Written by 03:00 Elektronik

10 Rekomendasi Juicer Terbaik

Sharp EJC20YRD Slow Juicer

Juicer telah menjadi kebutuhan setiap orang yang memegang pola hidup sehat. Peranti satu ini berguna untuk mengolah buah dan sayuran dalam bentuk jus. Berbeda dengan blender, juicer bisa memisahkan ampas dan sari buah maupun sayur, sedangkan blender tidak dapat melakukannya. Saat ini juicer banyak sekali macamnya, mulai dari manual, centrifugal, masticating, single-auger, dan twin-gear juicer yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Setiap jenis juicer mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi harga, juicer juga lebih mahal dibandingkan blender. Bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, rutinlah konsumsi jus setiap hari. Anda bisa memakai alat pengekstrak buah dan sayur ini dari brand-brand ternama, seperti Philips, Sharp, Kenwood, Miyako, dan lain sebagainya. Dalam tulisan ini, kami akan membahas cara memilih juicer serta merekomendasikan merek juicer terbaik untuk Anda.

Cara Memilih Juicer

Yang pertama akan kami paparkan ialah tentang cara memilih juicer. Terdapat elemen penting yang kiranya patut Anda pertimbangkan saat berencana membeli sebuah juicer. Ada apa saja? Silakan dibaca penjelasan detail dari kami di bagian ini.

Pilih Berdasarkan Jenis Juicer

Seperti yang telah kami sampaikan, juicer terdiri dari berbagai macam tipe, semisal manual juicer, sentrifugal juicer, masticating juicer, dan sebagainya. Kami akan membahas perbedaan antara jenis juicer terbaik ini. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan maupun gaya hidup Anda.

Manual Juicer: Lebih Sederhana dan Tak Memerlukan Akses Daya Listrik

Manual Juicer

Manual juicer merupakan model juicer yang paling sederhana. Alat ini tidak bergerak dengan mesin yang dimotori oleh daya listrik. Namun, tentu saja jenis juicer murah ini berbeda dengan yang memakai mesin serta tenaga listrik. Pemakaian manual juicer sendiri hanya berfokus pada kegiatan memeras buah dan tomat.

Anda bisa menggunakan manual juicer untuk membuat secangkir jus dari perasan lemon, jeruk, ataupun tomat. Selain hemat energi, pengekstrak buah dan sayur ini juga sangat ekonomis. Dari segi ukuran pun, manual juicer lebih kecil, sehingga Anda bisa menyimpannya dengan mudah. Perangkat ini juga tak banyak dibekali komponen, Anda jadi bisa membersihkannya tanpa harus memakan banyak waktu.

Centrifugal Juicer: Lebih Cepat Dalam Mengolah Buah dan Sayur

Centrifugal Juicer

Dapat dikatakan kalau juicer recommended jenis ini merupakan bentuk lama dari sebuah juicer, bahkan sebagian cara kerjanya mirip dengan blender. Pada centrifugal juicer terdapat bagian yang dinamakan grater disc atau semacam parutan berbentuk piringan. Parutan yang tajam ini akan berputar dengan kecepatan tinggi untuk mencacah buah dan sayur.

Walau agak menyerupai blender, juicer yang melakukan gerakan sentrifugal ini tetap mampu memisahkan sari dan ampas pada wadah berbeda. Buah yang sudah dicabik oleh pemotong akan dikumpulkan dalam wadah berputar untuk dihaluskan dan diambil sari airnya. Centrifugal juicer sendiri terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu non-ejection dan ejection.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk menyiapkan segelas jus, maka centrifugal juicer dapat Anda pilih. Juicer ini bisa bekerja dengan cepat tanpa menyita banyak waktu. Tapi perlu diperhatikan, juicer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup berisik. Selain itu, juicer sentrifugal juga menciptakan panas yang mana dapat mengurangi kuantitas ataupun kualitas zat gizi dari jus.

