Written by 12:38 Elektronik

10 Merk Kulkas Mini Terbaik dan Berkualitas Paling Bagus

Sanken SN 118

Kulkas mini seringkali dipilih karena membawa keuntungan berupa nilai praktis bagi sebagian orang. Keberadaan lemari es utama di dapur terkadang membuat raga enggan bergerak hanya untuk mengambil sebotol atau sekaleng minuman dingin di dalamnya. Saat itulah, peranan kulkas mini di ruang tamu, ruang baca, atau kamar tidur menjadi alasan untuk memiliki lemari pendingin tambahan ini.

Ukuran kapasitas kulkas mini yang beredar di pasaran beragam. Sharp, Panasonic, Polytron, dan merek lain mengeluarkan bermacam pilihan kulkas berukuran kecil, mulai ukuran 50 liter hingga lebih dari 100 liter. Biasanya, kulkas berkapasitas 50 liter memiliki 1 pintu, fungsinya sebatas untuk menyimpan minuman kaleng atau botol secukupnya, dan tidak dilengkapi freezer. Akan tetapi, ukurannya yang compact membuat kulkas tipe ini tidak terlalu memakan tempat.

Sementara itu, kulkas mini yang mampu menampung hingga 100 liter atau lebih biasanya memiliki beberapa kompartemen luas untuk memuat lebih banyak bahan makanan, minuman, hingga makanan beku. Desain kulkas yang umumnya tinggi ini perlu ditempatkan di ruangan yang cukup luas. Kulkas tipe ini umumnya menyediakan freezer terpisah atau dengan kata lain, kulkas mini 50 liter ke atas dengan freezer mempunyai 2 pintu.

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik yang Bersifat Portable

Apabila Anda menghendaki kulkas mini untuk diletakkan di kamar tidur atau ruang baca, pertimbangkan kebisingan mesin kulkas saat beroperasi. Kulkas yang mengadopsi gaya peltier dapat hasilkan suara bising lebih kecil, namun pendinginannya kurang baik. Di sisi lain, lemari es mini dengan kompresi penguapan yang cepat dingin telah didesain agar tidak berisik dan tidak menggunakan kipas.

Konsumsi daya listrik juga menjadi aspek yang penting diperiksa saat memilih kulkas mini. Perlu Anda ingat, kulkas yang ukuran/kapasitasnya kecil bukan berarti sebanding dengan penggunaan listrik yang sedikit. Selain itu, struktur dalam kulkas juga perlu Anda teliti. Keberadaan rak atau laci di dalam kulkas mungkin memudahkan Anda mengatur isi kulkas, tetapi menyulitkan saat Anda ingin memuat botol minuman berukuran 2 liter dalam posisi berdiri.

Desain menjadi poin penting yang juga perlu Anda pertimbangkan. Prioritaskan produk yang berdesain elegan dan menarik semisal Anda ingin tempatkan di ruang tamu. Selanjutnya, Anda dapat memilih kulkas mini terbaik berdasarkan referensi produk yang akan kami bagikan berikut ini. Silakan dipilih berdasarkan ukuran, kenyamanan, penggunaan listrik, struktur bagian dalam, dan tak lupa desainnya, ya!

1. Sanyo AQUA AQR-D50F

Sanyo AQUA AQR D50F

Kisaran harga: Rp1.340.000

Kulkas mini low watt yang dilengkapi fitur auto defrost

Ingin menikmati aneka macam minuman dingin atau kudapan kecil tanpa perlu beranjak dari kamar tidur Anda? Sanyo AQUA AQR-D50F bisa menjadi opsi kulkas mini yang bagus untuk ditempatkan di ruang istirahat Anda. Produk dengan dimensi 51 x 55 x 52 cm ini compact sehingga menjadikannya fleksibel diletakkan di atas meja atau sudut ruangan kamar Anda.

