Written by 01:13 Aksesori & Lainnya

10 Merk Keyboard Gaming Terbaik dan Berkualitas

Logitech G310 Atlas Dawn

Keyboard gaming diciptakan untuk memenuhi kebutuhan gamers memperoleh kepuasan lebih banyak dalam bermain dibandingakn keyboard yang biasa digunakan hanya untuk aktivitas mengetik. Pada umumnya, keyboard ini hadir dengan teknologi mekanik, meskipun sebagian lain menerapkan teknologi standar atau membran. Bagi yang menginginkan performa lebih unggul dari banyak sisi, tentu merk keyboard gaming yang tepat adalah keyboard mekanik.

Mechanical keyboard dan membrane keyboard masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pabrikan ternama seperti Asus, Rexus, Sades, dan Logitech saling berlomba menciptakan keyboard gaming yang diklaim lebih unggul dari produk ciptaan brand lain. Jika Anda membutuhkan keyboard gaming untuk menunjang aktivitas bermain yang optimal, kami akan membahas terkait barang tersebut secara tuntas melalui artikel ini.

Cara Memilih Keyboard Gaming

Yang pertama akan kami bahas adalah mengenai cara memilih keyboard gaming. Terdapat elemen-elemen vital yang perlu dipertimbangkan tatkala Anda berencana untuk membawa pulang sebuah keyboard gaming, mulai dari jenis keyboard, desain, layout, material pembuatan, hingga metode konektivitasnya. Untuk memahami lebih lanjut masing-masing elemen, kami telah merunut bagian tersebut secara terpisah melalui poin-poin berikut.

Kenali Jenis Keyboard yang Beredar di Pasaran

Ada dua jenis keyboard yang dirancang khusus untuk keperluan para gamers di seluruh dunia, yaitu keyboard mekanik (mechanical keyboard) dan keyboard membran (membrane keyboard). Perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing jenis akan kami ulas dengan rinci pada dua poin di bawah.

Keyboard Membran Untuk Harga yang Lebih Ekonomis

Keyboard Membran Untuk Harga yang Lebih Ekonomis

Pada masa lampau, kehadiran keyboard membran terasa seperti angin segar karena mempunyai performa yang lebih unggul dibandingkan mesin ketik manual. Walaupun dari beberapa aspek, seperti teknologi dan daya tekan, yang dimiliki sama, namun dari segi komponen atau sirkuit elektronik pada keyboard mekanik dibuat lebih berkembang.

Keyboard jenis ini mempunyai tiga lapisan yang diletakkan tepat di bawah tombol atau tuts keyboard. Membran yang terbuat dari silikon ini dilengkapi oleh lapisan granit. Fungsi membran pada bagian bawah tombol adalah untuk menghantarkan sinyal ketukan sehingga mengaktifkan lapisan pada sirkuit di bawahnya. Bicara performa, keyboard membran cukup baik dalam menunjang beberapa permainan bergenre ringan.

Keyboard membran memiliki beberapa kelebihan, seperti suara ketikan yang terdengar lebih lembut, bobot keyboard yang lebih ringan, dan harga jual yang relatif terjangkau. Apabila Anda terbatas dalam hal bujet, tidak ada salahnya untuk mencoba keyboard gaming berteknologi membran. Beberapa pabrikan ada yang merilis produk dengan harga ekonomis namun tetap baik dalam hal performa.

Keyboard Mekanik Untuk Sensasi Bermain yang Memuaskan

Keyboard Mekanik Untuk Sensasi Bermain yang Memuaskan

Selain menggunakan teknologi membran, keyboard gaming jenis lain yang tak kalah populer adalah keyboard mekanik. Bentuk teknologi yang diterapkan pada keyboard mekanik merupakan versi penyempurnaan dari keyboard membran. Beberapa elemen yang dikembangkan antara lain pemakaian material yang lebih solid seperti berbahan metal sehingga membuat barang ini terkesan lebih menarik.

Bukan cuma itu, keyboard mekanik juga memiliki individual switch pada masing-masing tombol. Hal ini menyebabkan setiap tombol mempunyai mekanik sendiri. Dengan dilengkapi oleh pegas pada masing-masing tombol, tentu terdapat umpan balik yang sempurna ketika Anda menekan salah satu atau beberapa tombol keyboard gaming jenis mechanical ini secara bersamaan.

