Written by 16:22 Elektronik

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik

AQUA AQR D261 Kulkas 2 Pintu

Kulkas merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang memiliki nilai guna tinggi. Anda bisa menjaga makanan dan minuman agar tetap awet dan bebas bakteri dengan menyimpannya ke dalam lemari es atau kulkas. Jika saat ini Anda berencana untuk membeli refrigerator baru, kami akan membagikan rekomendasi kulkas terbaik yang dapat Anda pilih.

Kulkas hadir dengan beragam bentuk, seperti kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dan kulkas mini. Selain tersedia banyak pilihan pintu, kulkas juga menyediakan model yang terletak pada posisi pintunya, ada yang bertumpuk dan berdampingan (side-by-side) dengan kompartemen pendingin dan pembeku yang saling terpisah. Selain itu, merek kulkas terbaik juga sangat bermacam, seperti LG, Polytron, Samsung, Panasonic, dan lainnya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Kulkas

Elektronik pendingin satu ini wajib dimiliki oleh setiap rumah, terutama bagi mereka yang ingin mengonsumsi makanan maupun minuman yang berkualitas baik. Dalam menentukan kulkas, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor. Model pintu, ukuran, kapasitas tampung, dan teknologi ataupun fitur yang digunakan akan mempengaruhi performa dari setiap kulkas. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca ulasan kami tentang cara memilih kulkas pada bagian ini.

Pilih Berdasarkan Model yang Anda Inginkan

Model dari setiap kulkas yang beragam akan memberikan efek pemakaian yang berbeda. Umumnya, saat ini kulkas tersedia dalam beberapa model, seperti top freezer, bottom freezer, french-door, side-by-side, dan mini-compact. Setiap model pintu dan peletakkan freezer pada kulkas ini akan kami bahas satu-persatu melalui poin-poin berikut ini.

Top Freezer: Pilihan yang Lebih Murah dengan Kapasitas Tampung Besar

Top Freezer

Kulkas top freezer adalah jenis kulkas konvensional yang lebih mudah dijumpai. Saat ini masih banyak pabrikan yang merancang kulkas dengan jenis ini. Hal yang membedakan jenis ini dengan kulkas jenis lain adalah keberadaan freezer atau kompartemen pendingin yang diletakkan di atas kompartemen pendingin. Pada bagian pendinginnya sendiri umumnya memiliki beberapa susun rak terbuka dan rak berpintu.

Anda bisa menyimpan bahan makanan seperti telur, susu, ataupun minuman bersoda (soft drink) kaleng maupun botol ke dalam rak kecil yang disediakan. Kulkas top freezer terdapat beberapa ukuran, seperti kulkas top freezer mini, kecil, sedang, hingga besar dengan balutan desain dan warna yang juga variatif. Semakin besar kapasitas dari kulkas, tentu harga jual dan daya listrik yang dipakai semakin tinggi pula.

Bottom Freezer: Memudahkan Anda dalam Menyimpan dan Mengambil Soft Drink

Bottom Freezer

Dari tampilannya, bottom freezer jelas berbeda dengan top freezer. Kulkas jenis ini memiliki pilihan pintu seperti lemari ataupun laci. Kulkas dengan freezer di bagian bawah dinilai lebih praktis, terutama saat Anda ingin menyimpan dan mengambil makanan tanpa harus menengadah semisal kulkas Anda berjenis top freezer dan ketinggiannya tidak sejajar dengan mata Anda.

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan dalam mengambil minuman dingin, maka jenis kulkas bottom freezer dapat dipilih. Yang perlu diingat, kulkas tipe ini memiliki harga jual jauh lebih mahal dibandingkan kulkas dengan top freezer. Selain itu, kulkas tipe ini juga memiliki kapasitas refrigerator yang terbatas dan bahkan lebih kecil dibandingkan refrigerator top freezer.

