Written by 13:36 Elektronik

10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik

Mito R5 8 in 1 Digital Rice Cooker

Rice cooker merupakan satu dari sekian banyak perlengkapan rumah tangga, khususnya untuk di dapur, yang mempunyai nilai guna tinggi. Dewasa ini, rice cooker terbaik datang dengan bermacam tawaran fungsi dan fitur yang memanjakan. Pemakaiannya yang praktis juga menyebabkan perangkat kebutuhan dapur ini hampir dimiliki semua orang.

Jika Anda ingin memasak nasi dengan lebih mudah, tentu rice cooker adalah pilihan tepat. Hanya dengan melakukan pencucian beras, kemudian beras tersebut dimasukkan dalam panci pengukus, selanjutnya rice cooker akan bekerja menanak nasi hingga masak. Di Indonesia cukup banyak pabrikan yang merilis rice cooker, seperti Yong Ma, Cosmos, Miyako, Philips, dan Electrolux.

Cara Memilih Rice Cooker (Penanak Nasi)

Apabila Anda tertarik untuk memiliki rice cooker untuk kebutuhan keluarga, maka kami menyarankan Anda mengetahui beberapa hal yang patut diperhatikan sewaktu ingin membeli barang ini. Pada bagian ini, kami akan mengulas cara memilih rice cooker atau penanak nasi agar Anda bisa menyesuaikannya dengan keperluan sehari-hari.

Pahami Bedanya Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

Pahami Bedanya Rice Cooker Magic Jar dan Magic Com

Alat yang beroperasi dengan daya listrik untuk mematangkan nasi ini lazim dianggap sama dengan alat lain, seperti magic jar dan magic com. Ketiga macam alat ini sebenarnya berbeda dari segi fungsi yang diberikan. Seperti magic com, alat ini dapat digunakan untuk menanak nasi (cook), memanaskan nasi (warm), dan bahkan merebus atau mengukus sayur-sayuran.

Sedangkan magic jar merupakan alat listrik yang hanya digunakan untuk menghangatkan nasi (keep warm) agar bisa dimakan dalam keadaan hangat. Kemudian untuk rice cooker terbagus sendiri, alat ini dulunya hanya berguna untuk memasak atau menanak nasi. Namun, semakin ke sini, rice cooker hadir dengan sifat multifungsi.

Anda bukan hanya bisa memanfaatkan rice cooker untuk memasak beras, melainkan juga sudah dilengkapi dengan fitur menghangatkan (keep warm), mengukus, merebus, dan bahkan menghangatkan lauk. Beberapa pabrikan juga ada yang menerapkan teknologi terbaru semacam fuzzy logic yang membuat perangkat ini semakin baik dalam menawarkan fleksibilitas kepada pengguna.

Pilih On-Off, Cook-Keep Warm, atau Smart Rice Cooker?

Pilih On Off Cook Keep atau Smart Rice Cooker

Rice cooker terbaik hadir dalam bermacam jenis, seperti on/off rice cooker, cook/keep warm rice cooker, dan smart rice cooker. Apabila Anda mempunyai kendala perihal bujet, maka jenis on/off cooker bisa dipilih karena umumnya dipasarkan dengan bandrolan harga yang relatif terjangkau. Walaupun praktis, rice cooker jenis ini tidak dibekali dengan fitur menghangatkan.

Apabila Anda lebih nikmat menyajikan nasi dalam keadaan hangat, maka rice cooker dengan tambahan fitur keep warm dapat Anda pilih. Selain berfungsi untuk menanak nasi, jenis ini juga umumnya ditanamkan fitur lain untuk menjaga suhu nasi agar tetap hangat sepanjang waktu. Sama dengan jenis on-off rice cooker, pada cook-keep warm rice cooker juga tersedia tombol atau switch pengaturnya.

Keinginan pemakai yang semakin besar menuntut produsen menciptakan rice cooker multifungsi atau lebih dikenal dengan sebutan smart rice cooker. Dibandingkan dua jenis sebelumnya, rice cooker ini mempunyai fitur yang lebih banyak. Semisal ada stream tray atau wadah untuk mengukus beberapa makanan seperti sayuran, ikan, daging, dan bahkan kue.

Pada smart rice cooker juga terdapat kecanggihan lain berupa slow cook. Fitur ini berguna untuk memasak dalam waktu lama dengan suhu rendah, seperti untuk memasak bubur, gudeg, atau bahkan rendang. FItur slow cook sangat ideal untuk mengempukkan bahan makanan yang kenyal atau keras. Selain slow cook, smart rice cooker juga menawarkan fitur fast cook (memasak cepat).

