Written by 15:12 Perawatan Hewan

10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik

Saat memelihara kucing, kebersihan badannya perlu terus dijaga. Anda dapat memelihara kebersihan kucing dengan memandikannya. Gunakanlah sampo kucing  dengan formula sampo khusus yang tidak akan mengiritasi kulit kucing, terlebih menyebabkan kerontokan bulu.

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda temukan sampo kucing terbaik. Dari mulai poin penting ketika proses pemilihan, hingga list produk berkualitas tersedia di sini! Kin+Kind, Bio-Groom, Bioline, dan brand ternama lain memproduksi sampo kucing yang dapat Anda pilih untuk kucing kesayangan. Jadi, baca ulasannya sampai akhir!

Cara Memilih Shampo Kucing

Dengan mengetahui apa saja yang mesti dipertimbangkan ketika memilih sampo kucing, diharapkan Anda bisa menemukan satu produk terbaik yang sesuai kebutuhan kucing Anda. Oleh karena itu, pertama-tama kami akan jelaskan tips pemilihan sampo kucing. Silakan disimak!

Pilih Jenis Sampo sesuai Keperluan Kucing Anda

Setiap sampo kucing diformulasikan dengan berbagai cara berbeda sesuai hasil akhir yang diinginkan. Oleh karena itu, pilihlah sampo kucing sesuai preferensi dan kebutuhan kucing Anda. Berikut beberapa jenis sampo kucing yang perlu Anda perhatikan karakteristiknya agar sesuai dengan kebutuhan kucing Anda.

Sampo Tradisional: Cocok untuk Segala Jenis Kulit Kucing

Sampo tradisional adalah sampo kucing yang diformulasi dalam formula ringan dan lembut. Sampo kucing jenis ini sangat baik untuk memberikan perawatan terhadap kulit kucing. Selain itu, terdapat juga pilihan untuk berbagai jenis kulit, mulai dari kulit normal hingga kulit sensitif sekalipun.

Sampo-Kondisioner: Membuat Kulit Bersih, Bulu Kucing pun Terasa Lembut

Sampo yang dilengkapi kondisioner akan menghemat Anda menyiapkan body care untuk kucing. Di samping membersihkan, sampo plus kondisioner akan memberikan kehalusan pada bulu kcing. Menggunakan produk semacam ini sangat cocok bagi kucing berbulu panjang agar bulunya semakin lembut, bersinar, dan mudah ditata.

Waterless Shampoo: Opsi Terbaik untuk Kucing yang Takut Air

Waterless shampoo biasanya hadir dalam bentuk tisu basah, powder, atau spray yang digunakan tanpa perlu membilas. Oleh karena itu, jenis ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif bagi kucing yang takut air. Saat menggunakan sampo jenis ini, pastikan produk tidak mengandung minyak esensial yang berpotensi merusak bulu kucing.

Pilih Sampo yang Diperuntukkan Khusus bagi Kucing

Hal terpenting tatkala memilih sampo kucing adalah memastikan formulanya diperuntukkan khusus bagi kucing. Produk ini lebih kecil kemungkinannya membuat kulit kucing kering. Bila menggunakan sampo manusia untuk kucing, boleh jadi keberadaan pewarna buatan atau bahan kimia pada sampo manusia menyebabkan kulit kucing teriritasi.

Kucing akan menjilati bulunya untuk mengeringkan diri sehabis dimandikan. Apabila Anda menggunakan sampo manusia yang mengandung bahan tidak sesuai dengan kondisi kucing, maka yang terjadi adalah kucing Anda berisiko terganggu kesehatannya ketika menjilati tubuhnya seusai mandi. Bila memilih sampo untuk hewan peliharaan universal, pastikan produk tersebut aman untuk kucing.

Pilih Sampo yang Mengusung Konsep Minimal Komposisi

Pastikan sampo kucing yang Anda gunakan berbahan dasar sederhana. Hal ini penting karena kucing sering menjilati bulunya dan menelan apa saja yang ada di bulunya. Baca daftar bahan yang tertera dan pastikan bahan-bahan tersebut aman bagi kucing Anda. Jangan mudah tergoda pada label “natural” atau “organik”. Bahan yang natural pun tetap bisa membahayakan kucing, misalnya tea tree oil.

