Elektronik

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik

Kulkas adalah salah satu home appliance paling esensial. Fungsi pendinginannya menjaga bahan makanan tetap segar sampai mau diolah. Karena perannya yang penting itu, memilih kulkas tidak boleh sembarangan. Produsen kulkas ada banyak, yang terkenal di Indonesia misalnya LG, Samsung, dan Sharp.

Di antara sekian banyak pilihan, PickyBest telah memilih sepuluh kulkas terbaik sebagai rekomendasi Anda. Bukan tanpa dasar, kami menilainya berdasarkan sederet keunggulan dan pertimbangan yang dirasakan pengguna lainnya. Mari mulai pembahasannya!

Cara Memilih Kulkas

Dalam menentukan kulkas terbaik, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor. Model pintu, ukuran, kapasitas tampung, dan teknologi ataupun fitur yang digunakan akan mempengaruhi performa dari setiap kulkas.

Pilih Berdasarkan Model yang Anda Inginkan

Umumnya, saat ini kulkas tersedia dalam beberapa model, seperti top freezer, bottom freezer, french-door, side-by-side, dan mini-compact.

Top Freezer: Pilihan yang Lebih Murah dengan Kapasitas Tampung Besar

Top Freezer

Kulkas top freezer adalah jenis kulkas konvensional yang lebih mudah dijumpai. Kulkas terbaik jenis ini memiliki freezer yang diletakkan di atas kompartemen pendingin. Pada bagian pendinginnya sendiri memiliki beberapa susun rak terbuka dan rak berpintu untuk menyimpan bahan makanan seperti telur, susu, hingga soft drink.

Kulkas top freezer terdapat beberapa ukuran, seperti kulkas top freezer mini, kecil, sedang, hingga besar dengan balutan desain dan warna yang juga variatif. Semakin besar kapasitas dari kulkas, tentu harga jual dan daya listrik yang dipakai semakin tinggi pula.

Bottom Freezer: Memudahkan Anda dalam Menyimpan dan Mengambil Soft Drink

Bottom Freezer

Kulkas jenis ini memiliki pilihan pintu seperti lemari ataupun laci. Kulkas  terbaik dengan freezer di bagian bawah dinilai lebih praktis, terutama saat Anda ingin menyimpan dan mengambil makanan tanpa harus menengadah semisal kulkas Anda berjenis top freezer dan ketinggiannya tidak sejajar dengan mata Anda.

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan dalam mengambil minuman dingin, maka jenis kulkas bottom freezer dapat dipilih. Kulkas tipe ini memiliki harga jual lebih mahal dibandingkan kulkas top freezer. Selain itu, kulkas tipe ini juga memiliki kapasitas refrigerator yang terbatas dan bahkan lebih kecil dibandingkan refrigerator top freezer.

French-Door: Tetap Maksimal dalam Mengunci Suhu berkat Dua Pintu Kecilnya

French Door

Keistimewaan dari kulkas terbaik ini bisa dilihat dari bagian pintu yang dipisah menjadi dua bagian/sisi. Berbeda dengan kulkas 2 pintu yang mengusung pintu atas dan bawah, untuk kulkas french door tidak demikian. Dengan model pintu ½ lebih kecil dari pintu kulkas terdahulu, Anda dapat mengambil bahan makanan tanpa harus membuka keseluruhan kompartemen.

Karena ini pula, Anda tak perlu khawatir akan suhu dingin kulkas yang banyak mengalir keluar saat pintu terbuka. Menariknya lagi, kulkas jenis french door bukan hanya menawarkan dua kompartemen, tetapi bisa sampai tiga kompartemen yang masing-masing dipasangi pintu yang membuat Anda lebih leluasa dalam mengatur posisi makanan di dalamnya.

Side-by-side: Dua Pintu Utama yang Membagi Fungsi Pendingin dan Pembeku

Side by side

Secara bentuk dan letak pintu, kulkas terbaik jenis side-by-side menerapkan prinsip yang sama seperti pada kulkas french door. Letak pintu yang dibuat bersebelahan akan memberikan kemudahan pada pengguna saat ingin mengambil isi di dalam kulkas. tanpa harus mengeluarkan udara dingin yang terkunci pada kompartemen lain.