Masticating Juicer: Menghasilkan Gizi Lebih Baik Serta Mudah Dibersihkan

Masticating Juicer

Juicer ini mempunyai desain horizontal, berbeda dengan centrifugal juicer yang tampak vertikal. Masticating juicer beroperasi dengan menge-press buah dan sayuran. Mekanisme tersebut yang membuat sebagian orang menyebut jenis juicer satu ini dengan cold press juicer. Kelebihan dari masticating juicer adalah tidak menghasilkan panas sehingga kualitas gizi pada secangkir jus tetap terjaga.

Selain itu, masticating juicer juga lebih mudah dibersihkan. Pada sisi lain, ukuran juicer yang cukup besar menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan. Butuh tenaga lebih untuk memindahkan posisi perangkat ini. Jenis juicer ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni vertical auger juicer dan twin gear juicer. Kami akan membahas kedua sub-jenis dari masticating juicer ini pada dua poin di bawah.

Single-Auger Juicer: Sangat Cocok Untuk Mengolah Sayur-sayuran

Single Auger Juicer

Apabila Anda mengutamakan nutrisi dari sayur-sayuran, maka kami menyarankan single-auger juicer untuk dibeli. Alat ini dapat mengolah sayuran hijau lebih baik, namun tak membatasi buah yang juga bisa diekstraksi secara maksimal oleh juicer single-auger. Jenis juicer ini bersifat multifungsi, selain bisa dimanfaatkan untuk membuat  jus yang siap dimasukkan ke dalam kulkas (link), Anda juga bisa menggerus kacang untuk dijadikan selai, makanan bayi, dan membentuk pasta.

Single-auger juicer mampu mengolah bahan dengan putaran rendah sehingga tidak berisik dan memastikan nilai gizi tetap utuh. Juicer jenis single-auger juga mampu meningkatkan efisiensi biaya dan komponennya mudah dibersihkan. Walau demikian, elektronik penghasil jus ini tak mampu menyediakan hasil jus dari buah-buahan yang banyak, karena difokuskan pada fungsi mengolah sayur.

Twin-Gear Juicer: Memberikan Hasil Jus yang Banyak dan Bergizi Tinggi

Twin Gear Juicer

Ini merupakan juicer yang dinilai menyimpan keunggulan lebih banyak serta mampu memenuhi kebutuhan hidup setiap orang. Twin-gear juicer bekerja dengan memerintahkan dua meshed gears yang berputar pada putaran rendah. Saat sayur dan buah dimasukkan ke dalam corong, meshed gears tersebut langsung mencabik serat dan menekannya untuk menghasilkan jus.

Twin-gear juicer juga mampu mengolah sayuran bertekstur keras, seperti wortel dan sebagainya. Jenis juicer twin-gear juga dapat menciptakan jus dan zat nutrisi paling banyak dibandingkan jenis lain. Perangkat juicer ini merupakan salah satu yang paing tidak berisik dari model lain. Namun, Anda perlu tahu kalau juicer ini bekejra pada putaran lambat sehingga waktu yang diperlukan tak secepat jenis centrifugal juicer. Harga twin-gear juicer juga dibandrol lebih mahal dibandingkan jenis lain.

Pilih Berdasarkan Tingkat Kecepatan Pengolahannya

Bagi Anda yang punya mobilitas tinggi namun tetap ingin memanjakan tubuh dengan jus sehat, tentu Anda harus memilih juicer yang bisa bekerja dengan cepat. Tingkat kecepatan olah dari juicer yang awet juga berbeda-beda, ada yang bekerja cepat dan lambat. Apa kelebihan dari level kecepatan putar alat ini? Anda bisa mengetahuinya pada dua poin berikut.

Slow Juicer: Hasil Lebih Sedikit Namun Enzim Buah dan Gizi Terjaga Dengan Baik

Slow Juicer

Jika Anda mengingat bagaimana spesifikasi dari masticating atau cold press juicer, maka jenis juicer yang bagus tersebut yang digolongkan sebagai slow juicer. Juicer model ini tidak menyatukan buah dengan biji dan limbahnya, melainkan melumatkan keseluruhan buah dan sayur hingga halus dan memisahkan sari dari ampasnya.

