Written by 12:43 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut Terbaik

Rambut yang lurus dan tergerai dengan indah sudah lama menjadi dambaan banyak wanita. Di Asia sendiri khususnya, perempuan dengan rambut lurus dianggap sebagai ikon kecantikan yang bakal disukai banyak orang, terutama para pria. Tak heran jika banyak yang melakukan segenap cara untuk memperoleh rambut lurus. Mulai dari melakukan pelurusan rambut atau rebonding di salon, hingga memakai shampo pelurus rambut terbaik yang banyak beredar di pasaran.

Jika Anda termasuk salah satu yang menginginkan rambut lurus dan panjang, Anda bisa menggunakan shampo untuk meluruskan rambut. Tapi sebelumnya, ketahuilah kalau wanita Asia (terutama Indonesia) faktanya 49 persen mempunyai rambut yang ikal, keriting, dan mengembang. Sementara 51 persen sisanya punya rambut lurus, itupun kebanyakan berlaku untuk perempuan di wilayah Asia Utara.

Tren punya rambut lurus ini diperkuat dengan pengaruh Pop Korea yang kebanyakan aktrisnya berambut lurus. Namun tidak ada salahnya jika setiap perempuan mempunyai keinginan semacam ini. Pasalnya, rambut yang lurus memang punya banyak kelebihan dan keuntungan. Oleh karena itu, bagi Anda yang mau punya rambut lurus, silakan gunakan shampo pelurus rambut terbaik yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Memilih Shampo Pelurus Rambut

Bukan perkara mudah menemukan produk shampo yang tepat, apalagi untuk tujuan tertentu seperti meluruskan rambut. Karena setiap orang menghadapi keadaan rambut berbeda, tentu shampo yang digunakan pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk memudahkan Anda, di bawah ini penjabaran tips memilih shampo pelurus rambut berdasarkan kondisi rambut.

Untuk Rambut Kering, Pilihlah Shampo dengan Kandungan Pelembap

Rambut yang kering terjadi karena kulit kepala tidak mencukupi kebutuhan minyak untuk melembapkan rambut. Untuk meluruskan rambut kering, pakailah shampo dengan komponen tinggi pelembap. Beberapa minyak alami biasa dicantumkan oleh produsen dalam menciptakan shampo pelurus rambut kering, misalnya minyak kelapa, alpukat, argan, dan biji anggur.

Utamakan memilih shampo berbahan lembut yang dirancang khusus untuk keperluan perawatan rambut kering. Tentunya, shampo tersebtu bercirikan bebas alkohol dan hanya sedikit mengandung deterjen atau pembersih. Supaya kelembapan rambut bertahan lebih lama, Anda perlu menyiapkan kondisioner juga yang dipakai sehabis keramas.

Untuk Rambut Berminyak, Pilihlah Shampo yang Bekerja Mengendalikan Kelenjar Minyak

Pada kulit kepala terdapat kelenjar minyak yang bekerja mengendalikan kelembapan rambut. Saat aktivitasnya tidak terkontrol, kondisi rambut berminyak pun tak terelakkan dan berujung pada hadirnya ketombe. Apabila Anda mencari shampo pelurus rambut, carilah bahan pelurus yang diperkaya unsur aktif untuk mengendalikan kelenjar minyak.

Unsur-unsur seperti sulfida, zinc pyrithione, dan ketoconazole akan membantu meringankan rambut berminyak secara bertahap. Gunakanlah shampo pelurus rambut berminyak secukupnya. Sebaiknya Anda cuci rambut 1 – 2 hari sekali untuk mencegah rambut menjadi berminyak. Selain itu, hindari juga pemakaian produk rambut yang berbasis minyak.

Pilihlah Produk yang Diperkaya Asam Amino dan Keratin

Ingin rambut lurus dan bebas rontok? Pastikan untuk mencari shampo pelurus rambut yang mengandung asam amino, misalnya lysine. Dengan kandungan tersembut, rambut akan semakin kuat sehingga terhindar dari kerontokan.  Di samping berguna untuk mencegah rambut rontok, asam amino berguna pula dalam memelihara kesehatan kulit dan kuku.

