Kosmetik & Kesehatan

10 Shampo Tanpa Silikon Terbaik untuk Rambut Lebih Sehat

Bila Anda memiliki kulit kepala yang sensitif atau ingin rambut lebih sehat secara alami, pertimbangkanlah untuk mengganti sampo Anda dengan sampo tanpa silikon. Tidak seperti sampo biasa, sampo tanpa silikon dipercaya lebih efektif mengatasi masalah rambut tanpa efek samping yang buruk.

Beberapa sampo tanpa silikon yang bisa Anda dapatkan di pasaran antara lain Grace and Glow, Aromatica, Sukin, dan lain-lain. Agar Anda tak salah pilih, kami akan memberikan rekomendasi produk sampo tanpa silikon beserta panduan cara memilihnya. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan sampo tanpa silikon. Selamat membaca!

Mengapa Anda Harus Menggunakan Shampo tanpa Silikon?

Sebenarnya, penggunaan silikon dalam produk sampo dan kondisioner membawa beragam manfaat, dari mulai untuk melembutkan dan menghaluskan rambut, mengunci kelembapan, hingga mengurangi keriting.

Namun, silikon juga memiliki kekurangan, seperti membuat lapisan pelindung yang menghalangi nutrisi lain masuk ke dalam folikel rambut. Seiring berjalannya waktu, silikon akan menumpuk di rambut Anda dan merusak rambut.

Masalah seperti rambut menjadi lemah, rapuh, kering, dan kusam adalah beberapa dampak dari tumpukan silikon pada rambut. Karena masalah jangka panjang itulah, Anda perlu mengindari penggunaan sampo bersilikon dan mulai menggunakan sampo tanpa silikon.

Cara Memilih Shampo tanpa Silikon

Apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sampo silikon yang tepat? Yuk, ikuti panduan selengkapnya berikut ini!

Cari Keterangan Bebas Silikon pada Label atau Komposisi Shampo

blank

Sebelum membeli sampo tanpa silikon, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui dua macam silikon, yaitu:

  • Silikon yang mempunyai efek negatif, yaitu silikon yang tidak larut dalam air, dapat menyebabkan penumpukan, dan sulit memberikan hidrasi pada rambut.Disebut juga dengan silikon jahat, silikon jenis ini memiliki beberapa nama lain, yakni Dimethicone, Cyclomethicone, Amodimethicone, dan zat-zat lain yang diakhiri dengan kata –cone.
  • Silikon tanpa efek negatif, yaitu silikon yang larut dalam air, mudah dibilas, tidak menyebabkan penumpukan atau rambut kusam.Disebut juga dengan silikon baik, beberapa nama silikon jenis ini adalah Dimethicone Copolyol, Lauryl Methicone Copolyol, dan zat-zat lain yang memiliki awalan PEG (polyethylene glycol).

Sampo tanpa silikon biasanya memiliki label “free-silicone” pada kemasannya. Jika tidak terdapat label “free-silicone” pada kemasan, maka periksalah komposisi bahannya. Hindari sampo yang mengandung silikon jahat atau mengandung bahan-bahan yang diakhiri dengan kata –cone seperti yang telah disebutkan di atas.

Pilih Shampo sesuai Jenis atau Kondisi Rambut

blank

Setiap rambut memerlukan perawatan yang berbeda-beda tergantung kondisinya; halus, kasar, rusak, berminyak, berwarna, dan lain-lain. Untuk itu, Anda perlu menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut.

  • Rambut halus : ideal menggunakan sampo yang dapat menambah volume, menguatkan, dan meningkatkan helai rambut Anda, misalnya yang mengandung marine collagen atau ekstrak herbal.
  • Rambut kasar dan rusak : ideal menggunakan sampo dengan pelembap ekstra atau yang mengandung conditioner, misalnya yang mengandung shea butter atau minyak nabati.
  • Rambut berminyak : ideal menggunakan sampo yang dapat memperbaiki dan menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala, misalnya yang mengandung aloe vera atau ekstrak herbal.
  • Rambut berwarna : ideal menggunakan sampo khusus yang mengandung nutrisi dan dapat mempertahankan warna rambut Anda.
  • Rambut beruban : ideal menggunakan sampo yang mengandung pigmen biru atau ungu untuk membantu mengembalikan warna rambut.
  • Rambut dengan kulit kepala sensitif : ideal menggunakan sampo yang menenangkan kulit kepala dan tidak memicu rasa gatal, misalnya yang mengandung pro-vitamin B5 atau aloe vera.

