Written by 01:54 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Sosis Terbaik yang Rasanya Enak

Sosis adalah makanan berbahan dasar daging giling yang digemari banyak orang. Meski tergolong praktis, beberapa produk sosis dikemas dalam bentuk frozen food. Lantas, sosis apa yang paling tepat menjadi lauk praktis atau camilan Anda?

Kanzler, Kimbo, dan So Good terkenal akan sosis enak buatannya. Bila Anda bingung membeli sosis merek apa, sebaiknya simak dulu cara memilih produk dari kami. Setelah itu, sosis terbaik versi PickyBest juga dapat menjadi referensi. Selamat membaca!

Di Indonesia, Lebih Banyak Ditemukan Sosis asal Jerman

Mayoritas sosis yang beredar di Indonesia adalah sosis asal Jerman berjenis bratwurst dan knockwurst. Meski sama-sama hasil olahan daging giling, keduanya memiliki karakteristik berbeda.

Bratwurst merupakan sosis yang pembuatannya murni dari daging sapi atau babi yang dicincang halus kemudian dibumbui. Sosis jenis ini nikmat disantap langsung maupun dijadikan isian pada roti.

Bila sosis bratwurst terbuat dari daging murni, sosis knockwurst diberi bahan tambahan berupa bawang putih sebagai penambah cita rasa. Hal ini membuatnya cocok sebagai pelengkap makanan karena memperkaya rasa.

Cara Memilih Sosis yang Enak

Pada bagian ini, kami akan memaparkan cara memilih sosis yang cocok dengan selera dan kebutuhan Anda.

Kenali Karakteristik pada Produk Sosis Berkualitas

Untuk mendapatkan rasa sosis yang maksimal, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas sosis yang hendak dibeli. Salah satu cara mengetahui kualitas sosis segar adalah mengecek teksturnya. Pastikan tekstur sosis agak kenyal ketika ditekan, serta tidak terlalu keras.

Bila Anda ingin lebih mudah menemukan sosis yang enak, pilihlah produk dengan harga lebih mahal karena umumnya terbuat dari bahan baku daging berkualitas tinggi. Sosis mahal juga menghasilkan rasa daging lebih autentik karena tidak menggunakan banyak tambahan tepung.

Cara lain untuk mengetahui kualitas sosis adalah dengan memasaknya. Sosis yang berkualitas tidak mudah mengembang serta mampu mempertahankan warna aslinya ketika bersentuhan dengan panas. Sosis berkualitas tinggi juga menghasilkan aroma daging yang lebih nyata dan menggugah selera.

Pilih Jenis Sosis sesuai Selera Kenikmatan yang Anda Inginkan

Pada umumnya, terdapat dua jenis sosis bila dilihat dari cara konsumsinya, yaitu sosis siap makan dan sosis siap masak. Yuk, kenali karakteristik kedua jenis sosis ini pada poin-poin berikut.

Sosis Siap Makan: Praktis Dikonsumsi saat Berada di Luar Rumah

Sosis siap makan lebih praktis karena dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dulu. Selain itu, tidak perlu perhatian khusus untuk menyimpannya. Anda cukup menyimpan sosis pada suhu ruangan serta jauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar lebih awet dan rasanya tetap terjaga.

Biasanya, sosis ini dibalut dalam kemasan polyamide casing untuk melindungi sosis dari kontaminasi. Selain itu, kemasan polyamide bersifat lentur dan tipis, membuatnya mudah dibuka dengan tangan kosong. Bila Anda hobi ngemil, cobalah menstok beberapa bungkus sosis siap makan untuk dibawa-bawa.

Sosis Siap Masak: Enak Dimakan bersama Nasi Hangat atau sebagai Topping

Bagi Anda yang gemar memasak, sosis jenis ini akan cocok menemani hobi memasak Anda. Sosis siap masak bisa diolah lagi menjadi menu masakan lain yang bisa dikreasikan sesuai keinginan, seperti mencampurkannya pada sayur sop atau nasi goreng. Jika ingin lebih cepat, Anda hanya perlu menggorengnya, lalu sajikan bersama nasi hangat.

