Perawatan Hewan

10 Vitamin Kucing Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Hewan]

Seperti halnya manusia, kucing juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Anda bisa menemukan nutrisi tambahan untuk kucing dari vitamin. Sebelum membeli, bicarakan dulu dengan dokter hewan nutrisi apa yang kucing Anda butuhkan. Barulah Anda dapat memilih produk yang paling cocok untuk si anak bulu.

Banyak merek produk dengan karakteristiknya masing-masing, WookuWooku, Kin+kind, dan Virbac contohnya. Supaya tidak bingung, kami akan membahas poin-poin penting saat memilih produk. Setelah itu, kami juga merekomendasikan vitamin kucing terbaik versi PickyBest. Selamat membaca, cat people!

Berkolaborasi dengan Dokter Hewan, drh. Carene Naomi

drh. Carene NaomiPakar/Spesialis

drh. Carene Naomi merupakan seorang dokter hewan lulusan Universitas Udayana. Saat ini, beliau berpraktek di Estimo Pet House Shop & Clinic, Bali. drh. Naomi sering menangani kasus infeksi virus, bakteri, dan parasit pada anjing dan kucing.

Selain berpraktek di klinik, dokter yang juga memiliki hobi menggambar dan bermain basket ini membuka layanan konsultasi online di berbagai aplikasi telemedicine populer di Indonesia.

Kapan Sebaiknya Memberikan Vitamin untuk Kucing Peliharaan?

blank

Sebenarnya, kebutuhan nutrisi kucing dapat tercukupi dari makanan hariannya. Akan tetapi, kadang muncul situasi yang membuat kucing memerlukan nutrisi tambahan, misalnya:

  • Terjadi infeksi di saluran pencernaan yang menyebabkan defisiensi nutrisi tertentu: Vitamin pencernaan yang mengandung probiotik dan vitamin B12 dapat diberikan untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik agar sistem pencernaan kucing kembali pulih.
  • Alergi kulit: Vitamin yang mengandung omega-3 dapat diberikan untuk meredakan tanda klinis yang bisa ditimbulkan akibat alergi dan peradangan kulit, sekaligus memperindah rambut (bulu).
  • Penumpulan fungsi otak pada kucing berusia lanjut: Vitamin dengan kandungan antioksidan seperti vitamin E dan C dapat membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel otak.

Perlu diperhatikan bahwa pemberian vitamin pada kucing yang nutrisinya telah tercukupi justru akan berdampak buruk pada kesehatan. Karena itu, lebih baik diskusikan dulu dengan dokter hewan mengenai perlu atau tidaknya suplemen tambahan buat kucing peliharaan Anda.

Saat musim pancaroba, saat teman kucing satu rumah ada yang sakit atau kucing yang bersangkutan sedang sakit, anak kucing yang sedang bertumbuh, kucing hamil dan menyusui adalah beberapa kondisi yang menyebabkan kucing perlu mengonsumsi vitamin.

Perlu diketahui, mengonsumsi vitamin tidak selalu berarti kapsul atau sirup tambahan. Pasalnya, banyak juga vitamin yang terkandung di dalam pakan kucing (jika pakannya berkualitas). Selain itu, tetap konsultasi ke dokter hewan terlebih dulu untuk menghindari terjadinya hipervitaminosis (kelebihan asupan vitamin).

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Cara Memilih Vitamin Kucing

Memilih vitamin kucing mesti hati-hati. Kalau sembarangan, kucing Anda bisa keracunan. Maka itu, pada bagian ini kami akan bahas cara memilih vitamin kucing yang benar.

Pilih Fungsi sesuai Kebutuhan Kucing berdasarkan Nutrisi yang Terkandung

blank

Produk yang mengandung vitamin dan mineral biasanya ditujukan untuk melengkapi nutrisi yang kurang dari konsumsi makanan sehari-hari.

Berikut ini beberapa jenis nutrisi dan manfaatnya bagi kucing:

  • Vitamin B kompleks membantu mengubah makanan menjadi energi.
  • Vitamin dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 baik untuk kulit, menguatkan skin barrier, mempercepat pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan sendi, dan mempercepat penyembuhan pada kasus peradangan.
  • Vitamin dengan kandungan probiotik membantu sistem pencernaan dengan merawat usus dan lambunt, serta meredakan diare dan peradangan.

