Written by 01:21 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik

Pengelupasan kulit kepala, atau lebih dikenal dengan ketombe, termasuk kondisi kronis yang perlu ditangani sesegera mungkin. Baik pria maupun wanita yang mengalami kondisi ini, gantilah sampo biasa dengan sampo berkandungan khusus untuk mengatasi dan menghilangkan permasalahan ketombe. Hadir banyak pilihan sampo antiketombe dengan karakteristik berbeda-beda.

Di pasaran, Anda akan menemukan sampo antiketombe untuk hair care atau medicated. Brand sampo terkenal seperti Clear, Head & Shoulders, Pantene, dan Sebamed mengeluarkan sampo antiketombe terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengatasi kulit kepala kering, berminyak, atau disertai gatal akibat ketombe. Tidak perlu bingung memilih, kami akan pandu Anda menemukan produk yang tepat. Jadi, selamat membaca!

Apa Penyebab Munculnya Ketombe?

Ketombe ditandai dengan bercak warna putih yang berjatuhan ketika digaruk. Pada kasus yang parah, ketombe mudah rontok ke bahu dan mengganggu penampilan. Serpihan putih ini muncul akibat beberapa hal, namun paling sering dikarenakan kondisi kulit kepala yang berminyak dan iritasi, atau dalam bahasa medisnya dinamakan dermatitis seboroik. Kondisi ini ditandai dengan adanya area merah dan berminyak pada kulit kepala, lalu tertutupi sisik putih atau kuning.

Serpihan ketombe yang kering disebabkan oleh minimnya kelembapan pada kulit kepala. Apabila Anda jarang atau tidak teratur melakukan keramas, sebum dan sel-sel kulit kepala yang mati akan bercampur dengan kotoran, kemudian berakhir dengan kemunculan ketombe. Lalu, beberapa orang mengalami ketombe dikarenakan memiliki kulit kepala sensitif terhadap produk kosmetik atau perawatan rambut tertentu, sehingga menyebabkan kulit kepala gatal, merah, dan bersisik.

Dari sekian banyak penyebab, ada satu hal yang paling sering menimpa kebanyakan orang dewasa, yakni keberadaan jamur Malassezia di kulit kepala. Lingkungan kulit kepala yang kotor dan dihinggapi jamur Malassezia menimbulkan iritasi sekaligus memproduksi lebih banyak sel-sel kulit. Pada akhirnya, sisa-sisa kelebihan sel akan mati dan menjadi ketombe.

Cara Memilih Shampo Anti Ketombe

Kandungan dari setiap sampo antiketombe boleh jadi berbeda dengan produk lain. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa bahan aktif yang diperuntukkan menangani ketombe berdasarkan penyebabnya.

Selain itu, sesuaikan pula sampo dengan kulit kepala Anda agar memberikan efek kerja optimal. Poin-poin penjelasan lainnya mengenai pemilihan sampo antiketombe silakan disimak berikut ini.

Pilih Sampo dengan Bahan Aktif untuk Mengatasi Ketombe

Kasus ketombe dapat Anda tangani dengan sampo anti-dandruff. Biasanya sampo untuk menghilangkan ketombe dibekali bahan aktif yang teruji klinis mampu mengurangi ketombe, misalnya salicylic acid, ketoconazole, ZPT (zinc pyrithione), coal tar (tar batu bara), selenium sulfide, dan tea tree oil. Tengok terlebih dahulu karakteristik, cara kerja, dan keampuhan setiap bahan aktif tersebut. Yuk!

Asam Salisilat: Ampuh dalam Mengatasi Kulit Kepala Bersisik

Asam salisilat atau salicylic acid adalah bahan aktif yang tergolong ampuh melawan ketombe. Salah satu senyawa acid ini bertindak melepaskan sel-sel kulit mati yang membuat kulit kepala tampak bersisik. Pada saat keramas dengan sampo berkandungan asam salisilat, tumpukan sel mati akan dipecah menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga dapat dibasuh secara mudah menggunakan air sampai bersih.

