Perawatan Hewan

10 Kandang Kucing Terbaik, Bagus dan Bikin Nyaman

Meski biasanya bermain bebas, ada kalanya kucing peliharaan perlu dimasukkan ke kandang. Misalnya, saat masa pemulihan pasca steril agar lukanya tidak terbuka akibat keasyikan bermain. Sebab itulah, Anda perlu menyediakan kandang kucing terbaik, yakni kandang kucing yang kokoh sekaligus nyaman buat si anabul.

Dengan banyaknya produsen kandang kucing lokal, Anda takkan kehabisan pilihan. Beberapa di antaranya adalah Octagonpet, Krypton, dan banyak lagi. Agar tidak bingung, di artikel ini kami jelaskan caranya memilih. Lebih dari itu, kami juga memilihkan sepuluh kandang kucing terbaik untuk Anda. Simak, yuk!

Cara Memilih Kandang Kucing

Memilih kandang kucing bukan hal yang terlalu rumit jika Anda tahu aspek apa saja yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah ukuran, kualitas material dan kekokohoan konstruksi, jumlah pintu, dan fleksibilitasnya.

Cek Dulu Ketersediaan Ruang di Rumah

Sebelum membeli, ukurlah terlebih dulu ruang kosong yang mau Anda letakkan kandang di rumah. Belilah kandang yang dimensinya pas atau lebih kecil dari ruang kosong tersebut. Tiap produsen kandang kucing selalu memberi rincian dimensi produknya sehingga penyesuaiannya takkan sulit.

Perlu diketahui bahwa jika di dalam rumah Anda tidak ada ruang kosong yang memadai, Anda juga dapat meletakkan kandang kucing di luar rumah. Yang penting, pastikan titik tersebut bertemperatur nyaman, aman dari jangkauan predator, bersih, terlindung dari hujan, dan tidak lembap.

Pilih Kandang yang Lapang agar Kucing Merasa Nyaman

blank

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam memilih kandang kucing adalah kenyamanan kucing itu sendiri. Pilihlah kandang berukuran dua kali lebih besar dari ukuran tubuh kucing Anda. Ruang ini dibutuhkan kucing untuk berdiri, tiduran, dan memutar tubuhnya dengan leluasa.

Selain itu, ruang lebih juga diperlukan untuk menaruh tempat makan, minum, ataupun wadah buang air. Namun, perlu diingat juga bahwa kucing lebih senang bersembunyi di tempat sempit. Jadi, jangan belikan kandang yang kelewat besar.

Lantas bagaimana jika Anda punya lebih dari satu kucing? Bila demikian, pilihlah kandang besar bertingkat agar tiap kucing memiliki area masing-masing. Tapi, sebelum mengandangi mereka bersama, pastikan kucing-kucing Anda sudah saling akrab.

Periksa Kualitas Material dan Kekokohan Konstruksi

blank

Selain nyaman, kandang kucing juga harus kokoh dan awet. Itu sebabnya Anda perlu memeriksa kualitas materialnya. Kebanyakan kandang yang beredar di pasaran terbuat dari besi atau aluminium.

Periksalah bagaimana kualitas besi/aluminium tersebut. Pilih yang antikarat dan jerujinya tebal. Pastikan pula jarak antar jeruji tidak terlalu lebar agar kucing tidak dapat menyelip keluar, khususnya anak kucing.

Selain itu, periksa juga kekokohan konstruksinya. Kandang yang konstruksinya lemah akan terasa bergoyang saat ditekan. Bila Anda memilih kandang yang bisa dilipat, pastikan seluruh sisinya terasa mantap saat didirikan.

Lebih Baik Pilih yang Setidaknya Dilengkapi Dua Pintu

blank

Meski terdengar sepele, jumlah pintu kandang sebaiknya Anda pertimbangkan juga. Pasalnya, ada sebagian kucing yang merasa lebih nyaman berada di tempat yang punya dua jalur keluar.

Alhasil ketika, misalnya, ada kucing/hewan lain yang masuk dari satu pintu, mereka bisa kabur dari pintu yang lain. Jika kucing Anda tipe penakut, ada kemungkinan dia memiliki preferensi ini.

Alasan lainnya untuk memilih kandang dengan lebih dari satu pintu ialah kemudahan bagi Anda untuk meraih kucing itu sendiri. Bila hanya ada satu pintu, Anda mungkin bakal kesusahan mengeluarkannya saat dia sedang tak mau keluar. Dengan pintu sebelah atas, Anda pun dapat meraih si anabul dengan lebih leluasa.

