Makanan & Minuman

10 Gula Rendah Kalori Terbaik, Bisa untuk Kopi dan Memasak

Mengonsumsi makanan dan minuman manis memang enak. Tapi, kalau kebanyakan, kandungan gula di dalamnya malah tidak baik bagi tubuh. Salah satu faktor yang membuat gula jadi tidak sehat adalah kalorinya yang tinggi. Artinya, kalau mau lebih sehat, mari ganti gula Anda ke gula rendah kalori.

Merek gula rendah kalori ada banyak, misalnya Tropicana Slim, Diabetasol, dan Equal. Biar tidak salah pilih, di artikel ini akan kami jelaskan cara memilih yang benar. Lebih dari itu, kami pun telah mengumpulkan sepuluh produk terbaik versi PickyBest. Selamat membaca!

Manfaat Apa yang Bisa Diharapkan dari Konsumsi Gula Rendah Kalori?

Gula rendah kalori adalah pemanis, baik buatan maupun alami, yang kandungan kalorinya rendah atau nol. Pemanis seperti ini punya tingkat kemanisan berkali-kali lipat gula meja (sukrosa) yang biasa kita konsumsi. Alhasil, penggunaan dalam jumlah sedikit mampu menciptakan rasa manis yang setara gula biasa.

Kalori dan indeks glikemik dari pemanis ini lebih rendah, sehingga tidak menaikkan kadar gula darah. Selama kalorinya tidak lebih dari 20 dan karbohidratnya 5 gram ke bawah, mestinya gula darah akan tetap terkontrol. Tak heran, orang yang menderita diabetes tipe 2 sering diarahkan mengonsumsinya.

Kalorinya yang rendah tadi mungkin juga dapat membantu penurunan berat badan, walaupun ada penelitian yang malah menunjukkan sebaliknya. Yang jelas, konsumsilah sesuai ADI (acceptable daily intake) atau batas maksimum asupan harian yang ditentukan.

Cara Memilih Gula Rendah Kalori

Setelah membangun ekspektasi sesuai kemungkinan manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi gula rendah kalori, sekarang kami akan menjelaskan caranya memilih pemanis terbaik.

Dari Kategori Pemanis Buatan, Ini Beberapa yang Bisa Dicoba

blank

Pemanis buatan adalah pemanis sintetis yang dibuat dari proses kimiawi. Tingkat kemanisan pemanis ini sangat tinggi. Jumlah yang dicampur ke dalam makanan atau minuman cukup sedikit saja untuk menghasilkan rasa manis setara gula biasa.

Di bawah ini adalah beberapa jenis pemanis buatan yang bisa Anda pilih, berikut tingkat kemanisan serta batas maksimum asupan hariannya.

  • Aspartam: 200 kali lebih manis dari gula meja. Batas maksimum asupan hariannya adalah 50 mg per kg berat badan.
  • Sakarin: 300 sampai 400 kali lebih manis dari gula meja. Batas maksimum asupan hariannya adalah 5 mg per kg berat badan.
  • Sukralosa: 600 kali lebih manis dari gula meja. Batas maksimum asupan hariannya adalah 5 mg per kg berat badan.
  • Neotam: 7.000 sampai 13.000 kali lebih manis dari gula meja. Batas maksimum asupan hariannya adalah 0,3 mg per kg berat badan.
  • Asesulfam potasium: 200 kali lebih manis dari gula meja. Batas masksimum asupan hariannya adalah 15 mg per kg berat badan.

Dari Kategori Pemanis Alami, Ini Beberapa yang Bisa Dicoba

blank

Pemanis alami adalah pemanis yang diekstrak dari bahan alami seperti buah dan sayuran. Sama seperti pemanis buatan, pemanis alami juga mempunyai rasa yang sangat manis dengan kalori rendah atau nol.

Perlu diluruskan bahwa pemanis alami belum tentu lebih sehat atau mengandung lebih sedikit kalori dari pemanis buatan. Namun, beberapa pemanis alami mungkin lebih mudah dicerna oleh orang dengan perut sensitif.

Berikut ini adalah beberapa pemanis alami rendah kalori yang bisa dicoba.

  • Stevia: Diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Tingkat kemanisannya 300 kali lipat gula biasa. Selain membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes, stevia juga membantu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Batas maksimum asupan hariannya adalah 4 mg per kg berat badan.
  • Monk fruit: Diekstrak dari buah monk atau lo han kuo. Tingkat kemanisannya 150-200 kali lipat gula meja. Selain bagus buat penderita diabetes karena kalori dan karbohidratnya nol, ekstrak monk fruit juga punya properti antioksidan. Sampai hari ini, belum ada batas maksimum asupan harian yang ditetapkan.
  • Allulose: Pemanis ini secara alami ditemukan di buah-buahan. Uniknya, allulose tidak semanis sukrosa, namun memiliki rasa yang sangat mirip. Batas maksimum asupan hariannya adalah 0,4 g per kg berat badan.

