Written by 00:37 Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik

Frying pan merupakan salah satu alat dapur yang keberadaannya paling penting untuk aktivitas memasak sehari-hari. Apalagi bagi kita masyarakat Indonesia yang sangat menyukai gorengan. Ada banyak tipe serta ukuran frying pan yang dijual di pasaran. Bagi yang enggan kerepotan membeli frying pan beda ukuran secara terpisah, frying pan set bisa menjadi solusi.

Produsen cooking wear pun seakan berlomba mengeluarkan produk frying pan set. Mulai dari T-Fal, Ikea, hingga Maxim. Namun, sebenarnya frying pan set seperti apa sih, yang paling cocok untuk Anda? Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda menyimak beberapa kriteria yang akan kami ulas berikut ini. Kami juga akan memilihkan sepuluh produk terbaik versi PickyBest sebagai referensi.

Cara Memilih Frying Pan Set

Ada banyak aspek yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memilih produk yang tepat. Kami telah merangkum informasi mengenai cara memilih frying pan set untuk Anda. Mari kita simak satu per satu.

Perhatikan Kelengkapan beserta Bentuk Frying Pan Set

Frying pan set biasanya terdiri dari beberapa produk dengan bentuk adan ukuran berbeda. Untuk menghindari pemborosan, pilih bentuk dan ukuran yang sesuai dengan style memasak Anda. Untuk menu masakan berkuah, model sauce pan akan sangat berguna karena memiliki cekungan yang dalam. Memasak sup, merebus telur, dan membuat saus menjadi lebih mudah dengan pan ini. Ada juga frying pan berbentuk persegi panjang yang biasa digunakan untuk membuat telur dadar gulung.

Frying pan spiral, yang berbentuk bulat melebar adalah yang paling sering kita temui. Untuk kebutuhan deep-frying, fry pan spiral dengan cekungan agak dalam akan lebih cocok digunakan. Sementara itu, untuk menggoreng atau menumis ringan dengan sedikit minyak, pergunakan frying pan spiral yang permukaannya lebih datar. Sesuaikan pula ukuran dengan jumlah porsi masakan yang biasa Anda buat

Selain bentuk dan ukuran, perhatikan juga kelengkapan setnya. Pilih frying pan bertutup yang akan memudahkan Anda membacem atau menghindari cipratan minyak. Set dengan spatula juga patut dipertimbangkan. Anda jadi tidak perlu lagi memilih spatula yang cocok untuk frying pan tersebut. Selain menghemat budget, opsi ini juga lebih efisien, bukan?

Perhatikan Material Dasarnya

Material pembuatan frying pan dapat dikatakan sebagai poin paling krusial. Hal itu sangat menentukan kualitas pan serta harganya. Material yang berbeda akan menghasilkan pengalaman memasak yang berbeda pula. Pilihlah frying pan berkualitas sesuai budget yang Anda miliki.

Stainless Steel: Lebih Tahan Karat serta Ideal untuk Kompor Induksi

Sumber: Ikea.com

Bahan stainless steel banyak dipakai untuk berbagai peralatan makan. Namun, penggunaannya sebagai material dasar frying pan masih jarang ditemui. Kelebihan material ini adalah ketahanannya terhadap korosi. Sifat antikaratnya membuat wajan stainless steel relatif lebih mudah dibersihkan sehingga cocok untuk membakar daging-dagingan.

Frying pan berbahan stainless steel mampu menyimpan panas dengan baik. Hal ini menjadikannya ideal untuk digunakan pada kompor induksi. Namun, daya hantar panasnya masih kalah dengan material lain. Sayangnya, frying pan yang terbuat dari stainless steel biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal.

Besi: Konduktor Panas yang Handal

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa besi merupakan konduktor panas yang sangat baik. Frying pan yang terbuat dari material besi mampu menyebarkan panas dengan cepat sehingga masakan lebih lekas matang. Namun, Anda akan dituntut lebih cekatan agar masakan matang merata dan tidak gosong.

Selain itu, bobot frying pan besi lumayan berat sehingga akan membutuhkan effort lebih saat menggunakannya. Dari segi harga, wajan besi juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Namun, hal ini akan sepadan karena material ini sangat awet jika Anda merawatnya dengan baik.