Supaya Fleksibel, Pilih yang Beroda dan Bisa Dilipat

blank

Kandang yang besar otomatis memiliki bobot yang berat. Memindahkan posisinya pun jadi pekerjaan yang merepotkan. Inilah mengapa Anda perlu memastikan kandang kucing Anda—terutama yang berukuran besar—dilengkapi dengan roda.

Dengan roda, proses pemindahan kandang dari satu tempat ke tempat lain jadi jauh lebih mudah. Setelah menemukan tempat yang cocok, roda ini perlu dikunci agar tidak bergeser. Sebab itu, pastikan juga kunci rodanya pakem.

Di sisi lain, bila ruangan rumah di mana kandang diletakkan sering dipakai keperluan lain sehingga kandang harus disingkirkan, Anda dapat memilih kandang yang bisa dilipat.

Saat tak dipakai, Anda dapat melipat kandang menjadi pipih untuk memudahkan penyimpanan. Kandang ini juga cocok buat Anda yang hanya sewaktu-waktu saja memerlukannya.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

blank

Jika tidak dibersihkan secara rutin, kandang dapat menjadi sarang bakteri dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan si anak bulu kesayangan. Masalahnya, terkadang desain kandang tidak memudahkan kita untuk membersihkannya, terutama untuk menjangkau bagian dalam.

Agar mudah membersihkan interior kandang, pilihlah kandang yang bisa dibongkar. Dengan begini, bagian dalam yang susah dijangkau dapat dibersihkan dengan mudah. Sementara untuk kandang yang bertingkat, pastikan juga ambalan dan tangganya dapat dilepas untuk makin memudahkan pembersihan.

10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik

Setelah memahami cara memilih kandang kucing, sekarang kita tiba di bagian yang paling asyik: belanja. Di bawah ini telah kami rangkum sepuluh kandang kucing terbaik yang dapat Anda temukan di pasaran.

1. Pets Kampong Kandang Kucing Besar 75 x 47 x 55 cm

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Tokopedia

Menyediakan ruang lapang untuk kucing kesayangan

Ini adalah kandang yang cocok buat Anda yang hanya memelihara satu ekor kucing. Dimensinya kecil, tak makan tempat bahkan untuk Anda yang tinggal di kos atau apartemen.

Biar begitu, bagian dalamnya juga lapang buat si anabul, termasuk kebutuhannya seperti kasur kucing, wadah makan/minum, dan tempat buang air.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lapang buat satu ekor kucing dewasa atau dua sampai tiga ekor anak kucing.
  • Besi tebal berkualitas tinggi dan kokoh.
  • Paket penjualan sudah termasuk tatakan bawah kandang untuk menampung kotoran.
  • Penguncian autolock.
  • Perakitan mudah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dimensi 75 x 47 x 55 cm
Roda
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp390.000

2. Octagonpet Cat Cage C-221

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Tokopedia

Lapang buat beberapa kucing, ciamik pula dipandang mata

Buat Anda yang memelihara dua atau tiga kucing, inilah kandang yang cocok buat Anda bawa pulang. Ukuran besar dengan dua tingkat, tersedia cukup ruang personal untuk masing-masing kucing.

Meski diletakkan di dalam rumah, estetika takkan rusak karena desainnya yang ciamik. Dengan rangka besi berwarna, jeruji warna putih, dan sudut melengkung, kandang ini terlihat lebih eyecatching dibanding kandang biasa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Besi berkualitas tinggi.
  • Konstruksi kokoh.
  • Tersedia beberapa pilihan warna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Untuk ukurannya, harganya mungkin sedikit mahal.
Dimensi 79 x 52 x 82 cm
Roda
Bisa dilipat ×
Kisaran harga Rp1.000.000

3. Octagonpet Kandang Kucing Susun C-239

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Tokopedia

Cocok buat rumah yang kekurangan ruang kosong

Apakah ruang di rumah Anda sempit, tapi Anda butuh kandang ukuran besar untuk menampung beberapa kucing Anda? Bila demikian, inilah kandang yang cocok buat Anda.

Dimensi kandang ini ramping tapi tinggi, dapat menyelip dengan mudah di antara perabotan sambil menyediakan ruang lapang untuk tiga kucing, bakal bisa lebih untuk anak kucing.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Terdapat pilihan warna.
  • Kokoh.
  • Gampang dirakit.
  • Paket penjualan sudah termasuk tatakan bawah dan ayunan (hammock).

