Kosmetik & Kesehatan

10 Shampo Pemanjang Rambut Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Kesulitan dalam memperoleh rambut yang panjang dan lebat? Anda bisa gunakan shampo pemanjang rambut. Shampo ini berfungsi untuk membantu memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok dalam perjalanannya menuju panjang.

Dari banyaknya merek shampo, beberapa di antaranya memproduksi shampo pemanjang rambut, contohnya Dove, TRESemme, dan Sunsilk. Supaya memudahkan, PickyBest sudah merangkum sepuluh yang terbaik. Apa saja? Simak penjabarannya di artikel ini, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Cara Memilih Shampo Pemanjang Rambut

Di bagian ini, kami berkolaborasi dengan dr. Felicia dalam menyusun poin-poin apa saja yang mesti diketahui saat memilih shampo pemanjang rambut.

Pilih Bahan Aktif yang Efektif Menumbuhkan Rambut

Formulasi pada sampo sangatlah beragam sesuai tujuannya. Oleh sebab itu, Anda harus memilih sampo dengan bahan aktif yang bekerja membantu menumbuhkan rambut, contohnya biotin, ketoconazole, dan niacin.

Biotin: Mengurangi Kerontokan sekaligus Mempercepat Pertumbuhan Rambut

blank

Biotin adalah salah satu komponen yang dikenal baik untuk pertumbuhan rambut. Penggunaan biotin secara oral, misalnya dalam bentuk suplemen, diketahui mampu mendukung pertumbuhan rambut di area yang mengalami kerontokan.

Belakangan, tidak sulit menemukan sampo biotin dengan fungsi utama menutrisi serta membantu mempercepat pertumbuhan rambut rontok. Tak hanya itu, sampo biotin juga bekerja membersihkan kulit kepala dan mengatasi ketombe.

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B, yaitu B7. Biotin memiliki berbagai fungsi bagi tubuh, salah satunya adalah untuk merangsang produksi keratin di rambut dan dapat meningkatkan kecepatan pertumbuhan folikel rambut.

Seperti jenis vitamin dan mineral lainnya, biotin dapat diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sumber alami biotin dapat diperoleh melalui daging, telur, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam produk perawatan rambut, biotin seringkali ditambahkan pada sampo dengan tujuan untuk membantu mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Namun, hal yang perlu kita ketahui adalah produk perawatan rambut yang mengandung biotin bersifat membantu, tetapi tidak dapat menggantikan sepenuhnya fungsi biotin yang dikonsumsi. Karena itu, agar memiliki rambut yang sehat, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Ketoconazole: Sebagai Antijamur pada Kulit Kepala dan Rambut, juga Mendorong Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

blank

Selama ini, ketoconazole terkenal akan efektivitasnya dalam mengatasi permasalahan ketombe akibat infeksi jamur. Namun yang jarang diketahui, ketoconazole juga berdampak baik dalam peningkatkan ketebalan rambut dan folikel rambut pada fase anagen (fase pertumbuhan rambut).

Meski ada peran positif terhadap stimulasi pertumbuhan rambut, ketoconazole biasanya diformulasikan ke dalam sampo obat (medicated shampoo), sehingga tidak bisa sembarangan digunakan secara bebas tanpa anjuran dan pengawasan dokter.

Ketoconazole termasuk ke dalam obat antijamur. Obat ini tersedia dalam berbagai sediaan, salah satunya adalah dalam bentuk sampo. Sampo ketoconazole paling sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada rambut dan kulit kepala. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan sampo ketoconazole dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut.

Seperti jenis obat yang lain, penggunaan ketoconazole juga berpotensi menimbulkan efek samping. Efek samping yang paling umum muncul adalah iritasi kulit kepala. Pada beberapa orang, penggunaan sampo ketoconazole yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut terlalu kering/terlalu berminyak, tekstur rambut yang rusak, serta perubahan pada warna rambut. Bahkan, dalam beberapa kasus malah dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan sampo ketoconazole, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dahulu kepada dokter agar Anda dapat menggunakan sampo secara tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Niacin: Meningkatkan Aliran Darah ke Folikel Rambut untuk Mendorong Pertumbuhan Rambut yang Lebih Cepat

blank

Niacin (vitamin B3) adalah salah satu jenis vitamin B yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan harus diperoleh dari luar tubuh, misalnya melalui makanan seperti daging merah, unggas, ikan, jamur, dan alpukat.