Karena bekerja dengan cukup lambat, maka slow juicer yang bagus dan murah akan menyediakan lebih sedikit sari jus. Walau demikian, hasil jus dari olahan slow juicer mengantongi enzim buah, serat, dan nilai gizi yang paling baik. Selain itu, juicer bagus berputaran lambat juga dapat meminimalisir oksidasi. Untuk rasa yang dihasilkan pun, slow juicer akan memberikan cita rasa murni, segar, dan tanpa buih.

Fast Juicer: Putaran Pisau Cepat Untuk Anda yang Tak Punya Banyak Waktu

Fast Juicer

Sebagian orang menyebut fast juicer dengan blender karena menengok konsep kerja yang tak jauh berbeda. Anggapan tersebut tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar ataupun salah, sebab sebagian produsen juga ada yang menambahkan fitur lain seperti pemisah limbah pulp dan sari pada masing-masing wadah. Bicara  mengenai performa dari juicer ini, tentu slow juicer masih lebih baik dalam menyediakan hasil olahan.

Fast juicer dapat mengoyak buah dengan pisau kecepatan tinggi, Anda tak memerlukan lama untuk menikmati secangkir jus segar. Namun, hasil olahan ini mengalami proses oksidasi lebih cepat dan kandungan gizi di dalamnya juga telah berkurang. Karena itu, fast juicer lebih cocok untuk Anda yang ingin minum jus secara langsung setelah diolah. Harga dari fast juicer juga lebih murah dibandingakan slow juicer.

Usahakan Memilih Juicer Berkapasitas Minimal 500 ml

Usahakan Memilih Juicer Berkapasitas Minimal 500 ml

Selain memikirkan jenis dan tingkat kecepatannya, Anda juga perlu memperhatikan ukuran tampung dari sebuah juicer. Bagi Anda yang ingin menyajikan jus untuk kebutuhan lebih dari satu orang, misal untuk anggota keluarga lainnya, maka upayakan memilih juicer dengan kapasitas minimal 500 ml. Saat ini juicer tersedia dalam beragam kapasitas yang dapat disesuaikan.

Namun, bagi Anda yang merasa kapasitas tersebut terlalu besar, Anda bisa beralih ke juicer dengan kapasitas lebih kecil. Agar lebih memudahkan, Anda perlu mengetahui berapa perkiraan wadah unutkminum just 1 gelas ukuran biasa atau cangkir teh. Untuk menghasilkan jus sekitar 1 jug atau teko, pilihlah juicer berkapasitas 350 ml. Sedangkan 1 gelas biasa memerlukan sekitar 200 ml dan 1 cangkir teh sebesar 140 ml.

Pertimbangkan Memilih Entry Tube yang Cukup Besar

Pertimbangkan Memilih Entry Tube yang Cukup Besar

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan lebih, tentu kami menyarankan Anda membeli juicer dengan corong entri berukuran agak besar. Dengan demikian, tak ada lagi yang namanya kegiatan memotong-motong bahan makanan menjadi ukuran lebih kecil sehingga muat saat diakseskan ke lubang corong yang sempit. Namun, apabila Anda lebih mementingkan aspek keamanan, entry tube yang berukuran kecil merupakan pilihan yang tepat.

Pilih yang Mudah Dibersihkan Dengan Dishwasher maupun Tangan

Pilih yang Mudah Dibersihkan Dengan Dishwasher maupun Tangan

Juicer tidak sama dengan alat pemroses bahan makanan lainnya, terutama dalam menjaga kandungan enzim alami dan mikronutrisi dari buah dan sayuran. Maka dari itu, pastikan Anda memilih juicer yang bukan hanya powerful, tetapi juga mudah dibersihkan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan dishwaser yang bekerja otomatis ataupun secara manual degann tangan.

