Written by 01:40 Perawatan Hewan

10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik

Bagi Anda yang sedang atau hendak memelihara kucing, pasir kucing adalah perlengkapan yang mesti disiapkan. Pasir kucing atau cat litter berfungsi sebagai tempat kucing membuang kotorannya. Dengan adanya pasir kucing, kotoran kucing pun lebih kecil kemungkinannya berceceran di rumah.

Beragam pilihan pasir kucing mungkin membuat Anda bingung, apalagi jika Anda pemula. Oleh sebab itu, kami akan memaparkan cara memilih pasir kucing yang sesuai pada artikel ini. Kami juga merekomendasikan produk keluaran Yi-Hu Aristo-Cats, Kit Cat, dan masih banyak lagi. Ayo, temukan produk terbaik Anda!

Cara Memilih Pasir Kucing (Cat Litter)

Sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu produk cat litter, Anda harus mempertimbangkan sejumlah poin, dari mulai sifat pasir, aroma, dan bahan-bahannya.

Sesuaikan Sifat Pasir dengan Preferensi Kucing: Gumpal atau Nongumpal?

Umumnya, cat litter terbagi menjadi dua sifat, yakni gumpal dan nongumpal. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mari simak penjelasan berikut untuk mengetahui jenis mana yang paling sesuai dengan kenyamanan dan kesehatan kucing Anda.

Gumpal: Pilihan Populer yang Mudah Dibersihkan

Sesuai namanya, pasir kucing jenis ini akan menggumpal ketika terkena urin atau feses kucing. Cat litter jenis ini cocok untuk Anda yang mengutamakan efisiensi dan kenyamanan karena mudah dibersihkan. Anda tinggal menyaring pasir yang menggumpal dan pasir yang masih bersih pun akan jatuh lagi ke wadah. Alhasil, Anda tidak perlu sering mengganti pasir.

Sayangnya, pasir dengan nama lain clumping cat litter ini cenderung menghasilkan lebih banyak debu dibanding yang non-clumping. Debu ini dapat terhirup oleh kucing dan mungkin juga Anda yang kemudian dapat mengganggu pernapasan. Jadi, jika kucing Anda atau Anda sendiri memiliki riwayat asma, sebaiknya hindari pasir kucing jenis gumpal.

Selain itu, teksturnya yang lengket juga mungkin tidak disukai kucing Anda. Harganya pun cenderung lebih mahal, meski ini sepadan mengingat kemudahannya saat dibersihkan. Beberapa bahan yang digunakan untuk pasir gumpal adalah bentonite clay, corn, coconut husk, grass, wheat, dan walnut shell.

Nongumpal: Daya Serap Lebih Baik dan Minim Debu

Pasir nongumpal biasanya terbuat dari clay non-clumping, wood, pine, paper, dan silica crystal. Bahan-bahan ini memiliki tekstur lebih besar dari pasir gumpal, sehingga tidak menghasilkan debu sebanyak pasir gumpal. Kucing juga biasanya menyukai jenis pasir ini karena teksturnya mirip pasir asli di alam.

Pasir nongumpal dapat menjadi pilihan jika Anda atau kucing Anda rentan terkena gangguan pernapasan. Tidak hanya minim debu, pasir nongumpal juga memiliki daya serap yang lebih baik dibanding pasir gumpal. Pasir ini bekerja dengan menyerap bau dan urin kucing.

Namun kekurangannya, apabila cairan yang terserap sudah terlalu banyak, cairan itu akan rembes dan tergenang di dasar nampan. Jadi, jika Anda memilih pasir nongumpal, pastikan untuk sering membuang pasir dan menggantinya dengan pasir baru.

Mana yang Lebih Baik, Pasir dengan Pewangi atau Tanpa Pewangi?

Di pasaran terdapat pasir kucing dengan tambahan zat pewangi dan yang tidak memakai pewangi tambahan. Apa perbedaannya, dan mana yang sebaiknya dipilih? Jika ini membingungkan Anda, kami akan membantu memberi penjelasan untuk memudahkan proses penentuan.

Pasir kucing dengan pewangi dapat menutupi bau tidak sedap dari urin dan feses. Aromanya bermacam-macam seperti lavender, teh hijau, lemon, spring breeze, dan masih banyak lagi. Tetapi, pewangi tambahan ini dapat terhirup oleh kucing Anda dan mungkin mengganggu pernapasannya. Selain itu, zat pewangi ini juga bisa tertelan saat kucing Anda menjilati cakarnya.

Namun, suatu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jacqueline Neilson, DVM di 2011 Veterinary Behavior Conference memberikan hasil bahwa kucing tidak menunjukkan respon signifikan terhadap pasir berpewangi atau tanpa pewangi. Jadi, tidak dapat dipastikan apakah kucing lebih menyukai pasir berpewangi atau tidak.

