Written by 23:00 Perawatan Hewan

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing

Tak sedikit cat person yang sesekali memberikan susu untuk kucing peliharaannya. Bagi Anda yang bermaksud melakukan hal serupa, pastikan untuk memilih susu dengan sumber dan formula yang aman untuk kucing. Karena beberapa susu kucing dapat pula diminum oleh pet lain seperti anjing, Anda perlu mencermati karakteristik produk agar tidak salah pilih.

Untuk memudahkan Anda, kami akan memaparkan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih susu kucing. Di sejumlah marketplace, beredar banyak pilihan susu untuk kucing. Growssy, Beaphar, Royal Canin, Howlymilk, dan beberapa merek lain memproduksi susu terbaik untuk kucing. Manakah produk yang cocok untuk Anda? Temukan rekomendasi dan tips memilihnya di sini!

Apakah Aman Memberikan Susu untuk Kucing?

Bagi newborn kitten, nutrisi terbaik yang bisa didapatkan berasal dari air susu induknya. Namun, ada sebagian anak kucing yang tak bisa menyusu karena terpisah dari induk atau air susu induknya kurang lancar. Oleh karenanya, dibutuhkan susu yang kandungan nutrisinya bisa dijadikan substitusi susu alami. Pemberian susu formula untuk kucing sah-sah saja dilakukan, namun dengan beberapa ketentuan.

Seiring kedewasaan, tubuh kucing akan semakin sedikit memproduksi enzim laktase sebagai pemecah laktosa pada susu menjadi gula sederhana. Dairy product yang berasal dari sapi memiliki kandungan laktosa tinggi sehingga dapat mengendapkan laktosa pada usus kucing yang kemudian memicu diare. Jika memilih susu sapi, Anda perlu memastikan konsentrasi laktosanya sudah dikurangi sebanyak mungkin atau tidak ada sama sekali.

Namun, ada juga beberapa kucing yang mampu menoleransi kandungan laktosa pada susu sapi biasa ketika sudah berusia dewasa. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memberikan sedikit susu pada kucing kemudian awasi apabila muncul gejala yang mengindikasikan kucing Anda intoleransi laktosa, seperti muntah atau gatal. Bagi anak kucing baru lahir, pemberian susu sapi murni is a big no!

Cara Memilih Susu untuk Kucing

Setelah mengetahui bahwa tubuh kucing cenderung memiliki intoleransi terhadap laktosa, ada baiknya memberikan kucing Anda nutrisi dari susu khusus kucing. Susu kucing umumnya mengolah hasil susu dari hewan ternak seperti sapi dan kambing, namun komponen di dalamnya telah disesuaikan agar aman bagi kucing.

Bila Anda mencari susu untuk newborn kitten, ada baiknya perhatikan label untuk mengetahui kelengkapan nutrisinya bagi bayi kucing. Seluruh poin mengenai pemilihan susu kucing yang tepat akan kami jelaskan pada section ini. Mari disimak!

Pilih Bentuk Susu berdasarkan Harga dan Kepraktisannya

Dalam memilih produk susu, Anda harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Saat ini, sudah banyak merek susu kucing dengan nutrisi lengkap yang ekonomis, namun ada pula susu kucing kualitas premium. Dari segi bentuk, ada susu cair siap minum serta bentuk bubuk yang perlu dilarutkan. Mana yang lebih sesuai untuk kucing Anda?

Susu Cair: Bisa Langsung Diberikan tanpa Harus Dilarutkan Terlebih Dulu

Bila Anda lebih mengutamakan kepraktisan, Anda bisa memilih susu kucing berbentuk cair. Penyajiannya sangat mudah karena Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam wadah minum kucing. Selain itu, tidak diperlukan penakaran lagi seperti pada beberapa produk susu bubuk

Susu cair biasanya memiliki expiration date lebih singkat, terlebih untuk susu yang tanpa bahan pengawet. Perhatian ekstra juga diperlukan untuk penyimpanannya karena susu harus dimasukkan ke freezer agar kualitasnya tetap terjaga. Dari segi harga, susu cair dipatok dengan harga cenderung lebih tinggi dari bentuk bubuk.

