Written by 17:05 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Scalp Shampoo Terbaik

Produksi scalp shampoo di pasaran memang tidak sebanyak sampo biasa. Akan tetapi, belakangan ini produsen mengeluarkan varian khusus scalp shampoo dengan berbagai fungsi untuk kulit kepala. Tidak hanya dirancang untuk pria, scalp shampoo juga memiliki varian khusus yang didesain untuk para wanita. Anda berniat membeli dan menggunakan scalp shampoo?

Banyaknya pilihan boleh jadi membingungkan proses memilih. Maka itu, kami bermaksud merekomendasikan scalp shampoo terbaik. Anda dapat membeli produk keluaran TRESemme, Safi, Shiseido, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum itu, kenali dulu karakteristik scalp shampoo beserta cara memilihnya. Keep scrolling, ya!

Apa itu Scalp Shampoo?

Scalp shampoo adalah sampo yang berguna merawat kulit kepala secara menyeluruh. Sedikit berbeda dengan sampo biasa yang bertindak langsung pada rambut, scalp shampoo berfokus untuk menangani berbagai keluhan pada kulit kepala. Anda bisa memakai scalp shampoo untuk menciptakan lingkungan sehat bagi pertumbuhan rambut.

Scalp shampoo dibedakan menjadi beberapa fungsi utama, namun pada dasarnya produk ini mengantongi nilai nutrisi lebih banyak untuk menyehatkan kulit kepala. Beberapa produsen mengeluarkan scalp shampoo berjenis medicated shampoo untuk memperbaiki gangguan di kulit kepala, misalnya dermatitis seboroik dan semacamnya.  Selain membuat kulit kepala lebih sehat untuk ditumbuhi rambut, scalp shampoo dibekali peran lain untuk membersihkan kulit kepala dari debu maupun kotoran.

Lapisan minyak yang berpotensi memunculkan aktivitas jamur penyebab ketombe mampu dikurangi dengan baik oleh scalp shampoo. Walau sekilas tampak hanya membantu penangangan berbagai kondisi, Anda yang tak mengalami masalah dengan kulit kepala juga bisa menggunakan scalp shampoo untuk memperoleh perawatan lebih baik dibandingakn sampo biasa. Belilah sampo dari trusted brand, ya!

Cara Memilih Scalp Shampoo

Scalp shampoo dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung penggunanya. Dari segi fungsi, scalp shampoo memiliki banyak sekali peran, sehingga Anda perlu memilih produk sesuai keadaan kulit kepala Anda, entah itu berminyak, kering, atau masalah lainnya. Agar tidak kesulitan apalagi salah memilih produk, berikut kami sampaikan poin-poin yang perlu Anda periksa ketika memilih scalp shampoo.

Karakteristik Scalp Shampoo berdasarkan Penggunanya

Terdapat perbedaan antara scalp shampoo, dari mulai bentuk kemasan, warna kemasan, aroma akhir yang dipancarkan, hingga kandungan formulanya. Dari berbagai keterangan, kaum pria diketahui mempunyai tingkat hormon tertentu yang lebih banyak di mana hal tersebut memengaruhi produksi minyak, terutama pada area kulit kepala. Akibatnya, pria lebih banyak menderita kondisi kulit kepala berminyak.

Jika Anda seorang pria dan memerlukan scalp shampoo untuk mengatasi kulit kepala berminyak, carilah produk yang mampu membersihkan lebih kuat, atau umumnya tersedia kandungan acid di dalam sampo tersebut. Sementara bagi kulit kepala yang kering dan tipis, baik pria dan wanita sebaiknya memilih produk dengan bahan yang lebih ringan agar tidak mengiritasi kulit kepala.

Gunakan scalp shampoo berbahan pelembap tinggi untuk menekan risiko kekeringan akibat efek pembersihan. Terkadang, scalp shampoo untuk wanita bisa digunakan oleh pria, begitu pun sebaliknya. Oleh sebab itu, penting agar selalu memeriksa deskripsi dari setiap produk.

Perhatikan Fungsi Sampo berdasarkan Kondisi Kulit Kepala Anda

Scalp shampoo dirumuskan bersama sederet bahan untuk peranan tertentu. Karena hal tersebut, kini scalp shampoo terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, seperti misalnya untuk mengurangi produksi minyak, mengatasi kulit kepala kering, hingga membantu pertumbuhan rambut baru lebih kuat dari akarnya melalui penutrisian intensif.