Selain itu, ketika tercantum klaim “all natural” pada kemasan, bukan berarti sampo tersebut tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Apabila kucing Anda menderita gatal-gatal akibat kutu, Anda memerlukan sampo berkandungan bahan kimia tertentu. Bila ini yang terjadi, Anda bisa konsultasikan dulu dengan dokter hewan untuk memilih sampo kutu yang tepat.

Gunakan Sampo Khusus apabila Kucing Anda Mengalami Masalah

Apabila kucing Anda memiliki masalah kulit tertentu seperti gatal-gatal, ketombe, iritasi kulit, atau kulit sensitif, carilah sampo yang didesain khusus untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Sampo-sampo ini biasanya mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit dan mengatasi permasalahan kulit si kucing.

Untuk Mengatasi Kutu dan Caplak, Pilih Sampo yang Efektif Meringankan Reaksi Alergi

Jika kucing Anda mengalami gatal-gatal akibat banyak kutu di tubuhnya, Anda dianjurkan memilih sampo yang dibuat mampu meredakan alergi. Reaksi gigitan dari kutu dan caplak kerap membuat kulit menggaruk-garuk tubuhnya. Segera kurangi rasa gatal tersebut dengan mengeramasi kucing Anda dengan sampo khusus kutu kucing.

Namun, sampo jenis ini tidak boleh digunakan anak kucing di bawah 6 minggu karena dapat menyebabkan iritasi. Perlu diingat pula, sampo tipe ini hanya membasmi kutu yang hidup di kulit kucing, namun tidak hingga telur-telurnya. Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter hewan Anda untuk solusi terbaik lainnya.

Untuk Meredakan Iritasi Kulit, Pilih Sampo dengan Label Medicated

Memilih sampo berlabel medicated dapat membantu mengurangi peradangan, kemerahan, dan mengurangi rasa gatal pada kulit kucing. Beberapa bahan yang dikenal efektif menenangkan kulit manusia seperti aloe vera, tea tree oil, dan chamomile  justru malah berbahaya bagi kucing. Oleh karena itu, kenali reaksi bahan-bahan yang terdapat di dalam sampo kucing Anda.

Apabila kucing Anda mengalami iritasi yang cukup parah, kucing Anda memerlukan perhatian medis untuk penanganan lebih serius. Bawalah kucing Anda ke dokter hewan untuk segera ditangani kondisinya. Namun, pada kondisi ringan, sampo medicated cukup bekerja meredakan inflamasi dan kemerahan, serta membantu menurunkan reaksi gatal yang menyertai.

Pastikan Keamanannya dengan Memilih Sampo yang Sedikit Mengandung Bahan Artifisial

Jangan membeli produk sampo yang mengandung pewarna artifisial, paraben, sulfat, atau petrochemicals. Zat-zat kimia seperti ini dapat membahayakan kucing Anda. Bahkan, tak jarang pula Anda temukan komponen-komponen tersebut di dalam sampo berlabel natural atau organik.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mengecek daftar bahan yang tertera pada kemasan produk. Selain itu, disarankan supaya Anda memilih sampo yang hanya sedikit mengandung wewangian. Bila perlu, pilihlah sampo kucing tanpa aroma agar kucing Anda tidak stres akibat kesulitan mencium bau tubuhnya sendiri.

10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik

Selanjutnya, Anda akan melihat sepuluh sampo kucing terbaik dari berbagai merek yang telah kami singgung sebelumnya. Pilihlah sampo sesuai kebutuhan kucing Anda. Selain itu, agar tidak sia-sia, sesuaikan pula ukuran sampo kucing yang akan Anda beli berdasarkan seberapa rutin Anda memandikan kucing. Selamat memilih!

1. Earthbath Soothing Stress Relief Shampoo Eucalyptus & Peppermint

Produk ramah lingkungan yang efektif mengatasi iritasi dan dermatitis

Berkat formula bebas sabun, sampo ini akan membersihkan secara lembut sekaligus menutrisi bulu kucing tanpa khawatir terjadi iritasi atau kulit kering. Selain dapat meredakan iritasi akibat gigitan kutu dan dermatitis, sampo kucing keluaran Earthbath ini juga didukung wewangian alami dari peppermint yang menyegarkan.

Sampo kucing tanpa kandungan kimia berbahaya ini merupakan salah satu produk all natural yang 100% biodegradable, menjadikannya ramah terhadap lingkungan. Produk ini dapat digunakan untuk memandikan kucing berumur 6 minggu lebih. Tak hanya buat kucing, sampo ini juga ideal untuk anjing, lho!