Dari segi ketahanan, keyboard mekanik juga terbukti lebih awet dan tangguh dibandingkan pendahulunya. Jika keyboard membran hanya mampu bertahan pada 10 juta kali pencetan, keyboard mekanik bisa bertahan hingga 50 juta kali tekanan bahkan lebih. Beberapa produk juga ada yang tetap eksis dan berguna walaupun sudah berumur kurang lebih 30 tahun, seperti pada IBM Model M yang menggunakan konektor PS/2.

Selain berdaya tahan tangguh. keyboard mekanik juga lebih akurat karena antar tombol memiliki jarak beberapa milimeter. Kemudian, keyboard gaming berteknologi mekanik juga dapat mengurangi risiko RSI (Repetitive Strain Injury). RSI adalah rasa sakit yang muncul akibat jari yang terlalu banyak dipakai mengetik. Kelebihan lain dari keyboard gaming mekanik adalah mudah dalam urusan perawatan karena setiap keycaps atau tuts-nya bisa dilepas.

Pada Keyboard Mekanik, Perhatikan Jenis Switch yang Digunakan

Perhatikan Jenis Switch yang Digunakan

Setelah membaca poin sebelumnya, tentu Anda sepakat kalau keyboard mekanik lebih ideal dipakai untuk bermain game. Dengan tawaran spesifikasi yang lebih mumpuni, ada hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai jenis ini, yaitu switch-nya. Setidaknya ada 7 macam switch utama yang terdapat pada mechanical keyboard, yaitu:

  1. Cherry MX Hitam. Punya alur lurus dari atas ke bawah saat ditekan. Bobot dari keyboard dengan switch ini cenderung lebih berat kakibat pegas yang didesain lebih tebal. Hal tersebut juga menyebabkan switch ini memerlukan tenaga lebih saat ingin ditekan.
  2. Cherry MX Merah. Secara karakter mirip dengan Cherry MX Hitam, namun rancangan pegas yang digunakan lebih ringan sehingga Anda tak perlu tenaga ekstra untuk memencet setiap tombolnya.
  3. Cherry MX Silver (Abu-abu). Untuk switch yang satu ini memiliki karakter linerar yang dilengkapi pegas lebih pendek dan ringan. Jenis Cherry MX Silver juga memungkinkan Anda mencapai titik aktuasi (titik capai menuju sirkuit untuk mengirimkan sinyal) dengan lebih cepat.
  4. Cherry MX Biru. Tergolong sebagai tactile switch yang mampu memberikan umpan balik hingga ke ujung jari seperti rasa hentakan.
  5. Cherry MX Cokelat. Secara karakter menyerupai Cherry MX Biru, namun tidak memiliki efek benturan ganda, melainkan langsung menancap/memukul hingga ke bagian sirkuit.
  6. Cherry MX Hijau. Tipe ini juga mirip dengan Cherry MX Biru, tapi dari segi pegas memiliki ketebalan yang cukup besar sehingga akan lebih berat saat ditekan.
  7. Cherry MX Clear. Untuk yang terakhir ini juga mempunyai pegas yang tebal dan terasa berat ketika ditekan. Namun kelebihannya, Cherry MX Clear punya efek suara yang lebih senyap dibandingkan Cherry MX Hijau.

 

Setiap switch pada keyboard gaming mekanik ini tidak bisa digeneralisasi. Maka dari itu, tentukan aktivitas gaming atau tipe permainan seperti apa yang biasa Anda mainkan. Sebagai contoh, apabila Anda terbiasa memainkan permainan FPS, maka keyboard dengan switch tipe pegas seperti Cherry MX Black bisa dipilih. Alasannya tak lain karena switch ini punya pegas yang tebal sehingga Anda bisa menekan tombol berturut-turut untuk menghasilkan tembakan beruntun tanpa takut salah pencet.

Pertimbangkan Memilih Layout Keyboard Sesuai Kebutuhan

Pertimbangkan Memilih Layout Keyboard Sesuai Kebutuhan

Layout setiap keyboard gaming umumnya dirancang dengan jumlah tuts sekitar 88 – 101 buah. Beberapa produsen juga ada yang melengkapi tombol numerik tambahan pada bagian kanannya. Keyboard numerik ini berguna untuk menyimpan fitur makro atau shortcut yang sangat berguna dalam banyak permainan. Namun yang perlu diingat, semakin banyak jumlah tuts maka bisa menambah kerepotan Anda saat bermain.

