Makanan & Minuman

10 Yoghurt Terbaik untuk Diet [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Yoghurt adalah makanan probiotik yang menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai jenis yoghurt, seperti full-fat yoghurt, non-fat yoghurt, dan non-fat greek yoghurt.

Seperti biasa, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan yoghurt terbaik untuk Anda, seperti merek Yummy, Heavenly Blush, dan Elle&Vire. Kebanyakan produk berikut kami pilih yang paling rendah kadar lemaknya, sehingga cocok juga untuk diet!

blank

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

blank
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktek di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah malnutrisi (obesitas serta underweight) serta penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktek, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Sederet Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

blank

Yoghurt adalah produk olahan susu hasil fermentasi yang nikmat dan kaya manfaat. Beberapa di antara manfaat yoghurt adalah sebagai berikut:

  • Memelihara dan memperbaiki fungsi saluran cerna
  • Memelihara kesehatan tulang dan gigi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan berat badan

Selain itu, yoghurt juga menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, manfaat-manfaat tersebut dapat diperoleh sesuai jenis dan cara pengolahannya.

Yoghurt dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna dengan memicu pertumbuhan mikrobiota usus. Peningkatan mikrobiota usus dan kesehatan saluran cerna tentu saja berhubungan dengan perbaikan sistem imun tubuh.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Cara Memilih Yoghurt untuk Diet

Bagaimana memilih produk yoghurt yang sesuai dengan kebutuhan  diet Anda? Simak tips-nya berikut ini!

Pilih yang Nilai Kalorinya Rendah

blank

Pada dasarnya, yoghurt adalah susu yang difermentasi bakteri. Namun, yoghurt hadir dalam beberapa jenis yang tidak semuanya memberikan khasiat yang sama. Beberapa jenis yoghurt justru dapat menyebabkan kegemukan akibat kalorinya yang tinggi.

Oleh karena itu, bila Anda sedang berdiet, pastikan memilih yoghurt yang rendah lemak dan gula. Jenis plain yoghurt (yoghurt tanpa tambahan gula dan pemanis) atau non-fat greek yoghurt tanpa rasa dapat menjadi pilihan.

Dari segi rasa, yoghurt dibedakan menjadi plain yoghurt dan yoghurt berperisa. Yoghurt plain umumnya tidak ada penambahan apa pun (baik gula maupun penambah rasa), namun yoghurt dengan perasa umumnya diberikan tambahan gula, sehingga perlu diperhatikan jumlah gula di dalamnya.

Penambahan gula pada yoghurt dapat merugikan karena meningkatkan asupan kalori. Oleh karena itu, bagi orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan atau penderita diabetes, konsumsi yoghurt dengan tambahan gula harus diperhatikan.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Bagi yang Intoleransi Laktosa, Pilihlah Greek Yoghurt

blank

Orang dengan intoleransi laktosa tetap dapat mengonsumsi yoghurt. Salah satu jenis yoghurt terbaik yang cocok adalah greek yoghurt. Greek yoghurt sendiri diproses melalui beberapa fase penyaringan untuk memisahkan cairan whey, sehingga terciptalah yoghurt yang lebih padat.

Greek yoghurt dapat dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa karena mengandung laktosa lebih rendah daripada yoghurt biasa. Selain itu, probiotik di dalamnya juga membantu pemecahan laktosa sehingga lebih mudah dicerna.

Saat membeli yoghurt, perlu dipastikan apakah produk tersebut terdapat mikroorganisme yang hidup dan aktif, sebagai contoh dapat dilihat pada kandungannya. Mikroorganisme yang ditambahkan umumnya golongan Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium.

Menurut Codex Alimentarius dan regulasi di beberapa negara, starter mikroorganisme yoghurt minimal 1 x 107 CFU/gram dan setidaknya terdapat minimal 106 CFU/mL strain mikroorganisme dalam yoghurt selama periode 28 – 30 hari penyimpanan.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilih Kemasan sesuai Frekuensi Pengonsumsiannya

blank

Jenis kemasan yoghurt terbaik dibedakan menjadi beberapa, begitu pun ukurannya. Jumlah orang yang mengonsumsi yoghurt dan frekuensi pengonsumsiannya dapat menentukan jenis dan ukuran kemasan seperti apa yang paling cocok dengan Anda.

