Written by 23:29 Elektronik

10 Rekomendasi Blender Terbaik

Philips Daily Collection Blender HR205703

Blender adalah peranti elektronik yang biasa digunakan untuk menghaluskan buah dan sayuran. Alat ini dapat membuat pekerjaan dapur terasa lebih mudah. Untuk menghaluskan bumbu, membuat jus, atau menyajikan smoothie, semuanya bisa dilakukan dengan blender. Pada kali ini, kami akan membahas cara memilih blender untuk Anda yang sedang membutuhkan perangkat dapur ini.

Tak hanya itu, kami juga akan menyertakan rekomendasi blender terbaik dari berbagai merek terkemuka, semisal Philips, Cosmos, Miyako, dan Oxone. Blender sendiri terbagi menjadi tiga macam, yakni blender berdiri, blender personal, dan blender tangan. Setiap jenis mempunyai spesifikasi, bentuk, dan cara memakai yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja Anda simak artikel ini!

Cara Memilih Blender

Saat Anda mempunyai niatan untuk memiliki sebuah blender, tentu terdapat beberapa faktor yang mesti diperhatikan. Jangan sampai Anda asal dalam menentukan produk, sebab jika tak sesuai kebutuhan, uang yang telah Anda keluarkan akan terasa sia-sia. Maka dari itu, kami akan memberikan cara memilih blender berikut ini.

Pahami Bedanya Blender dan Food Processor

Pahami Bedanya Blender dan Food Processor

Selain blender, ada lagi perangkat pengolah bahan makanan lain seperti food processor. Tak sedikit orang menganggap kedua perangkat ini memiliki kesamaan fungsi. Sekilas memang benar, namun jika diperhatikan lebih jauh, antara blender dan food processor terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari ukuran mata pisau, fungsi, dan harga.

  • Ukuran Mata Pisau. Tampilan antara kedua perangkat ini memang sama dimana masing-masing mempunyai satu motor yang dapat menggerakan beberapa jenis mata pisau. Akan tetapi, ukuran mata pisau pada blender dan food processor berbeda. Mata pisau pada blender umumnya lebih kecil dibandingkan food processor.
  • Fungsi. Baik blender maupun food processor keduanya sama-sama mampu menghaluskan makanan. Namun, food processor lebih banyak dibekali fitur. Jika ditilik lebih dalam, food processor bisa dipakai untuk mencacah, memarut, mengiris, memotong, dan mencampur bahan makanan kering ataupun basah tanpa cairan. Sedangkan blender tidak memiliki fitur sebanyak itu, juga mata pisaunya yang kecil membuatnya tak maksimal dalam menghaluskan makanan keras.
  • Harga. Jika melihat poin sebelumnya, tentu terdapat perbedaan mencolok dari nilai jual antara blender dan food processor. Bagi Anda yang membutuhkan perangkat untuk membuat jus dan smoothie ataupun menghaluskan bumbu, blender tanpa listrik adalah pilihan ideal karena harganya yang lebih murah dibandingkan food processor.

 

Pilih Berdasarkan Jenis Blender

Kini Anda sudah mengetahui perbedaan antara food processor dan blender. Selanjutnya, kami akan memaparkan jenis-jenis blender yang beredar di pasaran. Jika Anda ingin menggunakan blender sebagai alat penghalus bumbu dapur, cukup membeli blender bumbu kering ataupun basah. Sedangkan untuk membuat jus dan minuman segar lain, Anda bisa memilih stand blender atau personal blender.

Stand Blender: Dapatkan Lebih Banyak Jus Dalam Waktu Singkat

Stand Blender Dapatkan Lebih Banyak Jus Dalam Waktu Singkat

Blender bagus tipe berdiri paling banyak ditemui karena produsen cukup aktif dalam menghadirkan stand blender. Orang-orang juga kerap menyebut tipe ini dengan blender konvensional. Pada blender berdiri terdapat bagian gelas besar atau jar/jug yang mana menjadi wadah untuk memproses bahan-bahan makanan seperti bumbu dapur ataupun buah dan sayur. Pada bagian bawah wadah terdapat mata pisau berjenis flat blade cutter ataupun wave blade cutter.