Tak hanya itu, asam salisilat sekaligus berfungsi melembapkan rambut agar terhindar dari kekeringan. Bagi Anda yang tak hanya mengalami ketombe, tetapi masalah lain seperti rambut rontok dan mudah patah, produk ini akan memperbaiki rambut dengan kondisi tersebut. Bila ingin menghentikan pertumbuhan jamur penyebab ketombe, Anda juga disarankan mencari sampo yang mengandung belerang.

Ketoconazole: Biasa Terkandung pada Obat Antiketombe

Bahan aktif ketoconazole biasa digunakan untuk merumuskan obat antiketombe. Walau pada dasarnya ideal digunakan ke berbagai area tubuh, ketoconazole termasuk ampuh mengatasi kulit kepala berketombe akibat serangan jamur. Bagi Anda yang tidak nyaman akibat kulit kepala gatal, sampo berbahan ketoconazole, di samping membasmi jamur, juga akan meringankan gatal serta merontokkan serpihan ketombe untuk mengurangi tampilan sisik.

Namun sayangnya, kandungan bahan ini agak sulit ditemukan bebas di pasaran. Anda mungkin akan menemuinya di apotek, namun biasanya perlu resep dokter untuk bisa membelinya. Selain berbentuk obat dan sampo, bahan antijamur ini dicantumkan pada produk berbentuk krim yang ditujukan mengatasi infeksi jamur pada area kulit lain seperti kaki.

Zinc Pyrithione: Bahan dengan Sifat Antijamur dan Antibakteri

Zinc pyrithione atau disingkat ZPT adalah komponen populer yang akan Anda banyak temukan di dalam sampo antiketombe. Bahan kimia aktif ini ditugaskan untuk membasmi jamur sekaligus bakteri yang melekat di kulit kepala. Pemakaian rutin sampo berkandungan zinc pyrithione akan mengurangi aktivitas sekaligus pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Selain berguna mengatasi ketombe akibat jamur, Anda yang memiliki kulit kepala berminyak disertai iritasi dan cenderung mengalami dermatitis seboroik, zinc pyrithione akan memperbaiki kesehatan kulit kepala secara berkala. Menariknya lagi, bahan ini sanggup mengurangi kerontokan rambut akibat timbunan sel-sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut dan memengaruhi pertumbuhannya.

Coal Tar: Mengurangi Pertumbuhan Sel-sel Kulit yang Berlebihan

Tar batu bara (coal tar) sudah lama digunakan untuk mengobati peradangan kulit kepala atau psoriasis yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, bersisik, tebal, dan mudah terkelupas. Serpihan yang jatuh akibat psoriasis mirip ketombe, namun warnanya putih keperakan. Apabila Anda mengalami kondisi ini, carilah sampo yang mengandung coal tar di dalamnya.

Coal tar akan meredakan psioriasis di kulit kepala, termasuk mengatasi lapisan kulit kepala yang menebal. Namun perlu diketahui, tar batu bara akan membuat kulit kepala Anda lebih peka terhadap sinar matahari karena senyawa yang terkandung di dalamnya masih bertahan di kulit kepala hingga 24 jam atau bahkan lebih. Maka dari itu, lindungi kulit kepala Anda dengan topi atau payung keitka ingin keluar rumah.

Selenium Sulfide: Menghambat Pertumbuhan Ragi Penyebab Infeksi Kulit Kepala

Komponen lain yang berguna untuk mengatasi ketombe Anda adalah selenium sulfide. Sampo atau obat dengan kandungan ini lebih ditujukan menghilangkan ketombe akibat pertumbuhan jamur yang menginfeksi kulit kepala. Infeksi tertentu seperti dermatitis seboroik juga bisa disembuhkan oleh zat ini.

Apabila ketombe Anda disertai gatal yang cukup parah, iritasi, dan ruam kemerahan, sampo berkandungan selenium sulfide sangat layak dipilih. Unsur yang tergolong dalam kelas antiinfeksi ini begitu efektif memperlambat pertumbuhan ragi yang menyebabkan infeksi. Biasanya, sampo atau obat antiketombe dengan kandungan selenium sulfide butuh waktu 1 – 2 kali pemakaian per minggu untuk mengobati ketombe sekaligus mempertahankan kontrol terhadap ketombe.

