Perawatan Hewan

10 Susu Terbaik untuk Anjing [Kolaborasi dengan Dokter Hewan]

Bila Anda memelihara anjing, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik baginya. Agar anjing Anda selalu dalam kondisi sehat, Anda perlu memperhatikan sumber nutrisinya, termasuk susu. Meski sangat berguna untuk kesehatannya, tidak semua susu boleh diberikan pada anjing karena dapat menyebabkan diare.

Anjing memerlukan susu yang cocok untuk pencernaannya. Sejumlah merek susu khusus anjing seperti Gromilk, Growppy, Howlymilk, dan sebagainya, dapat Anda temukan di marketplace atau di toko-toko hewan. Agar tak salah pilih, PickyBest akan memberikan panduan memilih susu untuk anjing Anda beserta rekomendasi beberapa produknya. Simak, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Hewan, drh. Carene Naomi

drh. Carene NaomiPakar/Spesialis

drh. Carene Naomi merupakan seorang dokter hewan lulusan Universitas Udayana. Saat ini, beliau berpraktek di Estimo Pet House Shop & Clinic, Bali. drh. Naomi sering menangani kasus infeksi virus, bakteri, dan parasit pada anjing dan kucing.

Selain berpraktek di klinik, dokter yang juga memiliki hobi menggambar dan bermain basket ini membuka layanan konsultasi online di berbagai aplikasi telemedicine populer di Indonesia.

Mengapa Anjing Tidak Boleh Mengonsumsi Susu Sembarangan?

blank

Susu dibutuhkan oleh anak anjing yang belum bisa memakan makanan padat. Pada anjing dewasa, susu diberikan saat sedang sakit atau kondisi lemah sebagai tambahan makanan untuk meningkatkan kesehatannya, atau sebagai treats saja.

Namun, tidak semua susu dapat diberikan pada anjing secara sembarangan. Alasannya, susu formula yang biasa dikonsumsi manusia mengandung laktosa, yaitu gula yang merupakan salah satu komponen khas dalam susu bersama lemak dan protein susu.

Sistem pencernaan manusia memiliki enzim laktase yang dapat memecah laktosa menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun pada anjing, ada yang bisa dan tidak bisa menoleransi laktosa.

Pada anjing yang tidak bisa menoleransi laktosa pada susu dapat mengakibatkan perut kembung atau diare. Sebaiknya, konsultasi ke dokter terlebih dulu apabila Anda kurang yakin apakah anjing Anda mengalami intoleransi laktosa atau tidak.

Sama seperti manusia, anjing juga bisa menderita intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah hilangnya enzim beta laktamase yang bertugas untuk memecah gula pada susu.

Enzim ini awalnya tinggi berada di dalam saluran cerna anjing, tapi setelah kurang lebih 1 bulan, jumlahnya semakin menurun. Hal ini dikarenakan anjing berumur 1 bulan sudah masuk tahap weaning (artinya sudah belajar disapih dan mulai makan makanan khusus puppy/baby dog).

Nah, pada beberapa anjing yang sudah dewasa, karena enzim ini sudah tidak ada, gula yang tidak dicerna jadi menumpuk di saluran cerna, menyebabkan diare dan muntah-muntah. Meski demikian, tidak semua anjing akan menderita intoleransi laktosa. Ada juga anjing yang bisa menoleransi laktosa dan memang suka minum susu (dan produk turunannya) sebagai treat.

Intinya, anjing dewasa boleh minum susu dalam jumlah sedikit. Tetapi, jika anjing Anda mengalami diare, kembung, dan muntah setelah meminum susu, segera hentikan, ya.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Manfaat Mengonsumsi Susu bagi Anjing

blank

Terkadang ada anak anjing yang tidak mendapatkan air susu dari induknya atau bahkan tidak memiliki induk. Pada kondisi itu, anak anjing yang masih kecil harus diberi susu formula khusus anak anjing sebagai nutrisi pengganti susu induknya untuk mendukung pertumbuhannya.

Untuk anjing dewasa dan mulai menua, kandungan di dalam susu dapat menjaga kesehatan tubuhnya, seperti merawat kepadatan tulang, meningkatkan sistem imun, dan mengoptimalkan kinerja organ dalam. Namun, penting untuk memperhatikan takaran pemberiannya sesuai keterangan pada kemasan.