Anda bisa memasak nasi lebih cepat dengan menghidupkan fitur fast cook-nya. Hanya dalam 10 – 15 menit nasi sudah bisa matang, sangat berguna ketika Anda sedang terburu-buru. Kemudian untuk fitur lain yang biasa disematkan adalah preset, yaitu mengatur dan menjadwalkan waktu memasak. Dengan banyaknya fitur ini, meskipun mahal, tentu smart rice cooker menjadi pilihan ideal yang memudahkan segala kebutuhan Anda.

Pilihlah yang Menggunakan Panci Berbahan Keramik

Pilihlah yang Menggunakan Panci Berbahan Keramik

Bahan pada panci penanak nasi (rice cooker pan) yang mempunyai kualitas baik umumnya terbuat dari bahan keramik dengan lapisan coating pada permukaannya. Bahan baku semacam ini mempunyai kemampuan dalam menghantarkan panas secara merata. Dengan begitu, nasi yang pulen dapat dihasilkan pada seluruh area di dalam panci.

Selain mampu menghasilkan nasi yang matang merata dengan rasa enak, panci berbahan keramik juga lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat mencuci panci dengan deterjen atau cairan pembersih peralatan makan biasa. Kerak nasi atau kotoran yang menempel mudah diluruhkan. Kekurangan dari rice cooker dengan panci bermaterialkan keramik tak lain terletak pada sisi harga yang kurang ekonomis, sehingga sulit dimiliki oleh kalangan middle class ke bawah.

Untuk Kematangan Merata, Pilihlan Rice Cooker dengan Sistem Pemanas Induksi

Pilihlan Rice Cooker Dengan Sistem Pemanas Induksi

Daya pemanas pada setiap rice cooker menentukan seberapa baik nasi atau bahan lain yang dimasukkan ke dalam panci. Jika Anda menginginkan produk yang mampu mematangan nasi dengan sempurna, maka pilihlah rice cooker tipe induction heating (IH) atau pemanas induksi. Rice cooker terbaik tipe ini memiliki daya pemanas yang kuat sehingga beras bisa matang secara keseluruhan.

Anda bisa menggunakan rice cooker IH untuk memasak beras dalam jumlah banyak untuk sekali masak tanpa kahwatir ada bagian nasi yang tidak matang. Selain tipe induction heating, rice cooker juga hadir dalam tipe micro controller. Pada tipe ini, rice cooker melakukan mekanisme menanak nasi seperti menggunakan kompor gas. Jenis ini lebih unggul soal bujet yang ekonomis dan cocok dipakai untuk memasak nasi dalam jumlah sedikit.

10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik

Untuk Anda yang tinggal bersama anggota keluarga dalam jumlah cukup banyak, maka alat memasak ini wajib ada di ruang dapur rumah Anda. Anda bebas memilih rice cooker terbaik dengan sematan fitur macam apa. Yang terpenting adalah menyesuaikan fungsi yang dihadirkan dengan kebutuhan sehari-hari Anda. Berikut ini kami rekomendasikan penanak nasi terbaik yang dapat Anda gunakan.

1. Yong Ma YMC 110 One Touch

Yong Ma YMC 110 One Touch

Sajikan nasi lebih banyak hanya dalam satu kali proses penanakan

Karakter modern yang diterapkan oleh Yong Ma pada produk ini menjadikannya terlihat mewah. Anda dapat menggunakan rice cooker persembahan Yong Ma ini untuk memasak nasi buat kebutuhan 11 orang sekaligus. Dengan kapasitas panci sebesar 2 liter, Anda bisa lebih banyak memasak beras dalam satu waktu.

Penanak nasi ini juga bersifat multifungsi, dimana memungkinkan Anda mengukus beragam jenis makanan, seperti dimsum misalnya. Tak hanya itu, Yong Ma YMC 110 One Touch juga disertai fitur keep warm. Dengan hadirnya fitur ini, Anda bisa menghangatkan makanan dalam unit yang sama tanpa harus mengeluarkan nasi atau menunggu nasi dalam panci habis.

