Written by 09:20 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik

Gaming rig Anda belum lengkap kalau belum pakai monitor gaming. Monitor seperti ini dirancang untuk menunjang jalannya sesi permainan paling intens sekalipun. Dengan menonjolkan beberapa sisi spesifikasi yang berpengaruh pada performa, pengalaman gaming Anda akan naik beberapa level.

Terdapat banyak brand gaming monitor yang bisa Anda pilih, mulai dari Asus, BenQ, hingga MSI. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilihnya pada artikel ini. Lebih dari itu, kami juga mengumpulkan sepuluh gaming monitor terbaik versi PickyBest. Pelajari dengan teliti, ya!

Cara Memilih Gaming Monitor

Cara memilih monitor gaming agak berbeda dengan monitor biasa. Anda mesti memperhatikan resolusi, ukuran, refresh rate, teknologi adaptive sync yang disematkan, response time, tipe panel, dan curvature monitor-nya.

Pilih yang Resolusinya Minimal 1080p

Resolusi menunjukkan dimensi visual yang mampu ditampilkan monitor yang diukur dalam satuan lebar dikali tinggi (width x height). Semakin tinggi resolusinya, maka semakin mendetail visual yang tampil. Di saat yang sama, bermain gim pada resolusi lebih tinggi juga membuat graphics processing unit (GPU) bekerja lebih keras.

Monitor gaming setidaknya harus memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel, atau lebih sering disederhanakan menjadi 1080p. Pada resolusi ini, gim modern taraf AAA sudah dapat dimainkan dengan kualitas visual yang cukup baik. Di sisi lain, resolusi 1080p juga merupakan standar resolusi yang umum dipakai oleh para player profesional gim-gim esports seperti Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, Valorant, dan banyak lagi.

Jika menginginkan presentasi visual yang lebih cantik dan detail, monitor beresolusi 2560 x 1440 (1440p), atau bahkan 3840 x 2160 (4K) sekalipun, juga dapat dicoba. Perlu dicatat, semakin besar resolusi, maka frames per second yang mampu di-render oleh GPU pun semakin kecil. Itulah alasan mengapa monitor ukuran ini kurang dilirik untuk gim kompetitif yang lebih mengutamakan performa kencang.

Pastikan Memilih Monitor Berukuran Minimal 24 inci dengan Bezel Tipis

Ukuran monitor gaming sebaiknya jangan terlalu besar. Semakin besar ukurannya, semakin sulit pengguna untuk berkonsentrasi akibat interface-nya yang terlampau luas untuk diperhatikan sekaligus. Hal yang sama juga membuat pengguna lebih cepat lelah akibat lebih sering menggerakkan kepala untuk berpindah pandangan.

Ukuran 24 sampai 27 inci adalah yang umum dipakai. Ukuran yang lebih besar bisa dipilih, tetapi mungkin akan kurang nyaman untuk dipakai main gim ber-genre first person shooter. Selain itu, pastikan juga bezel atau bingkai dari monitor juga tipis supaya visual terasa lebih imersif.

Biar Performa Kencang, Ambil yang Refresh Rate-nya Paling Tidak 144 Hz

Refresh rate adalah ukuran seberapa sering layar mampu memperbarui frame tiap detik yang diukur dalam satuan hertz (Hz). Semakin tinggi angkanya, makin banyak frame yang mampu di-render, dan makin halus pula visualnya.

Menentukan refresh rate yang tepat harus melihat dulu kapabilitas dari GPU yang tersemat di komputer. Jika GPU mampu me-render hingga 144 frames per second (FPS) atau lebih, maka monitor terbaik adalah yang refresh rate-nya 144 Hz. Inilah standar minimal untuk monitor gaming.

Namun, jika GPU hanya mampu me-render FPS di bawah 144, penggunaan monitor gaming 144 Hz menjadi sia-sia belaka. Jadi, sebelum memutuskan mana tingkat refresh rate yang tepat, Anda perlu memastikan kapabilitas GPU Anda.

Selain 144 Hz, Anda juga bisa memilih monitor yang refresh rate-nya di atas itu, misalnya 165 Hz atau 240 Hz. Refresh rate lebih besar seperti ini umumnya digunakan untuk memainkan gim kompetitif yang fast paced dan mengutamakan kecepatan refleks pemain, seperti Counter Strike: Global Offensive, Valorant, dan Overwatch.

