Written by 21:40 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Multivitamin Terbaik

Blackmores Radiance Marine Q10

Dalam dunia kesehatan, pertanyaan seperti apakah multivitamin terbaik penting untuk tubuh atau tidak masih menjadi perdebatan. Hal ini dikarenakan multivitamin memang menawarkan sejumlah vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh dengan defisiensi vitamin. Akan tetapi, dalam beberapa penelitian juga ditemukan kalau pengonsumsian multivitamin dalam waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan, terutama untuk jenis vitamin yang larut lemak.

Di Indonesia beredar banyak pilihan multivitamin yang menawarkan beragam jenis vitamin dan mineral dengan fungsi yang berbeda-beda. Renovit, Hemaviton, Enervon, dan Blackmores adalah contoh merek multivitamin yang cukup terkenal di pasaran. Apabila Anda ingin membeli sebuah multivitamin, akan lebih baik Anda melihat terlebih dahulu ulasan dari kami mengenai cara memilih multivitamin berikut ini.

Cara Memilih Multivitamin yang Tepat

Ada banyak pilihan multivitamin yang beredar secara bebas di pasaran ataupun berdasarkan resep dari dokter. Dari sekian banyak pilihan, Anda perlu menentukan manakah produk yang tergolong sebagai multivitamin terbaik. Maka dari itu kami sarankan Anda membaca poin-poin penting dalam memilih multivitamin berikut ini. Silakan disimak dengan baik, ya!

Meskipun dijual dengan harga lebih mahal, multivitamin dengan kandungan vitamin non-sintetis mempunyai kualitas lebih baik

vitamin non sintetis

Hal yang cukup penting dilakukan ketika berencana untuk membeli sebuah multivitamin adalah dengan memperhatikan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya. Di pasaran beredar cukup banyak multivitamin yang di dalamnya tersimpan vitamin dalam bentuk sintetis. Biasanya, suplemen multivitamin yang terdiri dari kombinasi bahan sintetis dijual dengan harga yang lebih murah.

Namun, apabila Anda menginginkan bentuk vitamin non-sintetis, tentu akan lebih baik meskipun dipasarkan dengan harga yang cukup mahal Pasalnya, vitamin ataupun mineral buatan tidak mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Dengan demikian, yang terjadi sesungguhnya justru mereka akan berakhir sebagai limbah dan tidak membawa manfaat apa-apa bagi tubuh. Sebagai contoh, folat atau asam folat adalah dua jenis vitamin yang berbeda.

Jika yang dibutuhkan adalah produk dengan kandungan vitamin non-sintetis, maka folat merupakan pilihan yang baik. Sementara asam folat adalah bentuk sintetis vitamin yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Asam folat juga bisa menyebabkan masalah jika terdeposit di dalam tubuh dan tidak bisa diproses dengan baik dalam waktu lama. Terutama untuk ibu hamil yang umumnya memerlukan zat ini, maka pemilihan multivitamin dengan kandungan folat akan memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan asam folat.

Pilihlah multivitamin yang tidak mengandung zat aditif berbahaya

multivitamin yang tidak mengandung zat aditif berbahaya

Khusus di negara-negara maju Eropa, produk-produk suplemen yang diekstrak dari makanan yang material genetiknya sudah diubah dengan rekayasa genetik banyak ditemukan. Sementara di Indonesia, produk ini juga cukup banyak beredar terutama pada buah-buahan dan daging-daging import. Bahkan, sayur-sayuran hingga makanan kemasan import juga banyak yang mengandung GMO.

GMO sendiri adalah singkatan dari Genetically Modified Organisms yang mana sudah dilarang peredarannya. Adapun beberapa produk dengan kandungan GMO yang banyak beredar berasal dari golongan sayur dan buah-buahan seperti apel, jeruk, jagung, dan kacang. Pada multivitamin sendiri, banyak orang yang terkejut setelah menemukan bahwa tak sedikit produsen yang menggunakan kandungan vitamin dari makanan yang dimodifikasi secara genetika seperti jagung dan kedelai.

Memilih multivitamin yang berlabelkan non-GMO adalah langkah yang baik untuk memastikan bahwa suplemen yang hendak Anda konsumsi bersih dari kandungan non-organik berbahaya bagi tubuh. Terlebih bagi Anda yang punya alergi atau kepekaan tinggi terhadap kedelai, gluten, atau susu, maka menghindari vitamin dengan zat aditif berbahaya semacam ini sangatlah penting.

