Written by 02:18 Olahraga

10 Sepeda Lipat Terbaik untuk Anak dan Dewasa

Dahon Sepeda Lipat Vybe D7

Sepeda lipat mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan sepeda biasa. Selain alasan demikian, lipatan sepeda berdimensi kecil yang membuat sepeda lipat juga dapat dibawa ke kantor atau ke apartemen di mana umumnya sepeda biasa jenis lain tidak bisa. Desain sepeda lipat yang ringkas, kompak, serta unik membuatnya ideal dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Pada umumnya, sepeda lipat mempunyai diameter ban berukuran standar 16 – 20 inci, sementara ukuran besar dikelompokkan mulai angka 20 ke atas, biasanya 21 – 24 inci. Jika Anda ingin membeli sepeda lipat, pastikan Anda tidak memakainya di medan-medan berat (offroad) atau untuk freestyle. Bagian depan yang tidak disertai shock akan membuat sepeda mudah rusak ketika dipakai pada jalan yang berpermukaan tidak rata.

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik

Walaupun durability-nya tidak sebaik sepeda jenis lain, sebab alasan dapat dilipat, sepeda lipat cocok untuk Anda yang ingin menumpaki sepeda ketika bepergian, semisal berlibur ke puncak atau rumah kerabat. Supaya tidak salah pilih, kami telah menyiapkan sepuluh merek sepeda lipat terbaik di bawah ini. Mulai dari United, Polygon, hingga brand Xiaomi akan ditampilkan dalam daftar berikut. Temukanlah produk yang paling sesuai dan nyaman untuk Anda!

1. United Aigle Folding Sepeda Lipat 20 Inci

United Aigle Folding Sepeda Lipat 20 Inci

Kisaran harga: Rp2.560.000

Berdurabilitas tinggi dan menjamin keamanan pengguna, apakah tertarik membelinya?

Sepeda lipat ini cocok dipakai oleh kalangan remaja usia belasan tahun ke atas. Memiliki ukuran ban 20 inci, sepeda ini mampu melaju cukup cepat tanpa harus menggowes sadel sering-sering. Tampilannya yang berwarna hitam doff memberikan kesan mewah dan elegan. Memiliki frame yang terbuat dari alloy, membuat sepeda lipat ini tahan karat dan berbobot ringan.

Melihat spesifikasi tersebut, produk ini tentulah menjamin kenyamanan setiap pemakainya. United juga mempersenjatai sepeda lipat ini dengan 7 speed level dengan shifter Shimano SIS Index agar mampu fleksibel dalam menghadapi berbagai kondisi jalan. Soal keamanan, sepeda lipat merek United ini memiliki rem cakram mekanik yang pakem.

2. Element Ecosmo Sepeda Lipat 20 Inci

Element Ecosmo Sepeda Lipat 20 Inci

Kisaran harga: Rp2.500.000

Mengandalkan spare part berteknologi dari Jepang untuk menunjang ketangguhan

Element Ecosmo mempunyai ukuran ban 20 inci, sehingga lebih pas dipakai oleh kalangan remaja dan dewasa. Sepeda lipat ini telah mengantongi label SNi, membuatnya dipastikan aman, baik dari segi material hingga performa yang diberikan. Dengan sistem pengereman sederhana, Anda pun bisa mengerem dengan sigap dan tentunya lebih hemat akan biaya perawatan.

Sepeda lipat ini dikombinasikan dengan rear derailleur Shimano Tourney TZ untuk membuat rantai tetap stabil ketika sepeda berguncang saat melewati medan tidak rata. Bagian rangka, setang, dan pedal dari sepeda ini dapat dilipat dengan mudah. Karena dimensi lipat sepeda yang kecil, Anda bisa menyimpannya ke bagasi mobil untuk dibawa bepergian.

3. Pacific 2990 HT-V Sepeda Lipat 16 Inci

Pacific 2990 HT V Sepeda Lipat 16 Inci

Kisaran harga: Rp1.400.000

Hadiahkan anak sesuatu yang membuatnya senang dan sehat!

Anda berencana membelikan sepeda untuk anak yang masih sekolah? Belikanlah sepeda lipat dari Pacific ini. Dengan ukuran ban 16 inci, tentu saja produk ini akan nyaman dipakai oleh anak yang masih duduk di bangku sekolah. Pacific 2990 HT-V dapat menjadi pilihan terjangkau untuk Anda yang mencari sepeda lipat dengan harga murah.