Namun, sosis siap masak memerlukan penanganan khusus untuk menyimpannya. Anda perlu memasukkannya ke dalam freezer agar sosis tetap awet dan segar. Meski begitu, sosis siap masak memiliki usia simpan yang pendek, sehingga akan lebih baik untuk mengonsumsinya langsung setelah dibeli.

Anda juga perlu memerhatikan kemasan sosis siap masak karena produsen seringkali menggunakan pelapis tambahan yang terbuat dari plastik tipis transparan. Bacalah cara memasak sosis untuk memastikan proses pengolahan yang Anda lakukan sudah tepat.

Ketahui Olahan Daging yang Digunakan untuk Pembuatan Sosis

Sangat penting untuk mengetahui jenis daging hewan pada sosis yang Anda konsumsi. Bahan baku yang paling umum digunakan adalah daging sapi, ayam, dan babi.

Produk sosis di Indonesia umumnya terbuat dari olahan daging sapi atau ayam yang digiling terpisah. Namun, lain halnya dengan produk sosis impor yang tak jarang menggunakan campuran berbagai daging hewan ternak. Untuk itu, pastikan komposisinya aman untuk Anda konsumsi sebelum membeli produk sosis impor.

Pahami Sedikit perihal Bahan Aditif yang Digunakan

Karena termasuk olahan daging instan, mau tidak mau pembuatan sosis akan melibatkan zat aditif untuk membuatnya lebih tahan lama. Bahan pengawet yang sering digunakan antara lain garam, asam nitrat/nitrit, dan curing. Penambahan zat pengawet ini bertujuan untuk menghambat perkembangan mikroba dan jamur.

Tak hanya bahan pengawet, terdapat zat aditif tambahan sebagai penstabil serta membuat tampilan sosis lebih menarik. Misalnya, penggunaan sodium erythorbate bertujuan membuat warna sosis lebih kemerahan. Selain itu, ada juga fosfat untuk meningkatkan kapasitas pengikatan air.

Selama mengikuti anjuran badan kesehatan, penggunaan zat aditif dapat memberikan manfaat untuk produsen maupun konsumen. Meski begitu, sebaiknya kurangi konsumsi sosis dengan banyak tambahan zat aditif untuk menghindari risiko kesehatan yang muncul di kemudian hari.

Periksa Label Sertifikasi terkait Pemeriksaan dan Pengujian Produk

Utamakan produk yang tersertifikasi BPOM agar Anda bisa lebih tenang saat mengonsumsinya. Selain BPOM, ada juga lembaga sertifikasi keamanan pangan bertaraf internasional seperti HACCP (Standar Hazard Analysis and Critical Control Points) untuk memudahkan Anda memilih produk.

Bagi Anda yang beragama Islam, produk berlabel Halal MUI patut diperiksa. Di badan kemasan, Anda dapat menemukan nomor BPOM produk serta sertifikasi halal MUI. Untuk produk impor, beberapa mungkin mencantumkan logo sertifikasi dari lembaga lain.

Pilihlah Jenis Kemasan yang Memastikan Kualitas Sosis tetap Terjaga

Rasanya penting untuk mengenali jenis kemasan sosis yang Anda beli. Beberapa produsen menggunakan kemasan plastik polyethylene kedap udara untuk menjaga produk dari paparan lingkungan dan perubahan warna.

Selain itu, kemasan vacuum packed dapat menambah keawetan produk karena kontaminasi mikroba dan kuman dapat ditekan. Namun, untuk sosis berkemasan vacuum, Anda mungkin memerlukan alat seperti gunting atau cutter untuk membukanya.

10 Rekomendasi Sosis Terbaik yang Rasanya Enak

Sekarang, Anda dapat menentukan produk sosis sesuai kebutuhan berdasarkan rekomendasi kami berikut ini. Selamat memilih!

