Written by 01:12 Ibu & Anak

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak 2 – 3 Tahun

Dunia anak adalah dunia bermain, terlebih bagi anak yang baru berusia dua sampai tiga tahun. Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan mainan edukasi yang tidak hanya menyenangkan, namun juga bermanfaat untuk pertumbuhan dirinya.

Ada banyak pilihan mainan edukatif berkualitas, misalnya Melissa & Doug dan Learning Resources. Supaya tidak salah beli, kami jabarkan caranya memiih di artikel ini. Tak hanya itu, kami juga memilihkan sepuluh produk terbaik versi PickyBest. Simak, yuk!

Cara Memilih Mainan Edukasi untuk Anak 2 – 3 Tahun

Walau hanya mainan anak-anak, sebaiknya Anda tetap teliti dalam memilihnya. Paling tidak, terdapat dua aspek yang perlu Anda perhatikan, yakni tipe mainan itu sendiri dan keamanannya untuk si kecil.

Pilih Tipe Mainan yang Berguna untuk Anak

Anak usia dua sampai tiga tahun memiliki karakteristik dan kecenderungan khusus, termasuk dalam caranya berkenalan dengan dunia dan lingkungan sekitar. Pertama-tama, Anda mesti memahami karakteristik tersebut. Kemudian, tentukan tipe mainan macam apa yang dapat memfasilitasi perkembangannya.

Berkenalan dengan Dunia Lewat Permainan Pura-pura

Anda yang memiliki anak perempuan mungkin pernah melihatnya menggelar pesta teh bersama boneka-boneka kesayangannya. Apa yang dia lakukan adalah permainan pura-pura. Anak usia dua sampai tiga tahun senang melakukan itu.

Kegiatan semacam ini mempermudah anak mengenali dunia dan lingkungan sekitarnya dengan cara menyenangkan. Selain menirukan situasi di dunia nyata, mereka juga suka memainkan persona sosial seperti polisi, dokter, atau pemadam kebakaran; menjadi karakter fiksional seperti putri kerajaan, pahlawan super, atau tokoh kartun.

Tipe mainan yang mendukung permainan pura-pura biasanya merupakan model dari benda-benda yang biasa orang dewasa gunakan sehari-hari. Misalnya, mainan peralatan dapur untuk main koki-kokian, peralatan dokter untuk main dokter-dokteran, dan miniatur kandang yang lengkap dengan model hewan ternaknya untuk pura-pura menjadi peternak.

Mengembangkan Daya Pikir dengan Memecahkan Masalah

Meski baru berusia dua sampai tiga tahun, kemampuan berpikir anak perlu mulai dilatih. Biasakan dirinya untuk berpikir secara kreatif sekaligus kritis melalui mainan yang melibatkan pemecahan masalah. Mainan seperti ini merangsang otak anak untuk mencari solusi.

Dalam prosesnya, bakal banyak pertanyaan yang terlintas di benak anak. Di sini orang tua turut berperan membantu mengonstruksi pola pikir yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk menemukan jawaban atas permasalahan tersebut. Tetapi, tetap beri kebebasan pada anak untuk memecahkan masalah dengan metodenya sendiri.

Beberapa tipe mainan yang melatih daya pemecahan masalah adalah puzzle, balok susun, dan bongkar pasang. Karena ditujukan untuk anak dua sampai tiga tahun, sebaiknya jangan pilih yang terlalu rumit. Untuk puzzle misalnya, pilihlah yang gambarnya sederhana dan potongannya tidak terlalu banyak.

Meningkatkan Kemampuan Bicara dan Pemahaman Bahasa

Di usia dua hingga tiga tahun, anak sudah sedikit berkenalan dengan bahasa. Biasanya mereka telah mampu berbicara dalam kalimat sederhana. Tidak jarang juga ada yang sudah bisa membaca ringan. Mereka memiliki rasa penasaran dengan bahasa dan kerap berusaha mengikuti perkataan orang dewasa di sekitarnya.

Boneka yang dapat berbicara merupakan salah satu mainan yang bisa Anda pilih. Anak akan belajar mendengar dan memahami kata dan menanggapinya. Selain itu, Anda juga bisa membelikan board book untuk latihan mengenali kata. Mainan seperti balok alfabet juga bagus untuk mengajarkan bunyi huruf.