  • Kemasan Besar: Yoghurt kemasan besar dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi satu keluarga. Namun, perhatikan kehigienisan yoghurt kemasan besar, misalnya terkait waktu kemasan buka, cara pengambilan yoghurt dari kemasan, hingga penyimpanannya.
  • Kemasan Kecil: Pilihan ideal untuk Anda yang ingin mengonsumsi yoghurt di mana saja. Biasanya yoghurt kemasan kecil hadir dengan berbagai varian, dari mulai tanpa rasa/tambahan gula, hingga dengan tambahan gula/buah-buahan.
  • Ready to Go: Dikenal juga sebagai minuman yoghurt, biasanya dikemas dalam botol atau kotak berbahan kertas. Jenis yoghurt ini lebih cair, namun rasanya tetap khas seperti yoghurt kental. Yoghurt ini biasanya tinggi gula, sehingga kurang cocok untuk Anda yang sedang diet penurunan berat badan.

Umumnya, dengan kemasan berbeda maka kandungan jenis yoghurt di dalamnya berbeda pula. Untuk kemasan cup atau pouch terkandung yoghurt yang lebih kental dan creamy, sedangkan kemasan botol terkandung yoghurt yang siap diminum karena lebih cair.

Bila membeli yoghurt kemasan besar, pastikan segera mengonsumsi dan menutup rapat kemasan setelah dibuka, karena kemungkinan terjadinya kontaminasi sangat besar. Simpan yoghurt ke dalam kulkas, lalu habiskan sesuai masa berlaku yang tercantum pada kemasan.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik untuk Diet

Kami sudah siapkan sepuluh merek yoghurt terbaik untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Beberapa produk berikut ada yang tanpa lemak, lho!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia.

1. Yummy Skim Plain Yoghurt

Yummy Skim Plain Yoghurt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

0% kandungan lemaknya, sangat baik untuk diet!

Yummy Skin Plain Yoghurt berasal dari susu sapi yang diolah dengan baik di peternakan. Sesuai namanya, yoghurt terbaik ini sangat bagus untuk diet karena tidak terdapat lemak di dalam kandungannya. Selain itu, keberadaan probiotik dapat menyehatkan sistem pencernaan tubuh.

Bagi Anda yang tidak menyukai yoghurt plain, Yummy Skim Plain Yoghurt bisa disantap bersama potongan buah-buahan. Jika ingin lebih nikmat lagi, Anda bisa membuat smoothie atau es krim dengan menjadikan yoghurt sebagai komposisi utamanya, bersama buah-buahan kesukaan Anda.

Ukuran 500gr
Kisaran harga Rp35.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Heavenly Blush Yogurt Drink To Go

Heavenly Blush Yogurt Drink To Go

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Rendah lemak, rendah gula, dan tanpa bahan pengawet

Keunggulan yang dimiliki Heavenly Blush Yogurt Drink To Go adalah kemudahannya diminum kapan pun dan di mana pun. Hanya saja, sekali dibuka harus langsung dihabiskan karena kemasannya berupa karton, bukan botol dengan tutup.

Heavenly Blush Yogurt Drink To Go mempunyai rasa asam yang pas di mulut tanpa menyebabkan perut tidak nyaman. Jumlah kalsium pada yoghurt terbaik ini cukup tinggi, sedangkan lemaknya begitu rendah dan hanya mengantongi 100 kalori per kemasan. Belum lagi kadar gulanya yang sedikit, menjadikan yoghurt ini sebagai teman ideal untuk diet Anda.

Ukuran 200ml
Kisaran harga Rp8.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Elle & Vire Dairy Dessert with Fruits 0,1% Fat

Elle Vire Dairy Dessert with Fruits 01 Fat

Kadar lemak 0,1%, begitu rendah dan pas untuk mendukung diet Anda

Elle & Vire memproduksi yoghurt dengan total lemak 0,1%. Meski begitu, rasa yoghurt ini tetap enak karena terdapat potongan buah berry di dalamnya sebagai prebiotik dan makanan bagi asam laktat di usus Anda. Dikemas dalam ukuran kecil, produk ini bisa Anda santap meski tidak sedang di rumah. Program diet sehat jalan terus tanpa terkendala soal tempat!

Potongan buah di dalam yoghurt terbaik ini 6% lebih banyak jika dibandingkan produk yoghurt lain. Tenang saja, rasa manis dari yoghurt Elle & Vire dihasilkan dari buah di dalamnya, bukan dari gula. Pasalnya, Elle & Vire menjamin yoghurt buatannya ini tidak mengandung gula alias 0% added sugars!