Alternatif Lain, Pilih Gula Alkohol

blank

Bertolak belakang dari namanya, gula alkohol sebenarnya tidak mengandung etanol—molekul dalam minuman alkohol yang membuat mabuk. Nama ini hanya diberikan karena penyusun struktur kimianya mirip dengan molekul gula dan alkohol. Jadi, Anda yang tidak minum alkohol tetap dapat mengonsumsinya.

Gula alkohol itu sendiri adalah jenis karbohidrat manis yang dapat diproduksi secara artifisial maupun diekstrak dari bahan alami. Perlu dicatat bahwa asupan gula alkohol berlebih dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut adalah beberapa macam gula alkohol rendah kalori yang bisa Anda pilih.

  • Xylitol: Tingkat kemanisan setara dengan gula biasa dengan tambahan sensasi rasa minty. Batas maksimum asupan hariannya untuk orang dewasa adalah 10-30 g.
  • Erythritol: Pemanis ini diproduksi dengan memfermentasi tepung jagung (cornstarch). Tingkat kemanisannya setara 70 persen gula biasa dengan kalori hanya 5 persennya. Batas maksimum asupan hariannya adalah 1 g per kg berat badan.
  • Sorbitol:Memberi sensasi dingin di mulut dengan kemanisan 60 persen gula biasa. Batas maksimum asupan hariannya sekitar 10 g.
  • Maltitol: Memiliki rasa yang mirip dengan gula biasa, tapi hanya 60 persen kemanisannya. Batas maksimum asupan hariannya tidak ditetapkan, namun jumlah yang sangat tinggi dapat memberi efek laksatif.

Pilih Pemanis yang Sesuai dengan Penggunaan Anda

blank

Tidak semua pemanis cocok untuk dicampur ke dalam teh atau kopi yang ingin Anda minum. Beberapa pemanis mungkin diperuntukkan untuk menjadi campuran masakan, kue, dan penganan lain yang perlu dimasak dulu.

Sebaliknya, ada juga pemanis rendah kalori yang tidak boleh dimasak. Untuk menikmatinya, Anda hanya bisa mencampurnya ke makanan atau minuman yang sudah jadi. Sebab itu, sebelum membeli, cari tahu dulu peruntukkan produknya.

10 Rekomendasi Gula Rendah Kalori Terbaik

Setelah memahami cara memilih gula rendah kalori, sekarang Anda tinggal menjatuhkan pilihan. Selain mempertimbangkan aspek yang kami bahas di cara memilih, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang Anda punya.

1. Tropicana Slim Sweetener Classic

Melengkapi usaha cegah obesitas

Obesitas merupakan salah satu faktor utama penyebab diabetes. Mengganti gula Anda dengan pemanis Tropicana Slim satu ini mungkin dapat membantu mencegahnya. Jangan khawatir, rasa dari pemanis ini sama seperti gula pasir biasa. Alhasil, rasa teh atau kopi favorit Anda takkan berubah dari biasanya!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Cocok untuk makanan/minuman panas maupun dingin.
  • Kemasan saset mudah dibawa bepergian.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 5 kkal
Ukuran kemasan 250 g
Kisaran harga Rp35.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Tropicana Slim Sweetener Stevia

Tetap makan manis walaupun sedang diet!

Apakah saking ingin kurus Anda sampai berkorban berhenti makan makanan manis? Hal ini tentu bukan pilihan yang menyenangkan, apalagi jika Anda seorang sweet tooth. Berkat kalori nol dari pemanis stevia ini, Anda tetap dapat memuaskan hasrat mengonsumsi makanan manis walaupun sedang diet.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak memengaruhi gula darah.
  • Kemasan berbentuk saset sehingga mudah dibawa bepergian.
  • Cocok digunakan pada segala macam makanan dan minuman.
  • Satu saset sudah menghasilkan rasa yang cukup manis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasanya beda dari gula biasa dan ada aftertaste yang mungkin tidak disukai sebagian orang.
Jumlah kalori 5 kkal
Ukuran kemasan 130 g
Kisaran harga Rp65.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Gula Puteri Satu Tujuh (PS7)