Melatih Motorik Halus dengan Mainan yang Melatih Keterampilan Tangan

Motorik kasar berkaitan dengan gerakan tubuh yang bertumpu pada otot besar, misalnya mengayunkan tangan, berjalan, menendang, dan seterusnya. Pada usia dua sampai tiga tahun, kemampuan motorik kasar anak biasanya telah berkembang cukup baik. Yang perlu diberi perhatian lebih di fase ini adalah motorik halusnya.

Motorik halus adalah gerakan yang berhubungan dengan penggunaan otot-otot kecil, terutama pada jemari, untuk melakukan aktivitas seperti menggenggam. Anda dapat melatihnya dengan memberikan mainan edukatif yang mengasah keterampilan tangan seperti puzzle, balok susun, mainan masak-masakan, dan sejenisnya.

Perhatikan juga Aspek Keamanannya

Selain manfaatnya, aspek lain yang harus Anda pertimbangkan adalah keamanannya. Karena anak-anak belum peka terhadap bahaya, orang tua perlu mengambil langkah ekstra untuk memastikan keamanan mainan.

Pastikan Mainan Terbuat dari Material Nontoxic

Tidak semua mainan yang beredar di pasaran otomatis aman untuk anak-anak. Ada banyak zat yang berpotensi bahaya buat si kecil, misalnya kandungan timbal pada cat rumah tangga, termasuk pada jenis cat yang umum digunakan untuk mengecat mainan berbahan kayu.

Pada anak-anak, paparan timbal dapat menurunkan tingkat kecerdasan, kemampuan belajar, dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Apalagi mengingat perilaku anak dua tiga tahun yang masih senang menjilat bahkan memasukkan mainan ke dalam mulut, memilih mainan yang aman sangatlah penting.

Kandungan lain yang berbahaya adalah polivinil klorida (PVC) yang sering ditemukan dalam mainan berbahan plastik. Kandungan yang juga dikenal sebagai bahan plastik paling berbahaya ini dapat merusak keseimbangan hormon, bahkan merangsang pertumbuhan sel kanker.

Sebenarnya solusi terhadap persoalan ini sederhana saja. Anda cukup membeli mainan dari merek yang terpercaya. Setidaknya, mainan tersebut harus memiliki sertifikat SNI. Kalau mau lebih aman lagi, Anda bisa pilih mainan impor dari merek terkenal, contohnya yang berasal dari Amerika dan Eropa.

Bukan tanpa alasan, mainan dari kedua regional tersebut memiliki standar regulasi keamanan yang ketat. Tiap produknya terjamin bebas dari material toksik. Memang, Anda perlu merogoh kocek ekstra, tetapi keamanan buah hati sebaiknya jangan dikompromi.

Lebih baik hindari mainan abal-abal yang tidak jelas produsennya. Jika Anda mau mendukung industri mainan lokal dengan membeli mainan tradisional produksi rumahan, ambil langkah ekstra untuk memastikan materialnya aman dari bahan-bahan berbahaya yang telah dijelaskan di atas.

Jika Khawatir Tertelan, Lebih Baik Pilih Mainan yang Ukurannya Lebih Besar dari Mulut Si Kecil

Banyak anak usia dua sampai tiga tahun yang masih senang memasukkan benda-benda ke dalam mulut layaknya bayi. Mereka melakukannya untuk mempelajari bentuk, tekstur, dan rasa dari beragam benda yang menarik perhatian. Meski begitu, hal ini berbahaya karena objek dapat tertelan dan membuat anak tersedak.

Jika anak balita Anda masih memiliki kebiasaan ini, sebaiknya hindari memberikan mainan yang berukuran kecil. Termasuk untuk mainan yang terdiri dari bagian-bagian kecil seperti puzzle dan lego. Pastikan tiap bagiannya berukuran lebih besar dari mulut anak. Hindari pula mainan yang tidak berbentuk solid seperti Play-Doh dan sejenisnya.

Pilih yang Tidak Memiliki Sudut Tajam

Mainan yang memiliki sudut tajam atau lancip sebaiknya dihindari karena ujung-ujung tajamnya dapat melukai permukaan kulit anak-anak yang cenderung lembut. Lebih parah lagi, bagian tajamnya juga bisa menusuk mata kalau kurang hati-hati.