Kemudian, unsur keratin yang banyak dipakai ketika treatment salon juga membantu rambut lebih lembap dan halus. Saat ini cukup banyak pilihan merek shampo yang diklaim efektif melembutkan rambut dengan bantuan keratin. Karena lebih hemat waktu, biaya, dan minim risiko, kami sangat menyarankan Anda mengandalkan shampo dengan kandungan keratin untuk mendapaktan rambut lurus idaman.

Hindari Kandungan Shampo yang Membahayakan Rambut

Beberapa bahan diketahui tidak aman untuk rambut, contohnya sulfat, paraben, dan semacamnya. Kami akan menerangkan apa saja unsur yang sebaiknya Anda waspadai dan hindari saat memilih shampo pelurus rambut:

  • Sulfat. Kadang tertulis SLS (sodium lauryl sulfate), adalah deterjen yang membuat shampo menghasilkan busa. Termasuk bahan kimia keras yang memungkinkan kelembapan alami rambut hilang, sebaiknya Anda waspadai bahan ini terutama bagi Anda yang memiliki kondisi rambut kering.
  • Paraben. Bahan satu ini tergolong pengawet yang difungsikan menajga bakteri dan mikroba tidak hidup di dalam botol shampo. Walau memberikan keuntungan, akan lebih baik untuk Anda hindari kandungan paraben karena menimbulkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Contoh paraben pada label antara lain methylparaben, ethylparaben, dan butylparaben.
  • Isopropil Alkohol. Bahan kimia satu ini memicu bahaya saat tertera dalam produk shampo yang perlu juga untuk Anda hindari. Cara kerjanya adalah mengurangi angka minyak yang sayangnya, unsur isopropil alkohol bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan rambut kering dan mudah patah.
  • Propilen Glikol. Untuk membantu seluruh bahan terserap baik ke dalam rambut dan kulit kepala, sebuah shampo biasa disematkan kandungan propilen glikol. Senyawa ini termasuk agen pengiritasi kulit dan mata, jadi akan lebih baik untuk tidak memilih shampo pelurus rambut berkandungan propilen glikol.
  • Polythylene Glycol. Lebih mudah disapa PEG, zat satu ini telah digolongkan sebagai racun perkembangan, yakni zat kimia yang mengganggu perkembangan manusia, di mana di California, Amerika Serikat, sudah diatur secara ketat penggunaannya. Polythylene glycol diketahui pula terkontaminasi oleh dioxane yang merupakan zat penyebab kanker.
  • Triclosan. Triclosan merupakan agen antibakteri yang difungsikan sebagai pengawet di dalam produk shampo. Walau belum ada bukti cukup untuk mengatakan triclosan sepenuhnya aman digunakan, kita dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindarinya. Triclosan juga dikorelasikan dengan gangguan imun tubuh, penurunan berat badan, adn reproduksi sel tubuh yang tak terkontrol.

Selain deretan kandungan di atas, saat ini masih banyak produk perawatan rambut dan kosmetika lain yang memakai bahan pengawet berupa formalin. Formalin dapat mengiritasi kulit dan mata, baik itu porsinya endah ataupun tinggi. Oleh karenanya, Anda juga wajib mencermati ada tidaknya pengawet sintetis satu ini untuk memperkecil kemungkinan terburuk dari efek yang ditimbulkan oleh formalin.

10 Rekomendasi Shampo Pelurus Rambut Terbaik

Berikut merek-merek shampo pelurus rambut yang dapat Anda jadikan referensi. Cermatilah tabel komposisi produk untuk mengetahui tingkat kecocokannya dengan rambut Anda. Yuk, kita tengok bersama daftarnya!

1. Sunsilk Lively Straight

Dengan Straight Lock Technology untuk memastikan rambut lurus, rapi, dan berkilau

Penggunaan flat iron atau alat catok rambut kerap membantu para wanita mendapatkan rambut yang lebih lurus dan rapi. Namun efek catok rambut juga tidak bisa bertahan lama sehingga tak jarang lama-kelamaan rambut menjadi kering dan tampak bervolume alias mengembang. Mengerti betul permasalahan yang umum dijumpai pada sebagian perempuan, Sunsilk menghadirkan shampo pelurus rambut tanpa catok dengan botol warna ungu.