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Dimensi 61 x 43 x 101 cm
Roda
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp405.000

4. Krypton Kandang Kucing Tingkat 3 Size L 90x60x45 + Roda

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Tokopedia

Kandang tiga tingkat yang tak bikin kantong kering

Krypton adalah produsen kandang kucing yang secara konsisten memproduksi kandang berkualitas dengan harga terjangkau. Dibanding kandang tiga tingkat produsen lain, kandang satu ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Tak hanya sampai situ, harga tersebut juga sudah termasuk hammock yang bernilai 45 ribu!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah dirakit.
  • Ada pilihan warna.
  • Harga sangat kompetitif.
  • Langsung dapat bonus hammock.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan kandang paling kokoh.
Dimensi 90 x 60 x 45 cm
Roda
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp318.000

5. Krypton Kandang Besi Lipat Tebal 75 x 45 x 55 cm

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Tokopedia

Kandang hemat tempat buat Anda yang tinggal di apartemen

Anda yang tinggal di apartemen tentulah tidak memelihara terlalu banyak kucing. Lantas, buat apa membeli kandang besar-besar? Kandang Krypton satu ini tidak makan tempat.

Kandang ini tidak menggangu meski diletakkan di ruang keluarga, atau bahkan kamar tidur. Jangan khawatir, meski minimalis, kandang ini juga nyaman untuk dihuni oleh seekor kucing dewasa atau beberapa ekor anak kucing.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Material bagus.
  • Kokoh.
  • Ada pilihan warna.
  • Tiap pembelian dapat bonus tatakan bawah kandang dan sandal jepit.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas konstruksi bukan yang terbaik.
Dimensi 75 x 45 x 55 cm
Roda ×
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp284.000

6. Kandang Kucing Tingkat 4 EXTRA JUMBO 130 x 90 x 55 cm + RODA

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Tokopedia

Kandang jumbo buat semua kucing di rumah

Jika produk sebelumnya untuk Anda yang punya keterbatasan tempat, kandang Krypton yang satu ini cocok buat Anda yang tempatnya lega.

Berukuran jumbo empat tingkat, kandang ini mampu memuat tiga sampai empat kucing dewasa sambil masih menyisakan banyak ruang gerak. Seperti kandang Krypton yang lain, pembelian kandang ini juga sudah dapat bonus hammock.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna.
  • Buat ukurannya, harganya relatif terjangkau.
  • Meski besar, tetap mudah dirakit.
  • Besi tebal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kualitas pengelasan bukan yang terbaik.
Dimensi 130 x 90 x 55 cm
Roda
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp685.000

7. Panda Kandang Kucing Size L (60 x 42 x 50 cm)

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Jarak antar jeruji rapat, cocok buat kitten

Ini adalah satu lagi kandang minimalis buat Anda yang tidak punya banyak ruang kosong di rumah. Lebar jerujinya yang hanya 1 cm membuat kandang ini bagus untuk kitten.

Batang jerujinya itu sendiri tebal sehingga kokoh dan tidak mudah bengkok. Kualitas besi yang dipakai pun baik. Tidak ada sisi tajam yang dapat melukai anak-anak maupun kucing itu sendiri.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Paket penjualan sudah termasuk tatakan bawah, dua tempat makan, dan dua tangkringan burung (kandang ini juga cocok jadi kandang burung).
  • Terdapat banyak pilihan warna.
  • Kapasitas besar dapat memuat sampai empat kitten.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa kucing mungkin bisa membuka pengait pintunya.
Dimensi 60 x 42 x 50 cm
Roda ×
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp169.000

8. Tukang1m Kandang Kucing Aluminium 2 Tingkat

Cek Harga di Tokopedia

Kandang aluminium super kokoh

Jika ketersediaan tempat dan budget bukan masalah buat Anda, maka belikanlah kucing Anda kandang aluminium. Kandang ini memiliki konstruksi super kokoh.

Bagaimana tidak, lantainya saja dari keramik, dijamin awet untuk penggunaan panjang. Menariknya lagi, desain kandang ini sangat mewah. Sama sekali tak merusak pemandangan walaupun ditaruh di dalam rumah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Lebih kokoh dari kandang besi.
  • Meski sekilas terkesan mahal, harganya sangat setimpal dengan kualitas.
  • Kandang langsung jadi. Tidak usah ribet merakit sendiri.
  • Ada pilihan warna dan motif lantai keramik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan untuk beberapa cat owner.
Dimensi 90 x 60 x 127 cm
Roda
Bisa dilipat ×
Kisaran harga Rp1.590.000

9. Sweet Kandang Beroda 3 Tingkat Besi Tebal Lipat Size XL 110 x 77 x 48 cm

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Tokopedia

Kandang ukuran jumbo yang bisa dilipat

Kami punya satu lagi rekomendasi kandang besi ukuran jumbo. Kandang buatan Sweet ini bertingkat tiga. Diameter/ketebalan besinya 4 sampai 5 milimeter, kokoh untuk menahan bobot tubuh kucing dewasa.