French-Door: Tetap Maksimal Dalam Mengunci Suhu Berkat Dua Pintu Kecilnya

French Door

Keistimewaan dari kulkas ini bisa dilihat dari bagian pintu yang dipisah menjadi dua bagian (bukan pintu utuh seperti kulkas konvensional). Berbeda dengan kulkas terbaik 2 pintu yang mengusung pintu atas dan bawah, untuk kulkas french door tidak demikian. Dengan model pintu ½ lebih kecil dari pintu kulkas terdahulu, Anda dapat mengambil bahan makanan tanpa harus membuka keseluruhan kompartemen.

Karena ini pula, Anda tak perlu khawatir akan suhu dingin kulkas yang banyak mengalir keluar saat pintu terbuka. Menariknya lagi, kulkas showcase terbaik jenis french door bukan hanya menawarkan dua kompartemen, tetapi bisa sampai tiga kompartemen yang masing-masing dipasangi pintu. Melalui kelebihan ini, tentunya Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur posisi makanan di dalamnya.

Side-by-side: Dua Pintu Utama yang Membagi Fungsi Pendingin dan Pembeku

Side by side

Secara bentuk dan letak pintu, kulkas jenis side-by-side menerapkan prinsip yang sama seperti pada kulkas french door. Letak pintu yang dibuat bersebelahan akan memberikan kemudahan pada pengguna saat ingin mengambil sayur atau buah di dalam kulkas. tanpa harus mengeluarkan udara dingin yang terkunci pada kompartemen lain.

Kulkas freezer yang bagus tipe side-by-side umumnya ditambahkan dengan bagian lain seperti 1 hingga 2 laci tambahan pada bagian bawah atau diimpit di tengahnya. Tak hanya itu, kulkas jenis ini umumnya juga disematkan fitur water dan ice dispenser pada salah satu pintunya. Berkat fitur ini, Anda bisa minum air dingin dengan lebih mudah sekaligus menghemat listrik karena pintu yang tidak terlalu sering dibuka-tutup.

Mini-Compact: Tak Butuh Banyak Ruang, Cocok Untuk Orang yang Tinggal di Apartemen

Mini Compact

Jika Anda tinggal di apartemen atau kost dengan daya listrik yang cukup besar, maka kami menyarankan Anda untuk membeli kulkas mini saja. Buat Anda yang ingin memiliki mini bar di kamar pribadi juga bisa memilih kulkas jenis ini. Ukurannya yang kecil sudah cukup untuk Anda menyimpan berbagai kebutuhan makanan, minuman, ataupun sekadar snack untuk menemani waktu santai Anda.

Kulkas mini juga menyimpan kelebihan seperti bersifat praktis dan mobilitasnya tinggi. Bahkan, beberapa pabrikan ada yang merancang kulkas kecil agar bisa dibawa saat bepergian. Walau memudahkan Anda dalam berbagai hal, kulkas mini biasanya dibekali teknologi pendingin yang tidak sebaik kulkas berkapasitas besar agar tidak membebani beban daya yang digunakan. Karena itu, proses pendinginan juga lebih lambat.

Pahami Teknologi Pendingin yang Direferensikan dalam Jumlah Bintang

Pahami Teknologi Pendingin yang Direferensikan dalam Jumlah Bintang

Jika Anda perhatikan, beberapa produsen ada yang mencantumkan label bintang dengan jumlah tertentu. Umumnya, terdapat kulkas dengan 3 bintang dan 5 bintang. Menurut sejumlah situs, kulkas awet dengan label 3 bintang merupakan produk buatan Indonesia, sedangkan kulkas berlabelkan 5 bintang berasal dari produsen luar negeri, seperti Jepang, Amerika, maupun negara Eropa lainnya.

Gambar bintang pada badan kulkas menginformasikan perihal kemampuan pendingin dari kulkas tersebut. Kulkas dengan label 3 bintang menawarkan suhu dingin sebesar -150°C dan kulkas berlabel 5 bintang mereferensikan suhu maksimum mencapai -210°C yang dapat dihasilkan. Pilihlah kulkas yang mampu mendinginkan makanan dan minuman yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Utamakan Memilih Kulkas yang Dibekali Fitur Hemat Listrik

Gaya hidup eco-green bisa Anda terapkan dengan memilih kulkas yang hemat listrik. Dewasa ini, banyak sekali pabrikan yang merancang produk yang tak boros listrik. Selain bermanfaat untuk mengurangi beban listrik yang harus Anda bayarkan, kulkas dengan fitur ini juga bisa membantu pemeliharaan alam. Untuk mengetahui apakah kulkas tersebut hemat energi atau tidak, biasanya produsen menyematkan label atau fitur tertentu pada produk yang dikeluarkan.

