Perawatan Hewan

10 Obat Kutu Kucing & Anjing Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Hewan]

Kutu adalah salah satu jenis parasit yang dapat hinggap pada tubuh anjing dan kucing kesayangan Anda. Parasit satu ini dapat membuat hewan peliharaan Anda tidak merasa nyaman. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan obat pembasmi kutu kucing dan anjing, baik berbentuk tablet, obat tetes, sampo, atau spray.

Di pet shop atau toko online, tersedia pilihan obat kutu, seperti NexGard, Frontline, dan lainnya. Bila Anda bingung memilihnya, PickyBest akan membahas cara memilih produk yang tepat. Setelahnya, kami referensikan pula obat kutu kucing dan anjing kepada Anda. Yuk, tuntaskan masalah kutu hewan kesayangan Anda!

Berkolaborasi dengan Dokter Hewan, drh. Carene Naomi

drh. Carene NaomiPakar/Spesialis

drh. Carene Naomi merupakan seorang dokter hewan lulusan Universitas Udayana. Saat ini, beliau berpraktek di Estimo Pet House Shop & Clinic, Bali. drh. Naomi sering menangani kasus infeksi virus, bakteri, dan parasit pada anjing dan kucing.

Selain berpraktek di klinik, dokter yang juga memiliki hobi menggambar dan bermain basket ini membuka layanan konsultasi online di berbagai aplikasi telemedicine populer di Indonesia.

Apa Penyebab Munculnya Kutu pada Kucing dan Anjing?

blank

Kutu dapat menetap di tubuh hewan peliharaan seperti kucing dan anjing melalui berbagai perantara, misalnya rumput halaman tempat bermain, tempat grooming, dan bahkan kontak dari manusia.

Keberadaan kutu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada hewan. Selain menyebabkan kulit terasa gatal, apabila tidak segera dibasmi, kutu dapat memicu infeksi bakteri sekunder hingga terjadi reaksi kulit yang serius.

Parasit yang ada di lingkungan, seperti kutu, memang mencari inang untuk hidup. Pada kucing dan anjing yang tidak terproteksi, ektoparasit dengan bebas bisa tinggal di tubuh mereka dan makan dari tubuh mereka.

Ada berbagai jenis parasit yang kerap menimpa kucing dan anjing, dari mulai ektoparasit seperti kutu, caplak, tungau, dan pinjal, hingga endoparasit seperti cacing jantung, cacing saluran cerna, dan cacing mata.

Sebagai pet owner yang bertanggung jawab, Anda bisa menjaga anjing dan kucing peliharaan tetap sehat tanpa parasit. Jangan pernah sepelekan parasit. Pasalnya, satu ekor caplak saja bisa membawa parasit darah, lho.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Cara Memilih Obat Kutu Kucing dan Anjing

Untuk mendapatkan obat kutu kucing dan anjing, terlebih dahulu pahamilah poin-poin penting seperti usia dan berat, kondisi kesehatan, jenis parasit, hingga bentuk obatnya.

Pilih Berdasarkan Usia dan Berat Hewan Peliharaan

blank

Pada umumnya, obat kutu kucing dan anjing bisa digunakan setelah hewan berusia 8 minggu atau lebih, terutama bagi kucing. Bacalah keterangan pada kemasan produk atau bagian deskripsi halaman apabila Anda membelinya online.

Hewan berbobot besar membutuhkan dosis obat yang cukup banyak, khususnya untuk produk topikal. Begitu pun sebaliknya. Pemberian dosis yang tepat dapat memaksimalkan efektivitas obat. Berhati-hatilah agar tidak terjadi overdosis karena dapat berisiko membuat hewan keracunan.

Pada usia 2 bulan, kucing ataupun anjing sudah bisa diberikan obat kutu. Hal ini dikarenakan saat ini tersedia obat kutu khusus puppies dan kitten yang beredar di pasaran.

Selain memilih berdasarkan usia, di pasaran juga dapat ditemukan obat spot on atau oral yang tersedia dalam berbagai range berat badan sebagai pilihan, misalnya obat oral untuk anjing dengan bobot 20 – 40 kg.