Periksa juga Teknologi Adaptive Sync yang Disematkan, Pastikan Kompatibel dengan Pabrikan GPU

Pembahasan mengenai adaptive sync berhubungan erat dengan refresh rate yang sudah dibahas pada poin sebelumnya. Adaptive sync atau variable refresh rate adalah teknologi penyelaras proses rendering GPU dan monitor dengan mengimplementasikan refresh rate dinamis.

Ketidakselarasan kerja GPU dengan monitor dapat menimbulkan permasalahan visual artifact (anomali visual) seperti screen tearing (layar seolah robek karena GPU me-render frame lebih cepat dari kemampuan refresh rate monitor), stuttering (pergerakan gambar patah-patah karena penurunan FPS ekstrim), atau input lag buruk (terlalu lamanya perintah yang diinput pengguna untuk muncul di layar).

Teknologi adaptive sync diciptakan untuk mencegah terjadinya permasalahan di atas dan memastikan gameplay selalu berjalan dengan mulus. Terdapat dua tipe adaptive sync, yakni AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync. Seperti namanya, FreeSync dikhususkan untuk komputer yang pakai GPU AMD, sedangkan G-Sync untuk pengguna Nvidia.

Pastikan monitor gaming pilihan Anda mengadopsi teknologi adaptive sync yang kompatibel dengan pabrikan GPU yang tersemat di komputer Anda. Pasalnya, kedua teknologi ini tidak bisa digunakan bersilang. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih monitor yang adaptive sync-nya dapat kompatibel dengan keduanya.

Pertimbangkan Soal Response Time

Response time ialah waktu yang diperlukan monitor untuk berganti dari satu warna ke warna lain. Biasanya diukur lewat lama milisecond (ms) untuk berganti dari bayangan abu-abu (shades of gray) ke bayangan abu-abu yang lain. Istilahnya, gray to gray (GtG). Terdapat juga pengukuran motion picture response time (MPRT) yang menghitung lama waktu blur pada gambar bergerak.

Sederhananya, semakin kecil response time maka semakin baik. Monitor gaming idealnya memiliki response time 4 ms ke bawah. Monitor dengan response time 1 ms lebih unggul jika memainkan gim kompetitif. Meski begitu, pengguna umumnya tidak akan menyadari perbedaan response time asalkan tidak terjadi ghosting (jejak piksel yang mengikuti objek yang bergerak cepat pada gambar bergerak).

Selama monitor yang Anda taksir memiliki response time 4 ms ke bawah, mestinya sesi gaming Anda tidak akan mengalami kendala apa pun. Kendati demikian, kami sarankan untuk tetap mengutamakan monitor dengan response time 1 ms agar lebih memuaskan.

Sesuaikan Tipe Panel dengan Jenis Kebutuhaan Gaming

Terdapat tiga tipe panel untuk layar monitor, yakni TN, VS, dan IPS. Ketiganya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dalam konteks gaming, perbedaan ini akan berpengaruh pada tipe gim yang ideal dimainkan di masing-masing jenis panel. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan gaming Anda.

TN: Response Time Paling Rendah, Andalan Utama untuk Game E-sports

Panel twisted nematic (TN) adalah panel yang memiliki response time paling rendah dibanding panel lainnya. Pemain e-sports profesional umumnya memakai panel jenis ini. TN mengutamakan kecepatan tampilan keseluruhan dibanding kualitas gambar. Itulah sebabnya reproduksi warnanya relatif buruk.

Panel TN paling cocok digunakan untuk Anda yang memainkan gim kompetitif fast-paced yang membutuhkan FPS setinggi mungkin. Tetapi, akibat kualitas warnanya yang agak minus dan viewing angle-nya yang lebih kecil, panel ini kurang pas untuk main gim yang grafisnya cantik, maupun melakukan kebutuhan sampingan seperti desain atau menonton film.

IPS: Reproduksi Warna Paling Kaya, Cocok untuk Memainkan Game AAA yang Mengutamakan Presentasi Visual

Panel in-plane switching (IPS) awalnya lebih cocok dipakai untuk pekerjaan desain karena kualitas reproduksi warnanya yang sangat tinggi. Tetapi, modern ini layar IPS telah dirancang untuk juga mampu memenuhi kebutuhan gaming.