Selain vitamin-vitamin di atas, terdapat juga vitamin kucing terbaik lain yang memiliki fungsi spesifik seperti menggemukkan kucing, mencegah infeksi saluran kencing bagian bawah, dan banyak lagi.

Berdasarkan American Feed Control Official, kucing memerlukan vitamin D (untuk tulang dan gigi), vitamin K (untuk pembekuan darah), vitamin B1, B6, dan B12 (untuk metabolisme), dan masih banyak lagi.

Dalam pemberian vitamin kucing, tetap perhatikan dosisnya agar tidak terjadi hipervitaminosis. Pasalnya, beberapa kasus bisa saja terjadi, misalnya terlalu banyak vitamin C membuat urin kucing bersifat asam dan terjadi pembentukan kristal asam oksalat yang dapat menghambat saluran perkemihan kucing.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Bila Masih Bingung, Cobalah Memilih Vitamin Berdasarkan Usia Kucing

Kalau masih bingung harus menentukan vitamin kucing terbaik seperti apa, Anda bisa mengacu pada usia kucing Anda. Nutrisi yang dibutuhkan anak kucing berbeda dengan kucing dewasa. Untuk memahami lebih lanjut, simaklah bagian ini!

Untuk Anak Kucing (Kitten), Pilih yang Tinggi Vitamin E, Omega 3, dan Kalsium

blank

Anak kucing lebih aktif dari kucing dewasa, sehingga memerlukan energi lebih. Pilihlah vitamin kucing terbaik yang tinggi kalori, protein, dan lemak sebagai bahan bakar energi untuk anak kucing atau kitten Anda.

Selain itu, kitten juga memerlukan nutrisi yang mendorong perkembangan organ tubuh. Berikut contohnya:

  • Ketajaman otak dan mata: Pilihlah yang mengandung asam lemak
  • Membangun sistem imun yang kuat: Pilihlah yang mengandung vitamin E dan selenium.
  • Pertumbuhan tulang: Pilihlah yang mengandung kalsium dan fosfor.

Kitten membutuhkan makanan yang kalorinya lebih tinggi, karena mereka sedang bertumbuh. Pemilihan pakan kucing khusus kitten memang disarankan, karena kandungan nutrisinya sudah didesain untuk kebutuhan anak kucing yang sudah tumbuh. Kurangnya nutrisi pada anak kucing bisa menyebabkan pertumbuhan yang kurang optimal.

Jika dirasa perlu, pet owner bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter hewan mengenai pemilihan jenis vitamin untuk kucing peliharaannya.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Untuk Kucing Dewasa, Kandungan Vitamin E dan C akan Memelihara Fungsi Kognitifnya

blank

Sama seperti manula, kucing dewasa juga memiliki risiko terkena demensia alias pikun. Untuk mencegahnya, pilihlah vitamin kucing terbaik yang mengandung antioksidan seperti vitamin E dan C yang bekerja melindungi dan memperbaiki sel otak.

Demensia dapat terjadi pada kucing senior. Selain dengan suplementasi, pet owner juga disarankan menggunakan pakan khusus kucing senior. Hal ini dikarenakan metabolisme dalam tubuh kucing senior berbeda dengan kucing muda.

Pada kucing dewasa, dapat pula dipertimbangkan pemberian asam lemak omega-3, omega-6, dan vitamin E apabila rambutnya mengusam meskipun kucing tidak menderita sakit kulit.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Untuk Kucing Picky Eater, Pilih yang Mengeluarkan Aroma Kesukaannya

blank

Kalau kucing Anda rewel soal makanan, pancing selera makannya dengan produk yang beraroma menggoda. Kucing cenderung tertarik pada makanan yang aromanya menyengat.

Anda bisa pilih vitamin kucing terbaik berbentuk gel yang memiliki aroma ikan tuna. Selain itu, Anda juga bisa menyodorkan vitamin tablet kunyah karena bentuk dan aromanya mirip dengan snack.

Ciptakan suasana nyaman untuk kucing pemilih. Jangan memaksakan, apalagi sampai marah pada kucing saat memberi vitamin. Hal ini dapat menyebabkan suasana mencekam yang bisa membuat kucing trauma.