Alternatif buat Anda yang tidak mau beralih dari gula pasir

Jika Anda menolak meninggalkan gula pasir, tapi tetap ingin alternatif yang rendah kalori, produk ini adalah kabar baik. Gula Puteri Satu Tujuh adalah gula pasir murni dengan tingkat kemanisan yang ditingkatkan. Satu sendok gula ini setara dengan tujuh sendok gula pasir biasa. Alhasil, jumlah gula yang dikonsumsi lebih sedikit, begitupun kalorinya.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah terdaftar BPOM.
  • Rasa mirip, tapi jumlah kalori per gram lebih rendah dari gula biasa.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan kemasan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jumlah kalorinya bukan yang paling rendah.
Jumlah kalori 9,5 kkal
Ukuran kemasan 150 g
Kisaran harga Rp11.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Diabetasol Sweetener

Pemanis yang wajib distok di rumah kalau Anda penderita diabetes

Modern ini, diabetes tidak lagi menjadi dinding penghalang antara penderitanya dan penganan manis. Pemanis Diabetasol ini menyediakan jalur aman bagi penderita diabetes untuk kembali merasakan nikmatnya rasa manis. Berkat zero calorie yang tidak meningkatkan gula darah, teh yang Anda nikmati tiap sore takkan lagi terasa hambar!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok pula untuk orang yang sedang diet.
  • Aman dikonsumsi semua usia.
  • Harga relatif terjangkau.
  • Tidak meninggalkan aftertase pahit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasa mungkin kurang manis untuk beberapa orang.
Jumlah kalori 0
Ukuran kemasan 50 g
Kisaran harga Rp28.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Tambiyaku Sorghum Sugar

Rendah kalori dan punya rasa smokey corn

Gula sorgum adalah pemanis pengganti gula yang baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet. Selain rendah kalori, rasa smokey corn-nya pun terasa unik di lidah. Lebih lanjut, gula ini juga cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menjaga gula darah. Indeks glikemiknya yang rendah takkan terlalu menaikkan gula darah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas gluten dan GMO.
  • Bukan kalori kosong karena juga kaya nutrisi yang lain seperti fiber, kalsium, dan protein.
  • Cocok untuk vegan.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori Tidak disebutkan
Ukuran kemasan 220 g
Kisaran harga Rp25.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Now Foods Organic Erythritol

Manfaat erythritol untuk penderita diabetes

Tahukah Anda bahwa manusia tidak memiliki enzim untuk memecah erythritol? Implikasinya, konsumsi gula alkohol ini takkan menaikkan kadar gula darah karena zatnya disalurkan ke aliran darah dan terbuang bersama urin. Pada penderita diabetes, produk ini juga mungkin mengurangi kerusakan pembuluh darah yang disebabkan gula darah tinggi.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Non-GMO.
  • Cocok untuk vegan.
  • Rasa manis alami dengan sedikit sensasi dingin di mulut.
  • Cocok untuk campuran masak maupun dicampur ke makanan/minuman jadi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kalori 0
Ukuran kemasan 454 g
Kisaran harga Rp190.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Now Foods Xylitol

Membantu cegah diabetes tipe 2

Xylitol adalah gula alkohol yang membantu pencegahan diabetes tipe 2 karena, seperti gula alkohol lainnya, tidak terlalu menaikkan gula darah. Selain itu, buat Anda yang suka manis, xylitol mungkin menjadi alternatif lebih baik dari erythritol karena tingkat kemanisannya setara atau melebihi gula biasa, sementara erythritol hanya 70 persennya saja.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya serupa gula.
  • Mudah larut.
  • Cocok dipakai masak.
  • Bermanfaat untuk kesehatan mulut.
  • Tidak menyisakan aftertaste tidak enak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jangan sampai dikonsumsi berlebihan karena dapat memicu gangguang pencernaan.
Jumlah kalori 20
Ukuran kemasan 454 g
Kisaran harga Rp190.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Lakanto Monkfruit Sweetener Classic

blank

Sumber: Lakanto.com

Pemanis buah monk yang yang cocok buat memasak dan baking

Seperti namanya, produk ini adalah pemanis monk fruit dengan campuran erythritol. Rasa dan teksturnya persis gula biasa, tapi tingkat kemanisannya 250 kali lipat. Pemanis buatan Lakanto ini cocok buat memasak dan baking. Apa pun penganan manis yang Anda buat, hasilnya dijamin sama manis dan lezat!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Selain cocok buat masakan, bisa pula dicampur ke penganan jadi seperti teh dan kopi.
  • Tidak menyisakan aftertaste yang tidak enak.
  • Kalori nol tidak menaikkan gula darah.
  • Cocok untuk yang menjalani diet keto.
  • Non-GMO.
  • Bisa dikonsumsi vegan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal buat beberapa orang.
Jumlah kalori 0
Ukuran kemasan 235 g
Kisaran harga Rp225.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Diasweet Sweetener Stevia

Membantu mengontrol gula darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi

Ini adalah satu lagi pemanis stevia yang kami rekomendasikan. Pemanis alami yang ratusan kali lebih manis dari gula meja ini dapat membantu menstabilkan gula darah untuk penderita diabetes.