Bagi anak anjing, makanan utama adalah air susu induknya. Selama masa menyusui (kurang lebih 1 – 1,5 bulan), hanya ASI-lah yang diberikan.

Pada induk yang memiliki anak terlalu banyak, induk yang tidak mau menyusui, anakan yang tidak punya induk, anakan yang tumbuh kembangnya kurang optimal karena kurangnya asupan ASI, susu formula bisa diberikan.

Selain itu, perlu juga diingat, memberi susu setelah weaning (sapih) sebenarnya tidaklah wajib. Namun, pet owners bisa memberikan susu jika dirasa anjing yang dipelihara mengalami kekurangan nutrisi atau bisa diberikan jarang-jarang sebagai treats.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Cara Memilih Susu untuk Anjing

Sebagai pencinta anjing, tentu Anda tidak ingin sembarangan memilih susu untuk anjing kesayangan Anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu untuk anjing adalah kandungan nutrisi sesuai tahapan usia, bentuk susu, dan sumbernya. Mari simak penjelasan berikut ini.

Sesuaikan Kandungan Nutrisinya dengan Tahapan Usia

blank

Memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan adalah hal yang paling utama dalam memilih susu untuk anjing. Sebab, nutrisi yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung tahapan usianya.

  • Untuk anak anjing, pilih yang mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, energi, dan air dalam jumlah seimbang. Bila ada bagian yang kurang atau berlebih, kesehatannya akan terganggu. Jadi, bila Anda memelihara anak anjing, Anda perlu memilih susu khusus untuk anak anjing.
  • Untuk anjing dewasa, pilih yang tinggi vitamin dan rendah lemak. Hal itu berguna untuk memperkuat sistem imun agar tak mudah sakit sekaligus menghindari obesitas. Untuk mereka, berikanlah susu khusus untuk anjing dewasa.

Bagi Anda yang memelihara banyak anjing dengan usia berbeda-beda, Anda dapat memilih susu untuk anjing yang ditujukan untuk semua usia.

Penting untuk memilih susu berdasarkan tahap usianya, sebab kandungannya telah disesuaikan dengan kebutuhan anjing pada fase pertumbuhannya.

Misalnya, susu untuk anak anjing biasanya memiliki kalori lebih tinggi karena diperuntukan untuk anak anjing yang masih dalam masa pertumbuhan.

Beberapa komponen yang mungkin ada di dalam susu khusus anak anjing:

  • DHA (asam lemak omega 3) berguna untuk fungsi kognitif dan baik untuk mata.
  • Prebiotik FOS yang mendukung fungsi saluran cerna anjing yang baru lahir. Membantu perkembangan sistem imun dengan menyeimbangkan bakteri baik di dalam perut.
  • Maltodextrin yang merupakan penambah energi untuk anak anjing yang baru lahir. Selain bagus untuk pertumbuhan, senyawa ini juga bisa menjaga suhu tubuh bayi anjing dan mengurangi risiko kematian bayi anjing.
drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Ketahui Bentuk Susu Kesukaan Anjing Anda, Bubuk atau Cair?

blank

Ada dua macam bentuk susu untuk anjing, yaitu bubuk dan cair.

  • Susu bubuk: Mudah disimpan karena cukup diletakkan di tempat kering dan kedap udara, waktu simpan lebih tahan lama daripada susu cair, dan lebih awet. Namun, penyajiannya kurang praktis karena harus diseduh terlebih dahulu.
  • Susu cair: Harus ditaruh di lemari pendingin agar susu tetap segar. Penyajiannya sangat praktis, Anda tinggal menuangkannya ke dalam wadah. Namun, waktu simpannya tergolong singkat dan tidak tahan lama.

Biasanya, susu untuk anjing tipe bubuk bisa bertahan 1 bulan setelah dibuka. Perhatikan cara menyeduh susu bubuk, karena ini bisa berpengaruh pada tingkat osmolalitas susu, yang bisa menyebabkan diare atau konstipasi bila pembuatan tidak tepat.

Sementara susu cair, pastikan agar tidak menggunakan susu yang sudah dibuka lebih dari 72 jam untuk mencegah kontaminasi dan kualitas susu yang turun.