Asyiknya lagi, meski berukuran jumbo, kandang ini tetap bisa dilipat. Alhasil, ketika sedang tak butuh, Anda dapat menyimpannya tanpa makan tempat.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mudah dirakit.
  • Sangat lega.
  • Terdapat empat pintu untuk memudahkan akses.
  • Sudah termasuk tatakan bawah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Konstruksi bisa lebih kokoh.
Dimensi 110 x 77 x 48 cm
Roda
Bisa dilipat
Kisaran harga Rp545.000

10. HK Spesialist Kandang Kucing Aluminium 1 Pintu 2 Lantai

Cek Harga di Tokopedia

Keeleganan yang menyatu dengan furnitur lainnya

Daftar rekomendasi kali ini kami tutup dengan kandang aluminium lagi. Yang satu ini terdiri dari dua lantai dengan alas dari keramik. Dengan kata lain, konstruksinya ekstra kokoh.

Modelnya sangat elegan, terlihat natural disandingkan dengan furnitur rumah yang lain. Dengan pintu yang terbuat dari kaca, aktivitas kucing di dalam kandang juga leluasa Anda awasi.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pekerjaan konstruksi sangat rapi.
  • Jeruji tebal.
  • Kualitasnya sangat setimpal dengan harga yang dibanderol.
  • Dapat bonus kotak pasir.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jarak antar jeruji agak lebar, mungkin kurang cocok untuk kitten.
Dimensi 90 x 60 x 60 cm
Roda
Bisa dilipat ×
Kisaran harga Rp965.000

Tabel Perbandingan Kandang Kucing

Produk Pets Kampong Kandang Kucing Besar 75 x 47 x   55 cm Octagonpet Cat Cage C-221 Octagonpet Kandang Kucing Susun C-239 Krypton Kandang Kucing Tingkat 3 Size L 90 x   60 x 45 + RODA Krypton Kandang Besi Lipat Tebal 75 x 45 x 55   cm Kandang Kucing Tingkat 4 EXTRA JUMBO 130 x 90   x 55 cm + RODA Panda Kandang Kucing Size L (60 x 42 x 50 cm) Tukang1m Kandang Kucing Aluminium 2 Tingkat Sweet Kandang Beroda 3 Tingkat Besi Tebal   Lipat Size XL 110 x 77 x 48 cm HK Spesialist Kandang Kucing Aluminium 1   Pintu 2 Lantai
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Dimensi 75 x 47 x 55 cm 79 x 52 x 82 cm 61 x 43 x 101 cm 90 x 60 x 45 cm 75 x 45 x 55 cm 130 x 90 x 55 cm 60 x 42 x 50 cm 90 x 60 x 127 cm 110 x 77 x 48 cm 90 x 60 x 60 cm
Roda × ×
Bisa dilipat × × ×
Kisaran harga Rp390.000 Rp1.000.000 Rp405.000 Rp318.000 Rp284.000 Rp685.000 Rp169.000 Rp1.590.000 Rp545.000 Rp965.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Tokopedia Cek di Tokopedia

Kesimpulan

Adakah dari sepuluh kandang di atas yang mau Anda bawa ke rumah? Sebelum deal transaksi, pastikan bahwa kandang yang mau Anda beli sudah memenuhi sederet kriteria yang kami jelaskan di cara memilih.

Kami ingatkan lagi untuk selalu menjaga kebersihan kandang kucing baru Anda. Sebagus apapun kandangnya, kalau kotor, kucing akhirnya tak betah berlama-lama. Mudah-mudahan anabul Anda menyukai kandang barunya, ya!

Referensi

What size cat carrier do I need?
https://travelwithyourcat.com/buying-a-cat-carrier/what-size-cat-carrier-do-i-need/ diakses pada 19 Oktober 2021

How to Set Up an Outdoor Cat House for Pets, Strays, and Ferals
https://pethelpful.com/cats/Insulated-Cat-House diakses pada 19 Oktober 2021

Tips On Choosing A Cat House!
https://cattree.uk/tips-on-choosing-a-cat-house/ diakses pada 19 Oktober 2021

You may also like

Comments are closed.