Tea Tree Oil: Komponen Organik untuk Mengurangi Gatal dan Jumlah Ketombe

Bahan organik satu ini tidak hanya ampuh meringankan jerawat di wajah. Kulit kepala berketombe pun dapat mengambil manfaat dari tea tree oil. Sebuah studi yang dicatut dalam Clinical Microbiology Reviews menyebutkan sampo yang mengandung 5% tea tree oil mampu mengurangi ketombe sebanyak 78%. Secara bersamaan dan perlahan-lahan, kulit kepala gatal, iritasi, dan kering akan hilang.

Tidak sekadar ampuh menghilangkan ketombe pada kulit kepala kering dan gatal, minyak pohon teh pada sampo dapat juga Anda manfaatkan untuk meringankan ketombe yang disebabkan kulit kepala berminyak, kotor, dan ditumbuhi jamur Malassezia. Dengan tea tree oil, jumlah jamur Malassezia berlebihan yang memicu ketombe akan berkurang, sehingga kulit kepala mengelupas pun dapat ditekan.

Sesuaikan Sampo dengan Karakteristik Kulit Kepala Anda

Apakah ketombe Anda muncul diakibatkan oleh kulit kepala yang menyekresi sebum berlebihan, atau sebaliknya –kering sehingga muncul sisik sel kulit mati yang siap runtuh menjadi ketombe? Apa pun itu, Anda perlu menyesuaikan sampo yang dibeli dengan kondisi kulit kepala Anda.

Untuk kulit kepala berminyak, Anda perlu menghindari sampo yang menyertakan fungsi moisturizing. Sampo tersebut hanya akan membuat kulit kepala semakin berminyak, lantas menjadikan sisik semakin tebal menutupi kulit kepala dengan warna putih atau kekuningan. Sebaiknya Anda yang berkulit kepala berminyak memilih sampo dengan efek menyegarkan dan berdaya pembersih cukup kuat.

Sebaliknya, Anda yang memiliki kulit kepala kering atau bersisik butuh sampo yang diperkaya pelembap. Sampo dengan fungsi moisturizing akan cocok mengatasi kulit kepala dan rambut Anda yang kering. Hindari sampo beralbel fortifying, volumizing, atau strengthening apabila kulit kepala Anda termasuk kering.

Utamakan Memilih Sampo Tipe Amino Acid dan Tanpa Silikon

Karakteristik sampo tipe amino acid adalah mengandung bahan pembersih yang tidak memberikan stimulus kuat sehingga aman untuk kulit kepala. Sampo antiketombe berkomposisikan amino acid tidak akan memengaruhi regenerasi kulit, sehingga ketombe pun ikut berkurang secara bertahap. Bahan-bahan golongan asam amino yang biasa ditemukan pada produk sampoo di antaranya cysteine, methionine, lysine, glycine, arginine, cystine, tyrosine, glutamine, dan proline.

Sementara itu, sampo dengan silikon boleh jadi merupakan penyebab mengapa selama ini ketombe Anda tidak kunjung teratasi. Pasalnya, silikon cenderung menempel ke kulit kepala dan sulit dihilangkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin mencari sampo antiketombe tanpa silikon, atau Anda bisa memilih produk berlabel silicone-free pada kemasannya.

Jika Tak Berhasil dengan Sampo Amino Acid, Pilih Sampo Medicated

Belum merasakan perubahan signifikan setelah berhari-hari menggunakan sampo antiketombe Anda? Cobalah beralih ke sampo medicated yang difungsikan secara khsuus mengobati rambut berketombe. Sampo tipe medicated mengandung rangkaian bahan berkemampuan desinfeksi dan sterilisasi.

Komponen terkenal pada sampo obat antara lain piroctone olamine, zinc pyrithione, ketoconazole, glycyrrhetinic acid, cyclopirox, dan sebagainya. Periksalah ingredients sampo pilihan Anda, lalu pastikan tercantum salah satu bahan aktif dengan peran medikasi tersebut. Sampo semacam ini umumnya disematkan keterangan “medicated” pada kemasan untuk mempermudah konsumen mengenalinya.