Selain untuk tubuh secara keseluruhan, niacin juga memiliki peran penting untuk rambut, yakni meningkatkan aliran darah ke folikel rambut sehingga mendorong pertumbuhan, meningkatkan kesehatan sel folikel rambut, serta menjaga agar rambut tampak berkilau dan kuat.

Saat ini, banyak produk perawatan rambut yang menambahkan niacin ke dalam produknya. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Namun, penggunaan niacin topikal (seperti melalui produk perawatan rambut) tidak dapat sepenuhnya menggantikan niacin yang diperoleh melalui makanan. Oleh karena itu, Anda tetap harus mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan rambut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Minyak Esensial: Ekstraksi Bahan Alam dengan Ragam Fungsi untuk Rambut

blank

Jika Anda mengutamakan bahan aktif hasil ekstraksi dari bahan alami, carilah produk dengan formulasi minyak esensial seperti minyak urang-aring, minyak kemiri, atau minyak zaitun.

Tergantung sumbernya, hasil ekstraksi bahan-bahan alami tersebut menawarkan beragam fungsi untuk rambut, dari mulai mengoptimalkan pertumbuhan rambut, menambah warna hitam alami pada rambut, menjaga kelembapan rambut, hingga mencegah rambut bercabang.

Saat ini, minyak esensial banyak digunakan dalam produk perawatan rambut yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan pemanjangan rambut.

Minyak esensial merupakan minyak yang diperoleh dan disuling dari tanaman. Minyak ini memiliki aroma khas dari tanaman asal mereka.

Berikut jenis minyak esensial yang banyak digunakan beserta fungsinya:

  • Minyak kelapa untuk melembutkan rambut dan meningkatkan kilau.
  • Minyak cedarwood untuk merangsang kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Minyak rosemary untuk merangsang akar, meningkatkan pertumbuhan rambut, serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis minyak esensial yang dapat Anda gunakan untuk membantu pertumbuhan dan pemanjangan rambut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih sesuai Permasalahan Rambut yang Mungkin Saat Ini Anda Hadapi

blank

Tidak dimungkiri bahwa permasalahan rambut kerap muncul, dari mulai rambut berminyak, kering, hingga berketombe. Kombinasi bahan aktif untuk memanjangkan rambut dan bahan lain untuk mengatasi masalah spesifik yang rambut Anda alami perlu Anda cari dari sebuah produk.

  • Rambut berminyak: Pilih sampo yang mengandung bahan untuk mengontrol dan membersihkan minyak berlebih. Agar tidak semakin berminyak, hindari sampo yang memiliki banyak kandungan pelembap.
  • Rambut kering: Pilih sampo dengan fungsi utama menjaga kelembapan rambut, misalnya yang mengandung minyak dan silikon agar rambut Anda terlapisi sehingga terjaga kelembapannya.
  • Rambut berketombe: Pilih sampo khusus ketombe yang dijual umum. Jika perlu, Anda bisa gunakan sampo dengan bahan aktif ketoconazole 1%.

Jika rambut Anda tidak berminyak maupun kering, Anda dapat menggunakan sampo yang lembut serta tidak mengandung banyak bahan tambahan. Pilihlah sampo yang cukup lembut sehingga dapat digunakan dengan rutin.