Akurasi warna yang tinggi dan viewing angle yang luas membuatnya lebih cocok untuk gim yang mengutamakan presentasi visual dibanding performance. Misalnya judul-judul AAA terbaru yang tidak dimainkan dalam FPS tinggi.

Sebaliknya, Anda yang gamer kompetitif mungkin tidak akan diuntungkan dengan response time panel IPS yang lebih lambat dibanding TN. Selain itu, harga panel IPS cenderung lebih mahal.

VA: Seimbang di Semua Sisi, Pas Untuk Gamer Kasual

Panel vertical alignment (VA) adalah panel all-rounder yang bagus di segala sisi. Baik soal kecepatan tampilan maupun kualitas warnanya. Walaupun tidak sekencang TN, VA relatif cukup baik untuk memainkan gim fast-paced asal refresh rate dan response time-nya ada di tingkat yang direkomendasikan. Di sisi lain, meski warnanya tak sekaya IPS, panel ini juga kompeten untuk gim yang visualnya cantik.

Spesifikasinya yang seimbang di segala sisi membuat layar VA bisa dipakai oleh segala jenis gamer. Meski begitu, jika Anda beraspirasi untuk menjadi pemain e-sports profesional, Anda mungkin bakal lebih diuntungkan dengan panel TN yang performanya lebih kencang. Jadi, panel VA lebih cocok untuk gamer yang kasual saja.

Monitor Curved juga Dapat Menjadi Pertimbangan

Sumber: Msi.com

Dewasa ini banyak produsen yang membuat monitor dengan layar cekung (curved). Berangkat dari pemahaman bahwa jarak antara mata pengguna dengan bagian tengah layar berbeda dengan jarak ke bagian ujung kanan dan kiri layar. Lantas, layar dibuat cekung agar menyesuaikan bidang pandang mata.

Monitor seperti ini diklaim menyajikan pengalaman bermain gim yang lebih imersif berkat viewing angles yang lebih luas. Menimbulkan in-game awareness yang lebih tinggi ketika memainkan gim fast-paced. Kendati demikian, banyak yang berargumen bahwa layar curved baru dapat terasa efeknya pada monitor ultrawide.

10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik

Setelah memahami cara memilih gaming monitor yang tepat, sekarang saatnya Anda untuk menjatuhkan pilihan. Sepuluh produk berikut ini adalah kandidat yang sangat pantas untuk Anda pertimbangkan.

1. Lenovo G32qc-10

Sumber: Lenovo.com

Dibekali layar VA yang memaksimalkan fungsionalitasnya

Kendati sudah dibekali resolusi 1440p dengan refresh rate 144 Hz, harga dari monitor Lenovo ini hanya di bawah lima juta. Sudah begitu, layarnya juga memakai panel VA. Lancar dipakai gaming, tanpa mengorbankan fungsionalitasnya untuk kebutuhan lain!

Untuk Anda yang mau bermain gim fast-paced, Lenovo G32qc-10 memiliki response time 1 ms MPRT untuk memastikan tidak terjadi ghosting. Monitor ini juga berlayar curved untuk memberi bidang pandang (field of view) yang lebih lebar.

Resolusi2560 x 1440
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms MPRT
Adaptive syncAMD FreeSync
Tipe panelVA
Ukuran panel31,5 inci
Kisaran hargaRp4.750.000

2. MSI Optix G27CQ4

Sumber: Msi.com

Memperbaiki pengalaman bermain dengan rasio kontras yang tinggi

Saat bermain gim kompetitif, Anda mungkin pernah dibunuh oleh musuh yang tidak Anda sadari kehadirannya di area gelap. Supaya tidak kecolongan seperti ini lagi, Anda bisa coba panel VA MSI Optix G27CQ4 satu ini. Dengan rasio kontrasnya yang tinggi 3000:1, karakter tetap dapat terlihat jelas walaupun sedang berada di tempat gelap.

Monitor ini juga nyaman dipakai untuk sesi gaming yang lama berkat teknologi blue right reduction yang membuat mata tidak cepat lelah. Kocek yang perlu Anda keluarkan pun relatif cukup terjangkau, apalagi mengingat refresh rate-nya sudah 165 Hz.