Kulkas tipe side-by-side umumnya ditambahkan dengan bagian lain seperti 1 hingga 2 laci tambahan. Tak hanya itu, kulkas jenis ini umumnya juga disematkan fitur water dan ice dispenser pada salah satu pintunya. Berkat fitur ini, Anda bisa minum air dingin dengan lebih mudah tanpa harus membuka-tutup pintu.

Mini-Compact: Tak Butuh Banyak Ruang, Cocok untuk Orang yang Tinggal di Apartemen

Mini Compact

Kulkas mini kami sarankan untuk Anda yang tinggal di apartemen atau indekos. Jika Anda ingin memiliki mini bar di kamar pribadi, kulkas jenis ini juga bisa dipilih. Ukurannya yang kecil sudah cukup untuk Anda menyimpan berbagai kebutuhan makanan, minuman, ataupun sekadar snack untuk menemani waktu santai Anda.

Kulkas mini juga menyimpan kelebihan seperti bersifat praktis dan mobilitasnya tinggi, bahkan bisa dibawa bepergian. Walau memudahkan Anda dalam berbagai hal, kulkas terbaik berukuran mini biasanya dibekali teknologi pendingin yang tidak sebaik kulkas berkapasitas besar. Karena itu, proses pendinginannya juga lebih lambat.

Utamakan Memilih Kulkas yang Dibekali Fitur Hemat Listrik

Dewasa ini, banyak sekali pabrikan yang merancang kulkas hemat listrik. Kulkas dengan fitur ini bisa membantu pemeliharaan alam serta mengurangi beban listrik bulanan Anda. Untuk mengetahui apakah kulkas tersebut hemat energi atau tidak, biasanya produsen menyematkan label atau fitur tertentu pada produk yang dikeluarkan.

Memiliki Label Energy Saver atau Energy Star

Memiliki Label Energy Saver atau Energy Star

Jika Anda pernah menemukan klaim kulkas hemat listrik pada salah satu produk, pastikan Anda cari informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut. Saat ini, sejumlah produsen mencantumkan label energy saver atau energy star pada bagian luar produk buatannya.

Terdapat Saklar Penghemat Daya (High Moisture Switch)

Terdapat Saklar Penghemat Daya High Moisture Switch

Meski belum banyak yang menggunakan teknologi ini, namun lebih baik jika Anda mengetahui fitur ini sebelumnya. High moisture switch adalah panel berupa saklar yang berguna untuk mencegah kondensasi dalam kulkas jika cuaca sedang lembap.

Saklar penghemat energi ini bisa Anda matikan pada cuaca kering sehingga Anda bisa lebih hemat listrik. Untuk fitur ini, Anda bisa bertanya kepada pihak penjual atau membaca informasi produk melalui situs resminya.

Disematkan Teknologi Multi Air Flow

Disematkan Teknologi Multi Air Flow

Fitur hemat energi ini sudah banyak diadopsi oleh produsen kulkas terbaik buatan Jepang. Anda hanya perlu membaca spesifikasi produk apakah terdapat keterangan multi air flow atau tidak.

Teknologi ini bekerja dengan menyebarkan aliran udara dingin ke seluruh bidang seperti rak-rak penyimpanan di dalam kulkas. Berkat mekanisme semacam ini, ruangan di dalam kulkas menjadi lebih dingin dan makanan juga semakin awet.

Pertimbangkan Memilih Kulkas yang Mempunyai Fitur-fitur Ini

Selain memilih kulkas terbaik yang hemat energi, Anda juga bisa memilih produk yang dibekali fitur lain, semisal teknologi inverter, fitur plasmacuster, hybrid cooling system, dan auto defrost.

Kompresor Berteknologi Inverter Agar Tidak Boros Listrik

Kompresor Berteknologi Inverter Agar Tidak Boros Listrik

Kulkas dengan teknologi inverter dinilai lebih baik dalam menjaga makanan awet dan lebih tahan lama. Fitur ini juga diklaim hemat energi hingga 70 persen tanpa mengurangi performa pendinginannya.

