Written by 20:33 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Setrika Uap Terbaik yang Bagus untuk Rumah Tangga

Philips GC 3920

Setrika uap dapat mempercepat proses penyetrikaan pakaian. Apabila Anda tipikal orang yang sibuk, setrika biasa tentu akan memangkas waktu lama sehingga Anda bakal frustasi dibuatnya. Oleh karena itu, misalnya Anda mempunyai mobilitas tinggi dan sering terburu-buru, setrika uap dapat menjadi alternatif cepat untuk merapikan pakaian.

Saat membeli setrika uap, Anda tidak bisa sekadar melihat desain model atau warnanya saja. Lebih dari itu, bagian tapak setrika, penggunaan sumber daya, dan cara penggunaan setrika menjadi penentu saat memilih produk di pasaran. Secara umum, setrika uap terbagi menjadi tipe standar dan tipe handheld. Masing-masing menyimpan kelebihan sehingga Anda harus memilih berdasarkan kebutuhan.

Setrika uap bertipe standar memiliki bobot berat sehingga Anda tidak perlu menekan dengan tangan untuk menghaluskan lipatan pakaian. Tipe ini lebih disarankan untuk Anda yang terbiasa menyetrika pakaian banyak. Namun, apabila Anda tinggal sendiri dan ingin lebih praktis, pilihlah setrika uap tipe handheld yang bobotnya lebih ringan. Tipe ini memungkinkan Anda menyetrika pakaian yang digantung. Meski begitu, setrika handheld lebih cepat panas sehingga perlu pakai sarung tangan untuk memperkecil risiko kecelakaan.

10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik untuk Rumahan dan Laundry

Hal berikutnya yang harus diperhatikan saat memilih setrika uap adalah mengecek keberadaan kabel. Setrika yang langsung terhubung ke stopkontak alias berkabel memang membatasi jangkauan hanya sepanjang kabel. Namun, setrika dengan kabel mampu menciptakan uap yang kuat dan stabil karena dihubungkan langsung ke sumber daya.

Sementara tipe lainnya yaitu tanpa kabel (nirkabel) dinilai lebih leluasa karena Anda dapat menyetrika tanpa dibatasi panjang kabel. Hanya, suhu uap pada setrika ini cepat sekali turun dan dingin sehingga perlu diletakkan secara rutin ke dudukan pengisi daya agar suhu setrika lebih stabil. Meskipun demikian, setrika uap nirkabel bersifat portable dan ukurannya mini, cocok untuk Anda yang ingin menjaga pakaian rapi saat travelling.

Setiap produsen setrika uap, sebut saja Philips, Panasonic, Sanken, dan Oxone, menciptakan produk setrika dengan volume dan durasi uap yang berbeda. Sebaiknya Anda periksa juga dua poin penting ini agar hasil penyetrikaan lebih maksimal. Untuk beberapa rekomendasi setrika uap terbaik telah kami rangkum dalam daftar di bawah ini. Selamat memilih!

1. Sanken ASI 800PI

Sanken ASI 800PI

Kisaran harga: Rp149.000

Menyetrika semakin mudah berkat kabel fleksibel yang dapat berputar 360o

Setrika uap buatan Sanken ini cukup murah dari segi harga. Tapak pada setrika ini terbuat dari material berkualitas yang diberi lapisan anti lengket sehingga tidak akan merusak pakaian Anda. Dengan adanya kenop pengatur temperatur, kain tipis seperti pakaian bayi dan jilbab pun bisa dihaluskan meskipun sangat kusut dan kerutan.

Sanken ASI 800PI dengan dimensi 290 x 115 x 150 mm ini memiliki handle yang didesain ergonomis sehingga kenyamanan pun Anda rasakan setiap kali menyetrika. Hanya memerlukan daya listrik 500 watt, setrika ini sudah bisa dioperasikan. Bukan cuma melakukan steam dengan mengeluarkan uap panas, tetapi tombol spray yang disematkan bisa mengeluarkan cairan pelicin pakaian yang telah Anda masukkan ke tangkinya.

2. Hetian CL-558B Travel Steam Iron

Hetian CL 558B Travel Steam Iron

Kisaran harga: Rp125.000

Ideal untuk menjalankan usaha laundry skala kecil dan rumah tangga

Hetian mengenalkan setrika uap generasi terbaru yang dilengkapi sikat bulu beserta gagang yang dapat diputar ke depan dan belakang. Jika ingin memanfaatkan tenaga uap untuk melicinkan pakaian kusut, Anda cukup aktifkan fitur steamer-nya. Sementara bila ingin menyetrika kering tanpa uap juga bisa. Multifungsi!

Tapak berupa pelat pada setrika uap berikut dilapisi teflon. Tenang saja, pelbagai baju, celana, maupun selimut berbahan beledu Anda tidak akan rusak berkat pelatnya yang anti lengket. Berdaya listrik 700 – 1000 watt, tergantung modenya, Anda bisa atur sesuai keperluan. Ukurannya compact dan ringkas, memudahkan untuk disimpan di rumah atau Anda bawa-bawa untuk traveling.

