Written by 01:59 Makanan & Minuman

10 Merk Coklat Bubuk yang Bagus dan Paling Enak

Oh Java Pure Cocoa Powder

Coklat bubuk atau cocoa powder banyak digunakan sebagai bahan campuran adonan kue atau diolah sebagai minuman cokelat instan. Walau bentukannya sama-sama bubuk, sebenarnya cocoa powder memiliki karakteristik yang berbeda berdasarkan proses pembuatan bubuk coklatnya. Awalnya, biji coklat diolah dengan memisahkan lemaknya. Bungkil atau ampasnya ini kemudian dikeringkan dan digiling halus hingga berbentuk tepung coklat.

Di pasaran beredar 2 macam coklat bubuk yang dibedakan berdasarkan proses pengolahannya, yaitu coklat bubuk natural dan coklat bubuk dutch process. Dutch process dibuat dengan menambahkan larutan alkaline atau potassium carbonate untuk melarutkan rasa asam. Hal inilah yang membuat coklat bubuk dutch process bercita rasa netral, mempunyai warna lebih gelap, dan tekstur bubuknya lebih lembut sehingga banyak digunakan sebagai minuman coklat instan.

Sementara itu, coklat bubuk natural memiliki karakter rasa yang asam dan lebih pahit. Umumnya, coklat bubuk natural dipadukan dengan soda kue sehingga ketika dipanggang, kue bisa mengembang dengan sempurna. Bubuk coklat natural diproses dengan memisahkan sebagian besar lemak hingga tersisa 18 – 23% saja.

10 Rekomendasi Coklat Bubuk Terbaik untuk Kue dan Minuman

Apabila Anda berencana membeli coklat bubuk yang bagus untuk membuat adonan kue, pastikan memeriksa keterangan produk pada kemasannya. Agar kue bikinan Anda lebih nikmat dan mengembang sempurna, bubuk coklat yang dipilih haruslah memiliki karakteristik ideal jika dicampurkan dengan bahan-bahan adonan kue.

Namun, jika Anda ingin menikmati segelas coklat dingin dan panas, Anda bisa memilih bubuk coklat yang dibuat khusus sebagai minuman instan. Perhatikanlah kemudahan bubuk larut dalam air. Selain itu, pikirkan juga komposisi gula dan susu yang biasanya ditambahkan. Jika Anda sedang diet, disarankan memilih coklat bubuk instan tanpa tambahan gula dan rendah kalori.

Seusai memeriksa jenisnya, ceklah kembali kandungan lain di dalamnya, seperti polifenol dalam jumlah lebih banyak agar Anda memperoleh manfaat kesehatannya juga. Setelah memahami poin-poin yang telah kami kemukakan tentang memilih cocoa powder, berikut ini kami rekomendasikan sepuluh merek coklat bubuk terbaik yang dapat digunakan sebagai campuran kue atau diseduh menjadi minuman coklat instan.

1. Windmolen Cocoa Powder

Windmolen Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp12.500

Bereksperimen membuat aneka kue, roti, puding, es krim, es pisang, atau minuman dingin dan hangat. Tertarik mencobanya?

Windmolen Cocoa Powder adalah coklat bubuk kemasan yang dapat dibeli dengan mudah di warung-warung terdekat atau secara online. Selain gampang dicari, produk ini dipasarkan dengan harga murah. Apabila Anda ingin bereksperimen membuat kue, puding, atau es krim coklat, produk ini bisa menjadi pilihan sempurna karena bernilai ekonomis.

Windmolen memproses coklat dengan memperhatikan standar kualitas internasional. Anda bisa pula menggunakan bubuk coklat ini sebagai minuman panas. Bahkan, dinikmati sebagai chocolate ice pun akan lebih delicious karena rasa manis yang dimiliki lebih stabil. Tenang saja, produk ini terbuat dari komposisi bubuk kakao pilihan sehingga aman dikonsumsi oleh Anda dan keluarga.

2. Van Houten Cocoa Powder

Van Houten Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp21.850

Coklat bubuk yang enak dengan aroma kakao yang bikin relax

Brand coklat bubuk asal Belanda, Van Houten, memproduksi cocoa powder yang begitu populer di banyak negara. Indonesia adalah salah satu pangsa pasar terbesarnya. Tidak heran banyak orang menggemari salah satu coklat bubuknya ini karena dinilai fleksibel, bisa untuk membuat kue ataupun dihidangkan sebagai minuman coklat yang enak.