  • Dengan Dishwasher. Secara umum, komponen juicer yang bisa dilepas akan safe saat dibersihkan dengan dishwasher. Namun, tak menutup kemungkinan sebagian produk tak cocok disterilkan memakai alat pembersih dish otomatis. Sebagai contoh, dishwasher berukuran besar tidak tahan terhadap goncangan saat pencucian mekanik, karena itu mereka lebih cocok dibersihkan dengan tangan.
  • Dengan Tangan. Jika juicer kepunyaan Anda tidak bisa dicuci menggunakan atau memang Anda tidak memiliki dishwasher, maka Anda bisa sterilkan kabinet dan komponen perangkat secara manual. Anda bisa rendam removable part dari juicer ke dalam air hangat lalu bersihkan dengan cairan pembersih khusus dish.

 

Perhatikan Tingkat Kebisingan yang Dikeluarkan

Perhatikan Tingkat Kebisingan yang Dikeluarkan

Kecepatan motor dari setiap juicer pada umumnya mengeluarkan noise atau suara antara 81 – 88 dB. Semakin besar nilai desibelnya, maka tingkat kebisingan dapat merusak kenyamanan Anda saat digunakan. Bagi Anda yang ingin mengetahui noise level dari sebuah juicer, Anda bisa meliat sound ratings atau jumlah bintang yang tertera pada deskripsi produk.

Pastikan Anda memilih juicer dengan peringkat suara serendah mungkin sehingga saat digunakan, Terutama apabila jenis yang Anda pilih merupakan centrifugal juicer, maka level kebisingan ini sangat penting diperhatikan. Biasanya, semakin besar daya listrik yang dibutuhkan, noise yang dihasilkan juga semakin tinggi, meskipun proses pengolahannya lebih cepat.

10 Rekomendasi Juicer Terbaik

Sesudah membaca faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan, sekarang Anda bisa langsung menentukan juicer mana yang paling cocok. Pada bagian ini, kami akan mencantumkan sepuluh merek juicer terbaik yang telah banyak digunakan oleh orang Indonesia. Tentunya, produk-produk berikut tetap harus Anda sesuaikan terhadap kebutuhan dan tujuan Anda.

1. Philips Juicer – HR1811

Philips Juicer HR1811

Kisaran harga: Rp620.000

Sajikan lebih banyak jus sehat untuk seluruh anggota keluarga

Buah apa yang paling Anda sukai untuk dijadikan jus? Sekarang, Anda bisa mengolah lebih mudah buah-buahan tersebut dengan Philips Juicer HR1811. Juicer andal dari Philips ini akan membantu Anda menyediakan jus favorit dan minuman segar dengan lebih mudah. Dengan kapasitas tabung yang besar, Anda dapat mengekstrak buah dan sayuran hingga 500 ml hanya dalam sekali pengolahan.

Juicer terbaik ini ditenagai dengan motor yang sangat kuat dalam menghancurkan dan menghaluskan bahan-bahan makanan dalam waktu singkat. Anda bisa mengatur 2 tingkat kecepatan yang disesuaikan dengan hasil ekstraksi yang diinginkan. Selain bertenaga, Philips Juicer HR1811 juga tergolong sebagai juicer yang hemat listrik karena hanya memerlukan daya sebesar 300 watt untuk pemrosesannya.

2. Sharp EJC20YRD Slow Juicer

Sharp EJC20YRD Slow Juicer

Kisaran harga: Rp1.482.000

Dengan kecepatan motor 60 rpm dan tingkat kebisingan maksimum 70 dB. Tidak berisik!

Bagi Anda yang memiliki anggaran lebih dan ingin berinvestasi kepada produk yang mendorong gaya hidup sehat, tentu Sharp EJC20YRD patut dipertimbangkan. Ini adalah slow juicer unggulan Sharp yang bermutu tinggi. Kecepatan motor mencapai 60 rpm dari juicer ini tidak akan menimbulkan kebisingan. bahkan, tingkat bising yang dikeluarkan tak akan melebihi angka 70 dB.

Alat ini menyediakan bagian penggiling dan pemeras berteknologi terbaik untuk menyediakan minuman segar dan jus kesukaan Anda. Berkapasitas tabung 0,8 liter, Anda dapat mengolah lebih banyak buah dan sayur untuk Anda dan anggota keluarga. Hasil perasan dari juicer berkualitas terbaik ini menjamin tidak akan mengalami oksidasi. Juicer ini juga mudah dibersihkan berkat komponen yang bisa dilepas-pasang.