Jenis sampo Sampo tradisional
Diperuntukkan bagi Kucing, anjing, dan hewan peliharaan lain
Komposisi Purified water, renewable plant-derived and coconut-based cleansers, organic aloe vera, vitamins A, B, D & E, glycerin, eucalyptus & peppermint oils, preservative
Fungsi utama Menenangkan dan menyembuhkan iritasi
Keamanan produk Tanpa sabun, tanpa gluten, tanpa DEA, tanpa paraben, tanpa pewarna buatan, tanpa sulfat, tanpa phthalates, cruelty-free
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 472 mL
Kisaran harga Rp220.000

2. Kin+Kind Lavender Calm Dog Cat Waterless Bath

Memandikan kucing menjadi lebih mudah dengan sampo satu ini

Sampo berbusa tanpa perlu dibilas ini terbuat dari bahan-bahan natural dan telah tersertifikasi USDA Organic. Diformulasikan tanpa sulfat dan paraben, Kin+Kind Lavender Calm Dog Cat Waterless Bath diproduksi ala rumahan di Amerika Serikat dengan memerhatikan kode etik kerja dan keamanan.

Dengan wewangian lavendel, sampo waterless ini memberikan aroma lembut nan menenangkan. Keberadaan coconut oil, olive oil, dan gliserinnya mampu menjaga kelembaban kulit kucing. Sampo natural ini juga dapat menghilangkan alergen sehingga kucing Anda bebas gatal-gatal.

Jenis sampo Waterless shampoo
Diperuntukkan bagi Kucing dan anjing
Komposisi Witch hazel, saponified organic olive oil, saponified organic coconut oil, glycerin, cinnamomum camphora linalooliferum wood essential oil, patchouli essential oil, potassium citrate, quillaja saponaria wood extract
Fungsi utama Menyingkirkan alergen penyebab kulit gatal
Keamanan produk Tanpa sulfat, tanpa paraben, tersertifikasi USDA Organic
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 236 mL
Kisaran harga Rp294.000

3. Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo

Direkomendasikan top breeders dan professional groomers di seluruh dunia

Selain praktis karena tidak perlu dibilas, sampo kucing produksi Bio-Groom ini juga menjadi pilihan banyak cat person karena di dalamnya telah dilengkapi formula kondisioner. Anda bisa memanfaatkan fungsi shampoo sekaligus conditioner-nya untuk kucing bersih dan berbulu lembut.

Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo tidak mengandung bahan kimia yang keras. Saat digunakan, sampo ini takkan meninggalkan residu pemicu iritasi. Sampo ini memiliki pH seimbang serta formulasi ringan yang dipastikan aman bagi tubuh kucing. Untuk kucing yang diterpa masalah kutu dan caplak sekalipun, produk ini mampu mengatasinya!

Jenis sampo Waterless sampoo (lengkap dengan kondisioner)
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Purified water, cleansers derived from regrowable and 100% biodegradable sources of corn, coconut and palm kernel oils, sodium coco sulfate, decyl glucoside, lauramidopropyl betaine, PFG-75 lanolin, Polysorbate 20, chamomile, lavendar fragrance, phenoxyethanol, Blue 1, Red 33
Fungsi utama Perawatan kutu dan jamur
Keamanan produk Tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak meninggalkan residu yang mengiritasi kulit, tanpa paraben, tanpa pengental artifisial, tanpa sabun, pH seimbang
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 236 mL
Kisaran harga Rp109.000

4. Smooth Touch Pro-V Cat The Best Shampoo for All Breed

Sampo+kondisioner dengan UV screen lindungi kucing dari paparan matahari

Sampo mewah satu ini mampu membersihkan, menutrisi, dan memberikan kilau indah pada bulu kucing. Disusun bersama surfaktan ringan yang efektif menghilangkan kotoran. Ada pula kondisioner yang berfungsi untuk melembutkan dan menjaga kelembaban bulu. Lengkap dengan nutrisi untuk bulu sehat, halus, dan indah sepanjang hari!

Formula pada sampo ini sanggup memperbaiki tekstur bulu yang kasar, mencegah peradangan, sekaligus mengurangi alergi. Smooth Touch Pro-V Cat juga diperkaya properti pelindung sinar UV sehingga bulu kucing Anda tidak rusak akibat paparan sinar matahari.