Memiliki Label Energy Saver atau Energy Star

Memiliki Label Energy Saver atau Energy Star

Jika Anda pernah menemukan klaim kulkas hemat listrik pada salah satu produk, pastikan Anda cari informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut. Saat ini, sejumlah produsen mencantumkan label energy saver atau energy star pada bagian luar produk ciptaannya. Jika Anda menemukan label ini, maka pilihlah produk tersebut apabila performa yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan Anda.

Terdapat Saklar Penghemat Daya (High Moisture Switch)

Terdapat Saklar Penghemat Daya High Moisture Switch

Meski belum banyak yang menggunakan teknologi ini, namun lebih baik jika Anda mengetahui fitur ini sebelumnya. High moisture switch adalah panel berupa saklar yang berguna untuk mencegah kondensasi dalam kulkas jika cuaca sedang lembap. Saklar penghemat energi ini bisa Anda matikan pada cuaca kering sehingga Anda bisa lebih hemat listrik. Untuk fitur ini, Anda bisa bertanya kepada pihak penjual atau membaca informasi produk melalui situs resminya.

Disematkan Teknologi Multi Air Flow

Disematkan Teknologi Multi Air Flow

Fitur hemat energi ini sudah banyak diadopsi oleh produsen kulkas buatan Jepang. Anda hanya perlu membaca spesifikasi produk apakah terdapat keterangan multi air flow atau tidak. Teknologi ini bekerja dengan menyebarkan aliran udara dingin ke seluruh bidang seperti rak-rak penyimpanan di dalam kulkas. Berkat mekanisme semacam ini, ruangan di dalam kulkas menjadi lebih dingin dan makanan juga semakin awet.

Pertimbangkan Memilih Kulkas yang Mempunyai Fitur-fitur Ini

Selain memilih kulkas yang hemat energi, Anda juga bisa memilih produk yang dibekali fitur lain, semisal teknologi inverter, fitur plasmacuster, hybrid cooling system, dan auto defrost.

Kompresor Berteknologi Inverter Agar Tidak Boros Listrik

Kompresor Berteknologi Inverter Agar Tidak Boros Listrik

Kulkas yang memiliki kompresor berteknologi inverter dinilai lebih baik dalam menjaga makanan awet dan  lebih tahan lama. Fitur ini juga diklaim hemat energi hingga 70 persen tanpa mengurangi performa pendinginannya. Cara kerja kulkas dengan teknologi inverter adalah menjaga kompresor tetap hidup namun dengan tingkat laju lebih pelan saat suhu di dalam kabin lemari es mencapai titik yang ditentukan.

Fitur semacam ini tidak ditemukan dalam kulkas biasa dimana motor utamanya akan mati saat suhu mencapai derajat yang ditentukan. Lalu kemudian, motor ini akan menyala kembali dengan daya besar ketika suhu berubah menjadi lebih tinggi. Aktivitas yang dipicu oleh fluktuasi derajat suhu dinign di dalam kabin lemari es ini yang menjadikan kulkas model lama memakan beban listrik yang cukup besar.

Fitur Plasmacluster yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Fitur Plasmacluster yang Dapat Menghambat Kerusakan Makanan dan Minuman

Bahan makanan yang Anda simpan dalam lemari es akan semakin segar jika pada kulkas yang Anda gunakan mengadopsi fitur plasmacluster. Teknologi ini dipercaya mampu membasmi bakteri yang masuk ke dalam kulkas setiap kali Anda membuka pintu dan mengontaminasi isi dalam kulkas. Plasmacluster di dalam kulkas bekerja dengan menyebarkan ion positif dan negatif yang mampu menonaktifkan virus, bakteri, dan jamur.