Asosiasikan pemberian vitamin dengan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, setelah berhasil memberi mereka vitamin, pet owner bisa mengelus-elus kucing dan memberinya pujian.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih Bentuk Vitamin yang Memudahkan Pemberian

blank

Vitamin kucing tersedia dalam berbagai bentuk, yakni:

  • Gel: Mudah diberikan, namun lengket di tangan.
  • Cair: Jumlah (mL) jelas terukur, namun pemberiannya perlu menggunakan spuit (alat suntik).
  • Padat (kapsul/tablet): Dosis jelas, namun butuh keahlian khusus dalam pemberiannya.
  • Bubuk: Tahan lama (kering), namun bisa terhirup dan mengiritasi saluran napas.

Dari keempat bentuk vitamin kucing terbaik di atas, pilihlah yang paling sesuai dengan kenyamanan serta kemudahan pemberiannya, ya.

10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, vitamin kucing mengandung nutrisi untuk kebutuhan yang beragam. Maka itu, di bagian ini, kami rekomendasikan vitamin kucing terbaik dengan kandungan dan fungsi berbeda-beda. Pilihlah produk sesuai kebutuhan kucing Anda!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan drh. Naomi.

1. WookuWooku for Cats

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Mengandung bakteri baik untuk menjaga saluran cerna si anak bulu

Kalau kucing Anda mengeluarkan kotoran bau akibat gangguan pencernaannya terganggu, cobalah suplemen probiotik satu ini. Kandungan Lactobacillus-nya teruji klinis memperbaiki dan menjaga sistem pencernaan. Efeknya, mulut kucing tidak berbau lagi, begitu pun kotorannya. Selain itu, berat badan kucing jadi bertambah dan bulunya tumbuh lebih lebat dan berkilau.

Vitamin kucing terbaik ini juga mengandung nutrisi lain yang bermanfaat buat si anak bulu, seperti asam amino untuk kesehatan mata, protein sebagai sumber energi, serta berbagai macam vitamin dan mineral lainnya. Bentuknya cair, pemberiannya pun sangat mudah. Anda tinggal teteskan langsung ke mulut kucing atau campurkan ke minumannya.

Fungsi utama Menyehatkan pencernaan, memaksimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan imunitas
Kandungan nutrisi Vitamin C, B1, B3, E, astaxanthin, kolagen, probiotik (Lactobacillus sp, Lactobacillus brevis, Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus casei, Lactobacillus acidophilus)
Usia Anak kucing usia 2 bulan ke atas, kucing dewasa
Bentuk Cair
Isi 10 mL
Kisaran harga Rp125.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. iCatLabs BigiCat

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dorong nafsu makan kucing sekaligus perkuat imunitasnya!

Jangan sampai kucing Anda kurus dan sakit-sakitan karena susah makan. Bangkitkan selera makannya dengan vitamin kucing terbaik ini. Aromanya yang khas seperti susu akan membuat kucing Anda penasaran untuk mencoba. Kandungan lysine yang memperkuat imun tubuh dan dimethylglycine-nya akan mengurangi stres dan membuat kucing lebih berstamina dan tidak cepat lelah.

Karena vitamin ini berbentuk kapsul yang agak besar, kucing Anda mungkin sedikit sulit menelannya. Jika demikian, buka kapsul dan campurkan bubuknya dengan makanan basah. Sebaiknya tidak dicapurkan pada makanan kering, sebab bubuknya tidak bisa tercampur dengan sempurna.

Fungsi utama Menambah nafsu makan, mendukung pertumbuhan, menggemukkan badan
Kandungan nutrisi Lysine, dimethylglycine
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Bentuk Kapsul
Isi 30 butir
Kisaran harga Rp123.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Dr. Bill’s Feline Digestive Support

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Bentuk bubuk yang fleksibel, bisa untuk wet food maupun dry food!

Vitamin produksi Dr. Bill’s Pet Nutrition ini akan memelihara bakteri baik di sistem pencernaan kucing Anda. Tidak hanya probiotik, namun terkandung pula prebiotik, yaitu asupan makanan yang akan menunjang pertumbuhan bakteri probiotik. Dengan begitu, bakteri baik akan hidup lebih lama di dalam usus. Kucing pun takkan mudah sakit karena lebih kebal dari infeksi di saluran pencernaan.

Vitamin kucing terbaik ini sangat praktis karena bisa dicampurkan ke makanan kering maupun basah. Menariknya lagi, Anda juga bisa mencampurkan bubuknya dengan air untuk membuat bubur encer. Jika kucing Anda sedang mengalami gangguan pencernaan sehingga tidak nafsu makan, pancinglah seleranya dengan kreasi unik ini.