Mengetahui hal tersebut, jangan sampai Anda sembarangan memilih produk. Pastikan scalp shampoo pilihan Anda mampu mencegah, melawan, atau memperbaiki keluhan spesifik yang terjadi di kulit kepala Anda. Berikut kriteria yang dapat Anda periksa dari scalp shampoo berdasarkan fungsinya.

Untuk Kulit Kepala Berminyak, Pilihlah Sampo dengan Efektivitas Pembersihan Optimal

Kulit kepala berminyak harus dibersihkan secara total agar terhindar dari permasalahan ketombe. Selain itu, produksi minyak berlebih juga dapat membuat rambut rentan terhadap kerusakan akibat polutan hingga debu kotoran berterbangan lebih mudah menempel ke kulit kepala.

Bagi Anda yang mengalami kondisi kulit kepala berminyak, carilah sampo yang kemampuan membersihkannya kuat. Bacalah keterangan pakai karena beberapa produk hanya disarankan penggunaan beberapa kali dalam seminggu. Bila kulit kepala berminyak Anda keburu disertai serpihan ketombe, cobalah membeli scalp shampoo yang di dalamnya terkandung zinc pyrithione yang terbukti ampuh sebagai antimikrob.

Ada manfaat tersendiri selain segar dan sehat pada kulit kepala yang terjaga kelembapannya, yakni Anda terbebas dari kondisi rambut bau apek. Sampo yang mengandung asam sitrat juga dapat dipilih karena efektif membersihkan pori-pori kulit kepala dari kotoran dan minyak. Selain citric acid, produsen terkadang menggunakan salicylic acid untuk peranan menyerap minyak. Bacalah komposisi produk untuk lebih memastikan.

Untuk Kulit Kepala Kering, Cobalah Sampo yang Diperkaya Minyak Alami

Untuk Anda yang berkulit kepala kering, scalp shampoo dengan kandungan minyak esensial adalah pilihan terbaik. Carilah produk yang mengombinasikan bahan-bahan seperti argan oil, coconut oil, jojoba oil, dan berbagai jenis minyak alami lainnya. Bahkan, produk yang tinggi kandungan minyak memungkinkan Anda berkeramas tanpa mengaplikasikan conditioner setelahnya.

Pada kulit kepala kering, serpihan putih mirip ketombe kerap kali muncul. Namun, serpihan putih akibat kulit kepala kering berukuran lebih kecil dan tidak bersisik, alias karakteristik visualnya berbeda dengan ketombe dikarenakan kulit kepala berminyak. Bagi Anda yang kulit kepalanya kering lalu mulai nampak seprihan kecil berwarna putih, kami rekomendasikan memilih scalp shampoo yang diperkaya tea tree oil.

Tea tree oil adalah bahan baik yang akan mengembalikan kelembapan alami sekaligus menutrisi seluruh area kulit kepala. Anda juga bisa datang ke apotek untuk membeli medical shampoo (terkadang disebut medicated shampoo) yang secara khusus membantu permasalahan lebih serius terkait kulit kepala kering, contohnya dermatitis seboroik yang masih bisa ditangani dengan scalp shampoo.

Untuk Kerontokan, Perkuat Rambut dengan Produk yang Menyehatkan Kulit Kepala

Kesehatan kulit kepala adalah kunci untuk memperoleh rambut yang indah dan kuat. Sebaliknya, menurunnya kondisi kulit kepala sangat rentan membuat rambut mudah patah. Apalagi ditambah dengan rambut tipis, jumlah hormon DHT tinggi, sampai faktor pendukung lain seperti lingkungan, maka rambut rontok lebih sulit dihindari dan bahkan bisa memicu kebotakan.

Secara umum, scalp shampoo diperkaya komposisi yang spesifik bertugas menumbuhkan rambut baru yang lebih kuat. Gunakan sampo jenis ini apabila Anda ingin mengurangi angka kerontokan. Namun, bagi Anda yang rambutnya tipis, belum cukup memilih sampo yang diperkaya suplemen untuk menutrisi dan menguatkan akar rambut, melainkan utamakan juga sampo bebas silikon agar tidak mengiritasi kulit kepala.

Pastikan Produk Pilihan Anda Memperoleh Banyak Ulasan Bagus

Pastinya Anda tidak bisa mengetahui kualitas sebuah produk hanya dengan memeriksa  klaim dan komposisinya. Oleh sebab itu, kami sarankan sebelum datang ke counter maupun membelinya secara online, Anda tentukan dulu scalp shampoo mana yang hendak dibeli, lalu bacalah review produk dari personal blog, Youtube, hingga situs kompilasi product review seperti Ulta, Influenster, dan di Indonesia ada Female Daily atau Sociolla contohnya.