3. Bosch MES3500 Extractor Juicer

Bosch MES3500 Extractor Juicer

Kisaran harga: Rp3.000.000

Nge-juice tak lagi direpotkan dengan potong-potong buah dan sayur

Tak perlu lagi melakukan persiapan lebih saat ingin menyajikan jus setiap pagi dan malam. Dengan Bosch MES3500 Extractor Juicer, Anda dapat mendapatkan fasilitas yang memanjakan. Cukup mengambil buah dan sayur yang hendak diproses, Anda bisa langsung memasukkannya ke tabung ekstra besar dengan corong entri berukuran XL atau sekitar 73 mm.

Juicer dari Bosch ini menggunakan motor berdaya listrik 700 watt. Keranjang penyaring dari stainless steel di dalamnya menjamin hasil ekstraksi jus yang sempurna. Produk ini menggunakan penjepit berbahan aluminum yang ketat dan memastikan tidak adanya kebocoran. DripStop pada saluran jus dalam juicer ini memastikan meja tetap bersih setelah pengolahan.

4. Dodawa DD-830 Slow Juicer

Dodawa DD 830 Slow Juicer

Kisaran harga: Rp244.000

Mampu mengolah aneka buah, sayur, dan bahkan biji-bijian

Jika Anda memerlukan juicer yang murah, kami sarankan Anda membeli Dodawa DD-830. Walau murah, produk ini dirancang sebagai slow juicer untuk mengoptimalkan hasil olahan yang tinggi gizi. Dodawa menyertakan daya cengkram kuat pada alat ini. Gigi dan spiral yang didesain unik dapat memisahkan sari dan limbah buah ke wadah berbeda.

Kecepatan gear yang lambat dari juicer terbaik dari Dodawa dapat Anda gunakan untuk mengolah aneka buah, sayur, dan biji-bijian untuk menghasilkan jus segar. Dengan komponen selain bodi unit utama yang dirancang agar mudah dilepas dan dibersihkan, Anda akan lebih leluasa saat mencuci produk ini, baik dengan dishwasher ataupun hand-washing.

5. Kenwood JE680 Continuous Centrifugal Juicer

Kenwood JE680 Continuous Centrifugal Juicer

Kisaran harga: Rp2.125.000

Feed tube berukuran XL untuk memudahkan Anda saat memasukkan bahan makanan

Butuh juicer yang bagus dan didesain agar menyatu dengan interior dapur? Anda dapat membeli Kenwood JE680. Dirancang sebagai centrifugal juicer, alat ini akan menunjang keperluan Anda dalam menyiapkan minuman segar maupun jus dalam waktu singkat. Tabung dan wadah pengolah juicer terbuat dari plastik yang berstandar food grade, Anda tak perlu khawatir akan kualitas hasil yang diberikan.

Juicer terbaik Kenwood bergerak dengan motor berkecepatan tinggi pada daya 700W. Fitur juice extractor dan anti drip function semakin menambah nilai lebih pada produk ini. Hanya dengan berat 4 kg, Anda tak akan kesulitan saat ingin menyimpan alat ini. Kenwood JE680 menyediakan kapasitas wadah sebesar 0,75 dan feed tube atau corong entri berukuran XL.

6. Philips Citrus Press HR2738

Philips Citrus Press HR2738

Kisaran harga: Rp310.000

Tak ada lagi bekas tetesan jus berkat desain tutup yang berbentuk kerucut

Tinggalkan cara lama untuk menyajikan jus jeruk segar dan beralihlah memakai Philips Citrus Press HR2738. Juicer ini dirancang khusus untuk memeras jeruk secara otomatis. Dengan mekanisme rotasi putaran untuk mengekstrak sari jeruk, Anda tak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk menikmati segelas jeruk segar di siang hari yang panas.