Jika Anda terbiasa menyimpan makanan maupun minuman hingga seluruh kabin kulkas yang bagus terisi penuh, maka teknologi ini akan sangat membantu Anda dalam menjaga kondisi makanan dan minuman tersebut tetap prima. Teknologi ini juga akan mencegah makanan dari timbulnya bau tidak sedap. Kemudian untuk minuman juga tetap terasa nikmat tanpa khawatir ada bakteri yang menyelinap masuk dan melekat ke dalam tutup botol.

Teknologi Hybrid Cooling System yang Menghembuskan Angin Pendingin Lebih Merata

Teknologi Hybrid Cooling System yang Menghembuskan Angin Pendingin Lebih Merata

Hybrid cooling system adalah fitur yang bekerja mempertahankan suhu dingin tetap merata selama pintu tidak dibuka. Sistem ini tidak dimiliki oleh alat pendingin model lama. Nama hybrid yang digunakan merupakan gabungan dari sistem direct cooling dan fan cooling. Kombinasi sistem ini juga yang memastikan makanan tidak akan kering atau rusak sekaligus bebas dari kemunculan bau-bau tidak sedap.

Fitur Defrost yang Dapat Mencairkan Bunga Es

Fitur Defrost yang Dapat Mencairkan Bunga Es

Pada lemari es modern, sebagian besar produsen telah menanamkan fitur defrost. Ini adalah fitur yang akan memudahkan Anda saat mencairkan bunga es. Cukup dengan menekan satu tombol maka kulkas 1 pintu tanpa bunga es bisa Anda nikmati. Akan lebih mudah lagi jika kulkas kualitas terbaik yang Anda pilih memiliki fitur auto-defrost sehingga proses pencairan bunga es dapat berjalan secara otomatis tanpa harus mengaktifkan fiturnya.

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik

Sekarang Anda memasuki bagian dimana kami akan merekomendasikan sepuluh kulkas terbaik dengan bermacam merek ternama. Penting untuk memilih produk dengan mengutamakan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Pilih juga salah satu lemari es pilihan kami berikut ini dengan kapasitas yang tak melebihi bujet Anda saat ini. Selamat memilih!

1. GEA Mini Bar RS-06DR

GEA Mini Bar RS 06DR

Kisaran harga: Rp1.113.000

Buat mini bar Anda sendiri di kamar, apartemen, maupun kost-an!

Anda bisa meneguk soda dingin seperti di bar atau tempat nongkrong favorit Anda setelah memiliki kulkas untuk listrik 450 watt ini. GEA Mini Bar RS-06DR cocok dibeli untuk Anda yang tinggal sendiri di rumah maupun apartemen. Ukuran yang ringkas dan kompak dari kulkas mini satu ini tidak akan memakan banyak tepat di meja atau sudut ruangan Anda.

Dengan keberadaan perangkat ini, Anda bisa menyimpan minuman, makanan ringan, dan buah-buahan untuk disantap saat rasa lapar menghantui. Kapasitas tampung kulkas ini mencapai 46 L pada satu raknya. Anda juga tak bisa memindahkan elektronik rumah tangga ini karena hanya mempunyai bobot sekitar 13,5 kg. GEA Mini Bar RS-06DR mampu mendinginkan pada suhu 0 – 8°C. Perangkat ini bekerja dengan memangkas daya hanya 82 watt.

2. Changhong CBC 50 Kulkas Mini

Changhong CBC 50 Kulkas Mini

Kisaran harga: Rp1.150.000

Pilihan kulkas mini 1 jutaan yang kokoh dan berkapasitas besar

Kulkas bagus dan murah yang berukuran mini persembahan Changhong ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang kurang tertarik dengan GEA Mini Bar RS-06DR. Lemari es yang berukuran imut dari Changhong juga mampu memuat banyak isi tanpa harus menyabotase area yang luas pada ruangan Anda. Bagian atas kulkas ini dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan vas bunga dan gelas.