Bila boleh kami beri saran, pilihlah scalp shampo yang bagus dengan rating 4.0 ke atas. Cek juga berapa banyak yang me-review produk tersebut agar lebih memastikan bahwa produknya memang digemari banyak orang. Untuk lebih meyakinkan, Anda juga bisa mencoba sample produk apabila tersedia. Setelah memeriksa bagus tidaknya produk berdasarkan pengalaman pengguna, Anda pun lebih mudah memutuskan pilihan untuk tetap membelinya atau beralih ke produk lain.

Pilih yang Menawarkan Efektivitas dengan Harga Terjangkau

Satu dua kali penggunaan scalp shampoo tidak langsung menampilkan perubahan signifikan. Antara sebuah sampo dengan sampo lain didesain berbeda, sehingga efek kerjanya pun memerlukan rentang waktu yang berbeda pula. Jadi, apabila scalp shampoo yang Anda pilih butuh waktu hingga belasan kali pemakaian untuk membuktikan klaimnya, maka sangat penting membeli sampo dengan harga terjangkau.

Semahal apa pun produk, takkan berdampak apa-apa jika Anda tidak memakainya sesuai aturan. Oleh karena itu, pilihlah sampo yang tidak membuat kantong Anda terkuras, apalagi bila efektivitasnya baru terasa setelah beberapa minggu pemakaian. Gunakan sampro mengikuti panduan yang tertera pada kemasan agar hasilnya maksimal.

10 Rekomendasi Scalp Shampoo Terbaik

Selanjutnya, kami akan mengenalkan Anda sepuluh scalp shampoo terbaik. Setiap produk dirancang untuk kebutuhan berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah sampo sesuai dengan kebutuhan kulit kepala Anda.

1. Erha Scalp Care Shampoo

Pilihan ramah untuk mengatasi dermatitis seboroik ringan

Dermatitis seboroik dapat ditandai oleh sejumlah gejala. Ketombe, kulit kepala gatal, dan timbul ruam kemerahan berbentuk bulat atau oval beberapa contohnya. Jika permasalahan ini sedang menimpa Anda, berikanlah perawatan tepat menggunakan scalp shampoo keluaran Erha.

Produk dengan cooling sensation ini membantu penyembuhan dermatitis seboroik ringan. Formulasi piroctone olamine dan climbazole di dalamnya menjadi kunci utama yang mengatasi kondisi tersebut. Untuk mengurangi gatal dan peradangan yang mengganggu, Erha menyematkan aloe vera dan pro vitamin B5 sebagai penenang, pelembap, dan pelembut rambut.

Target pengguna Pria dan wanita
Fungsi Mengatasi ketombe, mengobati dermatitis seboroik ringan, mengurangi gatal dan peradangan
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp63.000

2. TRESemme Scalp Care Shampoo

Solusi tepat untuk rambut rontok dan berketombe Anda

TRESemme Scalp Care Shampoo mengutamakan dua fungsi utama. Pertama, inovasi bahan ZPTO dan tea tree oil membantu merawat kulit kepala dari ketombe, lalu pemberian nutrisi menjadikan kulit kepala sehat. Hasilnya, rambut baru yang tumbuh lebih kuat dari akar.

Didukung mineral zinc dan pro-nutri essence, scalp shampoo berkemasan hitam ini menghasilkan kulit kepala bersih dan terasa nyaman. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa suplai nutrisi tambahan menggunakan kondisioner. Karena aromanya cukup harum, poin tersebut perlu dipertimbangkan apabila Anda seorang pria yang tidak ingin memancarkan wewangian pasca keramas.

Target pengguna Pria dan wanita
Fungsi Mencegah ketombe, memperkuat akar rambut
Isi 670 mL
Kisaran harga Rp76.800

3. Safi Hair Xpert Itchy Scalp Treatment Shampoo

Serap minyak, kurangi gatal, rambut sehat dan segar tercipta!

Selain mengeluarkan masker wajah, Safi merilis beberapa sampo, salah satunya berjenis scalp shampoo. Produk satu ini sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Safi mendesain sampo ini dengan susunan bahan alami minyak argan, jintan hitam (habbatussauda), dan kandungan aktif micro bamboo charcoal untuk membantu mengurangi kulit kepala gatal.