Apabila Anda menginginkan pasir berpewangi, pilihlah jenis wangi yang tidak mengganggu kucing. Pastikan juga kucing Anda tidak alergi terhadap wewangian tertentu. Tetapi jika Anda tidak keberatan dengan bau alami bawaan dari pasirnya, tentu saja pasir tanpa pewangi jauh lebih aman dan nyaman untuk dipilih.

Kalau Ingin Lebih Aman dan Ramah Lingkungan, Pilih yang Organik

Bila Anda memedulikan kesehatan Anda dan kucing Anda, pasir kucing organik bisa Anda pertimbangkan. Pasir kucing organik lebih aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alam seperti kayu, pine, rumput, ampas tofu, dan sebagainya. Pasir organik juga mudah terurai oleh tanah, berbeda dengan pasir nonorganik yang sulit terurai.

Karena berasal dari alam, pasir kucing organik bebas dari bahan-bahan kimia seperti silica dan sodium bentonine, serta lebih sedikit menghasilkan debu. Dengan demikian, Anda pun minim khawatir jika secara tidak sengaja pasir terhirup atau termakan oleh kucing Anda. Selain itu, pasir organik bekas dapat pula dimanfaatkan sebagai pupuk sehingga lebih serbaguna.

Meski tidak diberi tambahan pewangi buatan, pasir kucing yang berbahan dasar organik juga biasanya mampu menyerap bau dari urin dan feses kucing. Bau yang dihasilkan adalah bau bawaan dari bahan pasir itu sendiri. Sementara ketika Anda ingin membuang pasir, pasir organik dapat dibuang dengan dibilas ke dalam kakus.

Pastikan Harganya Senantiasa Pas di Kantong

Saat memutuskan untuk memelihara kucing, ada banyak biaya yang harus Anda pertimbangkan. Pasir kucing bukan hanya satu-satunya produk yang rutin dibeli. Anda juga perlu memikirkan biaya kebutuhan kucing lainnya seperti makanan, vitamin, perawatan ke petshop, biaya dokter, dan sebagainya. Jadi, pilihlah pasir kucing yang harganya sesuai kemampuan pengeluaran Anda.

Di pasaran, terdapat beragam jenis pasir kucing dengan harga bervariasi. Anda harus cukup jeli untuk memilih pasir dengan harga ekonomis sekaligus berkualitas baik. Biasanya, harga pasir kucing disesuaikan dengan ukuran kemasannya. Anda dapat menemukan produk kemasan dalam satuan liter maupun kilogram.

10 Rekomendasi Pasir Kucing (Cat Litter) Terbaik

Setelah memahami bagian sebelumnya, kami harap Anda memperoleh gambaran terkait produk yang hendak dipilih. Agar semakin memudahkan Anda dalam memilih, berikut pilihan pasir kucing versi PickyBest yang dapat Anda pertimbangkan. Selamat memilih!

1. Yi-Hu Aristo-Cats® Pine Cat Litter

Sumber: Shopee.co.id

Produk organik multiguna karena bisa dijadikan pupuk

Terbuat dari 100% bahan alami, yakni Russian pine wood, pasir kucing ini bisa masuk ke wishlist Anda yang menginginkan produk ramah lingkungan. Selain bebas zat kimia berbahaya, cat litter ini juga dapat menetralisir bau secara alami serta tidak menghasilkan debu. Alhasil, produk ini bisa dipastikan aman bagi kucing Anda.

Pasir kucing satu ini berbentuk seperti peluru padat yang akan berubah menjadi serbuk saat terkena urin kucing. Serbuk ini akan turun ke dasar nampan dan mudah dibersihkan. Serbuk ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman Anda.

Sifat pasirNongumpal
AromaKayu, tanpa pewangi tambahan
BahanPine wood
Ukuran kemasan10 kg
Kisaran hargaRp163.000

2. Kit Cat SOYA CLUMP Coffee

Mampu menyerap kelembapan hingga tiga kali lebih banyak

Cat litter keluaran Kit Cat ini memanfaatkan ampas kedelai dari sisa produksi susu kedelai. Formula instant clumping-nya membuat pasir ini langsung menggumpal begitu kontak dengan cairan. Gumpalan ini dapat dengan mudah Anda bersihkan.

Tak hanya organik, produk ini juga diklaim mampu menyerap kelembapan hingga tiga kali lebih banyak dibanding pasir kucing clay atau kristal. Kecepatannya dalam menyerap kelembapan ini membantu mengurangi bau urin dan melindungi kucing Anda dari amonia beracun.