Susu Bubuk: Hemat Budget, Cocok untuk Konsumsi Rumahan

Jika penghematan budget adalah tujuan Anda, maka susu berbentuk bubuk atau powder milk adalah pilihan yang tepat! Susu bubuk memiliki range harga yang tergolong variatif. Pengemasan susu bubuk dapat berbentuk kaleng atau satu kotak berisi beberapa sachet susu.

Karena Anda perlu melarutkannya dengan air hangat, pilih susu dengan formula butiran bubuk yang mudah terpecah agar lebih mudah diaduk dan tidak menyebabkan penggumpalan. Penyimpanan susu bubuk juga lebih fleksibel karena Anda tidak memerlukan freezer. Selain itu, susu bubuk memiliki waktu kedaluwarsa lebih lama yang membuatnya cocok dijadikan stok di rumah.

Pilih Susu Kucing berdasarkan Usia Kucing

Hal tak kalah penting lain untuk diperhatikan adalah memilih kandungan susu kucing yang cocok sesuai usianya. Salah memilih produk dapat memicu reaksi alergi serta meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Untuk Anak Kucing yang Belum Disapih, Berikan Susu yang Kaya Protein dan Lemak

Kucing yang tidak memiliki indukan memerlukan nutrisi dari susu formula sebagai makanan pokoknya. Oleh karena itu, susu berkandungan tinggi protein dan lemak sangat direkomendasikan. Untuk mengenali susu yang diperuntukkan bagi newborn. Anda bisa cek informasi yang tertera pada kemasan box, sachet, maupun botolnya.

Dikarenakan kucing anakan imunitasnya masih lemah, Anda sebaiknya memilih susu dengan kandungan tambahan seperti laktoferin yang bisa didapatkan dalam zat kolostrum agar terhindar dari penyakit. Pemilihan susu yang memiliki rasa menyerupai ASI induknya juga akan lebih disukai kucing baru lahir.

Untuk Kucing Dewasa, Berikan Susu Tinggi Protein dan Rendah Lemak

Ketika kucing mencapai usia dewasa, pertumbuhannya akan semakin melambat. Pemberian susu dengan kalori tinggi justru akan menyebabkan kucing mengalami overweight. Kucing yang overweight memiliki risiko penyakit komplikasi lebih tinggi. Oleh sebab itu, pilihlah susu rendah kandungan lemak namun tinggi protein.

Kucing dewasa memerlukan protein lebih tinggi untuk mendukung geraknya yang semakin aktif. Ketika dewasa, susu hanya bertindak sebagai penunjang nutrisi dari makanan padat sehingga Anda sebaiknya tidak terlalu banyak memberikan susu pada kucing Anda.

Untuk Kucing Lansia, Berikan Susu Rendah Lemak dan Tinggi Nutrisi

Pada kucing yang berusia lanjut, metabolisme tubuhnya tidak sebaik saat masih masa produktif. Susu kucing rendah lemak serta tinggi nutrisi dapat Anda berikan untuknya guna mencegah kucing kelebihan berat badan sekaligus menunjang pemeliharan kesehatan tubuhnya.

Selaras dengan manusia, kucing juga rawan mengalami masalah persendian di usia lanjut. Anda bisa memilih produk susu berkandungan glukosamin dan kondroitin untuk memperkuat tulang dan sendinya. Di usia lanjut, asupan nutrisi dari susu berfungsi sebagai suplemen yang menambah gizi agar kualitas hidup kucing meningkat serta membuat umurnya lebih panjang.

Periksa Nutrisi Pendukung untuk Fungsi Kesehatan secara Menyeluruh

Cermatilah kandungan nutrisi dasar yang terdapat pada produk susu untuk mendukung tumbuh kembang kucing kesayangan Anda. Berikut setidaknya zat penting yang dibutuhkan kucing yang bisa Anda dapatkan dalam susu kucing.