Bukan hanya bisa mencegah terjadinya defisiensi vitamin dan mineral, dosis efektif juga perlu diperhatikan

Bukan hanya bisa mencegah terjadinya defisiensi vitamin dan mineral dosis efektif juga perlu diperhatikan

Multivitamin memang dibuat untuk memenuhi kekurangan gizi akibat pola makan yang tak seimbang. Tapi dalam hal pemenuhan nutrisi ini, multivitamin yang baik untuk dikonsumsi adalah mereka yang punya dosis seimbang untuk keperluan tubuh. Sebab, tak sedikit juga beredar multivitamin dengan dosis kandungan 100% bahkan lebih yang mana ini akan berdampak negatif pada kesehatan.

Yang dimaksud dengan dosis efektif juga bergantung pada setiap individu. Hal ini dipengaruhi oleh status kesehatan ataupun faktor lainnya seperti apakah sedang hamil,, menyusui, sakit, aktivitas fisik, atau sedang menjalani program diet. Kebutuhan vitamin setiap orang berbeda-beda, jadi akan lebih baik untuk Anda mengetahui kebutuhan vitamin sehingga dosis yang tepat dari sebuah multivitamin akan berguna bagi tubuh.

Dalam hal ini, tentunya Anda memerlukan saran dari pakar kesehatan semisal ahli gizi agar tidak salah jalan. Atau langkah lebih mudahnya, Anda bisa mencari multivitamin dari produsen yang telah melakukan penelitian untuk pemenuhan nutrisi pada dosis yang efektif. Dengan demikian, pemilihan produk dari brand ternama adalah hal mutlak yang tak boleh Anda abaikan.

10 Rekomendasi Multivitamin Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih multivitamin yang baik dan benar, sekarang Anda bisa menentukan produk multivitamin untuk keperluan tubuh Anda. Pada daftar berikut ini, kami menyertakan beragam multivitamin yang mempunyai kandungan dengan peranan berbeda-beda. Pastikan Anda memilih yang sesuai untuk memenuhi kekurangan vitamin dan mineral dari tubuh Anda, ya!

1. Renovit Multivitamin & Mineral

Renovit Multivitamin Mineral

Kisaran harga: Rp10.200

Kebiasaan merokok, perubahan mood, kehilangan nafsu makan, gangguan pusing dan mual adalah gejala yang dapat muncul akibat sebagai sinyal tubuh mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi Renovit Multivitamin & Mineral. Multivitamin satu ini dapat Anda konsumsi 1 kaplet setiap hari.

Renovit melengkapi produk ini dengan 12 vitamin dan 13 mineral yang dapat memenuhi kelengkapan gizi harian Anda. Meskipun diperkaya dengan sejumlah gizi yang baik untuk tubuh, Renovit tidak menerapkan kandungan ginseng di dalamnya. Tentunya, dengan absennya ginseng, menjadikan produk ini aman dikonsumsi oleh Anda yang menderita hipertensi. Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusuai ataupun diabetes juga aman dikonsumsi karena bebas gula (sugar free).

2. Hemaviton Stamina Plus

Hemaviton Stamina Plus

Kisaran harga: Rp34.000

Beban kerja yang menumpuk seharian tak jarang membuat tubuh menjadi kelelahan. Pada kondisi semacam ini, Anda memerlukan multivitamin dari Hemaviton. Produk suplemen ini akan menyuplai energi yang ditujukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh Anda. Suplemen multivitamin ini dapat dikonsumsi baik oleh pria ataupun wanita.

Hemaviton Stamina Plus dirumuska sebagai produk yang akan memelihara, mengembalikan, dan meningkatkan stamina tubuh serta konsentrasi otak. Dengan begitu, tubuh bisa terus digunakan untuk beraktivitas secara maksimal. Berbeda dengan Renovit, Hemaviton menggunakan kandungan ginseng sebagai penambah stamina agar tubuh menjadi prima dan lebih sehat.

3. Nutrimax Complete Plus

Nutrimax Complete Plus

Kisaran harga: Rp372.000

Setelah diserang oleh aktivitas padat seharian, tubuh perlu beristirahat agar bisa memulihkan kondisinya. Untuk membantu tubuh memperoleh kesegarannya kembali, Anda bisa mengonsumsi Nutrimax Complete Plus sebagai multivitamin untuk mendukung proses tersebut. Multivitamin yang bagus satu ini dilengkapi dengan vitmain, mineral, dan asam amino.

Selain itu, Nutrimax juga menyertakan nutrisi penting lainnya seperti Ginkgo Biloba, Omega 3 & 6, DHA, Bilberry, MSM, Bee Pollen, Propolis, Glucoasmine, Royal Jelly, Green Tea, Ginseng, Ginger, dan masih banyak lagi. Sementara kandungan berupa Curcuma Plus Echinacea akan membantu organ vital tubuh seperti hati, ginjal, jantung, dan otak senantiasa berada dalam kondisi yang sehat.