Produk ini cocok digunakan untuk Anda yang tinggal di kontrakan, apartement, dan kost-kost-an. Bagian kompartemen berupa laci atau rak pada kulkas mini terbaik ini terbuat dari material tempered glass yang kokoh. Changhong menyematkan ruang pembekuan berukuran 9L, Anda bisa mengisinya dengan minuman kaleng beberapa buah. Changhong CBC 50 bekerja pada daya 50W dengan refrigeran R600A.

3. LG GNC372SLCN Small Refrigerator Kulkas 2 Pintu

LG GNC372SLCN Small Refrigerator Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp5.800.000

Kulkas yang cepat dingin dengan nilai fluktuasi suhu hanya sekitar +/- 0,5°C

Anda tak akan takut beban tagihan listrik menjadi bengkak setelah menggunakan kulkas 2 pintu terbaik dari LG ini. Pasalnya, LG telah menyematkan teknologi digital inverter yang menjadikannya lebih hemat energi. Lemari es ini juga mengadopsi teknologi pendingin yang akan memelihara kesegaran bahan makanan seperti sayuran mentah lebih lama.

Teknologi Linear Cooling yang diterapkan pada kulkas LG satu ini akan mempertahankan suhu dingin yang optimal di dalam lemari es dengan nilai fluktuasi hanya sekitar +/- 0,5°C. Selain dapat menjaga bahan makanan dan minuman tetap segar, Anda juga tak perlu waktu lama menunggu minuman dingin meski baru dimasukkan. Pasalnya, LG GNC372SLCN ini disematkan fitur berupa DoorCooling yang mampu menghasilkan suhu dingin lebih cepat dan merata hingga 35%.

4. LG GC-X247CKAV Kulkas Side by Side

LG GC X247CKAV Kulkas Side by Side

Kisaran harga: Rp24.450.000

Teknologi InstaView Door-inDoor untuk mencegah kebocoran suhu dingin mencapai  41%

Rasanya tidak cukup mendeskripsikan kulkas berkualitas terbaik dari LG jenis side-by-side ini hanya dalam dua paragraf, karena itu kami akan mempersingkatnya. LG GC-X247CKAV merupakan kulkas dengan fitur pintar berupa kompresor berteknologi inverter dan InstaView Door-in-Door. Didukung dengan Hygiene Fresh+, Anda tak perlu cemas akan timbul bau akibat bakteri yang menumpuk pada makanan ataupun minuman di dalamnya.

Fitur InstaView Door-in-Door yang melekat berguna untuk memudahkan Anda melihat isi kulkas tanpa harus melakukan buka-tutup pintunya, ini akan mengurangi udara dingin yang terlepas hingga 41%.  Kulkas ini memiliki rak penyimpanan khusus untuk beberapa botol. Ada juga box serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh makanan kecil seperti snack, keju, dan aneka jajanan lainnya. Buat Anda yang ingin membuat es batu, kulkas ini juga menerapkan sistem pembuat es yang ramping.

5. AQUA Lemari Es 1 Pintu AQR-D190

AQUA Lemari Es 1 Pintu AQR D190

Kisaran harga: Rp2.000.000

Katakan “no” pada pemborosan energi lewat kemampuan operasi stabil pada tegangan 160V-nya

Kulkas 1 pintu terbaik dari Aqua satu ini diciptakan dari bahan lapisan berupa metal yang memastikannya tahan karat. AQR-D190 juga mampu beroperasi dengan stabil meskipun pada tegangan listrik rendah (160V). Bagi Anda yang ingin memperoleh akomodasi after sales hingga tahunan, Aqua mendukungnya dimana kompresor pada kulkas Aqua ini diberikan jaminan garansi hingga 7 tahun.

Secara keseluruhan, kabin ruangan penyimpanan pada kulkas terbaik ini mampu menampung kapasitas hingga 165 liter. Dengan kapasitas yang luas, Anda juga bisa mengawetkan lebih banyak makanan ataupun minuman. Pada bagian bawah kulkas anti karat Aqua AQR-D190 terdapat dry storage untuk menyimpan bahan makanan mentah yang tak memerlukan suhu dingin.