Dari kedua tipe susu ini, pastikan cara penyajian dan penyimpanannya benar untuk mendapat manfaat maksimal dari kedua jenis produk. Pilih produk kualitas tinggi yang sudah memiliki dokter hewan ahli gizi (vet nutritionist) di dalam tim mereka.

drh. Carene Naomi, Dokter Hewan
drh. Carene Naomi

Pilih Berdasarkan Sumber Susunya

blank

Susu formula khusus untuk anjing dapat berasal dari berbagai sumber, seperti susu sapi, kambing, dan anjing. Dari ketiga sumber susu ini, diketahui bahwa laktosa pada masing-masing sumber susu dalam satuan g/Mcal adalah sebagai berikut:

  • Anjing 20 g/Mcal
  • Sapi 28,8 g/Mcal
  • Kambing 57,7 g/Mcal

Selain memperhatikan kadar laktosa pada sumber susunya, perhatikan pula energi, protein, kalsium, dan fosfor pada masing-masing sumber susu untuk memperoleh susu yang tepat sesuai kebutuhan anjing Anda.

10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Anjing

Dari poin-poin di atas, Anda sudah memahami apa saja pertimbangan dalam memilih susu untuk anjing dan bagaimana menemukan produk yang tepat. Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi susu untuk anjing terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Selamat memilih!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan drh. Naomi.

1. Gromilk Organic Nutritious Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Nutrisi tambahan untuk mengatasi masalah pencernaan

Gromilk Organic Nutritious Milk adalah susu kambing organik khusus untuk anjing atau kucing, terutama yang sedang flu atau memiliki masalah pencernaan. Mengandung probiotik, susu ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mencegah gangguan lambung pada peliharaan Anda.

Produk ini mengandung vitamin, protein, dan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan anjing Anda. Selain itu, susu untuk anjing ini juga bisa dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan bagi anjing/kucing yang kurang gizi atau yang masih bayi, dan penambah ASI bagi sang induk.

Cocok untuk Semua usia, anjing malnutrisi, underweight, susah makan, atau mengidap flu
Kandungan Goat Milk Powder, Skim Milk Powder, Calcium, Natrium, Protein, DHA, Inulin, Maltodekstrin, Non Dairy Creamer, Soy Protein Isolate non GMO, Flavor Essence, Mineral Premix, Vitamin Premix B Complex (B1, B2, B6, Calcium Pantothenate (B5), B12)
Sumber susu Kambing
Bentuk Bubuk
Isi 1 boks isi 10 saset @30 gr
Kisaran harga Rp95.000

2. Goats Milk Esbilac® For Puppies

blank

Sumber: Petag.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Sumber nutrisi untuk pertumbuhan dan pemulihan

Bila Anda baru mengadopsi anak anjing yatim piatu atau terlantar, Anda perlu memberikannya susu khusus bernutrisi lengkap untuk pertumbuhannya, seperti Goats Milk Esbilac® For Puppies. Susu ini diformulasikan untuk anak anjing, terutama yang berusia 0-6 minggu dengan pencernaan sensitif, karena mudah dicerna dan mudah dicampur.

Tak hanya itu, susu untuk anjing ini juga dapat diberikan kepada anjing dewasa yang stres atau sedang dalam tahap pemulihan pascaoperasi. Pasalnya, setelah operasi, anjing membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan psikisnya.

Cocok untuk Usia 0 – 6 minggu, anjing dengan pencernaan yang sensitif
Kandungan

 

Dried whole goat milk powder, casein, vegetable oil (preserved with tocopherols), dried goat milk protein, dried whey protein concentrate, dicalcium phosphate, choline chloride, lecithin, DL-methionine, L-arginine, magnesium sulfate, monopotassium phosphate, potassium chloride, salt, iron amino acid chelate, tricalcium phosphate, dipotassium phosphate, vitamin A supplement, vitamin D3 supplement, copper sulfate, vitamin E supplement,

zinc sulfate, niacin supplement, calcium pantothenate, folic acid, thiamine hydrochloride, pyridoxine hydrochloride, riboflavin supplement, manganese sulfate, calcium iodate, vitamin B12 supplement, biotin

Sumber susu Kambing
Bentuk Bubuk
Isi 340 gr
Kisaran harga Rp475.000

3. Beaphar Lactol Puppy Milk

blank

Sumber: Beaphar.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Pengganti susu yang mirip dengan susu anjing alami

Beaphar mengeluarkan produk yang mirip dengan air susu induk anjing alami yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Kaya akan kandungan DHA, asam amino, vitamin, dan mineral esensial, Beaphar Lactol Puppy Milk merupakan pengganti susu untuk anak anjing yang baru lahir, yatim piatu, atau sedang menyapih.