Aluminium: Ringan, Membantu Kita Lebih Lincah di Dapur

Jika bobot frying pan yang berat menjadi alasan Anda malas memasak, pilihlah yang terbuat dari alumunium. Karena bobotnya ringan, Anda bisa bebas membolak-balik masakan tanpa perlu khawatir tangan terasa pegal. Bahan alumunium juga merupakan konduktor panas yang tak kalah baiknya dengan wajan besi.

Alumunium adalah material yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar frying pan karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Sayangnya, frying pan alumunium mungkin kurang ideal untuk Anda yang masih belajar memasak. Bahan masakan lebih rentan lengket jika Anda belum mahir mengatur kadar api dan minyak yang tepat.

Periksa pula Bahan Coating Permukaan Frying Pan

Kebanyakan frying pan modern memiliki material coating tambahan pada bagian permukaannya. Bahan top coat yang sering digunakan diantaranya keramik, fluororesin, marble, dan diamond. Ayo kita bahas karakteristiknya satu per satu.

Keramik: Tidak Menyebabkan Masakan Gosong

Jika Anda adalah seorang health freak, frying pan dengan coating keramik sangat ideal untuk dimiliki. Material ini bebas dari kandungan zat kimia berbahaya seperti PFOA dan PTFE. Jadi, Anda bisa lebih tenang menikmati berbagai menu masakan sehat. Pan keramik juga memiliki sifat antilengket yang sangat baik sehingga menggoreng daging tidak lagi menjadi mimpi buruk!

Warna putih polos khas lapisan keramik memberikan kesan anggun dan feminin. Selain itu, keramik memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengontrol kadar panas. Namun, pelapis keramik kurang baik dalam menerima paparan suhu tinggi saat kondisi pan kosong. Biasakan untuk menaruh minyak atau butter terlebih dahulu sebelum menghidupkan apinya.

Fluororesin: Antilengket serta Mudah Dibersihkan

Anda mungkin lebih mengenal pelapis fluororesin dengan sebutan teflon. Bahan teflon memiliki kemampuan antilengket cukup baik yang membuat Anda tidak perlu memakai banyak minyak. Kemampuan distribusi panasnya yang mumpuni membuat masakan Anda matang merata lebih cepat. Selain itu, harga teflon relatif lebih terjangkau dari coating lainnya serta mudah dibersihkan.

Kekurangan material ini adalah ketahanannya terhadap suhu panas yang kurang baik. Jadi, sebaiknya Anda menghindari penggunaan api yang terlalu besar. Kami sangat menyarankan Anda membeli teflon yang memiliki fitur antigores. Tanpa fitur ini, permukaan pan akan lebih rentan terkena goresan, terutama jika Anda menggunakan spatula berbahan steel.

Marble: Tidak Mudah Tergores, Tahan Lama!

Marble coating menghasilkan desain frying pan unik dengan aksen hitam bintik putih nan elegan. Material memiliki sifat antilengket yang mumpuni sehingga Anda bisa menggoreng tanpa minyak.

Antigoresnya juga sangat bisa diandalkan sehingga Anda bisa bebas memilih material spatula tanpa khawatir permukaan pan tergores. Selain itu, coating ini tidak mengandung bahan-bahan karsinogenik yang membahayakan kesehatan. Ia juga memiliki ketahanan terhadap panas yang sangat baik.

Diamond: Inovasi Terkini yang Berasal dari Bahan Alam

Frying pan berlapis diamond menawarkan pan yang kuat dan mantap ketika dibawa. Diamond-coated pan dirancang dengan teknologi mutakhir. Serbuk-serbuk halus berlian alami disematkan ke dalam rangka wajan. Hasilnya, terbentuklah wajan yang tidak hanya antilengket dan antigores, tetapi juga memiliki ketahanan paling baik di antara material pelapis lainnya.

Kami merekomendasikan Anda memilih frying pan dengan lapisan diamond yang lebih banyak agar ketahanannya semakin baik. Frying pan ini termasuk produk premium sehingga tak heran jika dibanderol dengan harga yang mahal. Meski begitu, harga yang dikeluarkan akan sepadan dengan fitur-fitur yang didapatkan.