Fitur ini tidak ditemukan dalam kulkas biasa di mana motor utamanya akan mati saat suhu mencapai derajat yang ditentukan, lalu menyala kembali dengan daya besar ketika suhu berubah menjadi lebih tinggi, sehingga memakan beban listrik yang cukup besar.

Teknologi inverter bekerja dengan menjaga kompresor tetap hidup namun dengan tingkat laju lebih pelan saat suhu di dalam kabin lemari es mencapai titik yang ditentukan.

Fitur Plasmacluster yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Fitur Plasmacluster yang Dapat Menghambat Kerusakan Makanan dan Minuman

Fitur plasmacluster memungkinkan bahan makanan lebih tahan lama terjaga kesegarannya. Teknologi ini dipercaya mampu membasmi bakteri yang masuk ke dalam kulkas setiap kali Anda membuka pintu dan mengontaminasi isi dalam kulkas.

Jika Anda terbiasa menyimpan makanan maupun minuman hingga seluruh kabin kulkas terisi penuh, maka teknologi ini sangat berguna. Teknologi ini juga akan mencegah makanan dari timbulnya bau tidak sedap dan minuman juga tetap terasa nikmat tanpa khawatir ada bakteri menyelinap masuk dan melekat pada tutup botol.

Plasmacluster di dalam kulkas bekerja dengan menyebarkan ion positif dan negatif yang mampu menonaktifkan virus, bakteri, dan jamur.

Teknologi Hybrid Cooling System yang Menghembuskan Angin Pendingin Lebih Merata

Teknologi Hybrid Cooling System yang Menghembuskan Angin Pendingin Lebih Merata

Hybrid cooling system adalah salah satu fitur pada kulkas terbaik yang bekerja mempertahankan suhu dingin tetap merata selama pintu tidak dibuka. Sistem ini tidak dimiliki oleh alat pendingin model lama.

Nama hybrid yang digunakan merupakan gabungan dari sistem direct cooling dan fan cooling. Kombinasi sistem ini juga yang memastikan makanan tidak akan kering atau rusak sekaligus bebas dari kemunculan aroma tidak sedap.

Fitur Defrost yang Dapat Mencairkan Bunga Es

Fitur Defrost yang Dapat Mencairkan Bunga Es

Pada lemari es modern, sebagian besar produsen telah menanamkan fitur defrost yang akan memudahkan Anda saat mencairkan bunga es. Cukup dengan menekan satu tombol maka kulkas tanpa bunga es bisa Anda nikmati.

Selain itu, akan lebih mudah lagi jika kulkas terbaik yang Anda pilih memiliki fitur auto-defrost sehingga proses pencairan bunga es dapat berjalan secara otomatis tanpa harus mengaktifkan fiturnya.

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik

Di bawah ini adalah sepuluh kulkas terbaik yang dapat Anda temukan di pasaran. Pilihlah yang fungsional, mencukupi kebutuhan, dan sesuai dengan daya listrik di rumah, ya!

1. LG GN-B215SQMT

blank

Sumber: Lg.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pendinginan yang cepat dan merata

Dilengkapi pipa udara di tiap sudut, kulkas terbaik merek LG GN-B215SQMT menawarkan pendinginan yang merata dan cepat. Tingkat kelembapannya juga dijaga agar selalu optimal sehingga makanan tetap segar namun dan tidak cepat busuk.

Istimewanya lagi, kulkas 2 pintu ini dibekali dengan rak kokoh dari bahan tempered glass. Menurut klaim, rak ini kuat menahan bobot hingga          150 kg. Anda juga bisa memuat lebih banyak sayur dan buah di box khususnya yang berkapasitas 15,9 liter.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Desain ramping yang elegan dan estetik.
  • Hemat listrik.
  • Kompresor tidak berisik.
  • Cepat dingin.
  • Dingin merata dari atas ke bawah.
  • Freezer besar.
  • Build quality kokoh.
  • Garansi kompresor sampai 10 tahun.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe pintu 2 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 225 L / 209 L
Ukuran (dimensi) P 555mm x L 585mm x T 1520mm
Konsumsi listrik 70 W
Fitur (keunggulan) Smart inverter compressor, multi air flow, moist balance crisper, LED lighting, rak tempered glass, box buah dan sayur besar
Kisaran harga Rp4.199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. GEA G2D-472