Melihat kapasitas tampungnya yang mencapai 140 liter dan nilai jual sekitar 1,3 juta, tentu Anda tidak merasa dirugikan sebab kulkas ini tergolong murah. Bergeser membahas interior, Sanyo AQUA AQR-D50F dilengkapi rak satu tingkat untuk mempermudah Anda memanajemen isi kulkas. Bahkan, ruang kecil yang disediakan dapat dimanfaatkan sebagai pembuat es batu. Tenang saja, kulkas mini 1 pintu ini hanya memangkas daya listrik 90 watt.

2. GEA RS-06DR

GEA RS 06DR

Kisaran harga: Rp1.083.000

Kulkas mini 2 pintu 1 jutaan yang elegan dan ramah lingkungan

Lemari es minimalis berukuran 44 x 47 x 51 cm persembahan GEA kali ini dibandrol dengan harga lebih terjangkau dibandingkan produk rekomendasi kami sebelumnya. Terbuat dari material stainless steel, jaminan seisi kulkas tetap dingin merupakan nilai lebih yang ditawarkan. Untuk di indekos (kost), apartemen, atau kamar tidur, pilihlah kulkas ini.

Bicara kapasitas, kulkas ini menyuguhkan total muatan 46 liter. Kecil memang, tetapi rak di bagian pintu kulkas ini didesain agar mampu menampung botol berukuran 2 liter dalam posisi berdiri. Membutuhkan energi listrik 82 watt, kulkas ini tergolong hemat energi dan ramah lingkungan. Satu lagi, kaki pada lemari es mini dengan freezer kecil ini dapat diatur sesuai kebutuhan.

3. Electrolux EUM-0500SB

Electrolux EUM 0500SB

Kisaran harga: Rp1.650.000

Pilihan ideal untuk Anda yang memerlukan kulkas mini portable

Electrolux adalah brand elektronik yang ikut memproduksi kulkas untuk keperluan rumah tangga. Salah satu yang best seller adalah Electrolux EUM-0500SB. Kulkas mini berdimensi 47 x 44 x 50 cm ini dibekali kapasitas muatan 46 liter. Meskipun berdaya tampung kecil, kulkas ini termasuk watt rendah soal pemakaian listrik, sebab hanya memakan daya listrik sebanyak 50 watt.

Jika Anda menginginkan kulkas mini yang hemat listrik, produk yang telah dilengkapi recess handle ini layak dijadikan pertimbangan. Terdapat fungsi manual defrost yang akan mencegah volume muatan kulkas menjadi berkurang. Berat kulkas ini sekitar 15 kg, termasuk berat karena bahannya dari stainless steel yang kukuh dan tidak mudah berkarat.

4. Sharp Mini Bar SJ-50MB-XW

Sharp Mini Bar SJ 50MB XW

Kisaran harga: Rp1.349.000

Kulkas mini yang ramah lingkungan dan ramah di kantong

Apakah Anda salah satu penggemar setia produk elektronik besutan Sharp? Kami rekomendasikan kulkas mini Sharp Mini Bar SJ-50MB-XW untuk Anda yang menyenangi brand satu ini. Hadir dengan warna putih yang tersusun atas material stainless steel, membuat durability kulkas sangat baik. Anda mencari kulkas yang awet dan tahan lama? Inilah pilihannya!

Oleh karena berukuran kompak, yaitu hanya 44 x 46 x 49 cm, dan memiliki kapasitas total 50 liter dengan 44 liter kapasitas utama dan 4 liter untuk freezer, kulkas mini 1 pintu ini ideal diletakkan di kantor atau ruang tamu Anda. Teknologi fast freezing yang disematkan dapat membantu Anda membekukan es batu dalam waktu singkat. Satu lagi, produk ini juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan CFC (chlorofluorocarbons).

5. Midea HS-65L

Midea HS 65L

Kisaran harga: Rp1.225.000

Ukuran yang pas untuk mendinginkan berbagai macam makanan dan minuman kaleng maupun botolan

Kulkas mini berikut bisa Anda gunakan untuk menaruh sebotol minuman cola berukuran 2 liter tanpa harus menidurkannya. Masih pada sisi rak pintunya, Anda dapat pula menyimpan dua botol yoghurt dan tiga buah minuman kaleng. Sementara kompartemen utama terdiri dari 2 tingkat, bisa Anda atur untuk menaruh buah di rak atas dan sayur-sayuran di rak bawah.