Kemasan karton yang memorable menjadikan Anda tidak sulit mencari coklat ini di supermarket atau marketplace kesayangan. Selain bisa diolah sebagai cake atau minuman, produk ini juga bisa menjadi lelehan pada penganan lain. Bubuk kakao yang mudah larut dalam air menjadikannya cocok buat Anda yang menyukai kepraktisan!

3. Ghirardelli Sunrise Cocoa Powder

Ghirardelli Sunrise Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp135.000

Berasal dari biji coklat premium dengan dutch process untuk menciptakan berbagai kreasi kue buatan Anda

Sunrise Cocoa Powder dari Ghirardelli ini tergolong bubuk coklat yang diolah dengan metode dutch process. Dengan kata lain, kandungan lemak dari total keseluruhannya hanya tersisa 15 – 17%. Meski diolah dengan mengadopsi teknik pemrosesan dari Belanda, produk ini memiliki warna cukup pekat sehingga ideal untuk membuat aneka kue panggang dan dessert yang identik dengan coklat.

Ghirardelli hanya menggunakan biji kakao berkualitas terbaik sehingga memberikan sensasi menyantap coklat yang sesungguhnya. Produk yang sekarang pabriknya beroperasi di California ini sangat cocok untuk mendukung kreasi kue buatan Anda, terutama brownies atau bahkan ice cream coklat yang digemari anak.

4. Oh! Java Pure Cocoa Powder

Oh Java Pure Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp95.000

Tiga varian utama untuk minuman, aneka kue, dan makanan penutup

Coklat bubuk yang identik dengan kebanyakan lidah orang Indonesia dari Oh! Java ini hadir dalam 3 varian, yaitu Classic, Gold, dan Dark. Tenang saja, setiap variannya dipastikan tersusun atas komposisi 100% premium cocoa powder. Bedanya, pada Oh! Java Classic mempunyai warna coklat kemerahan dengan kadar lemak 10% – 12% dan cocok untuk minuman panas atau dingin, pudding, pancake, dan pasta coklat.

Varian lain yaitu Oh! Java Gold memiliki warna merah tua yang rasa dan aroma kakaonya kuat, mengandung 22% – 24% lemak, ideal sebagai campuran kue, es krim, dan dessert seperti chocolate mousse. Anda bisa pula memilih Oh! Java Dark untuk membuat brownies, blackforest, dan muffin karena warnanya lebih gelap.

5. Bendico Cocoa Powder

Bendico Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp118.000

Setiap varian bisa diaplikasikan sebagai adonan, dekorasi, beverage, dan topping

Bendico adalah merk coklat bubuk asli Indonesia yang tercipta dari bahan-bahan terbaik. Apabila kemasannya terjaga dengan baik, cita rasa dan aroma tepung kakao di dalamnya tetap sama setiap kali diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi halal MUI dan dipastikan aman oleh BPOM.

Bendico Cocoa Powder ditawarkan kembali dalam dua varian, yakni Bendico XD (Extra Dark) dan Bendico ND (Natural Dark). Bendico XD berkarakter warna lebih gelap dengan rasa dan aroma yang kuat sehingga pas sebagai brownies atau kue dengan warna gelap yang intens. Atau, Anda bisa pilih varian Bendico ND untuk rasa dan aroma lebih light untuk membuat berbagai macam dessert.

6. Danora Cocoa Premium Dark Brown

Danora Cocoa Premium Dark Brown

Kisaran harga: Rp25.700

Produk karya anak bangsa yang patut diacungi jempol!

Apabila Anda mencari coklat bubuk yang berkualitas dan bercita rasa kuat, Danora Cocoa Premium Dark Brown layak dijadikan test drive. Produk asal brand lokal ini terbuat dari biji coklat asli Indonesia. Pemrosesannya tanpa menambahkan bahan campuran apa pun sehingga cita rasanya pun alami alias lebih dark dan strong.

Produk buatan dalam negeri ini dapat Anda gunakan sebagai komponen tambahan pada kue, pudding, atau varian cookies lain. Ingin membuat es krim atau dilarutkan menjadi hot chocolate juga bisa dan soal rasa bisa dipastikan nikmat, lho. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

7. Tulip Chocolatier Bordeaux Pure Cocoa Powder

Tulip Chocolatier Bordeaux Pure Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp20.000

Ideal untuk kue, pastry, dan dekorasi

Apabila menelusuri berbagai marketplace atau pusat perbelanjaan di daerah Anda, tentulah coklat bubuk besutan Tulip ini tidak sulit ditemukan. Varian Chocolatier Bordeaux ini diproduksi hanya dengan memakai biji coklat terbaik berwarna deep dark brown sekaligus mengutamakan kekuatan aromanya.