Taurin: Senyawa Asam Amino yang Banyak Terdapat pada Jaringan Hewan

Taurin merupakan senyawa turunan asam amino yang dapat memelihara mata serta mengoptimalkan kinerja organ dalam seperti jantung, saraf, dan otot. Pada pencernaan, taurin akan memecah lemak dan menyerap vitamin A, D, E, dan K. Tubuh manusia mampu memproduksi senyawa taurin secara alami, lain halnya dengan kucing yang memerlukan tambahan nutrisi dari luar untuk mendapatkan zat ini.

Taurin banyak ditemukan pada jaringan hewan serta organ empedu. Anda bisa menemukannya pada beberapa produk seperti daging sapi dan domba, unggas, ikan, serta biji-bijian. Supaya lebih praktis, Anda dapat memenuhi asupan taurin untuk kucing Anda dengan susu kucing yang diperkaya taurin.

Kekurangan asupan taurin dapat menyebabkan tubuh kucing sulit memetabolisme lemak tubuh sehingga dapat menyebabkan kucing overweight. Selain itu, kemampuan penglihatan dapat terganggu karena kemampuan retina mata berkurang. Risiko paling ekstrem adalah gangguan pada jantung hingga kelainan embrio pada kucing hamil.

Zat Probiotik: Memelihara Fungsi Pencernaan agar Terhindar dari Gangguan Perut

Probiotik adalah bakteri baik yang keberadaannya menguntungkan sistem pencernaan makhluk hidup, tak terkecuali pada kucing. Ketika masuk dalam sistem pencernaan, probiotik tinggal menetap dalam tubuh dan mendapatkan asupan dari makanan yang dikonsumsi. Sebagai timbal baliknya, bakteri ini membantu kelancaran proses pencernaan dalam tubuh inangnya.

Terdapat berbagai jenis probiotik yang hidup dalam tubuh kucing. Lactobacillus acidophilus DSM13241 misalnya. Probiotik ini membantu mencegah infeksi Campylobacter pada kucing yang berbahaya bila menulari manusia. Probiotik ini juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik lain seperti L. acidophilus dan Lactobacillus spp.

Kandungan probiotik dalam susu dapat merawat kesehatan usus kucing, apalagi untuk anak kucing dan kucing berusia lanjut yang rentan terkena gangguan pencernaan. Selain probiotik, susu yang rendah laktosa juga lebih disarankan untuk kucing karena sebagian besar kucing tidak memproduksi agen pemecah laktosa di dalam tubuhnya. Laktosa pada susu justru akan mengendap pada usus dan bisa menyebabkan diare.

Nutrisi Pendukung dengan Peran Penting Lainnya

Susu dengan gizi lengkap akan membantu Anda memenuhi asupan nutrisi sehari-hari kucing kesayangan. DHA dan EPA yang didapat dari minyak ikan dapat mendukung perkembangan fungsi kognitif kucing serta memelihara kemampuan penglihatannya. Asam linoleic dan asam docosahexaenoic baik untuk merawat kulit kucing agar tetap sehat serta meminimalisir risiko penyakit jantung.

Untuk meningkatkan imunitas kucing, Anda dapat memilih susu kucing yang dilengkapi komponen fruktooligosakarida. Sistem imun yang baik menghindarkan kucing Anda dari penyakit-penyakit menular. Yang tak kalah penting adalah kandungan kalsium, vitamin, serta mineral lainnya yang akan memenuhi kelengkapan nutrisi harian kucing Anda.

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing

Setelah memahami poin guna menemukan susu kucing yang tepat, di bawah ini telah kami sediakan sederet susu kucing terbaik yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Selamat memilih!

1. Beaphar Kitty Milk

Kaya akan asam amino untuk menunjang tumbuh kembang kucing

Beaphar Kitty Milk diformulasikan agar cocok sebagai sumber gizi utama anak kucing baru lahir. Mengandung perpaduan lengkap protein susu, lemak, vitamin, dan mineral menghasilkan produk susu yang mirip dengan susu alami. Menilik kandungan gizinya, produk ini juga tinggi asam amino dan taurin untuk menunjang tumbuh kembang kucing Anda agar senantiasa sehat dan aktif.