Mata pisau datar (flat) dapat Anda pilih untuk mencabik tumbuhan dan mengaduk daging giling. Tipe mata pisau ini dapat Anda asah untuk memelihara ketajamannya. Sedangkan tipe wave blade cutter lebih ideal untuk melumatkan makanan bertekstur keras semisal kacang, batu es, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat smoothies nikmat dengan mata pisau bergelombang (wave).

Personal Blender: Dirancang Khusus Untuk Membuat Smoothie

Personal Blender Dirancang Khusus Untuk Membuat Smoothie

Bagi Anda yang ingin membuat smoothie setiap hari, Anda bisa membeli blender tipe personal. Personal blender juga bersifat portabel sehingga Anda dapat membawanya sewaktu menginap di hotel. Umumnya, blender pribadi ini mempunyai tabung olah yang multiguna. Anda bisa menggunakan tabung tersebut untuk mengolah buah sekaligus mengubahnya menjadi gelas yang siap dibawa.

Gelas pada personal blender bisa Anda jadikan botol sebagai bekal smoothie ke kantor untuk Anda minum saat jam istirahat. Blender buah mini tipe ini juga dikenal dengan sebutan shake and take. Bicara performa, personal blender tidak tentu tidak sekuat stand blender. Maka dari itu, perhatikan juga tingkat pemakaiannya agar blender tipe ini tak cepat rusak.

Hand Blender: Lebih Praktis Untuk Dibawa Bepergian

Hand Blender Lebih Praktis Untuk Dibawa Bepergian

Blender manual (personal atau stand) dan hand blender memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dari bentuknya, blender tangan hanya terdiri dari satu unit utama sehingga Anda bisa langsung memakainya. Beda halnya dengan blender manual dimana Anda harus melakukan persiapan seperti memasang jar, memasukkan bahan makanan ke dalamnya, lalu menutup sebelum diolah.

Pada hand blender terdapat mata pisau dan mesin yang menyatu. Akan tetapi, blender tangan tidak disertai wadah atau tabung. Karena itu, perlu wadah tambahan seperti mangkuk atau panci yang berisikan buah dan sayur yang hendak dihancurkan dengannya. Dari segi kekuatan, hand blender juga tidak sekuat blender manual karena mata pisau dan mesin yang bertenaga lebih rendah.

Tidak disarankan menggunakan hand blender untuk menghaluskan bahan makanan yang keras. Tapi buah-buahan seperti tomat, stroberi, jeruk, dan buah bertekstur lunak lain sangat bisa dihaluskan dengan hand blender. Meski demikian, Anda bisa lebih mudah menyimpan hand blender karena ukurannya yang kompak dan ringkas serta tak terdapat bagian untuk melindungi mesin motor seperti pada manual blender.

Pilih Kapasitas Blender yang Menyesuaikan Gaya Hidup Anda

Pilih Kapasitas Blender yang Menyesuaikan Gaya Hidup Anda

Memilih blender bukan hanya memperhatikan soal jenisnya, tetapi kapasitas dari jug termasuk penting Anda pertimbangkan. Menurut Senior Marketing Manajer dari sebuah brand ternama menyebutkan kalau kebutuhan blender dari masing-masing orang atau keluarga berbeda. Berdasarkan survei yang dilakukan, terdapat catatan kalau masyarakat Indonesia ternyata hanya memerlukan blender yang berkapasitas 1 L.

Di Indonesia terdapat beberapa pilihan blender dengan kapasitas berbeda, mulai dari 0,6 liter sampai 1,5 liter ke atas. Bagi Anda yang berencana membuka bisnis minuman, sebaiknya pilih blender berukuran 2 liter. Akan tetapi, jika Anda ingin menyajikan minuman segar untuk keluarga dengan jumlah 3 – 4 orang, Anda bisa membeli blender dengan ukuran minimal 1,5 liter.