Pilih Bahan Aktif sesuai Manfaat yang Anda Inginkan

blank

Jika Anda ingin menggunakan sampo tanpa silikon tetapi tetap ingin rambut Anda lembap dan tidak kusut, pilihlah sampo dengan bahan aktif minyak nabati dan bahan natural yang dapat menggantikan fungsi silikon.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan sampo dengan bahan minyak jojoba, aloe vera, avocado oil, minyak kelapa, madu, teh hijau, atau shea butter. Bahan-bahan tersebut mengandung vitamin serta pelembap alami yang bermanfaat untuk menyuburkan dan membuat rambut Anda berkilau.

Cari yang Bebas Paraben dan Sulfat supaya Lebih Aman

blank

Untuk memperpanjang umur simpan suatu produk, digunakan bahan kimia yang disebut dengan paraben. Banyak digunakan dalam produk sehari-hari, seperti sampo, pasta gigi, dan krim cukur, paraben dengan mudah diserap oleh kulit.

Jika digunakan dalam jumlah banyak, paraben dapat memicu ketidakseimbangan sistem hormon pada wanita, seperti perubahan siklus menstruasi hingga meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh sebab itu, hindari sampo yang mengandung paraben.

Selain paraben, bahan yang perlu dihindari adalah sulfat. Zat ini memberikan efek busa sehingga memberi kesan produk tersebut bekerja dengan baik. Padahal, sulfat adalah zat pembersih yang sangat keras sehingga dapat menyebabkan rambut kering dan rusak, kusut, iritasi kulit, dan peradangan.

Jika Perlu, Pilih Produk Vegan atau Berlabel Cruelty-Free untuk Melindungi Hewan

blank

Di pasaran, Anda dapat menemukan sampo dengan label vegan dan cruelty-free. Sampo dengan label:

  • Vegan” berarti sampo tersebut tidak memiliki kandungan bahan yang berasal dari hewan atau produk sampingan seperti madu, lilin, dan lanolin.
  • Cruelty-free” berarti dalam pembuatannya tidak diuji pada hewan secara kejam.

Dengan membeli produk berlabel “vegan” dan “cruelty-free”, maka Anda tidak hanya terbebas dari iritan yang disebabkan oleh hewan, tapi juga berfungsi untuk mendorong perusahaan dalam mengurangi pengujian pada hewan.

10 Rekomendasi Shampo tanpa Silikon Terbaik

Tak sabar ingin segera mengganti sampo Anda dengan sampo tanpa silikon? Pilihlah produk yang sesuai dengan pertimbangan yang telah kami sampaikan sebelumnya. Agar lebih mudah memilih, simak rekomendasi dari kami berikut ini!

1. Grace and Glow Secret Bombshell Anti Oil and Repair Solution Shampoo

blank

Sumber: Shopee.co.id

Memberikan relaksasi keharuman ala parfum mewah

Bagi Anda yang menyukai wewangian, sampo keluaran Grace and Glow perlu Anda coba. Selain dapat memperbaiki rambut rusak, sampo ini menawarkan sensasi wangi parfum mewah yang dapat merelaksasi saat Anda mencuci rambut.

Dengan kandungan keratin, sampo ini menjadikan rambut Anda lebih lembut bersinar, lebih tebal, dan mudah diatur. Dipadukan dengan kandungan karbon yang menyerap minyak dan kotoran di kulit kepala, rambut Anda akan bebas dari lepek, minyak, ataupun ketombe selama seharian.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut berketombe, rambut berminyak, rambut kering dan rusak
Manfaat Mencegah rambut berminyak dan lepek, membuat rambut lembut dan bersinar, memperbaiki rambut rusak
Bahan aktif Carbon, keratin, argan oil, dan retinol
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Iya
Volume 400 ml
Kisaran harga Rp48.000

2. Kerastase Specifique Bain Prevention

Mengurangi kerontokan sekaligus mempertebal rambut

Anda mengalami rambut rontok dan penipisan rambut? Saatnya beralih ke sampo yang dirancang khusus untuk mencegah rambut rontok bebas silikon, Kerastase Specifique Bain Prevention yang memberi banyak manfaat.