Jenis sampo Sampo-kondisioner
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Tidak diketahui
Fungsi utama Meningkatkan tekstur kulit, melindungi kulit dari inflamasi dan meredakan alergi
Keamanan produk Tidak disebutkan
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 1 L
Kisaran harga Rp120.000

5. True Iconic Meow Show Plus Cat & Kitten Bath

Aman dipakai pada kondisi cuaca lembap maupun kering!

True Iconic Meow Show Plus Cat & Kitten Bath meenrapkan formulasi invoatif yang dapat mengurangi penggumpalan dan kusut pada bulu kucing. Sampo ini bekerja menghilangkan minyak berlebih dan kotoran  tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit kucing.

Dirancang secara khusus, produk ini mampu memberikan energi, merevitalisasi bulu, serta efektif mencerahkan warna bulu. Bahan baku alami tanpa alkohol, silikon, ekstrak hewan, sodium klorida atau pewarna rambut memastikannya aman untuk penggunaan jangka panjang..

Jenis sampo Sampo tradisional
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Sodium laureth sulfate, cocoamidopropyl betaine, cocamide DEA, propylene glycol, DMDM hydantoin, citric acid, tetrasodium EDTA, floral essence, water
Fungsi utama Memperkuat bulu/mengurangi kerontokan, memberikan efek antiseptik
Keamanan produk Tanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa deterjen, tanpa ekstrak hewan, tanpa sodium klorida, tanpa pewarna rambut, tidak mengubah warna dan tekstur alami bulu atau kulit kucing
Wewangian
Penyerap bau (deodoran)
Kapasitas isi 400 mL
Kisaran harga Rp230.000

6. Dermcare Malaseb Medicated Shampoo

Ampuh menyembuhkan berbagai masalah kulit kucing

Sampo ini dikenal manjur dalam mengatasi masalah kulit pada kucing seperti Seborrhoeic Dermatitis (infeksi bakteri dan yeast) dan Dermatophytosis (infeksi jamur atau ringworm). Produk ini bekerja dengan mengontrol jumlah mikroorganisme, mengurangi minyak berlebih, sekaligus menghilangkan alergen pada bulu kucing.

Karena sampo ini memiliki kandungan kimia yang cukup keras, pengaplikasiannya harus memerhatikan petunjuk keselamatan. Jangan sampai terkena mata, selalu gunakan sarung tangan saat menggunakan sampo ini, dan pastikan kucing Anda tidak terpapar sampo ini selama lebih dari sepuluh menit karena dapat menyebabkan iritasi.

Jenis sampo Medicated sampoo
Diperuntukkan bagi Kucing dan anjing
Komposisi Chlorhexidine gluconate, miconazole nitrate
Fungsi utama Mengobati jamur, scabies, dan berbagai jenis dermatitis serta penyakit kulit hewan lain
Keamanan produk Hanya untuk perawatan hewan
Wewangian Tidak disebutkan
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 250 mL
Kisaran harga Rp230.000

7. Bioline Deshedding Shampoo for Cats

Bulu kucing Anda rontok? Segera atasi dengan sampo ini!

Bioline Deshedding Shampoo for Cats diformulasikan khusus untuk memberikan nutrisi bagi bulu kucing. Bila sebelumnya bulu kucing Anda terasa kaku dan kasar, setelah dikeramasi dengan sampo ini akan berubah jadi lembut, halus, sehat, dan bersinar.

Yang lebih menarik lagi, sampo ini termasuk tangguh mengurangi kerontokan berlebih yang sering dialami kucing saat musim panas. Selain sebagai sampo, Bioline Deshedding Shampoo for Cats juga bertindak sebagai kondisioner. Butuh produk cat body care yang praktis dan hemat biaya? Jelas ini pilihannya!

Jenis sampo Sampo tradisional
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Radix polygoni multiflori, deionised water, sodium laureth sulfate, coconut monoethanol amide, cocamidopropyl betaine, Polyquaternium-10, tuber fleeceflower root extract, fragrance
Fungsi utama Mengurangi kerontokan bulu, mencegah bulu kaku
Keamanan produk Tidak disebutkan
Wewangian Tidak disebutkan
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 200 mL
Kisaran harga Rp55.000

8. Tubby Feline Cat Shampoo Persian

Sampo kucing Persia yang aman untuk penggunaan harian

Sampo ini diperuntukkan khusus untuk kucing Persia yang khas dengan bulu panjangnya. Agar tidak mudah rontok, Tubbe Feline Cat Shampoo Persian diformulasi bahan unggulan yang dapat menguatkan akar bulu. Tak hanya mencegah kerontokan, produk berdesain sederhana ini turut meningkatkan kelembutan bulu kucing persia Anda.