Untuk pengalaman yang lebih nyaman dan tetap memuaskan, disarankan memilih layout keyboard berdesain sederhana, memiliki tingkat respons yang baik, dan jumlah tuts yang dimiliki tidak terlalu banyak. Meskipun kehadiran banyak tuts dapat menunjang beberapa macam permainan, sebaiknya Anda pikir-pikir lagi jika hal tersebut hanya akan membuat Anda kesulitan untuk mengenali atau bahkan lupa lokasi tombol dengan fungsi tertentu.

Pilih Keyboard Dengan Backlight yang Dapat Diatur

Pilih Keyboard Dengan Backlight yang Dapat Diatur

Apakah ruangan tempat Anda terbiasa menghabiskan waktu dengan game PC kekurangan cahaya? Jika tak ingin salah dalam menekan tombol serta meningkatkan gaya saat bermain, utamakan untuk memilih keyboard gaming yang memiliki backlight. Backlight adalah lampu yang terpasang pada bagian bawah setiap tombol. Ada dua jenis lampu latar, yaitu rainbow dan LED.

Keyboard gaming yang dibekali backlight rainbow tentu akan kalah dengan yang LED. Lampu LED ini menyimpan banyak sekali warna sehingga sensasi bermain akan terasa lebih mengasyikkan dengan kerlap-kerlip lampu yang bergantian. Selain itu, keberadaan backlight dengan warna-warni menarik ini juga mampu meningkatkan nilai estetika pada keyboard gaming yang Anda gunakan.

Keyboard Gaming Berkabel atau Nirkabel?

Keyboard Gaming Berkabel atau Nirkabel

Selain peranti pengarah kursor atau mouse yang terdiri dalam bentuk kabel dan tanpa kabel, keyboard gaming juga demikian. Apabila Anda menginginkan produk yang menjunjung tinggi portabilitas, maka keyboard nirkabel atau wireless merupakan pilihan yang tepat. Keyboard wireless atau tanpa kabel ini bisa digunakan tanpa harus meletakkannya di atas meja komputer, melainkan di tempat tidur, lantai kamar, atau bahkan di pangkuan juga bisa!

Walaupun unggul pada aspek portabilitas, keyboard gaming nirkabel kurang cocok dipakai untuk permainan yang menuntut respon cepat. Sekalipun ada keyboard gaming wireless yang dinobatkan sangat baik dalam hal responsifitas, biasanya produk tersebut dipasarkan dengan harga yang sangat mahal. Untuk menghindari bujet pengeluaran terlalu besar, Anda bisa memilih wired gaming keyboard.

Keyboard dengan kabel mungkin sedikit merepotkan dengan keberadaan kabelnya, tapi dari beberapa sisi, keyboard jenis ini yang paling ideal digunakan untuk keperluan sebagian besar permainan. Selain itu, keyboard non-wireless juga unggul dari segi fleksibilitas dimana Anda bisa langsung mengoperasikannya tanpa harus melakukan pengisian ulang daya baterai. Harga yang lebih terjangkau juga menjadi alasan lain mengapa keyboard gaming berkabel dipilih banyak orang.

Untuk Keyboard Berkabel, Perhatikan Jenis Konektivitas yang Digunakan

Wired keyboard yang diciptakan secara spesifik untuk menunjang aktivitas bermain game ini terdiri dari dua jenis konektivitas utama, yaitu USB dan PS/2. Untuk masing-masing metode konektivitas, Anda bisa membaca poin-poin di bawah ini.

Metode Konektivitas USB, Menawarkan Kemudahan Namun Kurang Maksimal Dalam Merespon Tuts Hit Secara Bersamaan

Metode Konektivitas USB

Secara eksistensi mungkin bentuk port USB terkesan jadul. Tapi fakta di lapangan menunjukkan kalau keyboard gaming yang menerapkan konektivitas USB berjumlah lebih banyak dibandingkan konektivitas PS/2. Bahkan, meskipun diketahui kalau kemampuan respon dari wired keyboard dengan port USB lebih lamban atau tak jarang mengalami delay, jenis ini tetap banyak dipilih karena menawarkan kemudahan.