Ukuran 125gr
Kisaran harga Rp14.900

4. Heavenly Blush Greek Classic Yoghurt

Heavenly Blush Greek Classic Yoghurt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Greek yoghurt yang sangat baik menjaga berat badan

Greek Classic Yoghurt mempunyai kemasan aseptik berbentuk prisma yang praktis untuk dinikmati di mana pun dan kapan pun. Selain kemasan karton aseptik, Anda bisa memilih varian kemasan cup bila ingin menikmati yoghurt bersama potongan buah-buahan segar tanpa menyiapkannya sendiri.

Heavenly Blush Classic Greek Yoghurt dibuat dengan olahan susu berkualitas yang tinggi akan protein dan baik dalam menjaga kepadatan tulang serta gigi. Selain itu, yoghurt terbaik ini juga bagus untuk pencernaan sehingga ideal dalam mendukung program diet Anda. Tidak perlu takut, Heavenly Blush memastikan produknya ini bebas bahan pemanis atau perasa buatan dan juga tanpa pengawet.

Ukuran 200ml
Kisaran harga Rp15.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Yummy Greek Yoghurt

Yummy Greek Yoghurt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Tekstur padat dan licin, namun lembut sehingga cocok dijadikan selai roti atau campuran salad

Untuk Anda yang tidak terlalu suka rasa asam dari yoghurt, kami menyarankan Yummy Greek Yoghurt dengan rasa yang gurih dan tidak begitu asam. Yoghurt terbaik dari Yummy ini mempunyai tekstur lebih kental dan padat ketika dimakan. Terdapat jumlah kalsium dan protein tinggi di dalamnya untuk meningkatkan kesehatan tulang sekaligus menahan rasa lapar lebih lama.

Menariknya, Yummy Greek Yoghurt dapat dijadikan pengganti mentega dengan total nutrisi lebih banyak dan menyehatkan. Selain rasa original, Yummy Greek Yoghurt ditawarkan dalam varian rasa lain, yaitu blueberry dan strawberry. Kemasan cup-nya besar, cukup untuk kebutuhan berhari-hari!

Ukuran 100gr
Kisaran harga Rp19.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Good Gut Greek Yogurt

Good Gut Greek Yogurt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Tekstur kental melalui proses fermentasi jangka panjang

The Good Gut Greek Yogurt terbuat dari susu sapi pilihan yang diproses melalui jangka waktu lama. Disebutkan bahwa proses fermentasi yang dibiarkan dalam waktu cukup panjang adalah utnuk mendapatkan tekstur kental dan lembut yang alami.

Berbeda dengan yoghurt terbaik lain yang mengandalkan pengental, produk ini menunggu bagian whey dari yoghurt turun dengan sendirinya untuk ciptakan tekstur kental. Bukan cuma itu, yoghurt yang bagus untuk diet ini juga dapat mengontrol kalori harian Anda karena bebas pemanis buatan, perasa, serta tanpa bahan kimia apa pun.

Ukuran 475gr
Kisaran harga Rp80.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Biokul Greek Yogurt

Biokul Greek Yogurt

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Tekstur yang lebih kental dengan rasa yang creamy

Jika Anda penderita maag dan sedang menjalani diet, Anda dapat menyantap yoghurt terbaik dengan pemrosesan ala Yunani ini tanpa khawatir memengaruhi sistem pencernaan. Biokul Greek Yogurt menyimpan jumlah kalsium tinggi yang berguna bagi pemerkuat tulang dan struktur gigi.

Selain tinggi kandungan kalsium, yoghurt yang memiliki tekstur lebih kental ini juga menjadi sumber protein dan probiotik yang baik untuk saluran pencernaan Anda. Biokul menjamin yoghurtnya ini diproduksi tanpa menambhakan gula, namun tetap mempunyai rasa yang creamy di mulut.

Ukuran 473gr
Kisaran harga Rp57.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. Dutch Lady Low Fat Yoghurt Natural

Dutch Lady Low Fat Yoghurt Natural

Yoghurt untuk diet yang tersertifikasi halal dari Malaysia

Yoghurt dari Dutch Lady ini bukan hanya tinggi kalsium untuk membangun kekuatan tulang dan gigi, melainkan juga kaya akan vitamin A, C, dan E untuk memelihara kesehatan kulit, berkontribusi dalam penyerapan zat besi dari makanan, serta melindungi lemak baik dalam jaringan tubuh dari oksidasi.

