Written by 01:41 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik

Teh chamomile menawarkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bagi Anda yang sensitif terhadap kafein, teh chamomile yang bebas kafein dapat dinikmati sebagai alternatif dari teh hitam. Teh chamomile dapat ditemukan di toko-toko herbal, supermarket, maupun marketplace langganan Anda.

Jika Anda bingung memilihnya, kami akan menjelaskan cara memilih teh chamomile melalui artikel ini. Cocodeli, Sonnentor, dan Haveltea adalah beberapa merek teh chamomile yang produknya juga akan kami rekomendasikan. Yuk, temukan teh chamomile terbaik Anda!

Manfaat Mengonsumsi Teh Chamomile untuk Kesehatan

Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi teh chamomile, di antaranya meningkatkan kualitas tidur, mengontrol gula darah, serta memelihara kesehatan jantung.

Chamomile mengandung apigenin, yakni antioksidan yang bisa merangsang reseptor tertentu di dalam otak yang menimbulkan rasa kantuk. Penelitian menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi teh chamomile lebih cepat tertidur dan jarang terbangun di tengah malah dibanding mereka yang tidak. Anda yang mengalami insomnia atau susah tidur bisa mencoba teh chamomile agar tidur lebih berkualitas.

Teh chamomile juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah berkat kandungan antiinflamasinya. Berdasarkan penelitian pada 64 orang diabetes, mereka yang mengonsumsi teh chamomile setelah makan selama delapan minggu, kadar gula darah rata-ratanya menurun secara signifikan. Anda yang berisiko diabetes sebaiknya rutin mengonsumsi teh chamomile agar kadar guila darah tetap stabil.

Kandungan baik lain yang banyak terdapat dalam chamomile yaitu flavon. Flavon merupakan jenis antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang menurunkan risiko serangan jantung. Jadi, menyertakan teh chamomile dalam pola makan Anda akan melindungi jantung Anda.

Cara Memilih Teh Chamomile

Setelah mengetahui manfaatnya, sekarang kami akan memaparkan cara memilih teh chamomile. Hal ini tentu penting karena berkaitan dengan kebutuhan serta kenyamanan Anda saat mengonsumsi teh. Simak tips berikut, ya!

Pilih Bentuk Favorit Anda: Loose Tea atau Teabag?

Seperti jenis teh lain pada umumnya, teh chamomile memiliki dua bentuk sediaan yakni loose tea dan teabag. Keduanya memiliki khasiat yang sama baiknya. Anda bisa memilih bentuk sesuai selera Anda.

Loose Tea: Hasilkan Rasa dan Aroma Alami, Cocok untuk Pecinta Rasa Teh Autentik

Loose tea adalah daun atau bunga teh yang dikeringkan setelah dipetik sehingga ukurannya agak besar. Teh chamomile dengan bentuk ini ketika diseduh dengan air panas, menghasilkan aroma dan rasa chamomile yang maksimal. Hal ini dikarenakan air berinteraksi langsung dengan teh tanpa perantara. Jadi, jika Anda seorang pecinta teh autentik yang mengutamakan aroma dan rasa, pilihlah bentuk loose tea.

Namun, teh dengan bentuk ini membutuhkan cukup banyak waktu dalam menyajikannya. Anda harus menakar teh terlebih dahulu dan mengaduknya dengan air panas. Anda juga membutuhkan alat bantuan lain seperti saringan atau infuser untuk menyingkirkan ampasnya.

Teabag: Berbentuk Kantong, Menyeduh Teh Lebih Praktis dan Hemat Waktu

Teabag merupakan teh dalam kantong yang partikelnya lebih kecil dari loose tea. Meski tidak memiliki aroma dan rasa sekuat loose tea, teabag bisa menjadi pilihan saat Anda tidak punya banyak waktu, namun tetap ingin melakukan ritual minum teh.

Anda tinggal celupkan kantong teh ke dalam air panas. Berbeda dengan loose tea yang membutuhkan alat lain seperti saringan atau infuser, teh berbentuk teabag lebih praktis. Anda juga tidak perlu menakar teh karena satu kantong teh sudah dibuat untuk satu kali penyajian.

Pilih Kemasan yang Mampu Mempertahankan Kualitas Teh

Selain menentukan bentuk teh yang sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan juga Anda memilih kemasan yang mempertahankan kualitas teh. Ada kemasan dus, tin plate, kaca, dan pouch yang bisa Anda pilih.

Dus: Bobotnya Ringan dan Harganya Relatif Terjangkau

Teh dengan kemasan dus merupakan yang paling umum di pasaran. Hal ini karena dus memiliki bobot ringan sehingga mudah dibawa serta harganya yang relatif terjangkau. Apabila Anda menginginkan teh chamomile dengan harga yang cukup ekonomis, Anda bisa memilih teh berkemasan dus.