Dengan menggunakan teknologi Système Pro-Actif technology yang unik, sampo ini mampu membantu mengurangi kerontokan rambut dan memberi efek volume sekaligus memicu pertumbuhan rambut.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut rontok dan tipis
Manfaat Mencegah kerontokan dan masalah penipisan rambut
Bahan aktif Salicylic acid, tartaric acid, citric acid
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Iya
Volume 250 ml
Kisaran harga Rp420.000

3. Herbal Essences Bio Renew Smooth Golden Moringa Oil

blank

Sumber: Blibli.com

Mengandung antioksidan untuk rambut yang lebih hidup dan bebas kusut

Sesuai namanya, sampo ini merupakan hasil racikan perpaduan dari esensial herbal, yakni lidah buaya dan rumput laut. Sebagai sumber antioksidan, bahan herbal tersebut akan membantu memurnikan dan menghidupkan kembali rambut Anda, sekaligus melindungi rambut dari berbagai masalah.

Bio Renew Smooth Golden Moringa Oil juga memberikan aroma jeruk, bunga putih, dan air kelapa segar yang akan memanjakan indra penciuman Anda saat memakainya. Dengan menggunakan sampo ini, rambut Anda akan lebih lembut, berkilau dan flowy, serta bebas kusut.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut kering
Manfaat Membuat rambut lembut dan berkilau
Bahan aktif Moringa oleifera seed oil, aloe barbadensis leaf juice, ecklonia radiata extract, histidine
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Iya
Volume 400 ml
Kisaran harga Rp86.300

4. Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo

blank

Sumber: Shopee.co.id

Menutrisi serta memperkuat akar dan batang rambut

Untuk dapat menghilangkan ketombe, sampo ini diformulasikan dengan minyak esensial rosemary, bhringraj, coriander, yang dapat menutrisi dan merevitalisasi kulit kepala Anda, sekaligus memperkuat akar rambut. Kandungan biotin dan pathenol-nya juga dapat memperkuat batang rambut.

Formulasinya yang terdiri dari bahan-bahan herbal membuat sampo keluaran Aromatica ini dapat mengangkat sel kulit mati di kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala Anda segar dan bersih. Rambut Anda pun menjadi lebih lembut dan bebas ketombe.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut normal dan rambut tipis
Manfaat Untuk memperkuat akar rambut dan mengangkat sel kulit mati di kulit kepala
Bahan aktif Rosemary, bhringraj, coriander, BHA (salicylic acid), paraprobiotics, amino acid, biotin, panthenol, caffeine
Bebas sulfat Iya
Bebas paraben Iya
Volume 250 ml, 400 ml
Kisaran harga Rp269.900 – Rp349.900

5. Mylea Intensive Hair Shampoo

blank

Sumber: Shopee.co.id

Solusi efektif untuk memperbaiki rambut rusak akibat sering di-styling

Jika rambut Anda kerap di-styling, diwarnai, atau mengalami chemical treatment lainnya, rambut akan mudah rusak, mudah rontok, patah, dan bercabang. Untuk mengatasinya, Mylea Intensive Hair Shampoo memberikan solusi perawatan kerusakan rambut untuk Anda.

Mengandung ekstrak bunga chamomile dan horsetail, sampo ini akan membersihkan dan menjaga kesehatan kulit kepala, menebalkan batang rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut secara efektif. Dengan pemakaian teratur, rambut Anda akan terlihat lebih halus, lembut, rontok berkurang, dan lebih sehat.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut normal, rambut mudah patah, bercabang, dan rusak
Manfaat Merawat kerusakan dan menebalkan batang rambut, menstimulasi pertumbuhan rambut
Bahan aktif Ekstrak bunga chamomile dan horsetail
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Tidak
Volume 100 ml, 200 ml
Kisaran harga Rp31.250 – Rp45.000

6. SUKIN Oil Balancing Shampoo

Memberi keseimbangan sebum pada kulit kepala

Diformulasikan dengan minyak jojoba dan ektrak moringa, Sukin Oil Balancing Shampoo akan membantu menyeimbangkan sebum yang berlebih tanpa membuat kulit kepala Anda menjadi kering, sekaligus membersihkan dan memurnikan rambut Anda.

Sampo yang diproduksi dari Australia ini juga diperkaya dengan wheat protein, yang dapat rambut Anda lebih sehat bernutrisi. Tak hanya itu, kulit kepala dan rambut Anda juga akan lebih segar dan wangi dengan aroma citrus dan spearmint yang terkandung dalam sampo ini.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut berminyak
Manfaat Membersihkan dan menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit kepala
Bahan aktif Minyak jojoba, ekstrak moringa, wheat protein, dan vitamin E
Bebas sulfat Iya
Bebas paraben Iya
Volume 500 ml
Kisaran harga Rp150.000