Resolusi2560 x 1440
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms MPRT
Adaptive syncAMD FreeSync
Tipe panelVA
Ukuran panel27 inci
Kisaran hargaRp5.749.000

3. BenQ ZOWIE XL2746S

Brand monitor yang paling banyak dipakai oleh atlet e-sports

BenQ ZOWIE adalah brand monitor yang paling banyak dipakai oleh para pemain esports profesional. Tentu bukan tanpa alasan. Monitor ZOWIE memang mengutamakan aspek performa di atas apapun, termasuk pada varian XL2746S berikut ini.

Tidak terdapat fitur aneh-aneh. Panelnya pun tidak mewah, hanya pakai TN. Tetapi, bila Anda perhatikan spesifikasinya pada tabel di bawah, Anda bisa lihat betapa kencangnya monitor ini. Jika Anda punya komitmen tinggi pada gim kompetitif yang Anda tekuni, produk ini adalah salah satu yang terbaik buat Anda.

Resolusi1920 x 1080
Refresh rate240 Hz
Response time0,5 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync
Tipe panelTN
Ukuran panel27 inci
Kisaran hargaRp12.000.000

4. Asus ROG Swift 360Hz PG259QN

Sumber: Rog.asus.com

Performa visual super mulus berkat refresh rate hingga 360 Hz!

Monitor satu ini diciptakan untuk Anda yang punya gaming rig di tingkat high-end dengan GPU yang mampu me-render hingga 360 FPS. Tentu, gim-gim yang bisa dimainkan dengan FPS setinggi itu kebanyakan adalah gim-gim e-sports. 

Meski mengimplementasikan panel IPS, monitor ini mempunyai response time instan yang berjalan praktis pada 2 sampai 4 ms dan pada pengaturan tertentu, bahkan bisa mencapai 1 ms.

Resolusi1920 x 1080
Refresh rate360 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncNvidia G-Sync
Tipe panelIPS
Ukuran panel24,5 inci
Kisaran hargaRp13.999.000

5. LG UltraGear 24GN600-B

Sumber: Lg.com

Monitor dengan panel IPS yang harganya hanya dua jutaan

Bila budget Anda terbatas, monitor LG ini hanya mematok harga dua jutaan saja. Di harga segitu, Anda sudah mendapatkan monitor berpanel IPS dengan refresh rate 144 Hz yang lebih dari cukup menunjang gim paling kompetitif sekalipun.

Meski harganya terjangkau, monitor ini terlihat sangat berkelas, terutama berkat bezel-nya yang sangat tipis. Dikombinasikan dengan layar IPS yang menghasilkan visual lebih hidup, pengalaman gaming Anda bakal terasa lebih imersif dari sebelumnya.

Resolusi1920 x 1080
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync
Tipe panelIPS
Ukuran panel24 inci
Kisaran hargaRp2.699.000

6. Asus VG278Q

Sumber: Asus.com

Sistem adaptive sync-nya kompatibel dengan FreeSync maupun G-Sync

Yang paling menarik perhatian dari Asus VG278Q adalah teknologi adaptive sync-nya yang bisa pakai AMD FreeSync dan N-Vidia G-Sync. Artinya, apa pun pabrikan GPU sistem Anda, teknologi adaptive sync-nya akan selalu bekerja dengan baik untuk memuluskan gameplay dan mencegah terjadinya visual artifact.

Selain itu, monitor Asus yang harganya relatif terjangkau ini telah dilengkapi speaker bawaan. Tentu kualitas suaranya tidak setara dengan speaker premium. Namun, kehadirannya menyediakan alternatif ketika Anda sedang lelah memakai headphone.

Resolusi1920 x 1080
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync dan Nvidia G-Sync
Tipe panelTN
Ukuran panel27 inci
Kisaran hargaRp4.370.000

7. AOC Agon AG241QG

Implementasi resolusi 1440p di layar 24 inci untuk gambar lebih detail dan tajam

AOC Agon AG241QG adalah monitor yang cukup unik karena memiliki resolusi 1440p yang diimplementasikan pada layar ukuran 24 inci. Hasilnya, piksel lebih rapat dan visual menjadi jauh lebih detail dan tajam dibanding monitor 24 inci lainnya —yang kebanyakan masih berada di resolusi 1080p.