Sepeda lipat ini mengandalkan frame berbahan besi yang kukuh dan tahan terhadap banyak benturan. Selain menyajikan durabilitas yang tangguh, produk ini juga difasilitasi 7 level kecepatan yang dapat diatur berdasarkan keinginan anak Anda ketika memakainya. Tentu saja, sepeda ini juga sudah bersertifikasi SNI sehingga terjamin keamanannya.

4. Polygon Urbano I3 Sepeda Lipat 20 Inci

Polygon Urbano I3 Sepeda Lipat 20 Inci

Kisaran harga: Rp4.600.000

Mengandalkan frame aloi yang ringan dan kuat

Bersepeda ketika bepergian kemana pun tetap bisa Anda lakukan jika membeli Polygon Urbano I3. Hanya dengan melipat ketiga titik komponen, yaitu panel rangka, panel pengunci setang, dan bagian pedal, Anda sudah bisa menyimpan sepeda ini di bangku belakang atau bagasi mobil. Ketika di rumah pun, sepeda ini tidak memerlukan ruang penyimpanan besar karena dimensi lipatannya yang kecil.

Polygon menyediakan ban berukuran 20 inci untuk membuat aktivitas bersepeda yang effortless. Belum usai, produk ini juga dipastikan ber-SNi sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas dan keamanannya. Dengan V-Brake Tektro yang kuat pada rem belakang dan depan, Anda bisa menghentikan sepeda tanpa harus menekan rem kuat-kuat.

5. United Folding Stylo Sepeda Lipat 20 Inci

United Folding Stylo Sepeda Lipat 20 Inci

Kisaran harga: Rp1.590.000

Disertai lampu rem bagian belakang yang dapat dinyalakan dengan tombol power. Keren sekali!

Anggaran yang Anda miliki tidak cukup besar untuk membeli sepeda lipat berkerangka alloy? Tidak masalah untuk memilih frame sepeda berbahan steel, karena tetap kuat meski bobotnya lebih berat. United Folding Stylo dijadikan pertimbangan untuk Anda yang mencari sepeda lipat murah namun berkualitas baik.

Sepeda dengan 5 speed level ini diperuntukkan bagi anak remaja dan orang dewasa yang ingin aktif berolahraga. Pada bagian depannya terdapat bagasi untuk menaruh beberapa barang bawaan, semisal botol minum dan barang belanjaan. Sementara di sisi belakang terdapat sadel besi yang dapat dimanfaatkan untuk membonceng adik atau teman Anda.

6. United Trifold 3S Sepeda Lipat 16 Inci

United Trifold 3S Sepeda Lipat 16 Inci

Kisaran harga: Rp5.560.000

Bentuk pegangan yang ergonomis digenggam, memberikan kenyamanan untuk bersepeda jarak jauh!

Gir sepeda lipat ini menggunakan United Components yang terkenal akan ketahanannya dalam jangka lama. Sedangkan pengoper gigi pada United Trifold 3S mengandalkan Revoshifter yang mudah dipindahkan tanpa kendala. Jaminan mutu adalah tawaran utama dari United melalui quality control ketat saat proses produksi sepeda ini.

Sepeda lipat dengan ban berukuran 16 inci ini memiliki sambungan las yang rapi. Dengan rangka dan pedal alloy yang ringan, sepeda ini bukan hanya tahan karat, tetapi juga berdesain stylish. Sepeda ini akan disukai oleh anak-anak yang baru pertama kali belajar sepeda. Hanya terdapat 3 pilihan kecepatan, menjadikan sepeda mampu menghadapi medan tanjakan maupun permukaan jalan tidak rata berkat fleksibilitasnya yang baik.

7. United Genio Click Sepeda Lipat Anak 16 Inci

United Genio Click Sepeda Lipat Anak 16 Inci

Kisaran harga: Rp950.000

Dengan desain stripping unik yang pastinya disukai anak-anak

Produk dari United ini cukup mudah ditemui. Dengan harga yang murah, sepeda lipat ini tidak akan membuat kantong Anda bolong. Tetapi perlu diingat, United Genio Click ini dirakit untuk kebutuhan anak-anak usia sekolah. Oleh karena anak-anak suka melajukan kecepatan tanpa memperhatikan permukaan jalanan, rangka besi dari produk ini memastikan sepeda tetap kuat dan tahan banting.