7. Naturals by Watsons Aloe Vera Shampoo

blank

Sumber: Shopee.co.id

Dengan ekstrak lidah buaya untuk membersihkan dan menutrisi kulit kepala

Ingin rambut berkilau dan tampak sehat alami? Gunakan sampo yang mengandung ekstrak lidah buaya, minyak kelapa organik, dan bahan-bahan alami lainnya yang dikenal ampuh merawat rambut. Seperti Naturals by Watsons Aloe Vera Shampoo yang satu ini

Dibuat dengan bahan aktif alami aloe vera, sampo ini selain membersihkan rambut juga menutrisi kulit kepala Anda. Dilengkapi ekstrak teh hijau dan bahan organik lainnya serta vitamin E, sampo ini juga akan membuat rambut Anda lebih halus, lembap, berkilau, dan terlihat lebih sehat alami.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut berminyak dan mudah berketombe
Manfaat Membersihkan dan memelihara rambut tetap sehat, halus, dan terhidrasi
Bahan aktif Organic green tea extract, organic avocado oil, natural cucumber extract, dan vitamin E
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Iya
Volume 100 ml, 490 ml
Kisaran harga Rp19.900 – Rp69.900

8. Love Beauty and Planet – Murumuru Butter & Rose Shampoo

Menjaga rambut tetap sehat berkilau alami meski diwarnai

Menjaga kecantikan Anda sekaligus menjaga kecantikan bumi secara bersamaan, itulah prinsip yang diusung oleh merek Love Beauty and Planet ini. Dibuat dari amazonian murumuru butter dan keharuman bunga bulgarian rose, sampo ini akan memelihara rambut jadi lebih indah berkilau secara alami, meski diwarnai.

Sebagai produk berbahan natural dan ramah lingkungan, kemasan produk ini pun dibuat 100% dapat didaur ulang. Produk ini juga mengantongi sertifikat 100% vegan dan cruelty free, serta bebas paraben, bebas silikon, dan bebas pewarna.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut kusam, rambut berwarna
Manfaat Untuk melembapkan dan menjaga kilau rambut
Bahan aktif Astrocaryum murumuru seed butter, rosa damascena flower extract, coconut oil
Bebas sulfat Tidak
Bebas paraben Iya
Volume 200 ml, 400 ml
Kisaran harga Rp39.600 – Rp64.700

9. Mama’s Choice Treatment Shampoo

Mengurangi kerontokan rambut pada ibu hamil dan menyusui

Di masa kehamilan dan menyusui, biasanya rambut rontok dalam jumlah yang tidak sedikit. Untuk mengurangi kerontokan, Anda perlu sampo perawatan rambut yang bebas bahan kimia. Solusinya adalah Mama’s Choice Treatment Shampoo yang mengandung bahan-bahan alami, seperti kiwi, candlenut, dan green pea.

Bahan-bahan tersebut kaya akan protein dan mineral yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat, menguatkan akar rambut, mengembalikan kekuatan rambut dan merangsang pertumbuhannya. Rambut jadi lebih sehat, rontok berkurang, Anda dan bayi pun tetap aman.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut rontok dan tipis
Manfaat Menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat
Bahan aktif Kiwi, kemiri, dan kacang polong
Bebas sulfat Iya
Bebas paraben Iya
Volume 150 ml
Kisaran harga Rp99.000

10. Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo

Rambut lurus dan lembut, lembap dari akar rambut hingga ke ujungnya

Bagi Anda yang menginginkan rambut lurus, Anda bisa mencoba Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo yang kaya nutrisi sehingga mampu memperbaiki rambut keriting dan kribo.

Dibuat dari bahan alami pilihan, seperti minyak argan dan minyak biji quinoa, sampo ini akan memberikan kelembapan dari akar hingga ujung rambut, menjadikan rambut Anda lurus, halus, dan sangat lembut.

Bebas silikon Iya
Tipe rambut Rambut bergelombang dan kusut
Manfaat Untuk meluruskan dan menghaluskan rambut
Bahan aktif Cuticle keratin, minyak argan, minyak biji quinoa, minyak biji baobab, dan ekstrak biji prune
Bebas sulfat Iya
Bebas paraben Iya
Volume 450 ml
Kisaran harga Rp115.000