Perlu diingat, dengan banyaknya jenis dan merek sampo yang beredar, memilih sampo yang cocok dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda memiliki tantangan tersendiri. Terkadang, Anda perlu mencoba beberapa jenis sampo terlebih dahulu sebelum menemukan yang paling cocok dan sesuai untuk Anda.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

[Tambahan dari dr. Felicia] Hindari Bahan yang Menghambat Upaya Anda dalam Memanjangkan Rambut

blank

Ketika Anda ingin memanjangkan rambut, Anda harus menjaga agar rambut tetap kuat dan sehat. Secara umum, untuk mempertahankan kesehatan rambut jangka panjang, Anda sebaiknya menghindari beberapa komposisi di bawah ini:

  • Sulfates dan paraben karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit dan menghilangkan minyak alami rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.
  • Alkohol rantai pendek karena dapat menyebabkan kutikula rambut menjadi kasar, membuat rambut rapuh, kusut, dan tampak tidak sehat. Contohnya: etanol, SD alcohol, denatured alcohol, propanol, propyl alcohol, dan isopropyl alcohol.

10 Rekomendasi Shampo Pemanjang Rambut Terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi shampo pemanjang rambut terbaik yang beredar di pasaran. Selamat memilih!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo

Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Awali rambut panjang dengan menguatkan setiap helainya

Dove menciptakan shampo pemanjang rambut terbaik yang dapat bekerja dalam seminggu dengan mencegah serta mengatasi rambut rontok. Bukan hanya itu, Dove juga menyertakan nutrisi aktif yang bekerja memperkuat akar hingga ke ujung rambut. Hasilnya, setiap helai rambut tidak mudah patah.

Dove Total hair Fall Treatment Shampoo bisa digunakan setiap hari jika ingin memperoleh hasil yang optimal. Selain rambut yang panjang, Dove juga mengklaim produk ini mampu memberikan hasil berupa rambut yang terlihat lebih cantik bervolume!

Ukuran 160ml
Kisaran harga Rp24.000

2. TRESemme Scalp Care Shampoo

TRESemme Scalp Care Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Formula lembut bagi rambut yang diiringi aroma wangi menyenangkan

TRESemme Scalp Care Shampoo hadir menjawab kebutuhan setiap perempuan di Indonesia. Shampo pemanjang rambut terbaik dari TRESemme ini terkenal dengan aroma yang wangi dan formula yang lembut.

TREsemme melengkapi produk pembersih rambut ini dengan kandungan Zinc Mineral dan Pro-Nutri Essence untuk performa membersihkan kulit kepala dari ketombe. Selain itu, shampo yang nyaman digunakan ini juga menjamin rambut rontok akan berkurang. Dengan begitu, Anda bisa melakukan proses pemanjangan rambut tanpa hambatan lagi.

Ukuran 160ml
Kisaran harga Rp26.400

3. NR Shampoo Citrone

NR Shampoo Citrone

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menjadikan rambut panjang dan tebal dengan bahan-bahan alami

NR Shampoo Citrone diciptakan dengan kandungan alami berupa ekstra buah lemon yang dikenal baik dalam menutrisi setiap helai rambut untuk memberikan tampilan kilau alami.

Shampo pemanjang rambut terbaik yang dikemas dalam botol plastik berwarna hijau muda ini bekerja dengan menguatkan akar rambut. Selain itu, NR Shampoo Citrone juga bisa menghambat proses pertumbuhan rambut putih (uban) serta menyuburkan dan menebalkan rambut secara alami.

Ukuran 200ml
Kisaran harga Rp40.000

4. Sunsilk Hijab Recharge Hairfall Solution Shampoo

Sunsilk Hijab Recharge Refresh Hairfall Solution Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Solusi peroleh rambut panjang bagi pengguna hijab

Rambut yang lama tertutup hijab bukan tidak mungkin mengalami kerontokan sehingga Anda akan sulit memiliki rambut idaman yang panjang dan sehat. Maka dari itu, bagi Anda yang berhijab, kami sarankan untuk menggunakan shampo Sunsilk Hijab Recharge Hairfall Solution Shampoo.

Sunsilk mengandalkan formula akar gingseng untuk memberi kekuatan terhadap akar rambut yang tertutup oleh kain hijab. Bukan hanya itu, shampo pemanjang rambut terbaik ini juga mengandung fragrance Release Pearls yang memberikan wangi segar terhadap rambut sepanjang hari.