Dengan formula yang mudah dicerna dan berprotein tinggi, produk ini juga perlu diberikan untuk induk anjing yang sedang hamil atau menyusui, anjing dewasa yang sedang sakit atau dalam masa penyembuhan.

Cocok untuk Anak anjing, anjing yang sedang hamil/menyusui, serta anjing sakit/sedang dalam masa pemulihan
Kandungan Whey Powder, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Nicotinic Acid, Pantothenic Acid, Choline, Lysine, Methionine, Selenium.
Sumber susu Sapi
Bentuk Bubuk
Isi 250 gr
Kisaran harga Rp150.000

4. Zeal® Lactose Free Pet Milk

blank

Sumber: Blibli.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Terbuat dari susu sapi segar dan bebas laktosa

Susu untuk anjing ini terbuat dari susu sapi premium asal Selandia Baru yang berprotein tinggi dan bebas laktosa. Mengandung bahan-bahan alami lain seperti minyak sayur yang rendah lemak, Zeal® Lactose Free Pet Milk diperuntukkan bagi anjing dari segala usia.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan petunjuk cara memberi makan yang berbeda untuk anak anjing, anjing dewasa, atau anjing yang sudah tua. Bila Anda juga memelihara kucing, susu ini bisa juga diberikan kepada anak bulu Anda.

Cocok untuk Semua usia
Kandungan Whole milk (fresh) vegetable oil (sunflower), taurine, vitamin E, vitamin B1, Vitamin B2.
Sumber susu Sapi
Bentuk Cair
Isi 1 L
Kisaran harga Rp125.000

5. Pets Own® Active Adult Milk with Glucosamine

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Susu rendah lemak untuk anjing berusia di atas 1 tahun

Bila anjing atau kucing peliharaan Anda sudah berumur lebih dari 1 tahun atau yang kurang aktif, mereka membutuhkan susu yang diformulasikan khusus untuk hewan yang sudah senior agar kebutuhan nutrisi mereka tetap terjaga.

Anda dapat memilih Pets Own® Active Adult Milk with Glucosamine, yang merupakan susu rendah lemak alami dan berprotein tinggi. Jadi, Anda dapat memberikan susu untuk anjing ini pada peliharaan Anda sesering mungkin tanpa khawatir dengan asupan kalori yang berlebih.

Cocok untuk Anjing dan kucing dewasa
Kandungan Low Fat Milk, Non Fat Milk Solids, Vegetable Oil. Emulsifier, Vegetable Gums, Glucosamine Sulphate, Amino Acids (Incl Taurine & Methionine), Vitamin & Mineral Blend, Lactase Enzyme
Sumber susu Tidak disebutkan
Bentuk Cair
Isi 1 L
Kisaran harga Rp98.000

6. BBN Goat’s Milk

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Susu bernutrisi untuk segala jenis hewan peliharaan

Merupakan produk susu kambing yang berasal dari Selandia Baru, BBN Goat’s Milk menggunakan teknologi tinggi untuk menjaga nutrisi terbaik tetap tersimpan dalam produknya. Kaya akan nutrisi dan kalsium yang tinggi, susu ini cocok untuk segala jenis hewan peliharaan, terutama anjing.

Selain untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari, susu untuk anjing ini juga dapat mencegah sakit perut, kembung, masalah usus, atau diare pada hewan peliharaan Anda.

Cocok untuk Semua usia
Kandungan Tinggi kalsium dan protein
Sumber susu Kambing
Bentuk Bubuk
Isi 400 gr
Kisaran harga Rp198.000

7. Growppy Milk

blank

Sumber: Lazada.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengoptimalkan perkembangan kesehatan anak anjing dan indukan

Susu khusus untuk anjing satu ini berbentuk bubuk dalam kemasan saset, cepat larut dan tidak menggumpal sehingga mudah dicerna. Growppy Milk mengandung protein tinggi dan kadar laktosa yang rendah, serta antioksidan dan vitamin yang dapat mendukung kekebalan tubuh dan perkembangan anak anjing Anda.

Sebagai suplemen pengganti makanan, susu untuk anjing ini tidak hanya dapat diberikan pada anak anjing, tapi juga dapat dijadikan suplemen untuk indukan yang menyusui atau anjing yang sudah tua, agar kesehatan anjing Anda lebih optimal.