Dalam konteks gaming, piksel yang lebih rapat bakal menguntungkan untuk memperjelas objek yang berukuran kecil. Jadi, Anda akan lebih mudah Anda dalam membidik musuh yang jaraknya jauh dalam gim shooter kompetitif.

Resolusi1920 x 1440
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncNvidia G-Sync
Tipe panelTN
Ukuran panel23,8 inci
Kisaran hargaRp7.330.000

8. ViewSonic XG2405

Harga sangat kompetitif, tapi sudah pakai layar IPS

Kami punya satu lagi monitor gaming berpanel IPS yang harganya kompetitif untuk Anda. Produk ViewSonic ini menghasilkan kualitas gambar yang konsisten di semua viewing angle. Performanya pun kencang karena punya refresh rate hingga 144 Hz.

Kalau Anda seorang gamer konsol, monitor ini juga bisa digunakan sebagai alternatif televisi karena memiliki speaker bawaan. Meski begitu, karena ukurannya hanya 24 inci, Anda mungkin tidak bisa couch gaming karena harus duduk dalam jarak yang dekat.

Resolusi1920 x 1080
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync
Tipe panelIPS
Ukuran panel24 inci
Kisaran hargaRp2.899.000

9. Samsung Odyssey G7

Sumber: Samsung.com

Monitor berlayar curved yang ditunjang oleh sistem nan kencang

Keseluruhan spesifikasi dari Odyssey G7 menjadikannya monitor gaming paling ideal dalam daftar rekomendasi kami kali ini. Ukuran layar 27 inci memberikan bidang pandang yang luas tanpa membuatnya kebesaran. Sedangkan, keseimbangan pandangannya ke setiap sudut layar terjaga konsisten berkat permukaannya yang cekung.

Dari segi performa, refresh rate tinggi dan response time rendah monitor ini mampu menunjang sesi paling intens dalam permainan di level e-sports sekalipun. Dengan sistem dan desain build yang apik, kami rasa harga 12 jutaan yang dibanderol Samsung untuk produk ini sangatlah worth to buy.

Resolusi2560 x 1440
Refresh rate240 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync dan Nvidia G-Sync
Tipe panelVA
Ukuran panel26,9 inci
Kisaran hargaRp11.999.000

10. Samsung Odyssey G9

Sumber: Samsung.com

Layar ekstra besar untuk gaming yang lebih imersif

Monitor ultrawide seperti ini lebih sering dipakai sebagai workstation karena menyediakan display luas untuk membuka banyak windows sekaligus. Begitu halnya dengan Odyssey G9, yang bisa juga dijadikan workstation yang nyaman. Tetapi, karena Samsung merancangnya sebagai monitor gaming, ia diberikan kemampuan refresh rate hingga 240 Hz dan response time yang rendah.

Field of view monitor ini sangat luas dan imersif, bahkan mendekati virtual reality (VR) headset. Itulah sebabnya, Anda mungkin bakal mengalami sedikit motion sickness di awal penggunaan jika belum terbiasa. Di sisi lain, harganya yang cukup tinggi mungkin bakal membuat Anda berpikir dua kali. Tetapi, produk ini sangatlah pantas untuk dipertimbangkan jika Anda punya budget ekstra besar.

Resolusi5120 x 1440
Refresh rate240 Hz
Response time1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSync dan Nvidia G-Sync
Tipe panelVA
Ukuran panel49 inci
Kisaran hargaRp24.999.000

Tabel Perbandingan Gaming Monitor

ProdukLenovo G32qc-10MSI Optix G27CQ4BenQ ZOWIE XL2746SAsus ROG Swift 360Hz PG259QNLG UltraGear 24GN600-BAsus VG278QAOC Agon AG241QGViewSonic XG2405Samsung Odyssey G7Samsung Odyssey G9
Resolusi2560 x 14402560 x 14401920 x 10801920 x 10801920 x 10801920 x 10801920 x 14401920 x 10802560 x 14405120 x 1440
Refresh rate144 Hz165 Hz240 Hz360 Hz144 Hz144 Hz165 Hz144 Hz240 Hz240 Hz
Response time1 ms MPRT1 ms MPRT0,5 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG1 ms GtG
Adaptive syncAMD FreeSyncAMD FreeSyncAMD FreeSyncNvidia G-SyncAMD FreeSyncAMD FreeSync dan Nvidia G-SyncNvidia G-SyncAMD FreeSyncAMD FreeSync dan Nvidia G-SyncAMD FreeSync dan Nvidia G-Sync
Tipe panelVAVATNIPSIPSTNTNIPSVAVA
Ukuran panel31,5 inci27 inci27 inci24,5 inci24 inci27 inci23,8 inci24 inci26,9 inci49 inci
Kisaran hargaRp4.750.000Rp5.749.000Rp12.000.000Rp13.999.000Rp2.699.000Rp4.370.000Rp7.330.000Rp2.899.000Rp11.999.000Rp24.999.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi aksesori gaming dari PickyBest lainnya!