Tak hanya ideal untuk newborn kitten, Anda juga bisa memberikannya pada kucing yang sedang hamil atau menyusui. Susu ini akan berperan sebagai suplemen untuk menambah nafsu makan dan memperkuat kekebalan tubuh kucing Anda. Satu botolnya berisikan 200 gram susu bubuk yang setara dengan 700 mL susu ketika diseduh. Cukup awet untuk persediaan Anda di rumah!

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing (utama), kucing dewasa selama kehamilan dan menyusui (sebagai suplemen)
Nutrisi pendukung Docosahexaenoic acid (DHA), taurin, vitamin dan mineral esensial
Berat/isi 200 g
Kisaran harga Rp109.000

2. Growssy Cat Milk

Menjaga daya tahan tubuh kucing dengan kandungan antioksidan kompleks

Susu untuk kitten sebaiknya mengandung kadar laktosa yang rendah guna mengoptimalkan proses pencernaan dan penyerapan gizi ketika masuk ke tubuh kucing. Selain rendah laktosa, Growssy Cat Milk memiliki struktur bubuk granula mikro yang ketika diseduh dapat langsung larut tanpa adanya gumpalan.

Di dalamnya memuat antioksidan kompleks seperti vitamin C dan E, taurin, lutein, serta mannan oligosaccharides (MOS). Berkatnya, kekebalan tubuh kucing Anda pun meningkat! Menariknya lagi, kucing yang berusia lanjut atau mengalami kekurangan gizi dapat meminum susu ini sebagai sumber nutrisi sekunder.

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing (kitten)
Nutrisi pendukung Asam linoleic, asam pantothenic, lemak omega-3, lemak omega-6, fosfor, vitamin dan mineral, DHA, fruktooligosakarida, taurin
Berat/isi 1 boks 10 sachet @20 g / 100 g
Kisaran harga Rp40.000

3. Zeal Lactose Free Pet Milk

Nutrisi dari 100% natural ingredients untuk kucing segala usia

Zeal Lactose Free Pet Milk terbuat dari susu sapi yang telah ditekan kandungan laktosanya hingga sebesar 99,5%. Hasilnya? Molekul susu mudah dicerna tubuh kucing. Sebagai nilai lebih lain, quality control produk ini sudah dimulai sejak perawatan sapi perahnya yang diberi pakan rumput hijau berkualitas asli New Zealand.

Kualitas yang terjamin menghasilkan susu kucing kaya gizi semacam kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi kucing. Selain itu, terdapat pula sejumlah vitamin, CLA, omega-3 dan beta karotena. Kombinasi ini mampu menjadi booster untuk pemeliharaan mata dan organ dalam seperti jantung dan hati. Berbentuk cair, Anda bisa langsung tuang! Praktis, bukan?

Bentuk Cair
Target usia kucing Semua usia kucing
Nutrisi pendukung Taurin, kalsium, lemak omega-3, vitamin E, betakaroten, CLA (conjugated Linoleic acid), vitamin B12 iodine, vitamin B2, vitamin D, fosfor
Berat/isi 1.000 mL
Kisaran harga Rp130.000

4. Royal Canin Babycat Milk

Kombinasi probiotik dan formula rendah laktosa untuk kesehatan pencernaan kucing

Tahukah Anda bahwa usia kitten adalah masa keemasan untuk pertumbuhannya? Setelah lahir, sistem saraf anak kucing akan terus mengalami perkembangan. Kandungan DHA pada Royal Canin Babycat Milk ini dapat menjadi asupan untuk menyempurnakan perkembangan fungsi kognitifnya agar kucing Anda tumbuh sehat dan lincah.

Komposisi rendah laktosa yang dikombinasikan dengan probiotik FOS membuat produk ini tak hanya mudah dicerna, tetapi sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan kucing Anda. Selain itu, bubuk susunya mudah terhidrolisis, Anda pun takkan kesulitan mengaduk setiap kali membuat susu.