Saat pemberian obat, pastikan Anda mengetahui dosis dan cara pemakaiannya. Keracunan obat kutu dapat terjadi jika ada kesalahan pemberian (overdosis), hipersensitivitas terhadap suatu obat (berbeda setiap individu), atau obat topikal yang terjilat.

Jika muncul gejala umum keracunan seperti hewan muntah-muntah, lemas, tidak mau makan, mengeluarkan busa, atau pada beberapa hewan memperlihatkan tanda gangguan saraf seperti kejang, bahkan ada yang sampai tidak sadarkan diri, segera bawa ke dokter hewan.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Sesuaikan Bahan Produk dengan Kondisi Hewan Peliharaan

blank

Apakah anjing atau kucing kesayangan Anda memiliki alergi daging atau ayam, berkulit sensitif, atau memiliki riwayat asma? Hal ini tidak boleh luput dari perhatian Anda karena produk-produk tertentu memiliki bahan-bahan yang bisa memperburuk kondisi kesehatannya.

  • Produk oral (misalnya tablet): biasanya mengandung daging atau ayam sehingga tidak cocok diberikan kepada anjing atau kucing yang alergi bahan-bahan ini.
  • Produk topikal: Apabila hewan kesayangan Anda berkulit sensitif, hindari penggunaan produk topikal seperti obat tetes atau sampo karena berpotensi mengiritasi kulitnya.
  • Produk tanpa aroma: Pilih produk ini pada hewan yang memiliki asma agar tidak mengganggu pernapasannya.

Supaya memudahkan, pastikan Anda selalu memperhatikan label kemasan sebelum memutuskan untuk memilih suatu produk.

Perjalanan menentukan hipersensitivitas atau alergi makanan, diperlukan diagnosa yang panjang. Pertama-tama, kita harus menghilangkan segala kemungkinan penyakit infeksius seperti jamuran, infeksi bakteri, maupun infestasi parasit (hal ini berlaku juga untuk diagnosa masalah saluran pernapasan atas). Alergi dari faktor lingkungan atau atopik dermatitis juga dapat terjadi.

Setelah yakin dan pasti bahwa tidak ada masalah penyakit infeksius, bisa dilakukan food trial atau diet test menggunakan pakan yang proteinnya sudah terhidrolisis, pakan yang proteinnya sudah dikecilkan, maupun dengan protein hewani yang jarang digunakan. Penggunaan pakan ini perlu resep dan pengawasan dokter hewan.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Periksa Jenis Parasit yang Mampu Dibasmi oleh Produk Tersebut

blank

Ada empat jenis parasit yang menyerang hewan peliharaan yang perlu Anda ketahui, yaitu pinjal (flea), caplak (tick), tungau (mites), dan kutu (lice). Kenali jenis parasit yang menyerang hewan peliharaan Anda untuk memudahkan Anda menemukan obat yang sesuai.

Pinjal

Pinjal memiliki bentuk pipih dan berwarna cokelat. Gigitan pinjal menyebabkan gatal dan meninggalkan bintik merah kecil. Pada beberapa kasus, gigital pinjal dapat menimbulkan gejala hipersensitivitas yang disebut flea allergy dermatitis.

Caplak

Caplak berbentuk pipih. Saat belum terisi darah (belum makan), caplak terlihat oleh mata telanjang, namun bentuk lebih kecil dan berwarna merah kecoklatan. Sedangkan, caplak tampak membulat dan terlihat jelas saat tubuhnya berisi penuh darah.

Parasit ini berbahaya karena bisa membawa penyakit parasit darah yang dapat menyerang sel darah merah dan menyebabkan anjing atau kucing mengalami anemia.

Tungau

Tungau tak bisa dilihat dengan mata telanjang, biasa bersembunyi dan membuat terowongan di kulit sehingga menyebabkan gatal yang luar biasa. Tungau membuat kulit hewan terlihat kasar dan berkerak.