Sifat pasirGumpal
AromaKopi
BahanSoya
Ukuran kemasan7 L
Kisaran hargaRp60.000

3. Easy Lite Wood Pellet Cat Litter

Ramah lingkungan dan tidak mengotori lantai rumah

Produk lain yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari pasir kucing organik adalah EasyLite Wood Pellet Cat Litter™. Terbuat dari 100% serat kayu yang dipadatkan menjadi bentuk pelet, pasir kucing ini aman bagi lingkungan.

Serbuk bekas pemakaiannya tinggal dibuang ke tanah atau tanaman untuk membantu menyuburkannya. Karena berbentuk padat, pasir kucing ini minim debu yang menempel di telapak kaki kucing. Jadi, lantai rumah Anda tidak mudah kotor oleh jejak-jejak kaki kucing.

Sifat pasirNongumpal
AromaKayu, tanpa pewangi tambahan
BahanSerat kayu
Ukuran kemasan7 kg
Kisaran hargaRp65.000

4. Cat’s Best Smart Pellets

Sumber: Shopee.co.id

Menetralisir bau dengan efektif hingga tujuh minggu

Serat kayu aktif yang menjadi bahan utama produk ini mampu menyerap cairan dan bau hingga tujuh kali ukurannya sekaligus menahannya di dalam. Dengan begitu, pasir ini akan menteralisir bau, membuat pasir awet di nampan hingga tujuh minggu!

Anda tinggal membuang gumpalan sisa kotoran kucing dengan sekop orisinal Cat’s Best atau merek lain yang dijual terpisah. Sekop orisinalnya ini memiliki lubang yang ukurannya sesuai dengan sisa pelet. Pasir gumpal ini juga tidak lengket sehingga tidak akan menempel di bulu dan telapak kaki kucing Anda.

Sifat pasirGumpal
AromaKayu, tanpa pewangi tambahan
BahanSerat kayu
Ukuran kemasan5 kg
Kisaran hargaRp63.500

5. Pet Kingdom Cat Litter Ultra Odor Seal Unscented

Dilengkapi activated charcoal yang menyerap bau lebih cepat

Meski tanpa tambahan pewangi buatan, Anda tidak perlu khawatir akan bau menyengat dari urin kucing jika menggunakan produk ini. Alasannya, activated charcoal dalam pasir kucing ini mampu menyerap dan menghilangkan bau lebih cepat.

Tak hanya mampu menghilangkan bau, pasir ini juga menggumpal dengan cepat dan sangat kuat berkat kandungan bentonite dan zeloit-nya. Gumpalan kuat ini mencegah penyebaran bakteri. Produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang kurang nyaman dengan pasir berpewangi.

Sifat pasirGumpal
AromaTidak beraroma
BahanBentonite, zeloite, charcoal
Ukuran kemasan10 L
Kisaran hargaRp89.000

6. YUI Cat Litter – Lemon

Bebas debu dengan aroma lemon segar

Jika Anda mencari cat litter dengan tambahan pewangi, Anda bisa memilih YUI Cat Litter. Aroma lemon segarnya dapat menyamarkan bau yang dihasilkan oleh urin atau feses kucing Anda. Selain wangi, pasir kucing ini juga bebas debu serta menyerap dan menggumpal dengan cepat.

Pasir kucing ini dipastikan bebas debu. Sifat antibakteri membantu menjaga pasir tetap ideal dipakai meski jarang diganti. Apabila bosan dengan aroma lemon, Anda bisa memilih varian lain, seperti kopi, lavender, dan apel.

Sifat pasirGumpal
AromaLemon
BahanBentonite
Ukuran kemasan10 L
Kisaran hargaRp60.000

7. Eco Cane Cat Litter

Berbahan alami sehingga tidak membahayakan kucing

Bila Anda menginginkan pasir kucing yang aman buat Anda maupun kucing Anda, cat litter dari Eco Cane ini bisa masuk pertimbangan. Produk ini terbuat dari ampas singkong dan tebu. Meski berbahan dasar ampas makanan, produk ini tidak beraroma makanan sama sekali.

Apabila tidak sengaja termakan oleh kucing, risiko muncul bahaya sangatlah minim. Eco Cane Cat Litter memiliki tingkat kepadatan rendah, sehingga sangat ringan untuk Anda bawa-bawa meski volumenya besar. Kapasitas penyerapannya sekitar 800% dari beratnya, menjadikan produk ini awet hingga 30 hari!

Sifat pasirGumpal
AromaTanpa pewangi tambahan
BahanSingkong dan tebu
Ukuran kemasan3,28 kg
Kisaran hargaRp140.000

8. Silicat Lavender

Tidak lengket, cakar kucing tetap bersih

Anda sedang mencari pasir kucing berpewangi? Cobalah Silicat Lavender. Produk ini terbuat dari silica gel higienis yang akan menghasilkan aroma manis lavender ketika basah.