Tak hanya menangkal rasa tidak nyaman akibat kulit kepala gatal, scalp shampoo ini juga akan menyehatkan kulit kepala sejak penggunaan pertama. Sensasi segar dari menthol-nya memberi efek sejuk yang bakal membuat Anda senang setiap habis keramas. Bahkan, sebagian orang merasakan perubahan rambut tidak lagi rontok parah, serta tidak ada efek kering maupun lepek sehabis penggunaan.

Target pengguna Pria dan wanita
Fungsi Mengurangi kulit kepala gatal
Isi 320 g
Kisaran harga Rp48.000

4. Good Virtues Co. Happy & Heavenly Healthy Hair & Scalp Shampoo

Tersusun dari 100% bahan non-hewani dari alam

Kekayaan bahan alami dapat Anda temukan pada scalp shampoo produksi Good Virtues Co.. Ada minyak hasil ekstraksi jintan hitam organik sebagai nutrisi untuk memperbaiki dan meremajakan kulit kepala. Minyak jintan hitam di dalamnya juga kaya mineral dan antioksidan yang mampu menangkal kerusakan rambut.

Ditambah maca root extract, scalp shampoo untuk seluruh jenis kulit kepala ini membantu pengurangan rambut rontok. Bila kulit kepala Anda sensitif, produk ini aman bukan hanya dikarenakan bahan-bahannya yang didominasi komponen alami, tetapi formula bebas mineral oil, SLES, ALES, paraben, dan pewarna buatan menjamin efek kerjanya yang ramah di kulit kepala.

Target pengguna Pria dan wanita
Fungsi Merawat kulit kepala secara menyeluruh
Isi 700 mL
Kisaran harga Rp138.800

5. Shiseido Professional Fuente Forte Shampoo Scalp Care Purifying

Paket lengkap untuk kulit kepala berminyak, rambut berketombe, kasar, dan gatal

Shiseido merancang scalp shampoo dengan kekuatan pembersihan yang unggul untuk menjaga kulit kepala senantiasa bersih dari minyak dan kotoran. Untuk after treatment-nya, terdapat pula sensasi dingin yang membuat sampo ini semakin digemari. Kemasannya yang didesain unik dan ramping memudahkan Anda bawa bepergian.

Selain menawarkan kinerja membersihkan yang optimal, scalp shampoo seri Fuente Forte dari Shiseido ini dibekali scutellaria extract untuk melembapkan kulit kepala. Kemudian, sensasi segar yang terasa sehabis keramas dilengkapi aroma healing forest dari kombinasi green herbal scent yang akan menghilangkan bau apek di kulit kepala Anda.

Target pengguna Wanita
Fungsi Membersihkan dan mendinginkan kulit kepala
Isi 1.000 mL
Kisaran harga Rp648.000

6. Clear Anti Dandruff Scalp Care Shampoo – Superfresh Apple

Ucapkan selamat tinggal pada ketombe dan mikrob penyebabnya

Bagi Anda penyuka aroma apel, Clear mempersembahkan sampo khusus kulit kepala dengan kesegaran buah apel di dalamnya. Selain apel, disuntikkan pula keharuman musk  yang berpadu  menciptakan aroma juicy superfresh untuk menemani Anda menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain menawarkan aroma dan sensasi segar, scalp shampoo terlaris besutan Clear ini termasuk unggul dalam hal pembasmian jamur penyebab ketombe. Formula Triple Anti-Dandruff Technology dari gabungan vitmain B3 dan komponen protein menyanggupkan sampo ini menghilangkan dan mencegah ketombe datang kembali.

Target pengguna Pria
Fungsi Menghilangkan dan mencegah ketombe
Isi 160 mL
Kisaran harga Rp26.500

7. Ryo Hair Loss Care Shampoo (For Oily Scalp)

Semakin aman dengan formula bebas dari 5 harsh ingredients-nya

Ryo Hair Loss Care Shampoo (For Oily Scalp) adalah sampo kulit kepala nomor satu di Korea Selatan. Telah dipasarkan lebih dari satu dekade, tercatat lebih dari 100 juta kemasan laris di berbagai belahan dunia. Mengandalkan ekstrak ginseng dari akar, daun, hingga buahnya, sampo ini mengirimkan nutrisi intensif untuk kulit kepala dan rambut dari akarnya.