Kapasitas 2 liter
Bahan panci Gold iron
Daya konsumsi 400 watt
Bobot 7kg
Kisaran harga Rp765.000

2. Philips HD3128 Viva Collection Rice Cooker

Philips HD3128 Viva Collection Rice Cooker

Lapisan ProCeramic yang 3x lebih kuat dibandingkan pelapis biasa

Rice cooker terbaik dari Philips memiliki panci penanak yang terbuat dari ProCeramic 5 lapis sehingga membuatnya 3 kali lebih keras dibandingkan pelapis biasa. Bahan ini juga memungkinkan panci berusia lebih panjang. Philips menerapkan sistem pemanasan 3D cerdas yang mampu memasak nasi dari segala arah. Sajian nasi yang lezat pada setiap butir bisa Anda nikmati jika menggunakan penanak nasi ini.

Bukan cuma itu, Philips HD3128 seri Viva Collection telah dilengkapi fitur penghangat otomatis selama 48 jam. Pada bagian luar panci telah dilengkapi pelapis khusus berwarna hitam yang mampu menahan panas pada nasi sehingga tetap hangat dan segar hingga seharian. Philips menyediakan kapasitas panci 2 liter untuk memberikan keleluasan Anda dalam memasak lebih banyak nasi dalam satu waktu.

Kapasitas 2 liter
Bahan panci ProCeramic
Daya konsumsi 400 watt
Bobot 3,8kg
Kisaran harga Rp565.000

3. Sanken SJ 3020

Sanken SJ 3020

Bisa untuk menanak beras, membuat bubur, dan merebus sup

Kapasitas 2 liter dari Sanken SJ siap digunakan untuk menyajikan nasi berjumlah banyak untuk keperluan makan satu rumah. Dengan fitur 6 in 1 yang diterapkan, rice cooker yang bagus ini semakin ideal untuk Anda gunakan. Alat ini bukan hanya mampu menanak beras menjadi nasi, melainkan untuk membuat bubur, merebus sup, bahkan membuat nasi goreng juga bisa.

Pada bagian pancinya, Sanken menggunakan bahan baku berupa stainless steel yang membuatnya bebas karat meskipun terkena rendaman air berkali-kali. Tak hanya itu, bahan tersebut juga memastikan rice cooker dengan panci stainless steel ini anti gores, awet, dan tahan lama. Sanken menyematkan 3 elemen pemanas pada sisi bawah, samping, dan atas yang menjadikan proses memasak lebih cepat.

Kapasitas 2 liter
Bahan panci Stainless steel
Daya konsumsi 350 watt
Bobot 2,9kg
Kisaran harga Rp525.000

4. Electrolux ERC3405

Electrolux ERC3405

Berbekal heating system 3 dimensi untuk tingkat kematangan yang merata

Jika Anda memerlukan rice cooker anti basi yang mampu menyajikan nasi untuk kebutuhan satu keluarga tanpa harus melakukan proses memasak dua sampai tiga kali dalam sehari, maka Electrolux ERC3405 hadir untuk Anda. Dengan kapasitas penampung hingga 1,8 liter, Anda tak perlu khawatir salah satu anggota keluarga Anda kekurangan nasi sehingga harus menanak lagi.

Rice cooker di bawah 1 jutaan dari Electrolux dibekali sistem penghangatan 3D yang akan meratakan panas ke seluruh permukaan dalam panci untuk nasi yang matang sempurna. Tak hanya itu, Electrolux ERC3405 juga memiliki tombol khusus yang dapat digunakan untuk membuat bubur secara praktis. Sehingga, buat Anda yang memiliki anak bayi atau anggota keluarga yang sakit, keberadaan alat ini di dapur akan sangat berguna.

Kapasitas 1,8 liter
Bahan panci Teflon anti-lengket
Daya konsumsi 400 watt
Bobot 3,61kg
Kisaran harga Rp760.000

5. Miyako MCM 509 Rice Cooker

Miyako MCM 509 Rice Cooker

Hadir dengan fitur steaming dan penghangat otomatis yang multiguna!

Nasi yang pulen dan nikmat hanya bisa diciptakan oleh proses menanak yang merata sempurna, Miyako mendatangkan rice cooker paling awet yang mampu mewujudkan hal tersebut. MCM 590 Rice Cooker dibekali dengan sistem penghangat 3 sisi, yaitu bagian atas, tengah, dan bawah untuk menyajikan nasi lebih cepat dengan tingkat kematangan yang merata.

Bodi produk ini terbuat dari plastik dan bahan pan spray, menjadikannya ringan untuk dipindahkan. Selain berfungsi untuk menanak nasi, Miyako MCM 509 Rice Cooker juga disertai fitur lain seperti steaming dan penghangat otomatis. Untuk pengoperasiannya, Miyako hanya menyedot daya sekitar 395 watt. Buat Anda yang membutuhan rice cooker hemat listirk, maka pilihlah produk Miyako ini.