Kutu

Kutu berbentuk pipih dan cukup tampak, meskipun secara kasat mata lebih jelas terlihat caplak, apalagi saat caplak sudah makan. Gigitan kutu menimbulkan rasa gatal dan infeksi pada kulit hewan kesayangan Anda.

Setelah Anda mengenali jenis parasit yang mengganggu hewan peliharaan Anda, jangan lupa untuk membaca label produk dengan saksama, ya! Sebab, beberapa produk ada yang hanya mampu membasmi pinjal, caplak, tungau, atau kutu saja.

Di sisi lain, pada umumnya obat kutu yang beredar diperuntukkan untuk spesies yang spesifik. Jadi. obat kutu kucing sebaiknya digunakan untuk kucing, begitu juga sebaliknya.

Saat ini, kebanyakan obat kutu yang beredar bisa membunuh keempat jenis (spesies) parasit tadi.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih Bentuk Obat yang Memberi Kenyamanan bagi Anda dan Hewan Peliharaan

Pertimbangkan juga untuk memilih bentuk obat kutu kucing dan anjing yang nyaman saat Anda berikan, termasuk mudah dikonsumsi atau diterima hewan peliharaan Anda.

Umumnya terdapat dua bentuk obat kutu kucing dan anjing di pasaran, yakni oral dan topikal.

Bentuk Oral untuk Pemberian yang Praktis

blank

Apabila hewan peliharaan Anda termasuk hewan yang tidak rewel dan mudah minum obat, Anda bisa memberikan obat berbentuk oral. Produk dengan bentuk oral ini dapat berupa tablet, pil, atau permen chewable.

Bentuk ini cukup praktis dan efektif karena langsung bekerja dari dalam. Anda tinggal menyuapkannya saja ke mulut anjing atau kucing Anda. Produk berbentuk oral juga tidak mudah berceceran ketika digunakan.

Bentuk Topikal untuk Alternatif Hewan yang Sulit Menelan

blank

Untuk hewan yang kesulitan menelan obat, pilihlah obat topikal. Obat ini dapat berupa salep, obat tetes, obat semprot, atau sampo. Bentuk ini lebih mudah digunakan karena tinggal oles, tetes, atau semprot saja pada bagian yang terkena parasit.

Namun, harus diperhatikan cara pakai serta dosisnya agar obat dapat bekerja dengan baik. Selain itu, Anda harus telaten agar obat tidak berceceran saat digunakan. Sedangkan, ada pula bentuk sampo yang selain mengatasi kutu, juga cocok untuk tindakan pencegahan.

Tambahan dari drh. Carene Naomi

Selain pemberian obat secara oral dan topikal, ada juga metode injeksi (suntik) obat kutu pada kucing dan anjing yang dilakukan oleh tenaga medis/dokter hewan.

Namun, metode injeksi/suntik pada hewan kesayangan sudah ditinggalkan karena obat suntik ivermectin (obat antiparasit) merupakan obat keras, sehingga penggunaannya lebih berisiko.

Dibandingkan menggunakan obat suntik ivermectin, lebih disarankan menggunakan obat oral maupun topikal yang berisi selamectin, afoxolaner, dan lainnya.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

10 Rekomendasi Obat Kutu Kucing dan Anjing Terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi obat kutu kucing dan anjing terbaik untuk Anda. Pastikan agar memilih sesuai kebutuhan, ya!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan drh. Naomi.

1. NexGard Chewable for Dogs

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Tablet kunyah untuk anjing rekomendasi para dokter hewan

Obat kutu anjing ini mengandung bahan aktif afoxolaner yang terbukti ampuh membunuh pinjal dan caplak pada anjing. Tak heran jika obat ini menjadi rekomendasi nomor satu para dokter hewan.

Dengan rasa daging yang disukai anjing, tablet kunyah dari NexGard ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin praktis. Obat kutu ini tersedia untuk anjing berusia delapan minggu ke atas dengan berat hingga belasan kilogram.