Cocok untuk Anak anjing
Kandungan Milk proteins, animal fats, whey protein powder, soybean oil, coconut oil, fish oil (source of DHA), minerals, fructo-oligo-saccharides. Growppy milk contains a patented Antioxidant complex of vitamin E, C and taurine. Lactose: 18.5%
Sumber susu Sapi
Bentuk Bubuk
Isi 1 boks isi 10 saset @30 gr
Kisaran harga Rp38.000

8. Howlymilk Organic Goat Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

100% susu segar asli untuk anjing berbagai usia

Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu anjing dengan usia beragam, tidak perlu repot membeli susu untuk usia anjing tertentu. Semua manfaat susu, mulai dari yang baru lahir hingga dewasa, ada pada Howlymilk Organic Goat Milk. Apalagi, susu ini berstatus human grade, yang artinya dapat pula dikonsumsi manusia, membuat keamanannya terjamin.

Berikan susu ini pada anjing Anda sebagai minuman biasa atau dapat dicampur dengan makanan mereka. Selain berfungsi untuk mencegah agar tidak mudah sakit, susu untuk anjing ini juga berfungsi sebagai pengganti ASI bagi anak anjing yang tidak memiliki induk, memperlancar ASI bagi sang induk, dan juga mengatasi masalah pencernaan mereka.

Cocok untuk Semua usia, anjing dengan pencernaan sensitif, induk menyusui
Kandungan 100% susu segar asli non-pasteurisasi
Sumber susu Kambing
Bentuk Cair
Isi 350 mL
Kisaran harga Rp28.500

9. Golden Puppy Milk Replacer for Puppy

blank

Sumber: Blibli.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Bukalapak Cek Harga di Tokopedia

Suplemen makanan untuk anak anjing, anjing hamil atau menyusui

Bermanfaat sebagai suplemen makanan, Golden Puppy Milk Replacer for Puppy cocok diberikan untuk anak anjing, anjing hamil atau menyusui. Diperkaya vitamin dan mineral, susu ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Susu untuk anjing ini juga mengandung antioksidan kompleks dan asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan bulu mereka agar tidak mudah rontok.

Cocok untuk Anak anjing, anjing hamil atau menyusui
Kandungan Dried whey protein concentrate, dried whey, animal fat, lecithin, vegetable oil, dicalcium phosphate, calcium carbonate, dried whey protein isolate, maltodextrine, choline chloride, l-lysine, dl-methionine, vit.a, vit.d3, vit.E, sodium selenite, ferrous sulfate, menadione dimethylpyrimidinol, ascorbic acid, vit.b12, riboflavin, calcium pantothenate, niacin, thiamine hydrochloride, pyridoxine hydrochloride, biotin, citric acid, folic acid, magnesium chloride, copper sulfate, zinc sulfate, cobalt carbonate, manganese sulfate, potassium iodate.
Sumber susu Tidak disebutkan
Bentuk Bubuk
Isi 250 gr
Kisaran harga Rp31.500

10. Better Pro Dog Fat Milk

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Penambah nafsu makan dan sistem imun pada anjing

Anjing peliharaan Anda tampak lesu dan kurang nafsu makan? Atau anjing Anda sedang sakit atau dalam masa pemulihan sehabis melahirkan? Berikan Better Pro Dog Fat Milk pada mereka untuk menambah nafsu makan, memperkuat pencernaan, dan meningkatkan sistem imun mereka, agar mereka kembali sehat dan energik seperti semula.

Namun, perhatikan takaran susu untuk anjing ini sesuai masing-masing kondisi. Karena takaran untuk memelihara kesehatan anjing akan berbeda dengan takaran untuk anjing yang sedang sakit atau sehabis operasi atau melahirkan.

Cocok untuk Untuk anjing yang sedang sakit, sehabis operasi/melahirkan, dan anjing kurang gizi
Kandungan Arachidonic acid 0,07%, Ash 6,0%, Biotin 1,0 mg, Calcium 1,1%, Diertary fibre 0,5%, DL-methionnine 1,2%, EPA/DHA 0,15%, Fat 39%, Linoleoc acid 3,2%, Metabolisable energy 5135,0 kcal, Metabolisable energy measure 5590,0 kcal, Metionine cystine 1,65%, Moisture 3%, Nitrogen free extract 19%, Omega 3 0,76%, Omega 6 3,3%, Phosporus 0,8%,  Protein 33%, Taurine 2500 mg, Vit A 25000 UI, Vit C 300 mg, Vit E 600mg
Sumber susu Sapi
Bentuk Bubuk
Isi 300 gr
Kisaran harga Rp90.000