Pertimbangkan Produk Serbaguna yang Gagangnya Dapat Dilepas

Untuk penggunaan sehari-hari, Anda bisa mempertimbangkan frying pan yang gagangnya bisa dilepas. Tipe ini sangat serbaguna dan fleksibel untuk berbagai keperluan memasak. Anda bisa menggunakannya sebagai wadah memanggang di microwave atau menyajikan masakan langsung di meja makan. Tak hanya itu, tipe ini juga sangat mudah dibersihkan, hingga ke bagian holder yang biasanya sulit dijangkau.

Sayangnya, model wajan dengan gagang detachable ini masih cukup jarang ditemui di Indonesia. Sebagai alternatif lain, Anda bisa memilih model wajan berupa sauce pan. Anda bisa membuat tumisan hingga menu masakan berkuah karena cekungannya cukup dalam. Untuk hidangan keluarga di rumah, sebaiknya pilih wajan penggorengan berukuran medium hingga large. Jadi, Anda bisa memuat porsi masakan yang cukup untuk seluruh anggota keluarga sekaligus.

10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik

Di bawah ini kami rekomendasikan sepuluh frying pan set terbaik dari berbagai merek untuk memudahkan pencarian Anda. Jangan lupa mempertimbangkan beberapa informasi yang dibahas sebelumnya untuk memantapkan pilihan.

1. IKEA KAVALKAD Frying Pan Set

Sumber: Ikea.co.id

Duo pan ekonomis yang ringan dengan pelapis non-sticky teflon classic

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada frying pan set yang satu ini. Dengan harga di bawah dua ratus ribu, Anda sudah mendapatkan dua frying pan antilengket kualitas teflon classic.

Set ini terdiri dari fraying pan berukuran 20 cm dan 26 cm. Bobotnya ringan sehingga sangat mudah untuk digunakan. Material utamanya adalah alumunium dan tidak memakai bahan PFOA sebagai komponen antilengketnya. Saat menggunakan pan ini, sebaiknya Anda memakai spatula dari bahan kayu atau plastik agar permukaannya tidak tergores.

Kelengkapan set2 unit frying pan (20 cm dan 26 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingTeflon
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp129.000

2. BOLDe Super Pan Beige Granite Series

Sumber: Shopee.co.id

Tebal sehingga mampu mengatur suhu dengan lebih baik

Set ini berisikan tiga macam pan, yaitu sauce pan plus penutup, wok pan, dan frying pan. Produk ini menggunakan eco green technology yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia berbahaya. Tak hanya itu, BOLDe Super Pan Beige ini memiliki ketebalan 3 mm yang diklaim dua kali lebih tebal dari merek lainnya!

Perpaduan wajan yang tebal dengan induction bottom membuat kemampuan pengaturan temperatur wajan ini menjadi sangat baik. Panas tersebar lebih merata sehingga masakan Anda akan matang sempurna tanpa perlu sering dibolak-balik. Saat menggunakannya, pastikan Anda menghindari goresan benda tajam agar coating granitnya tidak terkikis.

Kelengkapan set1 unit saucepan (18 cm x 8 cm), 1 unit frying pan (22 cm), 1 unit wok pan (24 cm), 1 unit penutup saucepan (18 cm) berbahan kaca transparan dilengkapi lubang pembuangan udara
Material dasarAluminium
Bahan coatingGranite ceramic
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp449.000

3. Oxone OX-03FP 3 Pcs Marble Frypan Set

Mampu menggoreng tanpa minyak sehingga masakan lebih sehat!

Frying pan set ini cocok untuk Anda yang menghindari konsumsi minyak karena kemampuan antilengketnya sangat mumpuni. Meski Anda memasak tanpa minyak, bahan masakan tidak akan lengket berkat marble coating-nya.

Set ini terdiri dari tiga frying pan berukuran 20 cm, 24 cm, dan 28 cm. Anda bisa dengan mudah menyesuaikan ukurannya dengan porsi yang Anda inginkan. Handle grip-nya terbuat dari stainless steel yang mantap digenggam. Sst, frying pan ini juga bisa digunakan untuk kompor induksi.