Tin Plate: Menambahkan Kesan Unik dan Estetik pada Kemasan Teh

Teh chamomile yang dikemas di dalam tin plate atau kaleng memberikan kesan unik dan estetik. Bagi Anda yang menyukai suasana vintage, teh dalam kemasan tin plate dapat Anda taruh di meja makan atau meja tamu sehingga mempercantik ruangan Anda. Selain itu, kemasan berbentuk tin plate juga dapat digunakan kembali sebagai wadah untuk menaruh barang-barang atau camilan ketika teh sudah habis.

Kaca: Mampu Menjaga Kualitas Teh dari Perubahan Cuaca

Kemasan kaca dapat mencegah terjadinya kerusakan pada produk akibat perubahan cuaca. Selain itu, kemasan kaca juga tidak akan berkarat dan antibakteri sehingga kualitas teh chamomile yang terdapat di dalamnya tetap terjaga. Kemasan kaca juga dapat digunakan kembali setelah isi produk habis.

Namun, teh yang memiliki kemasan kaca biasanya cenderung lebih mahal, meskipun hal ini sepadan mengingat kualitas yang ditawarkan. Jadi, bila Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih teh chamomile yang dikemas dengan wadah kaca.

Pouch: Kemasan Kedap Udara agar Kesegaran Teh Senantiasa Terjaga

Pilihan kemasan lain yakni pouch yang kedap udara. Jenis kemasan ini mampu menjaga kesegaran teh. Pilihlah kemasan pouch dengan perekat agar Anda bisa membuka dan menutupnya dengan mudah. Perekat ini juga berfungsi mencegah masuknya udara berlebih sehingga teh tetap segar.

Tidak hanya menjaga kesegaran teh, kemasan pouch juga cukup praktis dan tidak memakan banyak ruang. Dengan demikian, untuk Anda yang senang bepergian, teh chamomile dalam kemasan pouch bisa menjadi pilihan karena mudah disimpan di dalam tas.

Untuk Sensasi Seduhan yang Berbeda, Pilih yang Diperkaya Tanaman Herbal Lain

Merasa bosan dengan teh chamomile murni? Anda dapat memilih teh chamomile yang diperkaya tanaman lain seperti lavender, mint, atau teh hijau. Kombinasi ini akan memberi sensasi rasa dan aroma yang lebih kaya dibanding teh chamomile yang tidak dicampur tanaman lain.

Selain sensasi seduhan yang berbeda, tambahan kandungan tanaman herbal lain juga menawarkan manfaat lebih untuk tubuh. Misalnya, teh lavendel dapat menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri menstruasi, hingga meredakan nyeri setelah operasi.

Sementara itu, daun mint memberikan sensasi segar yang dapat meredakan rasa tidak nyaman di perut. Di sisi lain, daun mint terkenal pula akan khasiatnya melegakan hidung tersumbat.

Teh Chamomile Organik Menawarkan Lebih Banyak Manfaat untuk Tubuh

Anda juga bisa memilih teh chamomile organik untuk dikonsumsi. Ditandai dengan sertifikasi dari USDA Organic, teh ini berasal dari tanaman chamomile yang dibudidayakan secara alami tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida buatan.

Dengan ketiadaan intervensi bahan-bahan kimia, teh chamomile organik memiliki kandungan antioksidan lebih banyak. Karena ditanam secara alami, teh chamomile organik bebas GMO (Genetically Modified Organism).

Utamakan Produk yang Mengantongi Sertifikasi Badan Kesehatan

Sumber: Pom.go.id

Yang terpenting dari semuanya, pastikan Anda membeli produk yang terjamin keamanannya untuk dikonsumsi. Alih-alih menjaga kesehatan, mengonsumsi produk yang tidak terjamin keamanannya justru berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karenanya, Anda harus jeli apakah produk yang Anda pilih sudah terdaftar BPOM atau SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga). Bagi Anda yang muslim, perhatikan juga sertifikasi halal dari MUI.

10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik

Sepuluh teh chamomile akan kami rekomendasikan pada bagian ini. Saat proses pemilihan, ingat kembali poin-poin yang telah dibahas sebelumnya, ya!

1. Cocodeli Chamomile

Sumber: Shopee.co.id

Mengandung buah ara yang kaya manfaat

Tidak hanya dari chamomile, Anda juga akan mendapat manfaat tambahan dari teh hijau, lavender, dan buah ara dengan mengonsumsi Cocodeli Chamomile.

Buah ara sendiri terkenal sangat kaya akan nutrisi serta kandungannya yang menyehatkan. Untuk Anda yang ingin mendapat ekstra manfaat dari secangkir teh, produk lokal ini layak dicoba!