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing
Nutrisi pendukung Vitamin A, vitamin D3, mineral, fruktooligosakarida, DHA, arachidonic acid, taurin, antioksidan
Berat/isi 300 g
Kisaran harga Rp286.000

5. Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer

Dapat meningkatkan imunitas anak kucing agar tak mudah sakit

Anak kucing baru lahir rentan sakit dan tertular penyakit. Ameri+Pro Highly Digestible Milk Replacer membawa kebaikan laktoferin yang bekerja sebagai perisai untuk melindungi sistem imun tubuh newborn kitten. Tak hanya itu, susu ini juga dilengkapi protein dan lemak konsentrasi tinggi serta rendah laktosa, sangat suitable untuk kebutuhan gizi harian anak kucing!

Dosis pemberian untuk seekor anak kucing adalah kurang lebih 1 sendok teh per 115 gram bobot anak kucing dengan waktu pemberian 3 hingga 4 jam sekali. Sementara untuk kitten yang tubuhnya lebih lemah, Anda bisa memberikannya lebih sering. Bagi indukan yang tengah hamil dan menyusui, susu ini dapat digunakan sebagai penambah nutrisi bagi induk sekaligus anak kucing.

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing hingga usia 8 bulan (utama), induk kucing hamil dan menyusui
Nutrisi pendukung Fruktooligosakarida
Berat/isi 200 g
Kisaran harga Rp43.500

6. Top Milk Balanced Nutrition Highly Digestible

Diformulasikan oleh dokter hewan untuk nutrisi lengkap dan seimbang

Kandungan laktosa pada susu kucing dapat menimbulkan masalah diare akibat penumpukan butiran laktosa dalam usus halus. Hindari hal tersebut dengan memilih susu tanpa laktosa besutan Top Milk satu ini. Jaminan laktosa 0% membuat Anda comfortable setiap kali memberi asupan susu pada kucing.

Selain bebas laktosa, Top Milk Balanced Nutrition didukung DHA dan EPA yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja otak kucing. Tak berhenti di situ, susu ini merupakan hasil formulasi dokter hewan yang memastikan kualitasnya terkontrol serta aman dengan nutrisi lengkap dan seimbang.

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Semua usia kucing
Nutrisi pendukung DHA, EPA, whey protein, kolostrum, L-arginine, lechitin
Berat/isi 500 g
Kisaran harga Rp35.000

7. Bioline Goat Milk for Dogs and Cats

Formula hypoallergenic untuk pencernaan kucing yang sensitif

Di antara susu hewan lainnya, susu kambing memiliki komposisi paling mirip dengan induk kucing. Oleh karenanya, Bioline Goat Milk for Dogs and Cats dapat Anda pilih sebagai nutrisi utama pengganti ASI untuk kitten. Well-formulated bersama laktosa rendah serta hypoallergenic membuat susu ini baik dikonsumsi anak kucing yang memiliki pencernaan sensitif sekalipun!

Jika Anda memiliki kucing dewasa, susu ini dapat diberikan sebagai suplemen nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh kucing. Produk ini juga dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tengah merawat kucing kekurangan gizi dan anoreksia. Sudah dikemas dalam sachet, Anda bisa langsung seduh tanpa harus menakarnya lagi. Satu lagi, susu ini juga aman diberikan kepada anjing juga, lho!

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Semua usia kucing
Nutrisi pendukung Whey protein, fruktooligosakarida, vitamin, kalsium
Berat/isi 200 g
Kisaran harga Rp210.000

8. Howlymilk Organic Goat Milk

Susu organik nonpasteurisasi dengan beragam cara penyajian

Pasteurisasi merupakan proses pemanasan yang umum dilakukan pada produk susu dengan tujuan membasmi mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Namun, proses ini seringnya turut mematikan bakteri baik yang bermanfaat bagi kucing. Oleh karenanya, Howlymilk memilih sterilisasi produknya dengan cara alami untuk memastikan bakteri baiknya tetap tersedia.