Sunsilk Lively Straight sebenarnya bukanlah shampo yang dihadirkan untuk membuat rambut yang keriting atau mengembang menjadi lurus. Produk yang mudah ditemukan di supermarket atau hypermarket ini bekerja dengan mengunci kelembaban untuk mempertahankan bentuk rambut agar tidak frizz. Dengan teknologi bernama Straight Lock Technology-nya, shampo ini akan menampilkan rambut lurus yang terlihat alami.

Kisaran harga Rp32.500
Isi 340 ml

2. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo

Sumber: Makarizo.com

Meluruskan dengan membantu perbaiki rambut dari inti terdalam

Makarizo pernah melakukan penelitian yang melibatkan 1.000 responden dengan hasil 84 persen perempuan mendambakan rambut yang lurus. Berbekal dari kesimpulan tersebut, Makarizo kemudian merilis produk shampo yang bisa membantu rambut memperoleh tampilan yang lurus bagaikan sehabis nyalon. Lewat perawatan memakai Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo, rambut juga menjadi lembut dan mudah diatur.

Selain bekerja sebagai produk pembersih kulit kepala dan rambut, shampo ini juga diperkaya dengan efek conditioning yang bisa memperbaiki rambut dari inti terdalam. Dengan begitu, rambut akan mendapatkan kesegarannya kembali. Tak hanya itu, Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning shampo juga bekerja merevitalisasi rambut. Buat perempuan yang berhijab, shampo ini juga cocok digunakan untuk memberikan wangi dan efek halus pada rambut lebih lama.

Kisaran harga Rp22.000
Isi 170 ml

3. TRESemme Smooth & Shine Shampoo

Sumber: Myntra.com

Salah satu best seller shampo pelurus rambut di Indonesia

Dengan formula utama berupa kandungan minyak argan yang diperoleh dari Maroko, TRESemme memastikan kalau shampo ini dapat bekerja dengan baik untuk menjadikan rambut bebas kusut. Bukan cuma itu, properti pelurus rambut tersebut juga akan membuat rambut lebih mudah diatur dan punya tekstur yang lembut ketika digenggam. Hal ini dikarenakan TRESemme Smooth & Shine Shampoo bekerja sebagai pembersih rambut yang sekaligus memberikan kelembaban insentif.

TRESemme Smooth & Shine Shampoo sendiri diciptakan sebagai shampo pelurus rambut yang aman untuk rambut kering dan normal. Meskipun TRESemme mengklaim seperti itu, faktanya sebagian wanita juga ada yang merasakan perubahan pada rambut yang lebih lembut dan berkilau setelah menggunakan produk ini. Jadi untuk Anda yang punya masalah dengan rambut kering ataupun rontok, shampo ini sangat bisa dijadikan andalan.

Kisaran harga Rp48.000
Isi 340 ml

4. Herbal Essences Dangerously Straight Shampoo

Diciptakan bersama vitamin khusus untuk jadikan rambut kusut lebih halus

Bukan cuma mampu menjadikan rambut lebih lurus, Herbal Essence Dangerously Straight juga akan memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh rambut. Berbagai masalah seperti rambut kusut dan sulit diatur menjadi tanda dari kurangnya asupan vitamin. Oleh karena itu, melalui shampo pelurus rambut keriting ini, Herbal Essences menyertakan vitamin khusus yang bisa menjadikan rambut kusut menjadi halus.

Tak hanya itu, shampo ini juga diciptakan dengan performa melembutkan dan meluruskan rambut. Bahkan, tanpa perlu melakukan perawatan ke salon, Anda bisa mendapatkan hasil yang serupa hanya dengan rutin menggunakan produk ini. Sebagian wanita yang menggunakan produk ini mengaku kalau rambutnya bukan hanya lebih lurus tapi tidak bikin mengembang. Selain itu, shampo ini juga tidak menyebabkan kerontokan ataupun rambut tipis.