Hanya dengan mencoloknya ke komputer, Anda bisa langsung mengoperasikan keyboard. Selain itu, keyboard gaming dengan konektivitas USB juga kompatibel untuk banyak komputer. Misalnya Anda ingin bermain game di PC warnet atau rumah teman, Anda bisa membawa keyboard gaming sendiri dari rumah. Dengan begitu, Anda tetap bisa menuntaskan berbagai macam misi atau aksi yang ditawarkan dari setiap permainan favorit Anda.

Metode Konektivitas PS/2, Cepat Merespon Banyak Tekanan Namun Sulit Dicari

Metode Konektivitas PS2

Metode konektivitas PS/2 menawarkan kemampuan respon yang lebih cepat dibandingkan USB. Bukan cuma itu, metode ini juga memiliki kelebihan seperti mampu merespon banyak pencetan tombol secara bersamaan. Beda dengan keyboard gaming berjenis port USB yang belum banyak mengantongi fitur ini, pada keyboard berkonektor PS/2, kemampuan ini bisa dirasakan setiap orang.

Di balik kelebihannya, tentu ada kekurangan tersendiri dari metode konektivitas ini, seperti produk yang tergolong mahal untuk kalangan middle class. Selain itu, produsen yang mengeluarkan keyboard gaming jenis ini juga belum menyebarkan produk tersebut ke Indonesia. Karena itu Anda perlu melakukan pembelian dari luar melalui marketplace semacam Amazon ataupun menitip pada jasa penitipan yang mudah dicari di Instagram.

Pastikan Telah Dibekali Fitur Anti Ghosting

Pastikan Telah Dibekali Fitur Anti Ghosting

Fitur penting lain yang tak boleh Anda lewatkan adalah anti ghosting. Ghosting merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keterbatasan dari perangkat keras yang kurang baik dalam membaca kombinasi tombol yang diberikan. Tak cuma itu, ghosting juga berlaku untuk perangkat lunak pada komputer yang tidak mendukung fitur beberapa tombol secara simultan.

Dengan memilih keyboard gaming yang dilengkapi spesifikasi anti ghosting, Anda tak akan kesal akibat ada tombol yang tidak terpencet sehingga membuat Anda mati atau kalah dalam permainan. Namun yang perlu diketahui, walaupun sebuah keyboard ditempeli keterangan anti ghosting, tak sedikit dari mereka yang tetap miss untuk beberapa penekanan tombol secara gabungan.

Ini wajar terjadi karena setiap pabrikan menggunakan teknologi yang berbeda untuk mengatasi masalah ini sehingga hasilnya pun bisa bervariasi. Strategi pemasan juga turut memperkeruh masalah ini, seperti menerapkan label “Anti Ghosting” pada produk keluarannya, namun tetap ada batasan sampai sejumlah besar penekanan tombol. Karena itu, jangan kaget apabila sewaktu-waktu keyboard gaming berbekal anti ghosting yang Anda beli masih ditemui masalah ghosting yang agak mengganggu.

10 Merk Keyboard Gaming Terbaik dan Berkualitas

Brand-brand terkemuka saling berlomba untuk menghadirkan keyboard gaming yang diklaim punya kualitas paling bagus. Agar tak keliru atau salah dalam memilih, kami akan memperlihatkan kepada Anda rekomendasi merk keyboard gaming terbaik yang sudah dibuktikan banyak orang mengenai kualitasnya. Silakan dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda!

1. Leopard G20

Leopard G20

Kisaran harga: Rp124.000

Hadir sebagai pilihan sempurna untuk gamer pemula

Deskripsi Produk:

  • Keyboard gaming dengan lampu LED RGB (backlight) warna-warni yang cantik untuk menunjang nilai estetika.
  • Hadir dalam pilihan warna hitam pekat yang terkesan elegan saat digunakan untuk bermain.
  • Layout standar sehingga cocok dipakai untuk Anda yang masih awam dalam penggunaannya.
  • Desain keyboard gaming yang memberikan kesan keren saat dipakai ini akan memberikan gaming desk Anda tampak lebih menarik.
  • Berat total 2 kilogram.
  • Harga jual yang tergolong murah sehingga tak akan menguras isi kantong maupun dompet Anda.