Juicer ini dilengkapi dengan penutup yang dapat menghentikan tetesan melalui desain cerat baru. Anda bisa membuka penutup berbentuk kerucut yang mudah dilepas-pasang sehingga proses pembersihannya juga tak merepotkan. Bahkan, juicer terbaik berdesain cantik dan sederhana ini memungkinkan Anda dicuci pada mesin pencuci piring (dishwasher).

7. Cosmos CJ-355 Juicer

Cosmos CJ 355 Juicer

Kisaran harga: Rp386.000

Dapatkan juicer awet dengan nilai jual lebih ekonomis

Alat pembuat jus merek Cosmos ini menerapkan mata pisau berbahan stainless steel sehingga anti karat dan tahan lama. Daya tampung yang berukuran 0,5 liter menunjang Anda memasukkan lebih banyak bahan makanan ke dalamnya. Dengan 2 tingkat kecepatan motor, Anda bisa mempercepat atau memperlambat proses pengolahannya.

Cosmos CJ-355 dibekali dengan fitur pengaman berupa Safety Lock dan Thermostat Overheat Protection. Jadinya, saat Anda memilih putaran kecepatan tinggi, fitur Thermostat Overheat Protection akan bekerja meredam panas yang dikeluarkan. Sementara fitur Safety Lock akan membuat juicer tak berfungsi bila ada komponen yang belum terpasang sempurna. Motor pada mesin juicer ini akan bergerak dengan asupan listrik sebesar 160 watt.

8. Panasonic MJL500SRA Slow Juicer

Panasonic MJL500SRA Slow Juicer

Kisaran harga: Rp2.386.000

Menjaga suhu normal untuk menjamin nilai gizi dari jus yang akan Anda minum!

Bagi Anda yang membutuhkan slow juicer terbaik dengan banyak fitur memanjakan, tentu kami menyarankan Anda produk dari Panasonic ini. Juicer ini memiliki spout cap yang bukan hanya memaksimalkan kandungan gizi tetap sempurna, tetapi tidak adanya tetesan sehingga mengurangi kuantias sari yang dihasilkan.

Wiper pada Panasonic MJL500SRA dapat berputar otomatis untuk mencegah bagian filter tersumbat. Dengan bagian pemotong dari stainless steel, juicer ini sangat baik dalam memproses bahan-bahan lunak maupun keras. Juicer ini melakukan penggilingan pada kecepatan 45 rpm. Maka demikian, alat ini tidak akan menimbulkan panas yang bisa menghancurkan nilai gizi dari bahan makanan yang diolah.

9. Kuvings C7000 Whole Slow Juicer

Kuvings C7000 Whole Slow Juicer

Kisaran harga: Rp7.000.000

Dapatkan jus dan smoothie yang bertekstur lebih lembut dengan alat ini!

Berbeda dengan slow juicer terbaik lainnya, Kuvings C7000 memiliki desain yang ramping dengan bagian penutup yang dibuat transparan. Dengan demikian, Anda dapat melihat proses pelumatan bahan-bahan di dalamnya. Alat ini memakai teknologi pemerasan JCMS yang sudah dipatenkan sehingga hasil ektraksi semakin lembut dan seimbang.

Kuvings melengkapi juicer ini dengan Smart Cap sehingga menjamin tidak adanya kebocoran saat menuangkan hasil olahan ke dalam gelas. Produk ini juga menyediakan Safety Lock System yang mana akan mencegah juicer tidak berfungsi saat semua komponen belum terpasang dengan benar. Anda bisa menggunakan alat ini bukan hanya untuk membuat jus, melainkan smoothie dan es krim juga bisa!

10. Miyako JE607

Miyako JE607

Kisaran harga: Rp289.000

Corong entri yang memungkinkan untuk dimasukkan 1 buah apel utuh tanpa harus dibelah dua

Anda bisa menghemat anggaran lebih banyak dengan membeli juicer mudah dan berkualitas ini. Tak perlu merogoh kocek sampai jutaan rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang Miyako JE607. Juicer portable yang bagus dari Miyako ini punya kapasitas yang besar. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyediakan lebih banyak jus saat ada tamu yang singgah ke rumah.