Kapasitas 1,8 liter
Bahan panci Aluminium
Daya konsumsi 395 watt
Bobot 3,5kg
Kisaran harga Rp245.000

6. Panasonic SR DF181

Panasonic SR DF181

Lebih mudah disimpan dengan kabel yang dapat dilepas-pasang

Digagas oleh produsen terkemuka, SR DF181 membuat Anda tak perlu ragu lagi untuk menjajalnya. Panasonic menyertakan sistem pemanas pintar berupa fuzzy logic pada produk ini. Dengan 4 fitur utama, yaitu memasak cepat (steam), memasak beras putih, memasak beras merah, dan membuat bubur, Anda bisa menyesuaikannya untuk berbagai keperluan.

Dengan daya tampung panci mencapai 1,8 liter beras, rice cooker buatan Jepang ini mampu mencukupi kebutuhan antara 9 – 10 orang. Jika sewaktu-waktu Anda mengadakan acara di rumah, seperti makan-makan, maka Panasonic SR DF181 akan memudahkan Anda dalam proses penyajian nasi. Belum lagi dengan fitur kabel yang dapat dilepas dari badannya, Anda dapat menyimpan alat ini lebih mudah ketika tidak dipakai.

Kapasitas 1,8 liter
Bahan panci Teflon anti-lengket
Daya konsumsi 760 watt
Bobot 4,5kg
Kisaran harga Rp793.000

7. Cosmos CRJ 1031

Cosmos CRJ 1031

Sajikan nasi saat bepergian tanpa harus memakan ruang banyak di bagasi kendaraan

Cosmos CRJ 1031 adalah rice cooker mini terbaik yang bisa menemani perjalanan Anda dengan keluarga atau kolega kantor saat acara gathering. Ukurannya yang kecil tak akan memakan banyak ruang di dalam bagasi kendaraan. Meski kecil, rice cooker kualitas terbaik dari Cosmos ini mampu digunakan bukan hanya untuk menanak nasi, melainkan empat fungsi lain.

Keempat fungsi tersebut yaitu quick cook, standard cook, keep warm, dan instant noodle. Tiga fitur utama ini mungkin terkesan biasa, namun fitur instant noodle akan mencatutkan nilai lebih pada produk ini. Dengan fitur tersebut, Anda bisa merebus mie instan tanpa repot memasaknya dengan kompor. Semua fungsi ini dapat dioperasikan dengan panel digital yang tersedia pada bagian depan produk.

Kapasitas 0,3 liter
Bahan panci Non-stick material
Daya konsumsi 150 watt
Bobot 2kg
Kisaran harga Rp280.000

8. Xiaomi MiJia Smart Rice Cooker

Xiaomi MiJia Smart Rice Cooker

Operasikan fitur rice cooker melalui aplikasi pada ponsel pintar

Berbeda dengan produk lainnya, Xiaomi menggunakan lapisan non-stick Food Grade dari Daikin pada panci rice cooker terbaik ini. Untuk pancinya sendiri terbuat dari grey cast iron sehingga mampu memasak nasi dengan suhu maksimal untuk menciptakan tingkat kematangan sempurna. Lapisan non-sitck berstandar food grade ini memastikannya sangat aman digunakan berbagai bahan makanan.

Fitur utama dari rice cooker paling bagus Xiaomi adalah kemampuannya dioperasikan melalui smartphone-nya. Cukup mengatur keinginan proses masak melalui aplikasi MI App to Control All Function, Anda bisa menanak nasi tanpa harus menyentuh panel yang disediakan. Produk ini dirancang dengan desain yang modern namun tetap mengusung konsep minimalis sehingga tak akan memakan banyak tempat di dapur Anda.

Kapasitas 3 liter
Bahan panci Grey cat iron
Daya konsumsi 1130 watt
Bobot 6kg
Kisaran harga Rp1.200.000

9. Mito R5 8 in 1 Digital Rice Cooker

Mito R5 8 in 1 Digital Rice Cooker

Rasakan 8 fitur dalam satu produk dengan harga jual yang terjangkau

Saat memasak nasi, Anda tentu tidak mengetahui kondisi beras sudah matang atau belum karena terhalang oleh tutup rice cooker. Namun Mito R5 8 in 1 Digital Rice Cooker ini berbeda, produk ini mengusung konsep tutup transparan sehingga Anda bisa melihat proses memasak untuk mengetahui status kematangannya. Dengan harga pasaran yang tergolong murah, Anda tak akan menyesal saat memutuskan memilih rice cooker yang aman untuk kesehatan ini.