Sistem pengereman sederhana juga memungkinkan anak Anda lebih cekatan tiap kali menekan rem. Produk ini sudah masuk memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Dengan kata lain, Anda bisa lebih tenang ketika melepas anak bermain lama dengan sepeda ini. Hanya saja, sepeda ini mungkin bisa membuat anak-anak cepat lelah karena hanya memiliki single speed.

8. Xiaomi QiCycle Sepeda Elektrik Lipat

Xiaomi QiCycle Sepeda Elektrik Lipat

Kisaran harga: Rp13.800.000

Mampu menempuh jarak 45 km hanya dengan sekali charging

Xiaomi menghadirkan sepeda lipat yang dapat dijalankan menggunakan tenaga listrik. Untuk pengoperasiannya, terdapat baterai Lithium Panasonic 18650 berkapasitas 5800mAh yang bertahan untuk menempuk jarak hingga 45km. Walau demikian, sepeda ini tetap bisa digowes dengan nyaman semisal Anda ingin melatih otot-otot kaki. Kerangka utama terbuat dari aluminium membuat sepeda ini hanya memiliki bobot 14,5 kg.

Selain ringan dan mengandalkan baterai berteknologi Battery Management System (BMS), sepeda lipat ini juga mengadopsi Shimano Nexus 3-Speed Hub yang dapat dipakai ketika sepeda kehabisan batrai. Menariknya lagi, Xiaomi juga memasangkan teknologi IDbike Torque Measurement Method  yang berguna untuk memantau kebugaran, seperti jumlah kalori, jarak tempuh, kecepatan, serta fungsi lain.

9. Dahon Sepeda Lipat Vybe D7

Dahon Sepeda Lipat Vybe D7

Kisaran harga: Rp7.250.000

Cocok untuk Anda yang memiliki tinggi badan di atas 180 cm!

Jika bujet Anda terbatas di angka sepuluh juta, kami rekomendasikan sepeda lipat terbaik dari Dahon ini. Dahon Vybe D7 hanya memiliki dimensi 67 x 34 x 72 cm ketika dilipat, sangat ringkas untuk disimpan di ruang sempit sekalipun! Bobot yang hanya 12,3 kg takkan menyulitkan Anda setiap kali membopong sepeda untuk disimpan atau dipakai di jalanan.

Kombinasi frame berbahan VYBE Dalloy Aluminium dan Lattice Forged Hinge with ViseGrip Technology memastikan produk ini kukuh, solid, dan tahan karat. Sewaktu dipakai, fork berbahan hi-ten steel-nya akan memberikan keseimbangan ketika Anda melakukan manuver. Untuk performa dan kenyamanan optimal, pengguna yang dianjurkan memakai sepeda lipat ini memiliki berat badan maksimal 105 kg dengan rentang tinggi 145 – 190 cm.

10. Evergreen Sepeda Lipat 20 Inci

Evergreen Sepeda Lipat 20 Inci

Kisaran harga: Rp1.250.000

Opsi terbaik untuk Anda yang ingin membeli sepeda tanpa terhambat oleh harga!

Jika mampir ke toko sepeda baru ataupun bekas, tentu Anda bakal sering menemui sepeda lipat merek Evergreen. Produk ini merupakan salah satu sepeda primadona yang awet dan banyak dipilih orang karena harga pasarannya yang begitu terjangkau di kantong banyak orang Indonesia.

Meskipun harga jualnya bersahabat, folding bike Evergreen ini sudah difasilitasi 6 speed gear yang mudah dipindahkan hanya dengan satu ibu jari kanan. Sistem pengereman V-Brake yang pakem dan empuk akan meningkatkan kenyamanan Anda selama bersepeda. Sepeda dengan frame berbahan heiten steel dapat dilipat hanya dengan melipat dua titiknya, yaitu bagian tengah batangan dan tiang setangnya saja. Sangat mudah dilipat ataupun dipasang!

Kesimpulan

Di balik segala manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh aktivitas gowes (bersepeda), memakai sepeda lipat juga akan membuat penampilan semakin trendi. Apalagi jika produk yang Anda gunakan dikeluarkan oleh brand besar, maka aktivitas bersepeda yang Anda lakukan juga akan menunjang gaya Anda selama menumpakinya.

Oleh karena sepeda lipat mempunyai variasi harga yang berbeda-beda, pastikan Anda pilih dengan memperhatikan kerapian detail, kemudahan melipat, kelengkapan tambahan, dan tingkat presisinya. Selain itu, kebersihan sepeda juga harus dijaga dengan baik agar sepeda lipat Anda dapat awet untuk waktu yang sangat lama.

(Visited 43 times, 1 visits today)