Corong entri dengan slot berukuran besar memungkinkan Anda memasukkan buah dan sayur tanpa harus memotongnya terlebih dahulu. Bahkan, Anda bisa juga memasukkan 1 buah apel utuh tanpa perlu membelahnya. Juicer terbaik ini dilengkapi dengan kenop yang difungsikan sebagai On/Off dan pengatur kecepatan. Meski murah, Miyako tetap menyematkan fitur Automatic Safety Lock sehingga juicer tak dapat beroperasi saat tidak terkunci dengan benar.

Mana Lebih Baik, Juicer atau Blender?

Untuk menjaga kesehatan tubuh, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi ½ hingga 2 gelas jus buah atau 2 – 3 gelas jus sayuran setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral yang belum diperoleh dari makanan Anda, maka risiko seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan obesitas bisa berkurang.

Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan lebih mudah apabila memiliki juicer atau blender. Namun, tahukah Anda perbedaan membuat jus dengan juicer dan blender?

Perbedaan Kandungan Nutrisi

Perbedaan Kandungan Nutrisi

Nutrisi yang dihasilkan dari juicer memiliki konsentrasi lebih tinggi dibandingkan dengan jus dari blender. Ini dapat terjadi karena vitamin dan mineral dari buah atau sayur umumnya tersimpan dalam air atau sarinya dan bukan pada seratnya. Namun, perlu diingat juga kalau juicer menghasilkan sari yang lebih sedikit dan bahkan hampir tidak mengandung serat sama sekali.

Selain minim sekali akan serat, buah dan sayur yang diolah dengan juicer juga rendah akan antioksidan. Pernyataan ini merujuk pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 dimana anggur yang dijus dan di-blend ternyata lebih banyak ditemui pada jus yang diproses dengan blander.

Perbedaan Kandungan Gula

Perbedaan Kandungan Gula

Walaupun sama, jus dan smoothie sebenarnya berbeda dari segi cara olah, tekstur, dan nutrisi. Jus umumnya rendah kandungan serat karena diolah menggunakan juicer. Meski demikian, jus lebih kaya akan gizi tetapi tidak bisa membuat perut terasa kenyang akibat ampas yang tak ikut diminum. Sementara pada smoothie, umumnya diolah memakai blender sehingga ampas masih menyatu dan perut terasa lebih kenyang setelah mengonsumsinya.

Perbedaan hasil olahan ini yang turut memengaruhi kadar gula atau fruktosa di dalamnya. Pada temuan sebuah penelitian di tahun 2014, pada jus buah mengandung 45,5 gram fruktosa per liter dimana angka ini tidak jauh berbeda dengan minuman soda, yakni sekitar 50 gram per liter. Sedangkan pada smoothie, kandungan gulanya lebih sedikit.

Walaupun smoothie diketahui mengandung gula lebih sedikit, hal ini tidak menyingkirkan fakta bahwa minuman segar, baik jus dan smoothie, sama-sama bisa meningkatkan kadar gula yang signifikan dalam darah. Untuk itu, Anda yang menggunakan juicer terutama, disarankan mengolah buah dan sayur dengan batasan ideal. Jangan mengutamakan rasa kenyang, melainkan utamakan memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan Anda.

Kesimpulan

Juicer terbaik dapat membantu Anda memperoleh nutrisi yang lebih baik dan tinggi dibandingkan alat pengekstrak buah lainnya. Maka dari itu, segera milikilah salah satu produk dari daftar yang telah kami rekomendasikan. Kami telah membagikan pilihan juicer dengan cost dan perfomance yang berbeda-beda, Anda tinggal menyesuaikannya saja!

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih juicer atau blender, Anda bisa mempertimbangkan sisi buruk dan baik dari kedua alat ini, terutama pada kandungan gula yang dihasilkan dari masing-masing alat. Apabila Anda tidak mempermasalahkan berat badan, maka blender mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda ingin memperoleh lebih banyak nutrisi dengan catatan membatasi jumlah minuman yang dikonsumsi, maka juicer paling tepat Anda untuk pilih.

(Visited 66 times, 1 visits today)