Tidak lupa, Midea HS-65L menyediakan ruang tambahan untuk membuat es batu. Dilengkapi sistem kunci pengaman opsional (lock optional), Anda bisa jaga kulkas agar tidak terbuka akibat malafungsi ketika ditinggalkan. Membawa kapasitas sebesar 65 liter, kulkas dengan pintu reversible dan fitur pendinginan chiller berkompartemen terpisah ini terbilang ideal untuk Anda yang ingin menaruh beraneka buah, sayur, dan minuman dingin di dalamnya.

6. Changhong CBC-50

Changhong CBC 50

Kisaran harga: Rp1.229.000

Simpan soft drink atau buah-buahan segar dengan suhu dingin yang dapat diatur hingga angka -7oC

Changhong CBC-50 cukup laris di beberapa toko online Indonesia. Selain alasan harga pasarannya yang bersahabat, kulkas mini satu ini telah dilengkapi berbagai kelebihan. Sebagai contoh, meskipun total volumenya hanya 46 liter, produsen tetap menyediakan ruang pembekuan mikro (freezer) sebesar 9 liter ke dalam kulkas ini.

Tombol/kenop pengaturan suhu dapat disetel hingga suhu -7oC, menjadikan seluruh kompartemen utama dingin di segala arah. Bukan itu saja, Changhong juga membekali kulkas berukuran 47 x 44 x 50 cm ini dengan reversible door dan rak yang terbuat dari tempered glass.

7. Sanken SN-118

Sanken SN 118

Kisaran harga: Rp1.875.000

Mini bar dengan bagian pintu bermaterial karet PVC yang anti bakteri dan mudah dibersihkan

Kulkas mini berdimensi 49 x 47 x 52 cm persembahan Sanken ini diklaim mampu menampung bermacam jenis makanan dan minuman. Botol madu, yoghurt, susu, minuman soda, atau buah-buahan seperti anggur, apel, jeruk, dan buah lain favorit Anda akan terjaga kualitas segar dan nutrisi yang terkandung di daalmnya. Kapasitas 48 liter dari Sanken SN-118 juga cocok untuk menyimpan kue dan sayur, lho!

Sistem pendingin berteknologi 4D Air Flow akan memastikan aliran udara dingin tersebar merata ke setiap kompartemen kulkas. Permukaan dinding dalam yang dirancang tebal dan padat mampu mengunci suhu dingin lebih lama. Jika Anda ingin membuat mini bar di kamar tidur, kulkas dengan laci bening Crisper Drawer ini adalah produk yang Anda butuhkan!

8. Panasonic NR-AK5ED-HPP

Panasonic NR AK5ED HPP

Kisaran harga: Rp1.990.000

Hanya memerlukan konsumsi daya sebesar 65 watt dengan running ratio 50%

Lemari es mini 1 pintu yang dirilis oleh Panasonic ini banyak dipakai sebagai produk pendingin untuk kebutuhan kantor. Meski demikian, kulkas dengan dimensi keseluruhan 49 x 51 x 49 dan kapasitas simpan mencapai 50 liter ini tetap ideal untuk pemakaian di rumah atau bahkan kebutuhan industri semisal untuk mini bar di kamar hotel.

Panasonic NR-AK5ED-HPP telah mendapatkan banyak review positif dari pengguna. Salah satu yang paling sering disinggung adalah teknologi Double Rotation Compressor-nya yang membuat kulkas mini ini lebih tahan terhadap ketidakstabilan arus listrik. Dengan running ratio 50%, menjadikan produk lebih hemat listrik karena hanya butuh listrik 12 jam untuk pemakaian selama 24 jam.