Fungsi utama Menyehatkan sistem pencernaan, membantu penyerapan nutrisi
Kandungan nutrisi Bacopa, ashswagandha, milk thistle, turmeric, coenzym Q-10, zinc, vitamin A, B2, C, E
Usia Semua usia kucing
Bentuk Bubuk
Isi 60 g
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Dorwest Keeper’s Mix for Dogs & Cats

blank

Sumber: Dorwest.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kombinasi delapan bahan alami untuk menunjang kesehatan secara umum

Kalau Anda mencari vitamin kucing terbaik yang terbuat dari seratus persen bahan alami, produk dari Dorwest satu ini perlu Anda masukkan ke dalam wishlist. Terbuat dari perpaduan delapan tumbuh-tumbuhan antioksidan, produk ini mengklaim mampu meningkatkan kesehatan kucing, melebatkan dan menyehatkan bulu, serta membuatnya tidak mudah rontok.

Formulasi bahan alami pada produk ini memberikan nutrisi lengkap. Selain vitamin dan mineral, tersedia pula klorofil, serat, dan komponen bioaktif kompleks untuk mendukung organ vital si anak bulu secara keseluruhan. Bila Anda juga merawat anjing, Dorwest Keeper’s Mix for Dogs & Cats dapat diberikan untuk anjing juga, lho!

Fungsi utama Mendukung organ vital, memelihara keseimbangan alami tubuh, melebatkan dan menyehatkan bulu
Kandungan nutrisi Mineral, vitamin, A, B, C, D, K, klorofil, zat besi, kalsium, potasium, protein, fiber, sodium
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Bentuk Bubuk
Isi 250 g
Kisaran harga Rp126.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Kala Health DERMATRIX

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Rasa enak menjadikannya favorit banyak kucing segala usia

Jika Anda ingin bulu kucing Anda lebih lebat, lengkapi perawatannya dengan Kala Health DERMATRIX. Produk ini mengandung omega 3, 6, dan 9 berkonsenterasi tinggi yang akan membuat bulu kucing tumbuh lebat, sehat, dan berkilau.

Bila memiliki kucing kitten, vitamin kucing terbaik ini juga bagus untuk membantu pertumbuhan tulang karena mengandung kalsium yang cukup tinggi. Anda bisa menyajikan produk ini seperti snack karena memiliki bentuk tablet kunyah dengan rasa enak.

Fungsi utama Meningkatkan kesehatan kulit dan bulu
Kandungan nutrisi Kalsium, zinc, vitamin A, B1, B6, B12, vitamin E, omega 6, omega 3, methylsulfonylmethane
Usia Semua usia kucing
Bentuk Tablet kunyah
Isi 30 butir
Kisaran harga Rp215.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Kin+kind Pumpkin Boost

blank

Sumber: Kin-kind.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Terbuat dari bahan-bahan organik yang divalidasi USDA Organic

Saat kucing buang air besar tidak teratur, tandanya dia kekurangan serat. Jika kucing Anda mengalami masalah demikian, berikanlah pilih vitamin kucing terbaik dari Kin+kind ini. Produk ini menyiapkan kandungan serat tinggi dari labu, biji rami, dan kelapa.

Kin+kind Pumpkin Boost merupakan produk olahan rumah dari Amerika Serikat. Selain non-GMO dan bebas pengawet buatan, komposisi bahan organik produk ini telah tersertifikasi USDA Organic.

Fungsi utama Merawat fungsi pencernaan
Kandungan nutrisi Protein, vitamin B1, vitamin B6, vitamin K, vitamin, C, vitamin E, potasium, manganese, roboflavin, zat besi, folat, copper, molybdeum, magnesium, fosfor, p-coumaric acid, ferulic acid, cyanogenic glycosides, phytosterols, lignans, omega-3
Usia Semua usia kucing
Bentuk Fiber
Isi 226 g
Kisaran harga Rp345.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. Olive Care Vitamin Nafsu Makan

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Meningkatkan nafsu makan kucing agar sehat dan cepat gemuk

Tambah nafsu makan kucing Anda dengan vitamin nafsu makan satu ini. Produk ini bekerja membantu penyerapan nutrisi sehingga metabolisme lebih lancar. Alhasil, kucing Anda akan menyantap makanan dengan lahap. Asupan nutrisi yang cukup pun akan memperkuat imun dan membuatnya lebih sehat.