 

2. Rexus Battlefire K9D

Rexus Battlefire K9D

Kisaran harga: Rp145.000

Berkonsep double injection keycaps untuk huruf keyboard anti pudar

Deskripsi Produk:

  • Keyboard gaming terbaik persembahan produsen terkemuka, Rexus, dengan menawarkan sisi ekonomis dari segi harga.
  • Berjenis semi mekanik dengan 104 tombol yang pada tiga bagian dilengkapi lampu LED dengan 3 warna yang terang, yait hijau, merah, dan biru.
  • Lampu LED yang bisa disesuaikan sehingga tidak memberikan kesan menghipnotis atau monoton sat digunakan.
  • Dibekali fitur Anti Ghost pada ke-19 tombol penting untuk menunjang permainan tanpa gangguan.
  • Terbuat dari material aluminium alloy yang menjadikannya ideal untuk kebutuhan para gamers pemula ataupun profesional.
  • Ditanamkan teknologi double injetion keycaps sehingga tidak membuat huruf pada keyboard pudar meskipun sering dipakai.
  • Hadir dalam 2 pilihan warna, yaitu hitam dan silver yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

 

3. Imperion Stinger KG-MM2

Imperion Stinger KG MM2

Kisaran harga: Rp280.000

Pilihan gaming keyboard murah untuk Anda yang terbatas dalam hal budget

Deskripsi Produk:

  • Alternatif keyboard gaming di bawah 500 ribuan sehingga cocok untuk kantong pelajar sekalipun.
  • Menggabungkan teknologi membran dan mekanikal pada bagian tombol yang terpisah.
  • Badan keyboard terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi sehingga menjamin daya tahan yang cukup lama.
  • Terdapat 26 tombol utama yang dibekali fitur anti ghosting untuk pengalaman bermain yang mengesankan.
  • Disertai 6 warna backlight yang menarik untuk menambah nilai keindahan dari produk ini.
  • Kabel mesh dengan magnet dan konektor yang berlapiskan emas untuk memberikan kualitas respon lebih cepat.

 

4. Sades Thyrsus

Sades Thyrsus

Kisaran harga: Rp550.000

Berbekal anti ghosting pada semua tombol guna mengoptimalkan performa bermain

Deskripsi Produk:

  • Keyboard gaming mekanik berukuran cukup besar yang menawarkan kepuasan lebih saat memainkan berbagai macam genre permainan.
  • Terdapat 104 tombol yang masing-masing memiliki lampu RGB backlight dan fitur anti ghosting.
  • Menggunakan antarmuka USB 2.0 berlapiskan emas.
  • Diklaim mampu bertahan pada jumlah ketikan mencapai 80 juta kali.
  • Switch dengan umpan balik yang sempurna dan ringan ditekan sehingga Anda tak perlu tenaga lebih saat menggunakannya.

 

5. E-Blue Mazer K752

E Blue Mazer K752

Kisaran harga: Rp950.000

Keyboard gaming di bawah 1 juta dengan daya tahan hingga 50 juta klik

Deskripsi Produk

  • Terbuat dari bahan metal aluminium yang kokoh dengan tekstur rivet yang keren.
  • Dilapisi dengan bahan ABS berwarna putih pada bagian bawah keyboard dengan tambahan dekorasi iluminasi dari lampu LED berwarna biru yang memancar ke seluruh area setiap tombol.
  • Menggunakan konsep LED rainbow 8 mode iluminasi pada masing-masing baris yang dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda.
  • Dipersenjatai dengan switch tangguh dari brand JWH untuk menawarkan daya tahan tombol pada merk keyboard gaming sebanyak 50 juta klik.
  • Setiap tombol sudah dilengkapi fitur anti ghosting sehingga sebanyak apapun kombinasi tuts yang digunakan, komputer mampu meresponnya dengan baik.
  • Jumlah tuts mencapai 94 yang masing-masing terbuat dari bahan ABS kokoh, memungkinkan keyboard ini awet dalam jangka waktu lama.