Tulip menyebutkan produknya ini mengantongi lemak kakao asli dengan persentase 22%-24%. Rasa coklat murni yang pahit namun beraroma pahit membuat coklat bubuk ini sangat ideal dipilih sebagai campuran untuk pembuatan berbagai kue atau dijadikan dekorasi di atas Tiramisu maupun kue lain.

8. Bensdorp Dutched Cocoa Powder

Bensdorp Dutched Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp157.000

Hanya menggunakan kakao murni tanpa campuran tepung dan kulit coklat

Jika Anda mencari coklat bubuk yang telah diuji aman dan tersertifikasi halal MUI, produk dari Bensdorp ini mengantongi kriteria tersebut. Sebagai salah satu cocoa powder terlaris di Indonesia, Bensdorp Dutched Cocoa Powder sangat mudah diburu, baik secara online ataupun offline.

Apabila diperhatikan, banyak orang yang membagikan resep kue di internet menyematkan produk ini ke dalam ingredients-nya. Usut punya usut, yang menjadikan Bensdorp Dutched Cocoa Powder begitu populer di kalangan pecinta kuliner ini karena terbuat dari coklat murni tanpa campuran tepung dan kulit coklat, Itulah mengapa hasil hidangannya pun jauh lebih enak dibandingkan merek-merek lain.

9. Tulip Cioccolato Minuman Serbuk Cokelat

Tulip Cioccolato Minuman Serbuk Cokelat

Kisaran harga: Rp110.000

Minuman yang nyoklat di mulut!

Kami perkenalkan kembali varian lain dari Tulip, yaitu Cioccolato. Seperti namanya, ini adalah coklat bubuk kemasan yang dirancang khusus sebagai instant chocolate drink. Perpaduan komposisi yang digunakan menghasilkan minuman dengan rasa yang sangat nikmat, baik dalam keadaan dingin ataupun panas. Anda juga bisa mencampurkan bubuk coklat ini ke dalam minuman lain semisal ingin menjajal sensasinya.

Tulip Cioccolato menjadi salah satu produk yang dipilih oleh banyak restoran dan cafe. Tak aneh mengingat bahan baku berupa kakao bubuk berkualitas yang digunakan berkombinasi dengan gula tebu dan susu bubuk full cream, menghasilkan kenikmatan rasa berpadu tekstur lembut saat masuk ke dalam mulut. Sangat enak dan coklat banget!

10. Tulip Burgundy Pure Dark Cocoa Powder

Tulip Burgundy Pure Dark Cocoa Powder

Kisaran harga: Rp70.000

Andalan pastry chefs dan professional bakers

Lagi-lagi produk dari Tulip kami rekomendasikan untuk Anda. Untuk yang satu ini adalah varian Burgundy di mana kehadirannya mampu memenuhi keinginan Anda dalam mengkreasikan aneka cakes dan cookies dengan sensasi rasa coklat dan intensitas warna pekat yang kuat.

Sebagai salah satu produk best seller-nya, Tulip Burgundy Pure Dark Cocoa Powder menawarkan kualitas unggul melalui bahan kakao murni pilihan dari kebun yang dijaga dengan sangat baik. Produk ini bahkan telah dipakai oleh koki profesional dalam bidang pembuatan pastry atau hidangan baking lain.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda berhasil menemukan coklat bubuk yang bagus untuk kebutuhan Anda? Dewasa ini, coklat bubuk mulai digemari orang, entah itu untuk diseduh sebagai minuman untuk menemani sore hari, atau sebagai bahan pemerkaya cita rasa pada adonan kue.

Supaya mendapatkan manfaat dan terhindar dari risiko meningkatnya berat badan, pastikan untuk memilih coklat bubuk dengan jumlah kalori rendah. Selain itu, keberadaan senyawa polifenol dalam jumlah lebih banyak pada coklat bubuk pilihan Anda juga mengirimkan dampak baik bagi tubuh, seperti mencegah kanker, diabetes, hipertensi, stres, dan bahkan mampu memperbaiki kemampuan kognitif.

(Visited 127 times, 19 visits today)