9. Tokuniku 4L Front Door Cooler and Warmer Car Refrigrator

Tokuniku 4L Front Door Cooler and Warmer Car Refrigrator

Kisaran harga: Rp575.000

Kulkas mini 2 in 1 yang fleksibel, sangat portable, hemat listrik, dan tidak berisik

Jika Anda kerap mengemudi mobil untuk jarak jauh, Anda bisa minimalisir kejenuhan dengan membawa kulkas mini berkapasitas 4 liter ini ke dalam mobil. Tokuniku mendesain produk berukuran 24,3 x 17,8 x 26 cm yang bukan cuma cocok ditaruh di bangku mobil, bahkan di dalam bagasi sekalipun. Selain ideal untuk penggunaan di dalam mobil, kulkas ini juga kompatibel untuk ruangan seperti kamar tidur ataupun indekos.

Menariknya, Tokuniku merancang kulkas ini agar fleksibel berdasarkan lokasi penggunaannya. Jika dibawa ke dalam mobil, pengoperasian produk bisa dengan menyolokkan adaptor yang tersedia ke jack lighter mobil. Sementara untuk pemakaian di ruangan,tersedia pula kabel adaptor untuk dihubungkan ke stopkontak. Satu lagi, Tokoniku juga membekali fungsi 2 in 1. Jadi, selain bisa mendinginkan, kulkas ini dapat menjaga suhu hangat hingga 65oC hanya dengan menekan tombol switch di bagian belakang kulkas.

10. Polytron PRH-47W

Polytron PRH 47W

Kisaran harga: Rp1.799.000

Jaga ruangan di dalam kulkas tetap dingin dengan karet yang mampu cegah kebocoran suhu

Simpel dan mudah diatur pemosisiannya, demikian kesan yang tepat untuk mendeskripsikan kulkas ini. Polytron PRH-47W hanya memiliki satu pintu, tetapi di dalamnya telah tersedia ruangan pembeku independen alias freezer yang cukup menampung beberapa keping es batu.

Elektronik pendingin dengan kapasitas 47 liter ini mempunyai beberapa keistimewaan, di antaranya pintu berbahan metal yang tangguh, karet pintu yang dapat mencegah kebocoran suhu ke luar kulkas, dan satu lagi yang telah disebutkan, yaitu mini freezer. Polytron PRH-47W adalah pilihan menguntungkan untuk Anda yang menghendaki kepraktisan dan kenyamanan.

Baca juga rekomendasi kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu terbaik lainnya!

Dalam artikel ini kami menjelaskan tips memilih sekaligus mencantumkan 10 produk kulkas mini terbaik. Jika Anda berniat untuk membeli kulkas 1 pintu atau kulkas 2 pintu, pastikan Anda memahami dulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk.

Pada kedua tautan berikut, Anda akan melihat deretan produk kulkas dengan 1 pintu ataupun 2 pintu yang saling berlomba menghadirkan fitur-fitur terbaik. Pastikan Anda pilih dengan menyesuaikan bujet dan kebutuhan. Jangan lupa periksa lokasi penyimpanannya agar Anda lebih nyaman menggunakannya.

Kesimpulan

Seusai membaca ulasan singkat mengenai cara memilih kulkas mini dan melihat rekomendasi kulkas mini terbaik, apakah Anda telah membulatkan pilihan pada salah satu produk? Memiliki kulkas kecil akan berhubungan dengan kenyamanan Anda selama berada di dalam rumah.

Dengan adanya kulkas mini di ruang tamu misalnya, Anda bisa menjamu tamu yang datang berkunjung dengan minuman dingin fresh dari kulkas. Sementara apabila Anda meletakkan kulkas di dalam kamar tidur, Anda tidak harus pergi ke dapur ketika tenggorokan haus saat menjelang dan bangun tidur. Anda bahkan bisa menikmati buku bacaan favorit ditemani minuman soda hanya dengan menjangkau kulkas mini di ruang baca Anda. Praktis, bukan?

(Visited 34 times, 3 visits today)