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulkas model side-by-side dengan segudang fitur

Anda yang suka dengan model side-by-side pasti tertarik untuk memiliki kulkas  terbaik dari GEA ini. Fiturnya lengkap, mulai dari pengatur suhu digital, sistem anti bunga es, dan kipas DC sentrifugal. Di bagian luarnya juga terdapat layar LED yang menampilkan beragam indikator.

Menariknya, untuk sebuah kulkas side-by-side, kulkas ini dibanderol di harga yang jauh lebih murah dari banyak kulkas sejenis dari merek lain. Jadi, kalau Anda menginginkan kulkas yang kapasitasnya besar, desainnya elegan, fiturnya lengkap, dan harganya murah, inilah kulkas terbaik yang patut Anda bawa pulang!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas besar, muat banyak.
  • Desain mewah dan elegan.
  • Ada fitur pengaturan suhu.
  • Hemat listrik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Belum pakai teknologi inverter.
Tipe pintu 2 pintu
Arah bukaan pintu Kanan dan kiri (side by side)
Kapasitas 472 L
Ukuran (dimensi) P 900mm x L 590mm x T 1770mm
Konsumsi listrik 150 W
Fitur (keunggulan) Pengatur suhu digital, lampu interior LED, bebas CFC, sistem anti bunga es, kipas DC centrifugal
Kisaran harga Rp6.920.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Samsung RT19

blank

Sumber: Samsung.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandalkan teknologi inverter agar konsumsi listrik lebih irit

Samsung RT19 adalah kulkas 2 pintu berteknologi inverter. Teknologi ini dikenal menghemat konsumsi listrik dengan mekanisme kerjanya yang unik. Apalagi, kulkas ini mengadopsi model top-mount freezer yang konsumsi energinya 10 sampai 25 persen lebih irit dari model lain.

Samsung RT19 juga dipenuhi sederet fitur canggih. Salah satunya adalah anti-bacterial seal yang memastikan tidak ada bakteri yang tumbuh di permukaan sealing berbahan silikon yang mengitari pintu. Alhasil, bahan makanan di dalam kulkas terbaik ini jadi lebih higienis!

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kompresor sunyi.
  • Kemampuan pendinginan sangat baik.
  • Bisa memuat banyak bahan makanan dan minuman.
  • Desain yang elegan dan mewah.
  • Hemat listrik.
  • Freezer tidak menghasilkan banyak bunga es.
  • Harga murah meriah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe pintu 2 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 216 L / 203 L
Ukuran (dimensi) P 555mm x L 637mm x T 1.445mm
Konsumsi listrik 125 W
Fitur (keunggulan) All-around cooling, digital inverter technology, energy-efficient design, tempered glass, anti-bacterial seal, no frost, big vegetable box, LED lighting
Kisaran harga Rp3.210.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Sharp SJ 197 ND

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pintu dengan motif abstrak yang mewah dan berkarakter

Ingin membuat dapur Anda tampak lebih menarik? Sharp SJ 197 ND dapat melakukan itu dengan desainnya yang mewah dan berkarakter. Menampilkan ornamen abstrak di pintu, kulkas ini akan membuat ruangan tampak lebih cantik.

Keistimewaan lain dari kulkas terbaik tipe 2 pintu ini adalah ukuran freezer-nya yang besar. Artinya, Anda bisa menyetok lebih banyak es krim dan olahan beku lainnya!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas muat banyak.
  • Desain yang elegan.
  • Dimensi minimalis sehingga tidak makan tempat.
  • Bisa membuat es batu dalam waktu yang relatif cepat.
  • Tersedia dalam 2 varian warna.
  • Hemat listrik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe pintu 2 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 172 L
Ukuran (dimensi) P 55cm x L 53cm x T 127cm
Konsumsi listrik 110 W
Fitur (keunggulan) Low voltage system, no frost, extra big freezer, LED lamp, big vegetable box, tempered glass tray
Kisaran harga Rp2.599.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Changhong CRF-208

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dirancang untuk pemakaian jangka panjang

Changhong CRF-208 adalah kulkas terbaik yang dirancang untuk pemakaian jangka waktu yang lama. Bodinya durabel memanfaatkan material metal. Sementara kompresornya dilindungi oleh garansi sampai 5 tahun.