 

6. Logitech G310 Atlas Dawn

Logitech G310 Atlas Dawn

Kisaran harga: Rp1.080.000

Dengan teknologi switch yang dikembangkan mandiri untuk respon 25% lebih cepat

Deskripsi Produk:

  • Keyboard gaming terbaik unggulan Logitech yang sudah dipakai para gamers profesional di banyak negara.
  • Desain berwarna hitam yang solid menutupi seluruh bagian keyboard dengan sedikit kombinasi warna biru cerah, memberikan kesan menarik, elegan, dan kontras pada saat yang bersamaan.
  • Menerapkan teknologi mekanikal TKL yang dapat memfasilitasi kebutuhan permainan dengan mobilitas tinggi.
  • Lampu LED berwarna biru yang memanjakan mata. Efek ini bisa diubah melalui perangkat lunak yang disertakan.
  • Keycap yang agak cekung menjadikan keyboard gaming ini idea untuk bentuk jari Anda.
  • Interface USB 2.0 dengan tipe kecepatan tinggi dalam hal merespon tekanan pada setiap tombol keyboard.
  • Backlight yang bisa diatur hidup atau mati, memberikan nilai fleksibel saat digunakan di ruangan minim cahaya ataupun tidak.
  • Menggunakan teknologi switch yang dikembangkan sendiri dengan nama “Romer-G” dimana mampu memberikan respon 25% lebih cepat dibandingakn produk lain.

 

7. SteelSeries Apex 350

SteelSeries Apex 350

Kisaran harga: Rp1.370.000

Selain ideal untuk bermain game, juga maksimal untuk aktivitas mengetik.

Deskripsi Produk:

  • Keyboard gaming ini punya ukuran yang lebih besar dibandingkan keyboard pada umumnya.
  • Menerapkan rubberdome switch sehingga tidak akan berisik saat menekan tombol secara cepat dan berulang.
  • Telah dibekali LED RGB 16,8 juga warna di berbagai zona penerangan.
  • Keycaps dari keyboard ini mempunyai jarak antar tombol yang cukup jauh menyerupai laptop sehingga memungkinkan akurasi pencetan lebih tinggi.
  • Tombol spasi (space bar)  pada produk ini berukuran lebih besar dari produk reguler lainnya.
  • Dilengkapi dengan 2 colokan USB pada bagian atas keyboard untuk dipasangkan flash drive atau peripheral lain.
  • Bukan cuma ideal untuk keperluan bermain game, melainkan aktivitas mengetik juga lebih menyenangkan dengan produk ini!
  • Terdapat tombol makro yang yang dapat diprogram ulang dengan perangkat lunak Steelseries Engine 3.
  • Tersedia tombol multimedia seperti play, previous track, next track, volume up, volume down, dan mute.
  • Terdapat tombol function (Fn) yang bisa dikombinasikan untuk menghasilkan fungsi tertentu.

 

8. Ducky Shine 5

Ducky Shine 5

Kisaran harga: Rp1.825.000

Kendali maksimal dalam pengaturan warna backlight yang mempesona

Deskripsi Produk:

  • Mechanical gaming keyboard yang mengusung desain matte dari bahan plastik berkualitas.
  • Dilengkapi backlight LED RGB warna-warni yang bisa dikustomisasi, menjadikan kelebihan utama dari produk ini.
  • Menggunakan switch Cherry MX Brown sehingga memberikan tingkat kenyamanan dan responsivitas yang sangat baik.
  • Terdapat fitur peredam suara sehingga Anda ataupun orang lain tidak akan terganggu saat tombol-tombol pada merk keyboard gaming terbaik ini ditekan.
  • Tidak memerlukan perangkat lunak (software) tambahan untuk melakukan konfigurasi pada setiap tombol, termasuk konfigurasi tombol mikro.
  • Dilengkapi 4 tombol multimedia, yaitu 1 tombol untuk membuka kalkulator dan 3 tombol pengatur suara.