Pertimbangkan Material Jar atau Jug Blender yang Digunakan

Pertimbangkan Material Jar atau Jug Blender yang Digunakan

Blender jar atau gelas yang digunakan sebagai tabung penampung bahan makanan ini terbuat dari beberapa macam material, seperti plastik, kaca tebal, dan stainless steel. Setiap pilihan bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jar yang terbuat dari plastik biasanya ditemukan pada blender standar yang tidak dibekali fitur banyak.

Jug blender dari bahan plastik punya nilai lebih seperti nyaman, ringan, dan Anda tak perlu takut mudah pecah ketika terjatuh dari ketinggian 1 meter ke bawah. Di sisi lain, blender jar dari plastik lebih rentan terhadap goresan dan penyok semisal memperoleh tekanan berlebihan. Jika Anda ingin membeli blender dengan tabung plastik, maka pastikan produk tersebut BPA free dan Anda tidak memakainya untuk mengolah bahan makanan bersama air hangat.

Kemudian untuk bahan kaca tebal, jar ini tidak rentan terhadap goresan. Anda juga bisa menjaga kebersihan kaca dengan lebih mudah hanya dengan mencucinya pakai cairan khusus. Bahan kaca juga dapat mengurangi risiko perubahan warna. Keuntungan lain yang dimiliki dari stoples atau tabung kaca adalah bisa mengusir bau makanan dimana ini tidak mampu dilakukan oleh jug plastik.

Sementara yang terakhir, yaitu jug dari material stainless steel dinilai lebih kuat dan tahan lama dibandingkan bahan plastik ataupun kaca. Umumnya blender ini dikeluarkan oleh produsen ternama. Jug blender dari stainless steel dapat keperluan seperti membuat pasta atau mengaduk bahan keras. Satu-satunya kelemahan dari jug stainless steel ini adalah warnanya yang tidak transparan sehingga Anda akan sedikit kesulitan untuk mengukur bahan yang ingin dimasukkan.

Perhatikan Kebutuhan Blender Terhadap Daya Listrik

Perhatikan Kebutuhan Blender Terhadap Daya Listrik

Jika Anda tak ingin dibebani dengan tagihan listrik yang tinggi, maka pikirkan untuk memilih blender yang mengedepankan efisiensi energi. Saat ini penggunaan daya listrik dari blender beragam, umumnya tergantung pada kecepatan mesin motor dalam memutar mata pisau. Bahan-bahan makanan yang sulit dilumat, semisal wortel dan kentang juga dapat mempengaruhi kebutuhan daya listrik dari sebuah blender.

Anda mungkin bisa membaca keterangan lebih lanjut mengenai kebutuhan blender terhadap daya listrik ini. Ada blender yang beroperasi dengan memakan 300 watt, 500 watt, dan bahkan 700 watt. Blender yang memerlukan 300 watt daya listrik merupakan paling umum dijumpai, bahkan ada juga yang di bawah itu. Kami sarankan untuk memilih blender hemat listrik dengan daya rendah semisal 100 – 300 watt.

Tapi perlu diingat, semakin rendah daya listrik yang dibutuhkan, maka performa blender untuk mengemulsi bahan makanan semakin berkurang. Misalnya, pada daya 300 watt, motor hanya akan bekerja baik pada kegiatan memotong dan melumatkan bahan lembut. Namun, mereka tidak ideal dalam memecah bahan-bahan yang keras untuk membuat smoothie atau pasta makanan.

Upayakan Memilih Blender yang Tidak Berisik

Upayakan Memilih Blender yang Tidak Berisik

Tingkat kebisingan yang ditimbulkan pada blender berbeda-beda. Agar tak memekakkan telinga, kami sarankan Anda membeli blender yang mempunyai noise level rendah, yakni maksimal 80 – 100 dB. Besar suara dari blender ini bergantung pada banyak faktor, seperti kekosongan permukaan, desain mata pisau, dan bahan yang digunakan sebagai tutup jug.