6. Polytron PRG18BGRIN Kulkas 1 Pintu

Polytron PRG18BGRIN Kulkas 1 Pintu

Kisaran harga: Rp2.010.000

Pilihan cerdas untuk Anda yang ingin kulkas hemat energi namun berperforma tinggi

Bisa dibilang kalau Polytron PRG18BGRIN adalah salah satu kulkas yang cukup laris di Indonesia. Banyak masyarakat yang melirik barang ini karena selain harga jual yang lebih ekonomis, performa dari kulkas juga terbilang mumpuni. Kapasitas maksimum dari kulkas 1 pintu ini mencapai 180 L, cukup besar mengingat nilai jualnya yang rendah.

Anda juga bisa lebih tenang saat memakai kulkas ini tanpa dibayang-bayangi tagihan listrik yang besar. Alasannya, Polytron PRG18BGRIN hanya mengonsumsi daya 65 watt dalam kondisi aktif. Produk ini memiliki berat 36,5 kg sehingga bisa Anda pindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain dengan lebih mudah. Kulkas Polytron ini dijual hanya dengan pilihan warna violet dengan sentuhan motif menyerupai putik pada bunga yang cantik.

7. Samsung RS554NRUA9M Kulkas Side by Side

Samsung RS554NRUA9M Kulkas Side by Side

Kisaran harga: Rp18.836.000

Kesegaran makanan dan minuman yang terjamin berkat Twin Cooling System-nya

Buat ruangan dapur Anda terlihat lebih modern dengan kehadiran Samsung RS554NRUA9M di antara perabotan lainnya. Ini adalah kulkas 2 pintu bertipe side-by-side unggulan Samsung yang didesain dengan pegangan dan engsel yang tersembunyi sehingga bagian luarnya terlihat begitu minimalis dan elegan. Selain mengedepankan sentuhan modern untuk dekorasi dapur, kulkas ini juga memastikan diri unggul dari segi performa.

Beragam fitur inovatif turut disematkan oleh Samsung ke dalam kulkas berkapasitas 591 liter ini. Sebagai contoh, teknologi Twin Cooling System pada lemari es ini memungkinkan kulkas tahan terhadap kondisi lembap pada kompartemen pendingin ataupun pembeku. Tambahan kontrol pengatur suhu yang mengalirkan udara ke dua arah juga menjamin makanan Anda selalu terjaga kesegarannya. Bahkan, Anda juga bisa menyimpan es krim yang tetap beku dan tidak berbau ke dalam kulkas ini!

8. AQUA AQR D261 Kulkas 2 Pintu

AQUA AQR D261 Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp2.550.000

Rak sayur berkapasitas besar untuk memuat lebih banyak bahan masakan Anda

Aqua mendatangkan kulkas 2 pintu yang dipasarkan dengan kisaran harga di bawah 3 juta rupiah. Bagi Anda yang terkendala soal bujet namun menginginkan kulkas berkualitas tinggi, tentu AQR D261 dari Aqua menjadi pilihan yang ideal. Kulkas ini diklaim lebih hemat energi berkat teknologi pendinginan yang bekerja secara efektif menyesuaikan suhu ruangan.

Keistimewaan dari Aqua AQR D261 Kulkas 2 Pintu bukan hanya terletak pada fitur pendinginnya, melainkan juga bagian rak untuk menyimpan sayur-sayuran dibuat lebih besar. Tak cuma itu, elektronik ini juga memastikan setiap rak di dalamnya tahan terhadap retakan atau bahkan pecah karena mengadopsi bahan tempered glass yang tebal namun ringan. Aqua juga menyematkan keunikan lain berupa tempat penyimpanan kosmetik dan obat-obatan pada lemari es ini.

9. SHARP SJ326XGMS Kulkas 2 Pintu

SHARP SJ326XGMS Kulkas 2 Pintu

Kisaran harga: Rp4.018.000

Dibekali lampu LED untuk menerangi kabin saat Anda menjangkau produk yang disimpan di dalamnya

Kulkas Sharp berjenis 2 pintu satu ini telah dilindungi oleh 7 sistem perlindungan yang sudah memperoleh standar keamanan dari Jepang. Bagi Anda yang menyukai kulkas buatan Jepang terbaik, tentu kami sangat menyarankan Anda membeli Sharp SJ326XGMS. Peranti elektronik pendingin ini bukan hanya aman, tetapi juga dapat beroperasi pada tegangan yang rendah, yaitu antara 130V – 240 V.