BentukTeabag
KemasanTin plate
KomposisiTeh hijau, chamomile, lavender dan tin
OrganikYa
SertifikasiP-IRT, Halal MUI
Kisaran hargaRp75.000

2. Domba Coffee Lavender Chamomile Tea

Sumber: Domba.coffee

Menenangkan sistem saraf dan merelaksasi sistem pencernaan

Apakah akhir-akhir ini Anda sedang mengalami stres atau gelisah? Stres juga dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Jika ya, Domba Lavender Chamomile Tea bisa menjadi solusi tepat.

Gabungan chamomile dan lavender dalam teh ini tak hanya menenangkan saraf, tetapi juga merelaksasi sistem pencernaan Anda. Mengandung 100% herbal organik yang bebas GMO, bebas pewarna, dan bebas pengawet, rasakan kebaikan maksimal dari setiap seruputnya!

BentukLoose tea
KemasanTin plate
KomposisiOrganic chamomile buds, lavender buds
OrganikYa
SertifikasiNon-GMO
Kisaran hargaRp95.000

3. Sonnentor Organic Camomile

Sumber: Sonnetor.com

Chamomile organik dengan kemasan eco-friendly

Apabila yang Anda cari adalah teh chamomile organik dan murni tanpa tambahan herbal lain, Anda bisa mempertimbangkan Sonnentor Organic Camomile. Produk ini juga menggunakan kemasan yang eco-friendly sehingga cocok bagi Anda yang peduli akan lingkungan.

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiOrganic camomile flower
OrganikYa
SertifikasiAT-BIO-301
Kisaran hargaRp55.920

4. Dilmah Pure Chamomile Flower Tea

Sumber: Dilmah.co.id

Aroma lembut untuk menemani waktu santai Anda

Dilmah Pure Chamomile Flower Tea menawarkan sensasi minum teh dengan aroma yang lembut. Tiap kantong tehnya memiliki pembungkus lagi untuk memastikan kesegarannya tetap terjaga. Produk ini sangat cocok untuk Anda nikmati sambil mengudap camilan saat bersantai dengan teman maupun keluarga.

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiChamomile
OrganikTidak disebutkan
SertifikasiBPOM
Kisaran hargaRp73.000

5. TEMA Tea – Serenity

Sumber: Tema-tea.com

Dengan kesegaran mint yang membangkitkan semangat

Kandungan mint dalam produk TEMA Tea ini begitu menyegarkan, bagaikan semilir angin di musim semi! Kesegaran ini akan mengembalikan semangat Anda saat mulai merasa penat dengan aktivitas. Dikemas dalam stoples kaca, kualitas bahan-bahan herbal di dalamnya pun tetap terjaga.

BentukLoose tea
KemasanStoples kaca
KomposisiChamomile, lavender, mint
OrganikTidak disebutkan
SertifikasiP-IRT
Kisaran hargaRp135.000

6. Haveltea Pure Chamomile

Sumber: Shopee.co.id

Kemasan pouch yang praktis untuk travelling

Anda penikmat teh chamomile dan ingin membawanya saat travelling? Pilihlah teh dalam kemasan pouch seperti teh chamomile dari Haveltea ini. Bentuk teabag-nya juga praktis untuk diseduh kapan pun. Dengan sedikit rasa manis dan ringan, teh ini cocok dinikmati menemani liburan Anda.

Selain itu, produk ini juga terbuat dari bunga chamomile yang digiling kasar. Tekstur bunga teh yang tidak terlalu halus ini menjaga aroma dan rasa aslinya setelah diseduh. Setiap kantong tehnya juga dibungkus menggunakan eco-teabag yang ramah lingkungan.

BentukTeabag
KemasanPouch
KomposisiChamomile
OrganikTidak disebutkan
SertifikasiP-IRT, Halal MUI
Kisaran hargaRp170.000

7. Numi Herbal Tea Chamomile Lemon

Berasal dari bunga kamomil organik dari Mesir berpadu aroma lemon myrtle

Teh chamomile satu ini terbuat dari bunga chamomile organik berkualitas tinggi yang tumbuh di sepanjang pinggir sungai Nil. Dikombinasikan dengan daun lemon myrtle dari Australia, menciptakan keunikan tersendiri saat Anda menikmati teh ini.

Tak hanya soal keunikan rasa, Numi Herbal Tea Chamomile Lemon juga memberi Anda ketenangan yang tahan lama. Selain USDA Organic yang memastikan klaim bahan organiknya, produk ini juga dipastikan bebas dari rekayasa genetika.

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiFair Trade Certified™ organic chamomile, organic lemon myrtle
SertifikasiUSDA Organic, Fair Trade Certified, non-GMO
OrganikYa
Kisaran hargaRp109.900

8. Twinings Pure Camomile

Diproses dengan sepenuh hati, menghasilkan rasa yang lebih enak

Bunga chamomile yang digunakan untuk membuat teh ini berasal dari Eropa yang dipanen saat musim panas. Proses pengolahan hati-hati sehingga menghasilkan rasa chamomile yang lebih enak. Twinings Pure Camomile pas untuk Anda nikmati di malam hari sebelum tidur, terutama apabila Anda mengalami insomnia.