Kelengkapan set3 unit frying pan (20 cm, 24 cm, dan 28 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingMarble
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp556.000

4. Lock N Lock Fry Pan Set

Sumber: Shopee.co.id

Memasak lebih lincah dengan bobot wajan ringan

Bobot yan frying pan ini hanya 0,5 kg, yang akan membuat aktivitas memasak lebih ringan dan mudah. Anda dapat bergerak lincah tanpa efek tangan terasa pegal. Set ini terdiri dari satu wok pan dan dua frying pan. Hidangan apapun dapat Anda eksekusi menggunakan set ini.

Pegangan wajan dilengkapi dengan lapisan bakelite yang melindungi tangan Anda dari suhu panas wajan. Selain itu, pan set ini dapat mempermanis penampilan dapur Anda dengan pola unik berwarna soft red di bagian bawahnya. Tak hanya sebagai dekorasi, pola ini juga berfungsi memeratakan panas dengan lebih baik.

Kelengkapan set2 unit frying pan (24 cm dan 28 cm), 1 unit wok pan (26 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingFluoropolymer
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp699.000

5. Happycall Brillo Diamond Frying Pan Set

Terbuat dari materia forged alumunium yang mewah dan tahan lama

Produk ini akan cocok untuk Anda yang mencari frying pan set kualitas premium. Produk ini terbuat dari forged alumunium, dengan tiga lapisan diamond pada bagian dalam dan dua lapisan porselen di bagian luar. Kombinasi bahan baku berkualitas tinggi ini menghasilkan set wajan yang tahan lama, non-stick, dan non-scratch.

Lapisan non-stick yang canggih membuatnya sangat mudah dibersihkan, meski dengan sapuan kain pembersih saja. Selain waktu masak, waktu Anda untuk mencuci pun akan dipersingkat. Material gagangnya terbuat dari bakelite untuk genggaman lebih nyaman dan antislip.

Kelengkapan set1 unit frying pan (28 cm), 1 unit wok pan (28 cm), 1 uni tutup kaca (28 cm), 1 unit square pan (28 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coating2 lapisan porselen di bagian luar, 3 lapisan diamond di bagian dalam
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp1.298.000

6. Minka Frying Pan Set

Sumber: Mncshop.com

Warna-warni cerah yang memeriahkan suasana dapur

Bosan dengan suasana dapur yang itu-itu saja? Tambah koleksi Anda dengan frying pan set ini! Set ini terdiri dari empat frying pan berwarna pastel serta dua tutup pan. keberadaannya akan menciptakan suasana baru yang lebih menyenangkan di dapur Anda. Tak hanya memiliki desain cantik, frying pan set ini dapat menjalankan fungsi utamanya dengan baik.

Rangka bahannya terdiri dari enam lapisan coating untuk memastikan kualitas tiap frying pan dalam set ini. Selain itu, bahan pelapisnya mampu menahan goresan kecil serta tidak mengandung komposisi kimiawi yang membahayakan tubuh dan lingkungan. Anda tidak disarankan mencucinya dengan spons berbahan metal karena dapat mengurangi lapisan antilengketnya.

Kelengkapan set1 unit frying pan (28 cm), 1 unit wok pan (28 cm), 1 unit party wok (28 cm), 1 unit penutup kaca (28 cm), 1 unit grill pan (28 cm), 1 unit square pan (28 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingStone
Gagang dapat dilepasYa
Kisaran hargaRp999.000

7. Iluva 7 Pcs Non Stick Cookware Set

Sumber: Shopee.co.id

Miliki set wajan lengkap dengan harga sangat terjangkau!

Ingin mengoleksi set wajan lengkap tetapi terkendala harga yang mahal? Ini adalah produk yang tepat untuk Anda. Iluva menghadirkan paket lengkap cookware set yang terdiri dari empat macam wajan, dua penutup dan satu tatakan rebusan. Harganya cukup terjangkau, hanya tiga ratus ribuan saja!

Meski harganya sangat terjangkau, wajan ini dilengkapi teknolgi energy saving bottom untuk menyimpan dan mengedarkan panas lebih menyeluruh. Dengan heavy gauge alumunium body, proses pemanasan berlangsung lebih cepat dengan waktu memasak yang lebih singkat. Namun, seperti teflon terjangkau pada umumnya, Anda perlu menjaga temperatur agar tidak terlampau panas. Sebab, hal itu dapat berpotensi merusak pelapis luar wajan dan mengurangi umur penggunaannya.