Pengalaman gaming Anda semakin memuaskan dengan dukungan device yang memadai. Tak hanya monitor, perhatikan pula aksesori pendukungnya, dari mulai mouse, keyboard, hingga in-ear headphone.

Anda berencana membeli aksesori-aksesori penunjang tersebut? Jika iya, kami rekomendasikan pilihan produknya untuk Anda. Pilihlah dengan menyesuaikan budget hingga tipe game yang Anda mainkan!

Kesimpulan

Dari sepuluh monitor gaming yang kami rekomendasikan, adakah yang menarik minat Anda? Memilih monitor gaming memang cukup pelik karena harus mempertimbangkan resolusi, ukuran, refresh rate, teknologi adaptive sync yang disematkan, response time, tipe panel, dan curvature monitor-nya.

Kalau Anda gamer yang kurang mengerti monitor, kami sarankan pilih yang panelnya VA dan refresh rate-nya 144 Hz. Anda akan mendapatkan fungsionalitas lebih dari panel VA, sekaligus performa yang cukup kencang—terlepas dari apakah Anda memainkan gim kompetitif ataupun kasual. Kami harap Anda menemukan monitor gaming yang dapat meningkatkan kualitas pengalaman gaming Anda!

Referensi

What is the Best Resolution for Gaming? (1080P vs 1440P vs 4K)
https://techguided.com/what-is-the-best-resolution-for-gaming/ diakses pada 18 Januari 2021

4K Gaming is Dumb – Youtube
https://www.youtube.com/watch?v=ehvz3iN8pp4 diakses pada 18 Januari 2021

What Is The Best Monitor Size For Gaming?
https://www.displayninja.com/best-monitor-size-for-gaming/ diakses pada 18 Januari 2021

60Hz vs 144Hz vs 240Hz – Is the jump worth it?
https://prosettings.net/library/60hz-vs-144hz-vs-240hz/ diakses pada 18 Januari 2021

CS:GO Pro’s Answer: 144hz vs 240hz monitors, does it make a difference? – Youtube
https://www.youtube.com/watch?v=mcRwd_V0eds diakses pada 18 Januari 2021

Glossary:Variable refresh rate (VRR)
https://www.pcgamingwiki.com/wiki/Glossary:Variable_refresh_rate_(VRR) diakses pada 18 Januari 2021

G-Sync vs. FreeSync: Adaptive sync gaming monitors explained
https://www.pcworld.com/article/2974781/g-sync-vs-freesync-faq-how-variable-refresh-rate-displays-make-pc-games-super-smooth.html diakses pada 18 Januari 2021

What Is The Best Monitor Response Time For Gaming?
https://www.gamingscan.com/best-monitor-response-time-for-gaming/ diakses pada 18 Januari 2021

Cara Memilih Antara Panel TN, VA, dan IPS untuk Game yang Anda Mainkan
https://www.benq.com/id-id/knowledge-center/benq-knowledge-monitor/how-to-choose-between-tn-va-and-ips-panels-for-the-games-you-play.html diakses pada 18 Januari 2021

Ask PC Gamer: TN vs IPS displays – which is better for gaming?
https://www.pcgamer.com/tn-vs-ips-panel-gaming-monitor/ diakses pada 18 Januari 2021

Curved vs. Flat Monitors: Things You Should Know Before Buying A Gaming Monitor
https://www.msi.com/blog/curved-vs-flat-monitors-things-you-should-know-before-buying-gaming-monitors diakses pada 18 Januari 2021

Is A Curved Monitor Worth It For Gaming?
https://www.gamingscan.com/is-a-curved-monitor-worth-it-for-gaming/ diakses pada 18 Januari 2021

(Visited 151 times, 3 visits today)