Bila kucing Anda masih masuk tahap kitten, pastikan umurnya tiga bulan ke atas sebelum diberi vitamin kucing terbaik ini. Satu lagi, Anda juga bisa memberikan Olive Care Vitamin Nafsu Makan pada kucing yang sedang hamil maupun menyusui.

Fungsi utama Menambah nafsu makan
Kandungan nutrisi Protein, vitamin B-complex, zat besi, potasium, fiber
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Bentuk Kapsul
Isi 40 butir
Kisaran harga Rp214.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. VITA-GEL

 

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Vitamin kucing terbaik satu ini sudah familier di kalangan pet owner tanah air. Bagaimana tidak, VITA-GEL begitu disukai kucing karena aromanya yang sangat menyengat. Cukup campurkan gelnya ke dalam makanan, kucing Anda bakal makan lebih lahap!

Manfaat produk ini pun kian melimpah. Mulai dari memperkuat sistem imun, menambah nafsu makan, sampai membantu pertumbuhan kitten. Keunggulan lain dari vitamin kucing ini adalah harganya yang terjangkau. Biaya perawatan kucing yang dikenal mahal pun terasa lebih hemat berkat bantuan VITA-GEL.

Fungsi utama Membantu pertumbuhan, meningkatkan imunitas, merangsang nafsu makan
Kandungan nutrisi Vitamin A, B6, C, D3, E, K, kalsium, asam folat, tryptophan, lysine, methionine, threonine, phenylalanine, histidine
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Bentuk Gel
Isi 50 g
Kisaran harga Rp32.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Tung-Hai Fish Liver Oil

blank

Sumber: Ssa.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kebaikan minyak ikan untuk tingkatkan vitalitas si meong

Kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat Anda temukan pada suplemen minyak ikan produksi Saras Subur Abadi ini. Dengan produk ini, nafsu makan kucing meningkat, imun tubuhnya menguat, kucing pun lebih sehat dan berstamina.

Ditambah, omega-3 dikenal efektif meredakan alergi dan peradangan kulit, bahkan membuat bulu tumbuh lebih lebat dan berkilau. Pada kucing sakit, Tung-Hai Fish Liver Oil dapat diberikan untuk mempercepat pemulihan.

Fungsi utama Meningkatkan vitalitas tubuh
Kandungan nutrisi Vitamin A, D, omega 3
Usia Anak kucing, kucing dewasa
Bentuk Kapsul
Isi 500 butir
Kisaran harga Rp39.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Virbac Megaderm

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Kaya kandungan untuk mengobati gatal dan percantik bulu

Virbac Megaderm sangat direkomendasikan untuk merawat kucing yang mengalami gangguan kulit seperti gatal-gatal, peradangan, dan alergi. Kandungan omega-3 dan 6 yang diperkuat antioksidan seperti zinc, vitamin A, B, dan E akan bekerja meredakan inflamasi.

Bulu yang tumbuh berkat konsumsi vitamin kucing terbaik ini akan menjadi lebih lembut, sehat, dan tidak mudah rontok. Vitamin ini memiliki rasa yang enak sehingga kucing pun senang mengonsumsinya. Anda bisa mencampurkan cairan vitamin ini pada makanannya sehari-hari.

Fungsi utama Meredakan kulit gatal akibat alergi, meningkatkan kualitas bulu
Kandungan nutrisi Omega 6, omega 3, vitamin A, B, E, zinc, linoleic acid, gamma linolenic acid, ecosapentaenoic acid, docosahexaenoic acid
Usia Tidak disebutkan
Bentuk Cair
Isi 28 saset
Kisaran harga Rp429.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Tip dan Saran dari drh. Carene Naomi

blank

Di pasaran, ada banyak pilihan vitamin yang bisa dipilih pet owner sesuai preferensi. Sebelum memberikan vitamin kucing, sebaiknya konsultasi terlebih dulu ke dokter hewan agar pet owner dapat mengetahui apa yang kurang dari diet kucingnya.

Kesimpulan

Vitamin bisa melengkapi nutrisi kucing agar lebih sehat. Saat memilih vitamin kucing terbaik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti fungsi, kandungan nutrisi, usia kucing, aroma dan rasa, serta bentuknya.

Kami sarankan, sebelum memilih berbagai jenis vitamin, Anda berkonsultasi dulu dengan dokter hewan untuk meminimalisir kemungkinan hipervitaminosis. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Kami harap, Anda bisa mendapatkan vitamin kucing terbaik untuk anak bulu Anda!

You may also like

Comments are closed.