Untuk Kulit Kepala Sensitif, Hindari Sampo dengan Bahan Pembersih Kuat

Sampo berisikan petroleum atau alkohol memang sanggup membersihkan lebih baik, tetapi bahan-bahan tersebut lebih sering menimbulkan iritasi kulit kepala. Jadi, bagi Anda yang berkulit kepala sensitif dan butuh sampo antiketombe, pastikan produk pilihan Anda bebas alkohol dan petroleum yang umumnya ditemui pada sampo tipe sulfuric acid.

Komponen surfaktan atau detergen sampo yang mesti Anda hindari antara lain sodium laureth sulfate, sodium myreth sulfate, sodium lauryl sulfate, sodium coco sulfate, ammonium lauryl sulfate, dan ammonium laureth sulfate. Semua bahan tersebut berdaya pembersih kuat, sehingga perlu dihindari oleh Anda yang berkulit kepala sensitif atau mengalami kondisi dermatitis atopik.

Cermatilah komposisi produk agar Anda tidak salah pilih. Sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih sampo yang mengandung surfaktan berkekuatan membersihkan lembut, seperti sodium cocyl isethionate, cocamidopropyl betaine, sodium lauryl sulfocetate, dan sodium lauryl glucose carboxylate.

Sampo Antiketombe Organik dapat Menjadi Alternatif

Bila Anda menghendaki penggunaan sampo antiketombe yang aman, kami sarankan Anda memilih sampo organik. Bahan-bahan alami dinilai lebih aman untuk merawat rambut. Kendati demikian, butuh waktu lebih lama agar komponennya menunjukkan hasil optimal.

Bahan organik berupa tea tree oil merupakan salah satu yang sering diandalkan untuk menghilangkan ketombe. Carilah kandungan tea tree oil pada sampo, atau Anda bisa temukan ekstraksi bahan alami lain seperti lemongrass oil, aloe vera, coconut oil, apple cider vinegar, serta asam lemak omega-3 yang seluruhnya terbukti klinis mampu kurangi ketombe dengan mekanisme kerja berbeda-beda.

Secara umum, sampo organik mengandalkan bahan minyak dan ekstrak alami penting lainnya untuk melembapkan kulit kepala. Gabungan bahan organik lebih jarang menimbulkan kerusakan rambut, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan efek samping selama menerapkan sampo secara tepat mengikuti anjuran pakai.

10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik

Sudah siap mengusir ketombe dari kulit kepala dan rambut Anda? Clear, Zinc, Davines, dan merek kenamaan Head & Shoulders mengeluarkan jajaran sampo antiketombe terbaik dengan kandungan bahan, aroma, dan sensasi beragam. Mari temukan sampo terbaik untuk mengatasi ketombe Anda sekarang! Check it out!

1. Kaminomoto Medicated Shampoo

Sampo herbal dari brand asal Jepang yang terdaftar di BPOM

Sampo Kaminomoto dibekali piroctone olamine yang akan melakukan sterilisasi reproduksi patogen berbahaya pada kulit kepala. Hasilnya, kulit kepala bebas gatal dan tanpa ketombe Anda dapatkan. Tambahan bahan β-Glycyrrhetinic acid memaksimalkan kinerja sampo antiketombe ini untuk melawan peradangan akibat iritasi yang terjadi akibat Anda suka menggaruk kepala.

Kaminomoto Medicated Shampoo efektif menangani permasalahan rambut lain selain ketombe, seperti rambut mudah rontok, patah, dan bahkan kondisi berminyak. Bagi Anda yang ingin menciptakan lingkungan sehat pada rambut, serta terlepas dari masalah ketombe, gatal, berminyak, dan iritasi, pakailah sampo medicated ini sekarang juga!

Bahan aktifβ-Glycyrrhetinic acid, piroctone olamine
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonTidak ada
Untuk kulit kepalaGatal, berketombe
Tergolong sampo medicatedYa
Ukuran300 mL
Kisaran hargaRp350.000

2. Clear Ice Cool Menthol Anti Dandruff Shampoo

Dengan Triple Anti-Dandruff Technology untuk berantas ketombe

Tetap beraktivitas dengan kulit kepala bersih dan bebas ketombe bisa Anda raih dengan rutin menggunakan sampo besutan Clear satu ini. Seri antiketombe berikut tidak hanya menghilangkan ketombe serta membersihkan kulit kepala, namun sensasi fresh sejak habis keramas berkat kandungan menthol-nya akan Anda rasakan.