4. Holisticare Ester C Non-Acidic Vitamin C

Holisticare Ester C Non Acidic Vitamin C

Kisaran harga: Rp55.000

Holisticare Ester C adalah multivitamin yang terkenal di Indonesia. Sebagai salah satu produk best seller, Anda tak perlu ragu lagi untuk membelinya. Alasannya, suplemen multivitamin ini mengantongi kandungan vitamin C yang dapat memelihara sistem imun. Jika Anda membutuhkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, maka inilah pilihannya!

Produk yang sudah dikenal sejak lebih dari 25 tahun lalu ini dikenal sebagai suplemen vitamin C yang tidak menyebabkan perih di lambung. Apabila Anda tak ingin terserang penyakit akibat sering terkena paparan radikal bebas semisal stres, polusi, asap rokok, dan aktivitas sibuk maka Holisticare Ester C Non-Acidic Vitamin C bisa Anda konsumsi sebagai multivitamin penunjang kesehatan tubuh.

5. Enervon Active

Enervon Active

Kisaran harga: Rp36.000

Bisa ditebak kalau Anda sudah familiar dengan merek multivitamin terbaik satu ini. Enervon Active yang dipasarkan dengan harga yang bersahabat ini diciptakan bukan sebatas untuk meningkatkan sel-sel imun tubuh. Lebih dari itu, multivitamin ini menyimpan kandungan berupa Non-Acidic Vitamin C yang akan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain vitamin C yang tidak perih di lambung, Enervon Active juga dibekali dengan vitamin B complex yang berperan dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih berenergi dan tidak mudah lelah. Enervon melalui produk ini juga menyertakan kandungan berupa zinc yang berguna untuk pengeluaran asam laktat.

6. CDR (Calcium-D-Redoxon)

CDR Calcium D Redoxon

Kisaran harga: Rp47.000

Kegiatan sehari-hari akan berjalan dengan lancar bilamana tulang berada dalam kondisi yang baik dan sehat secara fisik. Sebaliknya, jika tulang lemah maka bukan tidak mungkin aktivitas harian menjadi terganggu. Apabila Anda menginginkan tulang yang senantiasa sehat, maka kami sarankan untuk memulai konsumsi multivitamin CDR (Calcium D Redoxon).

Multivitamin yang terkenal akan kandungan kalsium ini dibekali dengan Strong Bone Formula yang berperan penting untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat. Di Selain itu, Anda juga bisa merasakan sensasi rasa manis yang dihasilkan oleh tambahan rasa jeruk segar di dalamnya. Multivitamin ini bisa dikonusmsi oleh orang dewasa, ibu hamil, dan ibu menyusui.

7. Blackmores Radiance Marine Q10

Blackmores Radiance Marine Q10

Kisaran harga: Rp356.000

Apabila Anda mendambakan tampilan kulit yang sehat dan terlihat awet muda, melakukan perawatan dengan produk yang dipakai dari luar belum cukup. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga perlu mengonsumsi multivitamin yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit. Blackmores Radiance Marine Q10 adalah salah satu produk yang tepat buat Anda.

Suplemen dari Blackmores ini dirancang khusus sebagai multivitamin untuk memberikan nutrisi dan mendukung pemeliharaan lapisan kulit paling dalam. Dikombinasikan dari 10 bahan, terutama kandungan kolagen laut CoQ10 dan antioksidan, multivitamin di Indonesia ini akan mendukung kulit memperoleh tampilan lebih muda dan lebih kencang.

8. Youvit Gummy Multivitamin

Youvit Gummy Multivitamin

Kisaran harga: Rp18.500

Youvit menghadirkan multivitamin pertama untuk orang dewasa yang didesain dalam bentuk gummy. Dengan rasa mix berry yang enak, Anda akan merasakan sensasi seperti sedang mengunyah permen, namun yang ini menyehatkan. Selain enak, tekstur yang kenyal dari gummy multivitamin ini juga akan menimbulkan kesan berbeda saat Anda mengonsumsinya.

Bagi Anda yang juga mengutamakan produk multivitamin yang halal, maka Youvit Gummy Multivitamin telah bersertifikat halal. Kandungan gelatin yang digunakan diperoleh dari daging sapi yang halal. Untuk komponen lainnya, Youvit mengandung 10 vitamin dan 2 mineral penting yang siap menyuplai tubuh untuk memperoleh kondisi sehat dan fit sepanjang hari.

9. Zevit Grow

Zevit Grow

Kisaran harga: Rp12.000

Zevit Grow dikenal sebagai suplemen multivitamin yang dapat menambahkan tinggi badan. Bagi Anda yang masih berusia remaja, kami sarankan untuk mengonsumsi suplemen ini mulai sekarang jika ingin memperoleh tubuh tinggi yang ideal. Selain bisa meningkatkan tinggi badan, multivitamin ini juga akan memelihara daya tahan tubuh Anda lewat kandungan vitamin C (asam askorbat) yang tersimpan di dalamnya.