Susu dalam bentuk cair ini dibuat tanpa pengawet. Akibatnya, produk ini hanya bertahan 5 – 6 hari dalam freezer. Namun menariknya, Anda bisa menyajikan susu ini untuk kucing dengan beragam cara. Susu ini dapat disajikan dingin maupun hangat, diminum langsung sebagai camilan, atau dicampurkan pada dry food. Untuk bayi kucing, sebaiknya sajikan susu dalam keadaan hangat, ya!

Bentuk Cair
Target usia kucing Anak kucing, induk kucing untuk mempelancar ASI
Nutrisi pendukung Probiotik dan vitamin
Berat/isi 350 mL
Kisaran harga Rp28.500

9. PetAg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food

Cocok untuk kucing usia transisi dari susu ke makanan padat

Usia 4 – 8 minggu merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan kucing dengan makanan padat. Di masa transisi ini, diperlukan susu yang tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga bertekstur untuk mulai melatih sistem pencernaannya. Produk susu satu ini memiliki tekstur lebih creamy serta tinggi protein dari beef dan susu alami, menghasilkan sereal yang lezat lagi bergizi untuk kucing Anda.

Memiliki bentuk powder membuat Anda tidak perlu memenuhi freezer di rumah. Walau bertekstur creamy, kandungan Petg KMR 2nd Step Kitten Weaning Food dipastikan mudah cerna alias tidak membebani pencernaan anak kucing. Namun ingat, produk ini kurang cocok menjadi susu pengganti ASI bagi newborn kitten. Jadi, tetap utamakan ASI di sela-sela pemberian weaning food ini.

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing (4 – 8 minggu)
Nutrisi pendukung Taurin, vitamin, mineral
Berat/isi 400 g
Kisaran harga Rp235.000

10. Top Growth Kitten Milk Replacer

Mengandung komposisi nutrisi seimbang yang dibutuhkan kucing anakan

Produk ini didesain sebagai milk replacer untuk anak kucing yang tidak menerima ASI dari induknya. Di dalamnya tertera komponen seimbang dari semua nutrisi yang dibutuhkan anak kucing seperti protein, vitamin, dan mineral. Susu kucing rendah laktosa ini juga dilengkapi antioksidan yang baik untuk melindungi kesehatan kucing kesayangan Anda dari pengaruh buruk lingkungan.

Dapat juga diberikan untuk kucing dewasa, namun pengonsumsiannya hanya sebagai suplemen makanan padat untuk menunjang kualitas kesehatan tubuhnya. Meski berbentuk bubuk, Anda dapat mencampur susu secara effortless berkat teknologi micro granule yang membuat bubuk terpecah dalam waktu beberapa detik saja. Anda senang, kucing pun riang!

Bentuk Bubuk
Target usia kucing Anak kucing
Nutrisi pendukung Antioksidan kompleks, vitamin, lutein, taurin, mannan-oligosakarida
Berat/isi 250 g
Kisaran harga Rp39.700

Kesimpulan

Kucing yang diberikan susu dapat tumbuh sehat dan aktif. Hanya saja, Anda harus betul-betul memperhatikan kecocokan susu dengan usia serta sistem pencernaannya. Pastikan susu yang diterima kucing Anda tidak menimbulkan masalah. Pada list produk rekomendasi yang telah Anda lihat, kami harap Anda berhasil temukan satu susu terbaik untuk kucing kesayangan Anda.

Bila ingin menghemat budget, Anda dapat memilih susu bubuk. Jadikan susu kucing dalam wujud cair sebagai persediaan ketika Anda tidak sempat menyeduh susu. Selain mengutamakan produk dengan nutrisi esensial, Anda bisa pilih susu dengan tambahan nutrisi lain untuk mengurangi risiko penyakit sekaligus memenuhi nutrisi yang tidak mampu diproduksi mandiri oleh tubuhnya.

(Visited 102 times, 6 visits today)