Wanginya pun menyegarkan, memastikan mood Anda terjaga seharian. Walau berbusa cukup banyak, sampo ini mudah dibersihkan hanya dalam beberapa bilasan. Clear Ice Cool Menthol Anti Dandruff Shampoo menggunakan teknologi triple anti-dandruff yang bukan hanya membersihkan ketombe, melainkan kulit kepala kembali sehat dengan dukungan vitamin B3 dan komponen proteinnya.

Bahan aktifVitamin B3 (niacinamide), komponen protein
Kandungan amino acidAda
Kandungan silikonAda
Untuk kulit kepalaGatal, berminyak, berketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran660 mL
Kisaran hargaRp84.500

3. Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Soap-free, alkali-free, dan clinically tested. Aman untuk semua kondisi kulit kepala!

Bagi Anda yang mengalami kondisi dermatitis seboroik, namun enggan mengenakan obat khusus, Sebamed Anti-Dandruff Shampoo layak Anda pertimbangkan. Produk ini bukan hanya diperuntukkan kepada pemilik kulit kepala berminyak dan berketombe, tetapi mereka dengan seborrheic dermatitis, jerawat kulit kepala, dan tinea capitis juga dapat menggunakannya.

Tiga bahan aktif serta dukungan inactive ingredients bekerja sama menangani seluruh scalp problem. Sampo antiketombe Sebamed berlabelkan clinically tested, sehingga aman untuk penggunaan sehari-hari. Nilai pH 5,5 dirancang untuk wujudkan rambut dan kulit kepala sehat. Tidak mengandung sabun dan alkali-free, Anda dengan kulit kepala sensitif akan tenang setiap kali berkeramas dengannya.

Bahan aktifPiroctone olamine, tenside, protein
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonTidak ada
Untuk kulit kepalaBerminyak, berketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran400 mL
Kisaran hargaRp165.700

4. Garnier Neril Anti Dandruff Shield Shampoo

Jaga rambut tetap sehat, bebas ketombe, dan semakin terlindungi

Garnier Neril Anti Dandruff Shield Shampoo adalah produk pembersih rambut berkandungan unsur piroctone olamine yang terkenal efektif melawan jamur penyebab ketombe pada kulit kepala. Didukung wheat protein dan cartham oil, produk ini ikut menjaga rambut agar lebih terawat setiap hari.

Bagi Anda yang mengharapkan aksi ganda dari sampo antiketombe, Neril Anti Dandruff Shield Shampoo adalah produk yang Anda cari-cari! Selain menghilangkan ketombe dan rasa gatal yang menyertai, Garnier menjamin sampo ini mampu memproteksi kulit kepala agar tidak mudah terserang ketombe di kemudian hari.

Bahan aktifPiroctone olamine, wheat protein, cartham oil
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonTidak ada
Untuk kulit kepalaGatal, berketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp79.000

5. Davines Naturaltech Purifying Anti-Dandruff Shampoo

Ketombe sirna, pertumbuhan rambut makin sempurna!

Anda yang terganggu oleh ketombe disertai ruam merah dan iritasi bisa menjajal produk Davines satu ini. Bahan aktif selenium sulfide akan bekerja ganda memperbaiki kulit kepala sekaligus membasmi jamur yang berkembang. Dengan demikian, akan tercipta lingkungan sehat bagi pertumbuhan rambut. Naturaltech Purifying Anti-Dandruff Shampoo bekerja mendalam tanpa menyebabkan iritasi.

Apabila Anda memerlukan sampo antiketombe yang bekerja cepat, Davines mengklaim produk unggulannya ini mampu perbaiki masalah pengelupasan kulit kepala dalam waktu singkat. Berkat natural derived active ingredients-nya, serta bebas paraben dan sulfate, menjadikan sampo ini semakin pas Anda jadikan daily dandruff treatment!