Tabel Perbandingan Susu untuk Anjing

Produk Gromilk Organic Nutritious Milk Goats Milk Esbilac® For Puppies Beaphar Lactol Puppy Milk Zeal® Lactose Free Pet Milk Pets Own® Active Adult Milk with Glucosamine BBN Goat’s Milk Growppy Milk Howlymilk Organic Goat Milk Golden Puppy Milk Replacer for Puppy Better Pro Dog Fat Milk
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Cocok untuk Semua usia, anjing malnutrisi, underweight, susah makan, atau mengidap flu Dried whole goat milk powder, casein, vegetable oil (preserved with tocopherols), dried goat milk protein, dried whey protein concentrate, dicalcium phosphate, choline chloride, lecithin, DL-methionine, L-arginine, magnesium sulfate, monopotassium phosphate, potassium chloride, salt, iron amino acid chelate, tricalcium phosphate, dipotassium phosphate, vitamin A supplement, vitamin D3 supplement, copper sulfate, vitamin E supplement, Anak anjing, anjing yang sedang hamil/menyusui, serta anjing sakit/sedang dalam masa pemulihan Semua usia Anjing dan kucing dewasa Semua usia Anak anjing Semua usia, anjing dengan pencernaan sensitif, induk menyusui Anak anjing, anjing hamil atau menyusui Untuk anjing yang sedang sakit, sehabis operasi/melahirkan, dan anjing kurang gizi
Komposisi Goat Milk Powder, Skim Milk Powder, Calcium, Natrium, Protein, DHA, Inulin, Maltodekstrin, Non Dairy Creamer, Soy Protein Isolate non GMO, Flavor Essence, Mineral Premix, Vitamin Premix B Complex (B1, B2, B6, Calcium Pantothenate (B5), B12) zinc sulfate, niacin supplement, calcium pantothenate, folic acid, thiamine hydrochloride, pyridoxine hydrochloride, riboflavin supplement, manganese sulfate, calcium iodate, vitamin B12 supplement, biotin Whey Powder, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Nicotinic Acid, Pantothenic Acid, Choline, Lysine, Methionine, Selenium. Whole milk (fresh) vegetable oil (sunflower), taurine, vitamin E, vitamin B1, Vitamin B2. Low Fat Milk, Non Fat Milk Solids, Vegetable Oil. Emulsifier, Vegetable Gums, Glucosamine Sulphate, Amino Acids (Incl Taurine & Methionine), Vitamin & Mineral Blend, Lactase Enzyme Tinggi kalsium dan protein Milk proteins, animal fats, whey protein powder, soybean oil, coconut oil, fish oil (source of DHA), minerals, fructo-oligo-saccharides. Growppy milk contains a patented Antioxidant complex of vitamin E, C and taurine. Lactose: 18.5% 100% susu segar asli non-pasteurisasi Dried whey protein concentrate, dried whey, animal fat, lecithin, vegetable oil, dicalcium phosphate, calcium carbonate, dried whey protein isolate, maltodextrine, choline chloride, l-lysine, dl-methionine, vit.a, vit.d3, vit.E, sodium selenite, ferrous sulfate, menadione dimethylpyrimidinol, ascorbic acid, vit.b12, riboflavin, calcium pantothenate, niacin, thiamine hydrochloride, pyridoxine hydrochloride, biotin, citric acid, folic acid, magnesium chloride, copper sulfate, zinc sulfate, cobalt carbonate, manganese sulfate, potassium iodate. Arachidonic acid 0,07%, Ash 6,0%, Biotin 1,0 mg, Calcium 1,1%, Diertary fibre 0,5%, DL-methionnine 1,2%, EPA/DHA 0,15%, Fat 39%, Linoleoc acid 3,2%, Metabolisable energy 5135,0 kcal, Metabolisable energy measure 5590,0 kcal, Metionine cystine 1,65%, Moisture 3%, Nitrogen free extract 19%, Omega 3 0,76%, Omega 6 3,3%, Phosporus 0,8%,  Protein 33%, Taurine 2500 mg, Vit A 25000 UI, Vit C 300 mg, Vit E 600mg
Sumber susu Kambing Kambing Sapi Sapi Tidak disebutkan Kambing Sapi Kambing Tidak disebutkan Sapi
Bentuk Bubuk Bubuk Bubuk Cair Cair Bubuk Bubuk Cair Bubuk Bubuk
Isi 1 boks isi 10 saset @30 gr 340 gr 250 gr 1 L 1 L 400 gr 1 boks isi 10 saset @30 gr 350 mL 250 gr 300 gr
Kisaran harga Rp95.000 Rp475.000 Rp150.000 Rp125.000 Rp98.000 Rp198.000 Rp38.000 Rp28.500 Rp31.500 Rp90.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari drh. Carene Naomi