Sementara itu, desainnya yang elegan dan simpel tidak terlihat membosankan. Desain ini juga diklaim mengadopsi estetika Korea. Ukurannya yang tak terlampau besar membuatnya cocok digunakan di apartemen.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cepat dingin.
  • Tidak berisik.
  • Desain elegan, tinggi, dan ramping.
  • Tidak makan tempat.
  • Hemat listrik.
  • Harga bersaing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih menghasilkan bunga es.
Tipe pintu 2 pintu
Arah bukaan pintu Kanan/ kiri (changeable)
Kapasitas 165 L
Ukuran (dimensi) P 474mm x L 527mm x T 1282mm
Konsumsi listrik 130 W
Fitur (keunggulan) Simple design, low watt, large space, tidak bising, dilengkapi tempered glass shelf, dan micro frost technology
Kisaran harga Rp2.099.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Aqua AQR-D181

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Hemat listrik sekaligus hemat tempat!

Kalau kebutuhan Anda sedikit, kulkas ukuran besar hanya akan menghabiskan tempat dan listrik saja. Gunakanlah kulkas 1 pintu ukuran minimalis seperti Aqua AQR-D181. Dengan lebar 505 mm, ia dapat dengan mudah menyelip di antara perabotan.

Senada dengan desainnya yang minimalis, kulkas terbaik ini juga hemat listrik. Ini terutama dipengaruhi sistem insulasinya yang baik. Hasilnya, proses pendinginan lebih cepat dan konsumsi energi lebih irit.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tampilan yang elegan dengan desain minimalis.
  • Pendinginan cepat.
  • Suhu tidak kelewat dingin.
  • Kompresor tidak berisik.
  • Ideal digunakan di indekos.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Prosesnya agak lama untuk bikin es batu.
Tipe pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 137 L
Ukuran (dimensi) P 505mm x L 515mm x T 1052.5mm
Konsumsi listrik 35 W
Fitur (keunggulan) Low voltage, full insulation, tempered glass tray, convertible tray, dan multi handle
Kisaran harga Rp1.950.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. LG GN-INV304BK

blank

Sumber: Lg.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulkas 1 pintu berteknologi inverter

Kulkas 1 pintu juga ada yang memakai kompresor berteknologi inverter. LG GN-INV304BK memanfaatkan teknologi tersebut demi konsumsi listrik yang lebih hemat, sekaligus pengoperasian senyap. Asyiknya lagi, kompresor ini juga dilindungi oleh garansi sampai 10 tahun.

Kulkas terbaik merek LG GN-INV304BK juga dibekali teknologi Bio Shield, yakni lapisan khusus pada gasket yang bertugas mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri. Makanan pun jadi lebih awet!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kapasitas besar.
  • Tidak berisik.
  • Hemat listrik.
  • Bagus untuk bikin es batu.
  • Tidak banyak bunga es.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada pengguna yang merasa kabel power-nya kurang panjang.
Tipe pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 171 L / 165 L
Ukuran (dimensi) P 530mm x L 600mm x T 1300mm
Konsumsi listrik 80 W
Fitur (keunggulan) Bio shield, bigger fruits & veggie box, tempered glass shelves, handle pintu pocket modern, smart inverter compressor
Kisaran harga Rp3.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. SHARP SJ-N162D

blank

Sumber: Id.sharp

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Si cantik yang akan membuat dapur terlihat lebih hidup!

Masih di ranah minimalis, selanjutnya adalah SHARP SJ-N162D. Seperti dapat Anda lihat pada gambar di atas, desainnya begitu cantik. Memadukan motif aurora dalam balutan warna vibrant, kehadiran kulkas ini akan membuat dapur terlihat lebih hidup.