Dengan adanya lampu LED, Anda tetap bisa mencari bahan makanan meskipun ruangan dalam kondisi gelap. Kulkas ini juga ditanamkan fitur Autmatic Defrost System yang mana setiap bunga es pada kemasan atau permukaan makanan cair tanpa harus Anda lakukan secara manual. Kulkas 2 pintu tanpa bunga es dengan fitur memanjakan ini bisa juga Anda pakai untuk menyimpan lebih banyak jenis bahan makanan dan minuman, seperti daging, keju, kue, es krim, dan es batu.

10. Panasonic NR-BB258G

Panasonic NR BB258G

Kisaran harga: Rp4.950.000

Hidup lebih mudah dengan fitur Econavi yang disematkan

Pada urutan kesepuluh, kami memasukkan Panasonic NR-BB258G untuk Anda yang tak ingin direpotkan dengan lemari es. Pasalnya, teknologi Econavi yang begitu terkenal disematkan dalam kulkas ini. Econavi yang menjadi salah satu ciri khas kulkas merek Panasonic berguna untuk memantau tingkat cahaya dan suhu di dalam ruangan.

Kapan dan seberapa lama pun pintu pendingin dibuka, suhu internal pada kabin kulkas tetap dingin! Sensor Econavi yang bekerja memelihara suhu dingin pada derajat yang telah disimpan melalui analisis sebelumnya. Dengan teknologi Econavi ini pula memastikan kulkas terbaik Panasonic menghindari Anda dari pemborosan energi.

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Bebas Bau

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Bebas Bau

Setelah membeli kulkas terbaik yang paling ideal dengan kebutuhan Anda, pastikan Anda merawat kulkas dengan freezer besar maupun kecil tersebut agar awet dan tahan lama. Bukan hanya itu, memastikan bahan makanan yang masuk bebas dari bau tak sedap juga penting. Terlebih bagi Anda yang sering menyimpan daging dan ikan mentah ke dalam kulkas, maka risiko timbulnya bau tak sedang semakin tinggi akibat bakteri E. coli dan salmonela yang menyebar ke seluruh kabinet.

Cara merawat kulkas dengan kualitas terbaik ini bisa diterapkan oleh setiap orang dengan sedikit penyesuaian saja. Jika kulkas Anda mempunyai rak dan laci yang bisa dilepas, maka bersihkan komponen-komponen ini dengan cara merendamnya ke dalam ember berisikan air hangat. Jangan lupa menambahkan sabun cuci piring anti bakteri agar tak ada lagi kuman yang melekat pada permukaan rak.

Apabila terdapat noda membandel yang tumpah ke tray, gunakan cairan pembersih anti bakteri yang dirancang khusus untuk kulkas, sehingga aman saat diaplikasikan ke sekitar makanan atau bahan-bahan lain. Apabila Anda ingin mengoptimalkan kebersihan dari tray di dalam kulkas, gunakan semprotan disinfektan yang tidak mengandung zat kimia keras seperti karbol untuk membersihkan permukaannya.

Sementara ada lagi cara lain yang bisa ditempuh untuk merawat kulkas terbaik di rumah Anda, yakni menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran soda kue dan air hangat. Tambahan beberapa tetes jeruk lemon juga bisa membantu menyerap bau tajam yang terjebak di dalam kulkas Anda. Bila ingin hasil lebih maksimal, lakukan langkah perawatan lemari es ini dalam waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Kesimpulan

Menyimpan buah dan sayur ke dalam kulkas dapat menjaga kesegaran dan nutrisinya. Selalu perhatikan kesehatan kulkas, lakukanlah perawatan secara rutin supaya umur kulkas lebih panjnag. Dari kesepuluh kulkas terbaik rekomendasi kami di atas, manakah yang paling cocok untuk kebutuhan Anda? Kami harap Anda berhasil temukan kulkas yang ideal!

(Visited 16.093 times, 43 visits today)