Makanan & Minuman

Rekomendasi: 10 Cokelat Batangan Terbaik, Bisa untuk Baking

Selain karena rasanya yang lezat, cokelat mengandung theobromine dan anandamide, senyawa yang membuat Anda merasa bahagia saat mengonsumsinya. Cokelat batang adalah salah satu jenis cokelat yang bisa langsung dikonsumsi atau dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

Bagi penggemar cokelat, tentu sudah tidak asing dengan brand Krakakoa, Colatta, dan SilverQueen. Selain itu, masih banyak brand cokelat batangan lainnya yang bisa Anda pilih. Agar lebih mudah, kami akan merekomendasikan cokelat batangan terbaik, sekaligus tips dalam memilihnya. Simak uraiannya, ya!

Cara Memilih Cokelat Batangan

Masing-masing orang tentu memiliki cokelat favoritnya sendiri. Untuk memudahkan Anda menemukan rasa cokelat favorit, kami akan membagikan tips-nya untuk Anda!

Pilih Berdasarkan Jenisnya

Secara garis besar ada tiga jenis cokelat, yakni dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Setiap jenis cokelat memiliki karakteristik tersendiri. Pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan kandungan bahan di dalamnya.

Dark Chocolate: Cocok untuk Anda yang Sedang Diet

Dark chocolate mengandung 50-90% cokelat padat, cocoa butter, dan gula. Kandungan cokelat murninya lebih banyak dari jenis cokelat lainnya. Cokelat ini tidak mengandung susu dan memiliki kandungan gula yang rendah. Semakin gelap warna cokelatnya, semakin sedikit pula kandungan gulanya.

Cokelat yang mengandung cokelat murni minimal 70% memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, membuat rasanya semakin pahit. Flavonoid bekerja sebagai antioksidan. Karena itu, cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan, menurunkan risiko penyakit jantung, serta cocok untuk Anda yang sedang diet.

Milk Chocolate: Mempunyai Rasa yang Lebih Creamy

blank

Milk chocolate memiliki warna cokelat lebih muda, teksturnya lebih lembut daripada dark chocolate, dan rasanya lebih creamy karena mengandung susu.

Jenis cokelat ini mengandung 10-50% cokelat padat, cocoa butter, susu, dan gula. Kandungan gulanya lebih banyak daripada dark chocolate tapi tak sebanyak pada white chocolate, sehingga rasa manisnya pas.

White Chocolate: Tersedia dalam Beragam Rasa

blank

Karena white chocolate tidak mengandung pasta cokelat, menjadikan warnanya krem atau ivori dan tidak memiliki banyak senyawa yang biasanya ditemukan dalam cokelat.

Jenis cokelat ini dibuat dari cocoa butter, gula,  susu, vanila, dan lesitin (sebagai pengemulsi), sehingga white chocolate memiliki aroma vanilla yang manis.

Sesuaikan Jumlah Kalorinya dengan Kebutuhan Kalori Harian Anda

blank

Saat mengonsumsi cokelat, Anda perlu mempertimbangkan jumlah konsumsinya dengan kebutuhan kalori harian Anda. Hal ini penting karena kelebihan kalori dapat membuat berat badan Anda bertambah.

Nilai kalori pada cokelat batangan sendiri bisa Anda periksa di bagian belakang kemasan. Jika ingin menikmati cokelat sekaligus membatasi kalori, pilihlah dark chocolate karena tidak mengandung tambahan susu dan lemak nabati.

Periksa Masa PAO Produk

blank

Period After Opening (PAO) adalah masa pakai terbaik dari sebuah produk setelah kemasannya dibuka. Produk makanan seperti cokelat kurang layak lagi untuk dikonsumsi jika telah melewati masa PAO.

Hal tersebut terjadi karena meski kemasan telah ditutup rapat setelah dikonsumsi, tidak menutup kemungkinan masuknya zat asing yang mengontaminasi. Akibatnya terjadi perubahan warna, bau, dan tekstur pada produk tersebut.

10 Rekomendasi Cokelat Batangan Terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan produk cokelat batangan terbaik yang bisa Anda pilih sesuai selera. Selamat memilih!

1. Krakakoa Arenga 100% Dark Chocolate

blank

Sumber: Krakakoa.com

Cokelat lokal murni tanpa gula yang berkualitas internasional

Krakakoa Arenga 100% Dark Chocolate dibuat dari cokelat Sumatra murni hasil pertanian organik. Cokelat ini punya cita rasa yang khas dan bebas gula, cocok bila Anda ingin menikmati kelezatan cokelat tanpa rasa manis berlebih.

Produk ini punya kemasan unik dengan motif batik yang menunjukkan ciri khas Indonesia. Selain itu, untuk menjamin rasa dan kualitas produknya, Krakakoa langsung memberikan pelatihan khusus kepada petani cokelat binaan mereka agar dapat menghasilkan biji cokelat terbaik.