Ukuran 170ml
Kisaran harga Rp43.000

5. Sariayu Shampoo Lidah Buaya

Sariayu Shampoo Lidah Buaya

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Kebaikan lidah buaya yang terkandung efektif menyuburkan rambut

Sariayu Shampoo Lidah Buaya merupakan produk yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan Sariayu Martha Tilaar menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan alami utama dalam merumuskan shampo pemanjang rambut terbaik ini.

Lidah buaya sudah dikenal lama sebagai properti yang bisa menyuburkan rambut serta menjadikan rambut lebih sehat dan lebat. Selain itu, kandungan aloe vera dalam Sariayu Shampoo Lidah Buaya juga bisa menghitamkan warna rambut sekaligus melembabkan dan menghaluskan rambut.

Kemampuan menyuburkan dari shampo Sariayu ini dimulai dari bagian setiap akar hingga ujung rambut. Selain lidah buaya, Sariayu juga melengkapi ingredients-nya dengan aloin, vitamin C, dan karoten untuk menutrisi rambut.

Ukuran 170ml
Kisaran harga Rp19.400

6. Mane ‘n Tail Herbal Gro Shampoo

Mane n Tail Herbal Gro Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Ciptakan rambut yang panjang tanpa dihantui masalah bercabang

Formula utama dari minyak zaitun dalam shampo pemanjang rambut terbaik untuk pria dan wanita ini mampu menutrisi, menguatkan, serta menyusun kembali struktur rambut yang rusak dari akar hingga ujung.

Tak hanya itu, shampo herbal Mane n’ Tail ini juga menjanjikan rambut yang terbebas dari masalah bercabang lewat Micro-enriched Protein Formula di dalamnya. Dengan begitu, rambut akan tercegah dari gangguan-gangguan sehingga berdampak pada lebih cepatnya rambut memperoleh hasil yang panjang dan kuat.

Ukuran 355ml
Kisaran harga Rp156.000

7. TRESemme Total Salon Repair Shampoo

TRESemme Total Salon Repair Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menjaga bentuk rambut tetap prima akibat penggunaan alat styling

Kombinasi shampo dan kondisioner dalam satu produk ini menjamin hasil berupa rambut yang terawat dari kerusakan sehingga menjadikannya lebih kuat dan indah bagaikan perawatan di salon. TRESemme Total Salon Repair Shampoo terkenal akan khasiatnya mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut akibat styling secara berkala.

Bukan hanya itu, shampo pemanjang rambut terbaik ini juga menjanjikan volume rambut yang bertambah tapi tidak terkesan mengembang berlebihan. Jika Anda merupakan wanita berhijab atau suka mengikat rambut, produk ini juga recommended untuk digunakan.

Ukuran 670ml
Kisaran harga Rp56.000

8. Black Magic Kemiri Shampo

Black Magic Kemiri Shampo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Tersusun dari komponen natural untuk mendukung rambut subur dan sehat

Meski bukan merek paling terkenal di Indonesia, shampo Black Magic ini menyajikan bahan-bahan alami untuk mengembalikan vitalitas kesuburan dan kesehatan rambut Anda. Kandungan-kandungan tersebut antara lain kemiri asli, lidah buaya, seledri, dan tanaman lain yang punya khasiat baik untuk rambut.

Black Magic Kemiri Shampo sendiri diklaim sebagai shampo yang bagus untuk memanjangkan rambut, memberikan efek kilau, menghaluskan, serta mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah. Tak hanya itu, shampo pemanjang rambut terbaik ini juga bisa memproduksi lapisan pelindung bagi rambut agar tahan terhadap polutan yang berterbangan.

Ukuran 250ml
Kisaran harga Rp25.000

9. Klorane Shampoo with Quinine and B Vitamins

Klorane Shampoo with Quinine and B Vitamins

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Hasilkan stuktur rambut lebih kuat dan cepat panjang

Klorane Shampoo with Quinine and B Vitamins dibuat dari kulit kayu pohon kina asal dataran Amerika Selatan yang terkenal akan khasiatnya untuk rambut. Red chincona yang juga terkandung di dalamnya juga sudah diuji langsung oleh para peneliti di laboratorium Klorane.

Beberapa khasiat dari bahan tersebut ialah untuk merangsang struktur rambut sehingga lebih kuat dan mudah panjang. Kemudian, shampo pemanjang rambut terbaik ini juga memberi efek kesat dan tidak bikin lepek.

