecity.co.uk/news/updates/myth-buster-washing-machines-high-spin-speeds/ diakses pada 20 Januari 2021

How to Select the Correct Washer Cycle for Clothes
https://www.thespruce.com/how-to-select-the-correct-cycle-2145866 diakses pada 20 Januari 2021

(Visited 213 times, 1 visits today)