Untuk keamanan, Sharp memperkuat kulkas terbaik tipe 1 pintu ini dengan 7 macam perlindungan, mulai dari perlindungan dari petir, gigitan tikus, voltase tidak stabil, ketidakseimbangan, bahaya api, getaran, sampai sengatan listrik.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Warna cantik dan manis.
  • Cepat dingin.
  • Ukuran mungil.
  • Bisa bikin es batu dengan cepat.
  • Harga murah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 133 L / 128 L
Ukuran (dimensi) P 535mm x L 550mm x T 970mm
Konsumsi listrik 84 W
Fitur (keunggulan) Direct cooling system, tempered glass tray, low wattage and low voltage, full insulation, washable gasket, fresh room, semi-automatic defrost system
Kisaran harga Rp1.710.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. GEA RS-06DR

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Anak kos? Pilih yang mini saja!

Tinggal di indekos? Lebih baik pilih kulkas mini. Kapasitas 46 liternya siap menampung minuman dingin, es krim, buah, sayuran, dan bahan makanan lainnya. Senada dengan hal ini, daya listrik yang ia perlukan juga kecil, hanya 82 watt saja.

Kulkas terbaik buatan GEA ini dilengkapi pintu stainless yang dapat dibuka dari sisi kanan maupun sisi kiri. Meski terdengar sederhana, fitur ini sangat meningkatkan fleksibilitas penempatan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sistem pendinginan yang baik.
  • Tidak makan banyak daya.
  • Kompresor tidak berisik.
  • Bisa membuat es batu.
  • Desain bagus.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Freezer-nya cepat membentuk bunga es.
Tipe pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan/ kiri (reversible)
Kapasitas 46 L
Ukuran (dimensi) P 439mm x L 470mm x T 510mm
Konsumsi listrik 82 W
Fitur (keunggulan) CFC free, stainless steel door, reversible door, rak pintu bisa untuk botol 2L, adjustable feet, eco-friendly, dilengkapi kunci pengaman, dan static cooling system
Kisaran harga Rp1.199.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. POLYTRON PRB189

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Desain anggun, tahan bentur!

Biar kelihatannya cantik dan anggun, kulkas terbaik dari Polytron ini punya ketahanan yang baik terhadap benturan. Produk ini juga antikarat dan tahan keropos. Pintunya juga memiliki sealing yang kuat agar makanan dan minuman di dalam terjaga kesegarannya dan tahan lebih lama.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukuran besar.
  • Freezer luas.
  • Dapat membuat batu es hanya dalam beberapa jam saja.
  • Suara kompresor tidak berisik.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Tipe pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan
Kapasitas 180 L
Ukuran (dimensi) P 54.6cm × L 59cm × T 141cm
Konsumsi listrik 75 W
Fitur (keunggulan) Tempered glass rack, jumbo freezer, low voltage, direct cooling, perfect door sealed
Kisaran harga Rp1.869.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Kulkas