Target hewan Anjing dengan berat 10 – 25 kg
Target parasit Fleas, ticks (lone star, black-legged, American dog, dan brown dog ticks)
Bahan aktif Afoxolaner
Bentuk Oral (tablet chewable), rasa beef
Kapasitas 1 boks (3 tablet)
Kisaran harga Rp475.000

2. Frontline Spray

blank

Sumber: Blibli.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Pinjal dan caplak mati dalam waktu kurang dari 24 jam

Mencari obat kutu kucing dan anjing yang bisa bekerja cepat? Anda bisa mempertimbangkan Frontline Spray. Kandungan bahan aktif fipronil pada obat ini bekerja dengan merusak sistem saraf pusat parasit. Dengan demikian, pinjal dan caplak 100% mati dalam waktu kurang dari 24 jam.

Tak hanya efektif membunuh parasit dengan cepat, obat kutu kucing dan anjing ini juga waterproof selama 30 hari. Jadi, meski hewan peliharaan Anda sedang berenang atau mandi, obatnya tetap bekerja. Produk ini bisa digunakan pada anjing dan kucing berusia delapan minggu ke atas.

Target hewan Anjing dan kucing usia 8 minggu atau lebih
Target parasit Fleas, ticks (brown dog dan paralysis ticks)
Bahan aktif Fipronil
Bentuk Topikal (spray)
Kapasitas 100 mL
Kisaran harga Rp189.000

3. Hartz® UltraGuard® Rid Flea & Tick® Shampoo for Cats

blank

Sumber: Hartz.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Sampo khusus kucing dengan aroma segar

Dirancang khusus untuk kucing, sampo ini mampu membasmi pinjal dan caplak. Untuk hasil maksimal, Anda bisa membersihkan kucing Anda seminggu sekali dengan obat kutu kucing terbaik ini.

Hartz® UltraGuard® Rid Flea & Tick® Shampoo for Cats cocok untuk kucing dan anak kucing mulai usia dua belas minggu. Dengan aroma segar, Anda semakin betah berlama-lama main dengan hewan peliharaan Anda!

Target hewan Kucing dan kitten usia 12 minggu atau lebih
Target parasit Fleas, ticks
Bahan aktif Pyrethrins, piperonyl butoxide, N-Octyl bicycloheptene dicarboximide, dll
Bentuk Topikal (sampo), aroma spring meadow
Kapasitas 355 mL
Kisaran harga Rp165.000

4. Virbac Effipro Spot-On for Small Dogs

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Obat tetes yang praktis untuk anak anjing

Produk yang satu ini berupa obat tetes di dalam pipet yang membuatnya mudah digunakan. Obat ini dapat membasmi pinjal dengan efek lebih dari dua minggu, serta caplak dengan efek delapan minggu pada anak anjing Anda.

Dalam waktu 48 jam setelah pemberian obat, akan banyak parasit yang mati, namun efeknya akan maksimal saat mencapai satu minggu. Sementara bagi anjing yang terkena scabies dan ear mites, obat kutu anjing ini butuh waktu lebih lama.

Target hewan Anjing usia 8 minggu atau lebih dengan berat 2 – 10 kg
Target parasit Fleas, ticks
Bahan aktif Fipronil
Bentuk Topikal (tetes)
Kapasitas 67 mg (4 pipet)
Kisaran harga Rp92.500

5. Frontline Plus for Cats

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Blibli Cek Harga di Bukalapak

Memutus siklus hidup kutu dan mencegah hadir kembali

Obat kutu kucing terbaik dari Frontline ini mengandung bahan aktif fipronil 9,8% dan (S)-methoprene 11,8% yang langsung masuk ke kelenjar minyak pada kulit kucing Anda begitu Anda meneteskannya. Kedua bahan aktif ini akan menyebar ke seluruh bulu dan kulit hewan melalui folikel.

Tak hanya membasmi kutu dewasa, tetapi telur kutu bahkan larvanya pun dibasmi habis oleh obat kutu kucing ini. Hal ini membantu memutus siklus hidup kutu dan mencegahnya kembali ke kucing Anda. Produk ini bisa Anda gunakan pada kucing Anda mulai usia delapan minggu.