Wadah panci berdaya tampung 2 liter beras pada alat ini terbuat dari material coating dan tahan terhadap goresan. Bukan hanya itu, Mito R5 8 in 1 Digital Rice Cooker ini juga menambahkan lapisan lain seperti aluminium alloy yang akan meratakan panas saat proses memasak. Rice cooker anti lengket ini bisa diguankan untuk memasak beras putih, beras merah, bubur, merebus sup, dan bahkan membuat kue.

Kapasitas 2 liter
Bahan panci Tidak diketahui
Daya konsumsi 550 watt
Bobot 4kg
Kisaran harga Rp475.000

10. BOLDE Super Cook Titanium ECO

BOLDE Super Cook Titanium ECO

Cocok untuk Anda yang tinggal sendiri di apartemen atau indekos

Buat Anda yang tinggal sendiri di apartemen, kontrakan, atau kost, maka tidak perlu membeli rice cooker yang berkapasitas besar. Cukup menggunakan Bolde Super Cook Titanium ECO, kebutuhan karbohidrat harian Anda bisa terpenuhi dengan baik. Rice cooker di bawah 200 ribuan ini tak akan membebani pengeluaran Anda, meskipun hal ini tidak bersifat repeatable.

Bolde Super Cook Titanium ECO dapat digunakan untuk menanak beras, mengukus maupun merebus bahan makanan. Wadah tampung berkapasitas 0,6 liter pada rice cooker anti gores ini terbuat dari bahan stainless steel yang tidak lengket. Produk yang mampu mematangkan nasi dalam waktu 20 menit ini dilengkapi dengan standing rice scoop dan gelas ukur.

Kapasitas 0,6 liter
Bahan panci Stainless steel
Daya konsumsi 200 watt
Bobot 1,3 kg
Kisaran harga Rp190.000

Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Memasak dengan Rice Cooker

Tentu kita sepakat kalau sebagian besar makanan Indonesia lebih nikmat disantap bersama nasi, bukan? Karena itu, nasi yang dihidangkan juga harus enak dan matang dengan sempurna. Salah satu cara untuk memperoleh nasi bertekstur pulen dan bercita rasa nikmat adalah menghindari hal-hal yang salah dalam proses memasaknya.

Seperti 3 poin di bawah ini, jangan sampai Anda melakukan salah satunya agar nasi yang dihasilkan benar-benar sempurna dari segi tekstur maupun rasa. Dengan menjauhi kebiasaan yang salah ini, Anda juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu melakukan proses memasak dua kali akibat hasil nasi yang sulit ditoleransi

Kurang Bersih Saat Mencuci Beras

Tidak Mencuci Beras Sampai Bersih Sebelum Dinanak

Jangan sampai Anda asal dalam proses membersihkan beras. Alasannya, jika beras tidak bersih secara sempurna, maka nasi yang dihidangkan kurang enak dan lebih mudah basi. Saat mencuci beras, Anda bisa menggunakan saringan di bawah air bersih yang mengalir. Proses ini bukan hanya mampu membuang kotoran yang tercampur dengan beras, melainkan juga akan membuat nasi tidak menggumpal saat matang.

Menggunakan Takaran Air yang Tidak Tepat

Tidak Menggunakan Takaran Air yang Tepat

Pada umumnya rice cooker yang hemat listrik mempunyai panci yang disertai takaran berupa garis dengan ketinggian tertentu. Apabila tidak ada, Anda bisa menggunakan alat ukur atau mengukurnya secara tradisional, yaitu menggunakan jari. Takaran air yang tepat adalah satu ruas jari di atas permukaan beras yang akan dimasak. Takaran air yang tepat akan memberikan kualitas nasi yang pulen, tidak terlalu lembak ataupun keras.

Membuka Tutup Rice Cooker Saat Proses Memasak

Membuka Tutup Rice Cooker Saat Proses Memasak

Saat proses penanakan, kompartemen utama di dalam rice cooker akan bekerja mengunci uap panas sehingga nasi bisa matang dengan sempurna. Oleh karena itu, tidak disarankan membuka bagian penutup untuk mengecek apakah nasi sudah matang. Sekarang ini, sebagian besar produsen mendatangkan rice cooker dengan fitur berupa lampu untuk menginformasikan status kematangan nasi, sehingga Anda tidak perlu lagi mengeceknya secara manual dengan membuka tutup rice cooker.

(Visited 47.098 times, 18 visits today)