Jika Anda ingin memakai blender yang tidak bersuara keras, Anda bisa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut. Namun, apabila cukup sulit menemukan blender dengan tingkat kebisingan rendah, Anda bisa mengakalinya. Menurut sebuah laporan, pemasangan karet peredam (damped rubber) pada bagian dasar atau penutup bisa mengurangi jumlah getaran dan kebisingan yang dihasilkan.

Dari laporan tersebut juga disebutkan kalau ventilasi udara yang tepat di dalam kabinet motor akan mengurangi kebisingan motor saat menghancurkan bahan keras seperti batu es. Apabila Anda tak ingin repot-repot melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa menyiapkan bujet lebih besar untuk membeli blender yang telah ditanamkan fitur noise reduction atau peredam kebisingan.

Usahakan Memilih yang Dibekali Fitur Pengatur Kecepatan dan Pengaman

Pastikan Dibekali Fitur Pengatur Kecepatan dan Pengaman

Kecepatan putar mata pisau yang dimotori oleh mesin dari sebuah blender bisa diatur tingkatnya. Biasanya produsen menyematkan switch pengatur kecepatan, mulai dari kondisi mati, slow, medium, dan fast. Anda bisa menyesuaikan level kecepatan putar ini dengan bahan makanan yang hendak dihaluskan. Namun, tetap utamakan produk yang dibekali fitur pengaman.

Beberapa blender yang murah biasanya tetap bisa nyala meskipun bagian tutupnya tidak terpasan sempurna. Ini bisa membahayakan Anda semisal terjadi ketidaksengajaan. Karena itu, Anda perlu memastikan apakah blender mempunyai fitur semacam Safety Lock atau tidak. Meski kami katakan kalau fitur ini jarang ditemui pada blender murah, sebagian produk dengan harga jual mencapai jutaan rupiah pun terkadang tidak memiliki fitur pengaman ini.

10 Rekomendasi Blender Terbaik

Bagaimana, apakah Anda sudah mencatat poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih blender jus dan bumbu, baik di toko elektronik langsung ataupun secara online? Selanjutnya, kami akan membagikan rekomendasi produk blender terbaik hasil penelusuran kami. Pastikan Anda menimbang kembali elemen-elemen yang telah dibahas pada bagian cara memilih saat menentukan salah satu produk berikut ini, ya!

1. Kris Stand Blender Portable

Kris Stand Blender Portable

Kisaran harga: Rp369.000

Mata pisau berbahan stainless steel yang tajam dan tahan karat

Akan menyenangkan saat menginap di hotel dalam acara gathering dari kantor jika membawa Kris Stand Blender Portable ini. Saat bersantai menonton siaran TV, Anda bisa sembari menikmati segelas smoothie segar. Kapasitas 600 ml dari blender ini memungkinkan Anda membuat minuman segar untuk 2 – 3 gelas biasa.

Jika ingin dipakai di rumah juga bisa. Blender ini hanya memerlukan daya listrik sebesar 300 watt untuk pengoperasiannya. Mata pisau dari Kris Stand Blender Portable terbuat dari stainless steel yang anti karat dan mudah dibersihkan. Produk ini hadir dalam beberapa varian warna, seperti merah, biru, dan hijau.

2. Cosmos Blenz CB-802

Cosmos Blenz CB 802

Kisaran harga: Rp419.000

Bumbu kering maupun basah dapat digiling sempurna oleh alat ini!

Blender yang awet merek Cosmos bertipe stand ini cocok Anda gunakan untuk menghaluskan bumbu ataupun minuman sari buah. Pada seri ini, Cosmos menyertakan cukup banyak fitur seperti kemampuan dalam menggiling bumbu kering, bumbu basah, dan daging atau biji-bijian.