1. Kanzler Cheese Frankfurter

Tekstur ekstra meaty dengan campuran keju yang gurih

Jika Anda penggemar keju, sosis satu ini wajib Anda coba! Perpaduan sosis dan keju cheddar yang gurih melengkapi setiap gigitan Kanzler Cheese Frankfurter. Tak hanya itu, sosis ini juga terkenal dengan teksturnya yang renyah dan meaty, membuat cita rasanya semakin pleasuring.

Sosis asal kota Frankfurter ini diolah dengan metode pengasapan. Tanpa tambahan pewarna artifisial dan MSG, produk ini lebih sehat dikonsumsi. Selain keju, Anda juga bisa mencoba varian lain yang tak kalah nikmatnya seperti assorted, blackpepper, dan garlic.

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanSapi dan ayam
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi360 g / 5 pcs
Kisaran hargaRp54.000

2. So Good Premium Chicken Sausage – Original

Sumber: Sogood.id

Menggunakan lebih banyak dada ayam untuk rasa lebih premium!

Apabila Anda tidak begitu suka sosis sapi, produk dari So Good ini bisa menjadi alternatif. Pasalnya, So Good Premium Chicken menggunakan bahan baku dada ayam lebih banyak.

Selongsong sosisnya dibuat edible sehingga bisa langsung diolah tanpa harus membuka plastiknya terlebih dulu. Tekstur crunchy dengan bumbu original memastikan lidah Anda termanjakan!

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanDada ayam
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi300 g
Kisaran hargaRp35.100

3. Bernardi Sosis Sapi

Sumber: Shopee.co.id

Acara barbeque lebih praktis berkat kemasan jumbonya!

Kegiatan barbeku takkan lengkap tanpa adanya sosis panggang. Untuk kebutuhan orang banyak, sosis sapi Bernardi ukuran jumbo sangat bisa diandalkan! Soal rasa, produk ini menjanjikan rasa daging sapi dengan perpaduan bumbu rempah asli.

Menariknya lagi, casing cellulose yang membungkus daging olahan sapi memenuhi standar casing food grade. Dengan demikian, Anda dapat mengolahnya langsung tanpa perlu mengupas plastiknya.

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanSapi
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi1 kg
Kisaran hargaRp130.550

4. Yangini Sosis Sapi Kombinasi

Sumber: Shopee.co.id

Berasal dari daging sapi pilihan yang diolah sesuai standar internasional

Yangini memproduksi sosis tinggi protein yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, bahan bakunya berasal dari daging sapi berkualitas dengan cara pengolahan berstandar internasional.

Sosis ini memiliki tiga varian ukuran, yakni 300 gram, 900 gram, dan 1.000 gram. Walau expired date-nya mencapai 6 bulan, Anda tetap perlu menyimpannya dalam freezer agar produk tidak rusak sebelum tanggal kedaluwarsa.

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanSapi
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi500 g
Kisaran hargaRp46.000

 5. Kimbo Reddi Sosis Ikan Rasa Otak-otak

Sumber: Shopee.co.id

Praktis, cocok untuk bekal sekolah anak!

Untuk Anda yang hobi ngemil, sosis dari Kimbo Reddi satu ini mungkin akan cocok dengan lidah Anda. Terbuat dari daging ikan segar, bumbu bercita rasa otak-otak akrab dengan lidah penduduk nusantara.

Berbeda dengan sosis siap masak, Kimbo Reddi Sosis Ikan Rasa Otak-otak tidak perlu disimpan ke lemari es. Anda tetap bisa menikmatinya kapan saja sebagai teman belajar, menonton, atau bahkan bekal sekolah anak!

Jenis sosisSiap makan
Bahan daging olahanIkan
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanStoples plastik
Berat/isi552 gr / 24 pcs
Kisaran hargaRp20.000

6. Kanzler Beef Cocktail

Sumber: Kanzler.co.id

Berukuran bite size untuk pengolahan lebih mudah

Kebanyakan sosis memiliki ukuran panjang dan besar. Nah, bila Anda sedang mencari sosis dengan ukuran lebih kecil, produk satu ini layak dicoba. Kanzler mencincang halus daging premium untuk hasilkan sosis berukuran kecil-kecil.