3. Oxone OX-839 Garment Steamer

Oxone OX 839 Garment Steamer

Kisaran harga: Rp1.230.000

Tidak butuh meja dan waktu lama menggunakan setrika uap berdesain simpel nan elegan ini!

Super praktis, itulah kesan pertama ketika memakai setrika uap Oxone OX-839 ini. Berkat hanger yang dicantumkan pada tiangnya, Anda tidak perlu lagi menyetrika menggunakan papan atau meja khusus. Bila tertarik memakainya, steamer ini membutuhkan daya 1200 watt. Cukup besar memang, tetapi worth it untuk proses penyetrikaan yang sangat singkat.

Saat pemanasan, hanya butuh waktu 45 detik dan setrika uap ini bisa Anda pakai selama 90 menit dengan dorongan uap stabil dan bervolume melimpah! Kemeja kerja atau seragam sekolah anak bisa rapi dalam sekejap. Komponennya mudah dibongkar pasang, didesain portabel, memiliki tiang yang bisa diatur ketinggiannya, dan pipa penyalur uap yang fleksibel serta lentur, kurang apalagi? Sudah lengkap!

4. Panasonic NI-V100N

Panasonic NI V100N

Kisaran harga: Rp299.000

360o swivel cord untuk perkecil risiko kabel terlipat dan menggulung selama penggunaan

Pelat penghasil uap dengan ujung yang meruncing memudahkan Anda menjangkau bagian kerah kemeja atau sela-sela kancing. Apabila Anda mencari setrika uap yang hemat listrik, Panasonic NI-V100N hanya membutuhkan daya listrik 350 watt saja. Selain low watt, elektronik perapi pakaian ini didesain dengan bentuk alas melengkung sehingga mencegah pakaian tergulung saat disetrika.

Teknologi Powerful Steam yang digunakan bakal mengirimkan uap panas bersuhu tinggi yang efektif hilangkan kusut dengan cepat dan effortless. Dilengkapi tombol dry on/off-nya, setrika ini semakin aman digunakan. Tenang saja, pakaian Anda dijamin bebas kusut dan rusak berkat alas berbahan titanium yang dilapisi bahan anti lengket.

5. Philips GC-1418

Philips GC 1418

Kisaran harga: Rp372.000

Hemat tenaga dalam menyetrika dan bisa juga dialihfungsikan sebagai setrika biasa tanpa uap

Selalu hadir dengan produk elektronik berkualitas tinggi, Philips memang layak dijadikan opsi utama daalm setiap pilihan Anda. Dalam koleksi lain setrika uap lainnya, Philips GC-1418 kami rekomendasikan sebagai opsi bagi Anda. Produk dengan alas yang tersusun atas material easy gliding soleplate ini begitu licin dan tidak lengket serta tahan terhadap goresan.

Temperatur panas dari uap yang dihasilkan bisa Anda ketahui berkat indikator lampu yang menunjukkan level panas setrika. Jika lampu indikator ini menyala, berarti tandanya setrika sudah siap untuk digunakan. Satu lagi, Philips juga memastikan setrika ini tidak boros listrik karena hanya memerlukan daya 400 watt.

6. Tobi Travel Steam Wand

Tobi Travel Steam Wand

Kisaran harga: Rp199.900

Setrika uap tipe handheld yang ringan dan memiliki uap kuat

Berpelesir ke kota orang atau bahkan negeri lain akan lebih menyenangkan jika pakaian di dalam koper terjaga kerapiannya. Kabar baiknya, hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan terus membawa Tobi Travel Steam Wand. Meski setrika uap ini dirancang khusus untuk keperluan travelling, apabila dipakai untuk rumah tangga juga tidak menjadi masalah.

Uap panas yang dikeluarkan dari lubang tapaknya terpancar merata serta konsisten sehingga kain pakaian akan halus tanpa butuh waktu lama. Selain mengirimkan uap hingga ke serat kain, setrika uap portable ini juga bisa mengharumkan dan menyegarkan pakaian. Uniknya lagi, Tobi menyematkan lint remover yang berguna untuk membantu membersihkan bulu-bulu hewan dan sofa.

7. 2 in 1 Steam Q

2 in 1 New Steam Q

Kisaran harga: Rp599.000

Mengandalkan teknologi freestyle uap dengan daya listrik 800 watt

Sesuai namanya, Steam Q adalah elektronik untuk merapikan pakaian yang bisa difungsikan sebagai setrika uap maupun steamer. Berdesain mungil dengan dimensi 35 x 8 x 7,5 cm, produk ini menawarkan mobilitas semisal Anda ingin bawa bepergian. Kapasitas tangki 100 ml mampu bertahan hingga 5 – 10 menit sebelum di-refill.

Steam Q mengusung teknologi modern yang dinamakan sistem injeksi freestyle uap sehingga uap yang dikeluarkan dapat menyelinap sempurna hingga ke serat-serat terdalam kain tebal sekalipun. Meski memerlukan stopkontak untuk mencolokkan kabelnya, kabel sepanjang 2,5 meternya tergolong panjang sehingga Anda tidak perlu berada terlalu dekat dengan sumber daya.