blank

Perhatian saat memberikan susu untuk anjing

Sebelum memberikan susu alternatif untuk anak anjing, pastikan suhu tubuh mereka terlebih dahulu. Jika suhu tubuh anak anjing <34 derajat Celcius, sulit bagi mereka untuk mencerna susu, sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna.

Buat suasana hangat dengan lampu penghangat, heating pad, dan botol kaca yang diisi air hangat. Setelah suhu anak anjing yang baru lahir (kurang dari 7 hari) adalah 35,5 – 36,5 derajat Celcius, baru bisa diberikan susu formula.

Perlu diketahui, suhu normal anjing (38 – 39,2 derajat Celcius) baru bisa dicapai setelah anak anjing berumur 3 minggu.

Tip memberikan susu untuk puppy (new born dan sudah weaning) dan anjing dewasa

Pertama-tama, pastikan untuk membaca dengan saksama di bagian belakang produk dan ikuti sesuai aturan supaya susu yang dibuat tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Untuk anjing dewasa, seperti telah dijelaskan sebelumnya, pemberian susu tidak diwajibkan alias bisa diberikan secara occasional sebagai treats saja.

Untuk anak anjing baru lahir, pet owners bisa memberikan susu formula dengan dot ataupun tube (pada dokter hewan praktek). Gunakan botol dot khusus anak anjing yang dot nipple-nya sudah disesuaikan untuk aliran air susu yang tepat.

Jika aliran susu terlalu cepat, anak anjing bisa tersedak dan menelan air susu ke saluran pernapasan. Hal ini bisa berbahaya dan menyebabkan pneumonia aspirasi.

Posisi menyusui juga perlu diperhatikan. Menyusui anak anjing tidak seperti menyusui bayi manusia. Posisikan seperti saat anak anjing menyusu lewat puting induknya.

Yuk, cek rekomendasi produk perawatan anjing dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Tidak hanya bermodalkan kasih sayang, dalam memelihara anjing juga butuh pengetahuan dalam memberikan nutrisi yang terbaik untuk mereka. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing Anda, pastikan susu yang Anda berikan tepat untuk usia dan pencernaan mereka, agar terhindar dari masalah kesehatan secara keseluruhan.

Berdasarkan rekomendasi yang kami berikan, kami harap Anda sudah menemukan susu untuk anjing mana yang paling tepat untuk anjing kesayangan Anda. Selamat merawat anak bulu!

Referensi

Hindari Pemberian Susu Berlaktosa
https://anjingkita.com/artikel/3059/hindari-pemberian-susu-berlaktosa diakses pada 2 November 2022

How to Use Milk Replacers for Puppies
https://www.petsmart.com/learning-center/dog-care/how-to-use-milk-replacers-for-puppies/A0128.html?fdid=dog diakses pada 2 November 2022

Should You Give a Dog Milk?
https://www.vetinfo.com/should-you-give-a-dog-milk.html diakses pada 2 November 2022

Can Dogs Drink Milk or Cream?
https://dogcare.dailypuppy.com/can-dogs-drink-milk-cream-2174.html diakses pada 2 November 2022

Can Dogs Eat Cheese and Ice Cream?
http://www.dogfoodadvisor.com/dog-feeding-tips/dogs-milk-dairy-products/ diakses pada 2 November 2022

Nutrisi untuk Anak Anjing
https://proplan.co.id/tips-artikel/artikel-anjing/nutrisi-untuk-anak-anjing diakses pada 2 November 2022

Jika Anjing Diberi Minum Susu Kambing
https://dokterhewan.co.id/detailpost/jika-anjing-diberi-minum-susu-kambing diakses pada 2 November 2022

Canine milk replacers
https://vetfocus.royalcanin.com/en/scientific/canine-milk-replacers diakses pada 2 November 2022

You may also like

Comments are closed.