Sosis Kanzler memiliki tekstur renyah, bebas pewarna, serta tanpa tambahan MSG. Selain digoreng, sosis ini tetap nikmat meski dipanggang dengan wajan antilengket atau dipanaskan dengan microwave.

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanSapi
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi500 g / 26 pcs
Kisaran hargaRp60.000

7. Fiesta Chicken Sausage

Sumber: Cpfood.co.id

Mengeluarkan aroma asap yang khas untuk bangkitkan selera

Meski terkenal dengan chicken nugget-nya, Fiesta juga mengeluarkan produk daging olahan lain berupa sosis ayam. Terbuat dari daging ayam berkualitas, Fiesta Chicken Sausage diproduksi secara higienis dengan pengawasan ketat.

Saat dipanggang, Anda akan menyesap aroma khas yang menggugah selera. Entah dikonsumsi sebagai camilan maupun bersama nasi hangat, kenikmatannya tetap sama!

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanAyam
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi500 g
Kisaran hargaRp38.500

8. Vigo Sosis Ayam Kombinasi Rasa Sapi

Isinya banyak, cocok untuk disantap bersama teman dan keluarga!

Sosis Vigo satu ini dikemas dalam bentuk polybag, menjadikannya ideal untuk bekal makanan. Namun, kemasan seperti ini tidak fleksibel untuk kembali disimpan ketika kemasannya sudah dibuka.

Maka itu, untuk mempertahankan kualitas rasa, Anda perlu menutup rapat kemasan dengan klip atau karet. Saat berkegiatan di tengah alam seperti camping, Vigo Sosis Ayam Kombinasi Rasa Sapi pas menjadi lauk makan superpraktis!

Jenis sosisSiap makan
Bahan daging olahanAyam
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik polybag
Berat/isi650 g / 50 pcs
Kisaran hargaRp20.000

9. Champ Sosis Sapi Serbaguna

Sumber: Cpfood.co.id

Bisa dimasak dengan berbagai cara

Sesuai namanya, Champ Sosis Sapi Serbaguna cocok untuk segala bentuk pengolahan berkat teksturnya yang tidak terlalu keras maupun lembut.

Anda bisa menumis sosis sebagai campuran sayur, topping piza, maupun hidangan lain kreasi Anda. Apa pun masakan Anda, selalu sediakan sosis Champ ini di rumah!

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanSapi
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi376 g / 15 pcs
Kisaran hargaRp27.500

10. Bernardi Horeca Pack Chicken Breakfast Sausage

Sumber: Shopee.co.id

Andalan para chef di berbagai restoran dan hotel!

Horeca merupakan istilah yang merujuk pada hotel, restoran, dan kafe. Bernardi, salah satu produsen sosis, memproduksi Horeca Pack Chicken Breakfast seabgai sosis khusus kebutuhan industri horeca.

Varian ini terbuat dari daging ayam cincang yang di-mix dengan rempah-rempah dan keju khas produk Bernardi. Selongsongnya terbuat dari selulosa yang membuat proses pengolahan lebih cepat

Jenis sosisSiap masak
Bahan daging olahanAyam
SertifikasiHalal MUI, BPOM
Jenis kemasanPlastik vakum
Berat/isi1 kg / 24 pcs
Kisaran hargaRp66.000

Kesimpulan

Sosis siap makan maupun sosis siap masak, keduanya praktis dan nikmat dikonsumsi sebagai lauk dan camilan. Dari sekian produk rekomendasi kami, adakah yang sesuai selera Anda?

Bila Anda mengutamakan kesehatan, pilihlah produk yang dibuat tanpa banyak bahan aditif. Untuk memastikan keamanan, pastikan sosis pilihan Anda mengantongi label BPOM. Selamat menyantap sosis enak!

(Visited 291 times, 1 visits today)