8. Philips GC-3920

Philips GC 3920

Kisaran harga: Rp998.000

Tidak perlu me-refill tangki sering-sering berkat kapasitas tampung mencapai 300 ml

Philips GC-3920 dicetuskan bersama teknologi OptimalTEMP yang membuat suhu panas dari setrika uap ini mampu “menyesuaikan diri” secara otomatis untuk berbagai jenis bahan. Baik bahan dengan ketebalan tinggi semacam jeans dan selimut hingga tipis seperti sapu tangan dan pakaian bayi, setrika ini akan mencegah terjadinya pakaian rusak terbakar.

Semburan uap yang stabil dan kuat bakal menghilangkan kusut pada seluruh pakaian secara efektif. Efisiensi waktu juga menjadi kelebihan utama dari setrika ini. Bagaimana tidak, Philips GC-3920 membutuhkan penggunaan listrik sebanyak 2.400 watt sehingga uapnya bukan cuma panas, tetapi juga kencang hembusannya sehingga kerutan membandel sekalipun akan dilenyapkan dalam sekejap.

9. Philips GC505 Setrika Uap Berdiri Low Watt

Philips GC505 Setrika Uap Berdiri Low Watt

Kisaran harga: Rp719.000

Selang uapnya terbuat dari bahan silikon sehingga lebih sehat dan aman sebab bebas material PVC

Belum beranjak dari produk Philips, pada poin ini kami rekomendasikan setrika uap untuk garmen yang dioperasikan dengan cara berdiri. Jika menyimak beberapa produk sebelumnya, tentu saja Anda lebih memilih Philips GC505 karena bandrolan harga yang lebih bersahabat. Walau murah, steamer satu ini menawarkan tangki berdaya tampung besar dan transparan yang mudah dilepas pasang.

Tiang yang terhubung ke mesin utama dari produk ini mudah disetel ketinggiannya berdasarkan jenis pakaian yang ingin dihaluskan. Jika tidak terpakai, tiangnya dapat dilipat agar mudah disimpan. Philips melengkapi produk ini dengan teknologi Easy Rinseu agar kerak yang menempel pada pipa dan mulut steamer mudah luruh.

10. Salav HS-05 Travel Steamer

Salav HS 05 Travel Steamer

Kisaran harga: Rp395.000

Bentuk yang ringkas membuatnya cocok dipakai di rumah atau saat travelling

Steamer yang praktis dibawa travelling”. Kalimat tersebut nampaknya cocok dijadikan jargon yang melekat pada Salav HS-05. Kepraktisan tersebut terletak pada desain handle-nya yang ergonomis, ukuran ringkas sebesar 30 x 11,7 x 10 cm, dan hanya butuh waktu pemanasan 35 detik saja. Masih belum terpikat?

Setrika uap dengan metode steaming ini bukan cuma optimal dalam menghilangkan kerutan pada bermacam pakaian atau jenis kain, tetapi juga efektif membersihkan bulu hewan yang terjebak di serat-serat kain. Di samping itu, kapasitas tangki sebanyak 80 ml memungkinkan alat ini bekerja konsisten hingga 10 menit.

Baca juga rekomendasi setrika kering lainnya!

Setrika uap memberikan kemudahan serta membantu Anda menyetrika pakaian lebih cepat. Apabila Anda merasa harga jual dari setrika uap terlalu tinggi dan kurang worth it mengingat Anda memiliki waktu banyak untuk menyetrika setumpuk pakaian, kami sarankan agar Anda membeli setrika kering.

Setrika kering bekerja tanpa uap sehingga waktu yang diperlukan sedikit lebih lama. Tetapi, harga pasaran dari setrika kering biasanya lebih murah sehingga cocok untuk Anda yang tidak memegang bujet besar. Pada artikel berikut kami menyediakan pilihan setrika kering terbaik untuk Anda jadikan opsi. Pilihlah yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda, ya!

Kesimpulan

Memang tidak dipungkiri bahwa untuk menilai kinerja setrika uap terbaik, kita bisa berfokus pada jumlah uap dan durasi penguapannya. Akan tetapi, hal lain yang tidak boleh luput dari pemeriksaan Anda adalah tapak setrika. Kerap kali bagian ini dilupakan, padahal peranan tapak setrika sangat vital dan memengaruhi kenyamanan serta ketahanan setrika.

Jika menilik pasar, tapak setrika yang biasa digunakan antara lain terbuat dari bahan keramik, titanium, dan fluorin. Jika diurutkan berdasarkan daya tahan, dari yang terkuat pun sama, yaitu keramik, titanium, dan fluorin. Namun apabila menyinggung karakteristiknya, bahan keramik paling licin dan mudah digunakan, diikuti titanium yang juga licin dan tahan lama.

Terakhir, tapak dari fluorin memang membuat harga setrika uap murah, tetapi tidak terlalu licin sehingga mudah menyangkut ke pakaian saat dipakai. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda pilih bahan tapak setrika yang kuat dan tahan lama. Jika dipertimbangkan betul-betul, mengeluarkan biaya cukup besar akan terasa sepadan semisal setrika yang Anda beli berkualitas dan awet.

(Visited 37 times, 1 visits today)