Cukup dengan memangkas tenaga sebesar 250 watt saja, Cosmos Blenz CB-802 siap digunakan untuk segala kebutuhan Anda. Blender yang hemat listrik ini bukan hanya multifungsi, tetapi juga mempunyai gelas kaca berkapasitas 1,2 liter. Pada bagian dalam blender daging murah ini terdapat filter yang berfungsi sebagai penyaring ampas buah.

3. Miyako BL101PL Blender Plastik

Miyako BL101PL Blender Plastik

Kisaran harga: Rp209.000

Buat adonan kue lebih mudah dengan kontainer dry mill yang disediakan!

Kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memakai blender berkisar antara 1 – 1,5 liter saja. Miyako Bl101PL adalah blender terbaik yang mempunyai kapasitas tampung sebanyak 1 L. Anda bisa menggunakan blender ini untuk berbagai keperluan dapur, seperti menggiling bumbu masak secara otomatis. Produk ini bergerak dengan mengonsumsi listrik sebanyak 250 W.

Wadah plastik pada blender elektrik ini membuatnya tak mudah pecah sewaktu jatuh dengan tidak sengaja. Miyako menggunakan plastik yang memenuhi kualifikasi food grade sehingga aman dipakai untuk segala bahan makanan. Selain itu, Miyako BL101PL ini dilengkapi pula dengan kontainer dry mill yang terbuat dari kaca. Bagian tersebut berguna untuk menggiling bahan makanan seperti gandum menjadi oatmeal atau menggiling kacang sebagai adonan untuk pastry.

4. Cosmos CB 522

Cosmos CB 522

Kisaran harga: Rp283.000

Satu-satunya blender on the go yang mampu meratakan buah dan sayur dengan maksimal!

Ini adalah blender on-the-go yang benar-benar praktis untuk Anda bawa kemana pun Anda inginkan. Blender portabel dari Cosmos dapat digunakan untuk membuat minuman segar seperti jus buah atau smoothies dalam waktu cepat. Anda tak memerlukan gelas tambahan sebagai wadah untuk menyimpan hasil olahan sebab Cosmos CB 522 dirancang dengan botol minum (tumbler) yang sekaligus bertindak sebagai tabung blender.

Pada saat pembelian, Anda akan memperoleh blender dengan 2 tumbler berukuran 570 ml dan 400 ml. Dengan demikian, Anda bisa menyajikan dua macam minuman untuk konsumsi lebih dari sekali. Bagian badan blender terbuat dari stainless steel berwarna silver dan hitam untuk menimbulkan tampilan elegan. Mata pisau pada blender terbaik ini mampu melumat buah dan sayur secara merata, bahkan es batu sekalipun.

5. Philips Viva Collection Blender HR2157/90

Philips Viva Collection Blender HR2157 90

Kisaran harga: Rp660.000

Buat smoothie lebih nikmat dengan campuran es batu dan buah-buahan segar!

Ingin membuat smoothie beku dalam waktu singkat? Anda bisa mengandalkan blender merek Philips ini. Philips mengklaim produk keluarannya ini dapat menghancurkan es batu dalam hitungan detik untuk membuat smoothie beku ataupun minuman segar lainnya. Kekuatan ini dimiliki Blender HR2157/90 karena Philips telah menyertakan teknologi ProBlend5.

Bagian tabung yang terbuat dari copolyester bersifat tahan banting dan aman meskipun Anda bersihkan dengan mesin cuci piring (dishwasher). Blender es terbaik ini membutuhkan daya listrik sebesar 350 W. Ukuran tabungnya sendiri mencapai 2 L, cukup besar untuk menyajikan 3 – 5 gelas jus dalam satu kali olahan. Bagian tabung Duravita Tritan pada blender kapasitas besar ini tidak berbau dan tidak berkarat.

6. Oxone OX-853 Personal Hand Blender

Oxone OX 853 Personal Hand Blender

Kisaran harga: Rp350.000

Material tabung dari plastik yang BPA free, Anda tak perlu meragukan lagi keamanannya!