Varian Oily Scalp ini dirumuskan untuk membantu menyingkirkan minyak serta mengontrol kelembapan kulit kepala. Hasil akhir yang ditawarkan tak sebatas kulit kepala segar dan bersih dari minyak berlebih, tetapi pertumbuhan rambut baru Anda akan sehat dan tidak mudah patah.

Target pengguna Wanita
Fungsi Menguatkan akar rambut, mengurangi minyak
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp218.000

8. Dove Habbatus Sauda Scalp Strength Ritual Shampoo

Ekstrak habbatus sauda membantu kerontokan sekaligus perkuat akar rambut

Karena terinsipirasi dari ritual perawatan rambut alami dari Timur Tengah, Dove mengutamakan komposisi habbatus sauda di dalamnya. Jadikan produk ini solusi untuk bebaskan rambut dari masalah kerontokan. Buat Anda yang kesulitan menjaga kelembapan rambut, scalp shampoo ini dilengkapi minyak zaitun untuk menutrisi sekaligus melembapkan kulit kepala.

Seluruh komponennya terjamin halal, Dove Habbatus Sauda Scalp Strength Ritual Shampoo merupakan pilihan utama untuk Anda wanita muslim yang mengalami kerontokan. Lebih menariknya lagi, produk ini diklaim memperlihatkan perubahan sejak pertama kali digunakan.

Target pengguna Wanita
Fungsi Mengurangi kerontokan, menutrisi kulit kepala
Isi 160 mL
Kisaran harga Rp27.250

9. Maro Deo Scalp Shampoo

Usir bau tidak sedap yang menurunkan kepercayaan diri Anda!

Jika Anda mencari scalp shampoo yang juga berdampak baik pada rambut, produk golongan medicated treatment atau medical shampoo ini wajib dipertimbangkan. Istilah “Deo” yang tercantum merujuk pada kemampuannya mengatasi bau tidak sedap akibat minyak, tumpukan kotoran, dan faktor pendukung lainnya.

Cleansing agent berupa cydrodextrin merupakan kunci utama sampo me-remove aroma tidak enak dari kulit kepala dan rambut Anda. Sederet bahan pelembap seperti jojoba oil, avocado oil, evening primrose oil, safflower oil, dan olive oil memastikan kondisi kepala bebas kering seusai keramas.

Target pengguna Pria
Fungsi Mengatasi kulit kepala kotor, gatal, berketombe, dan berbau tidak sedap
Isi 480 mL
Kisaran harga Rp158.500

10. Moist Diane Extra Volume & Scalp Shampoo

Sampo untuk kulit kepala dari Jepang yang lolos uji BPOM

Para wanita yang memiliki rambut panjang dan lurus tak jarang menghadapi kondisi rambut lepek. Saat beraktivitas sehari-hari, paparan debu dan keringat semakin memperburuk keadaan. Apakah hal ini menjadi satu momok yang selalu menghantui Anda? Stop sekarang dengan pemakaian scalp shampoo rumusan Moist Diane berkemasan merah ini!

Moist Diane Extra Volume & Scalp Shampoo diformulasi khusus untuk membuat rambut bersih sekaligus mencegahnya mudah lepek. Malahan, rambut pengguna yang tipis akan tampak lebih mengembang dengan bantuan sampo ini. Untuk kulit kepala sensitif pun, sampo buatan Jepang ini menyimpan 3 free system dari silikon, sulfat, dan paraben.

Target pengguna Wanita
Fungsi Mengembalikan volume rambut, mengurangi ketombe, merawat kerontokan, menghilangkan minyak berlebih
Isi 450 mL
Kisaran harga Rp140.000

Kesimpulan

Dari ke-10 rekomendasi scalp shampoo di atas, sudahkah Anda menaruh pilihan terhadap salah satu pilihan? Untuk menikmati efek kerja yang optimal, Anda perlu menerapkan sampo secara tepat. Pijatlah kepala sebelum keramas, lalu tuang dan gosokkan sampo hingga berbusa. Terakhir, keramasi kulit kepala sekaligus memijatnya perlahan untuk memaksimalkan penyerapan dan peredaran darah. Bersihkan rambut dan kulit kepala hingga tidak ada busa yang tersisa.

Untuk menemukan scalp shampoo terbaik, akan lebih mudah jika Anda membelinya secara online. Namun, akan membuat Anda lebih yakin bila Anda mendatangi langsung counter yang menjajakan produk di gerai. Dengan rutin memakai scalp shampoo, kulit kepala terawat, rambut yang tumbuh pun sehat. Selamat melakukan perawatan!

(Visited 2.412 times, 14 visits today)