Target hewan Kucing dan kitten usia 8 minggu atau lebih dengan berat
Target parasit Fleas, chewing lice, ticks
Bahan aktif Fipronil, (S)-methoprene
Bentuk Tetes
Kapasitas 3 pipet
Kisaran harga Rp105.000

6. Revolution Plus for Dogs

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Formula yang cepat kering tanpa bau yang mengganggu

Untuk menghilangkan kutu pada anjing berusia minimal enam minggu, Anda bisa menggunakan obat tetes dari Revolution ini. Selain mengobati kutu, produk ini juga bisa mencegah penyakit heartworm, membunuh tungau, juga dapat mengobati sarcoptic mange.

Selain itu, formula obat kutu anjing terbaik ini cepat kering dan baunya tidak mengganggu. Jadi, Anda bisa langsung menggendong atau bermain-main dengan anjing Anda setelah obat yang dipakai mengering.

Target hewan Anjing dengan ukuran dan jenis medium breeds hingga large breeds (18 – 38,5 kg)
Target parasit Fleas, ticks, ear mites, sarcoptic mange
Bahan aktif Selamectin, butylated hydroxytoluene, isopropyl alcohol
Bentuk Topikal (tetes)
Kapasitas 2 mL (1 tube)
Kisaran harga Rp165.000

7. Veterinary Formula Clinical Care Flea & Tick Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menenangkan kulit yang teriritasi dengan kandungan aloe dan lanolin

Tidak hanya menghilangkan pinjal dan caplak, sampo yang satu ini juga mampu menenangkan kulit yang teritasi berkat kandungan aloe dan lanolin-nya. Dengan pyrethrin sebesar 0,15%, obat kutu kucing dan anjing ini menjadikan kulit dan bulu hewan peliharaan Anda menjadi lembut dan berkilau.

Sampo pembasmi kutu hewan peliharaan dari Veterinary Formula ini dapat digunakan untuk anjing dan kucing usia dua belas minggu atau lebih. Saat diusapkan ke tubuh hewan saat mandi, samponya akan membersihkan secara lembut, namun tetap mengeksfoliasi kulit agar tubuh hewan segar kembali.

Target hewan Anjing dan kucing usia 12 minggu atau lebih
Target parasit Fleas, ticks
Bahan aktif Pyrethrins, piperonyl butoxide, N-Octyl bicyclopheptene dicarboximide, dll
Bentuk Topikal (sampo)
Kapasitas 473 mL
Kisaran harga Rp220.000

8. kin+kind Flea & Tick Dog & Cat Shampoo

blank

Sumber: Kin-kind.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Berbahan organik minyak esensial yang aman dan beraroma segar

Jika hewan kesayangan Anda alergi pada zat-zat kimia, kami merekomendasikan obat kutu kucing dan anjing keluaran kin+kind ini. Terbuat dari minyak esensial alami yang sudah teruji oleh dokter hewan, produk ini menghilangkan pinjal dan caplak pada hewan peliharaan. Tak hanya aman, wanginya pun segar!

Obat kutu kucing dan anjing ini terbuat bahan-bahan alami yaitu minyak kelapa organik dan minyak zaitun. Soal keamanan, obat ini dipastikan bebas paraben dan sulfat. Dengan begini, busa yang dihasilkan pun ramah lingkungan sehingga produk ini cocok untuk Anda yang juga peduli akan lingkungan.

Target hewan Anjing dan kucing
Target parasit Fleas, ticks
Bahan aktif Cedarwood oil, peppermint oil, dll
Bentuk Topikal (sampo)
Kapasitas 354 mL
Kisaran harga Rp294.000

9. Revolution Plus for Cats

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Satu produk untuk membasmi enam jenis parasit

Bagi Anda yang membutuhkan produk untuk membunuh banyak macam parasit pada kucing kesayangan, Anda bisa memilih Revolution Plus for Cats. Obat kutu kucing tetes ini dapat membasmi enam jenis parasit yang mengganggu kucing Anda, seperti fleas, ticks, ear mites, roundworms, hookworms, dan heartworms.