Oxone bukan pemain baru dalam dunia elektronik. Dalam jajaran produk blender, Oxone mempunyai OX-853 yang dikategorikan sebagai personal hand blender. Barang ini mempunyai tampilan yang menarik berupa warna merah muda pada mulai dari tabung transparan hingga bagian pelindung motor. Oxone hanya menyertakan satu tombol pengoperasian untuk segala kebutuhan.

Blender murah ini tersedia dalam ukuran tabugn 600 ml dan 300 ml. Bagian tabung blender yang bagus dan tahan lama ini terbuat dari bahan plastik yang BPA free. Komponen utama, yakni tutup dan wadah pada Oxone OX-853 dapat dilepas-pasang dengan mudah. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga kebersihan produk ini hanya dengan mencucinya setiap kali setelah dipakai.

7. Tokebi Platinum Hand Blender

Tokebi Platinum Hand Blender

Kisaran harga: Rp1.480.000

Kecepatan putar mesin mencapai 23.000 rpm, semua bahan makanan siap dilumat oleh hand blender ini!

Bagi Anda yang mencari hand blender multifungsi dan praktis, kami menyarankan Tokebi Platinum Hand Blender untuk Anda.  Mesin pada blender ini dirancang untuk mencapai kecepatan putar hingga 23.000 rpm. Meski berkecepatan tinggi, motor ini hanya ditenagai dengan daya listrik 170 watt. Anda juga tak perlu khawatir zat gizi dari makanan hilang karena efek panas yang ditimbulkan. Alasannya, produk ini telah dibekali dengan Thermal Protector alias sensor panas yang membuat mesin otomatis mati jika terjadi over-heating..

Bagian dasar hand blender terdapat 3 mata pisau yang bisa dilepas dan disimpan pada wadah yang disediakan. Dengan demikian, mta pisau akan tetap higienis dan terhindar dari debu.Blender low watt ini ideal digunakan sebagai penghalus, pencacah, dan penumbuk bahan makanan seperti bumbu dapur.Ketiga fungsi ini mampu dihadirkan berkat adanya 3 mata pisau berbeda, yakni multifuncton blade, foam blade, dan chopping blade.

8. Cosmos Blender FP300

Cosmos Blender FP300

Kisaran harga: Rp178.000

Alternatif blender murah dengan daya putar yang 2x lebih cepat!

Bunda sedang mencari blender bumbu terbaik di Indonesia? Kami merekomendasikan Cosmos Blender FP300. Blender mini bertenaga listrik 100 – 180 W dengan kapasitas 300 ml ini didesain dengan bentuk kapsul sehingga sangat ideal untuk menghaluskan aneka macam bumbu dapur. Agar bumbu tercampur sempurna, Cosmos menyertakan pengaduk pada bagian penutupnya.

Seluruh kompartemen blender kapsul ini terbuat dari material plastik yang mudah dibersihkan. Kelebihan yang dimiliki oleh perangkat ini adalah adanya fitur Turbo Speed dimana Anda bisa mempercepat proses penghancuran bumbu. Selain bisa menghaluskan bumbu, Cosmos Blender FP300 memungkinkan Anda membuat jenis makanan atau minuman lain seperti salad, es krim, dan bahkan es kopi susu.

9. Philips Daily Collection Blender HR2057/03

Philips Daily Collection Blender HR205703

Kisaran harga: Rp335.000

Dilengkapi mata pisau berbahan baja yang anti karat dan tahan lama

Blender Philips satu ini menyediakan tabung plastik tahan pecah dengan kapasitas 1,5 liter. Di bagian dasar tabung terdapat mata pisau yang terbuat dari baja anti karat bintang 4. Pisau ini efektif dalam memotong dan melumatkan segala macam bahan makanan yang keras maupun lembut. Dengan alat ini, Anda akan dimanjakan saat membuat smoothie atau saus untuk disantap bersama keluarga.