Jenis Dark chocolate
Jumlah kalori 125 kkal/25 gram
Kandungan kakao 100%
PAO Tidak disebutkan
Isi 50 gr
Kisaran harga Rp40.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

 2. Colatta Dark Compound

Lezat untuk campuran berbagai olahan

Bila Anda menginginkan dark chocolate yang  lezat dan pas untuk baking, moulding, coating dan filling, Colatta Dark Compound adalah pilihan tepat. Cokelat ini terbuat dari bubuk cokelat dan lemak nabati yang mudah diolah, cocok untuk industri rumahan dan penggunaan pribadi.

Produk ini merupakan varian unggulan dari seri Colatta dengan rasa cokelat yang pekat. Varian ini dikenal dengan tampilannya yang tetap mengilap meski dipanaskan berulang kali. Karena rasanya yang khas dan lezat, cokelat ini juga bisa langsung dimakan.

Jenis Dark chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao Tidak disebutkan
PAO 24 bulan
Isi 1 kg
Kisaran harga Rp55.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. The Belgian Dark Chocolate Bar 85%

Baik untuk kesehatan, tanpa pengawet, dan bebas alkohol

Alkohol jenis rum, brendi, dan vodka kerap ditemukan sebagai bahan tambahan dalam produk cokelat dari luar negeri. Namun, tidak dengan The Belgian Dark Chocolate Bar 85%. Meski aroma dan rasanya lezat, cokelat ini bebas alkohol dan tanpa pengawet.

Anda bisa memberikan cokelat ini kepada siapa saja yang tidak mengonsumsi alkohol. Di samping itu, cokelat ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan flavonoid yang tinggi. Penggemar cokelat yang ingin lebih sehat, wajib mencoba produk ini!

Jenis Milk chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao 85%
PAO 12 bulan
Isi 100 gr
Kisaran harga Rp33.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate

Cokelat yang sehat dan enak serta 100% berbahan plant-based

Karena 100% berbahan plant-based, cokelat ini cocok bagi Anda yang vegetarian atau tidak bisa mengonsumsi laktosa. Cokelat ini memiliki rasa lezat yang khas berasal dari perpaduan cokelat dan gula kelapa lokal premium dengan buttery banana and oak.

Tidak hanya tinggi kandungan flavonoid, indeks glikemik cokelat ini juga rendah karena menggunakan gula kelapa sebagai pemanis. Ingin menikmati cokelat enak yang minim risiko kesehatan? Cobalah Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate!

Jenis Dark chocolate
Jumlah kalori 533 kkal/100 gram
Kandungan kakao 80%
PAO Tidak disebutkan
Isi 45 g, 100 g
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Chocolate Monggo White Chocolate

White chocolate dengan cita rasa lokal yang khas

Jika Anda penggemar cokelat dengan rasa manis susu, bertekstur lembut, dan creamy, Chocolate Monggo White Chocolate cocok untuk Anda. Produk ini dibuat dari biji cokelat asli Indonesia dengan sentuhan tradisi dari Belgia yang dikombinasikan dengan kultur budaya Jawa, sehingga menciptakan cita rasa unik.

Tidak hanya lezat, cokelat ini juga dipercaya memberikan manfaat baik bagi tubuh karena mengandung 33% kakao murni yang memiliki sejumlah senyawa penting untuk kesehatan. Kemasannya yang tergolong mewah juga menjadikannya cocok sebagai oleh-oleh atau hadiah.

Jenis White chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao 33%
PAO 18 bulan
Isi 80 g
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. WoCA Milk Chocolate

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cokelat susu lokal dalam box eksklusif

Produk ini terbuat dari biji cokelat premium asli Indonesia. Cokelat ini diklaim gluten free, tanpa rekayasa genetik (non-GMO), halal, dan rendah gula. Kemasannya yang eksklusif menjadikan cokelat ini cocok sebagai kado atau hampers untuk  orang-orang spesial.

Jenis Milk chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Isi 90 gr
Kisaran harga Rp30.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

 7. Whittakers Dark Ghana

Cokelat yang menyehatkan berasal dari biji kakao terbaik Ghana

Produk ini dibuat dari biji cokelat terbaik asal Ghana dengan kadar kandungan kakao 72%, membuatnya tinggi senyawa plavonoid yang mampu menyehatkan pembuluh darah, meningkatkan penyerapan vitamin C, dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Karena diproses dengan cara dipanggang, cokelat ini juga memiliki cita rasa khas yang tak kalah enak dengan produk cokelat dari Eropa. Anda dapat menikmati kelezatan dan manfaat sehat dari cokelat ini bersama teman atau keluarga berkat bentuknya yang berupa block.