Tabel Perbandingan Shampo tanpa Silikon

Produk Grace and Glow Secret Bombshell Anti Oil and Repair Solution Shampoo Kerastase Specifique Bain Prevention Herbal Essences Bio Renew Smooth Golden Moringa Oil Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo Mylea Intensive Hair Shampoo SUKIN Oil Balancing Shampoo Naturals by Watsons Aloe Vera Shampoo Love Beauty and Planet – Murumuru Butter & Rose Shampoo Mama’s Choice Treatment Shampoo Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bebas silikon Iya Iya Iya Iya Iya Iya Iya Iya Iya Iya
Tipe rambut Rambut berketombe, rambut berminyak, rambut kering dan rusak Rambut rontok dan tipis Rambut kering Rambut normal dan rambut tipis Rambut normal, rambut mudah patah, bercabang, dan rusak Rambut berminyak Rambut berminyak dan mudah berketombe Rambut kusam, rambut berwarna Rambut rontok dan tipis Rambut bergelombang dan kusut
Manfaat Mencegah rambut berminyak dan lepek, membuat rambut lembut dan bersinar, memperbaiki rambut rusak Mencegah kerontokan dan masalah penipisan rambut Membuat rambut lembut dan berkilau Untuk memperkuat akar rambut dan mengangkat sel kulit mati di kulit kepala Merawat kerusakan dan menebalkan batang rambut, menstimulasi pertumbuhan rambut Membersihkan dan menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit kepala Membersihkan dan memelihara rambut tetap sehat, halus, dan terhidrasi Untuk melembapkan dan menjaga kilau rambut Menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat Untuk meluruskan dan menghaluskan rambut
Bahan aktif Carbon, keratin, argan oil, dan retinol Salicylic acid, tartaric acid, citric acid Moringa oleifera seed oil, aloe barbadensis leaf juice, ecklonia radiata extract, histidine Rosemary, bhringraj, coriander, BHA (salicylic acid), paraprobiotics, amino acid, biotin, panthenol, caffeine Ekstrak bunga chamomile dan horsetail Minyak jojoba, ekstrak moringa, wheat protein, dan vitamin E Organic green tea extract, organic avocado oil, natural cucumber extract, dan vitamin E Astrocaryum murumuru seed butter, rosa damascena flower extract, coconut oil Kiwi, kemiri, dan kacang polong Cuticle keratin, minyak argan, minyak biji quinoa, minyak biji baobab, dan ekstrak biji prune
Bebas sulfat Tidak Tidak Tidak Iya Tidak Iya Tidak Tidak Iya Iya
Bebas paraben Iya Iya Iya Iya Tidak Iya Iya Iya Iya Iya
Volume 400 ml 250 ml 400 ml 250 ml, 400 ml 100 ml, 200 ml 500 ml 100 ml, 490 ml 200 ml, 400 ml 150 ml 450 ml
Kisaran harga Rp48.000 Rp420.000 Rp86.300 Rp269.900 – Rp349.900 Rp31.250 – Rp45.000 Rp150.000 Rp19.900 – Rp69.900 Rp39.600 – Rp64.700 Rp99.000 Rp115.000
Periksa ketersediaan

 

Kesimpulan

Sampo tanpa silikon merupakan solusi perawatan rambut bagi yang memiliki kulit kepala bermasalah atau kondisi tertentu. Tidak hanya mampu membersihkan rambut, sampo tanpa silikon yang berbahan alami juga merawat kesehatan rambut dan memberinya nutrisi.

Dari daftar rekomendasi di atas, pilihlah sampo tanpa silikon yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan panduan yang telah kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih, sehingga Anda mendapatkan rambut indah dan sehat. Semoga Anda menemukan produk yang cocok!

Referensi

Is Silicone Really That Bad for Your Hair?
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/why-is-silicone-bad-for-hair diakses pada 21 November 2021

Are Silicones Actually Bad for Your Hair?
https://www.shape.com/lifestyle/beauty-style/is-silicone-bad-for-hair diakses pada 21 November 2021

Silicone for Hair: Benefits and How to Use
https://www.byrdie.com/silicones-shampoos diakses pada 21 November 2021

Shampoo 101: Choosing the Right Shampoo for Your Hair Type
https://www.byrdie.com/shampoo-101-choosing-the-right-shampoo-3517815 diakses pada 21 November 2021

THE RIGHT SHAMPOO FOR EVERY TYPE OF HAIR
https://www.schwarzkopf.co.uk/en/home/article-overview/haircare/shampoo-hair-type.html diakses pada 21 November 2021

The 6 best natural ingredients for your hair
https://www.insider.com/natural-ingredients-for-hair diakses pada 21 November 2021

Top Benefits Of Natural Shampoo And Conditioner
https://prose.com/blog/natural-shampoo-and-conditioner.php diakses pada 21 November 2021

Understanding Cruelty-Free Shampoo
https://blog.publicgoods.com/cruelty-free-shampoo/ diakses pada 21 November 2021

You may also like

Comments are closed.