Tak hanya itu, Zevit Grow juga sudah dibekali dengan sejumlah mineral seperti zinc. Bahan tersebut akan mendukung tulang dan otot dalam memperoleh pertumbuhan dan perkembangan terbaiknya. Sementara kalsium yang menjadi kandungan utama dari multivitamin untuk remaja ini yang akan menutrisi tulang agar bisa tumbuh terus hingga titik paling maksimal.

10. Kirkland Signature Daily Multivitamin

Kirkland Signature Daily Multivitamin

Kisaran harga: Rp690.000

Kirkland Signature Daily Multivitamin adalah suplemen kesehatan yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Produk asal Eropa ini sudah teruji oleh USP (United States Pharmacopeia) dan FDA (Food and Drug Administration) aman dikonsumsi oleh tubuh. Diklaim sebagai multivitamin untuk menjaga kesehatan jantung, mata, serta tulang dan gigi, Anda bisa merasakan banyak keutamaan hanya dalam satu produk.

Walaupun produk ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, Anda tidak akan dibuat rugi apabila memebelinya. Sebab, Kirkland telah merancang produk ini dengan sedemikian rupa untuk memberikan hasil terbaik pada tubuh. Produk ini aman dikonsumsi oleh setiap orang karena tidak mengandung pewarna, pengawet, perasa, ataupun gluten (protein yang diperoleh dari gandum dan tepung).

Cara Mengonsumsi Multivitamin yang Aman

Kami harap Anda sudah menemukan multivitamin terbaik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya, kami akan membantu Anda memperoleh manfaat optimal dari sebuah multivitamin lewat cara mengonsumsinya yang benar. Seperti apa?

Tetap jadikan makanan sebagai prioritas pertama

Tetap jadikan makanan sebagai prioritas pertama

Banyak pakar gizi yang tetap menyarankan setiap orang untuk memperoleh vitamin dan mineral dari makanan. Alasannya, makanan akan memberikan jenis vitamin dan mineral serta nutrisi lain yang tidak ditemukan dalam produk suplemen multivitamin. Sebagai contoh, makanan akan mengirimkan banyak senyawa bioaktif dan serat makanan yang mana sulit ditemukan di dalam produk multivitamin.

Selain itu, beberapa suplemen juga tidak memungkinkan untuk melakukan penyerapan vitamin secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan sebagian suplemen, terutama yang larut dalam lemak, tidak mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Kandungan di dalam multivitamin tersebut hanya akan memperoleh penerapan lebih baik jika dikonusmsi bersamaan dengan makanan yang menyediakan lemak.

Multivitamin hanyalah pelengkap setelah makanan Anda

Multivitamin hanyalah pelengkap setelah makanan Anda

Tidak bisa dipungkiri memang kalau multivitamin mengandung banyak senyawa vitamin dan mineral yang akan memenuhi kebutuhan harian tubuh. Namun apabila Anda sudah mendapatkan nutrisi yang lengkap dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, Anda tidak perlu mengonsumsi multivitamin. Begitupun sebaliknya, jika ternyata pola makan Anda tidak teratur atau makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi gizi seimbang, multivitamin menjadi penting untuk dikonsumsi.

Sementara buat Anda yang sedang menerapkan program diet atau pengurangan porsi makan, maka multivitamin juga terbilang penting untuk dikonsumsi. Pemakaian multivitamin akan menunjang kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak Anda peroleh dari makanan akibat program diet sehat yang sedang dijalankan. Tapi kembali lagi, Anda tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi multivitamin. Lebih baik temui ahli gizi untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai pemenuhan nutrisi yang Anda perlkan.

Kesimpulan

Multivitamin memang dapat menjadi jalan pintas buat Anda mendapatkan kelengkapan nutrisi harian. Tapi yang perlu Anda ingat, multivitamin terbaik bukanlah produk yang bisa menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Pola hidup sehat dan pemilihan asupan makanan yang bergizi seimbang tetap menjadi faktor penting yang harus Anda jaga. Dengan begitu, keberadaan multivitamin hanya akan menjadi pelengkap.

Maksudnya, multivitamin tidak akan menjadi produk yang wajib Anda konsumsi setiap hari. Jadi produk suplemen kesehatan ini hanya akan Anda konsumsi dalam waktu-waktu tertentu. Misalnya, ketika suatu hari Anda benar-benar dihantam oleh deadline pekerjaan yang menjadikan Anda lupa untuk makan. Maka di akhir hari, Anda bisa mengonsumsi multivitamin untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi guna menjaga tubuh tetap sehat dan prima.

(Visited 130 times, 1 visits today)