Kalau Anda bukan penderita diabetes, pemanis ini tetap baik dikonsumsi karena juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi penyakit hipertensi yang umum diderita orang Indonesia.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah larut, tidak menyisakan gumpalan.
  • Rasanya nyaris sama dengan gula pasir biasa.
  • Kemasan saset praktis dibawa berpergian.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak untuk dimasak.
Jumlah kalori 0
Ukuran kemasan 32,5 g
Kisaran harga Rp17.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Equal Classic Sweetener Tablets

blank

Sumber: Id.equal.com

Tetap terhindar dari gula meski beli minum di luar

Mulai sekarang, tiap kali pesan kopi di kafe, mintalah yang tanpa gula. Permanis sendiri kopi Anda dengan pemanis berbentuk kapsul ini. Tak hanya rasanya semanis gula, kemasan dispensernya sangat mudah dibawa bepergian. Anda bisa menyelipkannya di saku atau dompet dan meraihnya kapanpun Anda butuh!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kemasan dispenser sangat praktis dan ramah lingkungan karena meminimalisir sampah.
  • Isi banyak. Ada yang 100, 300, dan 500 tablet.
  • Mudah ditakar. 1 tablet setara 1 sendok teh gula.
  • Tidak meninggalkan aftertaste.
  • Cocok buat minuman dingin maupun panas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak bisa dikonsumsi orang yang intoleran laktosa.
Jumlah kalori 0
Ukuran kemasan 8,5 g
Kisaran harga Rp37.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Gula Rendah Kalori

Produk Tropicana Slim Sweetener Classic Tropicana Slim Sweetener Stevia Gula Puteri Satu Tujuh (PS7) Diabetasol Sweetener Tambiyaku Sorghum Sugar Now Foods Organic Erythritol Now Foods Xylitol Lakanto Monkfruit Sweetener Classic Diasweet Sweetener Stevia Equal Classic Sweetener Tablets
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jumlah kalori 5 kkal 5 kkal 9,5 kkal 0 Tidak disebutkan 0 20 0 0 0
Ukuran kemasan 250 g 130 g 150 g 50 g 220 g 454 g 454 g 235 g 32,5 g 8,5 g
Kisaran harga Rp35.000 Rp65.000 Rp11.000 Rp28.500 Rp25.000 Rp190.000 Rp190.000 Rp225.000 Rp17.900 Rp37.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dari sepuluh pemanis di atas, mana yang mau Anda percaya untuk mempermanis sesi minum teh Anda selanjutnya? Sebelum borong dalam jumlah banyak, pastikan Anda sudah menyeleksi produk tersebut sesuai cara memilih yang kami jelaskan.

Perlu kami ingatkan lagi bahwa, walaupun rendah atau bahkan nol kalori, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya tanpa batasan. Buat Anda yang diabetes, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memilih salah satu pemanis. Semoga Anda segera menemukan gula/pemanis rendah kalori yang cocok!

Referensi

No- and Low-Calorie Sweeteners May Not Help With Weight Loss
https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/low-no-calorie-sweeteners-no-better-than-sugar-weight-loss/ diakses pada 26 Oktober 2021

Are Low-Calorie Sweeteners Good or Bad for You?
https://www.webmd.com/diet/news/20191108/are-low-calorie-sweeteners-good-or-bad-for-you diakses pada 26 Oktober 2021

Low-Calorie Sweeteners
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/artificial-sweeteners/ diakses pada 26 Oktober 2021

What are the best sweeteners for people with diabetes?
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323469 diakses pada 26 Oktober 2021

5 Natural Sweeteners That Are Good for Your Health
https://www.healthline.com/nutrition/healthy-natural-sweeteners diakses pada 26 Oktober 2021

Sugar Alcohols: Good or Bad?
https://www.healthline.com/nutrition/sugar-alcohols-good-or-bad diakses pada 26 Oktober 2021

Amankah Mengganti Gula Pasir Dengan Pemanis Rendah Kalori?
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/gula-pasir-dengan-pemanis-buatan/ diakses pada 26 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.