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiCamomile
OrganikTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Kisaran hargaRp49.450

9. Yogi Tea – Comforting Chamomile

Menghadirkan ketenangan seakan sedang berlatih yoga

Memiliki label USDA Organic dan non-GMO, Anda dapat merasakan manfaat chamomile yang optimal dari Yogi Tea Comforting Chamomile. Bagaikan sedang beryoga, menyesap teh ini akan membuat Anda merasa nyaman dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Produk ini juga menggunakan kemasan ramah lingkungan dengan dus daur ulang dan kantong teh yang dapat terurai sendiri. Yang menarik, Anda akan menemukan kata-kata mutiara yang memotiovasi hari-hari Anda di setiap kantong tehnya!

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiChamomile flower
OrganikYa
SertifikasiUSDA organic, non-GMO
Kisaran hargaRp95.000

10. Sir Thomas J. Lipton Chamomile Infusion

Produk harga minim yang bahannya berasal dari perkebunan teh terbaik!

Lipton memproduksi teh chamomile dengan harga yang terjangkau. Berbanderol lima puluh ribuan, Anda sudah bisa mendapatkan 25 kantong teh yang masing-masing dibungkus per sachet guna menjaga kehigienisannya.

Meski harganya relatif murah dibandingkan merk lain, Anda tidak perlu kahawatir akan khasiat chamomile yang didapat dari produk ini. Pasalnya, Sir Thomas J. Lipton Chamomile Infusion menggunakan bunga chamomile berkualitas dari perkebunan terbaik di dunia.

BentukTeabag
KemasanDus
KomposisiBunga chamomile (100%)
OrganikTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, Halal MUI
Kisaran hargaRp49.450

Tabel Perbandingan Teh Chamomile

ProdukCocodeli ChamomileDomba Lavender Chamomile TeaSonnentor Organic CamomileDilmah Pure Chamomile Flower TeaTEMA Tea – SerenityHaveltea Pure ChamomileNumi Herbal Tea Chamomile  LemonTwinings Pure CamomileYogi Tea – Comforting ChamomileSir Thomas J. Lipton  Chamomile Infusion
BentukTeabagLoose teaTeabagTeabagLoose teaTeabagTeabagTeabagTeabagTeabag
KemasanTin plateTin plateDusDusStoples kacaPouchDusDusDusDus
KomposisiTeh hijau, chamomile, lavender dan tinOrganic chamomile buds, lavender buds.Organic camomile flowerChamomileChamomile, lavender, mintChamomileFair Trade Certified™ organic chamomile, organic lemon   myrtleCamomileChamomile flowerBunga chamomile (100%)
OrganikYaYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanUSDA Organic, Fair Trade Certified, non-GMOTidak disebutkanYaTidak disebutkan
SertifikasiP-IRT, Halal MUINon-GMOAT-BIO-301BPOMP-IRTP-IRT, Halal MUIYaBPOM, Halal MUIUSDA organic, non-GMOBPOM, Halal MUI
Kisaran hargaRp75.000Rp95.000Rp55.920Rp73.000Rp135.000Rp170.000Rp109.900Rp49.450Rp95.000Rp49.450
Pembelian

Yuk, cek rekomendasi produk-produk teh dari PickyBest lainnya!

Tidak hanya teh chamomile yang terkenal akan kenikmatannya. Jenis teh lain, yakni teh hijau, juga menawarkan kenikmatan sekaligus kesegaran lebih dibandingkan teh hitam. Apabila Anda ingin menstok teh selain teh chamomile di rumah, kami sarankan Anda untuk membeli teh hijau.

Bingung memilih teh hijau dari banyaknya pilihan di pasaran? Tidak perlu khawatir, pada artikel berikut kami mengulas lengkap poin-poin pemilihan teh hijau beserta rekomendasinya. Selamat menentukan teh hijau pilihan Anda!

Kesimpulan

Efek relaksasi dari teh chamomile dapat mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur. Khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan sudah dikenal dari dulu. Teh chamomile sangat direkomendasikan untuk siapa pun yang rentan mengalami stres.

Sekarang, Anda telah mengetahui cara memilih teh chamomile serta rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Kami berharap dengan artikel ini, Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kesukaan maupun kebutuhan Anda!

Sumber

5 Ways Chamomile Tea Benefits Your Health
https://www.healthline.com/nutrition/5-benefits-of-chamomile-tea diakses pada 6 Desember 2020

Loose Tea or Tea Bags – Which is Better
https://www.thespruceeats.com/loose-tea-or-bags-which-better-435328 diakses pada 6 Desember 2020

(Visited 93 times, 1 visits today)