Kisaran harga Rp22.000
Isi 160 ml

5. Pantene Silky Smooth Care

Mengunci kelembapan untuk cegah kerusakan kutikula rambut

Pernahkah terbesit di kepala Anda untuk melakukan perawatan rambut dengan keratin? Jika pernah, sebaiknya Anda urungkan keinginan tersebut dan beralih dengan memakai Pantene Silky Smooth Care Shampoo. Alasannya, protein alami bernama keratin ini sudah terkandung dalam beberapa tubuh, seperti kuku, gigi, dan rambut. Maka dari itu, daripada melakukan keratin straightening treatment, lebih baik Anda merawat rambut dengan shampo pelurus rambut untuk pria dan wanita ini.

Pantene telah merancang produk ini dengan teknologi Keratin Damage Blockers yang akan mengunci kelembaban sehingga mampu mencegah rusaknya kutikula rambut. Alhasil, rambut bisa terhindar dari masalah kusam, mudah kusut, dan sulit diatur. Selain itu, shampo ini juga memberi kenyamanan saat digunakan lewat aroma wangi yang dihasilkan. Anda juga tak perlu khawatir karena Pantene Silky Smooth Care dijamin tidak akan menjadikan rambut lepek. Bahkan, rambut juga bisa lebih bervolume dengan indah setelah menggunakan produk ini!

Kisaran harga Rp46.200
Isi 340 ml

6. Sunsilk Soft & Smooth Shampoo

Mengandung komposisi pengunci kelembapan rambut

Seringkali kondisi kering dan kasar membuat rambut sulit diatur. Untuk membantu proses pelurusan rambut, Anda perlu mengatasi kondisi tersebut terlebih dahulu. Gunakanlah sampo besutan Sunsilk yang dikreasikan bersama pakar rambut Thomas Taw satu ini.

Teknologi bernama Moisture-Lock membantu rambut Anda tampak lebih sehat. Dengan 5 minyak alami sertaannya, rambut pun senantiasa halus dan lembut. Rutin memakai Sunsilk Soft & Smooth Shampoo membantu kelembapan rambut lebih terjaga. Dengan demikian, rambut lurus tak lama lagi tercipta!

Kisaran harga Rp55.000
Isi 680 ml

7. L’Oreal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo

Lengkap oleh ceramide untuk bantu perbaiki batang rambut rusak

Lapisan kutikula rambut yang terdiri dari banyak lapisan bisa memperoleh perhatian lebih dari L’oreal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo. Hal ini dikarenakan L’oreal Paris memperkaya shampo ini dengan bahan aktif LAK1000 yang bisa menyelinap masuk hingga ke-10 lapisan pada batang rambut. Formula lain berupa ceramide  juga akan membantu memperbaiki pusat kerusakan pada batang rambut.

Seperti namanya, L’oreal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo bekerja dengan melawan 5 tanda kerusakan untuk memberikan rambut yang lebih kuat, sehat, lembut, berkilau, dan terhindar dari masalah bercabang. Bukan cuma itu, shampo pelurus rambut asli ini juga punya tekstur yang cukup kental sehingga mudah dikontrol saat mengeluarkan isinya. L’oreal Paris juga menyertakan kandungan khusus untuk menciptakan aroma wangi seperti perawatan di salon. Untuk rambut rontok, produk ini juga bekerja dengan sangat baik mengurangi angka kerontokan.

Kisaran harga Rp79.000
Isi 650 ml

8. Rene Furterer Volumea

Buat rambut lebih lurus, bervolume, dan mengembang!

Seperti namanya, shampo dari Rene Furterer ini menjanjikan rambut yang bukan hanya lurus, melainkan lebih bervolume tanpa kesan seperti mengembang. Kemampuan tersebut hadir karena adanya kandungan ekstrak Carob alami yang akan meningkatkan volume setiap helai rambut. Bagi Anda yang belum tahu, carob dalam shampo pelurus rambut cepat ini adalah sejenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pengganti cokelat.