Bahan aktifSelenium sulfide
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonTidak ada
Untuk kulit kepalaKering, berketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp440.000

6. Good Virtues Co. Anti-Dandruff Care Shampoo

Tersusun dari 100% bahan non-hewani tanpa zat aditif

Produk hair care berdesain kemasan cantik ini bertindak ganda. Selain dikenal akan keahliannya menangani ketombe, Anda pun memperoleh folikel rambut yang kuat. Dengan begitu, sampo ini akan bermanfaat bagi pengguna yang disertai masalah kerontokan rambut. Komponen alami berupa habbatussauda oil dan vitamin B5, didukung piroctone olamine akan mengurangi gangguan kulit kepala.

Happy & Heavenly Anti Dandruff Care Shampoo Nourishing Hair Fall Protection dipastikan aman karena terdaftar di BPOM. Anda bisa cek sendiri produk ini dengan Nomor Registrasi: 32171002283. Selain aman karena terdaftar di lembaga terakreditasi, Anda pun tambah tenang berkat absennya mineral oil, SLES, ALES, paraben, dan pewarna sintetis.

Bahan aktifPanthenol (vitamin B5), piroctone olamine
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonAda
Untuk kulit kepalaBerketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran300 mL
Kisaran hargaRp81.300

7. Zinc Men Active Cool Anti Dandruff Shampoo

Formula Complex ZPT-O dari Jepang untuk atasi 99% ketombe

Untuk para pria yang ingin mengatasi ketombe penyebab gatal kulit kepala, Zinc menghadirkan sampo antiketombe khusus pria. Produk ini mengandalkan bahan aktif bernama Complex Zinc-PTO sebagai inovasi unggul dalam meredakan ketombe di kepala.

Rumusan terkini dari Lion Japan menjadikan Zinc Men Active Cool Anti Dandruff Shampoo sanggup atasi ketombe hingga 99% hanya dalam beberapa hari. Rambut terasa segar setelah keramas berkat cooling menthol yang cepat meresap. Anda gemar berolahraga namun kerap dihampiri kulit kepala berkeringat? Yuk, lindungi kulit kepala dari masalah ketombe bersama sampo anti-dandruff ini.

Bahan aktifComplex ZPT-O (zinc pyrithione)
Kandungan amino acidTidak diketahui
Kandungan silikonTidak diketahui
Untuk kulit kepalaBerketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran340 mL
Kisaran hargaRp36.000

8. Head & Shoulders Bersih dan Harum

Triple Action Formula untuk bersihkan, lindungi, dan lembapkan rambut

Head & Shoulders varian Bersih dan Harum termasuk salah satu sampo antiketombe populer di Indonesia. Meskipun tidak memberikan sensasi segar seperti varian Cool Menthol kemasan hijau, varian Clean & Balanced ini tetap optimal mengurangi ketombe melalui 3 Action Formula.

Formula tiga aksi sampo Head & Shoulders akan membersihkan dan melindungi kulit kepala, serta melembapkan rambut. Para pria dan wanita yang ingin terlepas dari kebiasaan menggaruk kepala karena ketombe, sampo yang diproduksi Procter & Gamble ini adalah pilihan terbaik dengan harga terjangkau.

Bahan aktifZinc pyrithione
Kandungan amino acidTidak ada
Kandungan silikonAda
Untuk kulit kepalaBerketombe, gatal
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran330 mL
Kisaran hargaRp43.200

9. Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo for Dry, Flaking Scalp

Secara berangsur ketombe akan hilang sepenuhnya

Kesal dengan kulit kepala kering dan mengelupas, namun belum berhasil temukan sampo antiketombe yang cocok? Kami harap Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo for Dry, Flaking Scalp mampu menghentikan pencarian sekaligus masalah Anda. Komposisi tiga bahan utamanya bekerja mengeliminasi ketombe kering serta mencegah kondisi yang sama berulang kembali.

Kehadiran carthamus oil dan safflower oil bermanfaat untuk menghidrasi rambut dan kulit kepala. Cukup dipakai 1 – 2 kali per minggu, bahan aktif zinc pyrithione-nya akan mengurangi penumpukan sel mati pada kulit kepala. Di hari ke-28, Rene Furtener menjamin Anda bebas ketombe sepenuhnya, dan perawatan menggunakan sampo ini dapat dihentikan.