Selain itu, hindari juga memberikan mainan yang terbuat dari bahan mudah rusak seperti kaca atau plastik murahan. Sebab, pecahannya sangat berbahaya untuk si kecil. Anak balita senang membanting-banting mainan sehingga pastikan mainan terbuat dari bahan yang kokoh.

Untuk Mainan yang Bisa Mengeluarkan Suara, Pastikan Volumenya Tidak Bising

Bila membelikan mainan yang bisa mengeluarkan suara seperti boneka yang dapat bicara, sound puzzle, atau sejenisnya, pastikan volume dari suara yang keluar tidak bising. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi pendengaran buah hati.

Pastikan selalu baca petunjuk penggunaan dari mainan semacam ini. Periksa apakah volumenya dapat diatur. Selain itu, peringatkan juga anak Anda untuk tidak menempelkan lubang speaker-nya ke telinga.

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak 2 – 3 Tahun

Sekarang Anda sudah paham cara memilih mainan yang baik, bukan? Di bagian ini, kami mengumpulkan sepuluh rekomendasi mainan terbaik yang barangkali bakal cocok untuk buah hati Anda.

1. Grow’n Up Fisher Price Jump ‘n Dunk Basketball

Sumber: Grow-n-up.com

Latih motorik dengan permainan basket

Apakah anak Anda aktif dan menyukai aktivitas fisik? Jika iya, ajak dia main basket dengan set mainan ring basket beserta bolanya ini. Tinggi ring dapat disesuaikan dengan jangkauan anak. Ukuran bolanya juga kecil dan nyaman di genggamannya.

Mainan ini bermanfaat untuk melatih baik motorik kasar maupun halus. Motorik kasar dilatih dengan berlari dan mengayunkan tangan untuk melempar bola ke dalam ring, sedangkan motorik halus dilatih dengan menggenggam bola.

ManfaatMelatih motorik kasar dan halus untuk anak yang aktif
Kisaran hargaRp1.179.000

2. Melissa & Doug Take-Along Tool Kit Wooden Toy

Kotak perkakas yang menyenangkan!

Kotak perkakas satu ini bakal membuat buah hati Anda asyik seharian. Terdapat 24 perkakas mainan yang tersedia di set ini. Mulai dari palu, kunci Inggris, obeng, mur, baut, hingga paku. Kotaknya pun terbuat dari kayu yang kokoh dan dapat dikostumisasi sesuai kreativitas si kecil.

Tool kit buatan Melissa & Doug ini banyak sekali manfaatnya. Mulai dari melatih motorik halus dengan alat-alat yang harus digenggam, koordinasi mata dan tangan sesuai jenis alat, pengenalan warna, hingga pemecahan masalah ketika membuat proyek.

ManfaatMelatih motorik halus dan kemampuan memecahkan masalah
Kisaran hargaRp249.000

3. Melissa & Doug Horse Carrier Wooden Vehicles Play Set

Sumber: Melissaanddoug.com

Mainan truk kayu dan kuda-kudaan yang pas buat bermain peran

Set mainan ini terdiri dari truk trailer kayu dan dua ekor kuda. Anak bakal menyukai permainan peran sebagai sopir truk yang bertugas mengantar kuda ke kandang. Kuda-kudaannya terbuat dari bahan lembut yang tidak mudah membuat kulit si kecil tergores.

Selain mendukung permainan peran yang mengasah imajinasi, mainan ini juga bermanfaat untuk melatih motorik halus. Kemampuan bicara juga lebih terasah ketika melakukan permainan peran.

ManfaatMenjadi media yang menyediakan skenario permainan pura-pura yang luas untuk anak mengembangkan imajinasinya
Kisaran hargaRp329.000

4. LeapFrog Tumbling Blocks Fire Truck

Menjadi pemadam kebakaran sambil ditemani balok-balok hewan

Truk pemadam kebakaran ini bakal mentransformasi si kecil jadi pemadam kebakaran cilik. Jangan khawatir, dalam melaksanakan tugasnya dia tidak sendirian, kok. Anak Anda bakal ditemani hewan-hewan balok lucu yang bisa bicara saat dimasukkan ke kursi mengemudi.

Tidak hanya itu, terdapat juga sirene yang menjadikan permainan semakin realistis, serta lengkap pula dengan selang yang dapat mengeluarkan suara semprotan air. Pokoknya, bermain peran dengan mainan yang satu ini dijamin super seru!