Cukup satu dosis, kucing dan kitten Anda akan terbebas dari semua jenis parasit tersebut. Produk ini layak menjadi pertimbangan Anda, sebab telah menjadi pilihan para veterinarian. Menariknya lagi, Anda hanya perlu mencuci tangan setelah memberikan obat, dan kucing pun bisa Anda ajak main kembali!

Target hewan Kucing usia 8 minggu atau lebih dengan berat 2,3 – 6,8 kg
Target parasit Fleas, ticks, ear mites, roundworms, hookworms, heartworms
Bahan aktif Selamectin, butylated hydroxytoluene, isopropyl alcohol
Bentuk Topikal (tetes)
Kapasitas 0,75 mL (1 tube)
Kisaran harga Rp109.500

10. Advocate for Large Cats

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Perlindungan menyeluruh terhadap pinjal dan cacing

Selain membasmi pinjal, obat kutu kucing terbaik dari Advocate ini juga dapat membasmi tungau dan cacing-cacing pada tubuh kucing, bahkan ketika masih berupa larva.

Level proteksi yang ditawarkan oleh produk ini berstatus broad spectrum, alias melawan berbagai macam parasit. Pemberian obat kutu kucing ini cukup satu kali dalam sebulan. Dengan bentuk spot-on-nya, kepraktisannya pun bakal membuat Anda senang.

Target hewan Kucing usia 8 minggu atau lebih dengan berat > 4 kg
Target parasit Fleas, heartworm, roundworms, hookworms, lungworms, ear mites
Bahan aktif Imidacloprid, moxidectin
Bentuk Topikal (tetes)
Kapasitas 3 pipet
Kisaran harga Rp125.000

Tabel Perbandingan Obat Kutu Kucing dan Anjing

Produk NexGard Chewable for Dogs Frontline Spray Hartz® UltraGuard® Rid Flea & Tick®   Shampoo for Cats Virbac Effipro Spot-On for Small Dogs Frontline Plus for Cats Revolution Plus for Dogs Veterinary Formula Clinical Care Flea &   Tick Shampoo kin+kind Flea & Tick Dog & Cat   Shampoo Revolution Plus for Cats Advocate for Large Cats
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Target hewan Anjing dengan berat 10 – 25 kg Anjing dan kucing usia 8 minggu atau lebih Kucing dan kitten usia 12 minggu atau lebih Anjing usia 8 minggu atau lebih dengan berat 2 – 10 kg Kucing dan kitten usia 8 minggu atau lebih dengan berat Anjing dengan ukuran dan jenis medium breeds hingga large breeds (18 –   38,5 kg) Anjing dan kucing usia 12 minggu atau lebih Anjing dan kucing Kucing usia 8 minggu atau lebih dengan berat 2,3 – 6,8 kg Kucing usia 8 minggu atau lebih dengan berat > 4 kg
Target parasit Fleas, ticks (lone star, black-legged, American dog, dan brown dog ticks) Fleas, ticks (brown dog dan paralysis ticks) Fleas, ticks Fleas, ticks Fleas, chewing lice, ticks Fleas, ticks, ear mites, sarcoptic mange Fleas, ticks Fleas, ticks Fleas, ticks, ear mites, roundworms, hookworms, heartworms Fleas, heartworm, roundworms, hookworms, lungworms, ear mites
Bahan aktif Afoxolaner Fipronil Pyrethrins, piperonyl butoxide, N-Octyl bicycloheptene dicarboximide, dll Fipronil Fipronil, (S)-methoprene Selamectin, butylated hydroxytoluene, isopropyl alcohol Pyrethrins, piperonyl butoxide, N-Octyl bicyclopheptene dicarboximide,   dll Cedarwood oil, peppermint oil, dll Selamectin, butylated hydroxytoluene, isopropyl alcohol Imidacloprid, moxidectin
Bentuk Oral (tablet chewable), rasa beef Topikal (spray) Topikal (sampo), aroma spring meadow Topikal (tetes) Tetes Topikal (tetes) Topikal (sampo) Topikal (sampo) Topikal (tetes) Topikal (tetes)
Kapasitas 1 boks (3 tablet) 100 mL 355 mL 67 mg (4 pipet) 3 pipet 2 mL (1 tube) 473 mL 354 mL 0,75 mL (1 tube) 3 pipet
Kisaran harga Rp475.000 Rp189.000 Rp165.000 Rp92.500 Rp105.000 Rp165.000 Rp220.000 Rp294.000 Rp109.500 Rp125.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak

Poin-poin yang Mesti Diperhatikan saat Menggunakan Obat Kutu Kucing dan Anjing

blank

Sebelum menggunakan obat kutu kucing  dan anjing, ada poin-poin tertentu yang harus Anda perhatikan. Ini dilakukan agar penggunaan obat menjadi efektif dan aman bagi Anda serta hewan peliharaan.

Apa saja yang semestinya Anda jadikan perhatian?

  • Pertama, pastikan untuk menggunakan produk khusus kucing untuk kucing dan produk khusus anjing untuk anjing. Jangan sampai keliru.
  • Perhatikan juga atauran pakai. Jangan mengurangi atau melebihkan dosis untuk alasan apa pun.
  • Hindari menggunakan lebih dari satu macam produk pada saat bersamaan.
  • Selalu teliti membaca label kemasan untuk mendapatkan info yang dibutuhkan.
  • Saat mengaplikasikan obat, selalu pakai sarung tangan atau segera cuci tangan dengan sabun dan air setelahnya.
  • Hanya simpan dan buang kemasan produk sesuai dengan aturan. Ini penting demi keamanan Anda.

Sebagai tambahan, kenali pula musim atau cuaca yang sedang berlangsung saat hendak memberikan obat. Saat cuaca sedang panas atau menjelang musim semi/kemarau, pinjal dan caplak lebih mudah berkembang biak, jadi pilihlah obat yang bekerja membasmi kedua jenis parasit ini.

Tips dan Saran dari drh. Carene Naomi

blank

Saat ingin memberikan obat kutu, pastikan hewan dalam keadaan sehat. Timbang terlebih dulu berat badan hewan peliharaan agar tidak terjadi overdosis obat ataupun sebaliknya. Baca dengan baik cara pemakaian.

Selain dari dalam tubuh, perlu juga pembersihan lingkungan karena parasit tinggal di lingkungan sebelum akhirnya mereka pindah ke tubuh inang. Bersihkan area sofa, dinding, kasur, dan taman rumah secara berkala. Bila perlu, gunakan jasa pest control.

Penggunaan/pemberian obat kutu pada hewan hamil dan menyusui perlu konsultasi dokter hewan.

Kesimpulan

Memilih obat kutu kucing dan anjing terbaik tidak boleh sembarangan. Kami berharap pemaparan kami di atas dapat membantu mengatasi kebingunan Anda dalam menentukan produk yang tepat.

Selain tindakan pengobatan, pastikan juga untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat hewan Anda bermain. Semoga hewan kesayangan Anda sehat selalu dan bebas dari kutu!

Referensi

Tidak Semua “kutu” pada Anjing dan Kucing adalah Kutu
https://tanyadokterhewan.com/2015/06/10/tidak-semua-kutu-pada-anjing-dan-kucing-adalah-kutu/ diakses pada 23 Juli 2022

Say So Long to Fleas and Ticks: Your Guide to the Best Flea and Tick Treatments for Cats
https://be.chewy.com/say-so-long-to-fleas-and-ticks-your-guide-to-the-best-flea-and-tick-treatment-for-cats/ diakses pada 23 Juli 2022

Safety Tips for Using Flea and Tick Products
https://pets.webmd.com/safety-tips-flea-and-tick-products-on-pets diakses pada 23 Juli 2022

Flea and Tick Prevention
http://www.vetstreet.com/dogs/flea-and-tick-prevention diakses pada 23 Juli 2022

You may also like

Comments are closed.