Berbagai keunggulan tersebut semakin menyenangkan Anda karena kandungan lemak dari yoghurt terbaik ini sangat sedikit, yaitu hanya 1,5 gram. Bagi Anda yang mencari yoghurt diet yang halal, Dutch Lady Low Fat Yoghurt telah mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang di Malaysia, lho!

Ukuran 500gr
Kisaran harga Rp25.000

9. Emmi Swiss Premium Greek Style Yogurt Natural

Emmi Swiss Premium Greek Style Yogurt Natural

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Yoghurt made in Switzerland yang dipastikan halal

Emmi Swiss Premium memproduksi greek yoghurt tanpa lemak. Benar sekali, Anda bisa mengecek sendiri bahwa total fat pada produk ini adalah 0%. Mengetahui hal tersebut, tentu menjadi kabar bahagia untuk orang-orang yang sedang berdiet, termasuk Anda!

Menggunakan susu sapi dari Swiss, yoghurt rendah lemak untuk diet ini kaya bakteri asam laktat baik.  Kemasan cup kecil berukuran 150 gram membuat Anda praktis memakannya, dan semakin nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Meski berasal dari Switzerland, produk ini sudah mendapatkan halal certificated.

Ukuran 150gr
Kisaran harga Rp67.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Chobani Non-Fat Plain Greek Yogurt

Chobani Non Fat Plain Greek Yogurt

Yoghurt import tanpa lemak dan rendah kolesterol

Non-Fat yoghurt kali ini telah dipasteurisasi untuk membunuh kuman yang membahayakan tubuh. Chobani menerapkan sistem pengolahan ala Yunani untuk menjadikan yoghurt ini lebih sehat bagi orang yang sedang diet. Berkat proses produksi yang mempertahankan cara lama, hasil yoghurtnya pun lebih kaya akan rasa dan tekstur yang kental dan lezat.

Chobani Non-Fat Plain Greek Yogurt dipastikan bebas bahan pangan ber-GMO (Genetically Modified Organism) sehingga aman untuk tubuh, terutama sistem pencernaan. Per sajiannya, yoghurt terbaik tanpa lemak ini akan memberikan tubuh 120 kalori dengan total kolesterol hanya 10 mg atau setara dengan 3% kebutuhan kalori harian pada diet 2.000 kalori per hari.

Ukuran 907gr
Kisaran harga Rp78.000

Informasi, Tip, dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul

blank

Cara menikmati yoghurt agar lebih kaya manfaat

Yoghurt dapat dikonsumsi dengan tambahan topping seperti potongan buah. Penambahan bahan makanan ini selain untuk menyamarkan rasa asam, juga dapat menambah asupan serat dan protein.

Sedangkan, bahan makanan tinggi kalori seperti coklat, biskuit, dan keju sebaiknya dihindari terutama bagi mereka yang menjalani diet penurunan berat badan. Anda bisa menambahkan topping seperti madu, selai buah tanpa tambahan pemanis, biji-bijian, dan kacang-kacangan ke dalam yoghurt.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi yoghurt

Tidak ada rekomendasi khusus mengenai waktu terbaik dalam pengonsumsian yoghurt.

Akan tetapi, terkait probiotik di dalamnya, berdasarkan penelitian dinyatakan bahwa probiotik akan bertumbuh baik apabila diberikan 30 menit sebelum atau bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak 1%.

Seperti kita ketahui bahwa yoghurt sudah mengandung lemak di dalamnya, sehingga kita dapat konsumsi yoghurt kapan pun, baik saat perut kosong ataupun sebelum makan besar.

Perhatian saat mengonsumsi yoghurt

Oleh karena pH yoghurt yang asam, maka apabila sedang memiliki gejala saluran pencernaan, perlu berhati-hati mengonsumsi yoghurt terutama dengan kandungan lemak yang tinggi.

Kesimpulan

Ternyata cukup banyak pilihan yoghurt yang bagus untuk diet, bukan? Kami harap artikel ini dapat membantu Anda temukan yoghurt yang dapat menyukseskan diet Anda.

blank

Selain memeriksa kandungan gula dan lemaknya, pilih juga kemasan yoghurt terbaik yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Semoga program diet Anda berhasil, ya!

You may also like

Comments are closed.