Produk LG GN-B215SQMT GEA G2D-472 Samsung RT19 Sharp SJ 197 ND Changhong CRF-208 Aqua AQR-D181 LG GN-INV304BK SHARP SJ-N162D GEA RS-06DR POLYTRON PRB189
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe pintu 2 pintu 2 pintu 2 pintu 2 pintu 2 pintu 1 pintu 1 pintu 1 pintu 1 pintu 1 pintu
Arah bukaan pintu Kanan Kanan dan kiri (side by side) Kanan Kanan Kanan/ kiri (changeable) Kanan Kanan Kanan Kanan/ kiri (reversible) Kanan
Kapasitas 225 L / 209 L 472 L 216 L / 203 L 172 L 165 L 137 L 171 L / 165 L 133 L / 128 L 46 L 180 L
Ukuran (dimensi) P 555mm x L 585mm x T 1520mm P 900mm x L 590mm x T 1770mm P 555mm x L 637mm x T 1.445mm P 55cm x L 53cm x T 127cm P 474mm x L 527mm x T 1282mm P 505mm x L 515mm x T 1052.5mm P 530mm x L 600mm x T 1300mm P 535mm x L 550mm x T 970mm P 439mm x L 470mm x T 510mm P 54.6cm × L 59cm × T 141cm
Konsumsi listrik 70 W 150 W 125 W 110 W 130 W 35 W 80 W 84 W 82 W 75 W
Fitur (keunggulan) Smart inverter compressor, multi air flow, moist balance crisper, LED   lighting, rak tempered glass, box buah dan sayur besar Pengatur suhu digital, lampu interior LED, bebas CFC, sistem anti bunga   es, kipas DC centrifugal All-around cooling, digital inverter technology, energy-efficient design,   tempered glass, anti-bacterial seal, no frost, big vegetable box, LED   lighting Low voltage system, no frost, extra big freezer, LED lamp, big vegetable   box, tempered glass tray Simple design, low watt, large space, tidak bising, dilengkapi tempered   glass shelf, dan micro frost technology Low voltage, full insulation, tempered glass tray, convertible tray, dan   multi handle Bio shield, bigger fruits & veggie box, tempered glass shelves,   handle pintu pocket modern, smart inverter compressor Direct cooling system, tempered glass tray, low wattage and low voltage,   full insulation, washable gasket, fresh room, semi-automatic defrost system CFC free, stainless steel door, reversible door, rak pintu bisa untuk   botol 2L, adjustable feet, eco-friendly, dilengkapi kunci pengaman, dan   static cooling system Tempered glass rack, jumbo freezer, low voltage, direct cooling, perfect   door sealed
Kisaran harga Rp4,199,000 Rp6,920,000 Rp3,210,000 Rp2,599,000 Rp2,099,000 Rp1,950,000 Rp3,000,000 Rp1,710,000 Rp1,199,000 Rp1,869,000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Cara Merawat Kulkas agar Awet dan Bebas Bau

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Bebas Bau

Memastikan bahan makanan yang masuk bebas dari bau tak sedap sangatlah penting. Terlebih bagi Anda yang sering menyimpan daging dan ikan mentah ke dalam kulkas, maka risiko timbulnya bau tak sedap semakin tinggi akibat bakteri E. coli dan salmonela yang menyebar ke seluruh kabinet.

Cara merawat kulkas terbaik ini bisa diterapkan oleh setiap orang dengan sedikit penyesuaian saja.

  • Jika kulkas Anda mempunyai rak dan laci yang bisa dilepas, maka bersihkan komponen-komponen ini dengan cara merendamnya ke dalam ember berisikan air hangat. Jangan lupa menambahkan sabun cuci piring anti bakteri agar tak ada lagi kuman yang melekat pada permukaan rak.
  • Apabila terdapat noda membandel yang tumpah ke tray, gunakan cairan pembersih antibakteri yang dirancang khusus untuk kulkas, sehingga aman saat diaplikasikan ke sekitar makanan atau bahan-bahan lain.
  • Apabila Anda ingin mengoptimalkan kebersihan dari tray di dalam kulkas, gunakan semprotan disinfektan yang tidak mengandung zat kimia keras seperti karbol untuk membersihkan permukaannya.
  • Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran soda kue dan air hangat untuk membersihkan kulkas. Tambahan beberapa tetes jeruk lemon juga bisa membantu menyerap bau tajam yang terjebak di dalam kulkas Anda.

Bila ingin hasil lebih maksimal, lakukan langkah perawatan lemari es ini dalam waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu home appliance paling esensial di rumah, kulkas memegang peranan penting dalam menjaga kualitas bahan makanan dan minuman. Selain itu, kulkas juga dapat menjalankan fungsi sampingan lain seperti membuat es batu dan sebagainya.

Di samping memilih yang kapasitasnya cukup untuk kebutuhan, pilihlah kulkas  terbaik yang konsumsi listriknya irit. Jika budget Anda leluasa, Anda bisa pilih kulkas berteknologi inverter. Mudah-mudahan kulkas baru Anda awet, ya!

You may also like

Comments are closed.