Silica gel pada produk ini akan menyerap cairan dalam beberapa detik, kemudian menahan bakteri dan bau tidak sedap di dalamnya agar tidak menyebar. Sifatnya yang tidak berdebu dan tidak lengket menjadikan cakar dan bulu kucing Anda tetap bersih.

Sifat pasirNongumpal
AromaLavender
BahanSilica
Ukuran kemasan5,5 L
Kisaran hargaRp160.000

9. Fifi Litter for Starter

Formula hypoallergenic yang aman bagi kulit kucing

Bersama Fifi Litter for Starter, Anda tidak lagi mengalami pasir kucing berbau karena formulanya dapat menyerap bau secara langsung. Produk ini juga hypoallergenic sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kucing dengan kulit yang cukup sensitif.

Pasir ini memastikan kucing Anda bisa bernapas leluasa karena sifatnya yang minim debu (dust-free). Selain itu, pasir juga menghasilkan gumpalan keras, Anda pun cukup menyekop beberapa kali saat hendak membuang pasir. Produk ini tak hanya bebas parfum, tetapi juga deodoran dan bahan kimia lain.

Sifat pasirGumpal
AromaTanpa pewangi
BahanBentonite
Ukuran kemasan10 L
Kisaran hargaRp97.000

10. Cature Natural Tofu Clumping Cat Litter

Gumpalan dapat dibuang ke toilet sehingga lebih praktis

Produk ini 100% organik karena terbuat dari serat kacang polong pilihan. Gumpalannya bisa dibuang ke toilet sehingga cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan.

Dengan formula 99,5% bebas debu, cat litter beraroma susu ini tidak mengganggu kesehatan pernapasan Anda maupun si anak bulu. Setiap butiran pasir ini memiliki diameter 2 mm yang diperhatikan ketat untuk memaksimalkan kualitasnya.

Sifat pasirGumpal
AromaSusu
BahanTofu
Ukuran kemasan2.5 kg
Kisaran hargaRp138.000

Tabel Perbandingan Pasir Kucing (Cat Litter)

ProdukYi-Hu Aristo-Cats® Pine Cat LitterKit Cat SOYA CLUMP CoffeeEasyLite Wood Pellet Cat Litter™Cat’s Best Smart PelletsPet Kingdom Pasir Kucing Ultra Odor Seal   UnscentedYUI Cat LitterEco Cane Cat LitterSilicat LavenderFifi Litter for StarterCature Natural Tofu Clumping Cat Litter
Sifat pasirNongumpalGumpalNongumpalGumpalGumpalGumpalGumpalNongumpalGumpalGumpal
AromaKayu, tanpa pewangi tambahanKopiKayu, tanpa pewangi tambahanKayu, tanpa pewangi tambahanTidak beraromaLemonTanpa pewangi tambahanLavenderTanpa pewangiSusu
BahanPine woodSoyaSerat kayuSerat kayuBentonite, zeloite, charcoalBentoniteSingkong dan tebuSilicaBentoniteTofu
Ukuran kemasan10 kg7 L7 kg5 kg10 L10 L3,28 kg5,5 L10 L2.5 kg
Kisaran hargaRp163.000Rp60.000Rp65.000Rp63.500Rp89.000Rp60.000Rp140.000Rp160.000Rp97.000Rp138.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Cat litter adalah produk yang wajib dimiliki bagi Anda yang memiliki kucing peliharaan. Dalam memilih cat litter, ada beragam aspek yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari jenis pasir, kandungan zat tambahan, hingga harga yang sesuai budget tak boleh luput dari bahan pertimbangan Anda.

Berdasarkan sepuluh produk rekomendasi kami di atas, adakah produk yang masuk wishlist Anda? Kami harap Anda menemukan cat litter yang sesuai dengan kenyamanan Anda maupun kucing Anda. Semoga Anda tidak salah memilih produk, ya!

Referensi

To Clump or not to Clump? A Look at Non-Clumping Cat Litter
https://prettylitter.com/blogs/prettylitter-blog/to-clump-or-not-to-clump-a-look-at-non-clumping-cat-litter diakses pada 15 Desember 2021

Scented vs. Unscented Cat Litter: What does the research say?
https://www.litter-robot.com/blog/2017/11/24/scented-vs-unscented-cat-litter/ diakses pada 15 Desember 2021

Just Say No to Artificially Scented Cat Litter
https://www.floppycats.com/just-say-no-to-artificially-scented-cat-litter.html diakses pada 15 Desember 2021

What Are the Advantages of Using Eco-friendly and Biodegradable Cat Litter?
https://pawsnclawsoakland.com/eco-friendly-litters/what-are-the-advantages-of-using-eco-friendly-and-biodegradable-cat-litter/ diakses pada 15 Desember 2021

(Visited 298 times, 2 visits today)