Selain itu, Klorane Shampoo juga punya aroma yang khas namun tidak mengganggu indra penciuman. Produk ini sangat cocok dipakai oleh orang dengan kondisi rambut yang sangat berminyak dan tipis.

Ukuran 400ml
Kisaran harga Rp250.000

10. Erhair Hairgrow Shampoo

Erhair Hairgrow Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengandung kombinasi bahan untuk hambat produksi hormon perontok rambut

Erhair Hairgrow Shampoo diformulasikan dengan tujuan utama untuk mengurangi kerontokan rambut. Kandungan berupa ekstrak Cucurbita Pepo Seed, ginseng, dan niacinamide di dalamnya dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral.

Dengan dukungan proses tersebut, shampo pemanjang rambut terbaik ini menjadi sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut baru lebih cepat. Selain itu, kombinasi bahan-bahan di dalamnya tadi juga akan menghambat hormon penyebab kerontokan.

Ukuran 250ml
Kisaran harga Rp136.000

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Perhatian saat melakukan upaya untuk memanjangkan rambut

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat melakukan perawatan untuk memanjangkan rambut, misalnya:

  • Hindari styling rambut berlebihan karena dapat memicu kerusakan pada akar rambut yang bila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut pada area styling.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi yang berdampak baik pada kesehatan rambut secara keseluruhan, dari mulai konsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin dan mineral, hingga memperoleh asupan tambahan dari suplemen.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa semua penggunaan produk untuk membantu pertumbuhan rambut dapat memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Tidak semua orang akan langsung mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Oleh sebab itu, Anda harus berusaha dan mencoba untuk mencari tahu produk apa yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan dan kondisi rambut serta kulit kepala Anda.

Kebiasaan yang bisa diterapkan untuk mendukung proses pertumbuhan rambut

Menurut penelitian, rambut secara alami tumbuh dengan kecepatan 0,35 millimeter per hari, yang setara dengan sekitar 1,27 cm sebulan atau 15,24 cm per tahun.

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya hormon, kesehatan, genetika, dan usia. Pertumbuhan rambut membutuhkan kulit kepala yang sehat agar dapat terjadi secara efektif.

Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk membantu pertumbuhan rambut:

  • Makan makanan bergizi seimbang, dapat ditambah suplemen jika diperlukan.
  • Melakukan olahraga dengan teratur.
  • Kurangi penggunaan produk yang dapat merusak rambut apabila melakukan penataan/styling rambut.
  • Hindari penggunaan alat styling dengan suhu yang tinggi
  • Hindari paparan sinar matahari langsung terhadap rambut, gunakan pelindung rambut seperti topi apabila diperlukan.
  • Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut.

Produk perawatan lain yang bisa digunakan untuk menunjang pertumbuhan rambut

Jenis produk lain yang sering digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut adalah produk yang mengandung kafein topikal. Kafein topikal disebutkan dapat membantu merangsang aliran darah pada kulit kepala serta membantu mengurangi hormon DHT yang berperan dalam kerontokan rambut.

Hal yang perlu diingat adalah kafein hanya bermanfaat bagi rambut apabila diaplikasikan secara lokal/topikal. Anda tidak dapat mengonsumsi kafein dengan meningkatkan asupan kopi Anda untuk membantu pertumbuhan rambut.

Yuk, cek rekomendasi shampo dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Selain menggunakan shampo pemanjang rambut terbaik untuk memanjangkan rambut, Anda juga bisa memperoleh hasil serupa dengan metode lain. Misalnya trim, salah satu teknik yang tak jarang digunakan untuk memperoleh rambut bervolume dan panjang dengan lebih cepat.

Selain itu, masker rambut dari bahan alami yang dibuat khusus untuk menguatkan akar rambut juga bisa digunakan bersama shampo pemanjang rambut terbaik untuk mendukung hasil yang lebih optimal. Mana pun metode yang Anda pilih, kami harap rambut Anda cepat panjang, ya!

You may also like

Comments are closed.