ManfaatBerkenalan dengan nama-nama hewan dan mengembangkan imajinasi dengan bermain peran sebagai pemadam kebakaran
Kisaran hargaRp499.000

5. Gingerinfant Strawberry Wooden Phone

Sumber: Shopee.co.id

Melatih kemampuan berbahasa dengan main telepon-teleponan

Apakah anak Anda pernah menirukan Anda bicara di telepon? Jika iya, maka mainan telepon kayu ini bakal dia sukai. Bentuknya lucu dengan motif stroberi. Terdapat tombol angka untuk sekalian belajar berhitung.

Mainan ini bakal mengasah kemampuan bicara anak. Anda juga bisa pura-pura teleponan dengan si kecil. Hasilnya, hubungan Anda dengan kesayangan pun jadi lebih dekat.

ManfaatMengembangkan imajinasi melalui permainan peran sekaligus melatih kemampuan berbicara
Kisaran hargaRp199.000

6. Learning Resources New Sprouts Stir Fry Set

Mainan kesukaan untuk koki cilik di rumah

Beberapa anak mungkin penasaran melihat ibunya memasak di dapur. Bila anak Anda salah satunya, Anda bisa belikan mainan masak-masakan ini. Peralatan masak yang disediakan cukup lengkap, mulai dari spatula, wajan, capit, dan kotak bekal.

Motorik halus anak akan dilatih saat mengaduk masakan di dalam wajan. Koordinasi mata dan tangan yang lebih tinggi pun dibutuhkan saat memindahkan masakan dari wajan ke kotak bekal. Meski sederhana, mainan dari Learning Resources ini banyak manfaatnya, lho!

ManfaatMelatih motorik, mengenali jenis-jenis sayuran, dan menumbuhkan minat memasak ketika besar melalui permainan peran sebagai koki cilik
Kisaran hargaRp399.000

7. Learning Resources Gears! Gears! Gears! Super Building Set

Mainan bongkar pasang yang mengembangkan kemampuan problem solving

Produk ini mungkin mengingatkan Anda pada lego karena sama-sama jenis mainan bongkar pasang. Bedanya, yang satu ini memiliki bentuk gir yang dapat berputar. Cara mainnya mirip, anak bebas membangun model yang mereka inginkan. Tetapi, mereka juga didorong untuk membuat struktur yang memungkinkan semua gir berputar.

Mainan ini merangsang kreativitas dan daya berpikir kritis untuk memecahkan masalah. Prinsipnya mungkin agak sukar dipahami untuk beberapa anak, terutama yang masih terlalu belia. Karena itu, produk ini lebih pas untuk anak balita yang minimal berusia tiga tahunan dan senang memutar otak.

ManfaatMengembangan kreatifitas dan berlatih memecahkan masalah serta mengembangkan daya berpikir kritis
Kisaran hargaRp829.000

8. Learning Resources New Sprouts Grow it!

Melatih si kecil merawat tanaman

Jika Anda orang yang suka berkebun di rumah, Anda tentu ingin membagi hobi Anda dengan buah hati. Tetapi, kalau mereka belum mengerti, bisa-bisa tanaman di kebun malah rusak semua. Karena itu, mari biasakan mereka merawat tanaman dengan set tanaman satu ini.

Set terdiri dari beberapa jenis bunga dan sayur. Anda bisa ajarkan dasar-dasar berkebun dan nama-nama tanaman. Biasakan si kecil untuk menyiram tanaman setiap hari. Kalau mereka sudah mulai paham, pelan-pelan Anda bisa ajak mereka berkebun sungguhan!

ManfaatBerlajar berkebun dan merawat tanaman dengan baik
Kisaran hargaRp399.000

9. Playskool Mr. Potato Head Classic

Mengacak-acak wajah si Kepala Kentang dari Toy Story!

Kalau Anda dan buah hati pernah menonton film Toy Story, tentu tidak asing dengan karakter Mr. Potato Head. Seperti di film, bagian wajah Mr. Potato Head versi mainan ini juga bisa dicopot dan dipindah-pindah.

Kreativitas anak akan terasah dengan kombinasi desainnya yang banyak berkat tersedianya sembilan buah aksesori. Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk mereplikasi kombinasi yang muncul di film.