Dibantu dengan ingredients lain, Rene Furterer Volumea juga bisa mengatasi bagian rambut yang mengalami kebotakan kembali ditumbuhi rambut. Jadi bagi Anda yang punya rambut rontok dan ingin memperoleh rambut panjang serta lurus, shampo ini bisa digunakan. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melengkapi penggunaan shampo ini dengan serum yang juga dikeluarkan oleh Rene Furterer. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, produk ini mudah dicari di Guardian.

Kisaran harga Rp300.000
Isi 250 ml

9. Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampoo

Efektif mengatasi rambut kasar dan keriting agar lurus serta mudah diatur

Percaya atau tidak, produk ini digolongkan sebagai shampo pelurus rambut keriting terbaik yang pernah ada. Sebagaimana klaimnya, Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampoo akan menjinakkan rambut yang kasar dan keriting. Walaupun dipasarkan dengan harga yang cukup mahal, Anda dengan masalah rambut kering, kasar, dan keriting tidak akan merasa dirugikan setelah membelinya.

Shiseido memformulasikan shampo ini dengan teknologi Smoothness Retention yang melemaskan akar rambut sehingga memberikan rambut yang lurus dan gampang diatur. Untuk rambut yang mengembang, Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampoo juga ideal digunakan. Pasalnya, shampo ini juga efektif untuk menurunkan volume rambut atau menjaga rambut tetap lurus.

Kisaran harga Rp350.000
Isi 250 ml

10. Aussie Miracle Moist Shampoo

Sumber: Aussie.com

Shampo asal Australia yang berperan ganda sebagai conditioner

Tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk mendapatkan sebuah shampo pelurus rambut yang bagus? Tenang, Anda bisa menggunakan Aussie Moist Shampoo yang dijual dengan harga tidak lebih dari ratusan ribu ini. Aussie merancang produk pembersih rambut ini dengan kemasan botol berwarna ungu yang terlihat cantik. Shampo ini diciptakan untuk membantu melembabkan dan menutrisi rambut.

Dilengkapi dengan lidah buaya asli Australia dan minyak biji jojoba, rambut bukan hanya lebih lembab dan halus, melainkan juga mempunyai struktur yang kuat. Aussie Moist Shampoo cocok dipakai untuk segala jenis rambut. Kelebihan lain yang dimiliki oleh shampo ini adalah sifatnya yang multifungsi. Jadi selain bertindak sebagai shampo, produk ini juga berperan sebagai conditioner. Untuk aromanya sendiri, Aussie Moist Shampoo punya wangi seperti permen karet.

Kisaran harga Rp93.000
Isi 400 ml

Lihat juga rekomendasi produk shampo terbaik lainnya di sini!

Di pasaran, shampo tidak hanya difungsikan untuk meluruskan rambut. Beberapa produsen merancang khusus sampo untuk kebutuhan masing-masing orang, misalnya untuk rambut kering, berminyak, rambut rontok, atau rambut berketombe.

Sementara itu, Anda yang ingin segera memperoleh rambut panjang dapat membeli shampo untuk memanjangkan rambut yang biasanya diformulasi minyak zaitun, ekstrak lidah buaya, dan lain-lain. Lebih lengkap Anda bisa lihat rekomendasi shampo terbaik dengan fungsi lainnya di postpost berikut ini!

10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik
10 Rekomendasi Shampo Anti Rontok Terbaik
10 Rekomnedasi Shampo Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memanjangkan Rambut
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Menghaluskan Rambut Kering
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Berminyak

Kesimpulan

Sejatinya shampo pelurus rambut terbaik tidak bekerja dengan tujuan utama tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan pada awal tulisan ini. Sebagian shampo dengan fungsi serupa terkadang tidak memberikan efek apa-apa. Hal ini bukan karena shamponya yang bermasalah, melainkan karena faktor genetik yang terlalu kuat sehingga tidak mudah untuk mengubah rambut yang ikal atau keriting menjadi lurus. Jadi, lebih baik cintai tampilan rambut apakah lurus, berombak, ataupun keriting selama itu sehat, pastilah terlihat cantik.

(Visited 158.239 times, 24 visits today)