Jenis Dark chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao 72%
PAO 6 bulan
Isi 200 gr
Kisaran harga Rp87.200
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Mondelez Toblerone Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Lezatnya cokelat susu berpadu dengan madu dan almond nougat

Mondelez Toblerone Milk memadukan cokelat susu dengan madu dan almond nougat, sehingga memberikan sensasi cokelat yang berbeda dari yang lain. Cokelat ini juga bersertifikat halal, lho.

Tidak hanya terkenal karena kelezatannya, cokelat premium dari Swiss ini memiliki bentuk segitiga yang unik di salah satu sisinya. Dengan begitu, cokelat ini mudah dipatahkan, memungkinkan Anda sharing cokelat sembari cerita dengan teman dan keluarga.

Jenis Milk chocolate
Jumlah kalori 529 kkal/100 gram
Kandungan kakao 28 %
PAO 12 bulan
Isi 100 gr
Kisaran harga Rp33.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia Cek harga & diskon di Blibli

9. L’Agie Baking Chocolate Flamboyant White

blank

Sumber: Shopee.co.id

Mudah dilelehkan dengan rasa manis yang pas

Anda sedang mencari cokelat untuk baking dengan rasa manis yang pas serta  varian rasa dan warnanya lengkap? Pilih saja L’Agie Baking Chocolate Flamboyant White. Cokelat ini lebih mudah dilelehkan dibanding produk lain yang sejenis. Rasa manisnya yang pas juga membuat cake buatan Anda semakin lezat.

Jenis White chocolate
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Kandungan kakao Tidak disebutkan
PAO 12 bulan
Isi 250 gr
Kisaran harga Rp19.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

10. SilverQueen Very Berry Yoghurt

blank

Sumber: Shopee.co.id

Kelezatan cokelat yang berpadu dengan buah-buahan alami, kacang mede, dan yoghurt

Anda ingin merasakan perpaduan tekstur dan rasa yang nikmat dalam satu gigitan, dengan bahan-bahan alami dan segar? SilverQueen Very Berry Yoghurt pas untuk Anda. Anda dapat merasakan paduan rasa manis dan asam dari yoghurt, dengan sensasi renyah dari buah stroberi asli pada cokelat ini.

Jenis White chocolate
Jumlah kalori 160 kkal/30 gram
Kandungan kakao Tidak disebutkan
PAO 15 bulan
Isi 62 gr
Kisaran harga Rp21.700
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Cokelat Batangan

Produk Krakakoa Arenga 100% Dark Chocolate Colatta Dark Compound The Belgian Dark Chocolate Bar 85% Pod Chocolate 80% Extra Dark Bali Chocolate Chocolate Monggo White Chocolate WoCA Milk Chocolate Whittakers Dark Ghana Mondelez Toblerone Milk L’Agie Baking Chocolate Flamboyant White SilverQueen Very Berry Yoghurt
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Dark chocolate Dark choc olate Milk chocolate Dark chocolate White chocolate Milk chocolate Dark chocolate Milk chocolate White chocolate White chocolate
Jumlah kalori 125 kkal/25 gram Tidak disebutkan Tidak disebutkan 533 kkal/100 gram Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 529 kkal/100 gram Tidak disebutkan 160 kkal/30 gram
Kandungan kakao 100% Tidak disebutkan 85% 80% 33% Tidak disebutkan 72% 28% Tidak disebutkan Tidak disebutkan
PAO Tidak disebutkan 24 bulan 12 bulan Tidak disebutkan 18 bulan 12 bulan 6 bulan 12 bulan 12 bulan 15 bulan
Isi 50 gr 1 kg 100 gr 45 g, 100 g 80 g 90 gr 200 gr 100 gr 250 gr 62 gr
Kisaran harga Rp40.000 Rp55.300 Rp33.300 Rp49.000 Rp49.000 Rp30.000 Rp87.200 Rp33.600 Rp19.000 Rp21.700
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Kelezatan dan efek bahagia yang ditimbulkan cokelat membuatnya sering dikonsumsi banyak orang. Meski begitu, batasi konsumsi cokelat favorit Anda agar tidak melebihi kebutuhan kalori harian.

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi cokelat batangan terbaik untuk Anda. Pilihlah produk sesuai selera dengan mempertimbangkan sejumlah tips yang telah disampaikan di atas. Selamat menikmati cokelat pilihan Anda!

Referensi

Dark chocolate
https://en.wikipedia.org/wiki/Dark_chocolate diakses pada XXX

Dark Chocolate
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/dark-chocolate/ diakses pada XXX

7 Proven Health Benefits of Dark Chocolate
https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate diakses pada XXX

Types of chocolate
https://en.wikipedia.org/wiki/Types_of_chocolate diakses pada XXX

Types of Chocolate
https://www.lakechamplainchocolates.com/types-of-chocolate/ diakses pada XXX

You may also like

Comments are closed.