ManfaatMengembangkan kreatifitas dengan mendesain ulang karakter favorit anak-anak
Kisaran hargaRp419.000

10. Melissa & Doug Alphabet Nesting and Stacking Blocks

Belajar alfabet dengan balok susun

Ini adalah balok susun alfabet yang menyenangkan. Bisa disusun sampai sampai nyaris 90 sentimeter. Anak-anak bakal menyukainya karena setelah disusun, balok bisa dirobohkan tanpa khawatir rusak atau menyakiti si kecil.

Meski terbuat dari material kardus, kualitasnya terjamin, sehingga selain ringan juga tetap kokoh. Pada setiap balok huruf, terdapat gambar hewan yang namanya diawali huruf tersebut. Pembelajaran alfabet pun jadi lebih menyenangkan!

ManfaatBelajar alfabet, berkenalan dengan warna dan nama-nama hewan sambil memecahkan masalah
Kisaran hargaRp170.000

Tabel Perbandingan Mainan Edukasi Anak 2 – 3 Tahun

ProdukGrow’n Up Fisher Price Jump ‘n Dunk BasketballMelissa & Doug Take-Along Tool Kit Wooden ToyMelissa & Doug Horse Carrier Wooden Vehicles Play SetLeapFrog Tumbling Blocks Fire TruckGingerinfant Strawberry Wooden PhoneLearning Resources New Sprouts Stir Fry SetLearning Resources Gears! Gears! Gears! Super Building SetLearning Resources New Sprouts Grow it!Playskool Mr. Potato Head ClassicMelissa & Doug Alphabet Nesting and Stacking Blocks
ManfaatMelatih motorik kasar dan halus untuk anak yang aktifMelatih motorik halus dan kemampuan memecahkan masalahMenjadi media yang menyediakan skenario permainan pura-pura yang luas untuk anak mengembangkan imajinasinyaBerkenalan dengan nama-nama hewan dan mengembangkan imajinasi dengan bermain peran sebagai pemadam kebakaranMengembangkan imajinasi melalui permainan peran sekaligus melatih kemampuan berbicaraMelatih motorik, mengenali jenis-jenis sayuran, dan menumbuhkan minat memasak ketika besar melalui permainan peran sebagai koki cilikMengembangan kreatifitas dan berlatih memecahkan masalah serta mengembangkan daya berpikir kritisBerlajar berkebun dan merawat tanaman dengan baikMengembangkan kreatifitas dengan mendesain ulang karakter favorit anak-anakBelajar alfabet, berkenalan dengan warna dan nama-nama hewan sambil memecahkan masalah
Kisaran hargaRp1.179.000Rp249.000Rp329.000Rp499.000Rp199.000Rp399.000Rp829.000Rp399.000Rp419.000Rp170.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Adakah dari produk di atas yang kira-kira bakal anak Anda sukai? Walau hanya mainan, selalu perhatikan kebergunaan dan keamanannya untuk si kecil. Jangan sampai mainan yang ia senangi malah berbahaya bagi tumbuh kembangnya. Jika Anda masih bingung, kami sarankan pilih jenis mainan populer yang disukai semua anak.

Boneka atau mobil-mobilan adalah mainan yang dapat dipilih sebagai permulaan. Apa pun pilihan Anda, pada awal penggunaan, ajari dulu cara memainkannya ke si kecil. Supaya mereka tidak bingung. Mudah-mudahan Anda menemukan mainan edukasi terbaik untuk tumbuh kembangnya, ya!

Referensi

Reasons why role playing is important for your child
https://www.pbcexpo.com.au/blog/reasons-why-role-playing-is-important-for-your-child diakses pada 11 Februari 2021

You Can Do It: Teaching Toddlers Problem-Solving Skills
https://va.gapitc.org/you-can-do-it-teaching-toddlers-problem-solving-skills/ diakses pada 11 Februari 2021

Stages of Play from 24–36 Months: The World of Imagination
https://www.zerotothree.org/resources/315-stages-of-play-from-24-36-months-the-world-of-imagination diakses pada 11 Februari 2021

Best Toddler Toys to Improve Fine Motor Skills
https://www.babylist.com/hello-baby/best-toddler-fine-motor-skills-toys diakses pada 11 Februari 2021

Safe, Non-Toxic Toy Guide
https://gimmethegoodstuff.org/safe-toy-guide/ diakses pada 11 Februari 2021

Toy Safety
https://www.seattlechildrens.org/health-safety/keeping-kids-healthy/prevention/toy-safety/ diakses pada 11 Februari 2021

(Visited 66 times, 1 visits today)