Kelengkapan set1 unit frying pan (24 cm), 1 unit wok pan (24 cm), 2 unit saucepan (18 cm dan 24 cm), 2 unit tutup kaca (18 cm dan 24 cm),, 1 tatakan steamer (24 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingTeflon
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp305.000

8. Maxim Valentino 2 Pcs Set

Sumber: Shopee.co.id

Frying pan set yang cocok untuk anak kos

Mahasiswa perantauan biasanya akan membutuhkan peralatan masak yang efisien dan serbaguna untuk memasak di kos. Jika Anda adalah salah satunya, Maxim Valentino akan menjadi pilihan yang tepat! Dalam satu set ini, Anda akan mendapatkan wok pan dan frying pan. Selain itu, terdapat tambahan bonus berupa spatula serta spons cuci piring.

Kelengkapan ini membuatnya lebih dari cukup untuk mengolah bahan-bahan masakan yang sederhana. Frying pan ini dilengkapi teflon coating yaitu antilengket dan mudah dibersihkan. Istimewanya, frying pan set ini sudah mendapatkan sertifikasi dari DuPont.

Kelengkapan set1 unit frying pan (22 cm), 1 unit wok pan (30 cm), 1 unit spatula, 1 unit sponge
Material dasarAluminium
Bahan coatingTeflon
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp169.900

9. Kangaroo KG-677 Cookware Set

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi saringan minyak untuk meniriskan gorengan

Bagi Anda yang hobi membuat menu gorengan, Anda bisa melirik frying pan yang satu ini. Dilengkapi dengan saringan minyak bawaan, meniriskan gorengan akan lebih mudah dan cepat. Saringan minyaknya juga dapat Anda manfaatkan untuk deep-frying.

Terbuat dari material alumunium dengan marble coating, ketahanannya terhadap goresan tak perlu diragukan lagi. Hal unik lainnya adalah desain bagian bawahnya berbentuk spiral sehingga panas dapat merambat lebih rata ke seluruh bagian pan. Dengan demikian, gorengan akan lebih mudah matang luar dalam.

Kelengkapan set1 nit deep frying pan (28 cm), 1 unit mesh basket (26 cm)
Material dasarAluminium
Bahan coatingMarble
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp145.000

10. Neocook Mega Stone Pan 5 Pcs

Sumber: Lejel.co.id

Kombinasi zirkonium dan keramik untuk coating, membuatnya lebih awet dan tahan lama

Hidangan tradisional Indonesia identik dengan penggunaan aneka rempah yang dimasak dalam waktu lama. Teknik memasak ini tidak jarang membuat wajan lebih cepat aus dan berubah warna. Neocook Mega Stone ini memadukan kekuatan material zirkonium dan keramik sebagai coating yang menjadikannya kuat menahan temperatur tinggi serta antilengket.

Selain itu, kombinasi ini juga menghasilkan pan yang tahan lama meski digunakan untuk memasak berjam-jam. Proses quality control-nya juga tidak sembarangan. Produk ini lolos uji 120 ribu goresan serta tahan karat meski direndam dalam larutan air garam selama 300 jam. Jika Anda mencari frying pan set dengan ketahanan yang sudah teruji, pan ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

Kelengkapan set1 unit frying pan (28 cm), 1 unit wok pan (28 cm), 1 unit tutup kaca (28 cm), 1 unit multi pot (20 cm), 1 unit square pan (23 cm)
Material dasarTidak diketahui
Bahan coatingZirconium dan ceramic
Gagang dapat dilepasTidak
Kisaran hargaRp798.000

Kesimpulan

Memilih frying pan set sama dengan menentukan partner beraksi di dapur. Agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Jika Anda tidak ingin lengan cepat lelah, pilihlah produk yang terbuat dari alumunium yang ringan. Namun, bila Anda menginginkan frying pan yang kuat dan tahan banting, material besi bisa menjadi pilihan.

Selain material utamanya, perhatikan juga jenis coating yang digunakannya. Yang tak kalah penting, Anda juga sebaiknya menyesuaikan jenis spatula dengan pan yang digunakan. Jangan sampai frying pan Anda cepat rusak karena penggunaan spatula yang tidak tepat. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan frying pan yang tepat.

(Visited 738 times, 23 visits today)