Bahan aktifZinc pyrithione
Kandungan amino acidAda
Kandungan silikonTidak ada
Untuk kulit kepalaKering, gatal, berketombe
Tergolong sampo medicatedYa
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp310.000

10. Pantene Pro-V Shampoo Anti Dandruff

Bebas dari bahan-bahan yang membahayakan kesehatan rambut

Pantene Pro-V Shampoo Anti Dandruff menjadikan rambut bersih, ternutrisi, dan lebih kuat dari pangkal hingga ujungnya. Satu solusi untuk dua permasalahan umum rambut, yakni ketombe dan rambut rontok, bisa ditangani secara optimal dengan sampo ini. Walau formula Pro-Vitamin-nya ampuh mengatasi ketombe dan rambut rontok, Anda tidak akan merasakan sensasi kering sehabis keramas.

Selain membanggakan Pro-V Formula, Pantene tetap menyertakan bahan aktif pengusir ketombe berupa zinc pyrithione. Kami sarankan Anda membeli kemasan bertutup pump agar praktis setiap kali hendak keramas. Namun, bila budget Anda terbatas atau Anda ingin mengetes kecocokan produk, pilihlah ukuran kecil tanpa tutup pump.

Bahan aktifZinc pyrithione
Kandungan amino acidAda
Kandungan silikonAda
Untuk kulit kepalaBerketombe
Tergolong sampo medicatedTidak
Ukuran400 mL
Kisaran hargaRp65.800

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Keramas dengan Shampo Anti Ketombe

Mencuci rambut atau keramas adalah kegiatan memelihara kesehatan rambut yang perlu Anda lakukan teratur. Akan tetapi, saat masalah ketombe menyerang, Anda perlu mengaplikasikan sampo antiketombe untuk mengatasinya. Pastikan untuk tidak sembarangan menerapkan produk.

Hal pertama yang mesti Anda ingat adalah mengecek kecocokan sampo. Jika tampak tidak ada hasil setelah satu minggu penggunaan sampo antiketombe, boleh jadi produk tersebut tidak cocok dengan kulit kepala Anda, dan Anda disarankan mengganti ke produk lain. Kemudian, lakukanlah keramas sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan, apakah setiap hari atau beberapa kali saja dalam seminggu.

Saat berkeramas, gosok kulit kepala secara lembut hingga timbul busa, lalu diamkan kurang lebih 3 – 5 menit atau sesuai arahan produk sebelum dibilas. Pembilasan pun harus sampai bersih hingga tidak ada sisa busa menempel pada rambut atau malah kulit kepala. Apabila ketombe Anda mulai berkurang, penggunaan sampo antiketombe bisa Anda hentikan atau frekuensi penggunaannya dikurangi.

Lihat juga rekomendasi sampo dengan fungsi terbaik lainnya di sini!

Ketombe bukan satu-satunya masalah yang umum terjadi. Rambut kering, rontok, dan berminyak adalah permasalahan rambut lain yang dialami banyak orang.

Anda memerlukan sampo khusus berdasarkan kondisi kulit kepala, rambut, atau memilih sesuai keinginan Anda. Produk sampo dengan fungsi lain dapat Anda tentukan sendiri di artikel berikut. Silakan dibaca!

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Rontok
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Berminyak
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Kering
10 Rekomnedasi Shampo Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Meluruskan Rambut
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memanjangkan Rambut

Kesimpulan

Sejauh ini kita sudah membahas apa yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Sepuluh sampo antiketombe terbaik keluaran Head & Shoulders, Sebamed, dan Rene Furtener juga telah kami tampilkan beserta keunggulannya masing-masing. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kepala Anda!

Cucilah rambut teratur dengan sampo antiketombe sampai kondisi kulit kepala membaik, dan ketombe berangsur hilang. Penting memilih produk yang tidak mengiritasi kulit kepala Anda, atau alternatifnya Anda bisa gunakan sampo berbahan organik. Jika setelah kurang lebih dia minggu belum ada perubahan, konsultasikan kondisi Anda kepada dokter. Ayo ciptakan lingkungan kulit kepala sehat tanpa ketombe!

(Visited 3.681 times, 46 visits today)