Pada bagian panel pengontrol kecepatan, blender anti pecah ini hanya menyediakan 1 tombol untuk memberikan satu tingkat kecepatan dan penggantian mode pulse. Namun demikian, Anda jangan khawatir karena mata pisau yang tajam telah didukung dengan mesin motor bertenaga besar untuk menghancurkan es sekalipun. Jika ingin menghaluskan bahan lembut, Anda bisa mengubah ke fungsi pulse hanya dengan satu kali pencet.

10. Shake N Take 3 Blender

Shake N Take 3 Blender

Kisaran harga: Rp125.000

Bawakan anak Anda bekal minuman segar ke sekolahnya dengan tumbler built-in blender ini!

Jika Anda mencari blender yang murah dan berkualitas untuk dipakai sendiri, tentu Shake N Take 3 Blender ini sangat cocok Anda miliki. Dengan nilai jual tak sampai 200 ribu, Anda sudah bisa merasakan kemudahan dalam mebuat minuman segar. Bagi Anda yang telah memiliki anak usia sekolah, blender ini bisa Anda beli untuk membuatkan bekal minuman buat anak.

Jika ingin menikmati jus segar setelah berolahraga, Anda bisa membawa tabung pada blender botol ini yang juga berguna sebagai tumbler. Pada seri ini, Shake N Take 3 Blender menyediakan Extra Cup sehingga bisa digunakan untuk dua orang yang masing-masing disertai tutup. Produk ini tersedia dalam beberapa varian warna, seperti kuning, biru, ungu, dan hijau yang tampak sporty.

Cara Merawat Blender Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Blender Agar Tidak Mudah Rusak

Pemakaian blender dengan frekuensi tinggi dapat membuat perangkat cepat rusak apabila tidak dirawat secara teratur. Agar blender terbaik yang telah Anda beli tidak mudah rusak, kami sertakan tips merawat blender melalui poin-poin singkat di bawha ini.

  • Batasi Pemakaian. Jangan Anda gunakan blender terus-menerus tanpa memberikan jeda, sebab tindakan ini akan membuat blender lebih cepat rusak. Berilah waktu istirahat sekitar 30 menit sebelum digunakan lagi. Bila ingin lebih baik lagi, Anda bisa membaca rekomendasi penggunaan pada buku panduan.
  • Bersihkan Secara Rutin. Baik pada blender manual ataupun hand blender, semuanya perlu dibersihkan dengan rutin. Terutama pada bagian wadah tempat menampung buah dan sayur, tak jarang terdapat sisa-sisa olahan yang menyelip ke sudut bawah. Bersihkan bagian tersebut dan seluruh kabinet dalam dengan sabun pembersih khusus agar blender siap digunakan dalam kondisi bersih.
  • Simpan di Tempat yang Higienis. Sebisa mungkin simpan blender dalam tempat atau ruangan yang bersuhu normal. Hindari penyimpanan di lokasi yang lembap, terlebih saat blender baru dibersihkan dan belum kering. Upayakan juga ruangan menyimpan komponen blender tidak terdapat debu ataupun hama sepeti tikus dan serangga lain.

 

Kesimpulan

Dari sekian banyak pilihan blender terbaik yang telah kami rekomendasikan, apakah Anda sudah menentukan manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Blender sangat berguna untuk menunjang kegiatan Anda di dapur, terutama saat ingin menyajikan makanan kepada anggota keluarga ataupun membuat minuman segar yang ditujukan dalam memelihara gaya hidup sehat. Fungsi alat ini juga mirip dengan food processor ataupun juicer.

Mengingat cukup pentingnya kegunaan dari blender, jangan sampai Anda menentukan blender dengan sembarangan. Dari poin-poin cara memilih yang telah kami bahas, semoga Anda benar-benar menerapkannya dalam proses penentuan produk. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan produk blender terbaik yang akan menunjang segala bentuk kegiatan Anda.

(Visited 101 times, 1 visits today)