Produk besutan Tubby Feline satu ini dipastikan aman pakai setiap kali memandikan kucing. Apalagi, jaminan produk ramah lingkungan, pet friendly, dan cruelty free membuat sampo ini kian diminati pecinta kucing. Tak butuh waktu lama, hanya 3 – 5 menit, kucing Anda seketika bersih, berbulu lembut, dan nyaman diajak bermain!

Jenis sampo Sampo tradisional
Diperuntukkan bagi Kucing ras persia
Komposisi Tidak diketahui
Fungsi utama Pengontrol kerontokan, pelembut bulu
Keamanan produk Ramah lingkungan, pet-friendly, cruelty-free
Wewangian Tidak disebutkan
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 500 mL
Kisaran harga Rp55.000

9. Armani Tick & Flea Cat Shampoo

Efektif basmi parasit pada bulu kucing

Satu lagi produk sampo datang sebagai solusi ekonomis untuk mengatasi kutu, caplak, pinjal, dan parasit lain di kulit kucing. Dirancang dengan kadar obat antikutu dalam batas aman dan sesuai ijin dokter hewan, produk yang juga lolos uji klinis ini mampu menyehatkan seluruh bulu kucing termasuk kultinya dari berbagai parasit mengganggu!

Dihadirkan dengan wangi floral blue yang harum segar yang tahan lama, Armani Tick & Flea Cat Shampoo akan meninggalkan wangi nyaman bagi kucing. Selain ampuh membersihkan bulu kucing dari bermacam parasit, sampo dengan harga tak sampai Rp50.000 ini bagus pula untuk melembutkan bulu kucing berkat formula khusus di dalamnya.

Jenis sampo Sampo tradisional
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Tidak diketahui
Fungsi utama Membasmi kutu, caplak, pinjal, dan serangga yang mengganggu
Keamanan produk Tidak disebutkan
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 200 mL
Kisaran harga Rp25.000

10. Espree Natural Bright White Cat Shampoo

Bantu kembalikan warna putih bulu kucing Anda

Espree Natural Bright White Cat Shampoo kami rekomendasikan untuk Anda yang mempunyai kucing dengan bulu dominan berwarna putih. Mengadopsi teknologi optical brighteners, produk ini bekerja menghilangkan kotoran, minyak, dan noda membandel yang memicu tampilan kusam pada bulu putih kucing Anda.

Tidak mengandung deterjen dan 100% mudah terurai, sampo kucing tinggi komposisi organik ini aman bagi lingkungan. Susunan bahan-bahan bermutu pada sampo ini tidak hanya ideal diaplikasikan pada kucing dewasa, bahkan anak kucing atau kitten sekalipun. Penasaran mencobanya?

Jenis sampo Sampo biasa
Diperuntukkan bagi Kucing
Komposisi Organic aloe vera (hydrator), coconut based cleaners (plant derived), panthenol (conditioner), jojoba (moisturizer), vitamins A, D, E, dan optical brightening agents
Fungsi utama Membersihkan kotoran membandel pada bulu dan kulit kucing
Keamanan produk Tanpa deterjen, 100% biodegradable
Wewangian
Penyerap bau (deodoran) Tidak disebutkan
Kapasitas isi 355 mL
Kisaran harga Rp155.000

Kesimpulan

Sampo kucing tak hanya membuat bulu kucing Anda bersih dari kotoran, kutu, jamur, dan terbebas dari masalah kerontokan. Selain bebas bau, tubuh kucing yang bersih juga membuat Anda betah bermain lama dengannya. Jadi, perhatikanlah produk yang dapat mengurangi bau pesing, serta pastikan daya pembersihnya efektif.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai proses pemilihan sampo kucing, tak sulit  bukan? Terlebih lagi, sepuluh produk cat sampoo berkualitas baik memudahkan Anda menentukan pilihan. Ayo jaga kebersihan kucing peliharaan Anda agar dirinya bebas gatal dan bau.

(Visited 717 times, 33 visits today)