 

9. Corsair Vengeance K70 RGB

Corsair Vengeance K70 RGB

Kisaran harga: Rp2.250.000

Dipersenjatai driver yang multifungsi dan tahan lama

Deskripsi Produk:

  • Masuk ke dalam jajaran merk keyboard gaming terbaik di dunia dengan harga yang lebih terjangkau pada kelas performa yang sama.
  • Keyboard berjenis mekanik yang menerapkan driver dengan banyak fungsi dan kokoh.
  • Menggunakan Cherry MX Red yang dianggap sebagai saklar keyboard mekanik terbaik untuk aktivitas gaming.
  • Dilengkapi cahaya untuk menerangi tombol keyboard, Anda tak akan kesulitan dalam mengenali setiap tombol dengan fungsi berbeda.
  • Penggunaan saklar mekanik pada keyboard ini memungkinkan Anda menekan tombol sebanyak apapun dalam waktu bersamaan dengan respon tanpa penundaan.
  • Cocok sekali dpakai untuk bermain game action yang memerlukan banyak fungsi tombol secara bersamaan.
  • Dirancang dengan bahan aluminium yang kokoh sehingga tahan terhadap benturan dan hantaman tangan maupun benda asing.
  • Kabel yang dilindungi oleh jalinan serat kuat sehingga tidak merusak elemen buruk yang datang dari luar.

 

10. Asus ROG Claymore

Asus ROG Claymore

Kisaran harga: Rp2.700.000

Berbekal konsep tenkeyless untuk menjamin fleksibilitas pemakaian

Deskripsi Produk:

  • Menyediakan banyak fitur, seperti pengaturan tombol, makro, sinkronisasi, dan lampu LED RGB.
  • Fitur LED RGB sebagai backlight pada keyboard gaming Asus ini siap memanjakan mata dengan konsep yang bisa diatur ulang, termasuk tingkat kecerahannya yang dapat disinkronisasi.
  • Keyboard gaming bertipe mekanik yang didesain dengan tampilan futuristik dan elegan.
  • Dipersenjatai dengan switch Cherry MX sehingga memiliki tingkat durabilitas yang tak perlu diragukan lagi.
  • Hadir dengan konsep Full Size Keyboard ataupun Tenkey-Less (TKL) sehingga dapat disesuaikan dengan ruang yang tersedia pada desk gaming Anda.

 

Cara Merawat Keyboard Gaming Agar Usia Papan Lebih Panjang

Cara Merawat Keyboard Gaming

Setelah membeli merk keyboard gaming terbaik sesuai kebutuhan Anda, tentu informasi mengenai perawatan barang ini menjadi sangat penting. Mengingat harga jual produk yang tak tergolong murah, sebaiknya Anda memerhatikan kegiatan menjaga barang tersebut agar berusia panjang. berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan.

  • Bersihkan Dengan Membalikkan Keyboard dan Mengguncangkannya Perlahan. Saat debu mulai menumpuk pada selipan tuts keyboard, segera bersihkan. Jika tak ingin membuka keycaps yang terkesan merepotkan, Anda bisa membalikkan keyboard lalu berikan sedikit guncangan atau hentakkan ringan pada bagian belakangnya. Ini bisa membantu debu yang terjebak berjatuhan keluar.
  • Sediakan Alat Untuk Melepas Tuts Keyboard. Ketika langkah perawatan pertama kurang efektif karena debu yang sulit terangkat, maka Anda bisa membersihkannya dengan membuka keycaps. Pastikan Anda memiliki alat khusus untuk membuka tuts tersebut. Jangan gunakan obengminus karena bisa merusak wadah tuts keyboard.
  • Beli Spray Duster dan Kuas Halus. Apabila masih tak ingin membuka keycaps namun kotoran dan debu sudah menumpuk banyak, Anda bisa meggunakan spray duster untuk membersihkan kotoran tersebut. Gunakan juga kuas halus yang bisa menyelip pada sisi-sisi kecil antar tombol saat proses pembersihan.
  • Alternatif yang Lebih Murah, Pilihlah Gel Cleaner. Banyak marketplace yang memampang produk pembersih keyboard gaming seperti gel cleaner. Harganya juga lebih murah dibandingkan spray duster. Anda bisa memanfaatkan produk ini untuk menjaga usia papan ketika lebih lama.

 

Itulah tips memilih dan merk keyboard gaming terbaik dan berkualitas bagus yang bisa Anda lakukan dan beli. Apabila Anda ingin pengalaman gaming yang lebih mengesankan, tentu tidak ada kompromi selain memilih peranti pendukung seperti keyboard gaming ini. Dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni, Anda bisa beraksi lebih maksimal dalam setiap macan permainan.

(Visited 15 times, 1 visits today)